Situational Awareness saat mengemudi !!!

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Situational Awareness saat mengemudi !!!

Post by szli »

Sudah cuti lama saya. Dan saya sekarang cuman mau bagi experience saja. Untuk hindari kasus bitter argument, saya juga ngak mau lagi adu mulut. Makes life easier deh. OK back to topic :

Apa artinya saya dengan situational awareness ? Artinya semacam tingkat waspada harus tinggi terus saat driving. Betul, kadang kita hati hati tetap orang lain bisa senggol mobil kita. Tapi often juga kita alertnessnya turun sesaat. Sini ada 2 kasus terjadi dengan saya yang bikin hati agak sakit :

Kasus 1 : Satu hari saya lagi u-turn. Saat u-turn, eh, ada suara " BRUK ! " dari belakang. Wah ! Gawat ! Serena ku bokongnya pasti hancur itu ! Saya lihat belakang, biasa ! Motor yang cium pantatnya. Cuman tau sendiri, di jalan Jakarta, mau argue, apalagi minta ganti dari bikers, forget it ! Malah bisa undang masa yang akan belain biker itu.

So saya cuman melototi dia, dia juga sadar dia salah, dia angkat tanggan semacam sorry. Hai ! Ya sudah ! Nasip sial !

Sampai kantor, dengan berat hati saya turun dan lihat bokongnya mobil. Wah ! Hoki banget saya ! Sepertinya nothing happened ! Ngak ada penyot apa apa ! Cuman velg dan rear right bumper ada noda lecet hitam (mungkin bannya si biker itu). Dan cuman ada sedikit penyot 5 mm dan sedikit goresan di impact area.

Mungkin platnya lumayan tebal. Dengan suara sekeras itu, kalau plat tipis, mana mungkin bisa ngak penyot ?

but still I am shaken, yet not stirred. Saya sadar it could have been really bad. Post analysis, saya bilang, lain kali kita kalau U-turn, pls obey the following rules :

1. Nyalain sein as early as possible, supaya mobil / motor di belakang lebih lama bisa ngerti kita mau ke mana. Supaya yang belakang kalau benggong, bisa ada chance untuk " bangun ".

2. Jangan terlalu tajam u-turnnya. Kalau bisa, sedikit lebih gentle, meskipun turn radiusnya di besarkan. Dalam kasus ini, saya sadar, sein saya nyalanya a bit later than I normally apply, dan u-turnnya agak tajam, soalnya saya mau hindarkan satu lobang besar di jalan. Eh, pas motor belakang juga lagi mimpi !

So lesson is, always predict what could happen jika kita waspadanya turun dikit. Always assume the other guy behind U ngak terlalu lincah, waspada, bahkan agak " blur ". And behave accordingly.

Kasus 2 : Di kantor lagi ada pekerjaan painting the gate, walls. Saya assumsi jarak antar bodi mobil ama tukang cat cukup jauh. Eh, cuci mobil baru sadar, banyak bintik cat kena list hitam, kaca, bodi mobil. Wah ! Sakit hati !

Lesson learned : If U are not sure 100% abt something, jangan lupa Murphy's Law " IF THINGS CAN GET WRONG, THEN THEY WILL !! " Seharusnya saya parkir di bagian yang ngak lagi cat. I assume too much, too confident. Akhirnya mobil kena deh ! Untung bintiknya kecil, jadi dari medium range ngak kelihatan, tapi dari dekat banget bisa lihat.

So if U love yr car, selalu otak kita harus jalan terus. Try to anticipate the situation, seperti doctrine " Situational awareness " di sekolah fighter pilot yang latih pilot selalu sadar musuh di mana, lagi mau ngapain.

Sekarang, Serena ku saya larang ke office, saya kasih isteri saya pakai, dan saya bawa Stream ke kantor. Memang office saya lingkugannya jahat. Udara kotor, dan sering ada kerjaaan cat / welding etc. So pikir ngapain pakai mobil bagusan, bisa hancur nanti mobilnya.

So mending mobil bagusan pakai saat weekend.

For people like Mr. Obs yang order mobil bagus / agak mahal seperti Fortuner, think abt this too. Apakah lingkugan kerja anda kejam or not. Jangan sampai seperti saya, mobil hampir 300 juta mulai kena seranggan macam macam. Unless U don't mind atau duit anda banyak, gampang ganti mobil, my advice is, kalau lingkunggan kerja anda jahat untuk mobil, mending jangan pakai mobil terlalu bagus ke kantor, bisa nyesal nanti !

One of my colleagues di kantor, lumayan kaya dia, tapi kok selalu bawa Taruna tua yang sudah jelek. I used to think he is freak, banyak duit kok bawa Taruna ke kantor. Setau saya dia ada CRV / Innova D4D etc.

Eh, habis kasus cat ini, saya baru sadar, He is the smart one. I am the stupid one ! Now I know why ! Itu Taruna sudah tua dan jelek. Mau kena apa, cat or welding its OK. Mobil bagus dia semua protected safely at home !

So Mr. Obs, jika anda nanti dapat Fortunernya, jangan ajak dia ke tempat yang jahat. Kalau catnya ternoda kimia bandel yang ngak bisa hilang, bisa nanggis nanti !

Oh ! Penyot saya ke PDR. Hilang mulus ! Its a good tactic. PDR stands for Paintless Dent Removal, lebih canggih dari ketok magic. Try it ! Bagus dan ngak usah cat ulang ! See http://www.pdr.co.id for details.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

first of all.....welcome back mr. szli....... sy kira sudah quit total....
walaupun sy bukan moderator...tapi gua senang pak szli bisa kembali lagi utk berbagi pengalamannya.......'lupakan masa lalu'......(ada yg bisa menambahkan kata2 mutiara yg lain utk pak szli?....biasa pak edward yg agak melankolis.....bwakakakakakak....kk..k..k)
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

pak szli kalo pdr penyok kecil memang bisa diatasi. tapi kalo penyok besar bisa gak ya? dan tdk semua tempat bisa ditanggunlangi ya
thx
Image
User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Re: Situational Awareness saat mengemudi !!!

Post by Herry »

szli wrote:Sudah cuti lama saya. Dan saya sekarang cuman mau bagi experience saja. Untuk hindari kasus bitter argument, saya juga ngak mau lagi adu mulut. Makes life easier deh.
Welcome back Mr. Szli, udah lama kita di sm tidak mendengar cerita seru u lagi hehehe... :wink:
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

waduh.....stream.....taruna.....biar nantinya tua mobil2 bagus tuh buat saya yg cuma naek bebek tiap hari ke kantor.....:D..........


btw selamat datang kembali deh.......di tunggu posting2 selanjutnya...............
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kirain mr szli kemana lama ngak nonggol kekekekeke
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Pak, kalau yang kena cat, cukup dibersihkan pakai thinner saja, pasti kembali mulus seperti sedia kala.
Cat asli pabrik tidak akan rusak / kusam gara-gara thinner.
Kalau tidak sampai hati, suruh bengkel body repair saja buat melakukannya.

Bengkel cat body, kalau nge-sol mobil (men-cat cuma sebagian saja) sering kejadian habis di-cat warnanya tidak sama, dan untuk menghilangkannya cat yang sudah nempel itu mereka pakai thinner, lalu dicat lagi, kadang-kadang bisa berkali-kali ganti campuran warna
Kalau yang punya mobil tahu, dijamin tidak bisa enak tidur melihatnya
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

welcome back 2 SM Mr szli !

Untuk penyok kecil, memang bisa diatas dgn teknik PDR. Letak penyok di bagian tulang sulit menggunakan PDR. Biasanya bodi pintu dan spatbor masih mudah (kembali mulus).
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

mr szli, situational awareness yang dimaksud itu apa? karena pada akhirnya di jalan raya, kita cuma bisa melakukan situational compromising... mengalah pada keadaan seperti keadaan mr szli itulah... :)
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

OK, make it simple, waspadalah setiap saat untuk hindari apa yang tidak di ingginkan. Jangan benggong se saat pun !

Dan harus selalu anticipative ! Drive predictably ! Something like that lah !
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

oww.... maksudnya jaga jarak aman toh :lol:
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Bukan saja jaga jarak aman, tapi harus alert / anticipative.

Sudah berapa kali saya ketemu mobil dekat saya maneuver mendadak, seperti dia ngak tau saya ada di sebelah dia, mau ngak mau saya harus rem / belok dikit untuk hindari dia. Mungkin dia lagi asyik ngobrol HP dia !

Di Indonesia, jangan harap pengemudi di sini mayoritas adalah " wajar " . Kita harus assume banyak sopir " edan " di sini. Apalagi bis / minibus umum. Kita benggong sedikit dekat mereka di jamin tabrakan !
haekals
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Wed Apr 06, 2005 14:57

Post by haekals »

Betul sekali........
Saking Frustasinya bawa mobil di jakarta, terkadang saya membayangkan punya sesuatu (pistol misalnya) dan pengin sekali turun nyamperin sopir-sopir metromini atau mayasari bakti yang ugal-ugalan itu.

Tapi pengemudi mobil pribadi di jakarta memang paling ugal-ugalan kok.
Saya ingat waktu di yogya dulu, mobil plat B paling 'dibenci' karena suka srobot sana srobot sini, padahal mayoritas driver di yogya (th 80 an) adalah driver yang sopan dan suka saling memberi jalan, entah sekarang.

Kebetulan tadi malam pulang dari Sukabumi jam 21.00 jalanan cukup ramai lah, agak antri sikit. Tiba-tiba dari sebelah kanan nongol satu Kijang Krista yang rupa-rupanya mau nyerobot antrean tapi di depan ada mobil lain dengan speed yang cukup tinggi, walhasil si pengemudi Krista terpaksa nyodok untuk kembali masuk antrean, kebetulan tepat di depan mobil saya, terpaksa saya injak rem dalam-dalam, walhasil 2 nenek-nenek yang ikut mobil saya menjerit-jerit dan satu kotak brownies tumpah di jok.
Melihat kondisi yang tidak memungkinkan untuk turun nyamperin si Krista karena kalau itu saya lakukan bakal memacetkan lalin, maka saya ambil keputusan untuk 'berurusan' dengan driver Krista nanti di jalan Tol, tapi setelah sampai gerbang Tol, rupa-rupanya emosi sudah stabil kembali, juga mengingat ada 2 nenek-nenek yang ikut di mobil, dan waktu juga sudah terlalu malam, maka ya sudahlah...lupain aja, toh mobil saya masih utuh gak kena lecet sedikitpun, sebuah pengalaman yang menjengkelkan tapi pasti akan berulang dan berulang lagi nanti....:((
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Kalau saya, penggin ada laser dan tembak mobil macam gitu supaya dia dan mobilnya jadi ABU !

Paling ngekihin yah ? Kirain jalanannya milik kakek dia mungkin. Kalau orang asing lihat, sangat memalukan. Kok orang sini ngak tau sopan santun yah ? Maunya menang berapa minit dan bikin macet saja.

Untung anda sabar. Memang kalau samperin urusan jadi besar nanti. Kadang saya saja hampir ngak tahan, mau berantem. Tapi tau sendiri orang sini. Yang salah malah lebih galak dari yang di kerjain.

Paling kalau saya, usahakan kalau ada yang mau potong antrian saya, saya mepet hidung saya. Supaya dia ngak bisa masuk ! Dan pakai matik bisa sanggat cepat dan presisi atur jarak hidung mobil. Kalau manual, susah. Nanti terlalu lambat atau tabrakan.

So for me, mau potong I, " Tunggu 1000 tahun lagi ! " Tapi kadang mobil jelek banget, mentang mentang ngak takut baret / tabrakan, ngotot banget. Kalau ketemu yang itu, bohuat deh !