Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jadi gini punya saya itu kan T31 XT 2.5 CVT mastah. kemarin sempet posting thread disini juga gara" naiknya lemot setelah masuk ke gear manual mode 4. nah kemarin saya ada kesempatan lagi nyobain di tol yang lumayan panjang yaitu krian - kertosono. ya bisa sih dapet 180++ lumayan cepet juga.
Tapi keanehan terjadi saking kencengnya kan pasti kalau rpm dah tinggi itu cvt manual mode auto shift up kan dan sampailah di gear 6.
Begitu sampai di gear 6 ini (ini pemikiran gw ya ga tau lagi kalau ada faktor lain) nah tiba" begitu gw speed down ke 120km/h harusnya shiftdown dari tuas persneling bisa dong ya ke gear 5 atau 4. eh ini malah no respon jadi manual mode tapi ga bisa di + atau di -. Terus gw balikin ke D kan terus gw bejek gas nah malah jadi RPMnya ketahan di 2500an ga mau naik lagi. ketahan 120km/h sampai exit tol krian. setelah exit tol abis bayar kan pelan banget itu balik ke gear 1 sih pas gw manual mode. nah tiba" sembuh sendiri itu manual mode dan D modenya mau diajak lari lagi sampai RPM tinggi.
GIla ini cacat XTronic nya atau gmn ya? komputernya masih bingung atau gmn wkwkwkw. soalnya gw sebelum bawa x trail sempet bawa jazz GD3 ga pernah masalah kayak gini juga, sama" CVT padahal. Ditunggu ya bantuannya mastah".
Itu CVTnya masuk Safe Mode. Ada di buku panduan bagian transmisi. Kalau oli CVTnya mulai kepanasan , manual modenya gak bisa difungsiin dulu. Kalau udah dingin normal lagi. Itu setingan biar blok CVT sama sabuknya aman. Biasa kalau abis digeber suka begitu.
C26 saya juga pernah masuk ke safe mode... kasusnya setengah jam nanjak ke gn bromo dan macet di cipanas puncak.. speed tiba2 ga mau lebih dari 15 kph..
Ane jg pernah ngalamin awal2 pake mobil ini, ga bs pake manual mode waktu abis geber2 gitu, kirain waktu itu jg knapa2, n setelah tanya mekaniknya klo itu cuman masuk safe mode jadi tenang deh. So far ga ada yg aneh2 setelah itu
kalo saya ambil kesimpulan, jadi kesalahan bukan di mobil. Tapi kebiasaan masyarakat negara ini pada umumnya, yaitu pake sesuatau (mobil) tanpa baca buku manualnya dan menyamakan produk merk satu dengan merk lain. Padahal tiap merk punya teknologi sendiri2 yang berbeda.
Padahal di fjb yang mau beli mobil banyak yg nanya kelengkapan buku manual dan lainnya..
sibleki wrote: Sun Nov 19, 2017 6:39
kalo saya ambil kesimpulan, jadi kesalahan bukan di mobil. Tapi kebiasaan masyarakat negara ini pada umumnya, yaitu pake sesuatau (mobil) tanpa baca buku manualnya dan menyamakan produk merk satu dengan merk lain. Padahal tiap merk punya teknologi sendiri2 yang berbeda.
Padahal di fjb yang mau beli mobil banyak yg nanya kelengkapan buku manual dan lainnya..
sibleki wrote: Sun Nov 19, 2017 6:39
kalo saya ambil kesimpulan, jadi kesalahan bukan di mobil. Tapi kebiasaan masyarakat negara ini pada umumnya, yaitu pake sesuatau (mobil) tanpa baca buku manualnya dan menyamakan produk merk satu dengan merk lain. Padahal tiap merk punya teknologi sendiri2 yang berbeda.
Padahal di fjb yang mau beli mobil banyak yg nanya kelengkapan buku manual dan lainnya..
Harusnya fail mode itu muncul saat bener" mobil dan lalu lintas dalam keadaan ekstrim. Misal mobil lama tidak servis dan jalanan macet di pegunungan. Tapi kalau cuman di tol dibejek top speed dikit" masuk safe mode ya kenapa ga sekalian aja kecepatan mobilnya di limit 100km/jam hahaha
Safe mode ya.. Saya belum pernah masuk safe mode salama pakai karena gak pernah pakai mode manualnya juga, kecuali nanjak2 itupun jarang banget kalau gak lagi dibawa jalan2 di Bali.
Kalau CVTF nya panas, pastikan aja di istirahatkan sebentar, atau kalau mau aman ya pasang transmission cooler, apapun itu benda di mobil yang bergerak pasti akan panas, stress berlebih biasanya ada di mesin-transmisi-gardan dan EPS (HPS saya jarang dengar).. Transmisi kalau mau ya pasang cooler saja seperti beberapa teman yang apkai geared AT ada yang pasang ATF cooler juga walau sebetulnya relatif aman kalau dalam keadaan standart.. BTW itu RC1 saya CVT sering juga pakai naik turun gunung dengan penumpang penuh pakai mode manual gak pernah sampai masuk safe mode =D
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
Selama pake mobil matic CVT baik utk jalan yg nanjak maupun yg datar baik rute jarak jauh atau dekat sampai sekarang syukurlah belum pernah ngalami kondisi safe mode di ANGL sehingga saya berasumsi gaya menyetir saya selama ini sudah pas dan periodic maintenance kita sendiri lakukan atau yg dilakukan di bengkel sdh sesuai dan pas.
Sy dulu pernah punya t31 dari baru, di km 50rb cvt bunyi & menurut beres diklaim normal,..baru setelah hard complain diganti oli cvt nya walaupun katanya belum perlu diganti , mestinya penggantian oli base on poin di tools nya mereka dan itu setelah 100rb km lebih.
Memang setelah itu solved, tapi di km 100rb, persis setelah warranty habis, problem lagi. Kali ini tidak bisa akselerasi & rpm naik turun ketika diajak lari. Dan menurut beres ga bisa diperbaiki, mesti ganti segelondongan dng biaya 30jt an lebih (itu pun setelah diskon).
Habis itu sy coba search di google "nissan cvt problem" dan akhirnya sadar..hehe
So saran sy hati2 saja, memang cvt tidak bisa "dipaksa" dan sy lihat memang mobil2 operasional dengan beban & kerja berat sepertinya tidak ada yg pakai cvt.
danielkt wrote: Sun Dec 10, 2017 10:22
Sy dulu pernah punya t31 dari baru, di km 50rb cvt bunyi & menurut beres diklaim normal,..baru setelah hard complain diganti oli cvt nya walaupun katanya belum perlu diganti , mestinya penggantian oli base on poin di tools nya mereka dan itu setelah 100rb km lebih.
Memang setelah itu solved, tapi di km 100rb, persis setelah warranty habis, problem lagi. Kali ini tidak bisa akselerasi & rpm naik turun ketika diajak lari. Dan menurut beres ga bisa diperbaiki, mesti ganti segelondongan dng biaya 30jt an lebih (itu pun setelah diskon).
Habis itu sy coba search di google "nissan cvt problem" dan akhirnya sadar..hehe
So saran sy hati2 saja, memang cvt tidak bisa "dipaksa" dan sy lihat memang mobil2 operasional dengan beban & kerja berat sepertinya tidak ada yg pakai cvt.
Padahal udah diganti CVTF nya ya om di odo 50rban Km
Tetep aja di 100rb KM jebol ya
Jadi was2 nih kebetulan ortu ada T31 2014 odo 52rb Km
Sampe saat ini ga ada masalah cuma agak ngeri jg nanti kalo odo udah tinggi
Btw masalah CVT xtrail T31 jebol ini saya udah baca dari 2012-2013 di thread nissan xtrail kaskus
danielkt wrote:Sy dulu pernah punya t31 dari baru, di km 50rb cvt bunyi & menurut beres diklaim normal,..baru setelah hard complain diganti oli cvt nya walaupun katanya belum perlu diganti , mestinya penggantian oli base on poin di tools nya mereka dan itu setelah 100rb km lebih.
Memang setelah itu solved, tapi di km 100rb, persis setelah warranty habis, problem lagi. Kali ini tidak bisa akselerasi & rpm naik turun ketika diajak lari. Dan menurut beres ga bisa diperbaiki, mesti ganti segelondongan dng biaya 30jt an lebih (itu pun setelah diskon).
Habis itu sy coba search di google "nissan cvt problem" dan akhirnya sadar..hehe
So saran sy hati2 saja, memang cvt tidak bisa "dipaksa" dan sy lihat memang mobil2 operasional dengan beban & kerja berat sepertinya tidak ada yg pakai cvt.
Kalau saya pribadi dari awal keluar dari dealernya yg saya beri perhatian lebih adalah selalu di ingat suara/vibration mesin/transmisi serta perpindahan gear normalnya yg halus/smooth baik saat mobil tidak jalan dan sedang jalan scr normal dan selama 3 1/2 tahun sampe odo skrg 43.236 km masih aman dan memang saya rencanakan ganti oli CVT di odo 30.000 miles hasil dari baca baca forum diluar utk preventive maintenance CVT nya