WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34
WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
halo om2 SM, ane lagi hunting serius tapi santai Audi A4 B8.5 sekitaran taun 2013/2014
apa ada om2 disini bisa share pengalamannya so far gimana, penyakit2 apa yang kudu di perhatiin
dan selain beres, apa ada bengkel umum yg bisa ngerawat mobil ini di sekitaran jabodetabek
thanks
apa ada om2 disini bisa share pengalamannya so far gimana, penyakit2 apa yang kudu di perhatiin
dan selain beres, apa ada bengkel umum yg bisa ngerawat mobil ini di sekitaran jabodetabek
thanks
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Tue Aug 02, 2016 8:04
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Newbie juga penasaran nih sm b8.5 semoga ada pencerahan dari para master2 SM
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
- Location: semarang
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Pernah pny audi a4 b8 2011.
Perawatan di bengkel quattro jakarta selatan
Perawatan di bengkel quattro jakarta selatan
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Pengalamannya gimana om kmrn pas miara? Rewel ga ini mobillarakifulgura wrote: ↑Tue Apr 03, 2018 3:07 Pernah pny audi a4 b8 2011.
Perawatan di bengkel quattro jakarta selatan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Jan 25, 2017 15:24
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
wah saya juga lagi tertarik sama B8.5 nih, cuman takut ga reliable.
Mesinnya yg 1.8TFSi aman ga ya, denger" suka makan oli ya
Mesinnya yg 1.8TFSi aman ga ya, denger" suka makan oli ya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
- Location: West-east java
- Daily Vehicle: Owl and three diamond
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Karena spesialis audi jarang, jd saya lumayan sering dengar nama bengkel ini, impresi ngebengkel disitu bagaimana om, kualitas pengerjaan, ketersediaan part, sdmnya apakah cukup untuk dibilanh spesialis vag, dan harganya apakah masih setara dengan bmw/merc di spesialis juga??larakifulgura wrote: ↑Tue Apr 03, 2018 3:07 Pernah pny audi a4 b8 2011.
Perawatan di bengkel quattro jakarta selatan
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 374
- Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
... ada temen pelihara B8.5 taun 2013 akhir ...
permasalahan yg pernah ada cuman di setir ... bunyi glek dikit waktu diputer ... dibenerin beres gratis meskipun udah lewat warranty-nya ...
dapet program free service sampe 5 taun ... jadi msh aman ... maxutnya .. gak tau biaya service-nya berapa ...
tapi kalo abis pake mobil ini gawat ... gak mau pake mobil yg laen ...
permasalahan yg pernah ada cuman di setir ... bunyi glek dikit waktu diputer ... dibenerin beres gratis meskipun udah lewat warranty-nya ...
dapet program free service sampe 5 taun ... jadi msh aman ... maxutnya .. gak tau biaya service-nya berapa ...
tapi kalo abis pake mobil ini gawat ... gak mau pake mobil yg laen ...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Sun Mar 25, 2018 0:14
- Location: semarang
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
DJanto wrote: ↑Tue Apr 03, 2018 18:41Pengalamannya gimana om kmrn pas miara? Rewel ga ini mobillarakifulgura wrote: ↑Tue Apr 03, 2018 3:07 Pernah pny audi a4 b8 2011.
Perawatan di bengkel quattro jakarta selatan
Swedeppon wrote: ↑Wed Apr 04, 2018 0:39Karena spesialis audi jarang, jd saya lumayan sering dengar nama bengkel ini, impresi ngebengkel disitu bagaimana om, kualitas pengerjaan, ketersediaan part, sdmnya apakah cukup untuk dibilanh spesialis vag, dan harganya apakah masih setara dengan bmw/merc di spesialis juga??larakifulgura wrote: ↑Tue Apr 03, 2018 3:07 Pernah pny audi a4 b8 2011.
Perawatan di bengkel quattro jakarta selatan
Beli 2015, pake cuma sekitar 10 bulan. Ga ada masalah serius overall, cuma ada masalah sama fuel pump tp keburu udah dijual. Well, saya kasi tau ke pembeli mobil itu ada masalah fuel pump . Tanya2 habisnya bisa belasan juta. Tp kata bengkel masalah fuel pump termasuk kasus jrg terjadi.
Oh ya, ganti mobil karena kepingin suv benz bkn krn rewel.
Bengkel quattro menurut sy trustworthy, komunikatif dan yg pasti jauh lebih murah dari beres.
2017 Toyota Camry 2.5V
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5902
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Ikut nimbrung om, salah 1 mobil impian ane. Hehehe.
Sayang ane kurang cocok sama velg bawaanya yang model jari2 itu ya?
Oh ya apa yang FL ada perubahan mekanis? Kalo ga salah setau ane pas baru keluar dapat 160hp ya?
Sayang ane kurang cocok sama velg bawaanya yang model jari2 itu ya?
Oh ya apa yang FL ada perubahan mekanis? Kalo ga salah setau ane pas baru keluar dapat 160hp ya?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Iya om, kayak gini kan velg jari2 ane juga kurang demen
https://garasi.id/mobil-bekas/2013-audi-a4/00av973
Cuman harganya dibanding sekelas nya memang lebih terjangkau sih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Tue Dec 05, 2017 17:34
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Wah fuel pump kena mayan juga ya. Slow moving parts alamat indent lama nihlarakifulgura wrote: ↑Thu Apr 05, 2018 17:29DJanto wrote: ↑Tue Apr 03, 2018 18:41Pengalamannya gimana om kmrn pas miara? Rewel ga ini mobillarakifulgura wrote: ↑Tue Apr 03, 2018 3:07 Pernah pny audi a4 b8 2011.
Perawatan di bengkel quattro jakarta selatanSwedeppon wrote: ↑Wed Apr 04, 2018 0:39Karena spesialis audi jarang, jd saya lumayan sering dengar nama bengkel ini, impresi ngebengkel disitu bagaimana om, kualitas pengerjaan, ketersediaan part, sdmnya apakah cukup untuk dibilanh spesialis vag, dan harganya apakah masih setara dengan bmw/merc di spesialis juga??larakifulgura wrote: ↑Tue Apr 03, 2018 3:07 Pernah pny audi a4 b8 2011.
Perawatan di bengkel quattro jakarta selatan
Beli 2015, pake cuma sekitar 10 bulan. Ga ada masalah serius overall, cuma ada masalah sama fuel pump tp keburu udah dijual. Well, saya kasi tau ke pembeli mobil itu ada masalah fuel pump . Tanya2 habisnya bisa belasan juta. Tp kata bengkel masalah fuel pump termasuk kasus jrg terjadi.
Oh ya, ganti mobil karena kepingin suv benz bkn krn rewel.
Bengkel quattro menurut sy trustworthy, komunikatif dan yg pasti jauh lebih murah dari beres.
Btw thanks ya om sharingnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5902
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Yang ane ga suka yang model jari2 banyak itu om, bukan yang ini. Hehehehe. Kalo yang di foto ini bagus sih.DJanto wrote: ↑Sat Apr 14, 2018 15:26Iya om, kayak gini kan velg jari2 ane juga kurang demen
https://garasi.id/mobil-bekas/2013-audi-a4/00av973
Cuman harganya dibanding sekelas nya memang lebih terjangkau sih
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
izin nimbrung & minta sarannya jg ttg mbl impian sy Audi A4. demen bgt sm exteriornya keliatan macho . kmren sempet ditawarin dgn hrga miring A4 1.8 T 2010. nanya2 ke tmn2 sy bnyk yg ga rekomen ambl Audi ini dibilang elektrikal nya rentan rusak & ecu nya harus gnti setiap 5 taun. apa betul spti itu? btw model ini yg ditawari ke sy tempo hari
F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Jan 29, 2019 4:10
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Audi A4 B8
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Mungkin udah telat nih, tapi mau sharing aja siapa tau ada yang baca dan membantu.
Saya pakai Audi A4 B8 thn2011 beli 2nd April 2018 waktu itu di km 50rban
Pertama beli langsung saya bawa ke bengkel Quattro di cilandak kko untuk general checkup sama benerin kalau ada yg rusak
ternyata banyak bagian di kaki" yang sudah lemah tidak rusak sih wajar mobil udah lumayan berumur, akhirnya ganti Bushing Arm Atas, Joint bawah lurus, Link stabil, Bushing arm bawah kena sekitar 5.3jt kalau ga salah
Ga pernah ada masalah selama 6 bulan berjalan kira kira muncul bunyi cukup keras dari bagian mesin ternyata ada masalah di alternator dan ada kebocoran oli
jadi ada penggantian beberapa part yaitu : Bearing Altenator, Roller fanbelt, tensioner fanbelt, Seal cover timing chain, Seal cam adhjuster
kena kira" 4jt semua itu
Tp di tes sebulan masih ada bocor oli ternyata cam adjuster Kena Juga jadi harus ganti seharga 1.7jt
dan sekarang udah jalan 2 bulan lagi ga ada masalah bunyi"an atau bocor oli
itu semua harga di bengkel quattro
Saya pakai Audi A4 B8 thn2011 beli 2nd April 2018 waktu itu di km 50rban
Pertama beli langsung saya bawa ke bengkel Quattro di cilandak kko untuk general checkup sama benerin kalau ada yg rusak
ternyata banyak bagian di kaki" yang sudah lemah tidak rusak sih wajar mobil udah lumayan berumur, akhirnya ganti Bushing Arm Atas, Joint bawah lurus, Link stabil, Bushing arm bawah kena sekitar 5.3jt kalau ga salah
Ga pernah ada masalah selama 6 bulan berjalan kira kira muncul bunyi cukup keras dari bagian mesin ternyata ada masalah di alternator dan ada kebocoran oli
jadi ada penggantian beberapa part yaitu : Bearing Altenator, Roller fanbelt, tensioner fanbelt, Seal cover timing chain, Seal cam adhjuster
kena kira" 4jt semua itu
Tp di tes sebulan masih ada bocor oli ternyata cam adjuster Kena Juga jadi harus ganti seharga 1.7jt
dan sekarang udah jalan 2 bulan lagi ga ada masalah bunyi"an atau bocor oli
itu semua harga di bengkel quattro
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Jan 29, 2019 4:10
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Audi A4 B8
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
saya ga pernah bandingin harga di bengkel quattro dengan beres karena dr awal beli lgsg ke quattro
tapi berhubung data service dr pemilik sebelumnya lengkap dan ada bon nya dr beres semua dan pada januari 2017 sudah ganti ATF Oil di beres sekitar 700rb/liter sudah termasuk ppn tetapi di quattro 1jt rupiah perliternya, apakah mungkin dalam waktu 1 tahun perubahan harga ATF sesignifikan itu atau bengkel quattro ga semurah yang saya pikirkan ya
di servis beres pernah tambah coolant tahun 2014 1 liternya seharga RP.76ribu setelah ppn sedangkan saya di quattro april 2018 coolant harganya Rp.100rb dan saya beli coolant lagi buat cadangan di quattro oktober 2018 harga sudah berubah menjadi Rp.150rb
apa emang sesignifikan itu perubahan harga untuk barang barang yang mungkin bisa di kategorikan bukan sparepart
Kalau pengalaman di beres beberapa mobil mobil jepang dan amerika yang pernah saya pelihara aja ga ada kenaikan harga yg sampai sesignifikan itu
dan kalau di bengkel umum walau yg khusus megang merk mobil tsb harga jauh di bawah beres. tapi ini mungkin karena audi beda? ada yg bisa kasih pendapat ga nih ya
tapi berhubung data service dr pemilik sebelumnya lengkap dan ada bon nya dr beres semua dan pada januari 2017 sudah ganti ATF Oil di beres sekitar 700rb/liter sudah termasuk ppn tetapi di quattro 1jt rupiah perliternya, apakah mungkin dalam waktu 1 tahun perubahan harga ATF sesignifikan itu atau bengkel quattro ga semurah yang saya pikirkan ya
di servis beres pernah tambah coolant tahun 2014 1 liternya seharga RP.76ribu setelah ppn sedangkan saya di quattro april 2018 coolant harganya Rp.100rb dan saya beli coolant lagi buat cadangan di quattro oktober 2018 harga sudah berubah menjadi Rp.150rb
apa emang sesignifikan itu perubahan harga untuk barang barang yang mungkin bisa di kategorikan bukan sparepart
Kalau pengalaman di beres beberapa mobil mobil jepang dan amerika yang pernah saya pelihara aja ga ada kenaikan harga yg sampai sesignifikan itu
dan kalau di bengkel umum walau yg khusus megang merk mobil tsb harga jauh di bawah beres. tapi ini mungkin karena audi beda? ada yg bisa kasih pendapat ga nih ya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Tue Jan 15, 2019 7:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mini S F56
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Halo salam kenal,
Saya ada Audi A4 B8.5 tahun 2013 dengan KM 51K. Saya suka banget mobil ini. Pertama liat mobil ini tahun 2008, termasuk yang pertama make DRL LED, asli cakep banget. Eh, pas 2012 keluar faceliftnya, makin ganteng pula DRL-nya. Di tahun 2013 akhirnya kesampaian juga nyobain sambil roadtrip di eropa pake yang B8.5 Avant 2.0 TDI. Di Autobahn dengan isi berlima plus 3 koper besar 2 koper kecil, masih bisa nembus di 200-an, walaupun disalip juga sama VW Golf Wagon TDI polisi Jerman di kecepatan 200-an. Sejak itu kepikiran suatu saat harus punya mobil ini.
Untuk perawatan saya pernah ke MT Haryono, Halim dan Quattro. Alternatif bisa ke VW PIK juga cuma jauh sih. Untuk perawatan berkala sekarang ini biasanya ke Quattro karena jasanya murah lebih murah dari beres. Tapi untuk penggantian part tertentu yang cukup vital saya ganti di beres. Alasannya karena parts tertentu di Quattro terkadang mahal juga karena mereka cuma sedia yang original VAG. Kalau ganti di beres juga tercover warranty biasanya 2 tahun. Parts di beres ataupun Quattro selama ini nggak perlu nunggu lama kok, paling lama cuma seminggu aja nunggunya. Parts yang saya pernah ganti di antaranya:
Aki:
Aki bawaanya merk Varta, saya ganti di awal 2019 kemarin. Pertama kalinya ganti aki dari 2013, berarti 6 tahun nggak ada masalah. Letaknya di bagasi di kompartemen ban serep. Yang bikin akinya awet kemungkinan karena letaknya di bagasi jadi jauh dari panas mesin. Sempet mikir ganti Amaron karena biasanya dulu pernah make Amaron di Alphard dan Santa Fe karena pengalaman 2 tahun bebas rewel, tapi akhirnya ganti ke Varta juga.
Filter AC:
Kalau musim hujan, filter AC di Audi saya kayaknya agak rentan lembab, jadi kalau dinyalain awal AC-nya selama beberapa detik akan bau nggak enak, pernah dibawa ke beres untuk diganti filter AC-nya dan dibersihin sekalian, eh nggak lama 3 bulan kemudian muncul lagi. Kalau musim kemarau, baunya ini berkurang dan kadang nggak bau sama sekali. Saya nggak tau ini karena garasi saya kurang dapat panas matahari atau bagaimana. Filter ini OEM-nya diproduksi Mann Filter, jadi saya kalau nyari filter OEM kalo nggak mau bayar mahal di beres ya cari yang merk Mann.
Waterpump:
Gantinya di beres seharga 2.7 jutaan awal tahun 2018. Beda harga dengan di Quattro cuma 200-300 ribu tapi kalau di beres kan tercover warranty.
Oh iya, waterpump ini masalah yang lumayan klasik untuk B8/B8.5, jadi sebisa mungkin cek kalau mau beli ada potensi masalah apa nggak.
Fuel Filter:
Ini kalau di Indonesia biasanya harus ganti di kisaran 30-40K menurut beres, mekanik Quattro pun menyarankan demikian. Cuma karena saya selalu pakai RON 95/98 saya lumayan pede untuk ganti kemarin di awal tahun 2019 di 51K. Di akhir tahun 2017 harga fuel filter ini di beres masih 2.9 juta, di pertengahan tahun 2018 harganya udah 3.5 juta aja (efek dollar naik kenceng), harga di Quattro cuma beda 100-200 ribu. Untungnya akhir 2018 saya sempet ke eropa dan beli yang OEM merk Siemens-VDO, harganya 1.7 juta aja dan pasangnya di Quattro hehe. Untuk merk ini kayaknya memang cuma mereka satu-satunya pemasok karena saya nggak nemu alternatif merk lain, beda dengan kaki-kaki yang alternatif merknya banyak. Waktu diganti, emang fuel filter yang lama ini udah kotor banget, jadi saya sarankan untuk yang mau ambil seken, udah nyiapin dana buat ganti filter ini karena perannya signifikan.
Kaki-kaki:
Kalau udah 5 tahun biasanya udah muncul nih bunyi-bunyi yang nyayat hati, waktu tahun ke-4 sih masih aman semua. Kalau di punya saya yang kena ball joint di arm yang bawah harganya 3.5 juta sepasang yang original VAG, sedangkan yang merk seperti Febi Bilstein di kisaran 750 ribu per piece. Bushing total ada 6 yang perlu diganti, per piece-nya di kisaran 300-450 ribu merk Lemforder. Stabilizer link kisaran 500-750 tergantung merk. Kaki-kaki merk aslinya generasi ini itu dari TRW, saya taunya dari forum dan ternyata memang pas dibongkar ada marking TRW-nya. Cuma sepertinya lebih bagus produksi Lemforder kualitasnya.
Oli CVT:
Oli CVT ini direkomendasiin diganti di KM 40K, cuma punya saya baru mau ganti sambil nunggu parts kaki-kaki lain yang belum ada. Di Quattro terakhir harganya 1 juta per liter original VAG, butuhnya 7 liter. Untuk harga di beres saya belum cek. Cuma untuk ini saya nemu alternatifnya antara 77 Lubricants atau Ravenol, di Tokopedia bisa dicari. Yang penting untuk pergantian oli CVT ini asalkan dia sama dengan standar VAG/Audi saya kira aman untuk pakai alternatif. Untuk standarnya sendiri/part numbernya G 052 516 A2.
Audi ini menurut saya ada di antara BMW dan Mercy. Nggak terlalu agresif tapi masih enak diajak kenceng kalo dibutuhin, nyamannya juga masih dapet. Nggak serewel apa kata orang juga, yang penting rutin perawatan aja, kalau udah ada yang perlu diganti ya baiknya diganti, kalau mau ngulur waktu dikit juga boleh cuma baiknya jangan lama-lama, karena selain partsnya makin turun kinerjanya, dollarnya juga bisa naik. Alternatif parts Audi ini bisa dicari di toko-toko spareparts yang jual barang-barang VAG.
Sekian pengalaman saya menggunakan mobil ini, terima kasih.
Saya ada Audi A4 B8.5 tahun 2013 dengan KM 51K. Saya suka banget mobil ini. Pertama liat mobil ini tahun 2008, termasuk yang pertama make DRL LED, asli cakep banget. Eh, pas 2012 keluar faceliftnya, makin ganteng pula DRL-nya. Di tahun 2013 akhirnya kesampaian juga nyobain sambil roadtrip di eropa pake yang B8.5 Avant 2.0 TDI. Di Autobahn dengan isi berlima plus 3 koper besar 2 koper kecil, masih bisa nembus di 200-an, walaupun disalip juga sama VW Golf Wagon TDI polisi Jerman di kecepatan 200-an. Sejak itu kepikiran suatu saat harus punya mobil ini.
Untuk perawatan saya pernah ke MT Haryono, Halim dan Quattro. Alternatif bisa ke VW PIK juga cuma jauh sih. Untuk perawatan berkala sekarang ini biasanya ke Quattro karena jasanya murah lebih murah dari beres. Tapi untuk penggantian part tertentu yang cukup vital saya ganti di beres. Alasannya karena parts tertentu di Quattro terkadang mahal juga karena mereka cuma sedia yang original VAG. Kalau ganti di beres juga tercover warranty biasanya 2 tahun. Parts di beres ataupun Quattro selama ini nggak perlu nunggu lama kok, paling lama cuma seminggu aja nunggunya. Parts yang saya pernah ganti di antaranya:
Aki:
Aki bawaanya merk Varta, saya ganti di awal 2019 kemarin. Pertama kalinya ganti aki dari 2013, berarti 6 tahun nggak ada masalah. Letaknya di bagasi di kompartemen ban serep. Yang bikin akinya awet kemungkinan karena letaknya di bagasi jadi jauh dari panas mesin. Sempet mikir ganti Amaron karena biasanya dulu pernah make Amaron di Alphard dan Santa Fe karena pengalaman 2 tahun bebas rewel, tapi akhirnya ganti ke Varta juga.
Filter AC:
Kalau musim hujan, filter AC di Audi saya kayaknya agak rentan lembab, jadi kalau dinyalain awal AC-nya selama beberapa detik akan bau nggak enak, pernah dibawa ke beres untuk diganti filter AC-nya dan dibersihin sekalian, eh nggak lama 3 bulan kemudian muncul lagi. Kalau musim kemarau, baunya ini berkurang dan kadang nggak bau sama sekali. Saya nggak tau ini karena garasi saya kurang dapat panas matahari atau bagaimana. Filter ini OEM-nya diproduksi Mann Filter, jadi saya kalau nyari filter OEM kalo nggak mau bayar mahal di beres ya cari yang merk Mann.
Waterpump:
Gantinya di beres seharga 2.7 jutaan awal tahun 2018. Beda harga dengan di Quattro cuma 200-300 ribu tapi kalau di beres kan tercover warranty.
Oh iya, waterpump ini masalah yang lumayan klasik untuk B8/B8.5, jadi sebisa mungkin cek kalau mau beli ada potensi masalah apa nggak.
Fuel Filter:
Ini kalau di Indonesia biasanya harus ganti di kisaran 30-40K menurut beres, mekanik Quattro pun menyarankan demikian. Cuma karena saya selalu pakai RON 95/98 saya lumayan pede untuk ganti kemarin di awal tahun 2019 di 51K. Di akhir tahun 2017 harga fuel filter ini di beres masih 2.9 juta, di pertengahan tahun 2018 harganya udah 3.5 juta aja (efek dollar naik kenceng), harga di Quattro cuma beda 100-200 ribu. Untungnya akhir 2018 saya sempet ke eropa dan beli yang OEM merk Siemens-VDO, harganya 1.7 juta aja dan pasangnya di Quattro hehe. Untuk merk ini kayaknya memang cuma mereka satu-satunya pemasok karena saya nggak nemu alternatif merk lain, beda dengan kaki-kaki yang alternatif merknya banyak. Waktu diganti, emang fuel filter yang lama ini udah kotor banget, jadi saya sarankan untuk yang mau ambil seken, udah nyiapin dana buat ganti filter ini karena perannya signifikan.
Kaki-kaki:
Kalau udah 5 tahun biasanya udah muncul nih bunyi-bunyi yang nyayat hati, waktu tahun ke-4 sih masih aman semua. Kalau di punya saya yang kena ball joint di arm yang bawah harganya 3.5 juta sepasang yang original VAG, sedangkan yang merk seperti Febi Bilstein di kisaran 750 ribu per piece. Bushing total ada 6 yang perlu diganti, per piece-nya di kisaran 300-450 ribu merk Lemforder. Stabilizer link kisaran 500-750 tergantung merk. Kaki-kaki merk aslinya generasi ini itu dari TRW, saya taunya dari forum dan ternyata memang pas dibongkar ada marking TRW-nya. Cuma sepertinya lebih bagus produksi Lemforder kualitasnya.
Oli CVT:
Oli CVT ini direkomendasiin diganti di KM 40K, cuma punya saya baru mau ganti sambil nunggu parts kaki-kaki lain yang belum ada. Di Quattro terakhir harganya 1 juta per liter original VAG, butuhnya 7 liter. Untuk harga di beres saya belum cek. Cuma untuk ini saya nemu alternatifnya antara 77 Lubricants atau Ravenol, di Tokopedia bisa dicari. Yang penting untuk pergantian oli CVT ini asalkan dia sama dengan standar VAG/Audi saya kira aman untuk pakai alternatif. Untuk standarnya sendiri/part numbernya G 052 516 A2.
Audi ini menurut saya ada di antara BMW dan Mercy. Nggak terlalu agresif tapi masih enak diajak kenceng kalo dibutuhin, nyamannya juga masih dapet. Nggak serewel apa kata orang juga, yang penting rutin perawatan aja, kalau udah ada yang perlu diganti ya baiknya diganti, kalau mau ngulur waktu dikit juga boleh cuma baiknya jangan lama-lama, karena selain partsnya makin turun kinerjanya, dollarnya juga bisa naik. Alternatif parts Audi ini bisa dicari di toko-toko spareparts yang jual barang-barang VAG.
Sekian pengalaman saya menggunakan mobil ini, terima kasih.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Tue Aug 14, 2007 9:51
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Dear Om str30,str30 wrote: ↑Thu Feb 14, 2019 21:31 Halo salam kenal,
Saya ada Audi A4 B8.5 tahun 2013 dengan KM 51K. Saya suka banget mobil ini. Pertama liat mobil ini tahun 2008, termasuk yang pertama make DRL LED, asli cakep banget. Eh, pas 2012 keluar faceliftnya, makin ganteng pula DRL-nya. Di tahun 2013 akhirnya kesampaian juga nyobain sambil roadtrip di eropa pake yang B8.5 Avant 2.0 TDI. Di Autobahn dengan isi berlima plus 3 koper besar 2 koper kecil, masih bisa nembus di 200-an, walaupun disalip juga sama VW Golf Wagon TDI polisi Jerman di kecepatan 200-an. Sejak itu kepikiran suatu saat harus punya mobil ini.
Untuk perawatan saya pernah ke MT Haryono, Halim dan Quattro. Alternatif bisa ke VW PIK juga cuma jauh sih. Untuk perawatan berkala sekarang ini biasanya ke Quattro karena jasanya murah lebih murah dari beres. Tapi untuk penggantian part tertentu yang cukup vital saya ganti di beres. Alasannya karena parts tertentu di Quattro terkadang mahal juga karena mereka cuma sedia yang original VAG. Kalau ganti di beres juga tercover warranty biasanya 2 tahun. Parts di beres ataupun Quattro selama ini nggak perlu nunggu lama kok, paling lama cuma seminggu aja nunggunya. Parts yang saya pernah ganti di antaranya:
Aki:
Aki bawaanya merk Varta, saya ganti di awal 2019 kemarin. Pertama kalinya ganti aki dari 2013, berarti 6 tahun nggak ada masalah. Letaknya di bagasi di kompartemen ban serep. Yang bikin akinya awet kemungkinan karena letaknya di bagasi jadi jauh dari panas mesin. Sempet mikir ganti Amaron karena biasanya dulu pernah make Amaron di Alphard dan Santa Fe karena pengalaman 2 tahun bebas rewel, tapi akhirnya ganti ke Varta juga.
Filter AC:
Kalau musim hujan, filter AC di Audi saya kayaknya agak rentan lembab, jadi kalau dinyalain awal AC-nya selama beberapa detik akan bau nggak enak, pernah dibawa ke beres untuk diganti filter AC-nya dan dibersihin sekalian, eh nggak lama 3 bulan kemudian muncul lagi. Kalau musim kemarau, baunya ini berkurang dan kadang nggak bau sama sekali. Saya nggak tau ini karena garasi saya kurang dapat panas matahari atau bagaimana. Filter ini OEM-nya diproduksi Mann Filter, jadi saya kalau nyari filter OEM kalo nggak mau bayar mahal di beres ya cari yang merk Mann.
Waterpump:
Gantinya di beres seharga 2.7 jutaan awal tahun 2018. Beda harga dengan di Quattro cuma 200-300 ribu tapi kalau di beres kan tercover warranty.
Oh iya, waterpump ini masalah yang lumayan klasik untuk B8/B8.5, jadi sebisa mungkin cek kalau mau beli ada potensi masalah apa nggak.
Fuel Filter:
Ini kalau di Indonesia biasanya harus ganti di kisaran 30-40K menurut beres, mekanik Quattro pun menyarankan demikian. Cuma karena saya selalu pakai RON 95/98 saya lumayan pede untuk ganti kemarin di awal tahun 2019 di 51K. Di akhir tahun 2017 harga fuel filter ini di beres masih 2.9 juta, di pertengahan tahun 2018 harganya udah 3.5 juta aja (efek dollar naik kenceng), harga di Quattro cuma beda 100-200 ribu. Untungnya akhir 2018 saya sempet ke eropa dan beli yang OEM merk Siemens-VDO, harganya 1.7 juta aja dan pasangnya di Quattro hehe. Untuk merk ini kayaknya memang cuma mereka satu-satunya pemasok karena saya nggak nemu alternatif merk lain, beda dengan kaki-kaki yang alternatif merknya banyak. Waktu diganti, emang fuel filter yang lama ini udah kotor banget, jadi saya sarankan untuk yang mau ambil seken, udah nyiapin dana buat ganti filter ini karena perannya signifikan.
Kaki-kaki:
Kalau udah 5 tahun biasanya udah muncul nih bunyi-bunyi yang nyayat hati, waktu tahun ke-4 sih masih aman semua. Kalau di punya saya yang kena ball joint di arm yang bawah harganya 3.5 juta sepasang yang original VAG, sedangkan yang merk seperti Febi Bilstein di kisaran 750 ribu per piece. Bushing total ada 6 yang perlu diganti, per piece-nya di kisaran 300-450 ribu merk Lemforder. Stabilizer link kisaran 500-750 tergantung merk. Kaki-kaki merk aslinya generasi ini itu dari TRW, saya taunya dari forum dan ternyata memang pas dibongkar ada marking TRW-nya. Cuma sepertinya lebih bagus produksi Lemforder kualitasnya.
Oli CVT:
Oli CVT ini direkomendasiin diganti di KM 40K, cuma punya saya baru mau ganti sambil nunggu parts kaki-kaki lain yang belum ada. Di Quattro terakhir harganya 1 juta per liter original VAG, butuhnya 7 liter. Untuk harga di beres saya belum cek. Cuma untuk ini saya nemu alternatifnya antara 77 Lubricants atau Ravenol, di Tokopedia bisa dicari. Yang penting untuk pergantian oli CVT ini asalkan dia sama dengan standar VAG/Audi saya kira aman untuk pakai alternatif. Untuk standarnya sendiri/part numbernya G 052 516 A2.
Audi ini menurut saya ada di antara BMW dan Mercy. Nggak terlalu agresif tapi masih enak diajak kenceng kalo dibutuhin, nyamannya juga masih dapet. Nggak serewel apa kata orang juga, yang penting rutin perawatan aja, kalau udah ada yang perlu diganti ya baiknya diganti, kalau mau ngulur waktu dikit juga boleh cuma baiknya jangan lama-lama, karena selain partsnya makin turun kinerjanya, dollarnya juga bisa naik. Alternatif parts Audi ini bisa dicari di toko-toko spareparts yang jual barang-barang VAG.
Sekian pengalaman saya menggunakan mobil ini, terima kasih.
Kebetulan saya lagi mikir2 mo ganti mobil ke Audi A4 B8.5 dari Camry XV50. Googling dan ketemulah trit ini dan postingan-nya Om. Thanks berat udah sharing, sungguh mencerahkan & informatif sekali terutama dari sisi biaya miara Audi A4. Setelah baca post-nya Om, dengan berat hati saya akan menunda mimpi miara Audi A4/A6 sampai kondisi dompet memungkinkan, hehehe.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
kalo dr camry xv50 dl punya terus nyebrang ke audi sih kayanya agak nangis ya wkwkkomedol wrote: ↑Fri Dec 09, 2022 4:42Dear Om str30,str30 wrote: ↑Thu Feb 14, 2019 21:31 Halo salam kenal,
Saya ada Audi A4 B8.5 tahun 2013 dengan KM 51K. Saya suka banget mobil ini. Pertama liat mobil ini tahun 2008, termasuk yang pertama make DRL LED, asli cakep banget. Eh, pas 2012 keluar faceliftnya, makin ganteng pula DRL-nya. Di tahun 2013 akhirnya kesampaian juga nyobain sambil roadtrip di eropa pake yang B8.5 Avant 2.0 TDI. Di Autobahn dengan isi berlima plus 3 koper besar 2 koper kecil, masih bisa nembus di 200-an, walaupun disalip juga sama VW Golf Wagon TDI polisi Jerman di kecepatan 200-an. Sejak itu kepikiran suatu saat harus punya mobil ini.
Untuk perawatan saya pernah ke MT Haryono, Halim dan Quattro. Alternatif bisa ke VW PIK juga cuma jauh sih. Untuk perawatan berkala sekarang ini biasanya ke Quattro karena jasanya murah lebih murah dari beres. Tapi untuk penggantian part tertentu yang cukup vital saya ganti di beres. Alasannya karena parts tertentu di Quattro terkadang mahal juga karena mereka cuma sedia yang original VAG. Kalau ganti di beres juga tercover warranty biasanya 2 tahun. Parts di beres ataupun Quattro selama ini nggak perlu nunggu lama kok, paling lama cuma seminggu aja nunggunya. Parts yang saya pernah ganti di antaranya:
Aki:
Aki bawaanya merk Varta, saya ganti di awal 2019 kemarin. Pertama kalinya ganti aki dari 2013, berarti 6 tahun nggak ada masalah. Letaknya di bagasi di kompartemen ban serep. Yang bikin akinya awet kemungkinan karena letaknya di bagasi jadi jauh dari panas mesin. Sempet mikir ganti Amaron karena biasanya dulu pernah make Amaron di Alphard dan Santa Fe karena pengalaman 2 tahun bebas rewel, tapi akhirnya ganti ke Varta juga.
Filter AC:
Kalau musim hujan, filter AC di Audi saya kayaknya agak rentan lembab, jadi kalau dinyalain awal AC-nya selama beberapa detik akan bau nggak enak, pernah dibawa ke beres untuk diganti filter AC-nya dan dibersihin sekalian, eh nggak lama 3 bulan kemudian muncul lagi. Kalau musim kemarau, baunya ini berkurang dan kadang nggak bau sama sekali. Saya nggak tau ini karena garasi saya kurang dapat panas matahari atau bagaimana. Filter ini OEM-nya diproduksi Mann Filter, jadi saya kalau nyari filter OEM kalo nggak mau bayar mahal di beres ya cari yang merk Mann.
Waterpump:
Gantinya di beres seharga 2.7 jutaan awal tahun 2018. Beda harga dengan di Quattro cuma 200-300 ribu tapi kalau di beres kan tercover warranty.
Oh iya, waterpump ini masalah yang lumayan klasik untuk B8/B8.5, jadi sebisa mungkin cek kalau mau beli ada potensi masalah apa nggak.
Fuel Filter:
Ini kalau di Indonesia biasanya harus ganti di kisaran 30-40K menurut beres, mekanik Quattro pun menyarankan demikian. Cuma karena saya selalu pakai RON 95/98 saya lumayan pede untuk ganti kemarin di awal tahun 2019 di 51K. Di akhir tahun 2017 harga fuel filter ini di beres masih 2.9 juta, di pertengahan tahun 2018 harganya udah 3.5 juta aja (efek dollar naik kenceng), harga di Quattro cuma beda 100-200 ribu. Untungnya akhir 2018 saya sempet ke eropa dan beli yang OEM merk Siemens-VDO, harganya 1.7 juta aja dan pasangnya di Quattro hehe. Untuk merk ini kayaknya memang cuma mereka satu-satunya pemasok karena saya nggak nemu alternatif merk lain, beda dengan kaki-kaki yang alternatif merknya banyak. Waktu diganti, emang fuel filter yang lama ini udah kotor banget, jadi saya sarankan untuk yang mau ambil seken, udah nyiapin dana buat ganti filter ini karena perannya signifikan.
Kaki-kaki:
Kalau udah 5 tahun biasanya udah muncul nih bunyi-bunyi yang nyayat hati, waktu tahun ke-4 sih masih aman semua. Kalau di punya saya yang kena ball joint di arm yang bawah harganya 3.5 juta sepasang yang original VAG, sedangkan yang merk seperti Febi Bilstein di kisaran 750 ribu per piece. Bushing total ada 6 yang perlu diganti, per piece-nya di kisaran 300-450 ribu merk Lemforder. Stabilizer link kisaran 500-750 tergantung merk. Kaki-kaki merk aslinya generasi ini itu dari TRW, saya taunya dari forum dan ternyata memang pas dibongkar ada marking TRW-nya. Cuma sepertinya lebih bagus produksi Lemforder kualitasnya.
Oli CVT:
Oli CVT ini direkomendasiin diganti di KM 40K, cuma punya saya baru mau ganti sambil nunggu parts kaki-kaki lain yang belum ada. Di Quattro terakhir harganya 1 juta per liter original VAG, butuhnya 7 liter. Untuk harga di beres saya belum cek. Cuma untuk ini saya nemu alternatifnya antara 77 Lubricants atau Ravenol, di Tokopedia bisa dicari. Yang penting untuk pergantian oli CVT ini asalkan dia sama dengan standar VAG/Audi saya kira aman untuk pakai alternatif. Untuk standarnya sendiri/part numbernya G 052 516 A2.
Audi ini menurut saya ada di antara BMW dan Mercy. Nggak terlalu agresif tapi masih enak diajak kenceng kalo dibutuhin, nyamannya juga masih dapet. Nggak serewel apa kata orang juga, yang penting rutin perawatan aja, kalau udah ada yang perlu diganti ya baiknya diganti, kalau mau ngulur waktu dikit juga boleh cuma baiknya jangan lama-lama, karena selain partsnya makin turun kinerjanya, dollarnya juga bisa naik. Alternatif parts Audi ini bisa dicari di toko-toko spareparts yang jual barang-barang VAG.
Sekian pengalaman saya menggunakan mobil ini, terima kasih.
Kebetulan saya lagi mikir2 mo ganti mobil ke Audi A4 B8.5 dari Camry XV50. Googling dan ketemulah trit ini dan postingan-nya Om. Thanks berat udah sharing, sungguh mencerahkan & informatif sekali terutama dari sisi biaya miara Audi A4. Setelah baca post-nya Om, dengan berat hati saya akan menunda mimpi miara Audi A4/A6 sampai kondisi dompet memungkinkan, hehehe.
coba bmw atau mercy dl aja yg barang kw1-2 nya juga banyak bgt
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Tue Aug 14, 2007 9:51
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Sip2 Om farizfsa, thanks sarannya. Betul Om, gw nangis baca oli transmisi 1 liter = 1 juta dan butuh 7 liter, dan perlu ganti setiap 40rb km . Sedangkan beberapa bulan lalu baru aja ganti oli transmisi & oli mesin Camry di bengkel spesialis pake TGMO, totalnya seinget gw sekitar 1 juta (ato malah kurang). Padahal udah seneng banget ama tampilan (dan harganya) yg Audi B8.5 ini. Hunting lagi aaah ....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3765
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: WTA: pengalaman miara Audi A4 B8.5
Nyoba biem dlu aja omkomedol wrote: ↑Fri Dec 09, 2022 6:29 Sip2 Om farizfsa, thanks sarannya. Betul Om, gw nangis baca oli transmisi 1 liter = 1 juta dan butuh 7 liter, dan perlu ganti setiap 40rb km . Sedangkan beberapa bulan lalu baru aja ganti oli transmisi & oli mesin Camry di bengkel spesialis pake TGMO, totalnya seinget gw sekitar 1 juta (ato malah kurang). Padahal udah seneng banget ama tampilan (dan harganya) yg Audi B8.5 ini. Hunting lagi aaah ....
Ganti oli transmisi segala lebih murah kok dan durasi gantinya lebih lama. Part2 jg aman lah secara usernya jauh lebih banyak drpd audi