Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Selamat malam SMers sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan kembali mereview sebuah mobil , yaitu sebuah Medium SUV asal jepang yang berasal dari merek nonmainstream di Indonesia, Mazda CX5 2.0 Touring . Well, mobil ini mungkin bukan mobil yang berusia muda lagi, melainkan sebuah mobil yang usianya hampir menginjak 5 tahun. Mobil ini dibeli oleh bapak saya dalam kondisi baru tahun 2013 silam seharga 410 juta rupiah OTR Jakarta, dan saat ini odonya sudah mencapai 122 ribu kilometer , dan masih akan terus dipakai entah sampai kapan hahaha . Di Indonesia, mobil ini masuk ke kelas Medium SUV dan berhadapan dengan CRV RM, Xtrail T31 , Sportage, dan Tucson .That's all of the introduction, and let's go to the review.
1. History
2012 : Mazda meluncurkan mobil konsep bernama Minagi di Jepang, yang kemudian berubah menjadi mazda CX-5 pada versi produksinya. Mazda CX5 generasi pertama ini menjadi mobil pertama Mazda yang menggunakan platform Skyactiv Techology . Tak lama kemudian, MMI , meluncurkan CX5 generasi pertama di Indonesia, dengan 2 varian tipe, 1 pilihan mesin, dan 1 varian transmisi, yaitu sport dan touring, bermesin 2.000 CC dan transmisi otomatis 6 percepatan.
2013 awal : MMI menambah 1 varian baru, yaitu tipe Touring dengan velg "17" inch
2013 pertengahan : Secara mengejutkan MMI meluncurkan CX5 dengan kepasitas mesin yang lebih besar, yaitu 2.500 CC yang lebih bertenaga, dengan varian GT dan touring, sedangkan untuk varian sport, tetap menggunakan mesin 2.000 CC. Selain di kapasitas mesin, perbedaannya ada di warna jok yang berubah menjadi beige , cover mesin yang berwarna hitam (2.000 CC warna biru), dan hilangnya jok heater (CMIW)
2014 : MMI memberikan sedikit perubahan pada CX5 2.5, yaitu tuas transmisi menjadi model lurus, dari sebelumnya yang menggunakan model shiftgate.
2015 : MMI meluncurkan CX5 FL, dengan 4 varian dan 2 pilihan mesin , yaitu 2.5 ( GT , Touring, Urban ) , 2.0 (Sport), dengan perbedaan di headlamp, stoplamp, foglamp , grill, dan velg, serta penambahan fitur berupa I- Activesense , I-Stop, SCBS, dll.
2016 : Mazda Indonesia mengalihkan kepemilikan ATPMnya dari MMI ke Eurocars Motor Indonesia, oleh EMI, varian sport dan urban discontinue, sehingga hanya tersisa varian GT dan Touring saja.
2017: EMI meluncurkan Generasi terbaru CX5 (AN CX5) atau CX5 generasi ke2, dengan perubahan di hampir segala sisi, tetapi dengan mesin yang serupa dengan sedikit tuning, yaitu 2.500 CC 6 percepatan. AN CX5 diluncurkan dengan 2 varian, yaitu GT dan Eliteor
2018: EMI menambah varian baru dari AN CX5, yaitu Touring, varian ini ditempatkan sebagai varian termurah alias entry level dibawah GT dan Elite.
2. Exterior
Depan
Terlihat gagah dan maskulin, mungkin berbeda dengan CRV RM yang terlihat simple tapi mewah atau T31 yang boxy dan agak kaku.
Samping
Terlihat simpel tapi berkelas, sayangnya bagian depan seperti kurang simeteris dengan belakangnya. Oh iya, bagian samping mobil ini mirip dengan Tucson.
Belakang:
Mirip dengan tucson, tapi simpel dan enak dilihat, mungkin merupakan yang terbaik dikelasnya
3.Interior
Terlihat simpel dan modern pada jamannya, mungkin yang terbaik di kelasnya pada saat itu, sayang desainnya sudah mulai terlihat usang dibanding generasi penerusnya.
Kunci
Oh iya , row ke 2 mobil ini mungkin bukan yang terbaik dikelasnya, terlihat sempit dibanding CRV maupun Xtrail, tetapi masih cukup untuk orang yang tingginya 173 CM kebawah. Selain itu, bagasi mobil ini juga bukan yang terluas dikelasnya, walaupun lumayan luas sih buat saya + tempat penyimpanan yang minim menjadi kekurangan mobil ini dibanding rival sekelasnya.
4.Fitur
Fitur pada mobil ini sangatlah banyak, bahkan bisa dibilang yang terlengkap di kelasnya. Pada tipe tertinggi (touring) ini, sudah dilengkapi dengan 6 airbags, ABS, EBD, BA, AFS,dll. Selain itu, mobil ini sudah dilengkapi dengan sunroof , AC digital , keyless entry , jok pengemudi elektrik, dan tombol audio di setir , serta speaker bose dan bluetooth connection. Oh iya, mobil ini juga mempunyai BQ yang terbaik dikelasnya, selama pemakaian 5 tahun ini, kualitas interior masih terlihat solid, dan belum ada rattling sama sekali , serta sudah jok kulit + lampu utamanya sudah HID ,sayang lampu senjanya dan foglampnya masih halogen, belum LED.
5. Driving Impression
Mobil ini dipersenjatai dengan mesin 2.000CC ( 153 HP, 6 percepatan) Bisa dibilang mobil ini merupakan mobil yang paling fun to drive dikelasnya, karena feedbacknya terasa pas dan natural, belum lagi perpindahan giginya sangat sigap dan smooth + mempunyai rem yang feelnya paling enak dikelasnya + bodyroll yang minim untuk ukuran medium SUV. Selain itu, konsumsi BBMnya juga irit untuk SUV sebesar ini, konsumsi BBM dalkotnya berada 8-13 km/l (tegantung kondisi jalan dan cara menyetir anda)
Kesimpulan : This car still the best Medium SUV in it's Class , dan cocok buat anda yang mencari SUV yang fun to drive , handling oke , fitur lengkap , dan merupakan gimmick and techo freak, tetapi cuek dengan brand, akomodasi, dan kelegaan row 2.
Pros:
- Best BQ in it's Class
- Best Fuel consumption
- Fitur terlengkap di kelasnya
- Paling fun to drive
- Desain exterior
- Durable
- Bodyroll minim
- Handling terbaik dikelasnya
- Akselerasi dan peforma yang terbaik dikelasnya
- Perpindahan gigi sigap dan halus
- Torsi putaran bawah - tengah
Cons:
- Row 2 ga lega2 amat
- Minim tempat penyimpanan
- Jok penumpang belum elektrik
- Lampu senja dan foglamp belum LED
- Desain interior sudah mulai terlihat usang
- Torsi putaran atas agak kurang.
That's all of my review, mohon maaf jika ada kesalahan, i hope you'll enjoy my review. Thank you.
1. History
2012 : Mazda meluncurkan mobil konsep bernama Minagi di Jepang, yang kemudian berubah menjadi mazda CX-5 pada versi produksinya. Mazda CX5 generasi pertama ini menjadi mobil pertama Mazda yang menggunakan platform Skyactiv Techology . Tak lama kemudian, MMI , meluncurkan CX5 generasi pertama di Indonesia, dengan 2 varian tipe, 1 pilihan mesin, dan 1 varian transmisi, yaitu sport dan touring, bermesin 2.000 CC dan transmisi otomatis 6 percepatan.
2013 awal : MMI menambah 1 varian baru, yaitu tipe Touring dengan velg "17" inch
2013 pertengahan : Secara mengejutkan MMI meluncurkan CX5 dengan kepasitas mesin yang lebih besar, yaitu 2.500 CC yang lebih bertenaga, dengan varian GT dan touring, sedangkan untuk varian sport, tetap menggunakan mesin 2.000 CC. Selain di kapasitas mesin, perbedaannya ada di warna jok yang berubah menjadi beige , cover mesin yang berwarna hitam (2.000 CC warna biru), dan hilangnya jok heater (CMIW)
2014 : MMI memberikan sedikit perubahan pada CX5 2.5, yaitu tuas transmisi menjadi model lurus, dari sebelumnya yang menggunakan model shiftgate.
2015 : MMI meluncurkan CX5 FL, dengan 4 varian dan 2 pilihan mesin , yaitu 2.5 ( GT , Touring, Urban ) , 2.0 (Sport), dengan perbedaan di headlamp, stoplamp, foglamp , grill, dan velg, serta penambahan fitur berupa I- Activesense , I-Stop, SCBS, dll.
2016 : Mazda Indonesia mengalihkan kepemilikan ATPMnya dari MMI ke Eurocars Motor Indonesia, oleh EMI, varian sport dan urban discontinue, sehingga hanya tersisa varian GT dan Touring saja.
2017: EMI meluncurkan Generasi terbaru CX5 (AN CX5) atau CX5 generasi ke2, dengan perubahan di hampir segala sisi, tetapi dengan mesin yang serupa dengan sedikit tuning, yaitu 2.500 CC 6 percepatan. AN CX5 diluncurkan dengan 2 varian, yaitu GT dan Eliteor
2018: EMI menambah varian baru dari AN CX5, yaitu Touring, varian ini ditempatkan sebagai varian termurah alias entry level dibawah GT dan Elite.
2. Exterior
Depan
Terlihat gagah dan maskulin, mungkin berbeda dengan CRV RM yang terlihat simple tapi mewah atau T31 yang boxy dan agak kaku.
Samping
Terlihat simpel tapi berkelas, sayangnya bagian depan seperti kurang simeteris dengan belakangnya. Oh iya, bagian samping mobil ini mirip dengan Tucson.
Belakang:
Mirip dengan tucson, tapi simpel dan enak dilihat, mungkin merupakan yang terbaik dikelasnya
3.Interior
Terlihat simpel dan modern pada jamannya, mungkin yang terbaik di kelasnya pada saat itu, sayang desainnya sudah mulai terlihat usang dibanding generasi penerusnya.
Kunci
Oh iya , row ke 2 mobil ini mungkin bukan yang terbaik dikelasnya, terlihat sempit dibanding CRV maupun Xtrail, tetapi masih cukup untuk orang yang tingginya 173 CM kebawah. Selain itu, bagasi mobil ini juga bukan yang terluas dikelasnya, walaupun lumayan luas sih buat saya + tempat penyimpanan yang minim menjadi kekurangan mobil ini dibanding rival sekelasnya.
4.Fitur
Fitur pada mobil ini sangatlah banyak, bahkan bisa dibilang yang terlengkap di kelasnya. Pada tipe tertinggi (touring) ini, sudah dilengkapi dengan 6 airbags, ABS, EBD, BA, AFS,dll. Selain itu, mobil ini sudah dilengkapi dengan sunroof , AC digital , keyless entry , jok pengemudi elektrik, dan tombol audio di setir , serta speaker bose dan bluetooth connection. Oh iya, mobil ini juga mempunyai BQ yang terbaik dikelasnya, selama pemakaian 5 tahun ini, kualitas interior masih terlihat solid, dan belum ada rattling sama sekali , serta sudah jok kulit + lampu utamanya sudah HID ,sayang lampu senjanya dan foglampnya masih halogen, belum LED.
5. Driving Impression
Mobil ini dipersenjatai dengan mesin 2.000CC ( 153 HP, 6 percepatan) Bisa dibilang mobil ini merupakan mobil yang paling fun to drive dikelasnya, karena feedbacknya terasa pas dan natural, belum lagi perpindahan giginya sangat sigap dan smooth + mempunyai rem yang feelnya paling enak dikelasnya + bodyroll yang minim untuk ukuran medium SUV. Selain itu, konsumsi BBMnya juga irit untuk SUV sebesar ini, konsumsi BBM dalkotnya berada 8-13 km/l (tegantung kondisi jalan dan cara menyetir anda)
Kesimpulan : This car still the best Medium SUV in it's Class , dan cocok buat anda yang mencari SUV yang fun to drive , handling oke , fitur lengkap , dan merupakan gimmick and techo freak, tetapi cuek dengan brand, akomodasi, dan kelegaan row 2.
Pros:
- Best BQ in it's Class
- Best Fuel consumption
- Fitur terlengkap di kelasnya
- Paling fun to drive
- Desain exterior
- Durable
- Bodyroll minim
- Handling terbaik dikelasnya
- Akselerasi dan peforma yang terbaik dikelasnya
- Perpindahan gigi sigap dan halus
- Torsi putaran bawah - tengah
Cons:
- Row 2 ga lega2 amat
- Minim tempat penyimpanan
- Jok penumpang belum elektrik
- Lampu senja dan foglamp belum LED
- Desain interior sudah mulai terlihat usang
- Torsi putaran atas agak kurang.
That's all of my review, mohon maaf jika ada kesalahan, i hope you'll enjoy my review. Thank you.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 699
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Sparepart dan perawatan gimana om selama 5 taun ini?
Mungkin bakal mantep kalo dikasi info pengeluaran tahunannya nih bwt perawatan dll hehe
Oya, konsumsi bensin gimana om?
Mungkin bakal mantep kalo dikasi info pengeluaran tahunannya nih bwt perawatan dll hehe
Oya, konsumsi bensin gimana om?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Daya tahannya luar biasa.. sy punya 2.5 2013 km 95rb rute hajar jalanan lubang pantura tanpa pernah ada penggantian part major padahal suv fwd yg notabene kaki2 lebih rentan dibanding rwd.. tenaga mesin dan keiritan yg ga berubah semenjak dari baru.
dan betul build quality interior nya top notch.. ga ada ratle, begitu solid padahal sudah berumur..
realibilitas mbl2 mazda dari dulu memang terkenal mantap
kekurangan jok belakang yg terlalu tegak sekarang sudah bisa diakali dengan memasang dudukan kaitan jok custom di daerah taman palem jkt
mesin dan transmisinya luar biasa.. dipakai dalam kota enak bgt.. injekan gas dan setir ngikutin kemauan pengemudi.. sangat dinamis.. tapi keasyikan handling harus dibayar dgn suspensi yg keras, tapi skrg sudah ada per aftermarketnya yg bikin rebound lebih soft tanpa mengurangi karakter..
overall one of the best small suv pada kelasnya.. sangat2 fun to drive
dan betul build quality interior nya top notch.. ga ada ratle, begitu solid padahal sudah berumur..
realibilitas mbl2 mazda dari dulu memang terkenal mantap
kekurangan jok belakang yg terlalu tegak sekarang sudah bisa diakali dengan memasang dudukan kaitan jok custom di daerah taman palem jkt
mesin dan transmisinya luar biasa.. dipakai dalam kota enak bgt.. injekan gas dan setir ngikutin kemauan pengemudi.. sangat dinamis.. tapi keasyikan handling harus dibayar dgn suspensi yg keras, tapi skrg sudah ada per aftermarketnya yg bikin rebound lebih soft tanpa mengurangi karakter..
overall one of the best small suv pada kelasnya.. sangat2 fun to drive
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
cool review om PBoyz..
BTW, kalo berkenan boleh gak dibagi info operating cost nya? Soalnya pengalaman di keluarga saya ada Avanza G '04, City '07, BRV '16, & Mazda2 pre-skyactiv '14 & ternyata si Mazda yg paling mahal average op. cost nya (semua dibawa papa saya ke beres masing2)
BTW, kalo berkenan boleh gak dibagi info operating cost nya? Soalnya pengalaman di keluarga saya ada Avanza G '04, City '07, BRV '16, & Mazda2 pre-skyactiv '14 & ternyata si Mazda yg paling mahal average op. cost nya (semua dibawa papa saya ke beres masing2)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
ops cost sy berdasarkan service record 2-4jtan per 10rbkm atau per sekali service ke beres
menurut sy masih normal2 aja buat suv 2500cc
sy cek sih belum ada tagihan beres yg lebih dari 5jt persekali service di mbl ini untuk service berkala
menurut sy masih normal2 aja buat suv 2500cc
sy cek sih belum ada tagihan beres yg lebih dari 5jt persekali service di mbl ini untuk service berkala
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5903
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Ini nih ripiu yang ditunggu2.
Semua orang dah tau karakter sama fakta2 mobil Mazda, tapi yang bikin penasaran itu reliability mobil ini setelah beberapa tahun.
Trims infonya ya om Pboyz sama om odong2.
Semua orang dah tau karakter sama fakta2 mobil Mazda, tapi yang bikin penasaran itu reliability mobil ini setelah beberapa tahun.
Trims infonya ya om Pboyz sama om odong2.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Nice review um..
Ada bbrp pertanyaan dari saya nih:
(1) 122rb kilo sparepart yg udah ganti apa aja om?
(2) Part yg paling mahal yg pernah di ganti?
(3) Penyakit dasar mobil ini apa om? Yg sering rusak? (Misal di grand livina kaki kaki sering trouble)..
(4) Mengingat odo udah tinggi, sensor sensor still work atau pernah trouble?
Saya mayan tertarik beli jandanya, mengingat bekasnya cukup anjlok.. tapi butuh info ttg running cost ini mobil..
Thank U..
Ada bbrp pertanyaan dari saya nih:
(1) 122rb kilo sparepart yg udah ganti apa aja om?
(2) Part yg paling mahal yg pernah di ganti?
(3) Penyakit dasar mobil ini apa om? Yg sering rusak? (Misal di grand livina kaki kaki sering trouble)..
(4) Mengingat odo udah tinggi, sensor sensor still work atau pernah trouble?
Saya mayan tertarik beli jandanya, mengingat bekasnya cukup anjlok.. tapi butuh info ttg running cost ini mobil..
Thank U..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
untuk rekan2 yg mau minang mazda cx5 kebetulan ane service record komplit..
ane rinci biaya maintenance sampe service terakhir di km 90rb
- KM 10rb free
- KM 20rb 2,626,085
- KM 30rb 1,254,770
- KM 40rb 2,291,300
- KM 50rb 2,026,170
- KM 60rb 2,465,100
- KM 70rb 3,184,060
- KM 80rb 1,557,050
- KM 90rb 2,640,550
Beres Mazda BSD
Penggantian Major part :
Balljoint km 50rb free warranty, kalo beli di pricelist 637,380
Accu 2x ganti selama 5 tahun, range harga 1.5jtan merk amaron
Yg gede malah biaya dandan, velg 20 inchi, ban, coilover, exhaust system, upgrade audio, etc.. bisa 100jtan buat dandanβ
ane rinci biaya maintenance sampe service terakhir di km 90rb
- KM 10rb free
- KM 20rb 2,626,085
- KM 30rb 1,254,770
- KM 40rb 2,291,300
- KM 50rb 2,026,170
- KM 60rb 2,465,100
- KM 70rb 3,184,060
- KM 80rb 1,557,050
- KM 90rb 2,640,550
Beres Mazda BSD
Penggantian Major part :
Balljoint km 50rb free warranty, kalo beli di pricelist 637,380
Accu 2x ganti selama 5 tahun, range harga 1.5jtan merk amaron
Yg gede malah biaya dandan, velg 20 inchi, ban, coilover, exhaust system, upgrade audio, etc.. bisa 100jtan buat dandanβ
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Mana2 coba yg udah dandan diposting jg fotonya..?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Nice review om , ni jandanya sekarang sangat menggoda , apalagi warna merah dan birunya,bikin noleh klo liat di jalan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Akhirnya ndak kerasa CX5 udah 5 tahun nggelinding di indonesia, sama udah agak kejawab reliabilitynya gimana. Orang2 termasuk saya awalnya ragu mazda pede pake GDI (skyactiv) buat di CX5 ini reliability issuenya gimana, eh ternyata banyak user yg udah pake, odo tinggi2 juga fine2 aja. Temen saya jg punya 2013 2.5 GT sekarang odo nya udah 120k lebih, rawatan mazda terus, fine2 aja sptnya cm kemarin ada ganti aki 1x.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5903
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Emang menggiurkan sih jandanya.
Kalo mau lebih hemat lg sih ga osa servis di Beres.
Beres ini itu gila sih kalo ngecharge biasa jasa.
Kalo mau lebih hemat lg sih ga osa servis di Beres.
Beres ini itu gila sih kalo ngecharge biasa jasa.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 236
- Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
- Location: West-east java
- Daily Vehicle: Owl and three diamond
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Terimakasih bung, kebetulan sy juga baru 6 bulan pakai cx5, beli seken touring 2.5 2013 (jok ivory)warna putih juga , impresinya paling fun to drive dr semua mobil yg pernah sy punya, setirnya sangat direct , sangat menyenangkan , bodyrollnya juga ngak kerasa, sebelumnya sy td 2.0 gt dan 2.5 touring cuma selisih 10jt saja unit sekennya, akhirnya ambil yg 2.5, powernya ngga bohong, lbh flawless, sementara yg 2.0 cuma rasa cukup sj hehe no offense yaodong2 wrote: βTue May 01, 2018 3:00 untuk rekan2 yg mau minang mazda cx5 kebetulan ane service record komplit..
ane rinci biaya maintenance sampe service terakhir di km 90rb
- KM 10rb free
- KM 20rb 2,626,085
- KM 30rb 1,254,770
- KM 40rb 2,291,300
- KM 50rb 2,026,170
- KM 60rb 2,465,100
- KM 70rb 3,184,060
- KM 80rb 1,557,050
- KM 90rb 2,640,550
Beres Mazda BSD
Penggantian Major part :
Balljoint km 50rb free warranty, kalo beli di pricelist 637,380
Accu 2x ganti selama 5 tahun, range harga 1.5jtan merk amaron
Yg gede malah biaya dandan, velg 20 inchi, ban, coilover, exhaust system, upgrade audio, etc.. bisa 100jtan buat dandanβ
Untuk cost maintenance spt itu ya, 2.5 harusnya naik dikit masih wajar sy rasa, mahal di 70rb ya, sy odo beli 55k (full record jd bismillah sj ngak dikilik2) ngak tahu skrg sbb yg pakai malah cece sy buat antar jemput karena irit, tp kalau weekend, sy yg jarah isi bensinnya, powernya sgt menyenangkan, sy kebetulan sdh td yg all new, urusan power mirip2 cuma rasa lbh solid spt mobil eropa sj, sementara yg lama lbh kerasa jepangnya sj
Pembelian seken sy ngak ada problem sampai kesaat ini untuk mobil bekas yg umurnya sdh 5 tahun, rattle juga ngak ada, tp tweeter kanan sisi driver aja kadang berulah sptnya kabelnya kendor sbb kadang aktifnya setelah lewatin poldur/jalan jelek, sama jok mudah kotor karena ivory, oh iya, ini mobil stiff suspensinya cukup menurut sy, menurut saya segini sdh cukup nyaman atau karena pengaruh velg 17 ya?
Oh iya ini mobil kan sdh ada tpms ya? Cara aktifinnya bagaimana ya ada yg mengerti?
Sama tombol TRC itu vsc ya?
Rencana saya mungkin ganti velgnya pk yg gt19 dan pasang power back door, lalu detailing
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Wew.. thank U om..odong2 wrote:untuk rekan2 yg mau minang mazda cx5 kebetulan ane service record komplit..
ane rinci biaya maintenance sampe service terakhir di km 90rb
- KM 10rb free
- KM 20rb 2,626,085
- KM 30rb 1,254,770
- KM 40rb 2,291,300
- KM 50rb 2,026,170
- KM 60rb 2,465,100
- KM 70rb 3,184,060
- KM 80rb 1,557,050
- KM 90rb 2,640,550
Beres Mazda BSD
Penggantian Major part :
Balljoint km 50rb free warranty, kalo beli di pricelist 637,380
Accu 2x ganti selama 5 tahun, range harga 1.5jtan merk amaron
Yg gede malah biaya dandan, velg 20 inchi, ban, coilover, exhaust system, upgrade audio, etc.. bisa 100jtan buat dandan[emoji23][emoji111]
Biaya lumayan "normal" yak.. saya service old rush jg dikisaran 1,5 - 2 jt di auto2000.. odo 190ribu.. kalo CX5 cost maintainance segitu sih bisa masuk whistlist saya nih..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Thu Mar 20, 2008 9:56
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Kok saya pas 40-50 rb km di charge 4-5 jt .apa di kerjain sm bengkel resmi cirebon ya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
sy coba post 1 invoice ya om.. belum nemu caranya kalo dari hp.. mudah2an bisa nongol
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Thu Mar 20, 2008 9:56
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
@om odong2. Ntar saya liat lg invoice saya om
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Om pboyz97 dan rekan yang lain
Apakah untuk pembelian spare parts selama ini harus diberes ? Atau ada toko spesialis lain ? Bengkel alternatif?
Pengalaman temen saya yg pake mazda selama ini, bengkel ex nusantara < ex eurokars. Walaupun ini tidak bisa dijadikan patokan.
Apakah untuk pembelian spare parts selama ini harus diberes ? Atau ada toko spesialis lain ? Bengkel alternatif?
Pengalaman temen saya yg pake mazda selama ini, bengkel ex nusantara < ex eurokars. Walaupun ini tidak bisa dijadikan patokan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
memang mobil cakep nih, desain cakep dan masih relevan, mekanikal-elektrikal terbukti nggak rewel, harga jandanya juga gurih
tapi rata-rata keluhan user/ex-user mazda cuma satu sih, kalau sudah kena parts yang harus inden nunggunya bikin keriput. semoga ada perbaikan dari prinsipal/beres
tapi rata-rata keluhan user/ex-user mazda cuma satu sih, kalau sudah kena parts yang harus inden nunggunya bikin keriput. semoga ada perbaikan dari prinsipal/beres
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: ANH30 FJA300
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Good review.
Saya juga pengguna 2.5GT 2013. Odo sekarang di 65 ribu.
Mobilnya masih enak dan no rattle sama sekali.
Untuk cost service terakhir paling mahal ganti kampas rem depan belakang.
Saya juga pengguna 2.5GT 2013. Odo sekarang di 65 ribu.
Mobilnya masih enak dan no rattle sama sekali.
Untuk cost service terakhir paling mahal ganti kampas rem depan belakang.
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Info terkahir katanya eurokars sudah menunjuk beberapa rekanan / partner untuk masalah slow moving parts. Semoga akan semakin baik distribusinyadizco wrote: βTue May 01, 2018 23:41 memang mobil cakep nih, desain cakep dan masih relevan, mekanikal-elektrikal terbukti nggak rewel, harga jandanya juga gurih
tapi rata-rata keluhan user/ex-user mazda cuma satu sih, kalau sudah kena parts yang harus inden nunggunya bikin keriput. semoga ada perbaikan dari prinsipal/beres
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1307
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
Sedikit koreksi ... untuk putaran atas yang dibutuhkan HP, bukan torsi yang berperan.Pboyz97 wrote: βMon Apr 30, 2018 17:21
Cons:
- Row 2 ga lega2 amat
- Minim tempat penyimpanan
- Jok penumpang belum elektrik
- Lampu senja dan foglamp belum LED
- Desain interior sudah mulai terlihat usang
- Torsi putaran atas agak kurang.
That's all of my review, mohon maaf jika ada kesalahan, i hope you'll enjoy my review. Thank you.
Torsi besar dampaknya akselerasi cepat, HP besar efeknya top speed-nya tinggi
" Horsepower sells cars, torque wins races. " (Enzo Ferrari)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
tjakep mobilnya om.... uda 5 tahun tapi masih enak aja diliat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Wed May 11, 2016 8:40
Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring
bener nih om. Untuk tarikan pertama, macet macetan, nanjak, bawa beban, torsi lebih penting
Kalau buat kebut kebutan di mesin dyno ya butuh horsepower
mungkin yang dimaksud TS itu tarikan putaran atas
-