Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4809
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by Pboyz97 »

Selamat malam SMers sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan kembali mereview sebuah mobil , yaitu sebuah Medium SUV asal jepang yang berasal dari merek nonmainstream di Indonesia, Mazda CX5 2.0 Touring . Well, mobil ini mungkin bukan mobil yang berusia muda lagi, melainkan sebuah mobil yang usianya hampir menginjak 5 tahun. Mobil ini dibeli oleh bapak saya dalam kondisi baru tahun 2013 silam seharga 410 juta rupiah OTR Jakarta, dan saat ini odonya sudah mencapai 122 ribu kilometer , dan masih akan terus dipakai entah sampai kapan hahaha :big_biglaugh:. Di Indonesia, mobil ini masuk ke kelas Medium SUV dan berhadapan dengan CRV RM, Xtrail T31 , Sportage, dan Tucson .That's all of the introduction, and let's go to the review.
1. History
2012 : Mazda meluncurkan mobil konsep bernama Minagi di Jepang, yang kemudian berubah menjadi mazda CX-5 pada versi produksinya. Mazda CX5 generasi pertama ini menjadi mobil pertama Mazda yang menggunakan platform Skyactiv Techology . Tak lama kemudian, MMI , meluncurkan CX5 generasi pertama di Indonesia, dengan 2 varian tipe, 1 pilihan mesin, dan 1 varian transmisi, yaitu sport dan touring, bermesin 2.000 CC dan transmisi otomatis 6 percepatan.
2013 awal : MMI menambah 1 varian baru, yaitu tipe Touring dengan velg "17" inch
2013 pertengahan : Secara mengejutkan MMI meluncurkan CX5 dengan kepasitas mesin yang lebih besar, yaitu 2.500 CC yang lebih bertenaga, dengan varian GT dan touring, sedangkan untuk varian sport, tetap menggunakan mesin 2.000 CC. Selain di kapasitas mesin, perbedaannya ada di warna jok yang berubah menjadi beige , cover mesin yang berwarna hitam (2.000 CC warna biru), dan hilangnya jok heater (CMIW) :big_peace:
2014 : MMI memberikan sedikit perubahan pada CX5 2.5, yaitu tuas transmisi menjadi model lurus, dari sebelumnya yang menggunakan model shiftgate.
2015 : MMI meluncurkan CX5 FL, dengan 4 varian dan 2 pilihan mesin , yaitu 2.5 ( GT , Touring, Urban ) , 2.0 (Sport), dengan perbedaan di headlamp, stoplamp, foglamp , grill, dan velg, serta penambahan fitur berupa I- Activesense , I-Stop, SCBS, dll.
2016 : Mazda Indonesia mengalihkan kepemilikan ATPMnya dari MMI ke Eurocars Motor Indonesia, oleh EMI, varian sport dan urban discontinue, sehingga hanya tersisa varian GT dan Touring saja.
2017: EMI meluncurkan Generasi terbaru CX5 (AN CX5) atau CX5 generasi ke2, dengan perubahan di hampir segala sisi, tetapi dengan mesin yang serupa dengan sedikit tuning, yaitu 2.500 CC 6 percepatan. AN CX5 diluncurkan dengan 2 varian, yaitu GT dan Eliteor
2018: EMI menambah varian baru dari AN CX5, yaitu Touring, varian ini ditempatkan sebagai varian termurah alias entry level dibawah GT dan Elite.

2. Exterior
Depan
Image
Terlihat gagah dan maskulin, mungkin berbeda dengan CRV RM yang terlihat simple tapi mewah atau T31 yang boxy dan agak kaku.
Samping
Image
Terlihat simpel tapi berkelas, sayangnya bagian depan seperti kurang simeteris dengan belakangnya. Oh iya, bagian samping mobil ini mirip dengan Tucson.
Belakang:
Image
Mirip dengan tucson, tapi simpel dan enak dilihat, mungkin merupakan yang terbaik dikelasnya

3.Interior
Image
Terlihat simpel dan modern pada jamannya, mungkin yang terbaik di kelasnya pada saat itu, sayang desainnya sudah mulai terlihat usang dibanding generasi penerusnya.
Image
Kunci
Image
Oh iya , row ke 2 mobil ini mungkin bukan yang terbaik dikelasnya, terlihat sempit dibanding CRV maupun Xtrail, tetapi masih cukup untuk orang yang tingginya 173 CM kebawah. Selain itu, bagasi mobil ini juga bukan yang terluas dikelasnya, walaupun lumayan luas sih buat saya + tempat penyimpanan yang minim menjadi kekurangan mobil ini dibanding rival sekelasnya.
4.Fitur
Fitur pada mobil ini sangatlah banyak, bahkan bisa dibilang yang terlengkap di kelasnya. Pada tipe tertinggi (touring) ini, sudah dilengkapi dengan 6 airbags, ABS, EBD, BA, AFS,dll. Selain itu, mobil ini sudah dilengkapi dengan sunroof , AC digital , keyless entry , jok pengemudi elektrik, dan tombol audio di setir , serta speaker bose dan bluetooth connection. Oh iya, mobil ini juga mempunyai BQ yang terbaik dikelasnya, selama pemakaian 5 tahun ini, kualitas interior masih terlihat solid, dan belum ada rattling sama sekali , serta sudah jok kulit + lampu utamanya sudah HID ,sayang lampu senjanya dan foglampnya masih halogen, belum LED.

5. Driving Impression
Mobil ini dipersenjatai dengan mesin 2.000CC ( 153 HP, 6 percepatan) Bisa dibilang mobil ini merupakan mobil yang paling fun to drive dikelasnya, karena feedbacknya terasa pas dan natural, belum lagi perpindahan giginya sangat sigap dan smooth + mempunyai rem yang feelnya paling enak dikelasnya + bodyroll yang minim untuk ukuran medium SUV. Selain itu, konsumsi BBMnya juga irit untuk SUV sebesar ini, konsumsi BBM dalkotnya berada 8-13 km/l (tegantung kondisi jalan dan cara menyetir anda)

Kesimpulan : This car still the best Medium SUV in it's Class , dan cocok buat anda yang mencari SUV yang fun to drive , handling oke , fitur lengkap , dan merupakan gimmick and techo freak, tetapi cuek dengan brand, akomodasi, dan kelegaan row 2.

Pros:
- Best BQ in it's Class
- Best Fuel consumption
- Fitur terlengkap di kelasnya
- Paling fun to drive
- Desain exterior
- Durable
- Bodyroll minim
- Handling terbaik dikelasnya
- Akselerasi dan peforma yang terbaik dikelasnya
- Perpindahan gigi sigap dan halus
- Torsi putaran bawah - tengah

Cons:
- Row 2 ga lega2 amat
- Minim tempat penyimpanan
- Jok penumpang belum elektrik
- Lampu senja dan foglamp belum LED
- Desain interior sudah mulai terlihat usang
- Torsi putaran atas agak kurang.

That's all of my review, mohon maaf jika ada kesalahan, i hope you'll enjoy my review. Thank you.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 699
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by hackers11 »

Sparepart dan perawatan gimana om selama 5 taun ini?
Mungkin bakal mantep kalo dikasi info pengeluaran tahunannya nih bwt perawatan dll hehe
Oya, konsumsi bensin gimana om?
odong2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by odong2 »

Daya tahannya luar biasa.. sy punya 2.5 2013 km 95rb rute hajar jalanan lubang pantura tanpa pernah ada penggantian part major padahal suv fwd yg notabene kaki2 lebih rentan dibanding rwd.. tenaga mesin dan keiritan yg ga berubah semenjak dari baru.
dan betul build quality interior nya top notch.. ga ada ratle, begitu solid padahal sudah berumur..
realibilitas mbl2 mazda dari dulu memang terkenal mantap

kekurangan jok belakang yg terlalu tegak sekarang sudah bisa diakali dengan memasang dudukan kaitan jok custom di daerah taman palem jkt

mesin dan transmisinya luar biasa.. dipakai dalam kota enak bgt.. injekan gas dan setir ngikutin kemauan pengemudi.. sangat dinamis.. tapi keasyikan handling harus dibayar dgn suspensi yg keras, tapi skrg sudah ada per aftermarketnya yg bikin rebound lebih soft tanpa mengurangi karakter..

overall one of the best small suv pada kelasnya.. sangat2 fun to drive
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1093
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by qushay20019 »

cool review om PBoyz.. :mky_02:

BTW, kalo berkenan boleh gak dibagi info operating cost nya? Soalnya pengalaman di keluarga saya ada Avanza G '04, City '07, BRV '16, & Mazda2 pre-skyactiv '14 & ternyata si Mazda yg paling mahal average op. cost nya (semua dibawa papa saya ke beres masing2)
odong2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by odong2 »

ops cost sy berdasarkan service record 2-4jtan per 10rbkm atau per sekali service ke beres
menurut sy masih normal2 aja buat suv 2500cc
sy cek sih belum ada tagihan beres yg lebih dari 5jt persekali service di mbl ini untuk service berkala
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by sintoni »

Ini nih ripiu yang ditunggu2.

Semua orang dah tau karakter sama fakta2 mobil Mazda, tapi yang bikin penasaran itu reliability mobil ini setelah beberapa tahun.

Trims infonya ya om Pboyz sama om odong2.
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by Bulgogi »

Nice review um..

Ada bbrp pertanyaan dari saya nih:
(1) 122rb kilo sparepart yg udah ganti apa aja om?
(2) Part yg paling mahal yg pernah di ganti?
(3) Penyakit dasar mobil ini apa om? Yg sering rusak? (Misal di grand livina kaki kaki sering trouble)..
(4) Mengingat odo udah tinggi, sensor sensor still work atau pernah trouble?

Saya mayan tertarik beli jandanya, mengingat bekasnya cukup anjlok.. tapi butuh info ttg running cost ini mobil..

Thank U..


odong2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by odong2 »

untuk rekan2 yg mau minang mazda cx5 kebetulan ane service record komplit..
ane rinci biaya maintenance sampe service terakhir di km 90rb
- KM 10rb free
- KM 20rb 2,626,085
- KM 30rb 1,254,770
- KM 40rb 2,291,300
- KM 50rb 2,026,170
- KM 60rb 2,465,100
- KM 70rb 3,184,060
- KM 80rb 1,557,050
- KM 90rb 2,640,550
Beres Mazda BSD

Penggantian Major part :
Balljoint km 50rb free warranty, kalo beli di pricelist 637,380
Accu 2x ganti selama 5 tahun, range harga 1.5jtan merk amaron

Yg gede malah biaya dandan, velg 20 inchi, ban, coilover, exhaust system, upgrade audio, etc.. bisa 100jtan buat dandanπŸ˜‚βœŒ
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by andrijet »

Mana2 coba yg udah dandan diposting jg fotonya..? 😜
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by grandis_GT »

Nice review om , ni jandanya sekarang sangat menggoda , apalagi warna merah dan birunya,bikin noleh klo liat di jalan :big_love:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by maastricht889 »

Akhirnya ndak kerasa CX5 udah 5 tahun nggelinding di indonesia, sama udah agak kejawab reliabilitynya gimana. Orang2 termasuk saya awalnya ragu mazda pede pake GDI (skyactiv) buat di CX5 ini reliability issuenya gimana, eh ternyata banyak user yg udah pake, odo tinggi2 juga fine2 aja. Temen saya jg punya 2013 2.5 GT sekarang odo nya udah 120k lebih, rawatan mazda terus, fine2 aja sptnya cm kemarin ada ganti aki 1x.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by sintoni »

Emang menggiurkan sih jandanya.

Kalo mau lebih hemat lg sih ga osa servis di Beres.

Beres ini itu gila sih kalo ngecharge biasa jasa.
Swedeppon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Tue Jan 23, 2018 18:10
Location: West-east java
Daily Vehicle: Owl and three diamond

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by Swedeppon »

odong2 wrote: ↑Tue May 01, 2018 3:00 untuk rekan2 yg mau minang mazda cx5 kebetulan ane service record komplit..
ane rinci biaya maintenance sampe service terakhir di km 90rb
- KM 10rb free
- KM 20rb 2,626,085
- KM 30rb 1,254,770
- KM 40rb 2,291,300
- KM 50rb 2,026,170
- KM 60rb 2,465,100
- KM 70rb 3,184,060
- KM 80rb 1,557,050
- KM 90rb 2,640,550
Beres Mazda BSD

Penggantian Major part :
Balljoint km 50rb free warranty, kalo beli di pricelist 637,380
Accu 2x ganti selama 5 tahun, range harga 1.5jtan merk amaron

Yg gede malah biaya dandan, velg 20 inchi, ban, coilover, exhaust system, upgrade audio, etc.. bisa 100jtan buat dandanπŸ˜‚βœŒ
Terimakasih bung, kebetulan sy juga baru 6 bulan pakai cx5, beli seken touring 2.5 2013 (jok ivory)warna putih juga , impresinya paling fun to drive dr semua mobil yg pernah sy punya, setirnya sangat direct , sangat menyenangkan , bodyrollnya juga ngak kerasa, sebelumnya sy td 2.0 gt dan 2.5 touring cuma selisih 10jt saja unit sekennya, akhirnya ambil yg 2.5, powernya ngga bohong, lbh flawless, sementara yg 2.0 cuma rasa cukup sj hehe no offense ya :mky_01:

Untuk cost maintenance spt itu ya, 2.5 harusnya naik dikit masih wajar sy rasa, mahal di 70rb ya, sy odo beli 55k (full record jd bismillah sj ngak dikilik2) ngak tahu skrg sbb yg pakai malah cece sy buat antar jemput karena irit, tp kalau weekend, sy yg jarah isi bensinnya, powernya sgt menyenangkan, sy kebetulan sdh td yg all new, urusan power mirip2 cuma rasa lbh solid spt mobil eropa sj, sementara yg lama lbh kerasa jepangnya sj

Pembelian seken sy ngak ada problem sampai kesaat ini untuk mobil bekas yg umurnya sdh 5 tahun, rattle juga ngak ada, tp tweeter kanan sisi driver aja kadang berulah sptnya kabelnya kendor sbb kadang aktifnya setelah lewatin poldur/jalan jelek, sama jok mudah kotor karena ivory, oh iya, ini mobil stiff suspensinya cukup menurut sy, menurut saya segini sdh cukup nyaman atau karena pengaruh velg 17 ya?

Oh iya ini mobil kan sdh ada tpms ya? Cara aktifinnya bagaimana ya ada yg mengerti?
Sama tombol TRC itu vsc ya?

Rencana saya mungkin ganti velgnya pk yg gt19 dan pasang power back door, lalu detailing
White owl : CX5 2.5 touring'13
Two black three diamond: ANPS dakar'17 and Mirage exceed'12
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by Bulgogi »

odong2 wrote:untuk rekan2 yg mau minang mazda cx5 kebetulan ane service record komplit..
ane rinci biaya maintenance sampe service terakhir di km 90rb
- KM 10rb free
- KM 20rb 2,626,085
- KM 30rb 1,254,770
- KM 40rb 2,291,300
- KM 50rb 2,026,170
- KM 60rb 2,465,100
- KM 70rb 3,184,060
- KM 80rb 1,557,050
- KM 90rb 2,640,550
Beres Mazda BSD

Penggantian Major part :
Balljoint km 50rb free warranty, kalo beli di pricelist 637,380
Accu 2x ganti selama 5 tahun, range harga 1.5jtan merk amaron

Yg gede malah biaya dandan, velg 20 inchi, ban, coilover, exhaust system, upgrade audio, etc.. bisa 100jtan buat dandan[emoji23][emoji111]
Wew.. thank U om..

Biaya lumayan "normal" yak.. saya service old rush jg dikisaran 1,5 - 2 jt di auto2000.. odo 190ribu.. kalo CX5 cost maintainance segitu sih bisa masuk whistlist saya nih..
bopi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Thu Mar 20, 2008 9:56

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by bopi »

Kok saya pas 40-50 rb km di charge 4-5 jt .apa di kerjain sm bengkel resmi cirebon ya
odong2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by odong2 »

bopi wrote: ↑Tue May 01, 2018 11:16 Kok saya pas 40-50 rb km di charge 4-5 jt .apa di kerjain sm bengkel resmi cirebon ya
sy coba post 1 invoice ya om.. belum nemu caranya kalo dari hp.. mudah2an bisa nongol
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
odong2
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Mar 06, 2006 4:41

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by odong2 »

andrijet wrote: ↑Tue May 01, 2018 3:56 Mana2 coba yg udah dandan diposting jg fotonya..? 😜
nanti sy kasih teasernya om... hehehehe
:big_peace:
bopi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Thu Mar 20, 2008 9:56

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by bopi »

@om odong2. Ntar saya liat lg invoice saya om
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by jdm86 »

Om pboyz97 dan rekan yang lain

Apakah untuk pembelian spare parts selama ini harus diberes ? Atau ada toko spesialis lain ? Bengkel alternatif?

Pengalaman temen saya yg pake mazda selama ini, bengkel ex nusantara < ex eurokars. Walaupun ini tidak bisa dijadikan patokan.
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by dizco »

memang mobil cakep nih, desain cakep dan masih relevan, mekanikal-elektrikal terbukti nggak rewel, harga jandanya juga gurih

tapi rata-rata keluhan user/ex-user mazda cuma satu sih, kalau sudah kena parts yang harus inden nunggunya bikin keriput. semoga ada perbaikan dari prinsipal/beres
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Bandar Lampung, Lampung
Daily Vehicle: ANH30 FJA300

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by 808BB »

Good review.
Saya juga pengguna 2.5GT 2013. Odo sekarang di 65 ribu.
Mobilnya masih enak dan no rattle sama sekali.
Untuk cost service terakhir paling mahal ganti kampas rem depan belakang.
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by jdm86 »

dizco wrote: ↑Tue May 01, 2018 23:41 memang mobil cakep nih, desain cakep dan masih relevan, mekanikal-elektrikal terbukti nggak rewel, harga jandanya juga gurih

tapi rata-rata keluhan user/ex-user mazda cuma satu sih, kalau sudah kena parts yang harus inden nunggunya bikin keriput. semoga ada perbaikan dari prinsipal/beres
Info terkahir katanya eurokars sudah menunjuk beberapa rekanan / partner untuk masalah slow moving parts. Semoga akan semakin baik distribusinya
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by Or4cle »

Pboyz97 wrote: ↑Mon Apr 30, 2018 17:21
Cons:
- Row 2 ga lega2 amat
- Minim tempat penyimpanan
- Jok penumpang belum elektrik
- Lampu senja dan foglamp belum LED
- Desain interior sudah mulai terlihat usang
- Torsi putaran atas agak kurang.

That's all of my review, mohon maaf jika ada kesalahan, i hope you'll enjoy my review. Thank you.
Sedikit koreksi ... untuk putaran atas yang dibutuhkan HP, bukan torsi yang berperan.
Torsi besar dampaknya akselerasi cepat, HP besar efeknya top speed-nya tinggi

" Horsepower sells cars, torque wins races. " (Enzo Ferrari)
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by martinnn »

tjakep mobilnya om.... uda 5 tahun tapi masih enak aja diliat
:big_biglaugh:
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 304
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Long - Term Review - 2013 Mazda CX5 2.0 Touring

Post by diidoot »

Or4cle wrote: ↑Wed May 02, 2018 3:02
Sedikit koreksi ... untuk putaran atas yang dibutuhkan HP, bukan torsi yang berperan.
Torsi besar dampaknya akselerasi cepat, HP besar efeknya top speed-nya tinggi

" Horsepower sells cars, torque wins races. " (Enzo Ferrari)
bener nih om. Untuk tarikan pertama, macet macetan, nanjak, bawa beban, torsi lebih penting

Kalau buat kebut kebutan di mesin dyno ya butuh horsepower

mungkin yang dimaksud TS itu tarikan putaran atas :big_smile]
-