MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3156
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by walid_007 »

Bisa dilihat swot nya. Atau...
1. Tidak memarik krn mungkin tidak ada untung/sedikit untung (udah hkm alam)
2. Development mahal namun hanya laku di bbrp negara, itupun juga dijadikan taxi
3.mari ambil contoh Innova saja merupakan bagian dari 3 mobil dalam 1 platform, hikux dan fortuner bahkan denger2 prado? Yg sodaranya semua lebih lebar pangsa negaranya (sampe rusia)..
engine roaring!
Tats
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Sun Oct 01, 2017 5:36

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Tats »

Kalau secara logika
Mpv kok pakai ladder frame, emang nyaman?
Mpv di bawah 150 hp kok rwd, nanti ga efisien
Seperti itu lah pasar global ngeliat mpv rwd

Hanya di indo offroad bawa mpv (jalanan bolong semua)
Dan org2 sini hanya pd nanjak pakai rwd... (pdhl... ah sudah lah)
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1569
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by lemonadelovers »

Turboman wrote: Wed Jul 25, 2018 17:31 MPV monokok akan nyaman jika suspensi nya pakai subframe ala sedan mewah......getaran roda teredam

kalo arm2 suspensi konek lgs ke body.......ya wes dah........wrrrr..wrrrr wrrrrr.......kalo lewat aspal kasar.....That's I hate it.....wkwkwkkw (like my RE)......padahal lantai saya udah dobel peredam

Oke lah jalan tol dimana2, tapi begitu menuju tempat wisata ? he he he.........u know lah di Indo

Mau berharap jalan sini full mulus ampe pelosok2 kayak Japan......wah 100 tahun lagi mungkin.......wkwkwkwkwkk
Pake subframe bushingnya banyak bener om, waktu ngolong liat mbl kaget sendiri untungnya nemu toko yg jual bushing2nya komplit, oh iya biar senyap ternyata di interior dikasig styrofoam antara pelat lantai n karpet dasar.

Oh iya selain ga nyaman MPV ladder frame RWD boros Bensin.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1569
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by lemonadelovers »

BTW saya jd kepikiran, innova MPV fortuner dibilang SUV padahal sama2 4x2, sama2 selip klo kejeblos krna ga ada LSD, tp kenapa disebut SUV hanya karena Ban Besar dan GC tinggi. mesin sasis sama hanya beda body
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by martinnn »

wuling itu juga ladder frame kan ?
:big_biglaugh:
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by ngalih »

Turboman wrote: Wed Jul 25, 2018 17:31 MPV monokok akan nyaman jika suspensi nya pakai subframe ala sedan mewah......getaran roda teredam

kalo arm2 suspensi konek lgs ke body.......ya wes dah........wrrrr..wrrrr wrrrrr.......kalo lewat aspal kasar.....That's I hate it.....wkwkwkkw (like my RE)......padahal lantai saya udah dobel peredam

Oke lah jalan tol dimana2, tapi begitu menuju tempat wisata ? he he he.........u know lah di Indo

Mau berharap jalan sini full mulus ampe pelosok2 kayak Japan......wah 100 tahun lagi mungkin.......wkwkwkwkwkk
Mpv monokok yg suspensi paling nyaman apa dong om Turbo?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by evanbngdor »

Untuk mengembangkan MPV ladder frame tentunya butuh development bagi produsen-produsen.

Paling feasible sekarang ya produsen-produsen yang udah punya platform SUV&doublecab ladder frame itu tinggal sharing platform aja bikin MPV nya. Mitsubishi, Isuzu, Nissan, apalagi tuh ya. Mereka ngga perlu develop dari 0, jd bisa nekan biaya produksi, imbasnya ke harga jual.

Apalagi kalau melihat saat ini, segmen MPV ladder frame bukan santapan yang lezat, tren sekarang lebih ke arah lifestyle, jd otomatis produsen-produsen lebih concern ke segmen-segmen yang sedang hype atau akan bertambah hype kedepannya ketimbang develop MPV ladderframe.

Sharing platform antara hatchback, sedan, LMPV, LSUV, crossover jauh lebih mudah&murah. Contohnya saja Toyota, menghematnya udah banyak banget tuh satu mesin buat Veloz, Rush, Sienta, Yaris, Vios.

Issue yang saya dengar Hilux diganti jd GD series juga karena biaya produksi yang bisa lebih rendah karena main kuantitas, daripada order mesin KD hanya untuk hilux, ya cekokin GD aja lah.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Turboman »

lemonadelovers wrote:
Turboman wrote: Wed Jul 25, 2018 17:31 MPV monokok akan nyaman jika suspensi nya pakai subframe ala sedan mewah......getaran roda teredam

kalo arm2 suspensi konek lgs ke body.......ya wes dah........wrrrr..wrrrr wrrrrr.......kalo lewat aspal kasar.....That's I hate it.....wkwkwkkw (like my RE)......padahal lantai saya udah dobel peredam

Oke lah jalan tol dimana2, tapi begitu menuju tempat wisata ? he he he.........u know lah di Indo

Mau berharap jalan sini full mulus ampe pelosok2 kayak Japan......wah 100 tahun lagi mungkin.......wkwkwkwkwkk
Pake subframe bushingnya banyak bener om, waktu ngolong liat mbl kaget sendiri untungnya nemu toko yg jual bushing2nya komplit, oh iya biar senyap ternyata di interior dikasig styrofoam antara pelat lantai n karpet dasar.

Oh iya selain ga nyaman MPV ladder frame RWD boros Bensin.
Yup

Kalo kayak E39 ada 4 bushing karet beaar utama yg kopel subframe ke body

utk bushing arm2 suspensi tergantung disain suspensi nya spt apa
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by ChZ »

k1493nk wrote: Wed Jul 25, 2018 23:41 Plusnya innoa kuat diisi apa aja... bisa bawa beras, genset dll... coba aja bawa beras di 10 karung di mpv lain maka akan tau bedanya. Innova is multi purpose vehicle... siap jd apa aja
Nah justru itu berarti pointnya orang beli Innova sebenernya lebih ke robust-ness dan bukan comfort.

Dalam kaidah permobilan sebenernya lebih cocok di sebut MUV (Multi Utility Vehicle) dibanding MPV atau minivan karena selling pointnya adalah utilitas dan bukan kenyamanan. Kayak beli Hilux dengan ban kecil dan bodi van.

Ya sekarang nambah buat "balap" sih buat yang berani ngutik-utik sampe 300hp++... wkwkwkw... tp kalangan tertentu yang lumayan nekat buat swap ono ini dan ganti hardware. Krn istilahnya ini mobil yang mesinnya oprek-able yang harganya paling murah... seken GNKI bisa dapet di angka 200 juta-an... mungkin salah satu alesan kenapa orang ogah upgrade ke ANKI kali yah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Turboman »

Bener tuh mobil spt Ipah lebih tepat disebut MUV aka Multi Utility Vehc

wkwkwkwkwkwk

Btw catatan utk market MUV juga spt nya terkait dgn Demographi dan karakter penduduk suatu negara

India & Indonesia :
- Style keluarga besar
- Senang pergi rame2
- Masi Banyak jalanan jelek
- Mobil gak cuman utk angkut penumpang, tapi kadang dipake utk angkut barang juga
- Butuh mobil yg bisa sangat survive utk dipake jalanan jelek / harsh condition

Mungkin pabrikan lebih tertarik utk lgs kembangkan SUV 7 seater, krn market lebih luas / profit lebih baik, sementara MPV ladder frame dianggap serba nanggung, mau dipake off road ya nanggung, harga jual gak bisa setinggi versi SUV nya

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Turboman »

lemonadelovers wrote:BTW saya jd kepikiran, innova MPV fortuner dibilang SUV padahal sama2 4x2, sama2 selip klo kejeblos krna ga ada LSD, tp kenapa disebut SUV hanya karena Ban Besar dan GC tinggi. mesin sasis sama hanya beda body
di Indonesia populer 4X2 karena 4X4 pajaknya mahal

kalo di negara2 lain utk Fortie / PJS spt nya yg laku yg versi 4X4 / AWD nya

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by iwing »

innova itu mobil yang serba bisa makanya laku disini. mesin badak, ok. kaki2 tangguh, ok. nyaman, ok (saya malah lebih nyaman naik innova dibanding anf/anps). isi banyak, ok. istilah nya innova itu seperti ada ditengah2. kalo mobil seperti alphard/elgrand misalnya itu kan condong ke point tertentu, seperti nyaman saja. imho
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by iwing »

Turboman wrote: Thu Jul 26, 2018 2:20 Bener tuh mobil spt Ipah lebih tepat disebut MUV aka Multi Utility Vehc

wkwkwkwkwkwk

Btw catatan utk market MUV juga spt nya terkait dgn Demographi dan karakter penduduk suatu negara

India & Indonesia :
- Style keluarga besar
- Senang pergi rame2
- Masi Banyak jalanan jelek
- Mobil gak cuman utk angkut penumpang, tapi kadang dipake utk angkut barang juga
- Butuh mobil yg bisa sangat survive utk dipake jalanan jelek / harsh condition

Mungkin pabrikan lebih tertarik utk lgs kembangkan SUV 7 seater, krn market lebih luas / profit lebih baik, sementara MPV ladder frame dianggap serba nanggung, mau dipake off road ya nanggung, harga jual gak bisa setinggi versi SUV nya

CMIIW
suv 7 seater rasanya tidak akan bisa mengalahkan innova om karena meskipun bodi besar tapi daleman sempit dan ini berbanding terbalik dengan innova
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by nyotsaeba »

k1493nk wrote:
ChZ wrote:Ini baru SM, diskusinya berbobot...

IMHO, karena ladder frame itu biasanya dikembangkan untuk heavy-duty car... pickup truck dan SUV... untuk MPV, enggak bisa meraup global market yang sedemikian diverse.

Market terbesar MPV ladder frame hanya India dan Indonesia, jadi ya mungkin di pikiran engineer "ah sekalian aja dikembangin dari sasis hilux, daripada bikin baru balik modalnya lama gak sebanding sama effortnya".

Di Indonesia sendiri lagi ada pergeseran dari dulunya kelas Innova sekarang udah geser ke kelas di bawahnya : LMPV. Karena Innova udah ngga masuk budget untuk mobil operasional kantor dan fleet. Praktis saya rasa yang beli Innova baru kebanyakan dari pribadi dan rentalan saja. Ops kantor kadang masih mempertahankan Innova lawas karena masih laik jalan cuma butuh di-refresh aja.

Coba di liat trend nya di jalan, Populasi GNKI masih banyak meskipun udah ada ANKI, bandingin ama Avanza first-second gen yang udah punah mayoritas udah ganti GNA/GNX... :mky_01: praktis, ngga ada yang ngelirik kelas ini. Udah life-cycle modelnya lama, orang sekali pake bisa belasan taun. Ane sendiri gak yakin TAM skrg untung gede dari Kijang, klo gak ada LCGC, Avanza, Fortuner sih udah tamat...

Semua lebih ngincer citycar, compact crossover, atau LMPV karena lebih prospek dan lebih bisa diterima oleh pasar global. Lebih gampang ngembangin citycar/compact crossover/LMPV dalam 1 platform.

Ditambah monopoli Kijang sebagai MPV ladder-frame paling tersohor... bagi brand - brand lain, hanya buang-buang duit ngelawan Kijang di market Indonesia... Wuling Cortez saja bukan direct competitor... masih pake mesin bensin dan FWD.

Maaf kata nih buat para pengguna Innova, ane gak menemukan apa plus nya Innova dibanding Serena/Biante yang seharga dalam konteks kenyamanan... akses keluar masuk jelas menang si duo roti tawar, kursi lebih empuk dan support. driving pos lebih gak berasa awkward / lebih gak truckish (belum jok Innova GNKI itu triplek abis, kalo ANKI udah mendingan ada supportnya), CoG lebih rendah jadi gak berisiko bikin penumpang mabok, 3 baris efektif manusiawi semua karena flat-floor, bantingan empuk, dan konsumsi BBM juga lebih irit karena teknologi mesin canggih (Serena GDI, Biante Skyactiv, Voxy DVVTi+Valvematic). Jujur nyetir Serena jadul yang sehat aja enak banget loh dibanding Kijang yang manapun...

Ya sekali lagi ini butt-o-meter pengguna mobil monokok ya... Don't take it personal, experience may vary, ya tetep sih hater bakal tetep nyinyir :ngacir:

Jangan ngomong awet dan irit karena di konteks Indonesia pengguna Innova ngisinya solar goceng sementara Biante/Serena/Voxy ngisinya minimal pertalet 7800/liter... Kalo minus faktor tahan banting dan awet jelas mending ambil Voxy ketimbang Innova sih...

Setuju dengan atas-atas, kalo jalanan Indonesia dah mulus semua MPV ladder akan punah dengan sendirinya...
Plusnya innoa kuat diisi apa aja... bisa bawa beras, genset dll... coba aja bawa beras di 10 karung di mpv lain maka akan tau bedanya. Innova is multi purpose vehicle... siap jd apa aja
iwing wrote:innova itu mobil yang serba bisa makanya laku disini. mesin badak, ok. kaki2 tangguh, ok. nyaman, ok (saya malah lebih nyaman naik innova dibanding anf/anps). isi banyak, ok. istilah nya innova itu seperti ada ditengah2. kalo mobil seperti alphard/elgrand misalnya itu kan condong ke point tertentu, seperti nyaman saja. imho
Ini setuju, pernah beli dan angkut marmer lantai sampe bagasi lantai row 3 mpv penuh, ga mentok suspensinya dimuatin 300kg ++ ... Lulus
Naek kapal feri merak bakauheni yg approach angle nya rada gendeng sama sudut nanjak kemiringan ekstrem .... Lulus
Lewat Polisi tidur komplek yg pasti bikin supir blue bird ngomel2 kl nganter .... Lulus
Serasa naek mobil pejabat kl pake supir... Lulus
Pas jual lagi ga bikin meringis... Lulus

Coba pake mpv nanggung macam voxy, sienta, serena, ga dapat lah poin2 diatas wkwkwk

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Jambangan »

Kalo ipah ane akuin kekuatan kaki2nya oke bgt
Pake ipah 3 kali mulai dari model awal 2005 sampe GNKI 2012 ga ada yg bermasalah kaki2nya sampe dijual
Cuma yg GNKI 2012 terakhir pernah salah oli gardan dikasih rored GL4 ama bengkel jadi dengung kalo diatas 80 kpj
Abis itu ganti pake mobilube GL5 senyap lagi :big_exellent:
Cuman mesin kok ngelitik bgt padahal udah pake pertamax. Pake pertamax turbo baru senyap
Belakangan suara mesin agak kasar apalagi kalo pagi semacam piston slap gitu akhirnya jual aja
Padahal odo baru 57k KM pas dijual
Walaupun kata SA beres normal2 aja suaranya mungkin ane yg terlalu parno :mky_01:
Last edited by Jambangan on Thu Jul 26, 2018 2:56, edited 2 times in total.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by ginting »

iwing wrote: Thu Jul 26, 2018 2:27 innova itu mobil yang serba bisa makanya laku disini. mesin badak, ok. kaki2 tangguh, ok. nyaman, ok (saya malah lebih nyaman naik innova dibanding anf/anps). isi banyak, ok. istilah nya innova itu seperti ada ditengah2. kalo mobil seperti alphard/elgrand misalnya itu kan condong ke point tertentu, seperti nyaman saja. imho
Jawabannya balik lagi ke trit 5 tahun lalu, bahwa Ipah itu the best all rounder vehicle.
Dibilang MPV karena Multi Purpose, serba guna. Mulai dari touring, ke kondangan, ke kantar, antara tamu, pergi mancing, semua bisa dipakai dengan segala plus minusnya.

Kalau ada orang yg protes innova aman, berarti dia pingin score untuk comfort ditingkatkan, berarti harus rela faktor lain dikurangi, mis versatility, kebandelan, dll. atau kalau tetap tak mau kompromi itu, harus rela bayar lebih mahal.
P47hos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 352
Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
Location: Kalimantan

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by P47hos »

Menarik mungkin dulu.. Klo skrg liat aja volume penjualan Innova rata2 "hanya" 1.000-2.000 unit, lebih menguntungkan jual produk yg secara global jg dipakai dibanding develop dr awal. KLO balik lg ke pertanyaan kenapa Innova laku? Menurut pengalaman saya sbg pengguna Innova, alasannya kurleb sama dgn org lain. Biaya maintenance murah, ga pernah rewel aneh2, kabin lapang, serbaguna, mesin bisa di otak atik :D. Dengan beli mobil serbaguna org jd merasa ga perlu lg utk beli mobil lain yg secara kenyamanan relatif lebih baik, tp berkurang dr sisi realibilitas ataupun sisi yg lain.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1566
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by pengendiesel »

Bukannya ANKI banyak yang klaim shockbreaker bocor? Apakah ini masih bisa dibilang kaki2nya kuat?

Tapi memang, Indo pasar yang unik. Cek harga mbil seken, rumus umum utk resale value yang kuat : ladder frame, RWD, diesel + makin trondol makin kuat resale valuenya.

Mungkin ini berkaitan dengan mindset dan kesiapan pasar Indo terhadap yang namanya teknologi. Dikasih barang canggih, ujung2nya cari montir yang bisa ngakalin kiri kanan, dapetin barang copotan, dll :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by ChZ »

Turboman wrote: Thu Jul 26, 2018 2:20 Bener tuh mobil spt Ipah lebih tepat disebut MUV aka Multi Utility Vehc

wkwkwkwkwkwk

Btw catatan utk market MUV juga spt nya terkait dgn Demographi dan karakter penduduk suatu negara

India & Indonesia :
- Style keluarga besar
- Senang pergi rame2
- Masi Banyak jalanan jelek
- Mobil gak cuman utk angkut penumpang, tapi kadang dipake utk angkut barang juga
- Butuh mobil yg bisa sangat survive utk dipake jalanan jelek / harsh condition

Mungkin pabrikan lebih tertarik utk lgs kembangkan SUV 7 seater, krn market lebih luas / profit lebih baik, sementara MPV ladder frame dianggap serba nanggung, mau dipake off road ya nanggung, harga jual gak bisa setinggi versi SUV nya

CMIIW
Ada tergelitik sedikit di pikiran ane, apakah mungkin yang bikin ANKI mahal sampe harganya deket sama Fortuner di type Venturer adalah karena TMMIN Produksi ANF jauh lebih banyak dibanding ANKI... kan kedua model ini di ekspor dan ANF peminatnya di pasar global lebih gede dibanding ANKI. Klo demand sedikit, cost per unit ANKI pasti lebih besar kan :big_think:

dan mungkin adanya tipe full accessories macem Venturer itu supaya lebih cepet "balik modal"... :big_think: paling yang mahal 7 biji airbagnya aja, lainnya cm tambah aksesoris dari tipe G... :big_think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Gasoline24 »

selama jalanan Indonesia masih banyak yg kriting bumpy, ladder frame akan jaya selalu
:mky_08:


#ladderframefans
:mky_04:
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Woompy »

Turboman wrote: Wed Jul 25, 2018 17:31 MPV monokok akan nyaman jika suspensi nya pakai subframe ala sedan mewah......getaran roda teredam

kalo arm2 suspensi konek lgs ke body.......ya wes dah........wrrrr..wrrrr wrrrrr.......kalo lewat aspal kasar.....That's I hate it.....wkwkwkkw (like my RE)......padahal lantai saya udah dobel peredam

Oke lah jalan tol dimana2, tapi begitu menuju tempat wisata ? he he he.........u know lah di Indo

Mau berharap jalan sini full mulus ampe pelosok2 kayak Japan......wah 100 tahun lagi mungkin.......wkwkwkwkwkk
Tapi mobil yang pake banyak bushing karet2 di suspensinya pasti di cap mobil engga awet. Di livina arm2 suspensi banyak bener karet2 bushingnya. Waktu 1-2 tahun awal pemakaian enak bener, cruising 100-120 di beton toll cipularang masi kerasa alusss. Tapi sekarang mobil uda 6 tahun, kalo lewat jalan yg kasar ya itu getaran langsung ke body semua.

Di sisi lain ane juga engga suka geter2 di ladder frame. Waktu pake anps sama anf kalo lwt jalan2 engga rata emang guncangan lebih teredam dibanding waktu pake mobil2 monokok, tp entah kenapa selalu muncul getaran2 khas ladder frame. Menurut ane ladder frame paling enak itu di old innova sama old fortuner yang masih 2KD non vnt.

Eniwei ane selalu berharap jalan2 ke tempat wisata jangan sampe mulus lah. Kalo jalan ke tempat wisata uda mulus trus viral nanti jadi yah begitu deh :big_bored:
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5726
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by sintoni »

Ane aja pernah naekin keramik 40/40 50 dos ke Innova, itu beratnya 800kg, dibawa jauh luar kota pula. Hahahaha.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by marama »

Andai isuzu develop new panther pakai chasis MU X, mesin dan transmisi sama, bodi dibuat MPV seperti kijang,dijual spec kopongan aja spt ANKI G kisaran 300-320 kira2 bakal laku g ya?
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 764
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by silentIm2 »

Memang yang bikin innova bagasinya kuat banyak beban itu gara2 kursi belakangnya dilipet ke samping, bukan ke lantai kayak kompetitor. Jadi barang duduknya di lantai. Kalo kursi dipake alas angkat beban ya jebol kursi belakang.

Soal perawatan relatif sih. Sekarang rata2 mobil relatif reliabel bahkan dari 2nd tier brand. Cuma memang kalo toyota banyak KWnya, tapi kalo sayang mobil masak mau barang KW?
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by ChZ »

marama wrote: Thu Jul 26, 2018 4:02 Andai isuzu develop new panther pakai chasis MU X, mesin dan transmisi sama, bodi dibuat MPV seperti kijang,dijual spec kopongan aja spt ANKI G kisaran 300-320 kira2 bakal laku g ya?
nah ni dia, padahal Isuzu juga "spesialis" soal utility vehicle. Cuma gak ngerti sih, kalo liat manuver kok kayaknya Panther sengaja dimatikan pelan-pelan.

MU-X juga setau ane gak CKD macem si ANF kan... mungkin yang bikin isuzu dilemma mau bikin panther baru ini... dan harga pasti otomatis jadi mahal which is orang pake Panther lawas prinsipnya "selama masih jalan ya dipake terus"... lebih umum denger dan liat Panther dipake jutaan kilometer sampe bobrok dibanding let's say, Kijang kapsul...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7