MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by mr_mytplx »

IMO mobil ladder frame RWD ini pasarnya semakin lama semakin kecil.

kl melihat mobil2 volume maker skrg kebanyakan monokok.

Kijang dulu ladder RWD jadi mobil paling laku.

Diganti Avanza, sudah unibody RWD.

Nt kl avanza naik kelas calon penggantinya Calya sudah FWD monokok.
User avatar
geofreyap
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1611
Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by geofreyap »

Setuju sama semuanya sih.
Pertama masalah efficiency, karena body-on-frame-chassis sudah tdk bs memenuhi kriteria effisien jaman skrg.
Kedua, karena alasan pertama, jadinya cost produksi mahal.
Ketiga, market mpv ladder frame sgt niche. Cuma indo mgkn yg laku.
Keempat apa yaaa...
:big_think:

Tapi badaknya kaki² mgkn blm ada lawan sih.
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
twa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
Daily Vehicle: CX-5 KF

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by twa »

P47hos wrote: Thu Jul 26, 2018 3:36 Menarik mungkin dulu.. Klo skrg liat aja volume penjualan Innova rata2 "hanya" 1.000-2.000 unit, lebih menguntungkan jual produk yg secara global jg dipakai dibanding develop dr awal. KLO balik lg ke pertanyaan kenapa Innova laku? Menurut pengalaman saya sbg pengguna Innova, alasannya kurleb sama dgn org lain. Biaya maintenance murah, ga pernah rewel aneh2, kabin lapang, serbaguna, mesin bisa di otak atik :D. Dengan beli mobil serbaguna org jd merasa ga perlu lg utk beli mobil lain yg secara kenyamanan relatif lebih baik, tp berkurang dr sisi realibilitas ataupun sisi yg lain.
kalo lihat data penjualan jan - mei 2018, innova laku 24.334 unit artinya hampir 5rb perbulan, no 4 peringkatnya secara keseluruhan.

oh ya soal profit, siapa bilang innova profitnya tipis ?? :mrgreen:

Toyota menang di spare part asli plus kw yg tersebar dimana-mana dan murah, kalo beli di BERES mah sama mahalnya dgn merk lain.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by ChZ »

twa wrote: Thu Jul 26, 2018 5:19
P47hos wrote: Thu Jul 26, 2018 3:36 Menarik mungkin dulu.. Klo skrg liat aja volume penjualan Innova rata2 "hanya" 1.000-2.000 unit, lebih menguntungkan jual produk yg secara global jg dipakai dibanding develop dr awal. KLO balik lg ke pertanyaan kenapa Innova laku? Menurut pengalaman saya sbg pengguna Innova, alasannya kurleb sama dgn org lain. Biaya maintenance murah, ga pernah rewel aneh2, kabin lapang, serbaguna, mesin bisa di otak atik :D. Dengan beli mobil serbaguna org jd merasa ga perlu lg utk beli mobil lain yg secara kenyamanan relatif lebih baik, tp berkurang dr sisi realibilitas ataupun sisi yg lain.
kalo lihat data penjualan jan - mei 2018, innova laku 24.334 unit artinya hampir 5rb perbulan, no 4 peringkatnya secara keseluruhan.

oh ya soal profit, siapa bilang innova profitnya tipis ?? :mrgreen:

Toyota menang di spare part asli plus kw yg tersebar dimana-mana dan murah, kalo beli di BERES mah sama mahalnya dgn merk lain.
Ya tau si margin nya TAM ga mungkin kecil, Perush segede dan segemuk TAM mana mungkin margin per unitnya kecil... jumlah karyawan aja udah berapa, operational cost diler udah berapa, dll.

tapi maksudnya compared to ANF... MUNGKIN margin nya Innova secara percentage lebih dikit. Kecil/besar kan butuh pembanding dan ane bandingin dengan ANF. Ya namanya jg asumsi dan pemikiran nakal aja
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Joehard30 »

kalo menurut oe karena lifestyle kita emang unique sih, jadi seneng jalan rame2 meski kadang lewat jalan jelek bikin mpv irit dengan kaki2 tangguh tetep laku. Dan kijang itu lambang status orang "mampu" di indo sejak lebih dari 2 dekade lalu. Branding ini masih melekat kuat buat orang2 indo di samping memang masih memenuhi segala kebutuhan. Masalahnya brand2 lain ogah masukin mesin diesel dengan spek dan harga seperti kijang diesel karena solar kita masih busuk, ga worth buat mereka buat guarantee mobil bikinan mereka tetep jalan normal dalam tahun2 awal pembelian yang masih di cover garansi. Coba solar busuk diilangin, pemerintah langsung nyubsidi solar berkualitas, oe yakin bakal berdatangan tu mobil2 mesin solar yang bodinya gede, lebih nyaman dan harganya bisa bersaing sama kijang.

Tapi ya itu, kekuatan toyota bukan hanya di produk, tapi image abusable itu udah melekat ga cuma di kepala orang indo, tapi dimanapun. Dan orang indo yang biasa ga nyiapin anggaran buat maintenance tentu cinta mati donk sama image abusable. Ini juga alasan ke2 yang bikin brand lain mikir berkali2 buat "nantang" tuan rumah yang makin lama makin niche :big_bored:
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by ChZ »

Joehard30 wrote: Thu Jul 26, 2018 5:31 kalo menurut oe karena lifestyle kita emang unique sih, jadi seneng jalan rame2 meski kadang lewat jalan jelek bikin mpv irit dengan kaki2 tangguh tetep laku. Dan kijang itu lambang status orang "mampu" di indo sejak lebih dari 2 dekade lalu. Branding ini masih melekat kuat buat orang2 indo di samping memang masih memenuhi segala kebutuhan. Masalahnya brand2 lain ogah masukin mesin diesel dengan spek dan harga seperti kijang diesel karena solar kita masih busuk, ga worth buat mereka buat guarantee mobil bikinan mereka tetep jalan normal dalam tahun2 awal pembelian yang masih di cover garansi. Coba solar busuk diilangin, pemerintah langsung nyubsidi solar berkualitas, oe yakin bakal berdatangan tu mobil2 mesin solar yang bodinya gede, lebih nyaman dan harganya bisa bersaing sama kijang.

Tapi ya itu, kekuatan toyota bukan hanya di produk, tapi image abusable itu udah melekat ga cuma di kepala orang indo, tapi dimanapun. Dan orang indo yang biasa ga nyiapin anggaran buat maintenance tentu cinta mati donk sama image abusable. Ini juga alasan ke2 yang bikin brand lain mikir berkali2 buat "nantang" tuan rumah yang makin lama makin niche :big_bored:
Ini ngakak banget sih :mky_07: sad but true, disini kan mobil klo bisa oli pake aer got, gak dicuci, gak diservis, BBM kalo bisa pake minyak jelantah, jalan terussss dan pengen resale value bagus :mky_07:

pokoknya di mata sebagian masyarakat, haram hukumnya ke bengkel klo gak rusak parah... :mky_07:

sesuai slogan kijang : tiada duanya... gak punya nomer dua, selalu nomer satu... :ngacir: wong gak ada saingan :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Joehard30
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Joehard30 »

ChZ wrote: Thu Jul 26, 2018 5:40
Joehard30 wrote: Thu Jul 26, 2018 5:31 kalo menurut oe karena lifestyle kita emang unique sih, jadi seneng jalan rame2 meski kadang lewat jalan jelek bikin mpv irit dengan kaki2 tangguh tetep laku. Dan kijang itu lambang status orang "mampu" di indo sejak lebih dari 2 dekade lalu. Branding ini masih melekat kuat buat orang2 indo di samping memang masih memenuhi segala kebutuhan. Masalahnya brand2 lain ogah masukin mesin diesel dengan spek dan harga seperti kijang diesel karena solar kita masih busuk, ga worth buat mereka buat guarantee mobil bikinan mereka tetep jalan normal dalam tahun2 awal pembelian yang masih di cover garansi. Coba solar busuk diilangin, pemerintah langsung nyubsidi solar berkualitas, oe yakin bakal berdatangan tu mobil2 mesin solar yang bodinya gede, lebih nyaman dan harganya bisa bersaing sama kijang.

Tapi ya itu, kekuatan toyota bukan hanya di produk, tapi image abusable itu udah melekat ga cuma di kepala orang indo, tapi dimanapun. Dan orang indo yang biasa ga nyiapin anggaran buat maintenance tentu cinta mati donk sama image abusable. Ini juga alasan ke2 yang bikin brand lain mikir berkali2 buat "nantang" tuan rumah yang makin lama makin niche :big_bored:
Ini ngakak banget sih :mky_07: sad but true, disini kan mobil klo bisa oli pake aer got, gak dicuci, gak diservis, BBM kalo bisa pake minyak jelantah, jalan terussss dan pengen resale value bagus :mky_07:

pokoknya di mata sebagian masyarakat, haram hukumnya ke bengkel klo gak rusak parah... :mky_07:

sesuai slogan kijang : tiada duanya... gak punya nomer dua, selalu nomer satu... :ngacir: wong gak ada saingan :ngacir:
Oe mentalnya juga gitu soalnya, pas ganti oli n "cuma" di cek rutin ini itu ga ada yang rusak, dipake juga masih enak, tapi udah habis jutaan aja kadang sedihnya di situ. walo udah tau sih bakal habis segitu tetep sedih aja. Harus nunggu kaya kali ya biar perasaan kayak gitu bisa ilang. wkwkwkwk
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Turboman »

twa wrote:
P47hos wrote: Thu Jul 26, 2018 3:36 Menarik mungkin dulu.. Klo skrg liat aja volume penjualan Innova rata2 "hanya" 1.000-2.000 unit, lebih menguntungkan jual produk yg secara global jg dipakai dibanding develop dr awal. KLO balik lg ke pertanyaan kenapa Innova laku? Menurut pengalaman saya sbg pengguna Innova, alasannya kurleb sama dgn org lain. Biaya maintenance murah, ga pernah rewel aneh2, kabin lapang, serbaguna, mesin bisa di otak atik :D. Dengan beli mobil serbaguna org jd merasa ga perlu lg utk beli mobil lain yg secara kenyamanan relatif lebih baik, tp berkurang dr sisi realibilitas ataupun sisi yg lain.
kalo lihat data penjualan jan - mei 2018, innova laku 24.334 unit artinya hampir 5rb perbulan, no 4 peringkatnya secara keseluruhan.

oh ya soal profit, siapa bilang innova profitnya tipis ?? :mrgreen:

Toyota menang di spare part asli plus kw yg tersebar dimana-mana dan murah, kalo beli di BERES mah sama mahalnya dgn merk lain.
Maksudnya profit per unit MPV ladder frame VS SUV ladder frame dgn platform sama om

Ya skg liat aja, banyak komponen inti Ipah & Fortie itu yg sama , yg beda ya body / interior dan kaki2

Tapi harga jual-nya kan jauh beda-nya

heheheh

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by Turboman »

Terima kasi utk kawan kawan semua yang telah memberikan opini pada Trit ini

Maka dengan ini Trit akan di Close

Terima kasih
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: MPV ladder frame RWD Diesel apa tidak menarik di mata Produsen yak

Post by b8099ok »

Ane pingin anki Q 1kd vnt 4x4 8at,...
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat: