Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 295
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Mhn ijin saya buka topic baru tentang review pajero sport 4x4 2011, mungkin bila sdh ada topic serupa bisa digabungkan.
Berawal dari keinginan punya tunggangan SUV gagah dan Real sebagai trah nya SUV, jadi kepikiran rencana untuk menukarkan Innova Diesel matic 2009 yang sdh melayani keluarga kami selama 1 thn. cari info sana sini, SUV yang ada 4x4 dengan kriteria msh enak diliat, gagah dan masuk di budget pilihan mulai mengarah ke PS, awalnya hampir jadiin yang exceed 2009 tapi pas unit mau diliat ehh sdh laku. , mungkin belum rejekinya..
Pelan2 cari lewat OLX ketemulah sebuah unit pajero sport 2011 warna hitam ( sesuai keinginan ), Ban sudah Pacul dan proprsi ban velg dan body ideal bagt dan langsung deh deal tukar tambah dengan 2kd 2009 matic.
Dakar 4x4 2011 bulan 3 yang sy dapat adalah dakar pertama kali keluar, dimana belum ada sunroof dan posisi kisi ac belakng mirip dengan exceed ( ada di row 3 ), jok kulit sdh warna burgundi, paddle shift ada dengan 5 speed transmisi ( awalnya sy pikir 4 speed sprt dakar 4x2 keluaran awal )
Berikut review impresi berkendara
1. Start mesin, suara menderu layaknya diesel ps, dan saya sudah sangat familiar karna ini peliharaan ps dengan mesin 4d56 sy yang ke 3, dulu pernah punya ps exceed 2011 dan dakar reloaded 2015.
2. posisi dan kenyaman duduk, terus terang sy merasa ps keluaran awal sebelum reloaded busa kursi perasaan lebih empuk, dulu pernah punya dakar 2015 , kalau habis bawa ANPS trus pindah ke dakar 2015 duh pinggang trs pegal sekali, terasa busa kursi keras dan keras. tapi dakar 4x4 2011 ini sama empuknya dengan ps exceed sy dulu 2011. entah apakahapakah ada perbedaan kualitas busa pasca minor change dakar reloaded.
3. Kenyaman Suspensi, dakar 4x4 ini menggunakan ban dengan ukuran 265/65/R17 dengan profil M/T, awal sblm coba sempat was was, kalau bantingan kuerass bgt, soalnya teringat dakar reloaded 2015 yang bandingan suspensinya keras dan beda jauh dengan ANPS. Ternyta Surprice bantingan lumayan enak dan nyaman, sblm test habis bawa innova selama 1,5 jm tdk terlalu beda jauh keempukannya.. ini bantingan mirip dengan exceed 2011. keluhannya 1 yaitu suara ban bergemuruh sekali ( wajar lah kan ini ban profil M/T )
4. performa mesin, Yup, 4D56 VGT tentu Rekan2 sklaian sudah katam dengan karakter dan performanya. Untuk versi 4x4 ini saya rasakan sedikit lebih berat tarikannya dibanding versi dakar 4x2, tapi masih termasuk maknyuss lah tarikannya, empasan turbonya juga masih enak untuk overtaking keluar kota, dan yang pasti jauhhh lebih enak dan nendang ketimbng 2kd standar innova 2009 yang kalau dipake untuk overtaking harus ngurut dada tdk ada larinya. ( dulu beli innova 2kd salah satu motivasinya adalah forum SM, tp setelah pakai dalam kondisi standar aduhh ini kok mesin kgak ada larinya, mirip ma mesin diesel jadul ala panther dan taft rocky.hehehe ) No remap dll, karna sy always pakai kendaraan acuannya standar pabrik.
5. Handling, ternyata dengan Velg dan ban yang lebih lebar dari standar terdapat perbaikan handling, dimana karakter ps yang suka goyang kiri dan kanan berkurang di dakar 4x4 ini, walaupun ground clearance lebih tinggi dari standar tapi handlingnya lebih enak dan stabil.
6. konsumsi BBM, nah ini titik lemahnya, dengan bobot yang lebih berat dari 4x2 dan juga terbebani penggerak 4 roda dan ban dan velq yang lebih berat dan lebar menyumbng konsumsi BBM yang lumayan boros.. perkiraan saya ebagai gambaran , kalau dakar 4x4 luar kota sekitaran 10,5km/liter, dakar 4x2 bisa 11-12km/l sedangkan ANPS bahkan bisa 13-14km/l
Hari ini coba bawa dakar4x4 ke area pasir didaerah kebon sawit, ternyata mantafff, traksinya nempel dan hati tidak was-was mobil akan kepater, lalu lanjut bawa kepinggir pantai sengaja saya jalankan dipasir pinggir pantai yang lembek dan ternyata mantaff bahkan dengan 4x2 pun traksi tidak terlalu selip ( mungkin karna faktor ban pacul ).
Kesimpulan : Real SUV dengan tenaga dan handling cukup mumpuni dan membuat Percaya Diri untuk diajak kemana saja..
Note : karna ini sy beli second, apakah mungkin ini mantan nya, jika iya mhn bs inbook agar sy bisa tany2 tentang perawatan sebelumnya.hehehe
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Mantap om dapat harga berapa ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5903
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Mantap ada ripiu Dokar double gardan.
Kok usah pernah punya Dakar 2x sama ANPS kok masih balik Dokar lg om?
Emang yg dulu2 ada masalah kah?
Nais ripiu om.
Kok usah pernah punya Dakar 2x sama ANPS kok masih balik Dokar lg om?
Emang yg dulu2 ada masalah kah?
Nais ripiu om.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1178
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Perna pny dulu,4x4 2011 tp sblm dakar nongol
Dapat unit rewel bener
Perna ganti column steer,tiap belok bunyi tek tek tek tek
Ganti swicth transmisi,bisa blank ga msk R N atau D
Digas aja kaya gigi netral tp ga nongol di indikator speedo
Perna lg mau salip mobil tiba2 blank,bahaya bener
Ganti kaki2 tiap 50 rb km ukuran ban std ht bawaan
Dapat unit rewel bener
Perna ganti column steer,tiap belok bunyi tek tek tek tek
Ganti swicth transmisi,bisa blank ga msk R N atau D
Digas aja kaya gigi netral tp ga nongol di indikator speedo
Perna lg mau salip mobil tiba2 blank,bahaya bener
Ganti kaki2 tiap 50 rb km ukuran ban std ht bawaan
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Wow mantap Pajero Dakar 4x4... Jarang banget yang punya Dakar 4x4, biasanya Dakar cukup beli yang 4x2 karena mau dibawa ke mall atau ketemu klien
Wah salah besar klo pecinta standar pabrik tapi nurutin saran senior-senior disini buat beli 2KD... lah wong 2KD nya minimal remap semua...4. performa mesin, Yup, 4D56 VGT tentu Rekan2 sklaian sudah katam dengan karakter dan performanya. Untuk versi 4x4 ini saya rasakan sedikit lebih berat tarikannya dibanding versi dakar 4x2, tapi masih termasuk maknyuss lah tarikannya, empasan turbonya juga masih enak untuk overtaking keluar kota, dan yang pasti jauhhh lebih enak dan nendang ketimbng 2kd standar innova 2009 yang kalau dipake untuk overtaking harus ngurut dada tdk ada larinya. ( dulu beli innova 2kd salah satu motivasinya adalah forum SM, tp setelah pakai dalam kondisi standar aduhh ini kok mesin kgak ada larinya, mirip ma mesin diesel jadul ala panther dan taft rocky.hehehe ) No remap dll, karna sy always pakai kendaraan acuannya standar pabrik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon Feb 29, 2016 4:15
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Wih ada reviewnya Dakar 4x4..
Ini masih timing belt um? Ganti nya per brp km dan DC Brp ya?
Oya klo boleh tau angkat di harga Brp mobil ini? Terimakasih
Ini masih timing belt um? Ganti nya per brp km dan DC Brp ya?
Oya klo boleh tau angkat di harga Brp mobil ini? Terimakasih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 295
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 295
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 295
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Dulu pernah punya 2011 exceed, dijual thn 2015 karna mau ganti anps.
Pernah juga punya dakar 2015, ini juga angkat karna bantu ortu, bukan karna kepingin.. Dilego tahun 2017 karna perlu dana..
Ini angkat dakar 4x4 karna masih suka dengan model dakar lama dan jauh lebih cocok pakai ban pacul model 4x4 ketimbanh anps..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 666
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 295
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Sy always standar ting2 setiap punya kendaraan..
Tapi emang beda ya kondisi standar mesin mitsu dan toyota kerasa banget bedanya, terutama kalau pemakaian luar kota.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
2KD non VNT mah kalo standard mah bolot pisanChZ wrote: ↑Mon Jul 30, 2018 2:23 Wow mantap Pajero Dakar 4x4... Jarang banget yang punya Dakar 4x4, biasanya Dakar cukup beli yang 4x2 karena mau dibawa ke mall atau ketemu klien
Wah salah besar klo pecinta standar pabrik tapi nurutin saran senior-senior disini buat beli 2KD... lah wong 2KD nya minimal remap semua...4. performa mesin, Yup, 4D56 VGT tentu Rekan2 sklaian sudah katam dengan karakter dan performanya. Untuk versi 4x4 ini saya rasakan sedikit lebih berat tarikannya dibanding versi dakar 4x2, tapi masih termasuk maknyuss lah tarikannya, empasan turbonya juga masih enak untuk overtaking keluar kota, dan yang pasti jauhhh lebih enak dan nendang ketimbng 2kd standar innova 2009 yang kalau dipake untuk overtaking harus ngurut dada tdk ada larinya. ( dulu beli innova 2kd salah satu motivasinya adalah forum SM, tp setelah pakai dalam kondisi standar aduhh ini kok mesin kgak ada larinya, mirip ma mesin diesel jadul ala panther dan taft rocky.hehehe ) No remap dll, karna sy always pakai kendaraan acuannya standar pabrik.
malah yang manual, kalo sama2 standard malah lebih enak 4JA1-L
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat Feb 06, 2016 4:04
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
salam om dari dakar 4x4 2014. sy sebelumnya 2kd at 2014 juga. memang serasa lebih pede kemana aja kalau pakai kendaraan 4wd. apalagi tuntutan kerjaan membuat sy harus ke tempat tempat yang jalannya buruk rupa semi offroad. ndak masalah meskipun hanha ban ht. cuma awalnya kaget dengan limbungnya dakar ini. buset goyang dombret kalau ketemu aspal gelombang. alhasil satu set shock ome nitrocharger jadi pilihan untuk mengimbangi goyangan nyai eroh ini.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Sekalian nanya disini ya gan
Kalau pada indikator 4x4 ada orange nyala mati itu menandakan apa ya?
Kondisinya :
-mesin hidup
-mode 4x2
Kalau pada indikator 4x4 ada orange nyala mati itu menandakan apa ya?
Kondisinya :
-mesin hidup
-mode 4x2
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Cek transfer Case om,neo300400 wrote:Sekalian nanya disini ya gan
Kalau pada indikator 4x4 ada orange nyala mati itu menandakan apa ya?
Kondisinya :
-mesin hidup
-mode 4x2
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Makasih om
Nanti saya cek lagi
Nanti saya cek lagi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 295
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Review Pajero Sport Dakar 4x4 2011
Mhn ijin Update, Review Pajero Dakar 4x4 setelah 3 tahun pemakaian..
Tidak terasa sdh 3 tahun, unit dakar 4x4 ini saya gunakan untuk mengexplore keindahan alam di Lampung dan juga untuk off road dan benar2 digunakan off road, sampai akhirnya skrng beralih aliran menjadi overland style..
Mobil ini setelah saya beli dalam kondisi bekas dan sdh sdh saya review diawal, kemudian saya gunakan untuk jalan2 bersama keluarga mengexplore keindahan pantai gigi hiu dan pantai kiluan ditanggamus yg penuh dengan tanjakan extreme. Dengan Ban 265/65/17 dan tanpa tambahan asesoris lainnya, sangat mudah untuk menaklukkan trek tersebut. Kemudian mobil ini saya gunakan untuk mengexplore gunung betung di pesawaran, jalan masih tanah dgn elevasi yang tinggi dan sukses mencapai top nya..
Selain untuk jalan2 ringan, banteng ini perlahan saya gunakan untuk bermain off road, mulai off road ringan sampai sedang.
- fun off road digunung balak
- fun off road dimesuji
- fun off road di gunung betung
- off road sedang beberapa kali di kebun karet trikora
- nyebrang sungai ditrikora
- off road di gunung balak 4-5x
- off road dikalianda
Dan msh ada beberapa off road yg sy lakukan, tipis2 saja. Waktu lagi hoby2nya main, ampir tiap minggu saya main..
Modifikasi apa saja yang sudah saya lalukan
1. Ban saya ada dua set, untuk overland menggunakan maxxis bravo 285/70/17 a/t. Untuk trek berat sy gunakan delium terra mania 33/12,5x15 dengan pelek kaleng.
2. Winch depan + bumper model ARB
3. Foot step khusus kuat di lift jack
4 bumper belakanh besi 5 mili, sangat kuat untuk towing
5. Roof rack atas
6. Lampu led bar
7. Tire hanger dan jerigen carrier
8. Lift up 2,5 inci, depan ganjal karet, belakang ganti per lebih besar dan shock amada extreme
Mesin, final gear dan matic standar..
Soo.. problem apa saja yang pernah terjadi di dakar ini ??
Jawabannya, hampir semua penyakit dakar sudah pernah mampir dimobil saya ini.. baik saya rinci
1. Mesin overheat, sudaj ganti perpak deksel
2. Matic sdh overhoul, sensor selenoid rusak dan kopling habis
3. Gearbox steer bocor
4. Bearing depan jebol
5. Rack steer kocak
6. Kaliper rem karatan
7. Shock beberpa kali jebol
8. Sensor turbo rusak
9. Sensor egr rusak
Dan msh ada beberapa lagi sampai saya lupa..hehehe
Bagaimana kesannya ?
Sangat nikmat sekali dan sebenernya asal kendaraan dapat dalam kondisi fit dan terawat, dakar benar2 dapat diandalkan..
Saat ini sdh saya pensiunkan untuk off road sedang berat, skrng banyak digunakan untuk overland tipis2 dan sebagai mobil towing jimny..
Untuk overland sebenrnya sdh digantikan dgn lc cygnus, ingin dijual tp saya msh sayang karna banyak kenangan dengan dakar ini...
Tidak terasa sdh 3 tahun, unit dakar 4x4 ini saya gunakan untuk mengexplore keindahan alam di Lampung dan juga untuk off road dan benar2 digunakan off road, sampai akhirnya skrng beralih aliran menjadi overland style..
Mobil ini setelah saya beli dalam kondisi bekas dan sdh sdh saya review diawal, kemudian saya gunakan untuk jalan2 bersama keluarga mengexplore keindahan pantai gigi hiu dan pantai kiluan ditanggamus yg penuh dengan tanjakan extreme. Dengan Ban 265/65/17 dan tanpa tambahan asesoris lainnya, sangat mudah untuk menaklukkan trek tersebut. Kemudian mobil ini saya gunakan untuk mengexplore gunung betung di pesawaran, jalan masih tanah dgn elevasi yang tinggi dan sukses mencapai top nya..
Selain untuk jalan2 ringan, banteng ini perlahan saya gunakan untuk bermain off road, mulai off road ringan sampai sedang.
- fun off road digunung balak
- fun off road dimesuji
- fun off road di gunung betung
- off road sedang beberapa kali di kebun karet trikora
- nyebrang sungai ditrikora
- off road di gunung balak 4-5x
- off road dikalianda
Dan msh ada beberapa off road yg sy lakukan, tipis2 saja. Waktu lagi hoby2nya main, ampir tiap minggu saya main..
Modifikasi apa saja yang sudah saya lalukan
1. Ban saya ada dua set, untuk overland menggunakan maxxis bravo 285/70/17 a/t. Untuk trek berat sy gunakan delium terra mania 33/12,5x15 dengan pelek kaleng.
2. Winch depan + bumper model ARB
3. Foot step khusus kuat di lift jack
4 bumper belakanh besi 5 mili, sangat kuat untuk towing
5. Roof rack atas
6. Lampu led bar
7. Tire hanger dan jerigen carrier
8. Lift up 2,5 inci, depan ganjal karet, belakang ganti per lebih besar dan shock amada extreme
Mesin, final gear dan matic standar..
Soo.. problem apa saja yang pernah terjadi di dakar ini ??
Jawabannya, hampir semua penyakit dakar sudah pernah mampir dimobil saya ini.. baik saya rinci
1. Mesin overheat, sudaj ganti perpak deksel
2. Matic sdh overhoul, sensor selenoid rusak dan kopling habis
3. Gearbox steer bocor
4. Bearing depan jebol
5. Rack steer kocak
6. Kaliper rem karatan
7. Shock beberpa kali jebol
8. Sensor turbo rusak
9. Sensor egr rusak
Dan msh ada beberapa lagi sampai saya lupa..hehehe
Bagaimana kesannya ?
Sangat nikmat sekali dan sebenernya asal kendaraan dapat dalam kondisi fit dan terawat, dakar benar2 dapat diandalkan..
Saat ini sdh saya pensiunkan untuk off road sedang berat, skrng banyak digunakan untuk overland tipis2 dan sebagai mobil towing jimny..
Untuk overland sebenrnya sdh digantikan dgn lc cygnus, ingin dijual tp saya msh sayang karna banyak kenangan dengan dakar ini...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.