AC Dingin sebelah
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
AC Dingin sebelah
Mau tanya nih kenapa AC mobil bisa dingin sebelah?
Mobil saya bagian yg dingin cuma penumpang depan sebelah kiri, bagian supir hembusan angin aja. Pernah ane set cold max bagian keduanya (dual zone) penumpang kiri hembusan adem, bagian supir hembusan udaranya malah panas
Tadi siang abis dr bengkel AC di jaktim (terpercaya) di cek freon nya normal ga ada kebocoran, mereka bilang ini masalah di evaporator, katanya evapnya kotor, jadinya beku sebelah.q
Masalahnya ganti evap harus bongkar dashboard, mobil ane xv40 dashboardnya masi mulus bawaan aslinya, kalo dashboard dibongkar pasti banyak bekas coak2 nantinya, takut jg nanti pd rattling. Pernah pengalaman di mobil yg dulu jg ganti evap dah bilang ke montirnya hati2 bongkar dashboard tetep aja pada coak.
Barusan abis cobain nyemprot blower pake semacam hazecool katanya bs bersihin evap, ane liat air di saluran pembuangan AC emg kotor hitam, coba nyalain ac tetep aja bagian supir panas.
Apa betul masalah AC dingin sebelah krn evap kotor & beku ?
Thanks
Mobil saya bagian yg dingin cuma penumpang depan sebelah kiri, bagian supir hembusan angin aja. Pernah ane set cold max bagian keduanya (dual zone) penumpang kiri hembusan adem, bagian supir hembusan udaranya malah panas
Tadi siang abis dr bengkel AC di jaktim (terpercaya) di cek freon nya normal ga ada kebocoran, mereka bilang ini masalah di evaporator, katanya evapnya kotor, jadinya beku sebelah.q
Masalahnya ganti evap harus bongkar dashboard, mobil ane xv40 dashboardnya masi mulus bawaan aslinya, kalo dashboard dibongkar pasti banyak bekas coak2 nantinya, takut jg nanti pd rattling. Pernah pengalaman di mobil yg dulu jg ganti evap dah bilang ke montirnya hati2 bongkar dashboard tetep aja pada coak.
Barusan abis cobain nyemprot blower pake semacam hazecool katanya bs bersihin evap, ane liat air di saluran pembuangan AC emg kotor hitam, coba nyalain ac tetep aja bagian supir panas.
Apa betul masalah AC dingin sebelah krn evap kotor & beku ?
Thanks
Last edited by adiputra4 on Thu Nov 08, 2018 11:55, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Mon Aug 06, 2018 10:17
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Polo TSI
Re: AC Dingin sebelah
Mungkin ada yang bikin mampet di evaporator atau jalur anginnya.
Tetep harus diliat langsung bagian evap nya sih, karena masalah pasti bukan di kompresor atau freon kalau salah satu sisinya dingin.
Dicobain aja dulu, coba keduanya diset max anginnya, dirasa-rasa kencengnya sama atau gak? kalau gak sama, atau yang sisi supir lebih pelan berarti ada kemungkinan evap mampet(kotor atau ada benda asing).
Tetep harus diliat langsung bagian evap nya sih, karena masalah pasti bukan di kompresor atau freon kalau salah satu sisinya dingin.
Dicobain aja dulu, coba keduanya diset max anginnya, dirasa-rasa kencengnya sama atau gak? kalau gak sama, atau yang sisi supir lebih pelan berarti ada kemungkinan evap mampet(kotor atau ada benda asing).
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Sat Apr 15, 2017 13:38
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Bmw
Re: AC Dingin sebelah
Kalo evap kotor 2-2nya kurang dingin... Klo cm sebelah kemungkinan dampernya masalah... Harus bongkar dashboard buat perbaikan dashboard... Ke beres aja... Klo ada rattle kan bs garansi perbaikan...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: AC Dingin sebelah
Berarti bener ya penyebabnya evaporatornb25 wrote: ↑Thu Nov 08, 2018 11:38 Mungkin ada yang bikin mampet di evaporator atau jalur anginnya.
Tetep harus diliat langsung bagian evap nya sih, karena masalah pasti bukan di kompresor atau freon kalau salah satu sisinya dingin.
Dicobain aja dulu, coba keduanya diset max anginnya, dirasa-rasa kencengnya sama atau gak? kalau gak sama, atau yang sisi supir lebih pelan berarti ada kemungkinan evap mampet(kotor atau ada benda asing).
Kira2 ga ada cara lain bersihin evap selain harus bongkar dashboard om?
Damper apa tuh om ?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xtrail T31
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: AC Dingin sebelah
Boleh jg nihDnisbo wrote: ↑Thu Nov 08, 2018 14:44 https://youtu.be/4VXwf_q8KtE
Mungkin bisa membantu.
*bukansalesautorotary
Besok coba deh
Thank you om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Mon Jun 04, 2012 6:35
Re: AC Dingin sebelah
Make sense nya ini bukan masalah mekanikal (compressor & evaporator) krn yg kiri bisa dingin, ttp masalah elektronik AC digital dual zone nya atau thermostat yg sebelah kanan ..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: AC Dingin sebelah
Sy pernah begini di double blower LGX, ternyata motor kipas di sisi yg gk dingin seret. Dikasih WD dingin lg
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Thu Jan 15, 2015 4:12
Re: AC Dingin sebelah
Sy pernah masalah begini di c-class sy yg ac dual zone, kanan normal, kiri ac ga dingin, malah lama2 agak hangat. Karena ini ada heater nya, ada valve utk stop/go dr radiator utk heater. Coba dicek valve tsb.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1435
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: AC Dingin sebelah
Kalau dingin sebelah saya malah agak sanksi penyebab dari evap kotor.
Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?
1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.
Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.
Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.
Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.
Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?
1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.
Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.
Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.
Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: AC Dingin sebelah
Maap baru update..Pugman wrote: ↑Sat Nov 10, 2018 14:28 Kalau dingin sebelah saya malah agak sanksi penyebab dari evap kotor.
Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?
1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.
Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.
Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.
Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.
Ternyata bener masalah ada di heater radiator valve, setelah di cari2 lokasinya ada di bawah dashboard bagian kanan. Valve nya udah electric
Valve bagian kanan tidak nutup sempurna, pantes aja.........
Cari2 di online ada yg jual harga 300rb
Saya baca2 di forum luar ternyata itu bs di reset, caranya ketika kontak on switch nya dicabut lalu pasang lg
Terkedjoet saya ternyata valve langsung nutup sempurna dan normal lg
Sekarang AC dingin dua2nya
Thanks
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Sep 06, 2024 2:21
- Location: kebumen
- Daily Vehicle: innova diesel
Re: AC Dingin sebelah
bangadiputra4 wrote: ↑Mon Jan 21, 2019 12:27Maap baru update..Pugman wrote: ↑Sat Nov 10, 2018 14:28 Kalau dingin sebelah saya malah agak sanksi penyebab dari evap kotor.
Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?
1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.
Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.
Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.
Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.
Ternyata bener masalah ada di heater radiator valve, setelah di cari2 lokasinya ada di bawah dashboard bagian kanan. Valve nya udah electric
Valve bagian kanan tidak nutup sempurna, pantes aja.........
Cari2 di online ada yg jual harga 300rb
Saya baca2 di forum luar ternyata itu bs di reset, caranya ketika kontak on switch nya dicabut lalu pasang lg
Terkedjoet saya ternyata valve langsung nutup sempurna dan normal lg
Sekarang AC dingin dua2nya
Thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1288
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: AC Dingin sebelah
Untung tanya2 kiri kanan dl, kl uda copot dashboard segala kan peer bgt, mana salah diagnosa pulaadiputra4 wrote: ↑Mon Jan 21, 2019 12:27Maap baru update..Pugman wrote: ↑Sat Nov 10, 2018 14:28 Kalau dingin sebelah saya malah agak sanksi penyebab dari evap kotor.
Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?
1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.
Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.
Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.
Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.
Ternyata bener masalah ada di heater radiator valve, setelah di cari2 lokasinya ada di bawah dashboard bagian kanan. Valve nya udah electric
Valve bagian kanan tidak nutup sempurna, pantes aja.........
Cari2 di online ada yg jual harga 300rb
Saya baca2 di forum luar ternyata itu bs di reset, caranya ketika kontak on switch nya dicabut lalu pasang lg
Terkedjoet saya ternyata valve langsung nutup sempurna dan normal lg
Sekarang AC dingin dua2nya
Thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: AC Dingin sebelah
ini masalah yg umum terjadi pada mobil toyota (juga terjadi pada vellfire 2016). klo bengkelnya punya pengalaman harusnya langsung tau, ngaco bgt tuh yg hrs bongkar macem2
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18