AC Dingin sebelah

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

AC Dingin sebelah

Post by adiputra4 »

Mau tanya nih kenapa AC mobil bisa dingin sebelah?
Mobil saya bagian yg dingin cuma penumpang depan sebelah kiri, bagian supir hembusan angin aja. Pernah ane set cold max bagian keduanya (dual zone) penumpang kiri hembusan adem, bagian supir hembusan udaranya malah panas

Tadi siang abis dr bengkel AC di jaktim (terpercaya) di cek freon nya normal ga ada kebocoran, mereka bilang ini masalah di evaporator, katanya evapnya kotor, jadinya beku sebelah.q

Masalahnya ganti evap harus bongkar dashboard, mobil ane xv40 dashboardnya masi mulus bawaan aslinya, kalo dashboard dibongkar pasti banyak bekas coak2 nantinya, takut jg nanti pd rattling. Pernah pengalaman di mobil yg dulu jg ganti evap dah bilang ke montirnya hati2 bongkar dashboard tetep aja pada coak.

Barusan abis cobain nyemprot blower pake semacam hazecool katanya bs bersihin evap, ane liat air di saluran pembuangan AC emg kotor hitam, coba nyalain ac tetep aja bagian supir panas.

Apa betul masalah AC dingin sebelah krn evap kotor & beku ?

Thanks
Last edited by adiputra4 on Thu Nov 08, 2018 11:55, edited 1 time in total.
nb25
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Mon Aug 06, 2018 10:17
Location: Bandung
Daily Vehicle: Polo TSI

Re: AC Dingin sebelah

Post by nb25 »

Mungkin ada yang bikin mampet di evaporator atau jalur anginnya.

Tetep harus diliat langsung bagian evap nya sih, karena masalah pasti bukan di kompresor atau freon kalau salah satu sisinya dingin.

Dicobain aja dulu, coba keduanya diset max anginnya, dirasa-rasa kencengnya sama atau gak? kalau gak sama, atau yang sisi supir lebih pelan berarti ada kemungkinan evap mampet(kotor atau ada benda asing).
Tdp89
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sat Apr 15, 2017 13:38
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Bmw

Re: AC Dingin sebelah

Post by Tdp89 »

Kalo evap kotor 2-2nya kurang dingin... Klo cm sebelah kemungkinan dampernya masalah... Harus bongkar dashboard buat perbaikan dashboard... Ke beres aja... Klo ada rattle kan bs garansi perbaikan...
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: AC Dingin sebelah

Post by adiputra4 »

nb25 wrote: Thu Nov 08, 2018 11:38 Mungkin ada yang bikin mampet di evaporator atau jalur anginnya.

Tetep harus diliat langsung bagian evap nya sih, karena masalah pasti bukan di kompresor atau freon kalau salah satu sisinya dingin.

Dicobain aja dulu, coba keduanya diset max anginnya, dirasa-rasa kencengnya sama atau gak? kalau gak sama, atau yang sisi supir lebih pelan berarti ada kemungkinan evap mampet(kotor atau ada benda asing).
Berarti bener ya penyebabnya evaporator

Kira2 ga ada cara lain bersihin evap selain harus bongkar dashboard om?
Tdp89 wrote: Thu Nov 08, 2018 11:46 Kalo evap kotor 2-2nya kurang dingin... Klo cm sebelah kemungkinan dampernya masalah... Harus bongkar dashboard buat perbaikan dashboard... Ke beres aja... Klo ada rattle kan bs garansi perbaikan...
Damper apa tuh om ?
Dnisbo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 166
Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Xtrail T31

Re: AC Dingin sebelah

Post by Dnisbo »

https://youtu.be/4VXwf_q8KtE
Mungkin bisa membantu.
*bukansalesautorotary
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: AC Dingin sebelah

Post by adiputra4 »

Dnisbo wrote: Thu Nov 08, 2018 14:44 https://youtu.be/4VXwf_q8KtE
Mungkin bisa membantu.
*bukansalesautorotary
Boleh jg nih :mky_02:

Besok coba deh :mky_02:

Thank you om :mky_02:
barne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Mon Jun 04, 2012 6:35

Re: AC Dingin sebelah

Post by barne »

Make sense nya ini bukan masalah mekanikal (compressor & evaporator) krn yg kiri bisa dingin, ttp masalah elektronik AC digital dual zone nya atau thermostat yg sebelah kanan ..
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: AC Dingin sebelah

Post by coklatMetalik »

Sy pernah begini di double blower LGX, ternyata motor kipas di sisi yg gk dingin seret. Dikasih WD dingin lg
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
sinchan17
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Thu Jan 15, 2015 4:12

Re: AC Dingin sebelah

Post by sinchan17 »

Sy pernah masalah begini di c-class sy yg ac dual zone, kanan normal, kiri ac ga dingin, malah lama2 agak hangat. Karena ini ada heater nya, ada valve utk stop/go dr radiator utk heater. Coba dicek valve tsb.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: AC Dingin sebelah

Post by Pugman »

Kalau dingin sebelah saya malah agak sanksi penyebab dari evap kotor.

Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?

1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.

Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.

Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.

Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.
User avatar
adiputra4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05

Re: AC Dingin sebelah

Post by adiputra4 »

sinchan17 wrote: Sat Nov 10, 2018 14:09 Sy pernah masalah begini di c-class sy yg ac dual zone, kanan normal, kiri ac ga dingin, malah lama2 agak hangat. Karena ini ada heater nya, ada valve utk stop/go dr radiator utk heater. Coba dicek valve tsb.
Pugman wrote: Sat Nov 10, 2018 14:28 Kalau dingin sebelah saya malah agak sanksi penyebab dari evap kotor.

Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?

1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.

Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.

Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.

Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.
Maap baru update..

Ternyata bener masalah ada di heater radiator valve, setelah di cari2 lokasinya ada di bawah dashboard bagian kanan. Valve nya udah electric

Valve bagian kanan tidak nutup sempurna, pantes aja.........

Cari2 di online ada yg jual harga 300rb

Saya baca2 di forum luar ternyata itu bs di reset, caranya ketika kontak on switch nya dicabut lalu pasang lg

Terkedjoet saya ternyata valve langsung nutup sempurna dan normal lg

Sekarang AC dingin dua2nya :mky_02: :mky_02:

Thanks [emo-mark-A]
nasirudinaziz
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Sep 06, 2024 2:21
Location: kebumen
Daily Vehicle: innova diesel

Re: AC Dingin sebelah

Post by nasirudinaziz »

adiputra4 wrote: Mon Jan 21, 2019 12:27
sinchan17 wrote: Sat Nov 10, 2018 14:09 Sy pernah masalah begini di c-class sy yg ac dual zone, kanan normal, kiri ac ga dingin, malah lama2 agak hangat. Karena ini ada heater nya, ada valve utk stop/go dr radiator utk heater. Coba dicek valve tsb.
Pugman wrote: Sat Nov 10, 2018 14:28 Kalau dingin sebelah saya malah agak sanksi penyebab dari evap kotor.

Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?

1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.

Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.

Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.

Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.
Maap baru update..

Ternyata bener masalah ada di heater radiator valve, setelah di cari2 lokasinya ada di bawah dashboard bagian kanan. Valve nya udah electric

Valve bagian kanan tidak nutup sempurna, pantes aja.........

Cari2 di online ada yg jual harga 300rb

Saya baca2 di forum luar ternyata itu bs di reset, caranya ketika kontak on switch nya dicabut lalu pasang lg

Terkedjoet saya ternyata valve langsung nutup sempurna dan normal lg

Sekarang AC dingin dua2nya :mky_02: :mky_02:

Thanks [emo-mark-A]
bang
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1288
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: AC Dingin sebelah

Post by kenop »

adiputra4 wrote: Mon Jan 21, 2019 12:27
sinchan17 wrote: Sat Nov 10, 2018 14:09 Sy pernah masalah begini di c-class sy yg ac dual zone, kanan normal, kiri ac ga dingin, malah lama2 agak hangat. Karena ini ada heater nya, ada valve utk stop/go dr radiator utk heater. Coba dicek valve tsb.
Pugman wrote: Sat Nov 10, 2018 14:28 Kalau dingin sebelah saya malah agak sanksi penyebab dari evap kotor.

Logikanya begini, mau AC dual zone, atau triple Zone itu tetap pakai single kompresor dan 1evaporator lalu untuk merubah suhu yang dimainkan adalah damper dan on/off heater. Kenapa?

1. Merubah posisi damper lebih sederhana dan hanya makan daya listrik yang kecil
2. On/off heater juga lebih sederhana dari On/off kompresor yang membutuhkan daya lebih besar terutama pada magnetic clutch AC dan juga potensi rugi mekanis dari gerakan magnetic clutch kalau kompresor sering On/off, pada kendaraan cc kecil, on/off kompresor sedikit memberi feel tenaga berkurang.
3.Lebih sederhana pasang beberapa heater core daripada pasang beberapa kondenser dan evap.

Fungsi damper adalah memindahkan arah hembusan udara, kalau mau set dingin, maka udara dari evap langsung menuju kisi AC, tapi kalau mau agak hangat nanti udara dibelokkan oleh damper agar lewat heater yang sumbernya dari radiator coolant di engine, kalau AC dual zone, biasanya pakai heaternya juga 2.

Kalau ada sisi zone yang dingin artinya sistem pendingin normal, analogi saya adalah damper bermasalah atau seperti yang Om sinchan bilang, ada heater radiator valve yang tidak berfungsi. Tinggal cari tahu penempatan radiator valve ada di dashboard atau diruang mesin.

Bahkan jika Om tahu letaknya, dan sistemnya menggunakan Electric Actuation solenoid valve, Om bisa pasang sendiri.
Maap baru update..

Ternyata bener masalah ada di heater radiator valve, setelah di cari2 lokasinya ada di bawah dashboard bagian kanan. Valve nya udah electric

Valve bagian kanan tidak nutup sempurna, pantes aja.........

Cari2 di online ada yg jual harga 300rb

Saya baca2 di forum luar ternyata itu bs di reset, caranya ketika kontak on switch nya dicabut lalu pasang lg

Terkedjoet saya ternyata valve langsung nutup sempurna dan normal lg

Sekarang AC dingin dua2nya :mky_02: :mky_02:

Thanks [emo-mark-A]
Untung tanya2 kiri kanan dl, kl uda copot dashboard segala kan peer bgt, mana salah diagnosa pula :mky_04:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: AC Dingin sebelah

Post by tesna »

ini masalah yg umum terjadi pada mobil toyota (juga terjadi pada vellfire 2016). klo bengkelnya punya pengalaman harusnya langsung tau, ngaco bgt tuh yg hrs bongkar macem2
W212 M272 '10
AN140 2GD '18