Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D

Post by mpoezz »

Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D dng harga BBM baru

Dear All :


Dengan harga bahan bakar baru seperti ini maka diperkirakan dalam
waktu ke depan popularitas Innova D4-D & mobil2 bermesin diesel akan
naik secara signifikan, sedang utk mesin2 bensin yang akan menjadi
bintang adalah city car dengan mesin2 berukuran kecil.


Mengenai mesin diesel, yuk kita coba membuat hitung2 an kasar di atas
kertas, dengan membandingkan Innova VVT-i dan D4-D.

Kita anggap konsumsi BBM si VVT-i adalah 1 : 7,5 (moderate - almost
best case), kita voor atas deh.

Dan kita anggap konsumsi solar si Innova D4-D = 1 : 10,5 (almost worst
case), kita voor bawah utk yg diesel.


Lalu anggap harga bahan bakar Rp. 4800,- liter, dengan asumsi solar
ditambah additive cetane booster & Powerfuel, bensin dicampur octane
booster & Powerfuel. Kenapa harus dicampur, karena kualitas solar
biasa & premium yg "sedemikian rupa", spt yg saya pernah jabarkan di
posting2 terdahulu.


I. Kalau kedua dalam setiap tahun sama2 digunakan sejauh 20.000 Km :

Maka jumlah BBM yg dibutuhkan :

VVT-i : 2667 liter

D4-D : 1905 liter

Selisih = 762 X 4800 = Rp. 3.658.000 per tahunnya.

Dalam 5 tahun menjadi = Rp. 3.810.000 X 5 = Rp. 18,3 juta

Maka dalam 5 tahun kita harus mengeluarkan uang extra sebanyak 18,3
juta utk membiayai BBM si Innova VVT-i.



II. Kalau kedua mobil dalam setiap tahun sama2 jalan sejauh 30.000 Km :

Maka jumlah BBM yg dibutuhkan :

VVT-i : 4000 liter

D4-D : 2857 liter

Selisih = 1143 X 4800 = Rp. 5.486.000 per tahunnya.

Dalam 4 tahun saja selisih sudah mencapai = Rp. 5.486.000 X 4 = Rp. 22
juta (dibulatkan).



Juga kondisi knalpot pada mesin diesel yang akan jauh lebih awet,
karena permukaan dalam pipa tertutup endapan partikel karbon, sehingga
tidak cepat korosi.

Utk filter solar Innova D4-D harganya Rp. 54 ribu, asumsi ganti setiap
15.000 km sekali, kalau mobil setahun jalan 30 rb. km maka setahun
ganti 2X (Rp. 108 ribu), 4 tahun anggap jadi hampir 500 ribu (termasuk
ongkos jasa), so cukup ekonomis lah.

So sedihnya saat ini resale value D4-D masih di bawah yg bensin,
tetapi dengan harga BBM yg baru ini, serta akan dihapuskannya subsidi
BBM secara total akhir tahun 2006, dimana harga bensin & solar biasa
akan berada di atas Rp. 5000 / l., maka keuntungan significant mesin
diesel akan makin menonjol dan diharapkan akan mengubah persepsi
masyarakat akan mesin diesel.

Bicara kenyaman atas suara mesin, dengan mengkonsumsi solar biasa +
Cetane booster + PF, maka mesin akan terjaga kebersihannya & suara
mesin dapat lebih tetap terjaga halus.

Andai lewat 1,5 - 2 tahun suara mesin mulai kasar, tinggal lakukan
proses purging dengan biaya Rp. 140 - 200 rb. sekali proses, maka
nozzle & injector akan bersih kembali spt. baru, suara mesin halus
spt. baru kembali :-)



salam efisiensi

A.S.

dapet dari milis TOKINOV
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

emang kijang bensin dan diesel harga resminya berapa sih....
yg jelas diesel akan lebih mahal ya.....

si penulis lupa mempertimbangkan bahwa utk membeli mobil diesel itu akan lebih mahal.....nah kalo kalkulasi ini dimasukkan...salah2 pada tahun ke 5 baru terjadi BEP antara pemakai inova bensin dan solar....ya bisa dibilang efisiensi pake solar baru dimulai dr th ke 5 keatas.....
itu juga kalo pemakai bensin masih memakai inova pada tahun ke 5. bagaimana kalo pemakai inova bensin sudah menjual mobilnya sebelum 5 tahun......hihnishiskhsiskss..s.s.
riwayat kijang kotak th 1987-1997 = 10tahun.
riwayat kijang kapsul th 1997-2004 = 7 tahun.
riwayat kijang inova th 2004- ??? siapa tahu cuma sampe 2009. udah ganti new model.....??? cuma bertahan 5 tahun dong......
kalo riwayat inova cuma 5 tahun....pemiliknya pasti udah pikir2 mau ganti juga.....hikhishiss..s.s.....
Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Very interesting!

JAdi bagaimanapun diesel masih lebih ekonomis di bandingkan sodaranya yg bermesin bensin yah?

Gimana kalo itung2anya menyertakan juga Solar-Dex yg baru dirilis Pertamina?
Apakah masih tetap ekonomis ya,kan dg solar baru,km yg dicapai perliter nya kan lbh tinggi(12km/L)spt yg dilansir AB?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

I 100% agree. :)
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

edward wrote:Very interesting!


Gimana kalo itung2anya menyertakan juga Solar-Dex yg baru dirilis Pertamina?
Apakah masih tetap ekonomis ya,kan dg solar baru,km yg dicapai perliter nya kan lbh tinggi(12km/L)spt yg dilansir AB?
Kalau PertaDEX, Anda jangan bandingkan vs premium, tapi vs Pertamax/Pertamax Plus, Mr. Edward. Baru fair. :)
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Tapi masalanya harga D4D ama bensin saja beda 15.5 juta ! Dari sini saja orang sudah takut !
Apalagi pembeli Innova vast majoritynya ambil yang M/T. Tapi D4D kan yang A/T yang torsinya lebih kuat ! Apakah orang rela pindah ke A/T ?

Lihat dari data Top Gear edisi bulan ini penjualan Innova selama tahun 2004 :

Innova E std gas 1,467
" E gas 203
" G M/T gas 11,094
" G A/T gas 1,359
" V M/T gas 4,505
" V A/T gas 1,496
" V 2.7 gas 0
" E std d4d 56
" E d4d 67
" G M/T d4d 1,192
" G A/T d4d 185
" V M/T d4d 527
" V A/T d4d 145

Dari data atas, conclusion saya adalah mayoritas pembeli Innova itu benar benar cari ekonomis, lihat selisih volume sales G dan V saja begitu jauh !

Dan lihat selisih A/T dan M/T ! Kok banyak pembeli Innova ngak suka matik ? Apakah ngak kapok kena macet jam jam di Jakarta ? Apakah enak kaki kirinya ?

So I think meskipun sekarang Premium naik tajam, tapi my guess is paling makin banyak orang lari ke Pertamax ! Not the DEX yang harganya paling tinggi ! Mungkin juga masih banyak orang yang pakai solar murah. Tapi dengan sudah di angka 4000+ per liter, solar murah pun sudah ngak murah lagi !

So my guess, the Innova G M/T will still be the King for many years to come !
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Mencermatin angka yg disodorkan SithLord diatas,agak menarik juga,mengkaji 'perilaku' konsumen pembeli mobil ditanah air(mgk tabel diatas bisa mewakili krn inova merupakan mobil top seller saat ini).

Asumsi yg bisa saya tangkap dr melihat tabel diatas:

1.Mobil Diesel 'kurang populer' dibandingkan sodaranya yg bermesin bensin.
Liat angka penjualan diesel yg cuma 10% dr inova bermesin bensin!
Kenapa?
* Kayaknya ada semacam "urban Legend" yg ada di kepala mayoritas konsumen mobil kita:ada semacam anggapan yg salah ttg mobil bermesin diesel yg salah kaprah selama ini misalnya:mesinnya berisik,perawatannya mahal,kalo rusak satu rusak semua,mobil gampang masuk angin shg tersendat2,asapnya kayak jelaga dll.Dan ini sudah berlangsung sekian lama!

* Harga baru mobil bermesin diesel lebih mahal dr bensin!
Dr sini juga sudah menjadi salah satu faktor yg menyurutkan orang untuk beli mobil diesel.

2.Transmisi otomatis.
Kasusnya sama dg anggapan/urband legend yg salah kaprah pula kayak kasus diesel diatas!
Org udah cenderung berasumsi,mobil matik gak kuat nanjak,akselerasinya lemot,perwatan mahal,klo pas rusak maka mbetulin AT sangat mahal(liat kasus Volvo yg AT nya rusak).
Orang gak merasa mbawa mobil kalo tangan kirinya menganggur(hehe yg ini lucu dan norak bgt yah? :D ).Tapi mmg begitulah kenyataannya.
Ditambah lg mobil AT harga jualnya jatuh!
Komplit dah.Makanya angka penjualan mobil AT ditabel diatas beda jauh bgt dg MT!

So hanya itu yg bisa saya tangkap.
Mgk yg lain bisa nambahin. :wink:

Last: my question:gimana menghilangkan pandangan yg salah thd diesel dan AT ini?

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

@ bos sithlord dan Bos Edward.....sy mau tambahin dikit....
tidak semua spbu menjual solar ....contohnya di spbu sebrang kuburan kedoya....sudah berapa kali sy liat mobil diesel terkecoh udah masuk spbu, trus keluar lagi lantaran gak jual solar....

Tapi yg paling mempengaruhi adalah harga baru mobil yg memegang peranan penting.
Coba harga diesel lebih murah atau paling tidak sama dgn mobil bensin...ceritanya pasti bisa lain......

Satu point lagi yg mgkn tidak penting buat pandangan orang selama ini but for me this is very100x important....coba perhatikan....
at this time berapa persen sih orang yg ikut kontes audio mobil pake mobil diesel....??? hikhiskhsisks..s.s..s
Image
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Post by liat2aja »

jangan lupa, di Indonesia banyak juga keluarga yang menggunakan jasa sopir, jadi M/T VS A/T udah jelas: cukup beli tipe yang M/T aja
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

Saya sudah sejak lama menyukai mesin diesel, dan rasanya penasaran, kenapa diesel tidak pernah bisa sehalus mesin bensin dan secepat mesin bensin.

Well, teknologi menjawab semuanya. Turbo commonrail is a great technology, make the diesel move faster and silent.

Dan karena masyarakat kita adalah masyarakat gaptek, jadi hanya sedikit saja yang tahu perkembangan teknologi n keuntungan mobil diesel. Masih butuh bertahun-tahun untuk membuat masyarakat Indo sadar akan kelebihan mesin diesel.

lagipula, masyarakat Amrik n Eropa yang begitu "cerdas" pun masih belum seluruhnya pindah ke diesel koq.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

katanya di AS susah cari pom bensin diesel yah,kebanyakan pom premium semua
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

mpoezz wrote:katanya di AS susah cari pom bensin diesel yah,kebanyakan pom premium semua
'Bensin diesel'? There is no such thing, bung Mpoezz. Diesel ya diesel, petrol ya petrol.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

conan wrote:
mpoezz wrote:katanya di AS susah cari pom bensin diesel yah,kebanyakan pom premium semua
'Bensin diesel'? There is no such thing, bung Mpoezz. Diesel ya diesel, petrol ya petrol.
Maksudnya "POM bensin" Diesel.
POM ini kayaknya hasil korupsi huruf yah?Dr POMPA bensin,di korupsi menjadi POM bensin.
Sama kayak orang Jakarta bilang,Traffic Light di korup menjadi :lampu merah( yg di korupsi 2lampu:kuning dan hijau).
Orang jawa tengah masih mending korupsinya cuma 1 lampu:iku loh cedake "BANGJO"(bangjo=abang ijo,kuningnya di korup) :D :D :D

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ngak maksud nya kata temen temen yang di US susah cari pom bensin yang jual solar.lebih banyak pom bensin petrol
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kakakak iya tau aja mr edward ini biasa kelepasan ,di kalimantan orang2 panggil SPBU itu POM.
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Lebih repot lagi kalo ke daerah jawa timuran,restauran di panggilnya DEPOT!
Padahal depot kalo di jakarta di pakai buat tempat nimbun minyak(pangkalan BBM).

"Ke depotnya pak kumis yuk;iku loh sing dodol sate gule" :D

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Ikut nimbrung

(IMHO) :

1. Resale value mobil diesel :
Hingga hari ini yang membuat resale value mobil diesel lebih rendah dibanding bensin karena masyarakat tidak memiliki pilihan solar yg lebih baik, solar DEX mahal, juga persepsi yang salah tentang mesin diesel.

Tetapi ingat :

1.1 Awal 2006 Shell akan merilis solar versi mereka, kalau melihat solar Shell di Singapore, moga2 yg akan mereka keluarkan di Indonesia juga termasuk ULSD (Ultra Low Sulphur diesel fuel).

1.2 Di 2006 Petronas juga akan merilis solar versi mereka, yg mana solar bersubsidi dengan kadar sulfur 3000 ppm.

1.3 Pertamina akan merilis solar middle class, antara solar biasa & DEX

1.4 Tahun 2008 kilang Accelon Energy di Kaltim rencananya akan mulai memproduksi FT Syn Diesel Fuel hasil sintesa batubara menjadi solar yg memiliki cetane number 70 & sulfur nyaris 0 !

1.5 Akhir 2006 subsidi BBM dihapus, nggak akan ada lagi premium harga murah.


Memang mengubah image & persepsi di masyarakat perlu waktu, tetapi melihat perkembangan global & perkembangan trend BBm di dlm negeri, harusnya persepsi bisa berubah lebih cepat.

So nantinya biarpun mobil diesel barunya lebih mahal dr yg bensin, tetapi idealnya bekasnya juga akan tetap lebih mahal dr yg bensin.

Sebetulnya bukti saat inipun sudah ada, yaitu Landcruiser VX tahun 96 - 97, coba aja cek harga bekasnya........hehehhehehe



Mobil diesel di Eropa & Amerika Serikat :

Di beberapa negara Eropa pada hari ini registrasi mobil baru bermesin diesel sudah melampaui registrasi baru mobil bermesin bensin.

Populasi mobil diesel di banyak negara Eropa berimbang dng total populasi mobil bensin, bahkan di bbrp negara populasinya sudah lebih tinggi dibanding mobil bensin.

Produsen mobil penumpang yang tidak membuat variant diesel akan tersingkir dari pasar otomotif Eropa, hal ini yang sampai membuat Honda mengembangkan mesin 2.2 i-CTDi dan Toyota yg menggebrak pasar dengan D4-D 2.2 yg powernya mencapai 175 bhp itu


Di Amerika memang masyarakatnya gasoline minded, tetapi diramalkan trend penjualan mobil diesel akan naik significant di tahun2 yg akan datang, bersama dengan meluasnya popularitas mobil gasoline - hybrid.


Di Asia :

Thailand, Korea Selatan & India mobil diesel sgt populer, 90% Fortuner yg terjual di Thailand adalah diesel, Innova yg terjual di India 50% adalah yg diesel.


So semakin mahal harga BBM di suatu negara, dan dimana masyarakatnya mendapat informasi dengan baik, pada umumnya mobil diesel meraih popularitas yg tinggi.


Berikut ini kutipan para petingi otomotif dr persh2 otomotif dunia ttg visi mereka mengenai mesin diesel :

MERCEDES BENZ :

"We are convinced that the future of diesel is just beginning,"
declared Eckhard Cordes, head of DaimlerChrysler's premium Mercedes
Car Group.

He outlined ambitious plans to expand Mercedes-Benz' diesel lineup 70
years after it became the first carmaker to offer diesels as standard
equipment.

"There is a clear trend towards the clean, economical and sporty
diesel engine," he said. "Over the past few months registrations of
diesel-powered passengers cars across Europe as a whole outstripped
petrol vehicles for the first time ever."



HONDA :

Other Asian carmakers like South Korea's Hyundai and Japan's Honda are
also pushing to beef up European sales by offering more diesels.

Shigeru Takagi, head of Honda's Europe operations, told Reuters that a
diesel-powered version of the Civic compact is due in early 2006 and
the launch of diesel versions of the CR-V offroader and the FR-V
minivan in 2005 would drive sales growth.

It expects one-third of the new Civic brands sold to use
diesel-powered engines, he said.



TOYOTA :

Such economies of scale help offset the added cost of making hybrids
and allow Toyota make a profit on the models.

"In the initial stage it was rather difficult to make money" but now
"we do make a profit," Ishizaka said. "Otherwise we might say we like
to limit the numbers, but we are expanding." Even Toyota is hedging
its bets, however. It is working hard to boost the percentage of
diesel-powered cars it sells in Europe, which currently accounts for
around 36 percent of its sales. It is also rolling out a new 2.2-litre
diesel motor it makes in Poland.



Sekedar opini / koreksi kalau salah / maap bagi yg kurang berkenan


salam
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Mengenai tingkat kebisingan suara mesin diesel :

Kalau suatu saat anda ke Singapore, cobain deh naik Taxi Mercedes New Eyes warna putih (Prestige taxi) E 220 CDI (2200 cc CRD).

Apalagi kalau rute anda dari Changi menuju kota atau sebaliknya, lari 90 - 110 km/jam, duduklah di bangku depan, matikan radio & tape, tutuplah mata anda, dengarkanlah suara di sekeliling anda.........bandingkan dengan mobil bensin yg anda miliki saat ini.

(Dengan catatan : asal tidak dibandingkan dengan mobil bensin yg jelasnya lebih tinggi dr E class macam S class, BMW seri 7 atau Lexus LS 430).


Itulah kinerja mesin CRD yang diberi minum solar ULSD yang cetane numbernya cukup tinggi.

Menariknya harga ULSD di Singapore tidak lebih mahal dr solar LSD setara DEX nya Pertamina :

Per tanggal 30 Nov 2005 harga diesel fuel (ULSD) di Singapore (dari
Exxon & Shell) per lt : Sin $ 1,07

http://www.shell.com/home/Framework?sit ... n/news_and_\
library/press_releases/2005/zzz_lhn.html&FC3=/sg-en/html/iwgen/news_and_library/\
press_releases/2005/pump_price_change_1130.html

http://www2.exxonmobil.com/AP-English/N ... _301105.as\
p

Dengan currency rate sekarang harga berkisar Rp 6 100 /lt ;

Berarti harga PertaDEX kita yg Rp 5 900/lt kemahalan !!!

Kalau di "bebaskan" ada kemungkinan Shell bisa jual LSD disini dgn harga

murah dari PertaDEX.....


Semoga hal tsb. bisa terwujud di tahun 2006 !


salam
* Bukan ajakan Beli *
ST1906
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Jan 07, 2014 10:41

Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D

Post by ST1906 »

:big_think:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D

Post by walid_007 »

sekarang ipah disel lebih mahal RV ny daripada bensin




jaman cepat berubah,,, waktu dan pemikiran juga sangt cepat berganti
thn 2005,, sebentar lagi ampir 10 tahun,

tp 10thn rasany cepat sekali, seperti hanya beberapa bulan yg lalu ikut acara launching innova
engine roaring!
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D

Post by VanzMatic »

Ane pencinta mesin diesel juga.
Masih keukeuh ngga setuju mobil Kuda diesel keluarga dijual.
Perlahan lahan diperbaiki, restorasi kembali satu satu.

Setelah keluhan asap putih tebal saat start dingin diperbaiki, ketauan kalau glowplugnya mati TIGA dari EMPAT silinder... bagaimana mo ngga tebel itu asap?

Ganti glowplug, stel pompa solar ke setelan standar, kasih solar+racun herbal, voila...!
Sekarang sudah lebih halus suaranya, dan asap pun cepat sekali hilang saat cold start. Asap tebal awalan cold start pun sudah sangat tipis keluarnya.

Asikkk...nikmat benerr bawa diesel meski diesel jadul. FC dalkot 1:9 pemakaian lalin padat dan lancar. Kalau padat melulu, jeblok hanya sampai 1:7,5 paling boros.

4D56 M/T n/a.
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D

Post by ricz »

Diesel irit & bertenaga.... Yg penting filter solarnya aja yg sering dicek...

Itulah knp keluarga masi cinta ama diesel.... Bahkan bokap sempat blg kalo ipah diesel baru keluar / rav4 diesel keluar dy mau beli...

Smoga CRV ada diesel...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D

Post by nugroho bagor »

ricz wrote:Diesel irit & bertenaga.... Yg penting filter solarnya aja yg sering dicek...

Itulah knp keluarga masi cinta ama diesel.... Bahkan bokap sempat blg kalo ipah diesel baru keluar / rav4 diesel keluar dy mau beli...

Smoga CRV ada diesel...
:big_think: banyak banget cita2nya :big_weee:
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Perhitungan operational cost Innova VVT-i vs. D4-D

Post by xtr40rd1n4rym4n »

ricz wrote:Diesel irit & bertenaga.... Yg penting filter solarnya aja yg sering dicek...

Itulah knp keluarga masi cinta ama diesel.... Bahkan bokap sempat blg kalo ipah diesel baru keluar / rav4 diesel keluar dy mau beli...

Smoga CRV ada diesel...
ga mau cx-5 diesel aja om??
:big_grin: :big_grin:
M90
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59

Re:

Post by M90 »

Kemana nih orang ya.

Klonengannya juga sudah lama NGAK keliatan di SM

Oh RV aka Toyotaman aka Sitlord.....I miss u full.... :big_grin:

Sithlord wrote:
Dan lihat selisih A/T dan M/T ! Kok banyak pembeli Innova ngak suka matik ? Apakah ngak kapok kena macet jam jam di Jakarta ? Apakah enak kaki kirinya ?

S !