ANPS 2016 suspensi kasar

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

ANPS 2016 suspensi kasar

Post by silentIm2 »

Halo om2 / tante2. Keluarga saya ada ANPS Dakkar 2016. Karakter bantingannya kok kasar ya? Kalo di aspal bergelombang rasanya terombang ambing. Steering tetep stabil sih. Trus kalau di tol, kecepatan 120 ke atas, terutama di peralihan antara konstruksi jembatan (biasanya aspal) dengan beton jalan, body mobil seperti terjun bebas, lalu rebound sangat kencang / kasar. Sampai penumpang yang tertidur lansung melek seger. Saya sampe bawanya ngerem sedikit pas masuk/keluar jembatan. Googling2 salah satunya karena per standar belakang terlalu soft. Gimana ya perbaikinya?
1. Per dan shockbreaker aftermarket apa yang recommended ya? Depan standar / belakang saja yang diganti atau 2-2nya?
2. Apa balance arm membantu ato cuma gimmick? Mengingat ANPS & PS setau saya live axlenya cuma 2 link + lateral / panhard rod, bukan 4 link + lateral rod seperti ANF, Innova reborn, MUX, & trailblazer CMIIW. Menambah balance arm berarti menambah control arm axle kan?

Terima kasih sarannya suhu.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
Arrobi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Tue Apr 17, 2018 1:25
Daily Vehicle: D2D - XLD25

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by Arrobi »

silentIm2 wrote:Halo om2 / tante2. Keluarga saya ada ANPS Dakkar 2016. Karakter bantingannya kok kasar ya? Kalo di aspal bergelombang rasanya terombang ambing. Steering tetep stabil sih. Trus kalau di tol, kecepatan 120 ke atas, terutama di peralihan antara konstruksi jembatan (biasanya aspal) dengan beton jalan, body mobil seperti terjun bebas, lalu rebound sangat kencang / kasar. Sampai penumpang yang tertidur lansung melek seger. Saya sampe bawanya ngerem sedikit pas masuk/keluar jembatan. Googling2 salah satunya karena per standar belakang terlalu soft. Gimana ya perbaikinya?
1. Per dan shockbreaker aftermarket apa yang recommended ya? Depan standar / belakang saja yang diganti atau 2-2nya?
2. Apa balance arm membantu ato cuma gimmick? Mengingat ANPS & PS setau saya live axlenya cuma 2 link + lateral / panhard rod, bukan 4 link + lateral rod seperti ANF, Innova reborn, MUX, & trailblazer CMIIW. Menambah balance arm berarti menambah control arm axle kan?

Terima kasih sarannya suhu.
Coba dikasih damper di pernya om... atau ganti pernya skalian
Screenshot_20190617-134853_Gallery.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by silentIm2 »


Arrobi wrote:Coba dikasih damper di pernya om... atau ganti pernya skalian
Screenshot_20190617-134853_Gallery.jpeg
Kayaknya mending ganti per. Cuma minta pendapat merek apa, ganti di mana. Ato mungkin ada bengkel yang bisa bikin daerah Surabaya. Kalo damper gitu kok kayaknya kurang percaya, saya takutnya dampernya pecah ato malah pernya yang patah pas hajar lubang.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by evolution21 »

saya pernah cobain ANPS memang ni mobil keempukan suspensinya, setuju terombang ambing

suspensi model begitu cocok utk jalanan rusak dibawa santai, dibawa cepet ya pusing...

mungkin anda cocoknya mobil dengan gaya suspensi agak sport tp ga yang terlalu keras karena pertimbangan bawa keluarga

saya ga setuju pake damper karet gitu, pernah pake di sx4 hasilnya makin ga enak, entah kl di coba di mobil lain kali aja ada yg cocok bisa lebih enak.

mengenai ganti per dan shock saya kurang suka karena ada resiko, hasilnya terlalu keras... saya lebih suka pake coilover bisa di stel keras empuknya, tp tetep waspada jg, ada coilover yg stel keras empuknya cenderung terlalu keras, karena memang utk spek racing

pernah pake merk TEIN STREET di cx5 menurut saya ini cocok utk dipakai harian, empuknya masi dapet (malah lebih empuk ktimbang std nya cx5), tp kestabilannya meningkat juga
sisi negatifnya ? harga mahal, jarak per lebih pendek ketimbang standart, di kondisi tertentu lebih mudah mentok per nya (bukan mentok GC nya)

alternatif lain?
cobain stabilizer, tp mesti ditanya lg detilnya bagaimana
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by pengendiesel »

silentIm2 wrote: Mon Jun 17, 2019 6:23 Halo om2 / tante2. Keluarga saya ada ANPS Dakkar 2016. Karakter bantingannya kok kasar ya? Kalo di aspal bergelombang rasanya terombang ambing. Steering tetep stabil sih. Trus kalau di tol, kecepatan 120 ke atas, terutama di peralihan antara konstruksi jembatan (biasanya aspal) dengan beton jalan, body mobil seperti terjun bebas, lalu rebound sangat kencang / kasar. Sampai penumpang yang tertidur lansung melek seger. Saya sampe bawanya ngerem sedikit pas masuk/keluar jembatan. Googling2 salah satunya karena per standar belakang terlalu soft. Gimana ya perbaikinya?
1. Per dan shockbreaker aftermarket apa yang recommended ya? Depan standar / belakang saja yang diganti atau 2-2nya?
2. Apa balance arm membantu ato cuma gimmick? Mengingat ANPS & PS setau saya live axlenya cuma 2 link + lateral / panhard rod, bukan 4 link + lateral rod seperti ANF, Innova reborn, MUX, & trailblazer CMIIW. Menambah balance arm berarti menambah control arm axle kan?

Terima kasih sarannya suhu.
Eemmm nganu om.....>120kmh ngelewatin sambungan jembatan tol apa nggak terlalu kenceng?

Saya lewat di speed 90kmh aja masih gak enak pas lewat beberapa (nggak semua) sambungan jembatan di tol. Kayak yang om bilang di atas, mobil kayak terjun bebas terus rebound lagi secara kasar. Jadi serem kayak naik roller coaster. Mobilnya vnt trd. Kayaknya sih sambungan jembatan di tol memang gak didesign untuk high speed.

Mungkin sebelum ganti suspensi, ada baiknya kalo pas lewat jembatan di tol coba kurangi speednya sampe 80-90kmh, dirasakan gimana.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by lamatlancah »

kalau mau enak ya ganti per dan shock nya, kalau budget memungkinkan lebih baik pake yg sudah di "matched" seperti merk pro-fender / OME.
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by Koddy »

Ganti shockbreaker nya dulu
Pake OME atau Pedders aja....
Ntar ayunan ala kapal akan berkurang jauh
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by lemonadelovers »

silentIm2 wrote: Mon Jun 17, 2019 6:23 Halo om2 / tante2. Keluarga saya ada ANPS Dakkar 2016. Karakter bantingannya kok kasar ya? Kalo di aspal bergelombang rasanya terombang ambing. Steering tetep stabil sih. Trus kalau di tol, kecepatan 120 ke atas, terutama di peralihan antara konstruksi jembatan (biasanya aspal) dengan beton jalan, body mobil seperti terjun bebas, lalu rebound sangat kencang / kasar. Sampai penumpang yang tertidur lansung melek seger. Saya sampe bawanya ngerem sedikit pas masuk/keluar jembatan. Googling2 salah satunya karena per standar belakang terlalu soft. Gimana ya perbaikinya?
1. Per dan shockbreaker aftermarket apa yang recommended ya? Depan standar / belakang saja yang diganti atau 2-2nya?
2. Apa balance arm membantu ato cuma gimmick? Mengingat ANPS & PS setau saya live axlenya cuma 2 link + lateral / panhard rod, bukan 4 link + lateral rod seperti ANF, Innova reborn, MUX, & trailblazer CMIIW. Menambah balance arm berarti menambah control arm axle kan?

Terima kasih sarannya suhu.
Ini casenya di tol ya, ngebut 120km/h, ketemu beda tinggi antara jembatan dan badan jalan

Menurut saya sambungan jembatannya yg ga bener biasanya d bagian jalannya yg ambles dikit, atau ini casenya kayak d jembatan pejagan dan bbrp spot d tol trans jawa ada yg kayak gini

Intinya sambungan jembatan n badan jalan yg ga standar
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
matra
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Mon Feb 15, 2016 23:56

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by matra »

ganti per dan shockbreaker
-ome
-raw suspension
-pedders
-tein
-eibach
kalau di surabaya bisa ke dbm id (Instagram) daerah ngangel
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by lamatlancah »

kalau mau lebih enak lagi ganti BPKB ke sedan.
Chris001
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Thu Jun 21, 2018 1:38
Location: Indonesia
Daily Vehicle: W204

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by Chris001 »

Coba ke professional motorsport bro di jln anjasmoro surabaya
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: ANPS 2016 suspensi kasar

Post by silentIm2 »


pengendiesel wrote: Eemmm nganu om.....>120kmh ngelewatin sambungan jembatan tol apa nggak terlalu kenceng?

Saya lewat di speed 90kmh aja masih gak enak pas lewat beberapa (nggak semua) sambungan jembatan di tol. Kayak yang om bilang di atas, mobil kayak terjun bebas terus rebound lagi secara kasar. Jadi serem kayak naik roller coaster. Mobilnya vnt trd. Kayaknya sih sambungan jembatan di tol memang gak didesign untuk high speed.

Mungkin sebelum ganti suspensi, ada baiknya kalo pas lewat jembatan di tol coba kurangi speednya sampe 80-90kmh, dirasakan gimana.
Iya sih om.. mungkin ekspektasi saya yang harus disetel, soalnya mobil harian saya sebelumnya captiva. Di lintasan yang sama saya juga bawa 110 - 120 km enak2 aja. Pas pake ANPS kok bantingannya begini, soalnya sering liat ANPS, VRZ sruntulan kayaknya tuh enak2 aja. IMHO mungkin bantingan xpander ato ertiga masih agak mendingan.
evolution21 wrote:saya pernah cobain ANPS memang ni mobil keempukan suspensinya, setuju terombang ambing

suspensi model begitu cocok utk jalanan rusak dibawa santai, dibawa cepet ya pusing...

mungkin anda cocoknya mobil dengan gaya suspensi agak sport tp ga yang terlalu keras karena pertimbangan bawa keluarga

saya ga setuju pake damper karet gitu, pernah pake di sx4 hasilnya makin ga enak, entah kl di coba di mobil lain kali aja ada yg cocok bisa lebih enak.

mengenai ganti per dan shock saya kurang suka karena ada resiko, hasilnya terlalu keras... saya lebih suka pake coilover bisa di stel keras empuknya, tp tetep waspada jg, ada coilover yg stel keras empuknya cenderung terlalu keras, karena memang utk spek racing

pernah pake merk TEIN STREET di cx5 menurut saya ini cocok utk dipakai harian, empuknya masi dapet (malah lebih empuk ktimbang std nya cx5), tp kestabilannya meningkat juga
sisi negatifnya ? harga mahal, jarak per lebih pendek ketimbang standart, di kondisi tertentu lebih mudah mentok per nya (bukan mentok GC nya)

alternatif lain?
cobain stabilizer, tp mesti ditanya lg detilnya bagaimana
Coilover muahal banget kalo ga salah, trus bikin mobil lebih rendah kan?
lamatlancah wrote:kalau mau enak ya ganti per dan shock nya, kalau budget memungkinkan lebih baik pake yg sudah di "matched" seperti merk pro-fender / OME.
Siip gaan, saya catat..
Koddy wrote:Ganti shockbreaker nya dulu
Pake OME atau Pedders aja....
Ntar ayunan ala kapal akan berkurang jauh
Siip gan, saya catat...
lemonadelovers wrote:
Ini casenya di tol ya, ngebut 120km/h, ketemu beda tinggi antara jembatan dan badan jalan

Menurut saya sambungan jembatannya yg ga bener biasanya d bagian jalannya yg ambles dikit, atau ini casenya kayak d jembatan pejagan dan bbrp spot d tol trans jawa ada yg kayak gini

Intinya sambungan jembatan n badan jalan yg ga standar
Mungkin juga om, ruas yang saya coba ruas Gempol - Probolinggo & ruas Surabaya (Warugunung) - Madiun. Kebiasaan pake suspensi independen, tapi sering liat VRZ sruntulan, kok ga mabok ya? Saya nyetir udah 140 kmh dibalap VRZ 160 kmh.
matra wrote:ganti per dan shockbreaker
-ome
-raw suspension
-pedders
-tein
-eibach
kalau di surabaya bisa ke dbm id (Instagram) daerah ngangel
Siaap gan, catat dulu ya..
lamatlancah wrote:kalau mau lebih enak lagi ganti BPKB ke sedan.
Saya harian masih pake Captiva sih.. kebetulan pinjem ANPS ortu berhubung mobil saya masuk body repair. Ortu memang agak nyesel juga sama bantingannya, tapi gimana lagi kita juga seneng roadtrip, kalo sedan dipake roadtrip kasian itu kaki2.
Chris001 wrote:Coba ke professional motorsport bro di jln anjasmoro surabaya
Siap om catat dulu.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140