FILTER OLI MESIN
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
FILTER OLI MESIN
selamat malam buat warga SM dimanapun anda berada.
saya cari-cari sepertinya trit mengenai filter oli mesin belum ada ya? atau saya yang kurang rajin mencari?
buat pihak yang berwenang, kalau ada trit serupa boleh di gabung supaya lebih ringkas.
jadi ceritanya kemarin sore ada tetangga minta tolong kepada saya untuk mengganti filter oli mesin plus menambah oli mesinnya karena menurut beliau, oli berkurang cukup banyak tetapi entah terjadi kebocoran dimana.
si pemilik dengan bangganya memperlihatkan kepada saya filter oli dengan bungkus warna dasar putih bermotif polka dot merah dan hitam sambil berkata :
"saya beli di langganan, murah ini pak cuma tigapuluh ribu..."
dengan wajah sumringah.
lalu saya jawab,
"iya pak, murah karena nggak asli."
tanpa memperhatikan lebih lanjut si filter dan si empunya mobil. bodo amat mau tersinggung, lagian mana ada filter oli genuine merk mobil dengan harga 30 ribu? sing nduwe pabrik mbahmu po?
setelah filter oli mesin terpasang plus penambahan oli mesin sebanyak 1 liter selesai, saya start mesin dan segera memeriksa apakah ada kebocoran.
sekitar 2-3 menit idle sambil sesekali RPM dinaikkan sampai 3-4 ribuan dan kemudian kembali idle lagi, semua beres tidak ada rembesan oli. aman, saya pikir.
lalu pergilah si tetangga ini pulang. tidak berselang setengah jam, beliau kembali sambil mukanya pucat dan berkata,
"pak tadi pas ditikungan situ tiba-tiba lampu olinya nyala. saya brenti trus liat banyak oli berceceran dibawah...."
saya periksa, memang banyak sekali bekas cipratan oli di mesin, tapi darimana? perasaan tadi filter oli sudah cukup kencang sesuai dengan anjuran seperti biasanya.
iseng saya coba kencangkan lagi dengan tangan, masih bisa diputar tetapi dengan effort yang lebih besar dari biasanya. setelah itu saya cek dipstick, gak onok oline... gendheng..!
sebanyak itukah bocornya?
saya isi sekitar 2 liter oli, posisi dipstick masih hampir setengahnya.
biar lah, coba start mesin dulu pengen liat, masa iya sih bocor dari filter oli? gendheng apa...?
cekk.... grenggg..... tokcer. mesin pun sukses nyala tapi sambil ada suara PYUUUUURRRR..... dari bawah.
j4ncuk. a5u tenan.
oli mesin sukses berlomba melarikan diri dari dalam mesin ramai-ramai.
kondisi bagian bawah yang tersiram oli setelah lebih kurang 18 jam kemudian,
akhirnya saya buka filternya untuk diperiksa lebih lanjut.
tampak luar dan saya perhatikan kondisi sambungan antar logamnya serta seal tidak ada masalah. kondisi seal-pun masih baik tidak ada retak atau pecah.
ah, sudah lah.... besok pagi saja dilihat lagi. sekarang saya pasang filter oli baru kepunyaan mobil lain, merk sebelah tetapi masih saudara. walaupun dimensi lebih kecil tetapi bisa terpasang.
setelah isi oli mesin lagi sebanyak 3 liter, mesin saya start, dan aman tidak ada kebocoran walaupun RPM saya panteng di 4 ribu selama lebih dari 30 detik.
nah, tadi siang saya iseng perhatikan lagi ada apa gerangan dengan filter oli murah kebanggaan bapak tetangga ini?
berikut penampakannya,
dan ini yang lebih dekat lagi,
puk1m4k.... macam mana lubang filter oli rapat seperti ini?
$&*@£¥₩xyz★¿
pantas saja oli berantakan keluar lewat celah seal lha wong ngga ada lubangnya.... asem.
dan ini penampakan sisi dalam dari filter oli yang saya pasang,
terlihat jelas kan bedanya? yang satu (hampir) tidak ada lubang, hanya berupa garis bekas mesin punch yang tidak sempurna membuat lubang. satunya dengan lubang yang cukup besar sehingga pelumas dengan mudah lewat.
nah, pelajaran buat yang hobi memakai "filter oli asli" dengan harga murah, agar lebih berhati-hati. perhatikan dengan saksama barang yang anda beli sebelum membayar.
kalau sudah kejadian seperti diatas, mau untung beberapa belas ribu, malah merogoh kocek lebih dalam lagi.
saran saya kalau tidak mau pakai filter oli asli dengan alasan (mungkin) mahal, silahkan beli merk aftermarket yang sudah jelas dan di tempat yang memang bisa mempertanggung jawabkan dagangannya.
banyak kok saat ini merk-merk filter aftermarket dengan harga yang lebih murah, sama dengan, atau bahkan lebih mahal dari merk aslinya.
sampai dengan berita ini dimuat, kondisi mobil sudah aman sentausa tanpa ada kebocoran.
terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit ketikan dari saya.
saya cari-cari sepertinya trit mengenai filter oli mesin belum ada ya? atau saya yang kurang rajin mencari?
buat pihak yang berwenang, kalau ada trit serupa boleh di gabung supaya lebih ringkas.
jadi ceritanya kemarin sore ada tetangga minta tolong kepada saya untuk mengganti filter oli mesin plus menambah oli mesinnya karena menurut beliau, oli berkurang cukup banyak tetapi entah terjadi kebocoran dimana.
si pemilik dengan bangganya memperlihatkan kepada saya filter oli dengan bungkus warna dasar putih bermotif polka dot merah dan hitam sambil berkata :
"saya beli di langganan, murah ini pak cuma tigapuluh ribu..."
dengan wajah sumringah.
lalu saya jawab,
"iya pak, murah karena nggak asli."
tanpa memperhatikan lebih lanjut si filter dan si empunya mobil. bodo amat mau tersinggung, lagian mana ada filter oli genuine merk mobil dengan harga 30 ribu? sing nduwe pabrik mbahmu po?
setelah filter oli mesin terpasang plus penambahan oli mesin sebanyak 1 liter selesai, saya start mesin dan segera memeriksa apakah ada kebocoran.
sekitar 2-3 menit idle sambil sesekali RPM dinaikkan sampai 3-4 ribuan dan kemudian kembali idle lagi, semua beres tidak ada rembesan oli. aman, saya pikir.
lalu pergilah si tetangga ini pulang. tidak berselang setengah jam, beliau kembali sambil mukanya pucat dan berkata,
"pak tadi pas ditikungan situ tiba-tiba lampu olinya nyala. saya brenti trus liat banyak oli berceceran dibawah...."
saya periksa, memang banyak sekali bekas cipratan oli di mesin, tapi darimana? perasaan tadi filter oli sudah cukup kencang sesuai dengan anjuran seperti biasanya.
iseng saya coba kencangkan lagi dengan tangan, masih bisa diputar tetapi dengan effort yang lebih besar dari biasanya. setelah itu saya cek dipstick, gak onok oline... gendheng..!
sebanyak itukah bocornya?
saya isi sekitar 2 liter oli, posisi dipstick masih hampir setengahnya.
biar lah, coba start mesin dulu pengen liat, masa iya sih bocor dari filter oli? gendheng apa...?
cekk.... grenggg..... tokcer. mesin pun sukses nyala tapi sambil ada suara PYUUUUURRRR..... dari bawah.
j4ncuk. a5u tenan.
oli mesin sukses berlomba melarikan diri dari dalam mesin ramai-ramai.
kondisi bagian bawah yang tersiram oli setelah lebih kurang 18 jam kemudian,
akhirnya saya buka filternya untuk diperiksa lebih lanjut.
tampak luar dan saya perhatikan kondisi sambungan antar logamnya serta seal tidak ada masalah. kondisi seal-pun masih baik tidak ada retak atau pecah.
ah, sudah lah.... besok pagi saja dilihat lagi. sekarang saya pasang filter oli baru kepunyaan mobil lain, merk sebelah tetapi masih saudara. walaupun dimensi lebih kecil tetapi bisa terpasang.
setelah isi oli mesin lagi sebanyak 3 liter, mesin saya start, dan aman tidak ada kebocoran walaupun RPM saya panteng di 4 ribu selama lebih dari 30 detik.
nah, tadi siang saya iseng perhatikan lagi ada apa gerangan dengan filter oli murah kebanggaan bapak tetangga ini?
berikut penampakannya,
dan ini yang lebih dekat lagi,
puk1m4k.... macam mana lubang filter oli rapat seperti ini?
$&*@£¥₩xyz★¿
pantas saja oli berantakan keluar lewat celah seal lha wong ngga ada lubangnya.... asem.
dan ini penampakan sisi dalam dari filter oli yang saya pasang,
terlihat jelas kan bedanya? yang satu (hampir) tidak ada lubang, hanya berupa garis bekas mesin punch yang tidak sempurna membuat lubang. satunya dengan lubang yang cukup besar sehingga pelumas dengan mudah lewat.
nah, pelajaran buat yang hobi memakai "filter oli asli" dengan harga murah, agar lebih berhati-hati. perhatikan dengan saksama barang yang anda beli sebelum membayar.
kalau sudah kejadian seperti diatas, mau untung beberapa belas ribu, malah merogoh kocek lebih dalam lagi.
saran saya kalau tidak mau pakai filter oli asli dengan alasan (mungkin) mahal, silahkan beli merk aftermarket yang sudah jelas dan di tempat yang memang bisa mempertanggung jawabkan dagangannya.
banyak kok saat ini merk-merk filter aftermarket dengan harga yang lebih murah, sama dengan, atau bahkan lebih mahal dari merk aslinya.
sampai dengan berita ini dimuat, kondisi mobil sudah aman sentausa tanpa ada kebocoran.
terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit ketikan dari saya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
- Daily Vehicle: CRV
Re: FILTER OLI MESIN
Saya tiap ganti oli ganti filter. Tpi harganya 52rb. Amankah?marmut wrote:selamat malam buat warga SM dimanapun anda berada.
saya cari-cari sepertinya trit mengenai filter oli mesin belum ada ya? atau saya yang kurang rajin mencari?
buat pihak yang berwenang, kalau ada trit serupa boleh di gabung supaya lebih ringkas.
jadi ceritanya kemarin sore ada tetangga minta tolong kepada saya untuk mengganti filter oli mesin plus menambah oli mesinnya karena menurut beliau, oli berkurang cukup banyak tetapi entah terjadi kebocoran dimana.
si pemilik dengan bangganya memperlihatkan kepada saya filter oli dengan bungkus warna dasar putih bermotif polka dot merah dan hitam sambil berkata :
"saya beli di langganan, murah ini pak cuma tigapuluh ribu..."
dengan wajah sumringah.
lalu saya jawab,
"iya pak, murah karena nggak asli."
tanpa memperhatikan lebih lanjut si filter dan si empunya mobil. bodo amat mau tersinggung, lagian mana ada filter oli genuine merk mobil dengan harga 30 ribu? sing nduwe pabrik mbahmu po?
setelah filter oli mesin terpasang plus penambahan oli mesin sebanyak 1 liter selesai, saya start mesin dan segera memeriksa apakah ada kebocoran.
sekitar 2-3 menit idle sambil sesekali RPM dinaikkan sampai 3-4 ribuan dan kemudian kembali idle lagi, semua beres tidak ada rembesan oli. aman, saya pikir.
lalu pergilah si tetangga ini pulang. tidak berselang setengah jam, beliau kembali sambil mukanya pucat dan berkata,
"pak tadi pas ditikungan situ tiba-tiba lampu olinya nyala. saya brenti trus liat banyak oli berceceran dibawah...."
saya periksa, memang banyak sekali bekas cipratan oli di mesin, tapi darimana? perasaan tadi filter oli sudah cukup kencang sesuai dengan anjuran seperti biasanya.
iseng saya coba kencangkan lagi dengan tangan, masih bisa diputar tetapi dengan effort yang lebih besar dari biasanya. setelah itu saya cek dipstick, gak onok oline... gendheng..!
sebanyak itukah bocornya?
saya isi sekitar 2 liter oli, posisi dipstick masih hampir setengahnya.
biar lah, coba start mesin dulu pengen liat, masa iya sih bocor dari filter oli? gendheng apa...?
cekk.... grenggg..... tokcer. mesin pun sukses nyala tapi sambil ada suara PYUUUUURRRR..... dari bawah.
j4ncuk. a5u tenan.
oli mesin sukses berlomba melarikan diri dari dalam mesin ramai-ramai.
kondisi bagian bawah yang tersiram oli setelah lebih kurang 18 jam kemudian,
akhirnya saya buka filternya untuk diperiksa lebih lanjut.
tampak luar dan saya perhatikan kondisi sambungan antar logamnya serta seal tidak ada masalah. kondisi seal-pun masih baik tidak ada retak atau pecah.
ah, sudah lah.... besok pagi saja dilihat lagi. sekarang saya pasang filter oli baru kepunyaan mobil lain, merk sebelah tetapi masih saudara. walaupun dimensi lebih kecil tetapi bisa terpasang.
setelah isi oli mesin lagi sebanyak 3 liter, mesin saya start, dan aman tidak ada kebocoran walaupun RPM saya panteng di 4 ribu selama lebih dari 30 detik.
nah, tadi siang saya iseng perhatikan lagi ada apa gerangan dengan filter oli murah kebanggaan bapak tetangga ini?
berikut penampakannya,
dan ini yang lebih dekat lagi,
puk1m4k.... macam mana lubang filter oli rapat seperti ini?
$&*@£¥₩xyz★¿
pantas saja oli berantakan keluar lewat celah seal lha wong ngga ada lubangnya.... asem.
dan ini penampakan sisi dalam dari filter oli yang saya pasang,
terlihat jelas kan bedanya? yang satu (hampir) tidak ada lubang, hanya berupa garis bekas mesin punch yang tidak sempurna membuat lubang. satunya dengan lubang yang cukup besar sehingga pelumas dengan mudah lewat.
nah, pelajaran buat yang hobi memakai "filter oli asli" dengan harga murah, agar lebih berhati-hati. perhatikan dengan saksama barang yang anda beli sebelum membayar.
kalau sudah kejadian seperti diatas, mau untung beberapa belas ribu, malah merogoh kocek lebih dalam lagi.
saran saya kalau tidak mau pakai filter oli asli dengan alasan (mungkin) mahal, silahkan beli merk aftermarket yang sudah jelas dan di tempat yang memang bisa mempertanggung jawabkan dagangannya.
banyak kok saat ini merk-merk filter aftermarket dengan harga yang lebih murah, sama dengan, atau bahkan lebih mahal dari merk aslinya.
sampai dengan berita ini dimuat, kondisi mobil sudah aman sentausa tanpa ada kebocoran.
terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit ketikan dari saya.
[emoji481]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5903
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: FILTER OLI MESIN
Kalau aftermarket yang murah kira2 apa rekomendasinya om Hamster?
Ane sempet pake Denso kok bisa murah bener ya, rasanya cuma 20rb malahan.
Ane sempet pake Denso kok bisa murah bener ya, rasanya cuma 20rb malahan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: FILTER OLI MESIN
Mbah, sempet nanya beli dimana?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2731
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: FILTER OLI MESIN
Saya pake filter oli aspira exposio beli di shop n drive
Tapi rasanya mesin jadi agak kasar pas start awal pagi2 dibanding pake filter bawaan mobil beli di beres
Ada suara tek tek tek tambahan sekitar 5 detik
Walaupun lampu oli langsung mati setelah mesin distart
Apa anti drain back valve nya jelek jadi oli ngisi dulu ke filternya??
Tapi rasanya mesin jadi agak kasar pas start awal pagi2 dibanding pake filter bawaan mobil beli di beres
Ada suara tek tek tek tambahan sekitar 5 detik
Walaupun lampu oli langsung mati setelah mesin distart
Apa anti drain back valve nya jelek jadi oli ngisi dulu ke filternya??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: FILTER OLI MESIN
bukan harga yang jadi masalah, tapi asli atau enggak.
kalau beli barang palsu seharga barang asli ya itu dagelan namanya....
ada denso, aspira, sakura, bosch, tinggal pilih.
denso bisa murah? karena mereka beli dari aspira dan dikasih label denso.
katanya di warung soto deket tikungan....
SnD filternya yang warna oranje kan? paling dari aspira atau denso.Jambangan wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 5:50 Saya pake filter oli aspira exposio beli di shop n drive
Tapi rasanya mesin jadi agak kasar pas start awal pagi2 dibanding pake filter bawaan mobil beli di beres
Ada suara tek tek tek tambahan sekitar 5 detik
Walaupun lampu oli langsung mati setelah mesin distart
Apa anti drain back valve nya jelek jadi oli ngisi dulu ke filternya??
jadi ada suara? gapapa, itu tanda mesin beroperasi. lagian mesin kalo senyap banget ngga enak lah..... pemilik mobil musti dibikin ketar ketir keringet dingin beserta mules biar afdol.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: FILTER OLI MESIN
thx info nya om marmut. selama ini gak pernah merhatikan hal tersebut. btw selama ini semua filter (oli, mesin, kabin) pake sakura
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: FILTER OLI MESIN
Sy sih selalu pk yang orisinil Toyota Indonesia, 90915-YZZZ1. 25 rebuan...
Ada jg yg ori dari toyota jepang tp harganya 3 kalinya, blm pernah nyoba sih, ada bedanya gk ya?
Ada jg yg ori dari toyota jepang tp harganya 3 kalinya, blm pernah nyoba sih, ada bedanya gk ya?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1749
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: FILTER OLI MESIN
untuk Toyota 7K saya selalu pake Denso..kl ga salah 15ribuan...ganti tiap 5rb km hehe...
di kuda diesel juga pake denso...murah meriah
di kuda diesel juga pake denso...murah meriah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: FILTER OLI MESIN
Mantap infonya om, sekarang saya jadi merhatiin macem2 filter oli.
Kalau merek KEn gimana om? Biasanya sama bengkel langganan dikasih merek itu, dikasih harga 40-50rb. Barusan jadi cek di tokoijo ada yang harga 20rb an juga. Setahun 2x ganti oli filternya sekali, 50rb rupiah setahun untuk jaga kondisi mesin sih value nya bagus sekali haha.
Kalau merek KEn gimana om? Biasanya sama bengkel langganan dikasih merek itu, dikasih harga 40-50rb. Barusan jadi cek di tokoijo ada yang harga 20rb an juga. Setahun 2x ganti oli filternya sekali, 50rb rupiah setahun untuk jaga kondisi mesin sih value nya bagus sekali haha.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: FILTER OLI MESIN
Ken produsennya filter OEM Honda...aabx wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 9:20 Mantap infonya om, sekarang saya jadi merhatiin macem2 filter oli.
Kalau merek KEn gimana om? Biasanya sama bengkel langganan dikasih merek itu, dikasih harga 40-50rb. Barusan jadi cek di tokoijo ada yang harga 20rb an juga. Setahun 2x ganti oli filternya sekali, 50rb rupiah setahun untuk jaga kondisi mesin sih value nya bagus sekali haha.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: FILTER OLI MESIN
Filter kuda yg denso brapaan om?
Yg ori lumayan, ampir 120rb
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33
Re: FILTER OLI MESIN
Waduh...
Segitu parahnya gara" filter aspal
Klo saya beli oli di luaran, tapi gantinya tetap di beres, sekalian beli filternya jg disitu.
Ongkos ganti oli goban, tp gratis kopi, teh, kue" + wifi an sepuasny
Segitu parahnya gara" filter aspal
Klo saya beli oli di luaran, tapi gantinya tetap di beres, sekalian beli filternya jg disitu.
Ongkos ganti oli goban, tp gratis kopi, teh, kue" + wifi an sepuasny
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: FILTER OLI MESIN
Saya baru tau filter oli ada "acdc" nya jg dan modelny begini pula.. thanks bgt om marmut sharingnya....
gaspol resing tim
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
- Daily Vehicle: CRV
Re: FILTER OLI MESIN
Susahnya tidak tinggal di jakarta[emoji23]marmut wrote:
bukan harga yang jadi masalah, tapi asli atau enggak.
kalau beli barang palsu seharga barang asli ya itu dagelan namanya....
ada denso, aspira, sakura, bosch, tinggal pilih.
denso bisa murah? karena mereka beli dari aspira dan dikasih label denso.
katanya di warung soto deket tikungan....
SnD filternya yang warna oranje kan? paling dari aspira atau denso.Jambangan wrote: ↑Thu Jun 20, 2019 5:50 Saya pake filter oli aspira exposio beli di shop n drive
Tapi rasanya mesin jadi agak kasar pas start awal pagi2 dibanding pake filter bawaan mobil beli di beres
Ada suara tek tek tek tambahan sekitar 5 detik
Walaupun lampu oli langsung mati setelah mesin distart
Apa anti drain back valve nya jelek jadi oli ngisi dulu ke filternya??
jadi ada suara? gapapa, itu tanda mesin beroperasi. lagian mesin kalo senyap banget ngga enak lah..... pemilik mobil musti dibikin ketar ketir keringet dingin beserta mules biar afdol.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48
Re: FILTER OLI MESIN
Kalau lihat fisiknya sih, ini Filter Oli refurb/bekas/remake dari home industry yg ndak bener dan ilegal.marmut wrote:selamat malam buat warga SM dimanapun anda berada.
saya cari-cari sepertinya trit mengenai filter oli mesin belum ada ya? atau saya yang kurang rajin mencari?
buat pihak yang berwenang, kalau ada trit serupa boleh di gabung supaya lebih ringkas.
jadi ceritanya kemarin sore ada tetangga minta tolong kepada saya untuk mengganti filter oli mesin plus menambah oli mesinnya karena menurut beliau, oli berkurang cukup banyak tetapi entah terjadi kebocoran dimana.
si pemilik dengan bangganya memperlihatkan kepada saya filter oli dengan bungkus warna dasar putih bermotif polka dot merah dan hitam sambil berkata :
"saya beli di langganan, murah ini pak cuma tigapuluh ribu..."
dengan wajah sumringah.
lalu saya jawab,
"iya pak, murah karena nggak asli."
tanpa memperhatikan lebih lanjut si filter dan si empunya mobil. bodo amat mau tersinggung, lagian mana ada filter oli genuine merk mobil dengan harga 30 ribu? sing nduwe pabrik mbahmu po?
setelah filter oli mesin terpasang plus penambahan oli mesin sebanyak 1 liter selesai, saya start mesin dan segera memeriksa apakah ada kebocoran.
sekitar 2-3 menit idle sambil sesekali RPM dinaikkan sampai 3-4 ribuan dan kemudian kembali idle lagi, semua beres tidak ada rembesan oli. aman, saya pikir.
lalu pergilah si tetangga ini pulang. tidak berselang setengah jam, beliau kembali sambil mukanya pucat dan berkata,
"pak tadi pas ditikungan situ tiba-tiba lampu olinya nyala. saya brenti trus liat banyak oli berceceran dibawah...."
saya periksa, memang banyak sekali bekas cipratan oli di mesin, tapi darimana? perasaan tadi filter oli sudah cukup kencang sesuai dengan anjuran seperti biasanya.
iseng saya coba kencangkan lagi dengan tangan, masih bisa diputar tetapi dengan effort yang lebih besar dari biasanya. setelah itu saya cek dipstick, gak onok oline... gendheng..!
sebanyak itukah bocornya?
saya isi sekitar 2 liter oli, posisi dipstick masih hampir setengahnya.
biar lah, coba start mesin dulu pengen liat, masa iya sih bocor dari filter oli? gendheng apa...?
cekk.... grenggg..... tokcer. mesin pun sukses nyala tapi sambil ada suara PYUUUUURRRR..... dari bawah.
j4ncuk. a5u tenan.
oli mesin sukses berlomba melarikan diri dari dalam mesin ramai-ramai.
kondisi bagian bawah yang tersiram oli setelah lebih kurang 18 jam kemudian,
akhirnya saya buka filternya untuk diperiksa lebih lanjut.
tampak luar dan saya perhatikan kondisi sambungan antar logamnya serta seal tidak ada masalah. kondisi seal-pun masih baik tidak ada retak atau pecah.
ah, sudah lah.... besok pagi saja dilihat lagi. sekarang saya pasang filter oli baru kepunyaan mobil lain, merk sebelah tetapi masih saudara. walaupun dimensi lebih kecil tetapi bisa terpasang.
setelah isi oli mesin lagi sebanyak 3 liter, mesin saya start, dan aman tidak ada kebocoran walaupun RPM saya panteng di 4 ribu selama lebih dari 30 detik.
nah, tadi siang saya iseng perhatikan lagi ada apa gerangan dengan filter oli murah kebanggaan bapak tetangga ini?
berikut penampakannya,
dan ini yang lebih dekat lagi,
puk1m4k.... macam mana lubang filter oli rapat seperti ini?
$&*@£¥₩xyz★¿
pantas saja oli berantakan keluar lewat celah seal lha wong ngga ada lubangnya.... asem.
dan ini penampakan sisi dalam dari filter oli yang saya pasang,
terlihat jelas kan bedanya? yang satu (hampir) tidak ada lubang, hanya berupa garis bekas mesin punch yang tidak sempurna membuat lubang. satunya dengan lubang yang cukup besar sehingga pelumas dengan mudah lewat.
nah, pelajaran buat yang hobi memakai "filter oli asli" dengan harga murah, agar lebih berhati-hati. perhatikan dengan saksama barang yang anda beli sebelum membayar.
kalau sudah kejadian seperti diatas, mau untung beberapa belas ribu, malah merogoh kocek lebih dalam lagi.
saran saya kalau tidak mau pakai filter oli asli dengan alasan (mungkin) mahal, silahkan beli merk aftermarket yang sudah jelas dan di tempat yang memang bisa mempertanggung jawabkan dagangannya.
banyak kok saat ini merk-merk filter aftermarket dengan harga yang lebih murah, sama dengan, atau bahkan lebih mahal dari merk aslinya.
sampai dengan berita ini dimuat, kondisi mobil sudah aman sentausa tanpa ada kebocoran.
terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca sedikit ketikan dari saya.
[emoji481]
Karena terlihat "luka" goresan, dan bagian dalam bukan dibuat dengan peralatan yang proper.
Ini sangat berbahaya. Buat bengkel dan user, harus sangat waspada.
Murah tidak identik jelek, mahal tidak berbanding lurus kualitas (jika beli onlen).
Selalu waspada saja.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: FILTER OLI MESIN
Mbah, itu merek apaan ad polkadot merah item sgala..
Btw dl ane jg perna kena filter oli aspal buat lipindut ane, beli d sala satu toko ondrdil batu makam lmayan terkenal d dtmf, itu ketauan nya pas dikencengin pake tangan, smua tulisan nya pindah ke tangan ane
Btw dl ane jg perna kena filter oli aspal buat lipindut ane, beli d sala satu toko ondrdil batu makam lmayan terkenal d dtmf, itu ketauan nya pas dikencengin pake tangan, smua tulisan nya pindah ke tangan ane
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: FILTER OLI MESIN
ini mbah....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: FILTER OLI MESIN
Oalahh...
Ustahiyad KW toh...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: FILTER OLI MESIN
parahhh... ampe mampet gitu. ini mah versi iblisnya filter KW.
thanks sharingnya om marmut.
kalo ane, dari dulu pake denso/sakura blom pernah ada masalah. bae2 aja.
justru pernah masalah pake ori dari beres, kebetulan dapet yang defect jadi rembes dikit.
kalo cari murah, Sakura is the choice lah. perusahaan Tbk juga, jadi pasti takut kalo main-main sama kualitas produk.
pemalsu juga males mau malsuin, udah murah.
thanks sharingnya om marmut.
kalo ane, dari dulu pake denso/sakura blom pernah ada masalah. bae2 aja.
justru pernah masalah pake ori dari beres, kebetulan dapet yang defect jadi rembes dikit.
kalo cari murah, Sakura is the choice lah. perusahaan Tbk juga, jadi pasti takut kalo main-main sama kualitas produk.
pemalsu juga males mau malsuin, udah murah.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: FILTER OLI MESIN
om marmut, kalo pasang filter oli baru gitu, apa langsung pasang aja..?? karena klo saya punya kebiasaan, sblm di pasang, filter oli nya saya isi oli dulu
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Sun Feb 11, 2018 0:32
Re: FILTER OLI MESIN
mau tanya kalau boleh, apakah ada yg pernah pakai filter oli yg hybrid atau yang ada amganet nya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: FILTER OLI MESIN
rembes bisa jadi karena over tightening. biasanya pada ngencengin pake kunci.
proses ngencengin pake kunci sebenernya tidak salah, tapi tingkat kekencangannya yang jadi masalah besar.
karena mayoritas filter oli musti hand tightening.
saya belum pernah lihat petunjuk di kemasan maupun di filternya musti diisi oli atau tidak. hanya ada petunjuk gasket musti dioles tipis dengan oli, dan kencangkan 1/2 - 3/4 putaran dengan tangan.
saya pun selalu mengisi filter dengan sedikit oli sebelum dipasang.
jangan lupa permukaan yang nempel dengan gasket dibersihkan dulu...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: FILTER OLI MESIN
uastaganaga..
nanti iseng coba muter atrium ahh, siapa tau nemu
numpang lewat aja....