Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by farizfsa »

iwing wrote: Thu Aug 08, 2019 3:00
farizfsa wrote: Thu Aug 08, 2019 2:54 wkwkwk

malah dibatesin, kenapa ga bensinnya atau solarnya aja kualitasnya dibagusin untuk memenuhi ketentuan emisi?
ya gak mungkin bisa lah. gubernur gak mungkin bisa mempengaruhi bagaimana kualitas bbm karena itu kan urusan negara, sedangkan gubernur ya sekitaran wilayah nya aja. cmiiw
wkwk

lah kan ini masih usulan dr LSM itu om, bukan atau belum keputusan gaberner. harusnya LSM itu mendorong para provider bensin untuk naikin kualitasnya.

kalo gaberner mah ane jg tau ga bisa.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by Fertille »

Rakean wrote: Thu Aug 08, 2019 4:08
private0809 wrote: Thu Aug 08, 2019 3:58
PRBS wrote: Thu Aug 08, 2019 3:19
Setuju..

Kalau dihadapkan 2 pilihan :
- larangan mobil usia 10tahun
- premium, solbus, pertalite, dexlite dihapus

Saya lebih pilih option 2..
betul om, mobil usia di atas 10 tahun pun kalau di rawat benar emisi nya juga rendah apalagi kalau standarnya udah ada CC tinggal isi ron 92 keatas
nah berarti mesti ada kebijakan untuk wajib pengecekan emisi secara berkala, misalnya untuk pembayaran STNK wajib uji emisi
Kalo udah begini gimanaa ummss....

Seperti buah simalakama....

Jakarta - Penggunaan sepeda motor yang masif di Jakarta dinilai menjadi penyebab terjadinya polusi udara. Sepeda motor dinilai menyumbang 75% polusi udara.

Kemudahan mendapatkan sepeda motor menjadi salah satu hal yang disoroti. Bahkan, kalau menurut pengamat transportasi dan tata kota Azas Tigor Nainggolan saking mudahnya modal untuk dapat motor cuma fotokopi KTP saja, uang mukanya pun dinilai sangat murah.

"Saat ini kan memang mudah betul (dapatkan motor), hanya modal fotokopi KTP! DP-nya (uang muka) juga murah-murah," ungkap Tigor kepada detikFinance, Rabu (7/8/2019).

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonom ... ang-dibeli
supriyanto98
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 100
Joined: Sun Apr 15, 2018 15:36
Location: jakarta barat
Daily Vehicle: Innova 2gd

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by supriyanto98 »

percuma, mobil yang biasa muter" dijakarta termasuk bus dan truk banyak yg dari luar wilayah jakarta. yang tinggal dipinggir jakarta pun bisa beli dari luar jakarta :mky_03:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by MSU »

kemaren pas mati lampu kalo ga salah tingkat polusi DKI turun banget..berarti sumber terbesarnya industri
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by lonely1999 »

baru usul LSM,

jadi belum jelas jadi atau tidak peraturannya.

lebih baik perbaiki dulu angkutan umumnya
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by TUFF Stough »

Fertille wrote: Thu Aug 08, 2019 4:46
Rakean wrote: Thu Aug 08, 2019 4:08
private0809 wrote: Thu Aug 08, 2019 3:58

betul om, mobil usia di atas 10 tahun pun kalau di rawat benar emisi nya juga rendah apalagi kalau standarnya udah ada CC tinggal isi ron 92 keatas
nah berarti mesti ada kebijakan untuk wajib pengecekan emisi secara berkala, misalnya untuk pembayaran STNK wajib uji emisi
Kalo udah begini gimanaa ummss....

Seperti buah simalakama....

Jakarta - Penggunaan sepeda motor yang masif di Jakarta dinilai menjadi penyebab terjadinya polusi udara. Sepeda motor dinilai menyumbang 75% polusi udara.

Kemudahan mendapatkan sepeda motor menjadi salah satu hal yang disoroti. Bahkan, kalau menurut pengamat transportasi dan tata kota Azas Tigor Nainggolan saking mudahnya modal untuk dapat motor cuma fotokopi KTP saja, uang mukanya pun dinilai sangat murah.

"Saat ini kan memang mudah betul (dapatkan motor), hanya modal fotokopi KTP! DP-nya (uang muka) juga murah-murah," ungkap Tigor kepada detikFinance, Rabu (7/8/2019).

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonom ... ang-dibeli
keknya reporternya cuma nyorot dari 1 sisi aja, dari kemudahan dapet motor. kenapa gak menyoroti ketidakmampuan angkutan umum untuk menyediakan pelayanan yg nyaman, aman, tepat waktu, dan murah?

dulu masih bujang sempat menggantungkan nasib pada angkutan umum karena gak sanggup beli motor. Udah gak nyaman, gak pasti kapan sampenya, trayeknya kudu nyambung2, otomatis biayanya mahal. Dari rumah ke tempat nguli mesti 3x naik angkutan, padahal jarak rumah ke tempat kerja <10km. Gaji bulanan setengahnya habis buat ongkos, gak tersisa buat masuk ke rekening bank.

Setelah sanggup beli motor secara cash, baru bisa ngerasain yg namanya nabung. Isi bensin 20rb bisa buat seminggu lebih. Kalo naik angkot 20rb paling cuma bertahan 2 hari pp.

Maraknya ojol roda 2 pun menandakan bahwa motor adalah angkutan yg paling bisa diandalkan saat ini. Kalangan bawah maupun kalangan atas merasakan kemudahan untuk sampai tujuan.

Sampai bbrp bulan yg lalu saya terpaksa naik angkot lagi pun masih merasa was2 dengan gaya sopir bawa angkotnya (setelah belasan tahun gak naik angkot lagi) dan tidak adanya rasa aman selama menaiki angkot itu.

BTW, hasil nabung dari naik motor itu, sekarang kebeli rumah sama mobil (selain naik jabatan tentunya). :big_weee:
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by arief225 »

Di LA pernah liat supir mobil sewaan isi bbm si shell. Oktan 87 juga ada, tpi harganya sekitar 3.7-3,8 usd an perGalon. Berarti kurang lebih 1usd/liter. Seliter 14rb oktan 87 tpi mungkin bebas timbal.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by Winz »

arief225 wrote: Thu Aug 08, 2019 5:37 Di LA pernah liat supir mobil sewaan isi bbm si shell. Oktan 87 juga ada, tpi harganya sekitar 3.7-3,8 usd an perGalon. Berarti kurang lebih 1usd/liter. Seliter 14rb oktan 87 tpi mungkin bebas timbal.
disana bukan'nya pakai AKI? 87 setara RON 92, cmiiw

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
scoopy99
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Aug 14, 2013 17:39

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by scoopy99 »

Kenapa gk mewajibkan uji emisi aja ya? Tiap kendaraan (termasuk motor dan kendaraan umum) yg gk lulus uji emisi bisa dikasih hukuman misalnya dikasih denda pas bayar pajak. Dari tahun 2007 kayaknya pernah ada wacana ini tapi gk jalan. Yakin bisa ngurangin sedikit emisi asal bener dilakuin
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by piraku »

scoopy99 wrote:Kenapa gk mewajibkan uji emisi aja ya? Tiap kendaraan (termasuk motor dan kendaraan umum) yg gk lulus uji emisi bisa dikasih hukuman misalnya dikasih denda pas bayar pajak. Dari tahun 2007 kayaknya pernah ada wacana ini tapi gk jalan. Yakin bisa ngurangin sedikit emisi asal bener dilakuin
Uji emisi pikiran liar saya pasti mengarah ke suap menyuap ujung ujungnya, perpanjang 5 tahunan aja padahal segitu banyak poin yg harusnya diuji pas cek fisik tp nyatanya engga.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by Fertille »

scoopy99 wrote: Thu Aug 08, 2019 5:55 Kenapa gk mewajibkan uji emisi aja ya? Tiap kendaraan (termasuk motor dan kendaraan umum) yg gk lulus uji emisi bisa dikasih hukuman misalnya dikasih denda pas bayar pajak. Dari tahun 2007 kayaknya pernah ada wacana ini tapi gk jalan. Yakin bisa ngurangin sedikit emisi asal bener dilakuin
IMHO, lebih repot dgn cara ini...

Terlalu banyak "celah"....
Better putus di hulu.... [emo-yesno]
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by racho »

coklatMetalik wrote: Thu Aug 08, 2019 4:29 Judul LSMnya Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal

Tp bukannya skrg premium pun udh gk pake timbal ya?
ntu dia. harusnya itu komisi dah bubar dari kapan tau...
ato minimal ganti nama jadi Komisi Penghapusan Bensin Bersulfur

:mky_03:

FYI,
yang bikin EURO IV kagak jalan2 dimari itu ya kadar Sulfur BBM.
hampir semua jenis BBM kecuali Pertabo kadar sulfurnya 500ppm. standar EURO IV itu maksimal 50ppm.
itu yang bikin CC/DPF dan oli mesin cepet rusak dan bikin lingkungan tercemar.
kalo di motor sih dari 2013 udah wajib Euro III dan pastinya dah pake cc.
mobil aja nih yang masi stuck di Euro II.

CMIIW
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by Fertille »

racho wrote: Thu Aug 08, 2019 6:13
coklatMetalik wrote: Thu Aug 08, 2019 4:29 Judul LSMnya Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal

Tp bukannya skrg premium pun udh gk pake timbal ya?
ntu dia. harusnya itu komisi dah bubar dari kapan tau...
ato minimal ganti nama jadi Komisi Penghapusan Bensin Bersulfur

:mky_03:

FYI,
yang bikin EURO IV kagak jalan2 dimari itu ya kadar Sulfur BBM.
hampir semua jenis BBM kecuali Pertabo kadar sulfurnya 500ppm. standar EURO IV itu maksimal 50ppm.
itu yang bikin CC/DPF dan oli mesin cepet rusak dan bikin lingkungan tercemar.
kalo di motor sih dari 2013 udah wajib Euro III dan pastinya dah pake cc.
mobil aja nih yang masi stuck di Euro II.

CMIIW
Bayteway, ini termasuk BBM cap kerang kah????
User avatar
epevert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Dec 10, 2010 16:43

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by epevert »

racho wrote:
coklatMetalik wrote: Thu Aug 08, 2019 4:29 Judul LSMnya Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal

Tp bukannya skrg premium pun udh gk pake timbal ya?
ntu dia. harusnya itu komisi dah bubar dari kapan tau...
ato minimal ganti nama jadi Komisi Penghapusan Bensin Bersulfur

:mky_03:

FYI,
yang bikin EURO IV kagak jalan2 dimari itu ya kadar Sulfur BBM.
hampir semua jenis BBM kecuali Pertabo kadar sulfurnya 500ppm. standar EURO IV itu maksimal 50ppm.
itu yang bikin CC/DPF dan oli mesin cepet rusak dan bikin lingkungan tercemar.
kalo di motor sih dari 2013 udah wajib Euro III dan pastinya dah pake cc.
mobil aja nih yang masi stuck di Euro II.

CMIIW
Lcgc Calya aja udah euro4 om dr thn ini....
firman93m
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Aug 18, 2017 2:23
Location: Jak
Daily Vehicle: Brinyo

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by firman93m »

Premium dihapuskan saja untuk mobil.
Dispenser premium hanya boleh ada di jalur khusus motor yang gak bisa dilalui mobil.

Kalo pertalite belakangan lah.
One step at a time.

Premium untuk motor kasian kalo dihapus.
Banyak orang susah yang pakai premium untuk motor.
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by Bulgogi »

LSM di indonesia emg suka aneh2..
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by ak4ng »

Berita yg kurang bahan :wkkk: meningan jual harga premium kualitas pertamax dan dex seharga solar dijamin emisi jauh berkurang :big_biglaugh: yg mau bensin mewah bisa beli pertamax racing yg disediakan setiap dispenser, atau kalo yg nanggung beli pertamax turbo :big_love: petamina development lagi dex racing buat yg mau CN 70 zero sulpur khusus Diesel luxury :big_smoking: mantap buat maen drag diesel :big_smoking:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by coklatMetalik »

firman93m wrote: Thu Aug 08, 2019 7:39 Premium dihapuskan saja untuk mobil.
Dispenser premium hanya boleh ada di jalur khusus motor yang gak bisa dilalui mobil.

Kalo pertalite belakangan lah.
One step at a time.

Premium untuk motor kasian kalo dihapus.
Banyak orang susah yang pakai premium untuk motor.
Pernah liat yg begini di beberapa SPBU
Tapi tetep aja ada mobil yg berusaha masuk mepet2
Dan tetep dilayani :mky_02:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by Winz »

coklatMetalik wrote: Thu Aug 08, 2019 8:52
firman93m wrote: Thu Aug 08, 2019 7:39 Premium dihapuskan saja untuk mobil.
Dispenser premium hanya boleh ada di jalur khusus motor yang gak bisa dilalui mobil.

Kalo pertalite belakangan lah.
One step at a time.

Premium untuk motor kasian kalo dihapus.
Banyak orang susah yang pakai premium untuk motor.
Pernah liat yg begini di beberapa SPBU
Tapi tetep aja ada mobil yg berusaha masuk mepet2
Dan tetep dilayani :mky_02:
Iya, percuma juga kaya gitu :big_childish:

tetap aja orang2nya muka tebal :wkkk:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by TUFF Stough »

konsep aturan untuk dilanggar masih berlaku :mky_03:
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by g36 »

WKKWKWKWKWK

Lha toh spesifikasi pertamax dan pertalite beda tipis, paling kelihatan cuma dari RON minimum. Mau isi pertalet or pertamax ngga jauh beda lah. Emisi juga 11-12.

Angkutan umum asepnya kaya mesin kabut buat panggung, mobil pribadi banyak yang copot katalis, gimana mau bersih udaranya? Itu aja masih banyak mesin yg ditune dengan standar emisi Euro 2. Berapa banyak mobil di Indo yg bermesin bersih seperti kelas ULEV di US? Kalo mesin ULEV mah copot katalis masih relatif bersih emisinya....

Mesin pada ngga waras, plus sistem emisi yang jadul (asumsi belum dibobok/buang),plus BBM yg ketinggalan zaman PLUS volume kendaraan pribadi yang sakbrayat...... Kayanya kalo cuma menghapus BBM di bawah pertamax/dex kok tidak wise sama sekali.

Untung baru usulan LSM, belum Perda sungguhan.
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by sintoni »

coklatMetalik wrote: Thu Aug 08, 2019 8:52
firman93m wrote: Thu Aug 08, 2019 7:39 Premium dihapuskan saja untuk mobil.
Dispenser premium hanya boleh ada di jalur khusus motor yang gak bisa dilalui mobil.

Kalo pertalite belakangan lah.
One step at a time.

Premium untuk motor kasian kalo dihapus.
Banyak orang susah yang pakai premium untuk motor.
Pernah liat yg begini di beberapa SPBU
Tapi tetep aja ada mobil yg berusaha masuk mepet2
Dan tetep dilayani :mky_02:
Kayak di kota ane om. Hehe.

Ane sendiri jg kadang begitu kalau pas lagi sepi. Hahaha.
User avatar
satria120s
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Fri Oct 04, 2013 4:17

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by satria120s »

Daripada ngurusin BBM, mendingan atur ulang jalur truk2 kontainer dkk.

klo yang sering lewat tol karang tengah pasti sadar betapa banyaknya truk angkutan yang sebenernya udah ga layak jalan tapi masih dipaksakan beroperasi.

next, atasi macet di dalem kota jakarta, tapi bukan dengan ganjil genap yg imho cuma mindahin lokasi macetnya aja.
zanira
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Oct 01, 2016 11:33

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by zanira »

MSU wrote: Thu Aug 08, 2019 5:09 kemaren pas mati lampu kalo ga salah tingkat polusi DKI turun banget..berarti sumber terbesarnya industri
Itu c karena banyak yg ngadem di mall om :upss:

Lsm lantang klo lg tongpes, klo dah di sumpal jg mingkem :glodak:

Klo kepentingan bisnis sdh terganggu, hal" kaya begini c tinggal wacana ja :upss:

Biasa lah klo di negeri +62 :e-whistle:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Larangan Premium, Pertalite, Solar 48, Dexlite di Jakarta

Post by coklatMetalik »

MSU wrote: Thu Aug 08, 2019 5:09 kemaren pas mati lampu kalo ga salah tingkat polusi DKI turun banget..berarti sumber terbesarnya industri
Konon polusi turun krn PLTU di jakarta utara mati
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82