Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Saya mau ganti + kuras (sekalian ganti filter) oli transmisi matic Ford Everest TDCI saya. Kalau untuk tipe ATF nya saya udah tau harus pake spec yg MERCON V, tapi saya ada beberapa pertanyaan nih:
1. Saya butuh oli transmisi nya berapa liter ya? saya denger2 kalau mau kuras butuh sampe 12 liter ya?
2. Apakah kalo saya mau ganti oli transmisi itu harus di bawa ke bengkel dan menggunakan mesin(metode vacuum)? atau kah di transmission oil pan nya ada drain plug dan bisa di ganti secara manual?
Itu 2 pertanyaan utama saya, kalau ada info tambahan boleh dijelaskan lebih lanjut
Saran sih buang yang lama dan isi yang baru saja atau sistem pan drop dan ganti filter transmisinya. Kuras pakai mesin (flushing) bahaya imho, partikel partikel yang nempel terlepas karena dorongan dari mesin flushing malah resiko menyumbat jalur oli nantinya >> transmisi jebol. Kemarin service anps lupa suruh jangan di flushing di beres, eh pas bawa pulang ganti gigi agak ngejedak, untungnya hilang sih 30mnt kemudian.
anadzir wrote: Thu Aug 27, 2020 3:30
Saran sih buang yang lama dan isi yang baru saja atau sistem pan drop dan ganti filter transmisinya. Kuras pakai mesin (flushing) bahaya imho, partikel partikel yang nempel terlepas karena dorongan dari mesin flushing malah resiko menyumbat jalur oli nantinya >> transmisi jebol. Kemarin service anps lupa suruh jangan di flushing di beres, eh pas bawa pulang ganti gigi agak ngejedak, untungnya hilang sih 30mnt kemudian.
Maaf, saya sudah ratusan mobil ganti atf pakai mesin flushing, sampai saat ini tidak ada masalah. Justru buka pan itu yg bahaya karena tidak terganti semua sehingga percuma. Dari pan paling terganti 20-30%, waste of money.
ANPS ganti di beres kalau ngga dicek levelnya pasti jedug. Itu tandanya kurang. Silahkan cek lagi level oli maticnya (dengan asumsi anda tau bagaimana cara ceknya dengan benar untuk transmisi 8AT ANPS).
Saya mau ganti + kuras (sekalian ganti filter) oli transmisi matic Ford Everest TDCI saya. Kalau untuk tipe ATF nya saya udah tau harus pake spec yg MERCON V, tapi saya ada beberapa pertanyaan nih:
1. Saya butuh oli transmisi nya berapa liter ya? saya denger2 kalau mau kuras butuh sampe 12 liter ya?
2. Apakah kalo saya mau ganti oli transmisi itu harus di bawa ke bengkel dan menggunakan mesin(metode vacuum)? atau kah di transmission oil pan nya ada drain plug dan bisa di ganti secara manual?
Itu 2 pertanyaan utama saya, kalau ada info tambahan boleh dijelaskan lebih lanjut
Terima kasih sebelunya!
udah berapa km gan baru mau kuras oli matic ? atau ada keluhan apa aja sampai mau kuras oli matic ? ane jg pake ford everest tdci 2010
anadzir wrote: Thu Aug 27, 2020 3:30
Saran sih buang yang lama dan isi yang baru saja atau sistem pan drop dan ganti filter transmisinya. Kuras pakai mesin (flushing) bahaya imho, partikel partikel yang nempel terlepas karena dorongan dari mesin flushing malah resiko menyumbat jalur oli nantinya >> transmisi jebol. Kemarin service anps lupa suruh jangan di flushing di beres, eh pas bawa pulang ganti gigi agak ngejedak, untungnya hilang sih 30mnt kemudian.
Maaf, saya sudah ratusan mobil ganti atf pakai mesin flushing, sampai saat ini tidak ada masalah. Justru buka pan itu yg bahaya karena tidak terganti semua sehingga percuma. Dari pan paling terganti 20-30%, waste of money.
ANPS ganti di beres kalau ngga dicek levelnya pasti jedug. Itu tandanya kurang. Silahkan cek lagi level oli maticnya (dengan asumsi anda tau bagaimana cara ceknya dengan benar untuk transmisi 8AT ANPS).
Untuk ANPS, saya kan bilang.. jedugnya tidak konstan, hanya 30 menit setelah mobil keluar dari dealer, setelah 30 menit dari dealer dan beribu-ribu kilometer selanjutnya gak ada lagi problem ngejedug dengan asumsi jalur sirkulasi oli dan tekanan di transmisi sudah kembali normal.
Untuk pembaca yang lain, teknis detailnya bisa cari-cari di tempat lain..
Diatas saya hanya ngasih opini, jujur sy gatau kalau om ternyata punya bengkel yg punya alat flushing.
Saya mau ganti + kuras (sekalian ganti filter) oli transmisi matic Ford Everest TDCI saya. Kalau untuk tipe ATF nya saya udah tau harus pake spec yg MERCON V, tapi saya ada beberapa pertanyaan nih:
1. Saya butuh oli transmisi nya berapa liter ya? saya denger2 kalau mau kuras butuh sampe 12 liter ya?
2. Apakah kalo saya mau ganti oli transmisi itu harus di bawa ke bengkel dan menggunakan mesin(metode vacuum)? atau kah di transmission oil pan nya ada drain plug dan bisa di ganti secara manual?
Itu 2 pertanyaan utama saya, kalau ada info tambahan boleh dijelaskan lebih lanjut
Terima kasih sebelunya!
udah berapa km gan baru mau kuras oli matic ? atau ada keluhan apa aja sampai mau kuras oli matic ? ane jg pake ford everest tdci 2010
Udah 108000 km om belom pernah ganti. Ini mobil harian bapak saya, dia pernah mau ganti di dealer Ford tapi kata dealernya oli transmisi nya bisa sampe 200ribu KM
Gak ada kendala gimana banget sih cuma kayaknya pas gearshift mulai lebih kerasa jedug nya dibanding dulu2 (karena emang dari sana nya transmisi everest/ranger ini bukan tipe yg smooth banget kan) dan mau jaga2 aja biar matic nya lebih tahan lama
anadzir wrote: Thu Aug 27, 2020 3:30
Saran sih buang yang lama dan isi yang baru saja atau sistem pan drop dan ganti filter transmisinya. Kuras pakai mesin (flushing) bahaya imho, partikel partikel yang nempel terlepas karena dorongan dari mesin flushing malah resiko menyumbat jalur oli nantinya >> transmisi jebol. Kemarin service anps lupa suruh jangan di flushing di beres, eh pas bawa pulang ganti gigi agak ngejedak, untungnya hilang sih 30mnt kemudian.
Maaf, saya sudah ratusan mobil ganti atf pakai mesin flushing, sampai saat ini tidak ada masalah. Justru buka pan itu yg bahaya karena tidak terganti semua sehingga percuma. Dari pan paling terganti 20-30%, waste of money.
ANPS ganti di beres kalau ngga dicek levelnya pasti jedug. Itu tandanya kurang. Silahkan cek lagi level oli maticnya (dengan asumsi anda tau bagaimana cara ceknya dengan benar untuk transmisi 8AT ANPS).
Om gimana cara cek level oli transmisi nya ya kalo untuk everest tdci 2010? Mungkin om tau? Trims sebelumnya.
anadzir wrote: Thu Aug 27, 2020 3:30
Saran sih buang yang lama dan isi yang baru saja atau sistem pan drop dan ganti filter transmisinya. Kuras pakai mesin (flushing) bahaya imho, partikel partikel yang nempel terlepas karena dorongan dari mesin flushing malah resiko menyumbat jalur oli nantinya >> transmisi jebol. Kemarin service anps lupa suruh jangan di flushing di beres, eh pas bawa pulang ganti gigi agak ngejedak, untungnya hilang sih 30mnt kemudian.
Maaf, saya sudah ratusan mobil ganti atf pakai mesin flushing, sampai saat ini tidak ada masalah. Justru buka pan itu yg bahaya karena tidak terganti semua sehingga percuma. Dari pan paling terganti 20-30%, waste of money.
ANPS ganti di beres kalau ngga dicek levelnya pasti jedug. Itu tandanya kurang. Silahkan cek lagi level oli maticnya (dengan asumsi anda tau bagaimana cara ceknya dengan benar untuk transmisi 8AT ANPS).
Om gimana cara cek level oli transmisi nya ya kalo untuk everest tdci 2010? Mungkin om tau? Trims sebelumnya.
om, rencana ane mau juga ganti oli metic ford everest, kemaren sempet jedug kenceng. nah lebih baik kuras atau ganti ya ? jika ganti doang ane gatau oli metic sebelumnya pake merk apa. klo beda merk tapi spesifikasi sama apakah boleh? terima kasih
FordBadak wrote: Fri Sep 25, 2020 13:40
om, rencana ane mau juga ganti oli metic ford everest, kemaren sempet jedug kenceng. nah lebih baik kuras atau ganti ya ? jika ganti doang ane gatau oli metic sebelumnya pake merk apa. klo beda merk tapi spesifikasi sama apakah boleh? terima kasih
Kemarin abis ganti oli Matic dan oli gardan di Toda.
Pake oli matic pake gulf, oli gardan pake mobilube.
Lumayan jadi lebih halus ganti giginya.
Ini ane videoin kemarin:
[youtube]https://youtu.be/zzQdpxlhxOo[/youtube]
Klo berkenan mohon di subscribe ya gan.. terima kasih