Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4214
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Feb 21, 2022 3:09
ya mobil CKD kena pajaknya berlapis. komponen dipajakin, keluar pabrik dipajakin, sampe konsumen? ya dipajakin lagi dong.

mobil CBU kena pajak impornya gila gilaan.

maju kena, mundur kena

skrg 300jt jg cuma dapet LMPV berkosmetik wkwkwkwkw yg dulu sanggup beli xenia downgrade ke sigra. pd gak nyadar kan diem diem innova tipe V udah 400 juta aja dulu pdhl denger tipe Q 400juta udah kaget :big_biglaugh:
makannya mendingan saya pertahanin mobil tua saya sambil yang rusak tak modif kayak engine mounting jebol ganti hardrace :big_biglaugh: , link stabil jebol ganti hardrace, bushing2x pecah ganti protoplex, shock rusak ganti coilover lama2x biarpun tua mana bisa dilkalahin sama yang baru :big_biglaugh:
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by neo300400 »

b0ku wrote: Mon Feb 21, 2022 3:25
neo300400 wrote: Mon Feb 21, 2022 2:43

Commonrail ga aman dong kl lihat judul, belum buka videonya lagi meeting wkwkwkw
kayaknya common rail ya nyaringnya musti bener2x sampe murni kalo bisa pake minyak goreng beli di indomaret lsg masukin tanki aja :big_biglaugh:

tapi kan biosolar juga ud 30% sawit emang sih gak tau ngolahnya gimana :mky_01:

makannya saya bilang td simpen kijang kapsul aja kalo mau aman :big_biglaugh:
Nah yg penting gimana cara minyak goreng di sulap jadi pertadex wkwkwkw

yg disimpen ya kijang kapsul & panther om hahahaha
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by vipere »

ChZ wrote: Mon Feb 21, 2022 3:09
wekiweko wrote: Mon Feb 21, 2022 2:45 tapi kayanya jangankan ngomong EV, buat beli ICE aja kayanya makin sulit karena harganya konsisten naik2 ke puncak gunung sementara daya beli kelas menengahnya stagnan wkwkwk
ya mobil CKD kena pajaknya berlapis. komponen dipajakin, keluar pabrik dipajakin, sampe konsumen? ya dipajakin lagi dong.

mobil CBU kena pajak impornya gila gilaan.

maju kena, mundur kena

skrg 300jt jg cuma dapet LMPV berkosmetik wkwkwkwkw yg dulu sanggup beli xenia downgrade ke sigra. pd gak nyadar kan diem diem innova tipe V udah 400 juta aja dulu pdhl denger tipe Q 400juta udah kaget :big_biglaugh:
Tipe G malahan yang udah 400 juta, yaitu 396 juta. Tipe V 455 juta.
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by wekiweko »

inalillahi innova G udah mau 400, innova V udah mau 500 :big_cry:. lama2 kerah putih mesti ikutin jejak serikat buruh demo minta naik gaji supaya bisa beli 2GD wkwkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

vipere wrote: Mon Feb 21, 2022 5:32

Tipe G malahan yang udah 400 juta, yaitu 396 juta. Tipe V 455 juta.
hahaha iya ya skrg 400 juta aja cuma dapet reborn tipe G.

dari 2015 ke 2022 7 thn mobil yang sama harga lowest trimnya udah deket harga top trimnya :big_biglaugh: naik 25% sendiri.

ya klo kita liat harga bahan baku besi emang naik sekitar 30% sih setaun kemaren... besi beton dari 8000-9000/kg jadi 11000/kg baru mau turun ke 9 ribuan skrg udah naik lagi :upss: apalagi skrg bisa alesan chip shortage barangnya susah pak :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by grimjow »

Innova V AT Diesel di price list web TAM 2022 Rp 450 juta.
Saat dulu launching di Rp 337 juta (end 2015).

Jadi ada kenaikan Rp 113 juta / 34% dalam periode 7 tahun.
Ini berarti TAM doain pengguna nya naik pendapatan / gaji / usaha ya minimal 5% per tahun. (pandemic or no pandemic)

Berlaku juga di mobil sebelah yang bakalan launching all new nya bentar lagi, dulu pas launching 2015 kok jadi keliatan murah ya harganya pake standard sekarang. Wkwkwk

Mening Innova beli selagi bisa sih , syukur2 dapat diskon gede. Lah nanti muncul variant hybrid trus monokok bisa bikin makin bingung harganya , dan harus maintain baterei + mesin konvensional. Syukur2 ntar batereinya digaransi 25 tahun, dengan jargon iklan "Innova selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam 25 tahun terakhir, sehingga untuk generasi terbaru ini kami berikan garansi baterei 25 tahun agar masyarakat Indonesia dapat menikmati produk andalan kami hingga generasi ke generasi. Kijang memang tiada duanya"

:big_bored: :big_bored: :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

grimjow wrote: Mon Feb 21, 2022 8:22 Innova V AT Diesel di price list web TAM 2022 Rp 450 juta.
Saat dulu launching di Rp 337 juta (end 2015).

Jadi ada kenaikan Rp 113 juta / 34% dalam periode 7 tahun.
Ini berarti TAM doain pengguna nya naik pendapatan / gaji / usaha ya minimal 5% per tahun. (pandemic or no pandemic)

Berlaku juga di mobil sebelah yang bakalan launching all new nya bentar lagi, dulu pas launching 2015 kok jadi keliatan murah ya harganya pake standard sekarang. Wkwkwk

Mening Innova beli selagi bisa sih , syukur2 dapat diskon gede. Lah nanti muncul variant hybrid trus monokok bisa bikin makin bingung harganya , dan harus maintain baterei + mesin konvensional. Syukur2 ntar batereinya digaransi 25 tahun, dengan jargon iklan "Innova selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam 25 tahun terakhir, sehingga untuk generasi terbaru ini kami berikan garansi baterei 25 tahun agar masyarakat Indonesia dapat menikmati produk andalan kami hingga generasi ke generasi. Kijang memang tiada duanya"

:big_bored: :big_bored: :mky_01:
HRV? iya tuh dulu thn 2015 rasanya denger HRV 1800cc 400jt (387jt) mahal banget.

skrg yang 1.5 SE aja udah 400 wkwkwkwkwk. 400jt di taun 2022 rasanya lebih gak ada nilai drpd 300 jt di taun 2017 klo ngomong kasar.

nanti yang baru 1.5 RS Turbo pasti kepala 5 yakin. yg honda sensing bisa mepet CRV 1.5 non prestige.

trus taun depannya CRV non prestige kepala 6, yg prestige honda sensing 700+++ :big_biglaugh:

gini amat dikerjain pabrikan kite kite. gimana mau beli mobil lestrek.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1641
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by darrelund »

grimjow wrote: Mon Feb 21, 2022 8:22 Innova V AT Diesel di price list web TAM 2022 Rp 450 juta.
Saat dulu launching di Rp 337 juta (end 2015).

Jadi ada kenaikan Rp 113 juta / 34% dalam periode 7 tahun.
Ini berarti TAM doain pengguna nya naik pendapatan / gaji / usaha ya minimal 5% per tahun. (pandemic or no pandemic)

Berlaku juga di mobil sebelah yang bakalan launching all new nya bentar lagi, dulu pas launching 2015 kok jadi keliatan murah ya harganya pake standard sekarang. Wkwkwk

Mening Innova beli selagi bisa sih , syukur2 dapat diskon gede. Lah nanti muncul variant hybrid trus monokok bisa bikin makin bingung harganya , dan harus maintain baterei + mesin konvensional. Syukur2 ntar batereinya digaransi 25 tahun, dengan jargon iklan "Innova selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam 25 tahun terakhir, sehingga untuk generasi terbaru ini kami berikan garansi baterei 25 tahun agar masyarakat Indonesia dapat menikmati produk andalan kami hingga generasi ke generasi. Kijang memang tiada duanya"

:big_bored: :big_bored: :mky_01:
ajegile mahal amat :big_biglaugh:

jadi inget dulu keluarga saya ambil Q bengsin MT waktu launching di 360jt

dulu Q disel AT 380jt pas 2016, skrg 500 :big_biglaugh:

kok kyknya cuma 2 brand ini aja yg naik signifikan yak, merk lain kok ga segitunya

ni klo nanti next innova hybrid, nyimpen ribon disel harganya nahan kali ya :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1641
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Feb 21, 2022 8:30
grimjow wrote: Mon Feb 21, 2022 8:22 Innova V AT Diesel di price list web TAM 2022 Rp 450 juta.
Saat dulu launching di Rp 337 juta (end 2015).

Jadi ada kenaikan Rp 113 juta / 34% dalam periode 7 tahun.
Ini berarti TAM doain pengguna nya naik pendapatan / gaji / usaha ya minimal 5% per tahun. (pandemic or no pandemic)

Berlaku juga di mobil sebelah yang bakalan launching all new nya bentar lagi, dulu pas launching 2015 kok jadi keliatan murah ya harganya pake standard sekarang. Wkwkwk

Mening Innova beli selagi bisa sih , syukur2 dapat diskon gede. Lah nanti muncul variant hybrid trus monokok bisa bikin makin bingung harganya , dan harus maintain baterei + mesin konvensional. Syukur2 ntar batereinya digaransi 25 tahun, dengan jargon iklan "Innova selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam 25 tahun terakhir, sehingga untuk generasi terbaru ini kami berikan garansi baterei 25 tahun agar masyarakat Indonesia dapat menikmati produk andalan kami hingga generasi ke generasi. Kijang memang tiada duanya"

:big_bored: :big_bored: :mky_01:
HRV? iya tuh dulu thn 2015 rasanya denger HRV 1800cc 400jt (387jt) mahal banget.

skrg yang 1.5 SE aja udah 400 wkwkwkwkwk. 400jt di taun 2022 rasanya lebih gak ada nilai drpd 300 jt di taun 2017 klo ngomong kasar.

nanti yang baru 1.5 RS Turbo pasti kepala 5 yakin. yg honda sensing bisa mepet CRV 1.5 non prestige.

trus taun depannya CRV non prestige kepala 6, yg prestige honda sensing 700+++ :big_biglaugh:

gini amat dikerjain pabrikan kite kite. gimana mau beli mobil lestrek.
nanti beberapa tahun kedepan:

Brio 300jt
City 400jt
HRV 550jt
CRV 700jt+++
Civic 600jt
Accord 800-900jt

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

klo dilihat dari rollercoaster ppnbm & perpajakan merk jepun yg adem ayem harganya cuma mazda keknya, udah beberapa tahun nih harga sgitu aja
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by grimjow »

ChZ wrote: Mon Feb 21, 2022 8:30
HRV? iya tuh dulu thn 2015 rasanya denger HRV 1800cc 400jt (387jt) mahal banget.

skrg yang 1.5 SE aja udah 400 wkwkwkwkwk. 400jt di taun 2022 rasanya lebih gak ada nilai drpd 300 jt di taun 2017 klo ngomong kasar.

nanti yang baru 1.5 RS Turbo pasti kepala 5 yakin. yg honda sensing bisa mepet CRV 1.5 non prestige.

trus taun depannya CRV non prestige kepala 6, yg prestige honda sensing 700+++ :big_biglaugh:

gini amat dikerjain pabrikan kite kite. gimana mau beli mobil lestrek.
Wah beneran ahli Honda ini.. Wkwkw.
Prestige dulu Rp 355 juta saat launching, jadi kalo teori saya bener yang RS nanti (35% dalam 7 tahun) itu harusnya ya di Rp 470-480an ya. Sekarang yang generasi saat ini kalau ga salah Rp 438 juta. Jadi naik 30-40 juta pas ganti generasi mungkin akan reasonable
Kayanya sadis bener kalo baru launching uda di atas Rp 500 juta. Mudah2an HPM ga denger omongan om Chz nih. :big_slap:
Namun mengacu City HB, pas taon kedua abis launching , naiknya serem bener sih.
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by alexand »

buset HRV kalo launch di 500jt apa ngak sekalian ngelirik mazda CX-5 versi paling rendah ?
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by grimjow »

alexand wrote: Mon Feb 21, 2022 11:25 buset HRV kalo launch di 500jt apa ngak sekalian ngelirik mazda CX-5 versi paling rendah ?
Bener banget kalau hrv tembus 500 sih mening mulai rilik CX5. Apalagi juga sudah keluar versi terbaru di Jepang, bentar lagi masuk Indo.
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by grimjow »

marzoochi wrote: Mon Feb 21, 2022 2:10
Terima kasih info website nya Oom, iseng liat Ioniq 5 di angka 189 wh/km, cukup tinggi konsumsi listrik nya, apa karena bobot kosong yang cukup tinggi dibanding Tesla 3.
Wah kalau ini kurang tahu juga,Om.
Itu mereka tes ada kondisi mild weather, cold weather gitu. Mungkin juga factor bobot karena towing capacity lihat sekilas beda antara Tesla 3 dan Ioniq 5 long range.
Yang bikin Wow saat lihat data mobil EV ini, power nya di atas 300 Ps . Serem bener 0-100 ada yang cuman 3 detik , ada yang 5 detik.

Jadi peringatan kalau ketemu mobil2 ini di jalan, jangan coba2 ajak ngebut, bisa malu. Wkwkwk.
EV sih kalau misal di Jakarta bebas gnjil genap ya jadi ya seakan akan punya 2 mobil.
Tapi tetap jadi problem kalau harus keluar kota, charge nya bingung dimana
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9702
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by Suryaputra »

grimjow wrote: Mon Feb 21, 2022 13:06
alexand wrote: Mon Feb 21, 2022 11:25 buset HRV kalo launch di 500jt apa ngak sekalian ngelirik mazda CX-5 versi paling rendah ?
Bener banget kalau hrv tembus 500 sih mening mulai rilik CX5. Apalagi juga sudah keluar versi terbaru di Jepang, bentar lagi masuk Indo.
Bs jadi.. Yg baru harganya udh gak 500 an lg mbah.
Ini habisin old stock
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

grimjow wrote: Mon Feb 21, 2022 9:06
Wah beneran ahli Honda ini.. Wkwkw.
Prestige dulu Rp 355 juta saat launching, jadi kalo teori saya bener yang RS nanti (35% dalam 7 tahun) itu harusnya ya di Rp 470-480an ya. Sekarang yang generasi saat ini kalau ga salah Rp 438 juta. Jadi naik 30-40 juta pas ganti generasi mungkin akan reasonable
Kayanya sadis bener kalo baru launching uda di atas Rp 500 juta. Mudah2an HPM ga denger omongan om Chz nih. :big_slap:
Namun mengacu City HB, pas taon kedua abis launching , naiknya serem bener sih.
klo masih 470 juta-an RS turbo sensing msh masuk lah, CX-30 aja kepala 5 udahan. tp nanti ya pelan pelan tambah mahal aja gitu di 2027 udah 550 juta aja :big_biglaugh:

klo dari 2021, emang mobil rata-rata naiknya serem pasca 0% ppnbm... ini tuh kaya 2021 jadi momen pabrikan ngeluarin mobil mobil baru yang tetep lebih mahal dibanding harga non-ppnbm model lamanya di 2020 :big_biglaugh: pas di 2022 dilepas 0% nya jadi kaget semua. honda city +30juta masih lumayanlah dia diskonnya agak gede. jaman akhir taon pernah ditawarin nett di 280 an yg cvt :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

darrelund wrote: Mon Feb 21, 2022 8:39 klo dilihat dari rollercoaster ppnbm & perpajakan merk jepun yg adem ayem harganya cuma mazda keknya, udah beberapa tahun nih harga sgitu aja
yg adem ayem ya mazda dan suzuki... mazda cbu, suzuki beberapa cbu india. kyknya dulu jg gak seberapa heboh kena diskon ppnbm 0%. local content dikit kayaknya outsource ke india semua

sementara toyo-dai/hon/mits itu bener bener backbone nya ckd semua.

ckd selain pajaknya lebih berlapis (dari baut sebiji sampe jadi mobil tiap stepnya jg ada pajaknya) juga supply chainnya gak efisien. pabriknya dimana, pesen barangnya dimana. wkwkwkwkw. local content iye tp gak mungkin kan bahan bakunya gak impor :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4214
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Tue Feb 22, 2022 3:19
yg adem ayem ya mazda dan suzuki... mazda cbu, suzuki beberapa cbu india. kyknya dulu jg gak seberapa heboh kena diskon ppnbm 0%. local content dikit kayaknya outsource ke india semua

sementara toyo-dai/hon/mits itu bener bener backbone nya ckd semua.

ckd selain pajaknya lebih berlapis (dari baut sebiji sampe jadi mobil tiap stepnya jg ada pajaknya) juga supply chainnya gak efisien. pabriknya dimana, pesen barangnya dimana. wkwkwkwkw. local content iye tp gak mungkin kan bahan bakunya gak impor :big_biglaugh:
berita baru CRV bakalan CBU thailand kan sudah kuduga diganti HRV marketnya terus volume makernya apapun itu yang jd suv RS concept nanti treatment marketnya jd kek accord bisa di bilang CRV jd accord SUV :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15583
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ChZ »

b0ku wrote: Tue Feb 22, 2022 3:58
berita baru CRV bakalan CBU thailand kan sudah kuduga diganti HRV marketnya terus volume makernya apapun itu yang jd suv RS concept nanti treatment marketnya jd kek accord bisa di bilang CRV jd accord SUV :big_biglaugh:
asal jangan tau tau nanti ada HRV 7 seater :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4214
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Tue Feb 22, 2022 4:08
b0ku wrote: Tue Feb 22, 2022 3:58
berita baru CRV bakalan CBU thailand kan sudah kuduga diganti HRV marketnya terus volume makernya apapun itu yang jd suv RS concept nanti treatment marketnya jd kek accord bisa di bilang CRV jd accord SUV :big_biglaugh:
asal jangan tau tau nanti ada HRV 7 seater :ungg:
wah gak aneh sih kalo suatu hari ada buat hajar innova :big_biglaugh: saya lebih ngarep sama stepwgn sih sapa tau yang generasi terbaru harganya masuk buat dijual disini :mky_01:
User avatar
neo300400
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by neo300400 »

ChZ wrote: Tue Feb 22, 2022 3:19
darrelund wrote: Mon Feb 21, 2022 8:39 klo dilihat dari rollercoaster ppnbm & perpajakan merk jepun yg adem ayem harganya cuma mazda keknya, udah beberapa tahun nih harga sgitu aja
yg adem ayem ya mazda dan suzuki... mazda cbu, suzuki beberapa cbu india. kyknya dulu jg gak seberapa heboh kena diskon ppnbm 0%. local content dikit kayaknya outsource ke india semua

sementara toyo-dai/hon/mits itu bener bener backbone nya ckd semua.

ckd selain pajaknya lebih berlapis (dari baut sebiji sampe jadi mobil tiap stepnya jg ada pajaknya) juga supply chainnya gak efisien. pabriknya dimana, pesen barangnya dimana. wkwkwkwkw. local content iye tp gak mungkin kan bahan bakunya gak impor :big_biglaugh:
Suzuki * https://berita.mobilman.id/kolaborasi-t ... ngkau/amp/
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by grimjow »

b0ku wrote: Tue Feb 22, 2022 3:58
ChZ wrote: Tue Feb 22, 2022 3:19
yg adem ayem ya mazda dan suzuki... mazda cbu, suzuki beberapa cbu india. kyknya dulu jg gak seberapa heboh kena diskon ppnbm 0%. local content dikit kayaknya outsource ke india semua

sementara toyo-dai/hon/mits itu bener bener backbone nya ckd semua.

ckd selain pajaknya lebih berlapis (dari baut sebiji sampe jadi mobil tiap stepnya jg ada pajaknya) juga supply chainnya gak efisien. pabriknya dimana, pesen barangnya dimana. wkwkwkwkw. local content iye tp gak mungkin kan bahan bakunya gak impor :big_biglaugh:
berita baru CRV bakalan CBU thailand kan sudah kuduga diganti HRV marketnya terus volume makernya apapun itu yang jd suv RS concept nanti treatment marketnya jd kek accord bisa di bilang CRV jd accord SUV :big_biglaugh:
[media] [/media]

Gara2 menit 8:30 bakal jadi 700 dah kalo masuk Indo
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4214
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by b0ku »

grimjow wrote: Tue Feb 22, 2022 8:21
[media] [/media]

Gara2 menit 8:30 bakal jadi 700 dah kalo masuk Indo
selama gearboxnya CVT gak bakalan pake model tombol gitu tombol itu buat matic konvensional itu CRV diesel pake 9AT soalnya :big_grin:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by mobilover »

Harga mobil toyota sama honda naiknya melejit banget. Merek lain naik harga gak sampai segitunya. Mentang2 market leader yah nentuin margin gede jg tetap dibeli juga sama masyarakat. Yg penting kan harga jual bagus dan servis murah hahaha. Mau jualan kijang kapsul sampai tahun 2050 juga akan laris manis dibeli masyarakat krn faktor harga jual kembali bagus dan irit ongkos wkwk.

Frankly speaking, beli mobil baru di indonesia udah lebih ke arah luxury skrg. Terlalu mahal harganya sehingga yah kl mmg cuma perlu mobil operasional jatuhnya ke mobil lcgc atau lmpv yg murah. Kijang aja udah dibilang mobil mewah skrg dgn harga 400 - 500 jt hadehhhh
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by grimjow »

b0ku wrote: Tue Feb 22, 2022 8:41
selama gearboxnya CVT gak bakalan pake model tombol gitu tombol itu buat matic konvensional itu CRV diesel pake 9AT soalnya :big_grin:
Thank u Om infonya. Iya tipe Diesel di Thailand, dan baru sadar di Thailand CRV nya adanya tipe 2,4 ama Diesel itu ya, aneh juga kok ga ada variant 1,5 turbo. Yang Diesel itu memang uda 1,7 juta Baht atau ampir Rp 800 juta, Serem, ga tau deh laku atau ga di sana.

Kembali ke topik mobil hybrid, mobil hybrid yang saya liat banyak dipakai untuk penggunaan kilometer tinggi alias Taxi itu Toyota Prius Hybrid ya di luar negeri termasuk Blue Bird juga pakai ini. Di luar banyak banget video Prius ini dipakai sd ratusan ribu miles dan masih laku dibeli juga. Tapi kalau saya lihat di Indonesia, mobil ini tetap aja ga dilirik konsumen karena kembali lagi ke harga nya yang tinggi.

Kalau melihat reliability, mungkin perlu liat Taxi Blue Bird nya beberapa tahun lagi mengingat mereka pakai beberapa brand yang non ICE sd saat ini seperti Prius Hybrid, BYD e6 EV, Hyundai Kona EV. Sepertinya masih test juga mana yang kira2 paling efesien dari operation. Dan nanti seperti Vios atau Mobilio, kalau dipakai Blue Bird ya berarti itu mobil yang memang beneran running cost nya masih bisa diterima masyarakat umum juga, dan itu yang potential juga untuk masyarakat umum?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia

Post by ginting »

ChZ wrote: Mon Feb 21, 2022 3:09
wekiweko wrote: Mon Feb 21, 2022 2:45 tapi kayanya jangankan ngomong EV, buat beli ICE aja kayanya makin sulit karena harganya konsisten naik2 ke puncak gunung sementara daya beli kelas menengahnya stagnan wkwkwk
ya mobil CKD kena pajaknya berlapis. komponen dipajakin, keluar pabrik dipajakin, sampe konsumen? ya dipajakin lagi dong.

mobil CBU kena pajak impornya gila gilaan.

maju kena, mundur kena

skrg 300jt jg cuma dapet LMPV berkosmetik wkwkwkwkw yg dulu sanggup beli xenia downgrade ke sigra. pd gak nyadar kan diem diem innova tipe V udah 400 juta aja dulu pdhl denger tipe Q 400juta udah kaget :big_biglaugh:

ha ha ha..jangan lupa mbah, itu innova venturer matic kasta paling tinggi sudah IDR 502 juta...udah setengah eM ...
padahal cuma seekor kijang..
b0ku wrote: Mon Feb 21, 2022 3:25
neo300400 wrote: Mon Feb 21, 2022 2:43

Commonrail ga aman dong kl lihat judul, belum buka videonya lagi meeting wkwkwkw
kayaknya common rail ya nyaringnya musti bener2x sampe murni kalo bisa pake minyak goreng beli di indomaret lsg masukin tanki aja :big_biglaugh:

tapi kan biosolar juga ud 30% sawit emang sih gak tau ngolahnya gimana :mky_01:

makannya saya bilang td simpen kijang kapsul aja kalo mau aman :big_biglaugh:
Prediksi saya maka yang punah duluan adalah mobil Bensin...migrasi ke EV atau hybrid...
yang terakhir nanti Diesel pindah ke EV karena alasan ekonomi (logistik, kapal banyak yg pakai diesel)..
tapi sebelum pemunahan diesel, mungkin akan ada fase dimana solar sudah hanya ada type mahal..
gak ada lagi laskar 5150 nantinya..
karena mungkin nanti sudah bio diesel semua 100% krn cadangan minyak habis sekitar 2050

btw, impian saya sih :
- pabrikan pada bikin convertion kit untuk rubah mobil dari ICE he EV, dimana bagian bagian mesin diganti oleh motor..tapi transmisi masih ada...sehingga beban motor bisa ditekan dengan rasio gigi..

- insentif pajak diberikan untuk konversi ini...
btw, sy pernah lihat ada LR Defender tapi versi sudah jadi EV..