Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1351
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by pengendiesel »

pendoli wrote: ↑29 Dec 2020, 09:22
pengendiesel wrote: ↑28 Dec 2020, 11:22
omenRoo wrote: ↑28 Dec 2020, 05:52 sienta ini avg fuel cons berapa ya? min RON req 90/92?
menarik banget harga bekasnya. sempet kepikiran buat gantiin hatchback berhubung skrg udh nambah personil.
Semoga bisa menjawab pertanyaan.
Jalan 600km sekian full dalkot, avg speed sesuai bukman ot*dr*ver 22kmh, ron 90.
Driver beda, hasil bisa beda
Wah mantap bener om
Ane dulu paling avg 9km/l, tapi avg speed juga 7km/jam hahah
7kmh sih termasuk lebih cepat....daripada jalan kaki :big_biglaugh:
Parah banget ya om avg speednya?

Sejak bawa sienta sering perhatiin avg speed sama fc, memang pengaruhnya gede banget.
Kalo pas hari minggu, biasa dpt avg speed 25kmh, fc 1:17-18
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 803
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by pendoli »

Iya, buat cruising memang iriit
Tapi di stop n go kronis dia rada boros 😭
Jindanjun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: 13 Dec 2016, 12:41

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by Jindanjun »

Setuju, dirumah ada sienta, lucunya kalo dipake ke tol transjawa irit buanget...begitu di jakarta paling sekitar 9kml
ap kt nt aj
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by ChZ »

sdikit update kemarin ada waktu buat refreshment Sienta ini... apalagi pasca-banjir besar pernah ada 1x terpaksa hajar banjir. curiga ada air masuk dikit krn bau gak ilang-ilang.

jadi bawa ke toko variasi :
- restorasi interior pascabanjir. divakum semua.
- nanoceramic coating, apalagi warna hitam.

lalu modifikasi kecil krn jalanan kota semarang makin ga bersahabat, potholes dan jerawat di jalan raya semakin merajalela dimana pake ban oem tipe V mulai bikin pantat serasa di masas... awalnya ada keinginan buat cari velg tipe G 15" tapi brubah pikiran akhirnya cari ban tebelan aja, patokan ukuran tipe Q 195/55/16.

PIlihan jatuh ke Goodyear Assurance Triplemax karena............ adanya itu. kebetulan toko variasinya juga dealer resmi ban goodyear. masih untung awalnya ditawarin pake duo A.

secara looks keliatan lebih padat jelas, entah kenapa toyota astra tidak nyamain aja ukuran ban V dan Q malah bikin tipe V jadi kayak orang salah modif.

secara ride... peningkatan drastis di sisi kenyamanan. sebelumnya ban depan dan belakangnya beda. Depan pakai Techno Sports, belakang Turanza ER33 dgn ukuran standar yang kalo lewat jalan geronjalan bikin pantat teriak protes. dan suspensi Sienta ini memang terasa lebih proper dengan ban 195/55. ngga terlalu ngayun macem xpander dan bannya cukup dewasa menyerap guncangan. jatohnya nyaman sekali.

Review ban ada di thread serba-serbi ban. yang jelas salah satu yang rekomen dibanding pake eco ecoan merek D atau B. Assurance Triplemax ini reviewnya di tyrereviews cukup positif dan bukan ban eco ecoan (yang eco ecoan itu assurance fuelmax).

Foto menyusul.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
satriakarisma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by satriakarisma »

ChZ wrote: ↑27 Mar 2021, 15:00 sdikit update kemarin ada waktu buat refreshment Sienta ini... apalagi pasca-banjir besar pernah ada 1x terpaksa hajar banjir. curiga ada air masuk dikit krn bau gak ilang-ilang.

jadi bawa ke toko variasi :
- restorasi interior pascabanjir. divakum semua.
- nanoceramic coating, apalagi warna hitam.

lalu modifikasi kecil krn jalanan kota semarang makin ga bersahabat, potholes dan jerawat di jalan raya semakin merajalela dimana pake ban oem tipe V mulai bikin pantat serasa di masas... awalnya ada keinginan buat cari velg tipe G 15" tapi brubah pikiran akhirnya cari ban tebelan aja, patokan ukuran tipe Q 195/55/16.

PIlihan jatuh ke Goodyear Assurance Triplemax karena............ adanya itu. kebetulan toko variasinya juga dealer resmi ban goodyear. masih untung awalnya ditawarin pake duo A.

secara looks keliatan lebih padat jelas, entah kenapa toyota astra tidak nyamain aja ukuran ban V dan Q malah bikin tipe V jadi kayak orang salah modif.

secara ride... peningkatan drastis di sisi kenyamanan. sebelumnya ban depan dan belakangnya beda. Depan pakai Techno Sports, belakang Turanza ER33 dgn ukuran standar yang kalo lewat jalan geronjalan bikin pantat teriak protes. dan suspensi Sienta ini memang terasa lebih proper dengan ban 195/55. ngga terlalu ngayun macem xpander dan bannya cukup dewasa menyerap guncangan. jatohnya nyaman sekali.

Review ban ada di thread serba-serbi ban. yang jelas salah satu yang rekomen dibanding pake eco ecoan merek D atau B. Assurance Triplemax ini reviewnya di tyrereviews cukup positif dan bukan ban eco ecoan (yang eco ecoan itu assurance fuelmax).

Foto menyusul.
nunggu poto sienengnya om Mod
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by ChZ »

satriakarisma wrote: ↑06 Apr 2021, 14:33
nunggu poto sienengnya om Mod
done

ralat : yang bener 205/50/16.

Image

Image

Image
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by well »

ChZ wrote: ↑06 Apr 2021, 14:53
satriakarisma wrote: ↑06 Apr 2021, 14:33
nunggu poto sienengnya om Mod
done

ralat : yang bener 205/50/16.

Image

Image

Image
kelihatan donut ya..
lebar velg sienta ini cm 5,5" setahu saya (semoga tidak salah). saya pakai 195/60/16 juga keliatan donut, pdhl brv pakai 195/60/16 tp tidak kelihatan donut, setelah cek punya cek, brv lebar 6". ngga tau apa krn beda tipe ban atau beda lebarnya.

setuju sih, sy ngga ngerti kenapa pabrikan pakai 195/50/16 padahal kurang proper dan keras jg. kalau pakai yg ukuran Q lebih proper sih
satriakarisma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: 13 Oct 2016, 11:34

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by satriakarisma »

ChZ wrote: ↑06 Apr 2021, 14:53
satriakarisma wrote: ↑06 Apr 2021, 14:33
nunggu poto sienengnya om Mod
done

ralat : yang bener 205/50/16.

Image

Image

Image
apik Om Chris. lebih berisi ya
shortdistance
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 19 Dec 2020, 20:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Avanza F650

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by shortdistance »

ChZ wrote: ↑14 Dec 2020, 09:42
black2345 wrote: ↑13 Dec 2020, 15:46
vipere wrote: ↑13 Dec 2020, 12:58 Van Nissan (Nissan NV200 alias Nissan Evalia) jangan deh, stop and go di tanjakan Lembang, sekitar Jalan Sersan Bajuri saja full penumpang, gigi 1, injak gas sampai mentok, kira-kira beberapa detik kemudian baru jalan, sudah khawatir saja tidak bisa menanjak. Untung dulu gue tidak menuntut Nissan kayak merek sebelah, hehehe. Sekarang sudah dijual.
Evalia not recommended berarti, om?

Padahal ane lagi mencari gerobak buat jualan & muat etalase-etalase toko, hehehe.
Jangan begitu om, nanti ada yang tidak terima dan membela mati-matian.:big_weee:
Maksudnya yang ini, om? :big_bored: :big_peace:
Tempat Kejadian Perkara
Barang Bukti
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by ChZ »

Update on maintenance

Krn mobil yang pake nyokap yang biasa cuma terima beres siap pake, akhirnya sejak bokap jatuh sakit 7 bulan yang lalu ni mobil nyaris gak keurus... baru inget klw udah lebih dari 6 bulan service due terakhir. ngesotlah ke bengkel sodara ane untuk melakukan bersih-bersih dan ganti oli.

odo read 46.[cencored]

jobs done :

PTT evotech 5W-30 DC 97.500/ltr. pake 3.5 liter sisa 500ml.
Filter oli 30ribu
engine tune up, carbon cleaner +- 340ribu
Filter udara APEX 250ribu
Voltage stabilizer 250 ribu

total 1.260.000

masih ada PR beresin suara "ngorok" yang disebabkan oleh tensioner (kyknya penyakit banget mobil modern skrg tensioner gampang K.O.), masih tahap nunggu part.

lalu 3 hari kemudian.... di minggu pagi terjadilah keanehan. nyokap waktu pindahin mobil nemu ada tetesan oli di car port. abis beres mandi, buru buru dah ane buka cek dipstick dan bener... itu oli udah berkurang 1/2 kapasitas :ungg:

kecurigaan pertama liat kolong mobil sekilas gak ada rembesan dari sekitaran baut drain oli. krn kalo emang kencengin baut drain gak bener kan harusnya rembes di sekitar situ.

buru-buru dah bawa ke nasmoco... yang sialnya krn uda kesiangan jadi agak antri. sepanjang jalan gak ada tetesan oli. well, kecurigaan pertama pada gasket oil pan... krn gak ada tumpahan oli di jalan kan. tapi sampe jam 12 mobil belum masuk ya udah tinggal makan siang dulu.

jam 2 siang baru dikabarin dan ternyata setelah kuatir yang kena gasket oil pan.... eng ing eng.... FILTER OLI NYA REMBES. :ungg: dan setelah itu dikabarin juga brake pad depan udah sakaratul maut. ya manut bae dah... nambah kerjaan lagi. plus karena takut gak cocok oli minta di drain semua dan ganti oli + filter baru.... (bye-bye PTT, usia yang sangat singkat :ungg: )

yang setelah keluar DC nya agak mengagetkan.... well... yang bikin ane dapet clarity kalo service toyota itu gak murah kalo di beres :big_biglaugh:

brake pad depan - sekitar 950 ribuan
oil filter - 97RIBU
TMO 5W30 4ltr - 600RIBU
ongkos bersihin rem dll 200 ribuan
ONGKOS JASA - 500 RIBU

total jendral 2.466.000

nah saya yang bingung itu di sini : keterangan dari SA bilang itu filter oli yang pertama kayaknya gak ori makanya rembes. soalnya saya sampe tanya detail itu gak kenceng masangnya apa barangnya beda? jujur SA nya cuma bisa bilang "sepertinya", doi gak cek lapangan, filter oli langsung dibuang. waktu ane sampe buat ambil mobil udah beres siap-siap tutup krn hari minggu tutup jam 15.00 jd ga ketemu mekaniknya.

saya nanya ke sodara saya yg pnya bengkel sebelumnya blom dapet jawaban... mungkin doi juga kaget.

oh well...

jadi pertanyaan di sini : ada yg punya pengalaman ganti filter oli sienta dengan filter oli generik non-OEM ?
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Kwaci
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 19 Jul 2020, 20:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner vnt

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by Kwaci »

ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:20 Update on maintenance

Krn mobil yang pake nyokap yang biasa cuma terima beres siap pake, akhirnya sejak bokap jatuh sakit 7 bulan yang lalu ni mobil nyaris gak keurus... baru inget klw udah lebih dari 6 bulan service due terakhir. ngesotlah ke bengkel sodara ane untuk melakukan bersih-bersih dan ganti oli.

odo read 46.[cencored]

jobs done :

PTT evotech 5W-30 DC 97.500/ltr. pake 3.5 liter sisa 500ml.
Filter oli 30ribu
engine tune up, carbon cleaner +- 340ribu
Filter udara APEX 250ribu
Voltage stabilizer 250 ribu

total 1.260.000

masih ada PR beresin suara "ngorok" yang disebabkan oleh tensioner (kyknya penyakit banget mobil modern skrg tensioner gampang K.O.), masih tahap nunggu part.

lalu 3 hari kemudian.... di minggu pagi terjadilah keanehan. nyokap waktu pindahin mobil nemu ada tetesan oli di car port. abis beres mandi, buru buru dah ane buka cek dipstick dan bener... itu oli udah berkurang 1/2 kapasitas :ungg:

kecurigaan pertama liat kolong mobil sekilas gak ada rembesan dari sekitaran baut drain oli. krn kalo emang kencengin baut drain gak bener kan harusnya rembes di sekitar situ.

buru-buru dah bawa ke nasmoco... yang sialnya krn uda kesiangan jadi agak antri. sepanjang jalan gak ada tetesan oli. well, kecurigaan pertama pada gasket oil pan... krn gak ada tumpahan oli di jalan kan. tapi sampe jam 12 mobil belum masuk ya udah tinggal makan siang dulu.

jam 2 siang baru dikabarin dan ternyata setelah kuatir yang kena gasket oil pan.... eng ing eng.... FILTER OLI NYA REMBES. :ungg: dan setelah itu dikabarin juga brake pad depan udah sakaratul maut. ya manut bae dah... nambah kerjaan lagi. plus karena takut gak cocok oli minta di drain semua dan ganti oli + filter baru.... (bye-bye PTT, usia yang sangat singkat :ungg: )

yang setelah keluar DC nya agak mengagetkan.... well... yang bikin ane dapet clarity kalo service toyota itu gak murah kalo di beres :big_biglaugh:

brake pad depan - sekitar 950 ribuan
oil filter - 97RIBU
TMO 5W30 4ltr - 600RIBU
ongkos bersihin rem dll 200 ribuan
ONGKOS JASA - 500 RIBU

total jendral 2.466.000

nah saya yang bingung itu di sini : keterangan dari SA bilang itu filter oli yang pertama kayaknya gak ori makanya rembes. soalnya saya sampe tanya detail itu gak kenceng masangnya apa barangnya beda? jujur SA nya cuma bisa bilang "sepertinya", doi gak cek lapangan, filter oli langsung dibuang. waktu ane sampe buat ambil mobil udah beres siap-siap tutup krn hari minggu tutup jam 15.00 jd ga ketemu mekaniknya.

saya nanya ke sodara saya yg pnya bengkel sebelumnya blom dapet jawaban... mungkin doi juga kaget.

oh well...

jadi pertanyaan di sini : ada yg punya pengalaman ganti filter oli sienta dengan filter oli generik non-OEM ?
sienta saya selalu pake sakura+fastron, ploduk dalam negli aman aja :big_smile] di label ada instruksi nambah 1 putaran or pake tw aja kalo tangan montirnya ceking :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by ChZ »

Kwaci wrote: ↑03 Jan 2022, 11:33
sienta saya selalu pake sakura+fastron, ploduk dalam negli aman aja :big_smile] di label ada instruksi nambah 1 putaran or pake tw aja kalo tangan montirnya ceking :big_peace:
ic.... berarti mungkin kesalahan waktu instalasi ya mbah :ungg:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25227
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by DOHC »

ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:20 Update on maintenance

Krn mobil yang pake nyokap yang biasa cuma terima beres siap pake, akhirnya sejak bokap jatuh sakit 7 bulan yang lalu ni mobil nyaris gak keurus... baru inget klw udah lebih dari 6 bulan service due terakhir. ngesotlah ke bengkel sodara ane untuk melakukan bersih-bersih dan ganti oli.

odo read 46.[cencored]

jobs done :

PTT evotech 5W-30 DC 97.500/ltr. pake 3.5 liter sisa 500ml.
Filter oli 30ribu
engine tune up, carbon cleaner +- 340ribu
Filter udara APEX 250ribu
Voltage stabilizer 250 ribu

total 1.260.000

masih ada PR beresin suara "ngorok" yang disebabkan oleh tensioner (kyknya penyakit banget mobil modern skrg tensioner gampang K.O.), masih tahap nunggu part.

lalu 3 hari kemudian.... di minggu pagi terjadilah keanehan. nyokap waktu pindahin mobil nemu ada tetesan oli di car port. abis beres mandi, buru buru dah ane buka cek dipstick dan bener... itu oli udah berkurang 1/2 kapasitas :ungg:

kecurigaan pertama liat kolong mobil sekilas gak ada rembesan dari sekitaran baut drain oli. krn kalo emang kencengin baut drain gak bener kan harusnya rembes di sekitar situ.

buru-buru dah bawa ke nasmoco... yang sialnya krn uda kesiangan jadi agak antri. sepanjang jalan gak ada tetesan oli. well, kecurigaan pertama pada gasket oil pan... krn gak ada tumpahan oli di jalan kan. tapi sampe jam 12 mobil belum masuk ya udah tinggal makan siang dulu.

jam 2 siang baru dikabarin dan ternyata setelah kuatir yang kena gasket oil pan.... eng ing eng.... FILTER OLI NYA REMBES. :ungg: dan setelah itu dikabarin juga brake pad depan udah sakaratul maut. ya manut bae dah... nambah kerjaan lagi. plus karena takut gak cocok oli minta di drain semua dan ganti oli + filter baru.... (bye-bye PTT, usia yang sangat singkat :ungg: )

yang setelah keluar DC nya agak mengagetkan.... well... yang bikin ane dapet clarity kalo service toyota itu gak murah kalo di beres :big_biglaugh:

brake pad depan - sekitar 950 ribuan
oil filter - 97RIBU
TMO 5W30 4ltr - 600RIBU
ongkos bersihin rem dll 200 ribuan
ONGKOS JASA - 500 RIBU

total jendral 2.466.000

nah saya yang bingung itu di sini : keterangan dari SA bilang itu filter oli yang pertama kayaknya gak ori makanya rembes. soalnya saya sampe tanya detail itu gak kenceng masangnya apa barangnya beda? jujur SA nya cuma bisa bilang "sepertinya", doi gak cek lapangan, filter oli langsung dibuang. waktu ane sampe buat ambil mobil udah beres siap-siap tutup krn hari minggu tutup jam 15.00 jd ga ketemu mekaniknya.

saya nanya ke sodara saya yg pnya bengkel sebelumnya blom dapet jawaban... mungkin doi juga kaget.

oh well...

jadi pertanyaan di sini : ada yg punya pengalaman ganti filter oli sienta dengan filter oli generik non-OEM ?
masalah filter oli

perna dibahas ama mbah 69 ama mbah masas ( alias mbah MARMUT dan OMNIBUS ) dulu

kl mnurut beliau, kl misalnya dapet filter oli aspal, harusnya lgs bocor pas kuar dr bengkel, ga ampe berjem2 keesokan hari nya


kl mnurut crita mbah, saya koq curiga cuman karena either masang filter oli nya ga kenceng muternya, atau DOUBLE seal, alias seal yg lama nempel ke rumah filter, si montir ga kliatan, trus hajar filter baru
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by ChZ »

DOHC wrote: ↑03 Jan 2022, 11:49
masalah filter oli

perna dibahas ama mbah 69 ama mbah masas ( alias mbah MARMUT dan OMNIBUS ) dulu

kl mnurut beliau, kl misalnya dapet filter oli aspal, harusnya lgs bocor pas kuar dr bengkel, ga ampe berjem2 keesokan hari nya


kl mnurut crita mbah, saya koq curiga cuman karena either masang filter oli nya ga kenceng muternya, atau DOUBLE seal, alias seal yg lama nempel ke rumah filter, si montir ga kliatan, trus hajar filter baru
gitu ya mbah... makanya ini koq lucu bocornya 3 hari setelah kuar dari bengkel.

kyknya bau bau tu montir yang masang dimarain ama sodara ane nih :mky_01: :big_biglaugh: klo liat gerak geriknya emang kyk montir baru sehh waktu itu.
Last edited by ChZ on 03 Jan 2022, 11:55, edited 1 time in total.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25227
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by DOHC »

ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:52
DOHC wrote: ↑03 Jan 2022, 11:49
masalah filter oli

perna dibahas ama mbah 69 ama mbah masas ( alias mbah MARMUT dan OMNIBUS ) dulu

kl mnurut beliau, kl misalnya dapet filter oli aspal, harusnya lgs bocor pas kuar dr bengkel, ga ampe berjem2 keesokan hari nya


kl mnurut crita mbah, saya koq curiga cuman karena either masang filter oli nya ga kenceng muternya, atau DOUBLE seal, alias seal yg lama nempel ke rumah filter, si montir ga kliatan, trus hajar filter baru
gitu ya mbah... makanya ini koq lucu bocornya 3 hari setelah kuar dari bengkel.

kyknya bau bau tu montir yang masang dimarain ama sodara ane nih :mky_01: :big_biglaugh: soalnya kliatan montir baru sehh waktu itu. posisi filter nya sienta jg ga enak di bawah kolong bgt.
prihal gantol itu emg macem2 mbah

bahkan sekelas beres toyota jg ga jaminan beres

dl inofa kita orang pas masi servis gratis di beres, ntuh pas masang baut drain, dipakein seal tape buat ledeng, plus washer... buat apa coba

ngencengin nya pun ga pake TW

pas ganti filter oli jg sama, kencengin gila2an ga pake TW


makanya sjaak lepas garansi, saya sehh slalu ganti sendiri, ud jalan 5 taon tu mobil ga perna ad masalah rembes2 bocor2, buka filter ama baut drain jg gampang bener pake konci pas
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by ChZ »

DOHC wrote: ↑03 Jan 2022, 11:54
prihal gantol itu emg macem2 mbah

bahkan sekelas beres toyota jg ga jaminan beres

dl inofa kita orang pas masi servis gratis di beres, ntuh pas masang baut drain, dipakein seal tape buat ledeng, plus washer... buat apa coba

ngencengin nya pun ga pake TW

pas ganti filter oli jg sama, kencengin gila2an ga pake TW


makanya sjaak lepas garansi, saya sehh slalu ganti sendiri, ud jalan 5 taon tu mobil ga perna ad masalah rembes2 bocor2, buka filter ama baut drain jg gampang bener pake konci pas
nah ntu perihal pake seal tape mah sering bngt mbah :big_biglaugh:

mungkin montir tuh pd mikir gantol urusan gampang cuma putar puter asal kenceng macem ganti ban :ungg:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25227
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by DOHC »

ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:58
DOHC wrote: ↑03 Jan 2022, 11:54
prihal gantol itu emg macem2 mbah

bahkan sekelas beres toyota jg ga jaminan beres

dl inofa kita orang pas masi servis gratis di beres, ntuh pas masang baut drain, dipakein seal tape buat ledeng, plus washer... buat apa coba

ngencengin nya pun ga pake TW

pas ganti filter oli jg sama, kencengin gila2an ga pake TW


makanya sjaak lepas garansi, saya sehh slalu ganti sendiri, ud jalan 5 taon tu mobil ga perna ad masalah rembes2 bocor2, buka filter ama baut drain jg gampang bener pake konci pas
nah ntu perihal pake seal tape mah sering bngt mbah :big_biglaugh:

mungkin montir tuh pd mikir gantol urusan gampang cuma putar puter asal kenceng macem ganti ban :ungg:
sebenernya sehh, seal tape itu ga perlu koq , buang2 duit kasi ke pabrik ledeng ama keran aj

d mobil2 kita orang, ga ad satu pun yg pake seal tape, ga ad yg bocor samsek, padahal pake oli nya encer2 smua
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1351
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by pengendiesel »

ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:20 Update on maintenance

Krn mobil yang pake nyokap yang biasa cuma terima beres siap pake, akhirnya sejak bokap jatuh sakit 7 bulan yang lalu ni mobil nyaris gak keurus... baru inget klw udah lebih dari 6 bulan service due terakhir. ngesotlah ke bengkel sodara ane untuk melakukan bersih-bersih dan ganti oli.

odo read 46.[cencored]

jobs done :

PTT evotech 5W-30 DC 97.500/ltr. pake 3.5 liter sisa 500ml.
Filter oli 30ribu
engine tune up, carbon cleaner +- 340ribu
Filter udara APEX 250ribu
Voltage stabilizer 250 ribu

total 1.260.000

masih ada PR beresin suara "ngorok" yang disebabkan oleh tensioner (kyknya penyakit banget mobil modern skrg tensioner gampang K.O.), masih tahap nunggu part.

lalu 3 hari kemudian.... di minggu pagi terjadilah keanehan. nyokap waktu pindahin mobil nemu ada tetesan oli di car port. abis beres mandi, buru buru dah ane buka cek dipstick dan bener... itu oli udah berkurang 1/2 kapasitas :ungg:

kecurigaan pertama liat kolong mobil sekilas gak ada rembesan dari sekitaran baut drain oli. krn kalo emang kencengin baut drain gak bener kan harusnya rembes di sekitar situ.

buru-buru dah bawa ke nasmoco... yang sialnya krn uda kesiangan jadi agak antri. sepanjang jalan gak ada tetesan oli. well, kecurigaan pertama pada gasket oil pan... krn gak ada tumpahan oli di jalan kan. tapi sampe jam 12 mobil belum masuk ya udah tinggal makan siang dulu.

jam 2 siang baru dikabarin dan ternyata setelah kuatir yang kena gasket oil pan.... eng ing eng.... FILTER OLI NYA REMBES. :ungg: dan setelah itu dikabarin juga brake pad depan udah sakaratul maut. ya manut bae dah... nambah kerjaan lagi. plus karena takut gak cocok oli minta di drain semua dan ganti oli + filter baru.... (bye-bye PTT, usia yang sangat singkat :ungg: )

yang setelah keluar DC nya agak mengagetkan.... well... yang bikin ane dapet clarity kalo service toyota itu gak murah kalo di beres :big_biglaugh:

brake pad depan - sekitar 950 ribuan
oil filter - 97RIBU
TMO 5W30 4ltr - 600RIBU
ongkos bersihin rem dll 200 ribuan
ONGKOS JASA - 500 RIBU

total jendral 2.466.000

nah saya yang bingung itu di sini : keterangan dari SA bilang itu filter oli yang pertama kayaknya gak ori makanya rembes. soalnya saya sampe tanya detail itu gak kenceng masangnya apa barangnya beda? jujur SA nya cuma bisa bilang "sepertinya", doi gak cek lapangan, filter oli langsung dibuang. waktu ane sampe buat ambil mobil udah beres siap-siap tutup krn hari minggu tutup jam 15.00 jd ga ketemu mekaniknya.

saya nanya ke sodara saya yg pnya bengkel sebelumnya blom dapet jawaban... mungkin doi juga kaget.

oh well...

jadi pertanyaan di sini : ada yg punya pengalaman ganti filter oli sienta dengan filter oli generik non-OEM ?
Saya kalo ganti filter olmes selalu pake ori dari a2k mbah. Harganya 95k itu.
Tahun lalu kalo gak salah masih 70an, trs entah ganti nomor seri atau memang naik jadi 95k.
Selisih dikit tapi gara2 baca ceritanya mbah marmut jadi males pake yang gak ori.

Nah kan, saya dari dulu juga heran yang bilang ngerawat toyota murah itu apa servis rutin n ganti partnya di beres?
Curiganya maen part kw an trs :big_dunno:
Harga2 di beres wow banget.
Contoh di forti vnt, shock full set depan belakang sekitar 10 jeti include ongkos. Merk aftermarket? 1,6 jeti udah dapet full set
Drl ala2nya vnt? 2,5 jeti 1 set :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: ↑03 Jan 2022, 12:10 Saya kalo ganti filter olmes selalu pake ori dari a2k mbah. Harganya 95k itu.
Tahun lalu kalo gak salah masih 70an, trs entah ganti nomor seri atau memang naik jadi 95k.
Selisih dikit tapi gara2 baca ceritanya mbah marmut jadi males pake yang gak ori.

Nah kan, saya dari dulu juga heran yang bilang ngerawat toyota murah itu apa servis rutin n ganti partnya di beres?
Curiganya maen part kw an trs :big_dunno:
Harga2 di beres wow banget.
Contoh di forti vnt, shock full set depan belakang sekitar 10 jeti include ongkos. Merk aftermarket? 1,6 jeti udah dapet full set
Drl ala2nya vnt? 2,5 jeti 1 set :big_exellent:
nah iya apalagi selisih 3x lipat ini mbah :ungg:

ntu dia mbah ane pertama dikabarin SA kaget, olmes 5w30 TMO di beres cm beda dikit ama ahond epro turbo harganya :big_biglaugh: kmaren isi PTT prasaan cuma separonya masa PTT kualitasnya di bawah TMO gak mungkin dong :big_grin:

mgkn yang bilang piara toyota murah itu antara :

gak pernah masuk beres

atau

part nya KW an

atau

mobilnya msh baru banyak free free nya. itupun kyknya yang kelas elsigisi itungannya mahal :big_biglaugh:

kl udah lewat masa free free nya sehh jasanya ngegetok bgt 500 rebu cuma ganti brakepad depan bersih2 ama tuang olmes + ganti filter :ungg: kerjaan slese juga gak ampe 1 jam.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4398
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: ↑03 Jan 2022, 11:54
ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:52
DOHC wrote: ↑03 Jan 2022, 11:49
masalah filter oli

perna dibahas ama mbah 69 ama mbah masas ( alias mbah MARMUT dan OMNIBUS ) dulu

kl mnurut beliau, kl misalnya dapet filter oli aspal, harusnya lgs bocor pas kuar dr bengkel, ga ampe berjem2 keesokan hari nya


kl mnurut crita mbah, saya koq curiga cuman karena either masang filter oli nya ga kenceng muternya, atau DOUBLE seal, alias seal yg lama nempel ke rumah filter, si montir ga kliatan, trus hajar filter baru
gitu ya mbah... makanya ini koq lucu bocornya 3 hari setelah kuar dari bengkel.

kyknya bau bau tu montir yang masang dimarain ama sodara ane nih :mky_01: :big_biglaugh: soalnya kliatan montir baru sehh waktu itu. posisi filter nya sienta jg ga enak di bawah kolong bgt.
prihal gantol itu emg macem2 mbah

bahkan sekelas beres toyota jg ga jaminan beres

dl inofa kita orang pas masi servis gratis di beres, ntuh pas masang baut drain, dipakein seal tape buat ledeng, plus washer... buat apa coba

ngencengin nya pun ga pake TW

pas ganti filter oli jg sama, kencengin gila2an ga pake TW


makanya sjaak lepas garansi, saya sehh slalu ganti sendiri, ud jalan 5 taon tu mobil ga perna ad masalah rembes2 bocor2, buka filter ama baut drain jg gampang bener pake konci pas
Beres honda dkt rumah, pakai TW tohnici :big_weee:
Dr ngencengin baut roda, baut kaki2, ngencengin klep, masang cover head, buka busi, oil pan, dsb, final check nya pakai TW.
*Colek me if I'm wrong
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 580
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by well »

ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:20 Update on maintenance

Krn mobil yang pake nyokap yang biasa cuma terima beres siap pake, akhirnya sejak bokap jatuh sakit 7 bulan yang lalu ni mobil nyaris gak keurus... baru inget klw udah lebih dari 6 bulan service due terakhir. ngesotlah ke bengkel sodara ane untuk melakukan bersih-bersih dan ganti oli.

odo read 46.[cencored]

jobs done :

PTT evotech 5W-30 DC 97.500/ltr. pake 3.5 liter sisa 500ml.
Filter oli 30ribu
engine tune up, carbon cleaner +- 340ribu
Filter udara APEX 250ribu
Voltage stabilizer 250 ribu

total 1.260.000

masih ada PR beresin suara "ngorok" yang disebabkan oleh tensioner (kyknya penyakit banget mobil modern skrg tensioner gampang K.O.), masih tahap nunggu part.

lalu 3 hari kemudian.... di minggu pagi terjadilah keanehan. nyokap waktu pindahin mobil nemu ada tetesan oli di car port. abis beres mandi, buru buru dah ane buka cek dipstick dan bener... itu oli udah berkurang 1/2 kapasitas :ungg:

kecurigaan pertama liat kolong mobil sekilas gak ada rembesan dari sekitaran baut drain oli. krn kalo emang kencengin baut drain gak bener kan harusnya rembes di sekitar situ.

buru-buru dah bawa ke nasmoco... yang sialnya krn uda kesiangan jadi agak antri. sepanjang jalan gak ada tetesan oli. well, kecurigaan pertama pada gasket oil pan... krn gak ada tumpahan oli di jalan kan. tapi sampe jam 12 mobil belum masuk ya udah tinggal makan siang dulu.

jam 2 siang baru dikabarin dan ternyata setelah kuatir yang kena gasket oil pan.... eng ing eng.... FILTER OLI NYA REMBES. :ungg: dan setelah itu dikabarin juga brake pad depan udah sakaratul maut. ya manut bae dah... nambah kerjaan lagi. plus karena takut gak cocok oli minta di drain semua dan ganti oli + filter baru.... (bye-bye PTT, usia yang sangat singkat :ungg: )

yang setelah keluar DC nya agak mengagetkan.... well... yang bikin ane dapet clarity kalo service toyota itu gak murah kalo di beres :big_biglaugh:

brake pad depan - sekitar 950 ribuan
oil filter - 97RIBU
TMO 5W30 4ltr - 600RIBU
ongkos bersihin rem dll 200 ribuan
ONGKOS JASA - 500 RIBU

total jendral 2.466.000

nah saya yang bingung itu di sini : keterangan dari SA bilang itu filter oli yang pertama kayaknya gak ori makanya rembes. soalnya saya sampe tanya detail itu gak kenceng masangnya apa barangnya beda? jujur SA nya cuma bisa bilang "sepertinya", doi gak cek lapangan, filter oli langsung dibuang. waktu ane sampe buat ambil mobil udah beres siap-siap tutup krn hari minggu tutup jam 15.00 jd ga ketemu mekaniknya.

saya nanya ke sodara saya yg pnya bengkel sebelumnya blom dapet jawaban... mungkin doi juga kaget.

oh well...

jadi pertanyaan di sini : ada yg punya pengalaman ganti filter oli sienta dengan filter oli generik non-OEM ?
saya udah 3 atau 4x ini filter oli pakai merk wix, ga ada masalah, sempat ada netes dikit bgt krn kurang kenceng.
kilometer 46rban sudah habis ya kampas remnya? ada 2 sienta cvt temen udah jalan +/- 50 rb masih tebel kampas remnya, tergolong awet berarti ya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25227
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: ↑03 Jan 2022, 12:51
DOHC wrote: ↑03 Jan 2022, 11:54
ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:52

gitu ya mbah... makanya ini koq lucu bocornya 3 hari setelah kuar dari bengkel.

kyknya bau bau tu montir yang masang dimarain ama sodara ane nih :mky_01: :big_biglaugh: soalnya kliatan montir baru sehh waktu itu. posisi filter nya sienta jg ga enak di bawah kolong bgt.
prihal gantol itu emg macem2 mbah

bahkan sekelas beres toyota jg ga jaminan beres

dl inofa kita orang pas masi servis gratis di beres, ntuh pas masang baut drain, dipakein seal tape buat ledeng, plus washer... buat apa coba

ngencengin nya pun ga pake TW

pas ganti filter oli jg sama, kencengin gila2an ga pake TW


makanya sjaak lepas garansi, saya sehh slalu ganti sendiri, ud jalan 5 taon tu mobil ga perna ad masalah rembes2 bocor2, buka filter ama baut drain jg gampang bener pake konci pas
Beres honda dkt rumah, pakai TW tohnici :big_weee:
Dr ngencengin baut roda, baut kaki2, ngencengin klep, masang cover head, buka busi, oil pan, dsb, final check nya pakai TW.
ahh itu semenjak punggawa ahond jd silen reader nya tret penyamun itu pasti :big_weee: :big_weee:

btw, pantesan mendadak harga TW tonici agak naek, ternjata ada spekulan nehh :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9569
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by marmut »

ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:20
-



brake pad depan - sekitar 950 ribuan
oil filter - 97RIBU
TMO 5W30 4ltr - 600RIBU
ongkos bersihin rem dll 200 ribuan
ONGKOS JASA - 500 RIBU

total jendral 2.466.000

nah saya yang bingung itu di sini : keterangan dari SA bilang itu filter oli yang pertama kayaknya gak ori makanya rembes. soalnya saya sampe tanya detail itu gak kenceng masangnya apa barangnya beda? jujur SA nya cuma bisa bilang "sepertinya", doi gak cek lapangan, filter oli langsung dibuang. waktu ane sampe buat ambil mobil udah beres siap-siap tutup krn hari minggu tutup jam 15.00 jd ga ketemu mekaniknya.

saya nanya ke sodara saya yg pnya bengkel sebelumnya blom dapet jawaban... mungkin doi juga kaget.

oh well...

jadi pertanyaan di sini : ada yg punya pengalaman ganti filter oli sienta dengan filter oli generik non-OEM ?


front brake pad saya ganti di kisaran 60 atau 70an ribu, lupa. pake bendix gct harga 300ribuan gratis ongkos pasang dan dapet tempo 30 hari. kaliper ditorsi 25nm, lugnut sekitar 105nm.

oli mesin semenjak nggak ke BeRes 1x pake kendall 5w30, terus 1x pake fastron gold 0w20, sisanya sampe odo 110 atau 120ribuan pake unil 0w20.
drain plug ditorsi 32-33nm karena almunium dan selalu ganti gasket drain plug.
sori, walopun kerehore, saya melaknat kaum sealtape di drainplug. kaum gblk itu.

filter oli antara wix atau aspira, mana yang ada stok aja. ditorsi 10-12nm.

masalah rembes/bocor dari filter bisa jadi kurang kenceng atau terlalu kenceng (gasket kegencet jadi pecah) atau seperti yang mbah delko sampaiken, double gasket.
tapi, kalau sampe kejadian double gasket biasanya saat itu juga oli ngocor karena saya sendiri pernah ngalamin.
maka dari itu pentingnya pengetahuan pengencangan semua yang ada drat-nya (mur, baut, filter oli, dll) dan pentingnya kunci torsi.

demikian informasinya.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4398
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by Suryaputra »

marmut wrote: ↑04 Jan 2022, 00:11
ChZ wrote: ↑03 Jan 2022, 11:20
-



brake pad depan - sekitar 950 ribuan
oil filter - 97RIBU
TMO 5W30 4ltr - 600RIBU
ongkos bersihin rem dll 200 ribuan
ONGKOS JASA - 500 RIBU

total jendral 2.466.000

nah saya yang bingung itu di sini : keterangan dari SA bilang itu filter oli yang pertama kayaknya gak ori makanya rembes. soalnya saya sampe tanya detail itu gak kenceng masangnya apa barangnya beda? jujur SA nya cuma bisa bilang "sepertinya", doi gak cek lapangan, filter oli langsung dibuang. waktu ane sampe buat ambil mobil udah beres siap-siap tutup krn hari minggu tutup jam 15.00 jd ga ketemu mekaniknya.

saya nanya ke sodara saya yg pnya bengkel sebelumnya blom dapet jawaban... mungkin doi juga kaget.

oh well...

jadi pertanyaan di sini : ada yg punya pengalaman ganti filter oli sienta dengan filter oli generik non-OEM ?


front brake pad saya ganti di kisaran 60 atau 70an ribu, lupa. pake bendix gct harga 300ribuan gratis ongkos pasang dan dapet tempo 30 hari. kaliper ditorsi 25nm, lugnut sekitar 105nm.

oli mesin semenjak nggak ke BeRes 1x pake kendall 5w30, terus 1x pake fastron gold 0w20, sisanya sampe odo 110 atau 120ribuan pake unil 0w20.
drain plug ditorsi 32-33nm karena almunium dan selalu ganti gasket drain plug.
sori, walopun kerehore, saya melaknat kaum sealtape di drainplug. kaum gblk itu.

filter oli antara wix atau aspira, mana yang ada stok aja. ditorsi 10-12nm.

masalah rembes/bocor dari filter bisa jadi kurang kenceng atau terlalu kenceng (gasket kegencet jadi pecah) atau seperti yang mbah delko sampaiken, double gasket.
tapi, kalau sampe kejadian double gasket biasanya saat itu juga oli ngocor karena saya sendiri pernah ngalamin.
maka dari itu pentingnya pengetahuan pengencangan semua yang ada drat-nya (mur, baut, filter oli, dll) dan pentingnya kunci torsi.

demikian informasinya.
Asoy nih klo tinggal daerah garasi 69 :mky_03:
*Colek me if I'm wrong
vincewonk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Used 2016 Toyota Sienta V CVT - "Semua akan Toyota pada Waktunya"

Post by vincewonk »

barusan ganti fan belt yaris joker di beres. orinya 950rb :big_biglaugh:
wow mahalll
Post Reply