oznej wrote: Sat Aug 28, 2021 15:35
Halo semua gan, mohon saran, opini dan pendapat. Kebetulan sekarang lg galau mesti ambil mobil apa dengan pertimbangan utama:
Jarang ada problem berat disektor mesin, maksudny kl peremajaan itu hal yg wajar dan saya ga masalah soal itu. Tp lebih ke jgn terlalu rewel sering jajan tiap bulan, bandel jg

(kebetulan skrg lg BMW e46 rada cape sering jajan, kadang suka khawatir bawa jauh takut ada notif nyala didashboard)
Kedua, nyaman dikendarai dengan tinggi badan 188cm, kebetulan saya pakai BMW e46 posisinya rada nanggung haha
Sisanya kyk konsumsi BBM, handling, saya sih ga muluk muluk yg penting bawa nyetir 1 jam ttp nyaman. BBM rasany 1:8 dalkot jg cukup
Nah udh lebih dr sebulan saya analisa sendiri sesuai dengan selera dan riset pribadi, keluar lah bbrp pilihan mobil yaitu:
1. Toyota Harrier 2006-2008 (panoramic roofnya ciamik, tp pertimbangan saya taun tua takut banyak PR ga ya?)
2. CX5 2012 (tertarik ama skyactive yg katany irit dan bertenaga, cuma blm tau nih maintenancenya seperti apa, kl CX5 2013 keatas dengan 2012 ini ada beda ya ga ya?)
3. Odyssey RB3 2010-2012 (inceran juga dr dl ngeceng bgt odyssey, tp byk yg bilang racksteer sering bermasalah, seal byk yg sering leak dan boros. Kl tipe econ dan non econ itu ngaruh bgt ga sih terhadap bbm?)
4. BMW X1/x3 Diesel 2011 (tertarik karena diesel dan lumayan beda dibanding pake innova/pajero/fortuner yg sudah menjadi favorit, nah tp pertimbangannya BMW nih yg pengalaman pribadi cukup rewel. Apakah seri ini ttp sama rasa rewelnya?)
Ini dia bbrp pilihan mobilnya dan saya sendiri ga paham bgt tentang mobil, jd butuh insight dan advice dr suhu suhu sekalian soal ini. Kebetulan udh nabung lumayan lama, rencana mobilnya bakal dipakai 2-3 tahun kedepan makanya pertimbangan utama soal maintenance hehe
Kl rekan ada saran mobil lain jg boleh, kurleb budgetnya terbayang ya sekitar 200an kurang, dan model saya suka yg antimainstream ya hahaha
Untuk yg bantu jawab saya berterimakasih banyak, moga lancar terus rejekinya buat kita semua!
kalo dari semua kandidat saya vote cx5. karena tahunnya paling muda diantara yg lain. kebetulan saya dulu pernah pakai selama 6 tahun dan impresinya cukup memuaskan, sampai dijual di km 152 rb gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli aja. kalo maintenance ya biayanya memang agak mahal dibanding honda or nissan, tapi kalo sama2 di bengkel resmi, bedanya tipis kok, ga sampe 2x lipet seperti yg dikatakan oleh2 orang2 diluar sana. soal spareparts, masih cukup mudah selama tinggal di kota besar, karena bengkel resminya lumayan banyak yg bisa nanganin. minusnya beberapa part mesti inden dan part subtitusinya dan bengkel spesialisnya ga sebanyak merek jepang lain kek honda or nissan jadi mau ga mau kudu make yg ori partnya . minusnya ya cuma bangku row 2 nya aja yg sempit dan posisi sandaran kursi row 2 nya yg agak tegak, which is ga terlalu nyaman buat orang yg tingginya diatas 173 cm menurut saya. tapi kalo buat nyetir sendiri sih, mobil ini salah 1 yg terbaik dikelasnya, konsumsi bbm juga termasuk irit buat suv 2.0 cc. dalkot dulu saya bisa 1:12-13 kalo santai, kalo kaki2 sruntulan paling boros ya 1:9-1:10 lah dalkotnya. kalo 2012 dan 2013 gaada bedanya. kecuali yg 2013 pertengahan, bulan juli keatas :
- mesin 2.500 cc, kalo yg 2013 awal, masih 2.0
- kalo yg 2013 pertengahan yg 2.5 .,cover enginenya warna hitam, kalo yg 2.0 , warna biru
- interiornya yg 2013 pertengahan (2.5) warna joknya beige, kalo yg awal2 (2.0)warna hitam
- periksa dengan teliti antara 2.5 dan 2.0 kalo mau beli yg 2013, soalnya 2013 ada 2 versi itu. paling gampang bedain dari warna jok di dalemnya, karena dari exterior sama persis antara 2.5 dan 2.0, gaada perbedaan samsek hehehe.
sm 1 lg, gausah takut miara mazda, biaya maintenancenya ga semahal yg dibayangkan kok, malah lebih durable dibanding honda menurut saya. saat ini, pakai AN CX5 2018 km udh 42 rb juga gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang
kalo oddys tahun 2010-2012 ya emg agak boros ya, kebetulan dulu saya pernah pake crv 2010 yg mesinnya sama kaya oddys, konsumsi bbmnya cuma dapet 1:8 dalkot , itupun kaki2 santai wkwkwk. kalo soal racksteering sering bermasalah ya, tergantung pemakaian sih. cuma lebih tepatnya sebagai penyakit bawaan menurut saya, kaki2nya juga, karena kalo umur udh 5 tahun dan km diatas 100 rb, biasanya 2 bagian itu sudah waktunya untuk diservis atau melakukan penggantian, dan 2 bagian itu bukan cuma kelemahan oddys sih, kelemahan semua honda emg gitu. karena pengalaman saya miara honda berbagai jenis selama puluhan tahun, mulai dari civic ferio, jazz GE8, CRV RE 2010, sampai sekarang miara CRV Turbo dan HRV 1.5 E CVT penyakitnya masih di 2 bagian itu juga menurut saya. cuma plusnya ya spesailisnya masih cukup banyak yg bisa nanganin, jadi ya partnya masih termasuk cukup mudah lah menurut saya, diluar part body or printilannya yg agak susah menurut saya
untuk harrier , memang paling durable diantara yg lain. biaya maintenancenya juga gajauh beda sm camry dan alphard, tapi minusnya nyari unit yg seger agak susah, karena sudah pindah tangan entah yg ke berapa kali sehingga yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak, apalagi di jakarta. usahain nyari di pemakai langsung, sukur2 dapet yg masih tangan pertama dari baru + bodypartsnya juga agak susah ya, karena gadijual resmi via ATPM di Indonesia, tapi kalo tinggal di kota besar, ya masih lumayan mudah lah partnya. coba2 main ke spesialis or komunitasnya aja om hehehe. kalo pr ya tergantung mau ambil yg tipe apa. kalo yg 2.400 cc tergolong awet lah , tapi kalo yg 3.0 apalagi AIRS, PR nya ada di airsus yg biayanya denger2 lumayan mahal menurut saya. yg perlu diperhatiin paling
- kaki2
- rack steering
- maticnya, pastiin owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli maticnya
- faktur, buku servis dan buku manual wajib ada
- airsus (khusus yg 3.0 AIRS)
plusnya dibanding e46 ya di GC tinggi dan lebih nyaman, minusnya ada di driving feel yg ga sebaik e46 menurut saya
kalo alternatif, bisa lirik W204 C200 CGI 2009-2010, sepertinya masuk budget. emg driving feelnya ga seenak e46, tapi termasuk durable buat ukuran mobil eropa. part juga masih cukup mudah apalagi tinggal di kota besar, karena bengkel spesialisnya banyak yg bisa nanganin. biaya servicenya ya gajauh beda lah sm cx5 or crv kalo sama2 di bengkel spesialis menurut saya