Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1417
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

Iriawans wrote: Thu Oct 27, 2022 1:05 minggu lalu kebetulan tanya tarif JKT-BDG naik Ci**tra*** naik hi ace isi max 8 orang tarifnya 140rb sekali jalan Om
bisnis travel ini sudah crowded sekali, sulit untuk survive, apalagi kalo ngambil cuannya lebih tapi pelayanan so-so.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

Iriawans wrote: Thu Oct 27, 2022 1:05
minggu lalu kebetulan tanya tarif JKT-BDG naik Ci**tra*** naik hi ace isi max 8 orang tarifnya 140rb sekali jalan Om
ini kan mobil mewwah 4m masa disamain sama bus mini :big_biglaugh:
ac235287 wrote: Thu Oct 27, 2022 0:34 Itung2an ane Sebagai praktisi PLTS dan pemakai motor Viar listrik bahwa mobil listrik (fuel EV) itu cocok nya buat public transport/public ppl mover/travel AKAP dengan range 200-300km. Kalo buat day to day car Masi lebih reliable pake ICE atau hybrid(buat orkay)
kalo riwayatnya tua di jalan gak ada salahnya pake EV/HYBRID selama bisa tebus km 300-400rb keatas dijamin gak bakalan rugi cuma kalo modelan pakenya kek saya mobil ud mau 10thn aja baru 90rban semua mendingan beli combustion pure aja dah lagian ev juga ada km tertentu buat breakeven tembus carbon footprint mobil pure bensin juga :big_bored:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 590
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by timbermaniac123 »

lemonadelovers wrote: Wed Oct 26, 2022 22:20
Hah mobil 500jtaan lower arm harga 20jtaan? Dulu elgrand saya 5jt udah dapat sepasang d bengkel resmi..
Bener om... 1 sisi 11 jutaan... kalau harganya ga segitu si saya ga maksa coba2 klaim :mky_07:

Kalau yang tinggal di daerah jalanannya jelek, jangan voxy dah.. mending innova
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 546
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Greenhunter »

ginting wrote: Tue Oct 25, 2022 6:45
3mul wrote: Tue Oct 25, 2022 4:07 Mulai terkuak dikit2 penampakannya. Fix Kijang menjelma jadi crossover.

hasil sotoshop dari ANM:
Image

launching di 21 Nov '22.
https://autonetmagz.com/teaser-toyota-k ... an/111944/

omong2, masih ada yg berharap versi diesel AT RWD di generasi terbaru ini? :mky_01:
saya masih ngarep ada 2.4 2GD + hybrid motor 75 HP, 100 NM.
jadi total : 225 HP, 465 NM.
auto ngaciiirrrr..... :big_exellent: :big_exellent:
Selama ini innova penjualan besarnya di mesin diesel., tapi kalau baca sekilas innova baru ini tidak ada mesin diesel. Apakah ini pertanda kedepannya akan ada larangan biosolar untuk mobil penumpang dan astra dapat bocoran lebih dulu sehingga dia gak keluarin mesin diesel untuk innova baru ?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

Greenhunter wrote: Sun Oct 30, 2022 23:28
Selama ini innova penjualan besarnya di mesin diesel., tapi kalau baca sekilas innova baru ini tidak ada mesin diesel. Apakah ini pertanda kedepannya akan ada larangan biosolar untuk mobil penumpang dan astra dapat bocoran lebih dulu sehingga dia gak keluarin mesin diesel untuk innova baru ?
keknya dampak regulasi di india om imbasnya ke innova ini mana market innova juga terbatas gak kek fortuner maenannya ke 3rd world country sampe amerika latin pun ada sama afrika belom ngomongin timur tengah innova mah paling laku di india indo sama philiphine :big_bored:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nyotsaeba »

Greenhunter wrote:
ginting wrote: Tue Oct 25, 2022 6:45
3mul wrote: Tue Oct 25, 2022 4:07 Mulai terkuak dikit2 penampakannya. Fix Kijang menjelma jadi crossover.

hasil sotoshop dari ANM:
Image

launching di 21 Nov '22.
https://autonetmagz.com/teaser-toyota-k ... an/111944/

omong2, masih ada yg berharap versi diesel AT RWD di generasi terbaru ini? :mky_01:
saya masih ngarep ada 2.4 2GD + hybrid motor 75 HP, 100 NM.
jadi total : 225 HP, 465 NM.
auto ngaciiirrrr..... :big_exellent: :big_exellent:
Selama ini innova penjualan besarnya di mesin diesel., tapi kalau baca sekilas innova baru ini tidak ada mesin diesel. Apakah ini pertanda kedepannya akan ada larangan biosolar untuk mobil penumpang dan astra dapat bocoran lebih dulu sehingga dia gak keluarin mesin diesel untuk innova baru ?
Mesin GD sulit dipasang di FWD om, sama nasibnya sm TR engine.

Sedangkan Toyot ga ada diesel engine lain yg cocok buat FWD.

Nasib dah kl mau fwd ya no diesel. Diesel only for RWD or AWD (maybe).

Yg lebih heran lg kok ga ada MT di bocoran zenix ya. Masa ga ada lagi sih, pdhal di daerah sm fleet mt lebih laku.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2287
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

kenapa mesin GD tidak bisa dipasang di FWD, padahal merek lain pakai diesel FWD ?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

nyotsaeba wrote: Mon Oct 31, 2022 2:31 Mesin GD sulit dipasang di FWD om, sama nasibnya sm TR engine.

Sedangkan Toyot ga ada diesel engine lain yg cocok buat FWD.

Nasib dah kl mau fwd ya no diesel. Diesel only for RWD or AWD (maybe).

Yg lebih heran lg kok ga ada MT di bocoran zenix ya. Masa ga ada lagi sih, pdhal di daerah sm fleet mt lebih laku.
rumornya reborn G bakalan tetep ada cuma nongol MT cuma liatin aja calon2x dibeli builder terus swap matic mungkin juga dijadiin varian V-Q/venturer abis itu dijual mahal embel2x innova G modif matic venturer nik 2023 600jt nego :ngacir:

karena diesel FWD typicalnya buat EROPA biasanya di pasang di RAV4 karena eropa diesel ud gak populer akhirnya ud gak ada diesel FWD yang punya cuma hyundai doank sekarang :big_bored:
ilhami wrote: Mon Oct 31, 2022 2:37 kenapa mesin GD tidak bisa dipasang di FWD, padahal merek lain pakai diesel FWD ?
beda layout om masalahnya GD itu mesin buat chasis tangga kebanyakan FWD itu kan monokok posisi mesin miring

yang paling keliatan dan saya baru ngeh pas pake pajero RWD itu kipasnya di depan dan di puter sama pulley mesin :big_biglaugh:

Image

RWD

Image

FWD

kalo di khususin bikin diesel FWD buat innova RND lagi dan market innova itu terbatas gak kek fortuner dan produk turunannya :mky_03:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nyotsaeba »

ilhami wrote:kenapa mesin GD tidak bisa dipasang di FWD, padahal merek lain pakai diesel FWD ?
https://daydaynews.cc/en/car/417590.html

Bisa dibaca disini soal vertical vs longitudinal om.

Cmiiw ya, GD memang didesain buat RWD, kalau mau dipasang jadi FWD, ada keterbatasan space dlm engine bay. Beda dengan mesin dijel lain yg memang bawaan orok uda didesain buat FWD.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

ilhami wrote: Mon Oct 31, 2022 2:37 kenapa mesin GD tidak bisa dipasang di FWD, padahal merek lain pakai diesel FWD ?
Lha ini kan gara2 Toyota economizing bikin TNGA, sebisa mungkin satu platform dipake banyak jenis. Nah ini si Zenix kalo ndak salah pake yang C kan ya ?. Naah kalo platform TNGA-K (full size car) kan dah bisa balik modal jualan di US, kalo TNGA-C kan susah cari volume gede, yg pake kan cuman Cross/Voxy/Corolla yg di US ndak banyak2 banget jualannya, akhirnya ya volume yang bisa dipake buat tambal balik modal R&D tinggal volumenya Innova, nah masalahnya model TNGA-C ini kan modul FWD yang cuman makan bensin + hybrid :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: , jadi ya kalo masih sayang GD silaken cari Fortie/Hilux atau sekalian TLC :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Naaah yang pada selalu pada ngeluh koq Indonesia dikasinya model domestik, sekali ini kita2 bole sombong dikit laaa, dah cukup maju dan beradab untuk dikasih platform global..... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by arsaerescool »

Calon engine bensinnya sama dengan voxy ya sepertinya?
Kompresinya lumayan tinggi di 13:1
makanya bisa dapet 170 hp an

Apakah Mesin seperti itu bisa diturunkan kompresinya?
secara mau masuk pasar indo
barangkali suhu2 disini bisa menjawab

Terima kasih
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by XMTdeluxe »

arsaerescool wrote: Mon Oct 31, 2022 4:05 Calon engine bensinnya sama dengan voxy ya sepertinya?
Kompresinya lumayan tinggi di 13:1
makanya bisa dapet 170 hp an

Apakah Mesin seperti itu bisa diturunkan kompresinya?
secara mau masuk pasar indo
barangkali suhu2 disini bisa menjawab

Terima kasih
Kompresi Rocky 1.2 WAVE kalau tidak salah 12,8 Om. Tapi (konon) masih bisa Pertalite. Mesin 3NR yg kompresi 11.5 dan secara teknis harusnya minimum Pertamax, kenyataannya bisa minum Pertalite dan just fine. Saya nggak tahu tukang sulapnya TMMIN sejago apa, bisa bikin mesin kompresi tinggi diminumin bensin kelas sudra tapi nggak rewel.
Kalau Voxy kompresi 13 mestinya masih mau dikasih pertamax. Kalau pingin kasih pertalite, nanti ada yang komen "Mobil ...... kok diisi ......"
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Iriawans »

b0ku wrote: Thu Oct 27, 2022 1:46
Iriawans wrote: Thu Oct 27, 2022 1:05
minggu lalu kebetulan tanya tarif JKT-BDG naik Ci**tra*** naik hi ace isi max 8 orang tarifnya 140rb sekali jalan Om
ini kan mobil mewwah 4m masa disamain sama bus mini :big_biglaugh:

mungkin laku di awal2 buat orang yg penasaran naik mobil listrik om, abis itu mending naik mobil ICE aja, bisa 1,5x pp JKT-BDG :mky_08:
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Iriawans »

timbermaniac123 wrote: Thu Oct 27, 2022 4:33
lemonadelovers wrote: Wed Oct 26, 2022 22:20
Hah mobil 500jtaan lower arm harga 20jtaan? Dulu elgrand saya 5jt udah dapat sepasang d bengkel resmi..
Bener om... 1 sisi 11 jutaan... kalau harganya ga segitu si saya ga maksa coba2 klaim :mky_07:

Kalau yang tinggal di daerah jalanannya jelek, jangan voxy dah.. mending innova
ini voxy saya jg kena kaki2 depan bunyi dari sejak km 35rban padahal rutenya mostly tol. Beres kasih estimasi perbaikan kisaran 20jtan :big_bored:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rakyatwkwkland »

XMTdeluxe wrote: Mon Oct 31, 2022 7:41
arsaerescool wrote: Mon Oct 31, 2022 4:05 Calon engine bensinnya sama dengan voxy ya sepertinya?
Kompresinya lumayan tinggi di 13:1
makanya bisa dapet 170 hp an

Apakah Mesin seperti itu bisa diturunkan kompresinya?
secara mau masuk pasar indo
barangkali suhu2 disini bisa menjawab

Terima kasih
Kompresi Rocky 1.2 WAVE kalau tidak salah 12,8 Om. Tapi (konon) masih bisa Pertalite. Mesin 3NR yg kompresi 11.5 dan secara teknis harusnya minimum Pertamax, kenyataannya bisa minum Pertalite dan just fine. Saya nggak tahu tukang sulapnya TMMIN sejago apa, bisa bikin mesin kompresi tinggi diminumin bensin kelas sudra tapi nggak rewel.
Kalau Voxy kompresi 13 mestinya masih mau dikasih pertamax. Kalau pingin kasih pertalite, nanti ada yang komen "Mobil ...... kok diisi ......"
Mungkin karena sekarang mobil dah serba elektronik kali ya oom. Ada yg bilang karena adanya knock sensor itu, jadi kalo dirasa misal oktan bensin terlalu rendah dan mesin mau knocking, timing pembakarannya jadi menyesuaikan lebih lambat. Makanya mesin aman. CMIIW yaa...

Kalo perkara mesin kompresi tinggi bisa dicekokin BBM murah meriah mencret, jangankan toyota, mazdut skyactive yg terkenal kompresinya tinggi aja pasti sering lah liat di SPBU sama ownernya dicekokin selang putih. Nyatanya hampir ga kedengeran kan yg mesinnya ambrol gegara dicekokin BBM oktan rendah? Itu mesin masuk indo udah dari CX5, biante, sampe ke mazda2 masuk indo sejak 10 tahun yg lalu lho. Kalo mazda aja bisa dan terbukti berhasil, buat toyota juga perkara gampang laa... :big_grin:
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alexand »

cakep sih kalo sampe bisa di cekokin pertalite tanpa kena penyakit :)

harganya aja yg bikin mikir2, ini kijang kok begini amat harganya :big_bored:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2287
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

lanjut masalah mesin GD tadi Om. Kalau masalah kipas radiator kan tinggal diganti aja jadi kipas elektrik seperti FWD pada umum nya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

ilhami wrote: Mon Oct 31, 2022 22:32 lanjut masalah mesin GD tadi Om. Kalau masalah kipas radiator kan tinggal diganti aja jadi kipas elektrik seperti FWD pada umum nya.
dudukan beda om bisa aja jd RWD kek mesin honda juga banyak yang di swap paksa jd RWD sama tunner cuma ntar imbasnya ke handling sama performa soalnya design layoutnya beda :big_bored:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ginting »

ilhami wrote: Mon Oct 31, 2022 22:32 lanjut masalah mesin GD tadi Om. Kalau masalah kipas radiator kan tinggal diganti aja jadi kipas elektrik seperti FWD pada umum nya.
gak cuma masalah lokasi kipas..
tapi itu bagian belakang mesin, itu kan nyambung ke girbox, khususnya untuk matic maka itu nyambung ke torque converter, lalu agak ke belakang ada planetary gear, dll..

nah, kalau dirubah jadi mesin FWD maka posisinya kudu nyamping, dan gak buat sisa spacenya buat gearbox krn udah mentok chasis dan kaki kaki..

jadi memang untuk mesin yg awalnya didesain buat RWD chasis tangga, agak susah untuk diakali supaya jd FWD.
mungkin untuk mobil kecil bisa kali.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by RezPrat »

Inilah jaman nya mobil2 passenger car meninggalkan sasis tangga huhuhu, didaerah ane Masi butuh sasis tangga buat angkat2 keluarga kesana kemari sih ya..soalnya jalan nya banyak gelombang, jalan tanah,kerikil, pot holes kadang masuk kebun. Rata2 naik grab/gocar yg pake calya/Sigra/Alya/Agya bahkan Avanza d kota ane kAki2 dah pada bunyi2 karena Medan jalanan yg horor. Untung udah punya seekor kijang nih, rencana bakal d keep 10-15 tahun keknya hahhaa
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

ac235287 wrote: Tue Nov 01, 2022 3:05 Inilah jaman nya mobil2 passenger car meninggalkan sasis tangga huhuhu, didaerah ane Masi butuh sasis tangga buat angkat2 keluarga kesana kemari sih ya..soalnya jalan nya banyak gelombang, jalan tanah,kerikil, pot holes kadang masuk kebun. Rata2 naik grab/gocar yg pake calya/Sigra/Alya/Agya bahkan Avanza d kota ane kAki2 dah pada bunyi2 karena Medan jalanan yg horor. Untung udah punya seekor kijang nih, rencana bakal d keep 10-15 tahun keknya hahhaa
solusinya bli fortuner D4D bekas om mumer :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Mon Oct 31, 2022 19:50
Mungkin karena sekarang mobil dah serba elektronik kali ya oom. Ada yg bilang karena adanya knock sensor itu, jadi kalo dirasa misal oktan bensin terlalu rendah dan mesin mau knocking, timing pembakarannya jadi menyesuaikan lebih lambat. Makanya mesin aman. CMIIW yaa...

Kalo perkara mesin kompresi tinggi bisa dicekokin BBM murah meriah mencret, jangankan toyota, mazdut skyactive yg terkenal kompresinya tinggi aja pasti sering lah liat di SPBU sama ownernya dicekokin selang putih. Nyatanya hampir ga kedengeran kan yg mesinnya ambrol gegara dicekokin BBM oktan rendah? Itu mesin masuk indo udah dari CX5, biante, sampe ke mazda2 masuk indo sejak 10 tahun yg lalu lho. Kalo mazda aja bisa dan terbukti berhasil, buat toyota juga perkara gampang laa... :big_grin:
skrg bensin oktan rendah isu nya udah bukan knocking lagi (kecuali di performance engine yg timingnya super advance harus pake racing fuel).

btw sky engine emang dari sana di desain untuk isi oktan rendah itu aja di indo diturunin lagi sebenernya di luar 14:1 d sini 13:1. di luar minim ron91, di sini ron90. berkat direct injection dan desain kepala pistonnya yang rada unik bikin aman klo dicekokin bensin oktan rendah walaupun kompresi macam mobil racing.

toyota bikin dynamicforce kyknya sedikit banyak belajar dari mazda makanya bisa bikin CR setinggi itu.

yang lebih concerning soal fuel itu skrg quality nya. bensin macem pertalite rentan banget sama pengotor / kontaminan krn aditifnya tidak sebanyak pertamax / turbo. takutnya mogok bukan krn mesinnya jebol, tp fuel pump nya ngadat karena filternya tidak pernah dibersihin. tapi kalau bengkel mazda punya SOP bersihin saringan bensin berarti harusnya aman.
ac235287 wrote: Tue Nov 01, 2022 3:05 Inilah jaman nya mobil2 passenger car meninggalkan sasis tangga huhuhu, didaerah ane Masi butuh sasis tangga buat angkat2 keluarga kesana kemari sih ya..soalnya jalan nya banyak gelombang, jalan tanah,kerikil, pot holes kadang masuk kebun. Rata2 naik grab/gocar yg pake calya/Sigra/Alya/Agya bahkan Avanza d kota ane kAki2 dah pada bunyi2 karena Medan jalanan yg horor. Untung udah punya seekor kijang nih, rencana bakal d keep 10-15 tahun keknya hahhaa
mungkin rnd tam mikirnya

- yang ganti mobil 5 thn sekali itu orang kota (jawa, especially jakarta)
- jalan indo udah banyak yang bagus (di jawa, tentu saja)

jd di ditch deh itu sasis tangga.

mau butuh beli fortuner atau hilux deh. ga bakal disuntik mati dan ga bakal dilarang biosolar, selama bisnis tambang jalan spec diesel toyota bakal disesuaikan buat minum solar jelek :mky_03:

lezat bgt tuh bisnis sewa sewa mobil tambang tiap bulan beli mobil baru disewain klo liat di youtube istimiwir.

gpp om, kalo orang jawa nanti udah pada ganti zenix kan reborn diesel bekas bakal dilempar-lempar keluar dengan kondisi masih layak pake :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

XMTdeluxe wrote: Mon Oct 31, 2022 7:41 Kompresi Rocky 1.2 WAVE kalau tidak salah 12,8 Om. Tapi (konon) masih bisa Pertalite. Mesin 3NR yg kompresi 11.5 dan secara teknis harusnya minimum Pertamax, kenyataannya bisa minum Pertalite dan just fine. Saya nggak tahu tukang sulapnya TMMIN sejago apa, bisa bikin mesin kompresi tinggi diminumin bensin kelas sudra tapi nggak rewel.
Kalau Voxy kompresi 13 mestinya masih mau dikasih pertamax. Kalau pingin kasih pertalite, nanti ada yang komen "Mobil ...... kok diisi ......"
mesin zaman sekarang sudah makin rumit dan canggih, seperti di WA-VE Kompresi setinggi itu bisa minum pertalite = timing sangat mundur karena sudah dual vvt-i, dan kadalin dengan sistem dual injector jadi timing injeksi pun diatur telat. tapi jangan tanya larinya gimana, di dalkot saja suidah berasa ngeden dan ndut2an. kebetulan mobil saya ya daihatsu WA-VE ini :big_biglaugh:
day to day saya selalu isi RON 95 sesuai rekomendasi pabrikan (turbo + pertalite 1:1). mahal? kebetulan lalin di daerah saya tidak macet2an jadi bisa dapet 12-13 kpl. bahkan rekor terbaik saya di toll trans jawa itu 22 kpl dengan range 300 km.

nah mesin voxy ini sudah lebih canggih lagi. yang jadi problem itu: direct injection issue + engine oil. entah akan diapain Toyota soal perawatan = reliability issue ini.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by kunaskun »

ginting wrote: Tue Nov 01, 2022 1:35 gak cuma masalah lokasi kipas..
tapi itu bagian belakang mesin, itu kan nyambung ke girbox, khususnya untuk matic maka itu nyambung ke torque converter, lalu agak ke belakang ada planetary gear, dll..

nah, kalau dirubah jadi mesin FWD maka posisinya kudu nyamping, dan gak buat sisa spacenya buat gearbox krn udah mentok chasis dan kaki kaki..

jadi memang untuk mesin yg awalnya didesain buat RWD chasis tangga, agak susah untuk diakali supaya jd FWD.
mungkin untuk mobil kecil bisa kali.
pake mesin kecil + turbo. kasihin transmisi wide-range, jadi makin powerful buat tarikan bawah. yang repot jualnya: masa innova mesinnya cuma 1500cc. mana kuat bla2... :big_biglaugh:

sebetulnya kompromi terbaik itu sudah dilakuin belasan tahun oleh DaiToyo = avanza xenia & terios rush. body on frame. murmer dan best of both world pula. repotnya: rugi secara ekonomi pabrikan (not to mention horrible driving experience), mesti jual sampe 3 generasi dulu baru bisa ganti platform :big_biglaugh: biasanya kan satu platform digede kecilin panjang pendekin bisa jadi bermacam2 mobil nah ini satu platform praktis hanya untuk satu dua model saja. apalagi kedepannya trend elektrifikasi makin kenceng, ya sudah korbanin namanya reliability dll demi hemat ongkos bikin platform yang profit seupil doang (buat TMC), pake saja platform yang sudah ada terus modif dikit2 d dan sukses d seperti sekarang semua toyota di indo kelas dibawah 300 jutaan made by Daihatsu :big_biglaugh:
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ExorT »

kunaskun wrote: Tue Nov 01, 2022 6:31 ...

nah mesin voxy ini sudah lebih canggih lagi. yang jadi problem itu: direct injection issue + engine oil. entah akan diapain Toyota soal perawatan = reliability issue ini.
Ini mah gampang solusinya, tanda tangan kalau bensin harus diisi sesuai ketentuan, kalau tidak garansi hangus.