Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

darrelund wrote: Mon Nov 21, 2022 16:32
AbdulHakim wrote: Mon Nov 21, 2022 13:30 Panoramicnya ga ada tirai nya kah?
ada um

masa iya gada, ud 600jt :big_biglaugh:
mungkin karena lagi pameran makanya dibuka full terus itu tirai panoramic sunroofnya ya.
apakah proper untuk bikin teduh, atau masih menerawang kayak tirai sonet/hrv?
Lalu mengenai pengait rel tirai panoramic sunroof ini, kalo di CRV Turbo Prestige salah satu penyakit yang sering muncul, pengaitnya yg terbuat dari plastik tersebut patah.
ga tau mekanisme buka tutup tirai panoramic di Zenix ini, apakah bakal lebih robust.
epinjose wrote: Mon Nov 21, 2022 14:21
AbdulHakim wrote: Mon Nov 21, 2022 10:36 Type V HV nya malah harganya kyk CorCross
hawa2 tuker nih om :big_peace:
kepikiran jadinya om, tapi liat ombak dulu :big_biglaugh:
Last edited by AbdulHakim on Tue Nov 22, 2022 0:37, edited 1 time in total.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 441
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

darrelund wrote: Mon Nov 21, 2022 16:36
Bibieight wrote: Mon Nov 21, 2022 12:15 Kalo yg masih pingin hedging ICE iya, BEV iya Zenix ini value prepositionnya bagus, 600 juta spot on murah :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
tapi ada yg bilang overprice harga segitu um

begimana ya mikirnya itu.......................

mungkin org" bandingkan sama wolenk hybrid yg 470jt...
Kalo pricing itu susah oom, perlu liat masalah harga bekasnya jg, venturer lama dah kepala 5, teknologi purbakala, kalo ini dipasang kepala 5 jg yg punya venturer ribut dong.

Belun lg dr masalah produk placement, perlu liat pricling line up Toyota. Paling gampang Avanza sm Innova, dari zaman launcing, Innova itu 90% - 120% lebih mahal dari Avanza. 2004 Innova G Manual 160 juta, Avanza G 90 juta, kalo aekarang Veloz 300 juta ya wajar Innova Q 600 jt.

Lagian ini kan dah loncatan jauh kedepan buat produk sejuta umat. Kurang rumit apa coba mesin hibrid ?, packagenya krn forward kan ICE atkinson campur jadi satu ama motor listrik campur lagi ama CVT. Itu lini assy engine-nya dijamin ganti total.....

Perkara suspensi belakang torsion beam, malah bener gini, secara bakal sering dinaikin > 5 orang, multilink dibeginiin ntar taun kelima jajan bushing2 gimana... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalo yg rame cuma gimmick fitur, lha masa mobil beginian dijadiin fun to drive ?, fun to drive kalo Toyota fans lover ya beli Yaris GR, 86, kalo yg serius beneran bungkus F30 atau G20 :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Kalo gimmicknya ya, malah yg paling penting itu TSSnya, dah radar pulak, Camry yg nyaris 800 jt aja ndak ada. Itu transjawabahn kalo 30% yg liwat pakai TSS dan sejenisnya dijamin enak jalannya....

PS : lha kata orang Toyota, kalo ente bandingin ama Woolenk ya beli aja noh Wooleng... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4235
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Tue Nov 22, 2022 0:33
Kalo pricing itu susah oom, perlu liat masalah harga bekasnya jg, venturer lama dah kepala 5, teknologi purbakala, kalo ini dipasang kepala 5 jg yg punya venturer ribut dong.

Belun lg dr masalah produk placement, perlu liat pricling line up Toyota. Paling gampang Avanza sm Innova, dari zaman launcing, Innova itu 90% - 120% lebih mahal dari Avanza. 2004 Innova G Manual 160 juta, Avanza G 90 juta, kalo aekarang Veloz 300 juta ya wajar Innova Q 600 jt.

Lagian ini kan dah loncatan jauh kedepan buat produk sejuta umat. Kurang rumit apa coba mesin hibrid ?, packagenya krn forward kan ICE atkinson campur jadi satu ama motor listrik campur lagi ama CVT. Itu lini assy engine-nya dijamin ganti total.....

Perkara suspensi belakang torsion beam, malah bener gini, secara bakal sering dinaikin > 5 orang, multilink dibeginiin ntar taun kelima jajan bushing2 gimana... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalo yg rame cuma gimmick fitur, lha masa mobil beginian dijadiin fun to drive ?, fun to drive kalo Toyota fans lover ya beli Yaris GR, 86, kalo yg serius beneran bungkus F30 atau G20 :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Kalo gimmicknya ya, malah yg paling penting itu TSSnya, dah radar pulak, Camry yg nyaris 800 jt aja ndak ada. Itu transjawabahn kalo 30% yg liwat pakai TSS dan sejenisnya dijamin enak jalannya....

PS : lha kata orang Toyota, kalo ente bandingin ama Woolenk ya beli aja noh Wooleng... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
dengan complex machinery kek gini saya mah yotoya aja deh bukan apa saya mah ngeri konslet aja biarpun air EV reputasinya bagus :big_biglaugh:

masih bacotin torsion itu pajero bertaon2x pake torsion gak ada yang komplen saya pun kaget pertama bongkar shock pajero laaah kok kayak jazzz :big_biglaugh:

lagian torsion ngehemat bobot imbasnya lagi2x di bbm :mky_03:

toh lagian balik ermm racikan chasisnya mau torsion kalo chasisnya bagus kek GE8 aja enak tuh pajero juga enak buat ladder frame ya ada extra LSD si di gardannya juga :big_biglaugh:

cuma ini sih toyota sih gak yakin juga chasisnya bagus kek merek sebelah :big_childish:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 749
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Asfur »

mobilover wrote: Mon Nov 21, 2022 11:03
G bensin pasti yg best seller sih. Utk operasional kantor, utk yg mau naik kelas dari avanza dll.

Q hybrid penjualannya mgkn bakal di atas CRV dan CX5. Secara Q hybrid jelas diposisiin utk hajar segmen medium suv 600 jutaan.

V hybrid mgkn bakal jadi volume maker no 2. Harganya dekat dengan HRV RS, Corolla Cross, Voxy. Jadi bakal dimakan habis utk mobil di range 500 jutaan
Melihat budgeting kantor yang rasional bermain di angka 400 kebawah, kemungkinan justru kebanyakan operasional kantor bakalan downgrade ke rush/terios apalagi kalo nanti rush/terios keluar next gen nya. Kalo kata boss ane (dan ane rasa mgkn boss2 perusahaan lain jg kemungkinan punya jalur pemikiran yg serupa), perusahaan kasih mobil operasional buat kalian aktivitas, bukan buat mejeng atau terlihat keren, kalo mau keren dan gengsi..... BELI SENDIRI. :mky_01: .

Kita lihat saja skrg yg beli kijang innova reborn hampir semua versi yg faceliftnya itu tipe G, artinya below 400 jt, yg V nya hampir ngk liat lagi dijalanan, di kantor ane aja waktu awal2 masih ada yg dpt tipe Q bensin krn stlh potongan msh dpt dibawah 400 jt, makin naik harga apalagi facelift, akhirnya skrg penggantian, cuman dpt tipe G, maubeli yg V aja budgetnya udah ngk masuk lagi., kmdn lgs up ke venturer yg tentu kebanyakan milik pribadi bukan operasional. Jadi kalo mnrt pendapat ai sih skrg ini, innova zenix lbh bakal banyak dimiliki perorangan, dan mgkn akan memakan banyak korban di segmen yg harganya selevel.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4235
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

Asfur wrote: Tue Nov 22, 2022 1:21
Melihat budgeting kantor yang rasional bermain di angka 400 kebawah, kemungkinan justru kebanyakan operasional kantor bakalan downgrade ke rush/terios apalagi kalo nanti rush/terios keluar next gen nya. Kalo kata boss ane (dan ane rasa mgkn boss2 perusahaan lain jg kemungkinan punya jalur pemikiran yg serupa), perusahaan kasih mobil operasional buat kalian aktivitas, bukan buat mejeng atau terlihat keren, kalo mau keren dan gengsi..... BELI SENDIRI. :mky_01: .

Kita lihat saja skrg yg beli kijang innova reborn hampir semua versi yg faceliftnya itu tipe G, artinya below 400 jt, yg V nya hampir ngk liat lagi dijalanan, di kantor ane aja waktu awal2 masih ada yg dpt tipe Q bensin krn stlh potongan msh dpt dibawah 400 jt, makin naik harga apalagi facelift, akhirnya skrg penggantian, cuman dpt tipe G, maubeli yg V aja budgetnya udah ngk masuk lagi., kmdn lgs up ke venturer yg tentu kebanyakan milik pribadi bukan operasional. Jadi kalo mnrt pendapat ai sih skrg ini, innova zenix lbh bakal banyak dimiliki perorangan, dan mgkn akan memakan banyak korban di segmen yg harganya selevel.
innova ini kompresinya tinggi bener om keknya calon mobil manager keatas itupun mungkin lebih ke GM sampe direksi keatas kali yang tadiannya naek camry sekarang gak sanggup beli camry :big_biglaugh:

yang manager spv kebawah calon2x rush de apalagi kalo mesin sama avanza ud jelas aman buat pertalite :big_grin:
pandaendut
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Aug 24, 2017 15:42
Location: Bogor
Daily Vehicle: Freed

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pandaendut »

AbdulHakim wrote: Tue Nov 22, 2022 0:20
darrelund wrote: Mon Nov 21, 2022 16:32
AbdulHakim wrote: Mon Nov 21, 2022 13:30 Panoramicnya ga ada tirai nya kah?
ada um

masa iya gada, ud 600jt :big_biglaugh:
mungkin karena lagi pameran makanya dibuka full terus itu tirai panoramic sunroofnya ya.
apakah proper untuk bikin teduh, atau masih menerawang kayak tirai sonet/hrv?
Lalu mengenai pengait rel tirai panoramic sunroof ini, kalo di CRV Turbo Prestige salah satu penyakit yang sering muncul, pengaitnya yg terbuat dari plastik tersebut patah.
ga tau mekanisme buka tutup tirai panoramic di Zenix ini, apakah bakal lebih robust.
epinjose wrote: Mon Nov 21, 2022 14:21
AbdulHakim wrote: Mon Nov 21, 2022 10:36 Type V HV nya malah harganya kyk CorCross
hawa2 tuker nih om :big_peace:
kepikiran jadinya om, tapi liat ombak dulu :big_biglaugh:
Sonet masih menerawang ya? Di creta sih engga, adem. Kalau HRV memang tipis seperti kelambu kawat nyamuk :big_biglaugh:
Zenix harusnya aman lah, wong panoramic voxy aja ga tembus panasnya. Kelasnya kan sama
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 441
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

pandaendut wrote: Tue Nov 22, 2022 1:45
AbdulHakim wrote: Tue Nov 22, 2022 0:20
darrelund wrote: Mon Nov 21, 2022 16:32

ada um

masa iya gada, ud 600jt :big_biglaugh:
mungkin karena lagi pameran makanya dibuka full terus itu tirai panoramic sunroofnya ya.
apakah proper untuk bikin teduh, atau masih menerawang kayak tirai sonet/hrv?
Lalu mengenai pengait rel tirai panoramic sunroof ini, kalo di CRV Turbo Prestige salah satu penyakit yang sering muncul, pengaitnya yg terbuat dari plastik tersebut patah.
ga tau mekanisme buka tutup tirai panoramic di Zenix ini, apakah bakal lebih robust.
epinjose wrote: Mon Nov 21, 2022 14:21

hawa2 tuker nih om :big_peace:
kepikiran jadinya om, tapi liat ombak dulu :big_biglaugh:
Sonet masih menerawang ya? Di creta sih engga, adem. Kalau HRV memang tipis seperti kelambu kawat nyamuk :big_biglaugh:
Zenix harusnya aman lah, wong panoramic voxy aja ga tembus panasnya. Kelasnya kan sama
Tambahan penghasilan buat tukang pasang kaca filem :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by esaka »

Silent rider numpang komen...
Sebagai pengguna mini truck Innova 2005, setelah melihat perubahan besar-besaran 180 derajat ke platform yang menggunakan FWD, CVT, Monokok...
Saya cuma bisa mengulangi pendapat Jason Camisa (reviewer mobil di channel Hagerty) bahwa pabrikan tidak akan pernah memberikan hal-hal terbaik dan termanis bahkan bagi penggemar paling loyal sekalipun...
Dengan platform sekarang, seperti nggak beda kelas ama Veloz dan mobil lain dengan platform yang sama padahal secara kasta harga dan look, harusnya beda dong.
Kijang, sounds like truck even with gasoline-engine, drives like truck, beberapa orang bilang setirnya berat tapi bagi saya masih jauh lebih enteng daripada L300 tanpa fitur power steering, tapi saya kadung merasa cocok karena lebih menyatu dengan mobil itu. Saya yang mengendalikan mobilnya, saya harus tau persis bagaimana mobil itu dikendarai.
Electric Power Steering (EPS) yang banyak dipake di mobil-mobil massal modern memang ringan (to the point it's almost unbelievable) tapi semuanya feel detached, I'm not in complete control. :big_cry:
Saya setuju ama pandangan beberapa suhu di sini bahwa dengan banyaknya fitur yang memper-enak supir...driving isn't about skill anymore, padahal di balik skill tersebut ada tanggung jawab yang harus dibawa. :big_dunno:
sisa pilihan masuk akal yang tahan banting dengan RWD, sasis tangga tidur, manual/conventional-auto hanya di Pajero, Fortie dan duo Rush-Terios. Lupakan Innova trim terbawah karena masih pake kompor gas buat AC-nya.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 749
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Asfur »

b0ku wrote: Tue Nov 22, 2022 1:32 innova ini kompresinya tinggi bener om keknya calon mobil manager keatas itupun mungkin lebih ke GM sampe direksi keatas kali yang tadiannya naek camry sekarang gak sanggup beli camry :big_biglaugh:

yang manager spv kebawah calon2x rush de apalagi kalo mesin sama avanza ud jelas aman buat pertalite :big_grin:
Bener om, emang sih setiap perusahaan pasti juga ada penyesuaian, tp intinya tetep di owner, dan owner punya prinsip pastinya sama, kalo mau keren yah pake duit sendiri. Arti kata penyesuaian budget pasti ada, tp mgkn yah spt yg om boku bilang, manager yg tadinya dpt jatah innova bakal lbh dikit, dan mgkn malah mesti siap2 kompromi turun yah ke rush/terios, krn no offense kendaraan operasional pastinya akan banyakan merk 2 itu dprd beli merk tetangga.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Dogies »

Si ipah klenix ini gak ada manual nya ya... sentiment amat ama sayah :big_smoking:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 2:16 Silent rider numpang komen...
Sebagai pengguna mini truck Innova 2005, setelah melihat perubahan besar-besaran 180 derajat ke platform yang menggunakan FWD, CVT, Monokok...
Saya cuma bisa mengulangi pendapat Jason Camisa (reviewer mobil di channel Hagerty) bahwa pabrikan tidak akan pernah memberikan hal-hal terbaik dan termanis bahkan bagi penggemar paling loyal sekalipun...
Dengan platform sekarang, seperti nggak beda kelas ama Veloz dan mobil lain dengan platform yang sama padahal secara kasta harga dan look, harusnya beda dong.
Kijang, sounds like truck even with gasoline-engine, drives like truck, beberapa orang bilang setirnya berat tapi bagi saya masih jauh lebih enteng daripada L300 tanpa fitur power steering, tapi saya kadung merasa cocok karena lebih menyatu dengan mobil itu. Saya yang mengendalikan mobilnya, saya harus tau persis bagaimana mobil itu dikendarai.
Electric Power Steering (EPS) yang banyak dipake di mobil-mobil massal modern memang ringan (to the point it's almost unbelievable) tapi semuanya feel detached, I'm not in complete control. :big_cry:
Saya setuju ama pandangan beberapa suhu di sini bahwa dengan banyaknya fitur yang memper-enak supir...driving isn't about skill anymore, padahal di balik skill tersebut ada tanggung jawab yang harus dibawa.
:big_dunno:
sisa pilihan masuk akal yang tahan banting dengan RWD, sasis tangga tidur, manual/conventional-auto hanya di Pajero, Fortie dan duo Rush-Terios. Lupakan Innova trim terbawah karena masih pake kompor gas buat AC-nya.
karena... Gak semua orang punya kemampuan / kepekaan / skill driving spt Fitra Eri dkk :big_peace:

klo sesuatu udah dibuat electric, akan lebih mudah untuk integrasi dgn sistem Stability Control dan Auto sensing"nya.

mulai dari Throttle by wire, EPS, Electronic Brake, dsb :big_biglaugh:

________________________________________________________________

That's also what happened, in the modern commercial aviation right now.

AIRBUS contohnya, their pilot said... itu klo josystick ditarik, gak akan bisa sampai stall (hilang daya angkat) / hidung ngedongak, karena diprotect electronically.

why?
for safety, electronically protected and controlled by complex algorithm nya dia.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by iamwewe »

mobilover wrote: Mon Nov 21, 2022 11:03
G bensin pasti yg best seller sih. Utk operasional kantor, utk yg mau naik kelas dari avanza dll.

Q hybrid penjualannya mgkn bakal di atas CRV dan CX5. Secara Q hybrid jelas diposisiin utk hajar segmen medium suv 600 jutaan.

V hybrid mgkn bakal jadi volume maker no 2. Harganya dekat dengan HRV RS, Corolla Cross, Voxy. Jadi bakal dimakan habis utk mobil di range 500 jutaan
kelas mobil 500-600jt mnrt saya sih bakal kena imbas banget. apalagi skrg 500-600jt dihuni sama banyakan SUV. abis dah sama inivi zinik

very good package
- SUV body style + real 7seater
- panoramic yg didewa2kan sbg simbol kemevvahan
- hemat bensin (jelas hybrid)
- tenaga yg even udh deketin 1.5turbo or 2.5cc suv

:big_exellent: :big_exellent:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Tue Nov 22, 2022 2:37
mobilover wrote: Mon Nov 21, 2022 11:03
G bensin pasti yg best seller sih. Utk operasional kantor, utk yg mau naik kelas dari avanza dll.

Q hybrid penjualannya mgkn bakal di atas CRV dan CX5. Secara Q hybrid jelas diposisiin utk hajar segmen medium suv 600 jutaan.

V hybrid mgkn bakal jadi volume maker no 2. Harganya dekat dengan HRV RS, Corolla Cross, Voxy. Jadi bakal dimakan habis utk mobil di range 500 jutaan
kelas mobil 500-600jt mnrt saya sih bakal kena imbas banget. apalagi skrg 500-600jt dihuni sama banyakan SUV. abis dah sama inivi zinik

very good package
- SUV body style + real 7seater
- panoramic yg didewa2kan sbg simbol kemevvahan
- hemat bensin (jelas hybrid)
- tenaga yg even udh deketin 1.5turbo or 2.5cc suv

:big_exellent: :big_exellent:
saya pikir.. they did the market research very well, mbah.

hampir semua produsen mobil mengarah (cuan) ke customer centric :big_biglaugh:

ya ada sih bbrp produsen yg masih idealis untuk keep loyal market mereka, tapi mau sampai kapan?..
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by alexand »

selisih harga dari bensin ke hybrid bisa nutup cost beli bensin selama 5 tahun kah ?

ini kompresinya 13:1 ????
wajib ngisi pertabo ????
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

alexand wrote: Tue Nov 22, 2022 2:52 selisih harga dari bensin ke hybrid bisa nutup cost beli bensin selama 5 tahun kah ?

ini kompresinya 13:1 ????
wajib ngisi pertabo ????
Minimal ron 92 katanya

ya berarti ron 95 98 better :big_biglaugh:

jgn nyumpelin pertalite deh, itu injector nya 2 biij per silinder,
- 1 di intake valve (bbm jelek, rentan kerak tebel di intake valve)
- 1 nyemprot piston lgs
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4235
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 2:16 Silent rider numpang komen...
Sebagai pengguna mini truck Innova 2005, setelah melihat perubahan besar-besaran 180 derajat ke platform yang menggunakan FWD, CVT, Monokok...
Saya cuma bisa mengulangi pendapat Jason Camisa (reviewer mobil di channel Hagerty) bahwa pabrikan tidak akan pernah memberikan hal-hal terbaik dan termanis bahkan bagi penggemar paling loyal sekalipun...
Dengan platform sekarang, seperti nggak beda kelas ama Veloz dan mobil lain dengan platform yang sama padahal secara kasta harga dan look, harusnya beda dong.
Kijang, sounds like truck even with gasoline-engine, drives like truck, beberapa orang bilang setirnya berat tapi bagi saya masih jauh lebih enteng daripada L300 tanpa fitur power steering, tapi saya kadung merasa cocok karena lebih menyatu dengan mobil itu. Saya yang mengendalikan mobilnya, saya harus tau persis bagaimana mobil itu dikendarai.
Electric Power Steering (EPS) yang banyak dipake di mobil-mobil massal modern memang ringan (to the point it's almost unbelievable) tapi semuanya feel detached, I'm not in complete control. :big_cry:
Saya setuju ama pandangan beberapa suhu di sini bahwa dengan banyaknya fitur yang memper-enak supir...driving isn't about skill anymore, padahal di balik skill tersebut ada tanggung jawab yang harus dibawa. :big_dunno:
sisa pilihan masuk akal yang tahan banting dengan RWD, sasis tangga tidur, manual/conventional-auto hanya di Pajero, Fortie dan duo Rush-Terios. Lupakan Innova trim terbawah karena masih pake kompor gas buat AC-nya.
gak juga om honda si epsnya enak :big_grin:

balik lagi tuninganya gimana??? banyak pabrikan gak ngerjain pr yang satu ini toyota malah salah satunya mereka mah asal naro asal gelinding asal awet asal gampang di maintain aja :big_biglaugh:

kalo mau proper tuning belilah yang ud di CaP GR ASLI bukan cuma CAPnya doank :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 2:16 Silent rider numpang komen...
Sebagai pengguna mini truck Innova 2005, setelah melihat perubahan besar-besaran 180 derajat ke platform yang menggunakan FWD, CVT, Monokok...
Saya cuma bisa mengulangi pendapat Jason Camisa (reviewer mobil di channel Hagerty) bahwa pabrikan tidak akan pernah memberikan hal-hal terbaik dan termanis bahkan bagi penggemar paling loyal sekalipun...
Dengan platform sekarang, seperti nggak beda kelas ama Veloz dan mobil lain dengan platform yang sama padahal secara kasta harga dan look, harusnya beda dong.
Kijang, sounds like truck even with gasoline-engine, drives like truck, beberapa orang bilang setirnya berat tapi bagi saya masih jauh lebih enteng daripada L300 tanpa fitur power steering, tapi saya kadung merasa cocok karena lebih menyatu dengan mobil itu. Saya yang mengendalikan mobilnya, saya harus tau persis bagaimana mobil itu dikendarai.
Electric Power Steering (EPS) yang banyak dipake di mobil-mobil massal modern memang ringan (to the point it's almost unbelievable) tapi semuanya feel detached, I'm not in complete control. :big_cry:
Saya setuju ama pandangan beberapa suhu di sini bahwa dengan banyaknya fitur yang memper-enak supir...driving isn't about skill anymore, padahal di balik skill tersebut ada tanggung jawab yang harus dibawa. :big_dunno:
sisa pilihan masuk akal yang tahan banting dengan RWD, sasis tangga tidur, manual/conventional-auto hanya di Pajero, Fortie dan duo Rush-Terios. Lupakan Innova trim terbawah karena masih pake kompor gas buat AC-nya.
1. platformnya avanza dan innova itu tidak plek walau konstruksi kaki-kakinya sama. avanza pakai DNGA (sama dgn raize dan vios), innova pakai TNGA-C (corolla cross).

2. kalau soal we cannot have nice things ane setuju makanya ane sangat rewel kok suspensinya gak multilink? banyak pabrikan yang dulu sempet pake torsion akhirnya balik pake independent lagi krn overall balance independent suspension lebih baik untuk dapat nyaman sekaligus presisi. apalagi untuk level harga segini dan ngincer pasarnya CR-V. CR-V saja di gen 5 bisa nyaman dan pengendaliannya tetap presisi.

terus yang ane kesal kenapa sih suspensi canggih atau mesin kenceng selalu katanya mobil ga buat nikung-nikung spirited driving padahal there's more to intelligent engineering than just "buat ngebut" atau "buat nikung".

dan kalau ngomong gini juga, corolla altis baru malah pakai multilink.

3. ya harus diakui soal connected-ness dan direct-ness mobil lama tuh ga ad lawan. tapi we can't go back, menilainya harus pakai modern standard. dan masih ada beberapa pabrikan yang effort untuk menghadirkan such experience. walaupun tentu saja karena orang seperti om dan saya ini niche market, mobil-mobil yang purposely built untuk ini jadi mahal (civic type R, nissan Z, porsche 911, etc). sementara kalo budget economy car ya omongannya selalu bbm irit muat banyak dan asal gelinding jadi engineeringnya selalu as simple dan as cheap as possible.

makanya ane gak fancy electric or hybrid cars. zero mechanical feel in it. dulu orang mau bikin mobil efisien ya mikir, cuma dikasih jatah mesin 1500cc gasoline NA ya gimana caranya mobil biar gak berat tapi sekaligus safe. chassis dan suspension engineeringnya jalan, main material ringan kasi aluminium body atau carbon composite.

sekarang bodo amat soal berat, udah ada magical instant torque. mobil berat 2ton cuma bisa jalan lurus ya bodo amat nikungnya kacau.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by classicrock »

Ikutan nyimak Innova baru ini, ternyata teknologi mesinnya lumayan lompat jauh juga ya. Di YouTube ada yang bahas mesin dynamic force ini lumayan detail. Yang menarik oli mesinnya harus 0W16 karena dia pakai variable pressure oil pump dan sudah pakai electric waterpump juga.

Terlampir linknya:

Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
vinzo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Jan 21, 2016 2:15

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by vinzo »

classicrock wrote: Tue Nov 22, 2022 4:02 Ikutan nyimak Innova baru ini, ternyata teknologi mesinnya lumayan lompat jauh juga ya. Di YouTube ada yang bahas mesin dynamic force ini lumayan detail. Yang menarik oli mesinnya harus 0W16 karena dia pakai variable pressure oil pump dan sudah pakai electric waterpump juga.
Nah kalau butuh spek oli bagus seperti ini berarti makin kecil kemungkinan perusahaan beli buat kendaraan operasional ya. Beda dengan rebornbensin yang bisa dikasi oli biasa-biasa aja. Dulu servis di A2k selalu spek TMO 10w-40.

Ya ini kelasnya seperti disetting makin naik. Dulu 2017 Reborn Bensin setara dengan Honda City dari sisi harga 300jtan.
Sekarang City 365jtan, Innova mulai 419jt, lumayan besar bedanya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

classicrock wrote: Tue Nov 22, 2022 4:02 Ikutan nyimak Innova baru ini, ternyata teknologi mesinnya lumayan lompat jauh juga ya. Di YouTube ada yang bahas mesin dynamic force ini lumayan detail. Yang menarik oli mesinnya harus 0W16 karena dia pakai variable pressure oil pump dan sudah pakai electric waterpump juga.

Terlampir linknya:

iya klo pk w30, ketika cold-start, crotnya lebih lemah.
apalagi dikasih W40 spt SOP oli auto 2000 pk TMO pd umumnya :upss:

tapi klo dah panas ya encer" ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Tue Nov 22, 2022 2:40
saya pikir.. they did the market research very well, mbah.

hampir semua produsen mobil mengarah (cuan) ke customer centric :big_biglaugh:

ya ada sih bbrp produsen yg masih idealis untuk keep loyal market mereka, tapi mau sampai kapan?..
loyal marketnya juga makin lama makin niche om.. ya udh skalian aja patok di premium prices and premium product. tetep ada kok pasti dibikin produknya.

kalo mass product? tetep disetel sama produsen, dan produsen pasti tetep moving forward mengikuti perkembangan zaman. gak bisa lagi ngikkutin jaman nostalgia yang dulu yg masih bangga2in tech jadul.
Suryaputra wrote: Tue Nov 22, 2022 3:03
alexand wrote: Tue Nov 22, 2022 2:52 selisih harga dari bensin ke hybrid bisa nutup cost beli bensin selama 5 tahun kah ?

ini kompresinya 13:1 ????
wajib ngisi pertabo ????
Minimal ron 92 katanya

ya berarti ron 95 98 better :big_biglaugh:

jgn nyumpelin pertalite deh, itu injector nya 2 biij per silinder,
- 1 di intake valve (bbm jelek, rentan kerak tebel di intake valve)
- 1 nyemprot piston lgs
relax bro, it's toyota. pertalit aja ini mah pasti aman. 1.5turbo dan 2.5skyactive yg terkenal kompresi tinggi aja aman2 aja banyak yg isi pertalit :big_biglaugh: kalo 2.5skyactive turbo sih blm prnh liat isi selang putih. tapi kalo liat sekelas rx200t dan all new z4 ada yg isi pertalit aja mah, ini sih amannnn geli2 :big_weee:
ChZ wrote: Tue Nov 22, 2022 3:36 1. platformnya avanza dan innova itu tidak plek walau konstruksi kaki-kakinya sama. avanza pakai DNGA (sama dgn raize dan vios), innova pakai TNGA-C (corolla cross).

2. kalau soal we cannot have nice things ane setuju makanya ane sangat rewel kok suspensinya gak multilink? banyak pabrikan yang dulu sempet pake torsion akhirnya balik pake independent lagi krn overall balance independent suspension lebih baik untuk dapat nyaman sekaligus presisi. apalagi untuk level harga segini dan ngincer pasarnya CR-V. CR-V saja di gen 5 bisa nyaman dan pengendaliannya tetap presisi.

terus yang ane kesal kenapa sih suspensi canggih atau mesin kenceng selalu katanya mobil ga buat nikung-nikung spirited driving padahal there's more to intelligent engineering than just "buat ngebut" atau "buat nikung".

dan kalau ngomong gini juga, corolla altis baru malah pakai multilink.

3. ya harus diakui soal connected-ness dan direct-ness mobil lama tuh ga ad lawan. tapi we can't go back, menilainya harus pakai modern standard. dan masih ada beberapa pabrikan yang effort untuk menghadirkan such experience. walaupun tentu saja karena orang seperti om dan saya ini niche market, mobil-mobil yang purposely built untuk ini jadi mahal (civic type R, nissan Z, porsche 911, etc). sementara kalo budget economy car ya omongannya selalu bbm irit muat banyak dan asal gelinding jadi engineeringnya selalu as simple dan as cheap as possible.

makanya ane gak fancy electric or hybrid cars. zero mechanical feel in it. dulu orang mau bikin mobil efisien ya mikir, cuma dikasih jatah mesin 1500cc gasoline NA ya gimana caranya mobil biar gak berat tapi sekaligus safe. chassis dan suspension engineeringnya jalan, main material ringan kasi aluminium body atau carbon composite.

sekarang bodo amat soal berat, udah ada magical instant torque. mobil berat 2ton cuma bisa jalan lurus ya bodo amat nikungnya kacau.
idih sedep banget nih ngomongannya, harus pakai modern standard. yg lain lsg doesn't matter hahaha

bener, pabrikan mah maju aja dgn sgala inovasinya ngikutin tuntutan jaman. kalo mau produk2 yang spirited driving, yang utk niche market, tetep pasti disediain pabrikan. tentunya dgn konsekuensi, karena ini utk certain market, ya premium prices. mass market? ya pst ikut maunya pasar.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

Semoga oli 0W-16 makin banyak di market, mengikut kondisi kebutuhan pasar yang ke depannya makin meningkat.
eh...ini siy harusnya ditulis di thread sebelah yak :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Tue Nov 22, 2022 4:27 idih sedep banget nih ngomongannya, harus pakai modern standard. yg lain lsg doesn't matter hahaha

bener, pabrikan mah maju aja dgn sgala inovasinya ngikutin tuntutan jaman. kalo mau produk2 yang spirited driving, yang utk niche market, tetep pasti disediain pabrikan. tentunya dgn konsekuensi, karena ini utk certain market, ya premium prices. mass market? ya pst ikut maunya pasar.
Soalnya kalo pake standar dulu serba mekanikal mobil sekarang bawanya gak ada feel semua om :big_biglaugh:

Om ane punya mini original double carburetor dari tuh mobil nyala aja mechanical feelnya sangar kayak gokart pake atap. New mini sebagus apapun gokart feelnya tetep rasanya "synthetic". Tp by modern standard ya itu mini baru bawanya tetep seru.

sweet spot nya tuh nineties sampai early 2000s yang dikontrol sama ecu paling cuma combustion sama ABS. Electronicnya bener bener fungsinya membantu keterbatasan mekanikal jadi lebih refine.

Mobil skrg emang ada banyak calon future collectibles macem new M4 CSL, nissan Z, 911 GT3 atau civic R LE, tp buat enthusiast mobil2 ini tetep gak bisa replicate "magic" dari versi origin nya di nineties (original M3 CSL, original porsche 911, civic EK9).
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 507
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by hosea »

iamwewe wrote: Tue Nov 22, 2022 2:37
mobilover wrote: Mon Nov 21, 2022 11:03
G bensin pasti yg best seller sih. Utk operasional kantor, utk yg mau naik kelas dari avanza dll.

Q hybrid penjualannya mgkn bakal di atas CRV dan CX5. Secara Q hybrid jelas diposisiin utk hajar segmen medium suv 600 jutaan.

V hybrid mgkn bakal jadi volume maker no 2. Harganya dekat dengan HRV RS, Corolla Cross, Voxy. Jadi bakal dimakan habis utk mobil di range 500 jutaan
kelas mobil 500-600jt mnrt saya sih bakal kena imbas banget. apalagi skrg 500-600jt dihuni sama banyakan SUV. abis dah sama inivi zinik

very good package
- SUV body style + real 7seater
- panoramic yg didewa2kan sbg simbol kemevvahan
- hemat bensin (jelas hybrid)
- tenaga yg even udh deketin 1.5turbo or 2.5cc suv

:big_exellent: :big_exellent:
Tapi ada yang menurut saya masih terkesan pelit Om :
Masak type V hybrid harga 530 jutaan, ga dapat Jok kulit, fog lamp dan power back door. Lah corcross dan altis hybrid aja dapat jok kulit dan fog lamp, padahal CBU.

Sepertinya atoyot menggiring orang ke type Q. Saya sih milih ada power back door dan jok kulit daripada panoramic roof dan captain seat.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nyotsaeba »

Jd G ke V bedanya:
Sunroof+ambient
RSE
Velg 17
Headunit + 1inch

Ada lg gak ya. Kl cm itu kok lbh value for money tipe G yak