Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

esaka wrote: Wed Nov 23, 2022 3:30
Suryaputra wrote: Wed Nov 23, 2022 0:11
Beda peruntukan banget ini.

Scr fungsi:
- Zenix = mobilitas dalam kota dan luar kota rute tol atau aspal + stabilitas monokok C-segment
- Forti = mobilitas yg rawan banjir, jalan rusak, hampir kemana pun lahh dan sejenisnya (kecuali offroad berat)

Makanya jd jelas nih skrg.
Why people should buy innova atau forti?

Klo dulu kan.. mending beli innova aja lah, basisnya sepersusuan dan lbh murah.

Sekarang No mending-mending antara ipah jinik atau forti :big_biglaugh:
Bener tuh yang bilang realitas membuktikan kalau Fortuner yang emang basisnya mobil off-road malah kebanyakan sliweran di jalan raya.
Menandakan pola pikir konsumen lokal dimari yang masih cenderung buy and forget , Fortie juga udah jadi perlambang kasta OKB atau minimal golongan menengah-mewah (penghasilan menengah, gaya hidup mewah)
Dulu memang bener, mending beli Innova karena dapat paket lengkap (durabilitas light truck + nyamannya MPV di segala area + lebih murah daripada saudara kembarnya)
IMHO, di Jakarta yang katanya jalannya udah gak ada jalan jelek (padahal banyak banget aspal gak rata) , orang masih lebih banyak yang pakai RWD, mobil off-road dan truk MPV ketimbang sedan atau mobil jenis lainnya. Selain karena menghindari banjir, juga karena menghemat bajet perawatan kaki-kaki. :big_bored:
lama-lama emang lebih worthy miara BMW bekas sebagaimana ide om mod ChZ, daripada miara jejepangan yang fokusnya pindah ke konsumen dengan tipikal turn-over rate yang tinggi...
di saat sekat-sekat segmen low-MPV, med-MPV, LCGC, low SUV, crossover semakin kabur...segmen mobil tempur ama mobil keluarga justru diperjelas pemisahnya.
itu bengkel spesialis kaki-kaki H bakal ketambahan calon pasien baru :big_smoking:
Forti Ipah ladder frame... in reality buat dalkot, setidaknya, lbh tahan banjir

banjir adalah suatu keniscayaan di indonesia :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pengendiesel »

ChZ wrote: Wed Nov 23, 2022 4:09 btw ini trit ngebut bener yah.... toyota pinter neh bikin kita ngomongin mobil ini terus :big_weee:

ud gitu jaminan bakal laku lagi gak cm rame di medsos :mky_03:

emang merek sebelah dipuja puja penjualan segt-gt aja :upss:
Kalo saya malah punya hipotesa harga anki dinaekin tiap senin itu salah satunya untuk persiapan zenix ini mbah. Sudah terbukti kan begitu zenix brojol,di sini pada bilang harganya value for money banget.
Bisa jadi salah satunya karena efek psikologis kena harga anki yang lompat2 itu
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by well »

kekuatan sebuah nama kijang memang hebat..
padahal zenix sudah tidak ada kijang2nya sebenarnya.
dari dulu kijang identik dengan mesin bensin yg boros, mesin bandel,mobil tahan banting, berat larinya,
skr menjadi irit, kaki2 tidak robbust lg krn monokok, wkwkw
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pengendiesel »

Syauqi wrote: Wed Nov 23, 2022 3:58
pengendiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 3:20 Bingung kenapa pada bingung kalo mobil gak dikasi foglamp n drl :big_think: gak ada fungsi,cuma buat kosmetik doang. Ntar kalo rusak malah nguras dompet
Cek aja anps pfl,drlnya banyaaaaakkkk yang burem atau bahkan mati

Imho dari depan malah lebih suka yang g n v daripada q,lebih clean
Ya simply karena tampilan depannya jadi jelek om, itu plastik item" didepan ga ada drlnya bikin mata sepet :big_biglaugh:

Kalo menurut saya sih keterlaluan juga harga udah 530jt (V HV modellista) depannya kosong begitu, apalagi airbag cuma 2 biji & ga ada cruise control pulak. syedih
Yes yes,spt yang saya bilang,cuma sebatas kosmetik. Kecuali kalo di negara 4 musim.
Nah yang namanya kosmetik imho sih relatif,selera tiap orang bisa beda. Cuma iya juga sih,yang modelista gak dikasih drl agak aneh secara bodykitnya lebay bener.

Tapi ya gitu om,drl n foglamp ini jadi potensi biaya perbaikan yang lumayan. Pasti taulah ya drlnya forti vnt yang modelnya kayak tempelan barang cungkuo itu,dulu punya saya mati satu.
Tanya di beres,harganya 2,5 jeti sepasang :big_slap:
Entah berapa harga drl mobil2 jaman now yang integrated sama lampu utama
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by DOHC »

ChZ wrote: Wed Nov 23, 2022 4:09 btw ini trit ngebut bener yah.... toyota pinter neh bikin kita ngomongin mobil ini terus :big_weee:

ud gitu jaminan bakal laku lagi gak cm rame di medsos :mky_03:

emang merek sebelah dipuja puja penjualan segt-gt aja :upss:
Ngebut la mbah

Wong kijang ud kuar dr pakem nya

Fwd, cvt, monokok, mahal pake banget lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pengendiesel »

well wrote: Wed Nov 23, 2022 4:55 kekuatan sebuah nama kijang memang hebat..
padahal zenix sudah tidak ada kijang2nya sebenarnya.
dari dulu kijang identik dengan mesin bensin yg boros, mesin bandel,mobil tahan banting, berat larinya,
skr menjadi irit, kaki2 tidak robbust lg krn monokok, wkwkw
Lederprem jaman now juga gak jaminan kaki2nya badak om. Barusan kan ada threat shock venturer bocor,odo blm 5k. Dan kalo joint grup fb anki,hal ini banyak bener kejadiannya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by DOHC »

Ladder frame + kaki kuat ala truk pickup tetep d perlukan koq

Coba aj tiap ari liwatin daerah pik (bukan yg pik 2 reklamasi sana) spanjang elang laut, arah elang laut ke pik avenue ampe mpasar segar.. rute yg cocok kl mau bkin claim shockbreaker, racksteer dan onderstel laennya pasti gol masa garansi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
nisfi19
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue May 24, 2016 7:29

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by nisfi19 »

bumper depannya agak kurang nyambung secara tarisan desiain, selain itu udah lumayan selera orang indo... OOT dikit, semua akan hybrid pada waktunya, 3-5 tahun lg veloz bakal ibrid juga mengikuti kakakny :mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

pengendiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 5:02
well wrote: Wed Nov 23, 2022 4:55 kekuatan sebuah nama kijang memang hebat..
padahal zenix sudah tidak ada kijang2nya sebenarnya.
dari dulu kijang identik dengan mesin bensin yg boros, mesin bandel,mobil tahan banting, berat larinya,
skr menjadi irit, kaki2 tidak robbust lg krn monokok, wkwkw
Lederprem jaman now juga gak jaminan kaki2nya badak om. Barusan kan ada threat shock venturer bocor,odo blm 5k. Dan kalo joint grup fb anki,hal ini banyak bener kejadiannya.
Mksdnya dalam hal ini kekuatan bushing, terod, arm suspensi, rack-steer, dan sekitarnya.

Klo suspensi bnyk aftermarketnya :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pengendiesel »

Suryaputra wrote: Wed Nov 23, 2022 5:18
pengendiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 5:02
well wrote: Wed Nov 23, 2022 4:55 kekuatan sebuah nama kijang memang hebat..
padahal zenix sudah tidak ada kijang2nya sebenarnya.
dari dulu kijang identik dengan mesin bensin yg boros, mesin bandel,mobil tahan banting, berat larinya,
skr menjadi irit, kaki2 tidak robbust lg krn monokok, wkwkw
Lederprem jaman now juga gak jaminan kaki2nya badak om. Barusan kan ada threat shock venturer bocor,odo blm 5k. Dan kalo joint grup fb anki,hal ini banyak bener kejadiannya.
Mksdnya dalam hal ini kekuatan bushing, terod, arm suspensi, rack-steer, dan sekitarnya.

Klo suspensi bnyk aftermarketnya :big_peace:
Monokok fwd juga gak serapuh itu kok om. Dulu punya ogl,mobil paling dibully se-sm. Odo sekitar 90k km. Masalah di kaki2 cuma shock belakang bocor doang.
Yang om sebutin semua masih aman jaya sampe dijual. Padahal sering banget buat hajar jalan lukot non tol yang keritingnya sudah gak bisa dideskripsikan :upss:

Apalagi sekarang,tol sudah di mana2. Harusnya jauh lebih aman

Malahan ini anf 2gd saya sejak brojol dari pabrik setirnya berasa agak klutuk2. Udah komplen ke beres tp dibilang : itu normal pak :big_slap: ya udahlah,dipake dulu saja sambil tiap servis tetep komplen
Last edited by pengendiesel on Wed Nov 23, 2022 5:41, edited 1 time in total.
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by vipere »

Suryaputra wrote: Wed Nov 23, 2022 5:18
pengendiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 5:02
well wrote: Wed Nov 23, 2022 4:55 kekuatan sebuah nama kijang memang hebat..
padahal zenix sudah tidak ada kijang2nya sebenarnya.
dari dulu kijang identik dengan mesin bensin yg boros, mesin bandel,mobil tahan banting, berat larinya,
skr menjadi irit, kaki2 tidak robbust lg krn monokok, wkwkw
Lederprem jaman now juga gak jaminan kaki2nya badak om. Barusan kan ada threat shock venturer bocor,odo blm 5k. Dan kalo joint grup fb anki,hal ini banyak bener kejadiannya.
Mksdnya dalam hal ini kekuatan bushing, terod, arm suspensi, rack-steer, dan sekitarnya.

Klo suspensi bnyk aftermarketnya :big_peace:
hampir semua fwd ya, rack steer paling rawan..mana harganya perih lagi kalo udah gak garansi.
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by severmaya »

fansdiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 3:31 makin gak logic bawa diesel di perkotaan

zenix hybrid aja bisa 1:20 ... bensin 1:15....ngapain beli diesel harus antri biosolar ...dex mahal..... :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kayaknya mobkas diesel mahal harga jatuh
Temen kantor vrz nya dijual ganti crv. Ga ngotak katanya sekarang bbm buat diesel mana vrz juga ga ngirit-ngirit amat bbm nya. :wkkk:
Ini orangnya biasa ngisi dex soalnya
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by fansdiesel »

ZEXELGRIFONE wrote: Wed Nov 23, 2022 4:04
fansdiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 3:31 makin gak logic bawa diesel di perkotaan

zenix hybrid aja bisa 1:20 ... bensin 1:15....ngapain beli diesel harus antri biosolar ...dex mahal..... :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kayaknya mobkas diesel mahal harga jatuh
Tapi untuk saat ini harga sekend (ipah diesel) katanya malah naek..
https://www.gridoto.com/read/223581564/ ... -alasannya
palingan sementara aja.... karena bagaimanapun market penjualan mobil itu orang kota bukan orang yang tinggal di pedalaman semi offroad
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by rajapb »

DOHC wrote: Wed Nov 23, 2022 3:41
ChZ wrote: Wed Nov 23, 2022 3:33
ac235287 wrote: Tue Nov 22, 2022 10:22
Khusus e-brake menurut ane mesti ada manual realease nya, ntah d tarok d kabin atau d luar Kabin. Sebab e brake kan pake motor, kalo motor nya panas/somegiw fail dan nge kunci, gak bisa d bawa tu mobil (di paksa bisa kebakar cakram sama kampas).
ya kalo mau ngebuka tuh epb, musti ngolong pake kunci L :mky_03: aturan mah di dalem kabin om biar kl kenapa-napa bisa dipake.
black2345 wrote: Tue Nov 22, 2022 12:45

User old r3 2012 & ol niu hadir.. hahaha

Memang ga sebadak avanza sih kaki2 ertiga ini, tp yg ertiga old pake dari baru sampe 7th, terakhir dijual km tercatat sekitar 140rb. Sering bawa muatan jg dr sby-solo-jogja dimana waktu itu trans javabahn blm ada, jd bs dibayangkan ikut ngehajar lubang2 di daerah caruban waktu musim hujan

Selama 6th kaki2 yg rusak cm racksteer (3x klaim krn masih garansi & diganti free) setelah itu ndak rusak lagi & shock depan yg tiba2 mati di th ke 4

Kemudian ganti ol niu th 2019, mobil masih dipake smp skrg, km uda 40rb sekian dan yg bikin heran ini kaki2nya awet bener, meskipun ada harga yg harus dibayar dgn mengorbankan kenyamanan (jujur lebih nyaman old r3 dibanding yg ol niu). Kondisi ban & velg jg uda di up ke ring 16 pake bawaan merk sebelah.. hehehe
er3 sih kekuatannya standar mobil fwd mbah :mky_01: walaupun skrg mobil fwd jg awet-awet
KielConstantine wrote: Tue Nov 22, 2022 12:53
Klo gw nganggepnya sih platform “kijang” udah beneran disuntik mati pas kluar zenix ..

Harusnya nama Innova Reborn ya yg generasi baru launch skarang ini.. yg lama udah disuntik mati sampe platform2 dan mesinnya, terus reborn lagi jadi FWD + Monocoque + CVT + New Engine :big_biglaugh:
bener nih, malah jd mobil crossover suv yang cuma pake nama kijang :big_bored:
DOHC wrote: Tue Nov 22, 2022 13:26

cuman beda perlakuan mbah

kan tipikal masda user itu kalangan beduit yg peduli mobil , makanya mo diperes abis2an jg gapapa

kl inofa kan tipikal mobil travel gelap sulawesi sana, atau jd mobil2 plaat merah yg prawatan mirip mikrolet kopami

nah makanya seru neh, tes kekuatan dan keawetan inofa baru, bsa ga seawet gen 1TR kakak2 nya dgn prawatan ala mikrolet kopami
tp toyodai lumayan pny nyali mbah ntu roki 1.2 juga CRnya tinggi tuh :mky_03: jgn2 waktu test mule udah dicoba pake pertalite trs oli pake mesran 20W50 kali :mky_03:
Feeling kita orang seh kayanya bakal banyak fail safe nya ini inofa mbah, percis kaya di afansa

Sikit2 limp mode safe mode, ga bakal dikasi peres tenaga nya kuar smua terus2an

Kaya d vidio komparasi nya moladin aj, trio esblender, stargeser, afansa, cuman si afansa yg nanjak nya plg memble krn safe mode kl kpanasan metik nya

Ini kmungkinan si inofa jg baKal gt kl

Btw,

Ini si zenik koq ad beberapa poin malah downgrade yah drpd ribon, wiper balik model baheula, airbag yg tadi minimal 3 jd 2, lampu iluminasi di pencetan power window ga ad, hand grip baris 3 jd model agya punya
Avanza masuk limp mode karena dcvtnya buatan daihatsu yang payah gak bisa handle torsi gede dan load berat. Kalo innova zenix karena basicnya TNGA, pake CVT buatan aisin yang terkenal durable, harusnya gak separah itu sih. CVT Aisin dari jaman altis 10th gen, nav1, voxy termasuk badak buat CVT. CVT daihatsu yg dipake avxen baru itu basisnya CVT Dari Kei Car Jepang jadi gak heran dikasih mesin dan load gede langsung memble.
Last edited by rajapb on Wed Nov 23, 2022 7:07, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

pengendiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 4:53 Kalo saya malah punya hipotesa harga anki dinaekin tiap senin itu salah satunya untuk persiapan zenix ini mbah. Sudah terbukti kan begitu zenix brojol,di sini pada bilang harganya value for money banget.
Bisa jadi salah satunya karena efek psikologis kena harga anki yang lompat2 itu
Klo gak pinter maen gt ga mungkin jd numero uno di ngendonesah bertaun taun mbah :mky_03:

Dulu Q diesel muncul sipektiau dibilang mahal di 2016, skrg jenik 4xxjt starting price pd bilang worth it. :big_slap: pinter maennya
pengendiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 5:28 Monokok fwd juga gak serapuh itu kok om. Dulu punya ogl,mobil paling dibully se-sm. Odo sekitar 90k km. Masalah di kaki2 cuma shock belakang bocor doang.
Yang om sebutin semua masih aman jaya sampe dijual. Padahal sering banget buat hajar jalan lukot non tol yang keritingnya sudah gak bisa dideskripsikan :upss:

Apalagi sekarang,tol sudah di mana2. Harusnya jauh lebih aman

Malahan ini anf 2gd saya sejak brojol dari pabrik setirnya berasa agak klutuk2. Udah komplen ke beres tp dibilang : itu normal pak :big_slap: ya udahlah,dipake dulu saja sambil tiap servis tetep komplen
Skrg fwd mah robust2 mbah. Yang cepet kalah tu bushing bushing aja. Ini HRV adik 2015 jg terakhir cuma servis bushing racksteer sama lower arm di 2018, sejeti aja masih kenceng ampe skrg :upss:

Ga mesti lader kalo mau awet sih, lha itu luxio temen 100k+ belom ganti shock :mky_03: trayek surabaya bali terus ampir tiap bulan.

Lbh ke kualiti barang aja apa toyota lupa imv gen 2 bobot nambah 200kg dikasi shock lama, loyo dikasih sprung weight segitu gede :mky_03:

Kelebihan laderprem terus apa....? Ya mudah di repair aja kayaknya sama montir pinggir jalan :upss: minim kalo body ancur, ganti kabin aja bisa :upss: kayak truk2 kantor gw kabin boleh dyna baru, isinya ya dyna lama :big_biglaugh: blh dicoba yang punya innova lama siapa tau dudukan masih sama ganti body shell reborn :mky_03:

Mangkanya tuh ribon G masih dijual fleet :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

https://otomotif.kompas.com/read/2022/1 ... 0-persenan

Dirakit Lokal, TKDN Kijang Innova Zenix Hybrid Capai 60 Persenan


Versi bensin nya TKDN 85%... Yg pasti mesin impor jepang.

klo 1TR family kan local made
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Nov 23, 2022 7:07

Skrg fwd mah robust2 mbah. Yang cepet kalah tu bushing bushing aja. Ini HRV adik 2015 jg terakhir cuma servis bushing racksteer sama lower arm di 2018, sejeti aja masih kenceng ampe skrg :upss:

Ga mesti lader kalo mau awet sih, lha itu luxio temen 100k+ belom ganti shock :mky_03: trayek surabaya bali terus ampir tiap bulan.

Lbh ke kualiti barang aja apa toyota lupa imv gen 2 bobot nambah 200kg dikasi shock lama, loyo dikasih sprung weight segitu gede :mky_03:

Kelebihan laderprem terus apa....? Ya mudah di repair aja kayaknya sama montir pinggir jalan :upss: minim kalo body ancur, ganti kabin aja bisa :upss: kayak truk2 kantor gw kabin boleh dyna baru, isinya ya dyna lama :big_biglaugh: blh dicoba yang punya innova lama siapa tau dudukan masih sama ganti body shell reborn :mky_03:

Mangkanya tuh ribon G masih dijual fleet :mky_03:
balik lagi tergantung merek kalo H tegak mah capeee laaaah mau ganti hardrace aja nungguin rusak kagak rusak 2x :wkkk:

pajero malah ladder frame kemaren aja baru jajan joint sterrr, rack ud bocor dari kapan tau untung bisa di service :mky_03:

setir geter mulu lari 150kmh +++ katanya musti finish balance :big_slap:

kelebihan leder frame??? bisa ngangkang sana sini kalo ada jalanan orang gak bisa lewat kita bisa lewatin anggep aja privildge, butuh parkir tapi gak ada tinggal ngangkang diatas trotoar, lewat gang sempit ngangkang diatas trotoar atau ramp parkir orang :big_smoking:

diajak berenang juga lebih gak cemas biarpun banyak ledder frame kelelep waktu banjir cuma di banding bawa crv liat aer aja biasa saya sih takut kalo bisa ngehindar, kalo ledder rugi rasanya kalo gak diajak berenang :big_biglaugh:
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by XMTdeluxe »

DOHC wrote: Wed Nov 23, 2022 3:41
Feeling kita orang seh kayanya bakal banyak fail safe nya ini inofa mbah, percis kaya di afansa

Sikit2 limp mode safe mode, ga bakal dikasi peres tenaga nya kuar smua terus2an

Kaya d vidio komparasi nya moladin aj, trio esblender, stargeser, afansa, cuman si afansa yg nanjak nya plg memble krn safe mode kl kpanasan metik nya

Ini kmungkinan si inofa jg baKal gt kl

Btw,

Ini si zenik koq ad beberapa poin malah downgrade yah drpd ribon, wiper balik model baheula, airbag yg tadi minimal 3 jd 2, lampu iluminasi di pencetan power window ga ad, hand grip baris 3 jd model agya punya
Satu lagi Mbah. Saya cari2 di review2 yutub gak ada laci cooler seperti di reborn ya? lumayan kalo beli nescafe kaleng atau UC1000 masih bisa dingin...
Kalo tray table di belakang bisa ditambahin di kursinya gak ya? Kayak di modif2an G ke V itu. Secara kalau yg V sdh ketempelan monitor gede gitu.
Menurut Mbah, worthed kah 1TR ditukar ini, sama2 V?
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by XMTdeluxe »

pengendiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 3:20 Bingung kenapa pada bingung kalo mobil gak dikasi foglamp n drl :big_think: gak ada fungsi,cuma buat kosmetik doang. Ntar kalo rusak malah nguras dompet
Cek aja anps pfl,drlnya banyaaaaakkkk yang burem atau bahkan mati

Imho dari depan malah lebih suka yang g n v daripada q,lebih clean
Saya pribadi sih pingin DRL nya Om,biar gak nampak kosong banget kumisnya. Sein di DRL-nya nambah cakep, jadi lebih berkarakter gitu. V jinik yg ini nyala lampu sein nya kayak ANE, dipojok bagian dalam bohlam biasa pula. Tapi kalau foglamp LED mah gak guna. Saya aja pakai V FL, foglamp LED mah apaan. Cuaca terang aja gk ada beda, apalagi pas hujan. Cuma buat hiasan. Lagipula merc benz anyar aja malah dibuang foglamp nya.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

pengendiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 5:00 Yes yes,spt yang saya bilang,cuma sebatas kosmetik. Kecuali kalo di negara 4 musim.
Nah yang namanya kosmetik imho sih relatif,selera tiap orang bisa beda. Cuma iya juga sih,yang modelista gak dikasih drl agak aneh secara bodykitnya lebay bener.

Tapi ya gitu om,drl n foglamp ini jadi potensi biaya perbaikan yang lumayan. Pasti taulah ya drlnya forti vnt yang modelnya kayak tempelan barang cungkuo itu,dulu punya saya mati satu.
Tanya di beres,harganya 2,5 jeti sepasang :big_slap:
Entah berapa harga drl mobil2 jaman now yang integrated sama lampu utama
Kalo saya mah mendingan diadain ajah itu DRL + foglamp, toh kalaupun rusak umurnya kan ga sependek 2 tahun juga wkwkwk
lagian DRLnya zenix kan misah sama headlamp, jadi harusnya sih mahalnya ga gitu mengagetkan. Semisal udah rusak & mau ngirit ya dibikin mati aja sekalian DRLnya, paling ga itu plastik item" ga jelas di depan ga kosong" amat.

Kalau DRL dirasa 'kemahalan' kasih lampu senja aja deehh taruh disono, foglamp pake halogen kaya punya reborn G facelift ya gapapa deehh..
Soalnya kalo saya liat Zenix G & V depannya botak amat, sedih deh.. padahal Zenix V HV Modellista udah 530jt loh :big_slap:
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

mobilover wrote: Tue Nov 22, 2022 9:40 Mnrt ane sih tipe yg worthed ada 2 :

1. Mau trondolan fitur yg penting harga murah dan lega, tipe G bensin. Kl mau lbh bertenaga dan irit bisa nyoba G hybrid

2. Mau full spek yg penting nyaman dan aman utk keluarga tipe Q good value juga. Safety dan equipmentnya cukup lengkap di price pointnya

Kl tipe V menurut ane tanggung yah. Memang masih 500 jt kecil tapi fiturnya juga kurang memuaskan.

Tapi memang kebangetan yah tipe G masih gak dapat electronic retract spion dan rear defogger. Itu seharusnya fitur basic utk mobil 400 jutaan haha. Tipe G benar2 spartan utk yg butuh mobil hanya utk transport pindah dr titik A ke titik B
Iyah, ini saya setuju sih.

Sekalian pilih base model tipe G karena even yang tipe bensin harga 419jt aja udah dapet itu mesin M20A-FKS yang klaimnya bisa 173hp & 202nm. Di New Voxy itu mesin 0-100km/h bisa 10.7 detik loh, asumsikan Zenix G lebih enteng karena lebih 'kopong' dan ban + velg lebih kecil, bisa-bisa cuma 10 detik tuh :big_exellent:

Ataauuuu sekalian aja ambil tipe Q HV non modellista harga 601jt. Keliatan worth it jadinya kalo dibandingkan sama Voxy, 'cuma' lebih mahal 21jt tapi dapet mesin hybrid & panoramic sunroof :big_okay:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26927
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by DOHC »

XMTdeluxe wrote: Wed Nov 23, 2022 9:11
DOHC wrote: Wed Nov 23, 2022 3:41
Feeling kita orang seh kayanya bakal banyak fail safe nya ini inofa mbah, percis kaya di afansa

Sikit2 limp mode safe mode, ga bakal dikasi peres tenaga nya kuar smua terus2an

Kaya d vidio komparasi nya moladin aj, trio esblender, stargeser, afansa, cuman si afansa yg nanjak nya plg memble krn safe mode kl kpanasan metik nya

Ini kmungkinan si inofa jg baKal gt kl

Btw,

Ini si zenik koq ad beberapa poin malah downgrade yah drpd ribon, wiper balik model baheula, airbag yg tadi minimal 3 jd 2, lampu iluminasi di pencetan power window ga ad, hand grip baris 3 jd model agya punya
Satu lagi Mbah. Saya cari2 di review2 yutub gak ada laci cooler seperti di reborn ya? lumayan kalo beli nescafe kaleng atau UC1000 masih bisa dingin...
Kalo tray table di belakang bisa ditambahin di kursinya gak ya? Kayak di modif2an G ke V itu. Secara kalau yg V sdh ketempelan monitor gede gitu.
Menurut Mbah, worthed kah 1TR ditukar ini, sama2 V?
jangankan laci cooler mbah, itu wiper aj ampe disunat loh, pegangan tangan row 3 jg dsunat, tadinya kukira lampu iluminasi tombol power window bakal dibalikin lg kaya gen reborn awal, ga taunya kaga , trus tray ban serep malah kaya afansa, padahal di rebon dikasi cover , airbag jg malah dsunat dari 3 d rebon jd 2 (kcuali beli type Q)

padahal itu kan cuan nya ud lmayan gede tuh, dari casis tangga ke monokok, ga ad gardan + prop shaft

dan kl ntn vidio nya si moladin, b channel, koq interior nya kaya kurang "wow" yah , masi ada bau2 disain rebon gt

soal worth it, entahlah mbah, wait n see dl mendingan.. sementara keep dulu aj 1TR nya, toh rebon 1TR itu mobil enak koq (asal ga dipake nanjak2 extreem)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by gwsecretc »

DOHC wrote: Wed Nov 23, 2022 11:09
XMTdeluxe wrote: Wed Nov 23, 2022 9:11
DOHC wrote: Wed Nov 23, 2022 3:41
Feeling kita orang seh kayanya bakal banyak fail safe nya ini inofa mbah, percis kaya di afansa

Sikit2 limp mode safe mode, ga bakal dikasi peres tenaga nya kuar smua terus2an

Kaya d vidio komparasi nya moladin aj, trio esblender, stargeser, afansa, cuman si afansa yg nanjak nya plg memble krn safe mode kl kpanasan metik nya

Ini kmungkinan si inofa jg baKal gt kl

Btw,

Ini si zenik koq ad beberapa poin malah downgrade yah drpd ribon, wiper balik model baheula, airbag yg tadi minimal 3 jd 2, lampu iluminasi di pencetan power window ga ad, hand grip baris 3 jd model agya punya
Satu lagi Mbah. Saya cari2 di review2 yutub gak ada laci cooler seperti di reborn ya? lumayan kalo beli nescafe kaleng atau UC1000 masih bisa dingin...
Kalo tray table di belakang bisa ditambahin di kursinya gak ya? Kayak di modif2an G ke V itu. Secara kalau yg V sdh ketempelan monitor gede gitu.
Menurut Mbah, worthed kah 1TR ditukar ini, sama2 V?
jangankan laci cooler mbah, itu wiper aj ampe disunat loh, pegangan tangan row 3 jg dsunat, tadinya kukira lampu iluminasi tombol power window bakal dibalikin lg kaya gen reborn awal, ga taunya kaga , trus tray ban serep malah kaya afansa, padahal di rebon dikasi cover , airbag jg malah dsunat dari 3 d rebon jd 2 (kcuali beli type Q)

padahal itu kan cuan nya ud lmayan gede tuh, dari casis tangga ke monokok, ga ad gardan + prop shaft

dan kl ntn vidio nya si moladin, b channel, koq interior nya kaya kurang "wow" yah , masi ada bau2 disain rebon gt

soal worth it, entahlah mbah, wait n see dl mendingan.. sementara keep dulu aj 1TR nya, toh rebon 1TR itu mobil enak koq (asal ga dipake nanjak2 extreem)
Saya tambahin lagi list sunatannya mbah
- Perihal iluminasi switch power window, ternyata lampu auto sebelah driver ikutan disunat, padahal di ribon ‘improvement’ walopun iluminasi switch disunat, masih kesisa sebelah driver.
A85C6832-06B9-4BEB-B4C8-12284038E328.png
- Ban serep sekarang jadi model space saver, ukuran 205/65/16 seperti ban ribon g dan v
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

kijang udah naik kelas, harus dielus-elus.
Makan nya pun harus sekelas whiskas :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Wah harganya mashookkk

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri