yang merasa MONTIR BANTUIN saya DONK Thunder 125

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

yang merasa MONTIR BANTUIN saya DONK Thunder 125

Post by Berux_bogor »

gw pny mtr thunder 125....tapi kalo udah maenin gas diatas
motor suka tiba2 ndut2an (hehehe) bahkan suka tiba2 mati?
kenapa penyebabnya:
-main jet di kalbulator tidak pas?
-apakah sistem pengapian CDI tidak normal?
-atao dari hal2 lain?
-perlu berapa botol oli untuk motor ini?
-spedometer mati darimana penyebabnya, apa yg perlu diganti?

nuhun pisan....kalo bisa bantu
aguslay
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sat Jul 02, 2005 13:15

Post by aguslay »

Kalo mesin mati pada rpm tinggi.... coba di cek tagangan pengisian pada battery (aki ), ukur tegangannya pada saat di gas rpm tinggi tsb apakah tegangan ada lonjakan2 lebih dari +/- 15v dc ( lihat juga air aki apa udah kering...)... Kalo pusing2 coba hubungi bengkel resmi terdekat ditest rectifier nya...( coba ganti pake yang baru) :wink:

Soal oli berapa botol sih tergantung pake oli yang kemasan berapa per botol nya, patokannya sih liat oli level nya aja Full gitu loh...

Speedometer tidak jalan seringnya sih cable speedometer putus... tapi mesti dicek lagi di bengkel resmi siapa tahu bukan sesederhana itu..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

gw juga pernah ngalamin tuh, sampe sekarang gak tau penyebabnya..bawa 140 gigi 5 tiba2 mati mesin..gw lepas gas kemudian gas lagi n lepas kopling, motor nyala lagi...gak tau napa, mungkin juga bensinnya tekor alias kurang bensin di ruang pembakaran..any help?

oya, untuk motor arus ac bukannya pengapian gak dipengaruhi aki? kecuali kalo pake yg DC.
Just Call Me Nichol !!!
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

sori bukan montir tp mencoba menjawab yah....

motor di tarikan atas mbebet coba cek MJ nya mungkin kotor.. mending bersihin karbunya sekalian.... servis ringan lah...

Thunder 125 perlu oli 1100ml (susah yah.. padahal olie yg dijual rata 1Liter...)

spedo meter mati coba cek kabel yg mengarah ke spedometer... mungkin terlepas...

ok bro.. sekalian mo promosi neh... dah join S2W blom? web ada di http://www.suzuki-2wheels.or.id ditunggu yah... milis [email protected]
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

KALO PROBLEM DARI AKI KAYAKNYA STATER GAK BAKAL KUAT...Tapi ini kuat koq.....

OM.timtim...
mau tanya juga td gw cek doank ke bengkel
mungkin gak kalo kabek kopling berpengaruh....
soalnya kabel koplingnya diganti pake GL..
mungkin gak


ok gw join akhhhhh.....
join juga ya ke web kantor saya kali aja minat beli laptop/mainboard http://www.ecs.co.id


Mr.nichol...trus gmn penyelesaiannya?
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

hihihi ajang promosi...

kabel kopling mah nggak ngaruh sama sekali.... kopling khan fungsinya buat mindahin tenaga aja.... setelah gigi pindah... istilahnya kopling nggak ngaruh kemana-mana...

aki mati thundie 125 nggak bakal idup hihihi... dorong mang...
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

tapi bukannya....stelan kopling itu berpengaruh....ternyata waktu blm gw pergi kerja kerasa ndut2nya berkurang.....kan ada stutnya yang bisa pengaruh ke lari motor....

thunder kalo staternya mati gimana tuh...penyelesaiannya?

ato mungkin gak ndut2an itu berpengaruh dari main jet and pilot jetnya....
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

maap,.. ya rekan2 klo bole tau thunder make CDI-kan ato pengapiannya dari magnet..?

ini hanya kemungkinan ya.. mungkin CDI-nya dah dilimit dari pabrik..trus bisa juga dari mainjet bukan pilot jet, coba ganti mainjet (dpt di beli ditoko yg menjual barang speedshop..)dan naikkan 1 angka..

mohon pencerahannya
Terimakasih
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
User avatar
maulana_bsi2004
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Nov 15, 2005 22:03
Location: Jakarta Timur - Bekasi Barat

Post by maulana_bsi2004 »

iyach sama nih kejadiannya ma punya saya....
speed 10 - 70 km\h sih ok tapi selebihnya ndut2an...
terus pas pertama kali start(dinyalakan mesin) ada suara ngerosok di blok mesin or di piston, kira2 di antara dua ini lah suara itu keluar. apa ada pengaruh disini yach ?

kt montir sih nih suara dari roker armnya, mulai kendur atau apalah nggk ngerti saya jg...trus saya coba tanya "apa ini bisa di setting ulang lagi?", montir "ini nggk bisa memang sudah settingannya begini.", nah loh saya makin bingung lagi, masalahnya khan awal kita beli itu khan nggk ada masalah, trus sekarang masalah knapa nggk bisa kembali ke Normal lagi...

klo masalah suara sekarang sudah sedikit berkurang dengan cara pengisian Oli pas dengan tanda (F) di block mesin.

diharapkan kpd para montir handal...cieee (mudah2an bisa ngeresolve masalah ini)...

Thanks all... :D
Image
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Berux_bogor wrote:tapi bukannya....stelan kopling itu berpengaruh....ternyata waktu blm gw pergi kerja kerasa ndut2nya berkurang.....kan ada stutnya yang bisa pengaruh ke lari motor....

thunder kalo staternya mati gimana tuh...penyelesaiannya?

ato mungkin gak ndut2an itu berpengaruh dari main jet and pilot jetnya....
kalo kampas kopling dah gak ok, bisa mengurangi tenaga/tarikan motor sampe 30 persen lho..berasa banget...

untuk kasus motor ndut2an sih biasanya dr karbu, bisa kotor karbunya sehingga spuyer mampet, ato bisa jadi setelan spuyer kekecilan. Kembali lagi, coba di cek apakah motor setelannya ori semua, dalam arti benar2 settingan sesuai pabrikan (knalpot ori dr pabrik, mesin gak ada ubahan, gak pernah ganti2 setelan spuyer, dll). Kalo semuaa standar abis, berarti masalahnya gak jauh dr karbu.

kalo masih standar, gak perlu di jetting ulang, percuma,malah tambah gak enak motornya. Coba bro servis kecil, bersihin karbu n jangan lupa setel kembali ketinggian pelampung bensin sesuai standar! ingat, tinggi pelampung bensin yg berubah bisa sebabkan motor gak enak. Kalo ketinggian biasanya ngeberebet, kalo kerendahan biasanya knocking.

sekian dr saya, sori kalo sok tau :)
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

bro nichol thank's bgt infonya .....suer gw gak blg sok tahu......hehehe....gw sangat2 berterima kasih neh...justru...tar ane tes dari stelan spuyernya dulu deh
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

Archapada wrote:maap,.. ya rekan2 klo bole tau thunder make CDI-kan ato pengapiannya dari magnet..?

ini hanya kemungkinan ya.. mungkin CDI-nya dah dilimit dari pabrik..trus bisa juga dari mainjet bukan pilot jet, coba ganti mainjet (dpt di beli ditoko yg menjual barang speedshop..)dan naikkan 1 angka..

mohon pencerahannya
Terimakasih

nah itu dia yang saya takutin dari CDI .....atau dr spul jd pengapiannya kurang.......
sepertinya pake CDI kali kalo gak salah itu juga
saya mau coba naikkin 1 angka
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

maulana_bsi2004 wrote:iyach sama nih kejadiannya ma punya saya....
speed 10 - 70 km\h sih ok tapi selebihnya ndut2an...
terus pas pertama kali start(dinyalakan mesin) ada suara ngerosok di blok mesin or di piston, kira2 di antara dua ini lah suara itu keluar. apa ada pengaruh disini yach ?

kt montir sih nih suara dari roker armnya, mulai kendur atau apalah nggk ngerti saya jg...trus saya coba tanya "apa ini bisa di setting ulang lagi?", montir "ini nggk bisa memang sudah settingannya begini.", nah loh saya makin bingung lagi, masalahnya khan awal kita beli itu khan nggk ada masalah, trus sekarang masalah knapa nggk bisa kembali ke Normal lagi...

klo masalah suara sekarang sudah sedikit berkurang dengan cara pengisian Oli pas dengan tanda (F) di block mesin.

diharapkan kpd para montir handal...cieee (mudah2an bisa ngeresolve masalah ini)...

Thanks all... :D

BETUL 10-70 NDUT2AN bahkan sampai mesin mati DUH GIMANA KALO MAU JALAN JAUH.......
duh sama sekali spt mtr saya juga mesinnya berisik tapi coba deh rasain kalo koplingnya ditahan... terus dengerin suara nya berkurang gak?

waktu saya coba suara dimesin berkurang....tapi belum jelas dari mananya belum saya bw kebengkel..

dan saya pun isi di posisi F berkurang


coba minta tolong ke montir atau yang benar2paham bantuin please
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

suara ngookk waktu jalan, n diikuti motor ndut2an n mesin mati kala rpm tinggi ya case nya gak salah lagi, masalah tekor bbm.
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
maulana_bsi2004
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Nov 15, 2005 22:03
Location: Jakarta Timur - Bekasi Barat

Post by maulana_bsi2004 »

nichol wrote:suara ngookk waktu jalan, n diikuti motor ndut2an n mesin mati kala rpm tinggi ya case nya gak salah lagi, masalah tekor bbm.
bisa aja nih bro nichol :P
BTW thnks atas infonya gw akan coba dari karburator dl nih.....mmmmmmm ada tambahan Om nichol, kali ada yg ketinggalan infonya :lol: , just kidding bro :e-dance:
Image
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

nichol wrote: untuk kasus motor ndut2an sih biasanya dr karbu, bisa kotor karbunya sehingga spuyer mampet, ato bisa jadi setelan spuyer kekecilan. Kembali lagi, coba di cek apakah motor setelannya ori semua, dalam arti benar2 settingan sesuai pabrikan (knalpot ori dr pabrik, mesin gak ada ubahan, gak pernah ganti2 setelan spuyer, dll). Kalo semuaa standar abis, berarti masalahnya gak jauh dr karbu.
nah khan sama aja sarannya... sekalian bro cek ulang businya jika berkerak coba bersihkan.... ato jika busi basah berarti bensin di ruang bakar terlalu banyak... ok bro..
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

gw cek ya bro tim
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

nah, tuh udah ditambahin..cek busi juga..lebih baik sebulan sekali ganti, kan busi adlh bagian motor yg vital n bekerja keras pada kondisi ekstrim...kecuali kalo bro pake busi mahal, hehe...sayang pasti...
Just Call Me Nichol !!!
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

anjrit.. sebulan sekali ganti busi.... gw mah dah ampir setahun busi blom ganti hahahahahaha..... tp di jok selalu gw sediain cadangan.. mati bari ganti hihihih
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

gak ppa,,,,,ganti busi asalkan nda ndut-an,,,,,lg.....tp saya mau coba naikkin posisi jarum spuyernya dulu sekalian dibersihin karbu....

BIG TROUBLE.....kalo keduanya sudah saya kerjain.....terus tetep kayak begitu NDUT2AN bagaimana......PUSING saya......yang intinya....musti duit lagi-duit lagi........mana belum gajihan lagi.....PUSING>>>>gimana bro.....
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

timtimnugroho wrote:anjrit.. sebulan sekali ganti busi.... gw mah dah ampir setahun busi blom ganti hahahahahaha..... tp di jok selalu gw sediain cadangan.. mati bari ganti hihihih
pasti pake busi xr ato denso iridium ya? krn katanya tuh busi memang awet..ya, sebanding sama harganya ya bisa hampir 10 kali lipat busi ngk biasa...kalo pake ngk biasa pasti ga awet......gak enak bawanya kalo gak diganti...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: yang merasa MONTIR BANTUIN saya DONK Thunder 125

Post by yoyoyo »

Berux_bogor wrote:gw pny mtr thunder 125....tapi kalo udah maenin gas diatas
motor suka tiba2 ndut2an (hehehe) bahkan suka tiba2 mati?
kenapa penyebabnya:
-main jet di kalbulator tidak pas?
-apakah sistem pengapian CDI tidak normal?
--cut--

nuhun pisan....kalo bisa bantu
ngelihat di webnya suzuki.co.id, thunder125 pakai MIKUNI BSR 26SS, yang katanya udah tipe vakum.

ngutip dari otomotif online :

--snip!--
Kerja karbu vakum pada F150 memang seperti apa yang dikatakan Liza. Dapur paculah yang mengontrol permintaan bahan bakar lewat sistem vakum. Semakin besar tekanan di ruang bakar, makin banyak adonan bensin-udara yang disedot oleh mesin. Jadi semakin kuat sedotannya, semburan bensin spuyer juga tambah banyak. Buka-tutup grip gas hanya pemancing, selebihnya membran karet karbu sebagai pengatur otomatis.
--snip!--
Bagaimana cara perawatannya? Sebetulnya enggak beda jauh sih. Seperti pelampung hingga spuyer, semua sama saja. Tetapi, ada tetapinya nih, jangan sampai karet vakumnya sobek. Jika sampai terjadi, kevakuman gagal terjadi. Mirip kalau Anda mengisap dan kempotkan pipi, tetapi ujung bibir tidak tertutup. Bisa-bisa, sedotannya lemah semburannya payah.


Jadi kebayang khan kira2 dimananya yg mesti di-cek dari Mikuni ini
(Mikuni.. kayak nama cw jepang yg imut :P )

Nah, sekarang kelistrikan. Gw curiga :
- Coil (karena suka mati)
- CDI (karena bikin ndut2an)

Now, apakah bung berux_bogor udah pernah konsultasi sama bengkel resmi Suzuki? Apa kata mereka?

Thanks.
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Re: yang merasa MONTIR BANTUIN saya DONK Thunder 125

Post by Berux_bogor »

yoyoyo wrote:
Berux_bogor wrote:gw pny mtr thunder 125....tapi kalo udah maenin gas diatas
motor suka tiba2 ndut2an (hehehe) bahkan suka tiba2 mati?
kenapa penyebabnya:
-main jet di kalbulator tidak pas?
-apakah sistem pengapian CDI tidak normal?
--cut--

nuhun pisan....kalo bisa bantu
ngelihat di webnya suzuki.co.id, thunder125 pakai MIKUNI BSR 26SS, yang katanya udah tipe vakum.

ngutip dari otomotif online :

--snip!--
Kerja karbu vakum pada F150 memang seperti apa yang dikatakan Liza. Dapur paculah yang mengontrol permintaan bahan bakar lewat sistem vakum. Semakin besar tekanan di ruang bakar, makin banyak adonan bensin-udara yang disedot oleh mesin. Jadi semakin kuat sedotannya, semburan bensin spuyer juga tambah banyak. Buka-tutup grip gas hanya pemancing, selebihnya membran karet karbu sebagai pengatur otomatis.
--snip!--
Bagaimana cara perawatannya? Sebetulnya enggak beda jauh sih. Seperti pelampung hingga spuyer, semua sama saja. Tetapi, ada tetapinya nih, jangan sampai karet vakumnya sobek. Jika sampai terjadi, kevakuman gagal terjadi. Mirip kalau Anda mengisap dan kempotkan pipi, tetapi ujung bibir tidak tertutup. Bisa-bisa, sedotannya lemah semburannya payah.


Jadi kebayang khan kira2 dimananya yg mesti di-cek dari Mikuni ini
(Mikuni.. kayak nama cw jepang yg imut :P )

Nah, sekarang kelistrikan. Gw curiga :
- Coil (karena suka mati)
- CDI (karena bikin ndut2an)

Now, apakah bung berux_bogor udah pernah konsultasi sama bengkel resmi Suzuki? Apa kata mereka?

Thanks.



waduh bung yoyo.....saya jadi ngeri neh.....denger cdi/coil
tapi thank's bgt yah sudah ngasih masukannya
belum masuk bengkel.....nunggu gajian...

jadi kesimpulannya saya musti ke bengkel suzuki....
tapi mungkin gak dari stelan angin.....dan stelan spuyer dirubah....
User avatar
maulana_bsi2004
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Nov 15, 2005 22:03
Location: Jakarta Timur - Bekasi Barat

Post by maulana_bsi2004 »

@yoyoyo : memang system kerja nih karburator sytem vakum, jadi klo di karbu bensin kosong diakan akan menyedot isi bensin dalam tangki nah sebelum masuk tanki ditahan di filter bensin, tul nggk ?
bro karet vakum posisinya yg ada tepat diatas karbu Mikuni itu yach, klo nggk salah dalamnya itu ada jarum gasnya apa benar posisi karet vakumnya ada disitu ? :roll:
Image
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: yang merasa MONTIR BANTUIN saya DONK Thunder 125

Post by yoyoyo »

Berux_bogor wrote: waduh bung yoyo.....saya jadi ngeri neh.....denger cdi/coil
tapi thank's bgt yah sudah ngasih masukannya
belum masuk bengkel.....nunggu gajian...

jadi kesimpulannya saya musti ke bengkel suzuki....
tapi mungkin gak dari stelan angin.....dan stelan spuyer dirubah....
gak usah nunggu gajian. Dateng aja dulu, paling disambut kepala mekanik, trus tanya2 dulu (gratisan,hehe) kira2 apa yg bermasalah n berapa biayanya. itung2 cari "another 2nd opinion" :)

Anyway sptnya bro berux suka utak-atik sendiri juga?
Coba baca2 ini, siapa tahu jadi masukan
TAMBAL KARET KARBU VAKUM
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=3914

ATASI SKEP SERET KARBU VAKUM
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=7060
Last edited by yoyoyo on Sun Nov 27, 2005 18:34, edited 1 time in total.