yang merasa MONTIR BANTUIN saya DONK Thunder 125

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

maulana_bsi2004 wrote:@yoyoyo : memang system kerja nih karburator sytem vakum, jadi klo di karbu bensin kosong diakan akan menyedot isi bensin dalam tangki nah sebelum masuk tanki ditahan di filter bensin, tul nggk ?
aduh, gw gak paham yg ditanya :oops:
coba donlod ini
http://www.thisoldtractor.com/gtbender/ ... manual.pdf
(sekitar 3MB)
bro karet vakum posisinya yg ada tepat diatas karbu Mikuni itu yach, klo nggk salah dalamnya itu ada jarum gasnya apa benar posisi karet vakumnya ada disitu ? :roll:
kayaknya artikel ini punya gambarnya
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=3914
(sori, blm pernah utak-atik karbu vakum) :oops:
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

akhirnya bung yoyo saya mengetahui kenapa motor saya ndut2an saya bongkar kemarin karbunya terus saya cek kok seher karbunya terasa keset gak lancar saya kira kotor lalu saya tes ternyata masih saja...ndut2an.....saya cek lagi ternyata tuh jarum skep nya gak lurus malah bengkok jd penghambat, solusinya karena blm kebengkel saya longgarin dua sekrup yg fungsinya menahan jarum skep yg ada didalam seher karbu...tapi itu kondisi sementara....karena masih ada ndut2an nya diantara 60-80.....
gak tau tuh masalahnya apa?


bung yoyo !!!
-mungkin gak kalo stelan klep mempengaruhinya?
-kemarin saya cek spedo gak jalan, apakah kabel spedo bagian dalam itu ada kawatnya atau tidak, hanya ada kabel bagian luar saja....(kabel yg seperti kawat rem)
-gimana kalo stelan angin supaya saya tahu sudah pas? mempengaruhi juga gak ke ndut2annya

bantuin lagi ya......
timtimnugroho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 456
Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
Location: malang

Post by timtimnugroho »

@beruk buset parah amat...

@nichol busi Denso biasa standard pulak, marenan pengen ganti platinum karena stak abis ditawarin iridium.. kgak jadi dah hehehehe.... NGK noh paling awet yg dari bawaannya aja masih bisa dipake'
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

waduh parah kenapa..bro

busi sih kalo gw awet selalu....kecuali motor nya vespa.....
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Berux_bogor wrote:akhirnya bung yoyo saya mengetahui kenapa motor saya ndut2an saya bongkar kemarin karbunya terus saya cek kok seher karbunya terasa keset gak lancar saya kira kotor lalu saya tes ternyata masih saja...ndut2an.....saya cek lagi ternyata tuh jarum skep nya gak lurus malah bengkok jd penghambat, solusinya karena blm kebengkel saya longgarin dua sekrup yg fungsinya menahan jarum skep yg ada didalam seher karbu...tapi itu kondisi sementara....karena masih ada ndut2an nya diantara 60-80.....
gak tau tuh masalahnya apa?


bung yoyo !!!
-mungkin gak kalo stelan klep mempengaruhinya?
-kemarin saya cek spedo gak jalan, apakah kabel spedo bagian dalam itu ada kawatnya atau tidak, hanya ada kabel bagian luar saja....(kabel yg seperti kawat rem)
-gimana kalo stelan angin supaya saya tahu sudah pas? mempengaruhi juga gak ke ndut2annya

bantuin lagi ya......
1. biasanya sih memang mempengaruhi, bro
ya itulah seninya, menemukan penyebab masalah itu susah2 gampang, kudu dirunut satu-persatu. Kadang knalpot juga bisa bikin mesin gak enak, kadang busi yg dah soak, kadang bisa juga aki (motor arus DC ini mah urusannya), bisa juga kerak berlebih di ruang pembakaran (kalo 4 tak rada sulit bersihinnya, pake aja cairan pembersih kerak), bisa juga setelan klep-nya(untuk 4 tak, klep sangat vital untuk performa mesin, bisa berat tarikannya kalo ngaco setelnya), bisa juga karbu kotor/ spuyer ngaco, dll lagi...

oya, kalo setingannya semua masih standar, ngapain juga maenin jarum skep? :)

2. kabel speedo yg 'sehat' terdiri dari kawat n selongsongnya. Kalo cuma tinggal selongsongnya doang, gak ada kawatnya, berarti dah patah di dalem, beli baru aja. Kalo kabel masih utuh, boleh jadi tuh speedo yg oblak.

3. yg ini susah2 gampang. Kalo spuyer standar, knalpot standar, biasanya lebih gampang ketemu puteran anginnya. Kudu punya jem terbang tinggi buat setel angin yg pas. Kalo dah sering setel sendiri n ketemu yg pas itu kayak apa, udah gampang. cukup denger suara idle mesin aja....susah bro kalo mo diteoriin, gw aja belajar dr internet stgh modar ngartiinnya, dah pake bhs inggris semua, bingung pula dgn istilah2 / jargon mekanik aneh...huh....yg pasti kalo dah ketemu, so pasti motor enak bawanya. itu juga dgn catatan gak ada bagian motor yg 'bermasalah'
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Re: yang merasa MONTIR BANTUIN saya DONK Thunder 125

Post by nichol »

yoyoyo wrote:
Berux_bogor wrote: waduh bung yoyo.....saya jadi ngeri neh.....denger cdi/coil
tapi thank's bgt yah sudah ngasih masukannya
belum masuk bengkel.....nunggu gajian...

jadi kesimpulannya saya musti ke bengkel suzuki....
tapi mungkin gak dari stelan angin.....dan stelan spuyer dirubah....
gak usah nunggu gajian. Dateng aja dulu, paling disambut kepala mekanik, trus tanya2 dulu (gratisan,hehe) kira2 apa yg bermasalah n berapa biayanya. itung2 cari "another 2nd opinion" :)

Anyway sptnya bro berux suka utak-atik sendiri juga?
Coba baca2 ini, siapa tahu jadi masukan
TAMBAL KARET KARBU VAKUM
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=3914

ATASI SKEP SERET KARBU VAKUM
http://motorplus-online.com/articles.asp?id=7060
biasanya sih masalah2 diatas muncul pada motor2 taon lawas. Thunder 125 lawas-kah???
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Berux_bogor wrote:waduh parah kenapa..bro

busi sih kalo gw awet selalu....kecuali motor nya vespa.....
gimana bro bisa yakin busi bro masih layak pakai? rajin dibersihin juga gak jamin tuh busi masih layak pakai, krn bisa jadi dalemannya yg dah gak beres...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

nichol wrote:
Berux_bogor wrote:akhirnya bung yoyo saya mengetahui kenapa motor saya ndut2an saya bongkar kemarin karbunya terus saya cek kok seher karbunya terasa keset gak lancar saya kira kotor lalu saya tes ternyata masih saja...ndut2an.....saya cek lagi ternyata tuh jarum skep nya gak lurus malah bengkok jd penghambat, solusinya karena blm kebengkel saya longgarin dua sekrup yg fungsinya menahan jarum skep yg ada didalam seher karbu...tapi itu kondisi sementara....karena masih ada ndut2an nya diantara 60-80.....
gak tau tuh masalahnya apa?


bung yoyo !!!
-mungkin gak kalo stelan klep mempengaruhinya?
-kemarin saya cek spedo gak jalan, apakah kabel spedo bagian dalam itu ada kawatnya atau tidak, hanya ada kabel bagian luar saja....(kabel yg seperti kawat rem)
-gimana kalo stelan angin supaya saya tahu sudah pas? mempengaruhi juga gak ke ndut2annya

bantuin lagi ya......
1. biasanya sih memang mempengaruhi, bro
ya itulah seninya, menemukan penyebab masalah itu susah2 gampang, kudu dirunut satu-persatu. Kadang knalpot juga bisa bikin mesin gak enak, kadang busi yg dah soak, kadang bisa juga aki (motor arus DC ini mah urusannya), bisa juga kerak berlebih di ruang pembakaran (kalo 4 tak rada sulit bersihinnya, pake aja cairan pembersih kerak), bisa juga setelan klep-nya(untuk 4 tak, klep sangat vital untuk performa mesin, bisa berat tarikannya kalo ngaco setelnya), bisa juga karbu kotor/ spuyer ngaco, dll lagi...

oya, kalo setingannya semua masih standar, ngapain juga maenin jarum skep? :)

2. kabel speedo yg 'sehat' terdiri dari kawat n selongsongnya. Kalo cuma tinggal selongsongnya doang, gak ada kawatnya, berarti dah patah di dalem, beli baru aja. Kalo kabel masih utuh, boleh jadi tuh speedo yg oblak.

3. yg ini susah2 gampang. Kalo spuyer standar, knalpot standar, biasanya lebih gampang ketemu puteran anginnya. Kudu punya jem terbang tinggi buat setel angin yg pas. Kalo dah sering setel sendiri n ketemu yg pas itu kayak apa, udah gampang. cukup denger suara idle mesin aja....susah bro kalo mo diteoriin, gw aja belajar dr internet stgh modar ngartiinnya, dah pake bhs inggris semua, bingung pula dgn istilah2 / jargon mekanik aneh...huh....yg pasti kalo dah ketemu, so pasti motor enak bawanya. itu juga dgn catatan gak ada bagian motor yg 'bermasalah'

Nichol bro thank's sarannya :
-kalo busi sih dah bener2 saya semprot ampe bersih (blm beli yg baru seh)
-kalo masah jarum skep posisinya gak saya ubah cuman tuh skep bengkok...kalo bautnya saya kencengin jd nahan ke seher karbu..
-ooohh ada kawatnya juga ya....putus kayaknya .tapi saya liat kok gak ada kawatnya kra2 harganya brp bro....? atau ada pemasukan

-pertama seh saya coba stelan angin sebelum dirubah brebebeet mesin parah bgt,,,tp pas saya rubah agak lumayan....tp masih ada brebet yg nahan...mungkin gak dr klepnya (waduh nyerah deh)

kalo motor seh masih standart
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

saringan bensin dah bro cek? kalo kotor, biasanya supply bensin keganggu, n berasa banget pas dibawa lari. Motor gw buktinya pernah mati mendadak waktu lari gigi 5, begitu dicek ternyata saringan bensin kotor...

untuk harga kabel speedo gw gak tau bro, mungkin bisa tanya anak2 s2w yg pake thunder...kalo ninja sih sekitar 35 rebong gitu...murah kali, gak sampe 100 lha...

untuk busi, walau dibersihin sampe mengkilat, kalo dalemannya dah soak mah kudu ganti juga...setau gw tiap busi ada lifetime standarnya deh...kalo gak salah busi ngk yg biasa itu umurnya tiap 3500 an kilo dah harus ganti. kalo busi standar dipakenya buat ngebut, malah lebih gak awet, 1500 kiloan dah harus ganti. coba deh cek di website2 busi di internet.
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

check this out...
(sori gw gak bisa terjemahin, hehe..gw aja masih puyeng ngebacanya..artikel jetting yg bagus nih...)

http://www.motorcyclecruiser.com/tech/jetkit/index.html
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

ok bro ane cek semua atas masukannya semoga aja sukses tapi satu hal lagi yg mau saya tanyain
kalo suara gedeg-gedeg dari mesin tp pas gw tarik koplingnya tu suara makin berkurang tp kalo gw lepas lg berisiknya kerasa......

iya maklum pgn beli motor yg ada fairingnya blm kesampain....kalo untuk thunder beli dimana ya kalo dibgr susah carinya/////di kebon jeruk ada gak bro...kira2 brp duit ya.......
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

gedeg2??? suara rante kendor kali???

untuk fairing, gw dah pernah liat ada thunder 125 yg pake, tapi kayaknya itu model yg beli jadi punya..banyak kayaknya di kebon jeruk...bahan fiber. gw pernah iseng2 tanya fairing fiber bikinan yg buat ninja/tiger, 525 rebong, tanpa lampu depan. udah di cat model GP, tersedia dlm aneka warna tergantung motornya. Kebetulan yg gw iseng2 tawar itu buat ninja, lumayan, warna cat n stripping cat mengikuti stripping body ninja, so nyambung gitu. Cuma sayang mutu cat "jelek!!!"....jd gak berani megang, takut catnya kegores/luntur :p
boleh aja cari di kebon jeruk, tp jangan kecewa kalo nanti dah pasang :) ya, siapin aja sekitar 750 rebu untuk beli fairing + lampu depan + ongkos pasang di bengkel.

kalo mo yg bener2 rapih n berkualitas, ada baiknya bikin di rumah modifikasi. Kita malah bisa seenaknya minta dibikinin sesuai keinginan. Pernah liat motor satria 2 tak yg diubah jadi motor sport fairing? hehe...sulap2an gampang koq sekarang ini, asal dana ada....hehe...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

bukan rante keteng....!!!
dari blok mesin...bro....kalo kopling ditarik tuh suara gak kerasa...kalo dilepas baru kerasa gedeg.2.....????
-kalo suara kerrrrr-kerrr...digas makin kenceng....kira2 dari klep bukan bro???...,,atau kurang oli.... ya????

eah mahal juga yah fairing.....
ya kalo dah masuk rumah costum seh motor bebek-honda 70 juga dagh bisa jd CBR heheheh...........
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

bukan rante keteng yg gw maksud, tapi rante buat muterin roda itu lho...mungkin aja dah aus giginya ato rantenya dah bopak, ato dua2nya. Walau dikencengin, tetep aja kalo dah aus tetep bunyi.
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

nichol wrote:bukan rante keteng yg gw maksud, tapi rante buat muterin roda itu lho...mungkin aja dah aus giginya ato rantenya dah bopak, ato dua2nya. Walau dikencengin, tetep aja kalo dah aus tetep bunyi.
bung kalo rante saya paham....itu gak ada masalah....
tapi suaranya itu lho dari mesin...kerrrrr...
ngomong2 kalo bengkel resmi suzuki
belum ada yg ampe buka malam ya...
kurang bagus pelayananya
kalah sama honda buka sampe malam
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

lu gedor2 aja bro bengkelnya, kalo perlu bawa begundal2 FPI dateng rame2 sambil bawa obor n golok....hehe...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
maulana_bsi2004
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Nov 15, 2005 22:03
Location: Jakarta Timur - Bekasi Barat

Post by maulana_bsi2004 »

[quote="Berux_bogor"]bukan rante keteng....!!!
dari blok mesin...bro....kalo kopling ditarik tuh suara gak kerasa...kalo dilepas baru kerasa gedeg.2.....????
-kalo suara kerrrrr-kerrr...digas makin kenceng....kira2 dari klep bukan bro???...,,atau kurang oli.... ya????

iyach nih bro benar, stel klepnya bro ..... memang tuh suaranya nggk bakal hilang semua setidak2nya nggk separah itu.
Image
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

NICHOL.....waduh bangkrut tuh bengkel.....bahaya dijarahin juga judulnya......."buka bengkelnya ketua gw mau servis kalo kagak gw bakar......gitu ya bro:f150 temen gw baru beli 1 minggu ditarik lg ama showroom gara2nya cdi-nya mati....terus kemaren ada costumer dikantor gw...gw liatin motornya....f150 dikickstater susah bgt ya nyalanya udah kira2.....7 kali slah baru nyala...waduh gimana tuh


maulana:::::ok deh ternyata perkiraan kita sama....betul bro maul......ya sutrah gw masukin bengkel minta stel klep...tp mungkin gak ganti klep.....eh(bro BSI apaan kampus...or??????)
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Berux_bogor wrote:akhirnya bung yoyo saya mengetahui kenapa motor saya ndut2an saya bongkar kemarin karbunya terus saya cek kok seher karbunya terasa keset gak lancar saya kira kotor lalu saya tes ternyata masih saja...ndut2an.....saya cek lagi ternyata tuh jarum skep nya gak lurus malah bengkok jd penghambat, solusinya karena blm kebengkel saya longgarin dua sekrup yg fungsinya menahan jarum skep yg ada didalam seher karbu...tapi itu kondisi sementara....karena masih ada ndut2an nya diantara 60-80.....
gak tau tuh masalahnya apa?

sori, gw baru reply yg ini.
Mengikuti thread ini, kayaknya bro berux dapet motor ini secondhand ya? dalam kondisi yang cukup (maaf)mengenaskan.
Saran saya sih, apapun caranya, bawa dulu ke bengkel suzuki yang recomended (atau bengkel umum yg recommended utk thundie125) , and kembalikan ke ori/standar semua komponen/settingan nya.
Dng begini bisa ditelusuri mana aja komponen yang bermasalah.
bung yoyo !!!
-mungkin gak kalo stelan klep mempengaruhinya?
-kemarin saya cek spedo gak jalan, apakah kabel spedo bagian dalam itu ada kawatnya atau tidak, hanya ada kabel bagian luar saja....(kabel yg seperti kawat rem)
-gimana kalo stelan angin supaya saya tahu sudah pas? mempengaruhi juga gak ke ndut2annya
Jawab:
1. iya.
2. ada kawatnya dong.
3. sori, saya juga makin bingung dng thundie bro berux :?
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

bro berux..biar gak rancu, mari ditata ulang pernyataan mengenai thundie nya bro berux...
krn jujur gw jd tambah bingung dgn masalah motornya bro..

1. motor ndut2an nya waktu di kecepatan berapa? n pada rpm berapa?

2. masalah ndut2 an itu dah beres ato belom sih?

3. terdengar suara kasar itu pas motor dlm keadaan dingin atau dah panas masih begitu?

4. dah servis berapa kali sejak pertama gejala2 aneh ini muncul? di bengkel resmi ato liar?

5. bro kerjanya apa? :) apa hari sabtu gak bisa ke bengkel? krn setau gw bengkel resmi tetep buka hr sabtu...???

6. langkah2 apa aja yg dah diterapin dr milis ini n berhasil?

7. yg gak berhasil langkah apa aja?

mudah2an kl dijawab lengkap, bisa dapet feed back lebih baik dr rekan2 milis, krn kayaknya banyak yg bingung n rancu nih (termasuk gue sendiri)
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Berux_bogor wrote:NICHOL.....waduh bangkrut tuh bengkel.....bahaya dijarahin juga judulnya......."buka bengkelnya ketua gw mau servis kalo kagak gw bakar......gitu ya bro:f150 temen gw baru beli 1 minggu ditarik lg ama showroom gara2nya cdi-nya mati....terus kemaren ada costumer dikantor gw...gw liatin motornya....f150 dikickstater susah bgt ya nyalanya udah kira2.....7 kali slah baru nyala...waduh gimana tuh


maulana:::::ok deh ternyata perkiraan kita sama....betul bro maul......ya sutrah gw masukin bengkel minta stel klep...tp mungkin gak ganti klep.....eh(bro BSI apaan kampus...or??????)
nggak sampe bangkrut lah...apa yg mo dijarah dr bengkel memangnya? palingan obeng sama tang...pake alibi dong, bilang "kami FPI mensinyalir bahwa bapak membuka bengkel erotis di sini! tolong bapak buktikan kalau ini bukan bengkel erotis dgn cara uji coba memperbaiki motor thunder saudara berux...jangan asal2an memperbaiki, atau kami obrak abrik tempat ini sbg tempat maksiat! '
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

My answer for bro yoyo & Nichol

1.saya dapat motor tarikan

2.kawat di spedo saya tidak ada hanya slongsongnya saja

3.sebelum saya bongkar karbu ndut-an di 40 rpm keatas tapi setelah saya cek spuyer ternyata bengkok lalu saya longgarin baut dispuyer tarikannya dari bisa 60 rpm keatas tapi setelah itu nahan lg tarikannya.

4.kalo dingin suara gedeg-gedeg tp ketika kopling ditarik suaranya mengecil...,,kalo panas suara kerrr (sepertinya dr klep)

5.belum sempat sibuk sekali bro...kalo nanya teman yg kerja di bengkel resmi sudah...jawabannya dr stelan kopling bisa dari karbu bisa

6.saya kerja di prusahaan I.T ECS hari sabtu setengah hari pulang sampai bogor pukul 6 sore kerja di jakarta barat..minggu kadang2 acara undangan.......bingung waktunya mau service

7.info untuk bongkar karbu dicek...ternyata berhasil saya kerjakan dari pulang kerja jam 8 sampai 11 malam baru kelar cuma untuk nambah rpm doank dari 40 ke 60 lumayanlah....memang karbunya juga agak keset.

8 langkah untuk mencapai supaya motor gak nahan......bisa dibawa diatas 60

9.munkin kalo untuk masalah yg lain memang harus dibawa kebengkel....tp saya penasaran tentang tarikan yang nahan (karbu)


owww...didekat tempat kerja saya banyak bengkel erotis "plus-plus" tune-UP....body repair....dari ABG ampe emak-emak tukang servisnya..hehehhehehehehe
User avatar
noe777
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 137
Joined: Wed Jul 06, 2005 8:07
Location: Depok City

Post by noe777 »

pengalaman pribadi gw:
F150 gw ndut2an di putaran bawah n knoking di putaran atas, tarik2an ama supra fit aja kalah, liat2 di web ssfc disuruh seting angin 1,5 putaran ke kiri. hasilnya... siiip..
coba bro cari sendiri setingan angin buat motor bro.. siapa tau cuma setingan anginnya doank yg bikin motor ndut2an..
tapi klo dah mesin yg bmasalah... no comment..
smoga membantu.
1+1 = ?
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

ow....iya stelan angin juga memang kurang pas tapi sudah saya stel 1,5 masih nahan tarikannya.....tapi memang pengaruh ya.....setelah saya setel anginnya tarikannya nambah
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Berux_bogor wrote:ow....iya stelan angin juga memang kurang pas tapi sudah saya stel 1,5 masih nahan tarikannya.....tapi memang pengaruh ya.....setelah saya setel anginnya tarikannya nambah
tentu saja berpengaruh...bagai membuat adonan kue. Untuk menghasilkan kue yg enak, gak bisa maen campur aja, bisa2 tuh kue gak enak ato malah gak jadi. Sma aja dgn mesin, butuh campuran udara dan bensin yg seimbang. Kalo campuran bensin lebih banyak dr udara, tarikan motor akan terasa berat, mesin berisik, busi hitam, banyak kerak di piston n pokoknya kotor gitu deh enginnya, n bikin boros juga.

kalo udara lebih banyak/lebih kaya dr bansin, motor akan terasa kayak nembak gitu larinya, kayak motor mo keabisan bensin gimana sih? kayak kejang2 gitu larinya, knocking. Kalo kayak gini, ati2 aja, kalo dipaksa lari, bisa rusak piston cs. Biasanya busi akan pucat pasi, malah bisa cepet rusak tuh busi krn kepanasan.

nah, untuk mengetahui apakah campuran terlalu kaya ato miskin, liat aja dr busi. Busi bersihin dulu, terus coba ajak ngeceng 3-4 kilo, bawa pulang, buka tuh busi diliat. Cek deh di http://www.denso.co.id pilih product, terus pilih spark plug. Liat gambar businya, cocokin sama busi bro, ketauan koq kira2 motornya kurang/kelebihan bensin..?

gak semua motor punya setelan angin yg sama. kayak sidik jari aja, tiap orang kan beda2, tapi punya model yg mirip..demikian juga setelan angin. Gak ada yg sama antara motor yg satu dgn lainnya. Cuma punya model yg sama, yaitu antara 1,2 sampai 1,8 putaran dr kanan. Ya dikira2in 1,5. Coba bro puter mentok ke kanan, kalo setelan angin dah mentok tapi gas / mesin masih belom mati, berarti gas motor kegedean. Nah, di karbu kan biasanya ada semacam baut yg gede yg bisa diputer pake tangan, itu dia namanya setelan gas. puter ke kiri (lawan jarum jam) sedikit sedikit sampe mesin mati. Kalo dah itu, baru deh maenin setelan anginnya. Nyalain mesin, tahan gas di 1500 Rpm (beli dulu deh kabel rpm nya kalo rusak, hehe). Tahan jangan sampe goyang sedikit pun! sedikit demi sedikit puter setelan angin pake tangan yg satunya lagi (jgn dipake buat ngobel cewe dulu, tuh tangan dua2 nya fokus ke motor dulu, hehe)...sambil puter anginnya, pelototin tuh tachometer sampe jereng, liat kan rpm nya naek terus seiring dgn puteran angin? cari yg rpm nya tertinggi, stop disitu! berarti kemungkinan besar dah ketemu setelan yg tepat. Kalo memang bro jitu, tuh setelan gak jauh2 dr 1,5 puteran pentok kanan deh...kalo masih gak enak bawanya, berarti perlu puter dikit lagi. Kalo mesin berebet, berarti campuran bensin kebanyakan dikit, puter ke kiri dikit. kalo knock, bensin kedikitan dikit, puter ke kanan. begitu sebaliknya.

kalo bro udah puter 1,5 puteran tarikan masih nahan, berarti kurang puter ke kiri dikit.

oh, ya, kalo cara diatas gak berhasil/ngaco, harap maklum, krn cara diatas gw terapin di 2 tak, hehe..kalo masih aja gak enak, berarti mungkin setelan klep dah berubah.. hehe..kacian deh.....hehe...
Just Call Me Nichol !!!