yang merasa MONTIR BANTUIN saya DONK Thunder 125

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Berux_bogor wrote:My answer for bro yoyo & Nichol

1.saya dapat motor tarikan

pantes aja tuh motor gak enak, jangan2 malah dah digonta ganti spuyernya.

2.kawat di spedo saya tidak ada hanya slongsongnya saja

kasihan sekali si thundie ini....ckckckck.....bagai pria yg hanya punya satu biji.....ganti dong bro kabel speedo nya...murah koq...

3.sebelum saya bongkar karbu ndut-an di 40 rpm keatas tapi setelah saya cek spuyer ternyata bengkok lalu saya longgarin baut dispuyer tarikannya dari bisa 60 rpm keatas tapi setelah itu nahan lg tarikannya.

ndut2an tuh lantaran supply bensin gak beres/terhambat. Coba set klep ke standar dulu (minta bengkel suzuki yg punya setelan standarnya)...setelah itu, cek spuyer, kembaliin ke standar semua deh, sekalian minta orang bengkel suzuki tsb cek posisi tinggi pelampung, bisa jadi tuh pelampung kerendahan, jadi tampungan bensin di mangkok karbu sedikit, alhasil waktu bawa rpm tinggi, suplly bensin terganggu. setelah itu, baru deh setel angin biar beres. yg pasti kopling bro gak kenapa2, krn kalo kopling yg kena maka motor jalan slip melulu, n tarikan kurang spontan...kopling aus gak ngaruh ke motor ndut2an...yg bikin ndut2an tuh biasanya karbu.

4.kalo dingin suara gedeg-gedeg tp ketika kopling ditarik suaranya mengecil...,,kalo panas suara kerrr (sepertinya dr klep)

klep yg setelannya gak tepat memang bisa bikin suara2 menyeramkan,gak ada salahnya bro minta stel klep ke kondisi standar pabrik.

5.belum sempat sibuk sekali bro...kalo nanya teman yg kerja di bengkel resmi sudah...jawabannya dr stelan kopling bisa dari karbu bisa

semua juga bisa, cuma susah kalo cuma tebak2 buah manggis...

6.saya kerja di prusahaan I.T ECS hari sabtu setengah hari pulang sampai bogor pukul 6 sore kerja di jakarta barat..minggu kadang2 acara undangan.......bingung waktunya mau service

wah, bro berux ini termasuk kategori pejabat ya, tiap minggu ada aja undangannya...mau gak mau hrs ada yg dikorbanin bro, ato bro bisa kasih makan motor bro rujak pengantin atau ayam goreng mentega di kondangan biar kembali fit....saran gue, cuekin aja undangannya...

7.info untuk bongkar karbu dicek...ternyata berhasil saya kerjakan dari pulang kerja jam 8 sampai 11 malam baru kelar cuma untuk nambah rpm doank dari 40 ke 60 lumayanlah....memang karbunya juga agak keset.

8 langkah untuk mencapai supaya motor gak nahan......bisa dibawa diatas 60

9.munkin kalo untuk masalah yg lain memang harus dibawa kebengkel....tp saya penasaran tentang tarikan yang nahan (karbu)


owww...didekat tempat kerja saya banyak bengkel erotis "plus-plus" tune-UP....body repair....dari ABG ampe emak-emak tukang servisnya..hehehhehehehehe
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

waduh bro thank's neh info-nya...
gak capek ngetiknya.....tapi ini info memang berguna.....bukan buat gw aja buat semua org forum
pasti gw cek tuh semuanya moga aja bener..ya kalo gak bener tanggung jawab ya heheheheheh


ya ngobel nya pake kaki aja heheheh

berarti gw mentokkin dulu stelan anginnya ya
terus gw puter 1,5 puteran angin...(begitu bukan)
terus stelan gasnya dimatiin gitu.....
gw gak bisa cek lewat rpm kan rpm gw mati bro
kalo gw nyeimbangi dari suara gmn?

ya kalo gak bener2 juga UUD unjung2 duit deh hehehe......pasti klep juga musti distel seh

ya kayaknya stel angin seh gak beda jauh sama 2 tak.....

tanggung jawab ya kalo gak beres hehehe...bro gawe dimana?
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

Berux_bogor wrote:
berarti gw mentokkin dulu stelan anginnya ya
terus gw puter 1,5 puteran angin...(begitu bukan)
terus stelan gasnya dimatiin gitu.....
gw gak bisa cek lewat rpm kan rpm gw mati bro
kalo gw nyeimbangi dari suara gmn?

bro gawe dimana?
terbalik bro, salah bro, yg gw maksud,
1. pentokin dulu setelan anginnya ke kanan, terus kalo pas mentokin angin ke kanan tsb gasnya belom mati, berarti gasnya kegedean, gitu..
2. ya gasnya dikecilin dikit2 sampe mesin mati. Kalo mesin dah mati, berarti setelan gas udah ok, jangan diutak-atik lagi setelan gasnya. Tinggal sekarang konsentrasi ke setelan anginnya aja.
3. Tahan rpm di 1500 rpm (jgn sampe gerak, kesalahan fatal kalo pas setel angin tapi grip gas ikut2an gerak), sedikit2 setelan angin diputer ke kiri sampe keliatan di speedometer, titik RPM yang tertinggi. Kalo rpm dah gak bisa naek2 lagi, berarti dah ketemu/hampir ketemu setelan yg pas. Tiggal geber2 n test ride.. coba bawa mulai dr rpm rendah, menengah sampe full throttle!

itu cara yg bener. cocok buat motor setingan standar sampe yg dah agak kurang standar.

Cara kedua, lakukan langkah 1&2 (sama). Cuma bedanya, langkah ketiganya adlh..bro langsung puter tuh setelan angin 1,5 puteran n test ride. Kalo gak enak tinggal puter2 dikit ke kanan ato ke kiri. Kalo brebet n ndutan, puter ke kanan dikit, kalo brebetnya 'basah2 gitu kayak suaranya gito rollies', puter ke kiri dikit. Terus sampe ketemu yg enak. Cara ini ok2 aja, n biasanya buat mereka yg kupingnya rada kurang peka n tangannya rada 'parkinson', yg megang grip gas sering ngaco..hehe..gampang kalo di motor yg full standar, kalo gak standar mah terang aja ngaco abis.

kalo dah dilakonin masih gak ketemu juga, ya nasib! berarti ada yg gak beres, mungkin jet terlampau kegedean, ato spuyer dah naek kebanyakan dll...berdoalah bro..jangan lupa bayar amal biar murah rejeki..hehe..
Just Call Me Nichol !!!
burn
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Nov 15, 2005 5:56

Post by burn »

Wah kok kaya nya parah banget sih thuder 125 itu
Banyak banget permasalahannya

Apa Thunder 125 yg baru juga masih bermasalah ???

Bingung nih, bantuin donk bro
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

Om burn motor saya sudah sehat sekaranggg...
insya Allah thundie baru dah gak ada masalah...
burn
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Nov 15, 2005 5:56

Post by burn »

wah thank's bro berux :D

sempet ragu nih ama kemampuan thunder 125

adek gw minta dibeliin thunder 125 nih, jd nya gw obok-obok artikel lama di SM ini :lol: . Yah itung2 sebagai bahan referensi

Btw, skarang brp harganya on the road ???
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

tapi gw rasa sih si thundie yang baru juga gak bakal lepas dari masalah yang pernah gw alamin..soalnya temen gw kemaren thundie baru sempet kena masalah yang sama,,karena salah bengkel,, meskipun di beres (bengkel resmi) taPI MEKANIKnya gak jago .....ato coba buka forumnya thunder
http://www.thunder125.invisionplus.net
di situ banyak bahasan ttg thunder banyak kok bro
selamat bergabung dengan thunder
permasalahannya cuma karena di karbu aja karena dia pake karbu vakum dan saya rasa waktu mekanik yang pertama gak bener masangnya jadi banyak masalah yang timbul
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

yup klo menurut bengkel2 thundie itu bermasalah di karbu-nya karena doi pake vakum, klo mau ganti karbu-nya, klo pake thundie 125 sy rasa ngga cocok untuk kebut2-an, susah larinya meningan maen di modis aja body-nya gampang banget di bikin kerennya.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
burn
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Nov 15, 2005 5:56

Post by burn »

emang bukan buat kebut2 an bro, cuman buat kuliah
kan klo anak kuliah ga perlu yg boros bensin

Lagian klo gw sendiri sih lebih prefer ke New Satria F150 (keren banget coy ). Cuman adek gw kayaknya lebih seneng motor laki deh so F150 nya ga jadi :cry:

Emang Thunder 125 tuh keren banget body nya

Coba scorpio bisa bikin body yg lebih keren :? :? :?