3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: 26 Jul 2017, 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by FR6 »

Gangenlyt69 wrote: ↑08 May 2022, 19:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya πŸ˜…

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
Mau saranin yg out of the box Om :big_exellent:

Ambil Grand Sedona Second aja, harga udh 300jutaan :big_exellent:
Jaminan enak diisi 6 orang dewasa + 2 anak kecil, row ke 4 mah lipet aja buat bawa barang2. Stroller full size & perabotan balita pasti masup itu. Bonus juga ban gede, gak khawatir peyang kalo kena lobang di tol :big_love:

Oh iya, kalo ambil yg diesel agak mahal, tapi iritnya bikin LCGC minder WKWKW saia pengen ambil Grand Sedona Diesel, tapi mentok di budget (backsound: β€œdari mana uangnyaaa??!!”)
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: A
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1347
Joined: 15 Nov 2010, 17:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by mike22 »

Gangenlyt69 wrote: ↑08 May 2022, 19:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya πŸ˜…

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
Tuker tambah aja anps nya, mumpung harga sekennya lagi tinggi2 nya ini.
Hint : jual ke Jateng harganya tinggi
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3682
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Pboyz97 »

mike22 wrote: ↑14 May 2022, 22:55

Tuker tambah aja anps nya, mumpung harga sekennya lagi tinggi2 nya ini.
Hint : jual ke Jateng harganya tinggi
anps mah dari dulu juga harga sekennya masih tinggi, sama kek anf , anki, avxen dan rushter, karena peminatnya di daerah masih banyak. gacuma jateng om, jual ke jatim atau luar jawa pun harganya jg masih tinggi, karena disana peminatnya masih banyak menurut saya hehehe
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 21 May 2019, 23:24

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Gangenlyt69 »

mike22 wrote: ↑14 May 2022, 22:55
Gangenlyt69 wrote: ↑08 May 2022, 19:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya πŸ˜…

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
Tuker tambah aja anps nya, mumpung harga sekennya lagi tinggi2 nya ini.
Hint : jual ke Jateng harganya tinggi
Masalahnya harga AGH30 juga lagi tinggi2nya om, sampe sekarang nahan banget. Terakhir kemarin ini lihat unit NIK 2015 km 80rb an aja minta 760. Sementara anps saya NIK 2019 km 38rb πŸ˜ƒ
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3682
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Pboyz97 »

Gangenlyt69 wrote: ↑15 May 2022, 11:58
Masalahnya harga AGH30 juga lagi tinggi2nya om, sampe sekarang nahan banget. Terakhir kemarin ini lihat unit NIK 2015 km 80rb an aja minta 760. Sementara anps saya NIK 2019 km 38rb πŸ˜ƒ
betul om, even yg gen 2 pun masih nahan sekennya, manteng di 300-400an kecil wkwk. karena peminatnya jg masih banyak. wah, tinggi jg ya harganya, sepertinya masih sama aja harga sekennya kaya harga 2019 yg lalu menurut pengamatan sotoy saya :big_biglaugh:
Past:
2006 yaris/2009 GE8/2010 CRV/2013 CX5/2017 Xpander/2019 yaris /2015 avanza/2017 avanza/ 2018 avanza/2021 avanza/2018 CX5/2018 VRZ/2018 HRV
Now:
2019 CRV/2018 RX300/2018 ANKI
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: 02 Jan 2008, 00:15

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by remedusakti »

Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 21 May 2019, 23:24

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Gangenlyt69 »

remedusakti wrote: ↑16 May 2022, 09:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
Berarti dengan selisih harga yg sedemikian jauh dengan agh30, anh20 ini masih worth untuk dikeep ya om?

Paling spare budget aja untuk peremajaan part2 ya, kalau dalam bayangan saya yg perlu diremajakan dan diupgrade:
1. Restorasi kaki2 & racksteer
2. Untuk sektor mesin, balancer shaft katanya sering kena juga (?)
3. Tambah peredam
4. Ganti ban, rencana michelin primacy 4, (atau ada yg lebih value for money?)

Apa lagi ya kira2 biar seger lagi dan tanpa was2 untuk perjalanan jauh 😁
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: 02 Jan 2008, 00:15

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by remedusakti »

Gangenlyt69 wrote: ↑16 May 2022, 12:37
remedusakti wrote: ↑16 May 2022, 09:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
Berarti dengan selisih harga yg sedemikian jauh dengan agh30, anh20 ini masih worth untuk dikeep ya om?

Paling spare budget aja untuk peremajaan part2 ya, kalau dalam bayangan saya yg perlu diremajakan dan diupgrade:
1. Restorasi kaki2 & racksteer
2. Untuk sektor mesin, balancer shaft katanya sering kena juga (?)
3. Tambah peredam
4. Ganti ban, rencana michelin primacy 4, (atau ada yg lebih value for money?)

Apa lagi ya kira2 biar seger lagi dan tanpa was2 untuk perjalanan jauh 😁
Kl rack steer kayanay ganti bushing teflon aj ckp om, kl beli mahal dan habis diganti ada kemungkinan bunyi lagi..hehhee
Iya infonya 2azfe sering kena balancer shaftnya, tp saya punya msh alus, mungkin karna km baru 70K.
Peredam bagus sih kl mau ditambah, tp sy perhatikan bocor suara dari pintu karet ke body, begitu sy kasi karet tambahan omextra suara jauh senyap.

Kl ban sy baru aj ganti, pake dunlop lm705, harga murmer, empuk dan gak bising..
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1105
Joined: 02 Aug 2018, 11:43
Location: Jakarta

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by krniawnhdr »

remedusakti wrote: ↑16 May 2022, 09:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
halo om...untuk yang tambahan list karet omextra, itu masangnya nimpa/nambah tanpa perlu dilepas yang karet bawaan ?
atau harus lepas dulu yang lama baru dipasang yang omextra?
makasih om...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 11860
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by ChZ »

remedusakti wrote: ↑16 May 2022, 09:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
wah klo alphard prem sound sih tandingannya harus upgrade ke AGH30 yang prem sound juga wakakkaka jangan ATPM nanti miris.

saya liat HU bawaan ATPM aja sedih kok sama kayak HU fortuner....
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: 21 May 2019, 23:24

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Gangenlyt69 »

remedusakti wrote: ↑16 May 2022, 14:26
Gangenlyt69 wrote: ↑16 May 2022, 12:37
remedusakti wrote: ↑16 May 2022, 09:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
Berarti dengan selisih harga yg sedemikian jauh dengan agh30, anh20 ini masih worth untuk dikeep ya om?

Paling spare budget aja untuk peremajaan part2 ya, kalau dalam bayangan saya yg perlu diremajakan dan diupgrade:
1. Restorasi kaki2 & racksteer
2. Untuk sektor mesin, balancer shaft katanya sering kena juga (?)
3. Tambah peredam
4. Ganti ban, rencana michelin primacy 4, (atau ada yg lebih value for money?)

Apa lagi ya kira2 biar seger lagi dan tanpa was2 untuk perjalanan jauh 😁
Kl rack steer kayanay ganti bushing teflon aj ckp om, kl beli mahal dan habis diganti ada kemungkinan bunyi lagi..hehhee
Iya infonya 2azfe sering kena balancer shaftnya, tp saya punya msh alus, mungkin karna km baru 70K.
Peredam bagus sih kl mau ditambah, tp sy perhatikan bocor suara dari pintu karet ke body, begitu sy kasi karet tambahan omextra suara jauh senyap.

Kl ban sy baru aj ganti, pake dunlop lm705, harga murmer, empuk dan gak bising..
Ganti bushing teflon ada efek minusnya ga om? Misal setir jadi lebih berat atau semacamnya?

So far berarti aman ya om pakai bushing teflon?
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: 02 Jan 2008, 00:15

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by remedusakti »

krniawnhdr wrote: ↑17 May 2022, 08:20
remedusakti wrote: ↑16 May 2022, 09:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
halo om...untuk yang tambahan list karet omextra, itu masangnya nimpa/nambah tanpa perlu dilepas yang karet bawaan ?
atau harus lepas dulu yang lama baru dipasang yang omextra?
makasih om...
Nambah aj om, dia nempel di body yang bersentuhan dgn karet bawaan. Jd dgn adanya karet tambahan jadinya karet ketemu karet jd lebih rapet. Pintu juga ditutup suaranya surprice jadi mirip ahh30 2020 ortu punya.hehehehe
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: 02 Jan 2008, 00:15

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by remedusakti »

Gangenlyt69 wrote: ↑17 May 2022, 12:29
remedusakti wrote: ↑16 May 2022, 14:26
Gangenlyt69 wrote: ↑16 May 2022, 12:37

Berarti dengan selisih harga yg sedemikian jauh dengan agh30, anh20 ini masih worth untuk dikeep ya om?

Paling spare budget aja untuk peremajaan part2 ya, kalau dalam bayangan saya yg perlu diremajakan dan diupgrade:
1. Restorasi kaki2 & racksteer
2. Untuk sektor mesin, balancer shaft katanya sering kena juga (?)
3. Tambah peredam
4. Ganti ban, rencana michelin primacy 4, (atau ada yg lebih value for money?)

Apa lagi ya kira2 biar seger lagi dan tanpa was2 untuk perjalanan jauh 😁
Kl rack steer kayanay ganti bushing teflon aj ckp om, kl beli mahal dan habis diganti ada kemungkinan bunyi lagi..hehhee
Iya infonya 2azfe sering kena balancer shaftnya, tp saya punya msh alus, mungkin karna km baru 70K.
Peredam bagus sih kl mau ditambah, tp sy perhatikan bocor suara dari pintu karet ke body, begitu sy kasi karet tambahan omextra suara jauh senyap.

Kl ban sy baru aj ganti, pake dunlop lm705, harga murmer, empuk dan gak bising..
Ganti bushing teflon ada efek minusnya ga om? Misal setir jadi lebih berat atau semacamnya?

So far berarti aman ya om pakai bushing teflon?
Awal2 aj setir sedikit lebih berat, tp setelah teflonnya ngepas lama2 enteng lagi stirnya.. sejauh saya pake sih aman aj ya, artinya jd solusi hemat drpd beli rack steer baru, toh pengendalian sama aj gak ngaruh..
Post Reply