Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Gk0011
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Jul 27, 2021 8:01
Location: Gresik, jawa timur
Daily Vehicle: Hyundai grand i10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Gk0011 »

DrivingPotato wrote: Sat Jul 30, 2022 3:39
rendr wrote: Sat Jul 30, 2022 3:22

btw saya tertarik mau comment ini, Kona 2.0 pun di buku service interval 15rb km? ini sih bener2 udah rusak dari lama ya SOP yg mereka pake... kirain mulai di staria / santa fe..

jaman santa fe DM / H1 itu mereka masih pake interval 7500 km soalnya... udh bagus begini kenapa mereka naikin 2x lipat ke 15rb km gila..

tapi saya udh sempet terpikir kalo ini justru bisa jadi celah buat ngasih kesempatan kita pake oli diluar.

kalo boleh tau oli yg dikasih hyundai apa om? kalo saya punya skenario ya oli beres pake 3 bulan, sisanya pake oli bagusan sampe bulan ke 12... btw domisili dimana? kalo sekitar jabodetabek sih ada Bquik, bisa pake Liqui Moly Special Tec AA API SP 5w30... 699k/4L itu udh sip banget
Om kalau download manual book terbaru, untuk area Indonesia itu rekomendasi servisnya memang 15rb KM tapi penggantian olinya disarankan 7500 seinget saya. Pernah saya post bbrp page sebelumnya, yg jelas udah beda sama manual book awal yg semuanya di 15rb.

Nah praktek di bengkel resminya yang saya gak tau gimana. Dari SA kira-kira rekomennya ganti oli per brp ya? Kalo dipikir2 per 7500km tuh ideal sih, rata2 oli di 7500km performanya udah turun, terus setelah 2x ganti oli (15rb KM atau 1 tahun) baru servis. Lebih hemat dan efisien. Gak seperti bengkel resmi lain yang ‘memaksa’ servis per 6 bulan yg sebenernya belum butuh-butuh amat buat diservis.
Iya bener om, kemarin saya sih diingetin buat ganti oli di 6bln/7500. Tapi saran dari sales saya sih kalau cuma ganti oli aja mending di bengkel luar, yang dipentingin katanya sih pokoknya tiap waktunya servis yang 1th/15rb km itu harus dilakuin biar garansi ga hangus
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1785
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Gk0011 wrote: Sat Jul 30, 2022 8:17
rendr wrote: Sat Jul 30, 2022 3:22
Gk0011 wrote: Fri Jul 29, 2022 6:08 Om2 sekalian ijin bertanya, untuk Hyundai Kona bensin 2.0 pakai oli 5W30, mending yang mana antara:
1. Mobil Super Friction Fighter
2. Shell Helix Ultra
3. FK elite
4. Motul Specific 913D
5. Motul H-Tech

Kebetulan di toko oli langganan adanya oli2 di atas dan budgetnya sekitar 500-600rban, kalau penggunaan mobil sendiri cukup jarang pakai dan kalau pakai pun seringnya macet2an di dalam kota

Terima kasih dan mohon sarannya
Gk0011 wrote: Fri Jul 29, 2022 16:59
Oke om, kalau bisa setahun enak sih karena pas dengan jadwal servis hyundai yang emang 1 tahun/15rb km jadi bisa ganti oli pas waktunya jadwal servis😄

Tapi kalau Shell dibandingkan dengan FK/Motul mending mana ya kira2 om?
btw saya tertarik mau comment ini, Kona 2.0 pun di buku service interval 15rb km? ini sih bener2 udah rusak dari lama ya SOP yg mereka pake... kirain mulai di staria / santa fe..

jaman santa fe DM / H1 itu mereka masih pake interval 7500 km soalnya... udh bagus begini kenapa mereka naikin 2x lipat ke 15rb km gila..

tapi saya udh sempet terpikir kalo ini justru bisa jadi celah buat ngasih kesempatan kita pake oli diluar.

kalo boleh tau oli yg dikasih hyundai apa om? kalo saya punya skenario ya oli beres pake 3 bulan, sisanya pake oli bagusan sampe bulan ke 12... btw domisili dimana? kalo sekitar jabodetabek sih ada Bquik, bisa pake Liqui Moly Special Tec AA API SP 5w30... 699k/4L itu udh sip banget
Oli yang dikasih hyundai Shell 5w30 om tapi gatau jenis apa ini tapi kayaknya sih setara HX8 deh dan itu harganya agak lumayan sih kemaren dikasih itung2annya itu kurang lebih sekitar 1.1jtan buat 5l, sepertinya mereka maunya tiap ganti oli harus ganti filter nya sekalian karena di buku manual itu kapasitas oli yang dibutuhin 4.2l. Nah karena oli yang agak mahal ini, jadinya saya udah 2× ini ganti oli di luar sih, itu juga hasil saya tanya ke sales nya yang bolehin ganti di luar aja kalau cuma ganti oli. Kalau ngisi oli ngelihat dipstick sih ternyata kalau tanpa ganti filter itu dipstick udah nunjukin F di 3.5l an.
Kalau domisili saya di Gresik sih om, jadi pilihan oli cukup sedikit sih kalau mau cari2 harus ke Surabaya😂
Beli online aja om, dari surabaya kirim ke gresik murah.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by rendr »

Gk0011 wrote: Sat Jul 30, 2022 8:17
rendr wrote: Sat Jul 30, 2022 3:22
Gk0011 wrote: Fri Jul 29, 2022 6:08 Om2 sekalian ijin bertanya, untuk Hyundai Kona bensin 2.0 pakai oli 5W30, mending yang mana antara:
1. Mobil Super Friction Fighter
2. Shell Helix Ultra
3. FK elite
4. Motul Specific 913D
5. Motul H-Tech

Kebetulan di toko oli langganan adanya oli2 di atas dan budgetnya sekitar 500-600rban, kalau penggunaan mobil sendiri cukup jarang pakai dan kalau pakai pun seringnya macet2an di dalam kota

Terima kasih dan mohon sarannya
Gk0011 wrote: Fri Jul 29, 2022 16:59
Oke om, kalau bisa setahun enak sih karena pas dengan jadwal servis hyundai yang emang 1 tahun/15rb km jadi bisa ganti oli pas waktunya jadwal servis😄

Tapi kalau Shell dibandingkan dengan FK/Motul mending mana ya kira2 om?
btw saya tertarik mau comment ini, Kona 2.0 pun di buku service interval 15rb km? ini sih bener2 udah rusak dari lama ya SOP yg mereka pake... kirain mulai di staria / santa fe..

jaman santa fe DM / H1 itu mereka masih pake interval 7500 km soalnya... udh bagus begini kenapa mereka naikin 2x lipat ke 15rb km gila..

tapi saya udh sempet terpikir kalo ini justru bisa jadi celah buat ngasih kesempatan kita pake oli diluar.

kalo boleh tau oli yg dikasih hyundai apa om? kalo saya punya skenario ya oli beres pake 3 bulan, sisanya pake oli bagusan sampe bulan ke 12... btw domisili dimana? kalo sekitar jabodetabek sih ada Bquik, bisa pake Liqui Moly Special Tec AA API SP 5w30... 699k/4L itu udh sip banget
Oli yang dikasih hyundai Shell 5w30 om tapi gatau jenis apa ini tapi kayaknya sih setara HX8 deh dan itu harganya agak lumayan sih kemaren dikasih itung2annya itu kurang lebih sekitar 1.1jtan buat 5l, sepertinya mereka maunya tiap ganti oli harus ganti filter nya sekalian karena di buku manual itu kapasitas oli yang dibutuhin 4.2l. Nah karena oli yang agak mahal ini, jadinya saya udah 2× ini ganti oli di luar sih, itu juga hasil saya tanya ke sales nya yang bolehin ganti di luar aja kalau cuma ganti oli. Kalau ngisi oli ngelihat dipstick sih ternyata kalau tanpa ganti filter itu dipstick udah nunjukin F di 3.5l an.
Kalau domisili saya di Gresik sih om, jadi pilihan oli cukup sedikit sih kalau mau cari2 harus ke Surabaya😂
Oalah 5w30 iya paling ga jauh2 dari HX8.. btw bener om ganti oli = ganti filter juga ya.. jgn ga ganti, ibarat mandi ga ganti celana dalem itu...
:mky_01:

Waduh 1,1jt 5L oli doang apa total service? Muahal amat.. bisa dapet sekelas Q8, PTT kembalian.. kalo gitu beli oli 4L aja cukup om gausah diisi 4,2.. kurang dikit mah gapapa, bisa tambah additif lagi kalo mau kyk mannol dkk

Di sby banyak pilihan sih kalo di tokped, kalo mau yg gampang diantara pilihan tadi saya rekomen 913d.. tp yakin asli ya, motul banyak palsu...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

rendr wrote:
Suryaputra wrote: Sat Jul 30, 2022 1:40
rendr wrote: Sat Jul 30, 2022 1:35 waduh muncul lg nih barang, jangan di umbar2 om, 210k PAO nya 60-70% nih oli, nnti ikut ngelunjak yg jual wkwkwk
Alternatif amsoil sm q8

Harganya between them :ngacir:
Gara2 sds jadi liat Q8 0w20... so sorry Q8 :(
Ini kok msh ada mineralnya ya.. :(
Screenshot_20220730-060431_Drive.jpg
Mineral oil utk carrier additive package nya aja

ga masalah
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9689
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Sat Jul 30, 2022 11:29
rendr wrote:
Suryaputra wrote: Sat Jul 30, 2022 1:40

Alternatif amsoil sm q8

Harganya between them :ngacir:
Gara2 sds jadi liat Q8 0w20... so sorry Q8 :(
Ini kok msh ada mineralnya ya.. :(
Screenshot_20220730-060431_Drive.jpg
Mineral oil utk carrier additive package nya aja

ga masalah
Hoo supaya mixed well yaa?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Sat Jul 30, 2022 12:05

Hoo supaya mixed well yaa?


kalo di DOHC Genuine Oil cukup kirim doa supaya mixed well.
dan itupun tergantung berapa lama berdoanya.
makin lama, makin well mixed-nya.










:ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9689
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Sat Jul 30, 2022 12:26
Suryaputra wrote: Sat Jul 30, 2022 12:05

Hoo supaya mixed well yaa?


kalo di DOHC Genuine Oil cukup kirim doa supaya mixed well.
dan itupun tergantung berapa lama berdoanya.
makin lama, makin well mixed-nya.










:ngacir:
Menggoda emang tu lendir :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Sat Jul 30, 2022 12:37

Menggoda emang tu lendir :upss:



semakin bersih hati dan pikiran kita, semakin panjang umur oli di dalam mesin.

percayalah.... !!!!








mana mbah
DOHC
:weekk:
honor promosi segera trf woy....
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by blloewy »

marmut wrote: Sat Jul 30, 2022 12:26
Suryaputra wrote: Sat Jul 30, 2022 12:05

Hoo supaya mixed well yaa?


kalo di DOHC Genuine Oil cukup kirim doa supaya mixed well.
dan itupun tergantung berapa lama berdoanya.
makin lama, makin well mixed-nya.










:ngacir:
Makin ampuh dalam melumasi....
Dijamin Everlasting...ngalah2in daya tahan baterai mobil EV skrg :big_exellent:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11035
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by marmut »

blloewy wrote: Sat Jul 30, 2022 13:40
Makin ampuh dalam melumasi....
Dijamin Everlasting...ngalah2in daya tahan baterai mobil EV skrg :big_exellent:


jadinya LC200 warna apa mbah?












#sebargosip
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Mz175 »

Mau tanya nih para suhu sekalian. Motul h-tech 100 plus 0w20. Apakah ini oli kelas long drain? :big_think:. Tbn 8.5 menurut pds nya.
Gk0011
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Jul 27, 2021 8:01
Location: Gresik, jawa timur
Daily Vehicle: Hyundai grand i10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Gk0011 »

rendr wrote: Sat Jul 30, 2022 10:38
Gk0011 wrote: Sat Jul 30, 2022 8:17
rendr wrote: Sat Jul 30, 2022 3:22


btw saya tertarik mau comment ini, Kona 2.0 pun di buku service interval 15rb km? ini sih bener2 udah rusak dari lama ya SOP yg mereka pake... kirain mulai di staria / santa fe..

jaman santa fe DM / H1 itu mereka masih pake interval 7500 km soalnya... udh bagus begini kenapa mereka naikin 2x lipat ke 15rb km gila..

tapi saya udh sempet terpikir kalo ini justru bisa jadi celah buat ngasih kesempatan kita pake oli diluar.

kalo boleh tau oli yg dikasih hyundai apa om? kalo saya punya skenario ya oli beres pake 3 bulan, sisanya pake oli bagusan sampe bulan ke 12... btw domisili dimana? kalo sekitar jabodetabek sih ada Bquik, bisa pake Liqui Moly Special Tec AA API SP 5w30... 699k/4L itu udh sip banget
Oli yang dikasih hyundai Shell 5w30 om tapi gatau jenis apa ini tapi kayaknya sih setara HX8 deh dan itu harganya agak lumayan sih kemaren dikasih itung2annya itu kurang lebih sekitar 1.1jtan buat 5l, sepertinya mereka maunya tiap ganti oli harus ganti filter nya sekalian karena di buku manual itu kapasitas oli yang dibutuhin 4.2l. Nah karena oli yang agak mahal ini, jadinya saya udah 2× ini ganti oli di luar sih, itu juga hasil saya tanya ke sales nya yang bolehin ganti di luar aja kalau cuma ganti oli. Kalau ngisi oli ngelihat dipstick sih ternyata kalau tanpa ganti filter itu dipstick udah nunjukin F di 3.5l an.
Kalau domisili saya di Gresik sih om, jadi pilihan oli cukup sedikit sih kalau mau cari2 harus ke Surabaya😂
Oalah 5w30 iya paling ga jauh2 dari HX8.. btw bener om ganti oli = ganti filter juga ya.. jgn ga ganti, ibarat mandi ga ganti celana dalem itu...
:mky_01:

Waduh 1,1jt 5L oli doang apa total service? Muahal amat.. bisa dapet sekelas Q8, PTT kembalian.. kalo gitu beli oli 4L aja cukup om gausah diisi 4,2.. kurang dikit mah gapapa, bisa tambah additif lagi kalo mau kyk mannol dkk

Di sby banyak pilihan sih kalo di tokped, kalo mau yg gampang diantara pilihan tadi saya rekomen 913d.. tp yakin asli ya, motul banyak palsu...
1.1jt udah total kalau ga salah om, oke siap om terima kasih sarannya. Tapi setelah baca2 lagi kayaknya jadi tertarik sekalian beli yang bisa tahan 1th :big_think: , biar pas sama jadwal servis nya. Kalau buat setahun pilih yang mana ya kira2 om antara Amsoil OE atau Q8 special G/D1 atau Mobil1? Maaf kalau tanya2 terus om :mky_01:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Jul 30, 2022 13:45
blloewy wrote: Sat Jul 30, 2022 13:40
Makin ampuh dalam melumasi....
Dijamin Everlasting...ngalah2in daya tahan baterai mobil EV skrg :big_exellent:


jadinya LC200 warna apa mbah?


#sebargosip
sudah kuduga :mky_03: :mky_03:

beli tools gt banyak mendadak, pasti buat siap mnerima anggota baru :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Gk0011
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Tue Jul 27, 2021 8:01
Location: Gresik, jawa timur
Daily Vehicle: Hyundai grand i10

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Gk0011 »

sahabatq8 wrote: Sat Jul 30, 2022 10:12
Gk0011 wrote: Sat Jul 30, 2022 8:17
rendr wrote: Sat Jul 30, 2022 3:22


btw saya tertarik mau comment ini, Kona 2.0 pun di buku service interval 15rb km? ini sih bener2 udah rusak dari lama ya SOP yg mereka pake... kirain mulai di staria / santa fe..

jaman santa fe DM / H1 itu mereka masih pake interval 7500 km soalnya... udh bagus begini kenapa mereka naikin 2x lipat ke 15rb km gila..

tapi saya udh sempet terpikir kalo ini justru bisa jadi celah buat ngasih kesempatan kita pake oli diluar.

kalo boleh tau oli yg dikasih hyundai apa om? kalo saya punya skenario ya oli beres pake 3 bulan, sisanya pake oli bagusan sampe bulan ke 12... btw domisili dimana? kalo sekitar jabodetabek sih ada Bquik, bisa pake Liqui Moly Special Tec AA API SP 5w30... 699k/4L itu udh sip banget
Oli yang dikasih hyundai Shell 5w30 om tapi gatau jenis apa ini tapi kayaknya sih setara HX8 deh dan itu harganya agak lumayan sih kemaren dikasih itung2annya itu kurang lebih sekitar 1.1jtan buat 5l, sepertinya mereka maunya tiap ganti oli harus ganti filter nya sekalian karena di buku manual itu kapasitas oli yang dibutuhin 4.2l. Nah karena oli yang agak mahal ini, jadinya saya udah 2× ini ganti oli di luar sih, itu juga hasil saya tanya ke sales nya yang bolehin ganti di luar aja kalau cuma ganti oli. Kalau ngisi oli ngelihat dipstick sih ternyata kalau tanpa ganti filter itu dipstick udah nunjukin F di 3.5l an.
Kalau domisili saya di Gresik sih om, jadi pilihan oli cukup sedikit sih kalau mau cari2 harus ke Surabaya😂
Beli online aja om, dari surabaya kirim ke gresik murah.
Iya om mau beli online aja, ini ada ketemu di tokped toko panda auto, toko ini trusted ga ya om barangnya? kemudian kalau boleh tau beda antara Q8 special G/D1 long life dengan special G long life itu apa ya om? Dan bisa untuk 1th/10rb kan ya?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1785
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Gk0011 wrote: Sat Jul 30, 2022 19:02
sahabatq8 wrote: Sat Jul 30, 2022 10:12
Gk0011 wrote: Sat Jul 30, 2022 8:17

Oli yang dikasih hyundai Shell 5w30 om tapi gatau jenis apa ini tapi kayaknya sih setara HX8 deh dan itu harganya agak lumayan sih kemaren dikasih itung2annya itu kurang lebih sekitar 1.1jtan buat 5l, sepertinya mereka maunya tiap ganti oli harus ganti filter nya sekalian karena di buku manual itu kapasitas oli yang dibutuhin 4.2l. Nah karena oli yang agak mahal ini, jadinya saya udah 2× ini ganti oli di luar sih, itu juga hasil saya tanya ke sales nya yang bolehin ganti di luar aja kalau cuma ganti oli. Kalau ngisi oli ngelihat dipstick sih ternyata kalau tanpa ganti filter itu dipstick udah nunjukin F di 3.5l an.
Kalau domisili saya di Gresik sih om, jadi pilihan oli cukup sedikit sih kalau mau cari2 harus ke Surabaya😂
Beli online aja om, dari surabaya kirim ke gresik murah.
Iya om mau beli online aja, ini ada ketemu di tokped toko panda auto, toko ini trusted ga ya om barangnya? kemudian kalau boleh tau beda antara Q8 special G/D1 long life dengan special G long life itu apa ya om? Dan bisa untuk 1th/10rb kan ya?
Trusted om, member disini jg udah sering beli.
G/d1 comply sama dexos 1 gen 1 bensin only , g long life dexos 2 (bisa bensin/diesel lebih kentel, biasanya diminta mobil eropah)
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by arfs »



Habis nonton ini, 2015 Camry dengan mesin 2AR-FE yg sudah 180rb miles dan ganti oli tiap 10rb miles di US sana.
Kondisi jeroan nya padahal bersih bebas dari sludge tapi tetap saja ring piston nya macet karena kotoran dan bikin baret cylinder wall nya dan makan oli.

Bener juga sih kata orang nya di 13:34 "hasil test oli dari lab tidak bisa menunjukan bagaimana kondisi aktualnya di ring piston kecuali mesin itu di tear-down" :big_peace: .
Last edited by arfs on Sun Jul 31, 2022 1:31, edited 1 time in total.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Dejavu
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Nov 22, 2019 5:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Dejavu »

Suryaputra wrote: Sat Jul 30, 2022 6:01
laoshizaoan wrote: Sat Jul 30, 2022 5:53 Halo suhu2 sm, mau tanya untuk jimny jb74 oli mobil 1 0w16 new advanced fuel economy lihat di toped bisa pakai engga yah? Rencana pakai yg encer2 biar tarikan enteng. Atau pakai yang 0w20 aja yah? Ngejar long drain nya kalo bs 1 thn baru ganti oli, krn setahun engga sampe 5rb km jg bukan mbl harian. Terima kasih jawaban nya suhu2.
- Ravenol EHS 0w20
- Q8 Formula D1 FE 0W20
- Mobil 1 Extended Performance 0w20

Itu sebagian kelas long drain bisa 1 thn hati tenang, dgn kisaran harga kurleb 200rb.
Q8 malah masih dpt di 180rb seliter di os customs dan sentra pelumas (sikat sblm naik).

‐-------------------

Btw barusan lihat toko online SnD
Shell Helix Astra Premium 0w20 harganya balik normal ke 260rb seliter :upss:
Sering disebut2 sihh
Di tokonya astra nasih separo harga om.

Bukan sales kerang dan astra.
Cuma user yg cari harga kisaran 400-500 dpt 4 liter.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9689
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

arfs wrote: Sun Jul 31, 2022 1:24

Habis nonton ini, 2015 Camry dengan mesin 2AR-FE yg sudah 180rb miles dan ganti oli tiap 10rb miles di US sana.
Kondisi jeroan nya padahal bersih bebas dari sludge tapi tetap saja ring piston nya macet karena kotoran dan bikin baret cylinder wall nya dan makan oli.

Bener juga sih kata orang nya di 13:34 "hasil test oli dari lab tidak bisa menunjukan bagaimana kondisi aktualnya di ring piston kecuali mesin itu di tear-down" :big_peace: .
Nah emang klo ganti oli tiap 10rb miles (meaning 16rb KM) itu sih berlebihan.
Krn klo oli kotor, filter olinya gak sanggup nyaring kotoran dan dibypass jd unfiltered.
Apalagi klo olinya terlalu kental.

Tapi Komen nya soal test lab lucu, belum ngerti test lab kayanya tu org :big_biglaugh: atau jgn2 belum pernah lihat hasil UOA, bisa diketawain seuniverse bitog tu orang.

Kondisi ring piston bener gak bisa dilihat,
Tp bisa dilihat dr wear result nya.
Krn di test lab kan ada batas maximal normal.

Dan bs juga dilihat ke dalam silinder liner pk tools endoscope camera, masuk dr lobang busi :upss:

Emg test lab gini perlu jg tiap 2-3 thn sekali misal.
Dilihat scr berkala dr mobil di KM 20rb Km 40rb KM dst.
Anggap aja part of maintenance cost.
Last edited by Suryaputra on Sun Jul 31, 2022 2:04, edited 5 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9689
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Dejavu wrote: Sun Jul 31, 2022 1:25
Suryaputra wrote: Sat Jul 30, 2022 6:01
laoshizaoan wrote: Sat Jul 30, 2022 5:53 Halo suhu2 sm, mau tanya untuk jimny jb74 oli mobil 1 0w16 new advanced fuel economy lihat di toped bisa pakai engga yah? Rencana pakai yg encer2 biar tarikan enteng. Atau pakai yang 0w20 aja yah? Ngejar long drain nya kalo bs 1 thn baru ganti oli, krn setahun engga sampe 5rb km jg bukan mbl harian. Terima kasih jawaban nya suhu2.
- Ravenol EHS 0w20
- Q8 Formula D1 FE 0W20
- Mobil 1 Extended Performance 0w20

Itu sebagian kelas long drain bisa 1 thn hati tenang, dgn kisaran harga kurleb 200rb.
Q8 malah masih dpt di 180rb seliter di os customs dan sentra pelumas (sikat sblm naik).

‐-------------------

Btw barusan lihat toko online SnD
Shell Helix Astra Premium 0w20 harganya balik normal ke 260rb seliter :upss:
Sering disebut2 sihh
Di tokonya astra nasih separo harga om.

Bukan sales kerang dan astra.
Cuma user yg cari harga kisaran 400-500 dpt 4 liter.
Oh iya bener

https://www.astraotoshop.com/product/e8 ... 1b45801582
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Omnibus »

arfs wrote: Sun Jul 31, 2022 1:24

Habis nonton ini, 2015 Camry dengan mesin 2AR-FE yg sudah 180rb miles dan ganti oli tiap 10rb miles di US sana.
Kondisi jeroan nya padahal bersih bebas dari sludge tapi tetap saja ring piston nya macet karena kotoran dan bikin baret cylinder wall nya dan makan oli.

Bener juga sih kata orang nya di 13:34 "hasil test oli dari lab tidak bisa menunjukan bagaimana kondisi aktualnya di ring piston kecuali mesin itu di tear-down" :big_peace: .
the irony is pertanyaan yg paling umum di tret ini adalah "bisa 10.000km / 1 tahun ga?"

:big_biglaugh:

pdhl jalanan banyak macetnya, mungkin kl itu macet dikalkulasi setara totalnya 13-15k km

tp gpp om, tiap org cara pikirnya beda2 kan. ada yg hobi beli oli paling murah di olshop dipake paling lama. pdhl udah di warning awas palsu. krn prinsipnya kl rusak ya tinggal beli mobil baru. :mky_03:
makin seneng krn dianggap org kaya tulen.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9689
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Sun Jul 31, 2022 2:06
arfs wrote: Sun Jul 31, 2022 1:24

Habis nonton ini, 2015 Camry dengan mesin 2AR-FE yg sudah 180rb miles dan ganti oli tiap 10rb miles di US sana.
Kondisi jeroan nya padahal bersih bebas dari sludge tapi tetap saja ring piston nya macet karena kotoran dan bikin baret cylinder wall nya dan makan oli.

Bener juga sih kata orang nya di 13:34 "hasil test oli dari lab tidak bisa menunjukan bagaimana kondisi aktualnya di ring piston kecuali mesin itu di tear-down" :big_peace: .
the irony is pertanyaan yg paling umum di tret ini adalah "bisa 10.000km / 1 tahun ga?"

:big_biglaugh:

pdhl jalanan banyak macetnya, mungkin kl itu macet dikalkulasi setara totalnya 13-15k km

tp gpp om, tiap org cara pikirnya beda2 kan. ada yg hobi beli oli paling murah di olshop dipake paling lama. pdhl udah di warning awas palsu. krn prinsipnya kl rusak ya tinggal beli mobil baru. :mky_03:
makin seneng krn dianggap org kaya tulen.
Gas polll ajaaa.

7rb KM emang sebetulnya sweet spot untuk kondisi jalan pulau jawa.

Tp ada bbrp case 10rb KM dicapai dlm waktu 6 bulan misal, krn sering di tol.
It's ok klo olinya jg minimal sekelas shell ultra dkk nya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by benzz89 »

Suryaputra wrote:
arfs wrote: Sun Jul 31, 2022 1:24

Habis nonton ini, 2015 Camry dengan mesin 2AR-FE yg sudah 180rb miles dan ganti oli tiap 10rb miles di US sana.
Kondisi jeroan nya padahal bersih bebas dari sludge tapi tetap saja ring piston nya macet karena kotoran dan bikin baret cylinder wall nya dan makan oli.

Bener juga sih kata orang nya di 13:34 "hasil test oli dari lab tidak bisa menunjukan bagaimana kondisi aktualnya di ring piston kecuali mesin itu di tear-down" :big_peace: .
Nah emang klo ganti oli tiap 10rb miles (meaning 16rb KM) itu sih berlebihan.
Krn klo oli kotor, filter olinya gak sanggup nyaring kotoran dan dibypass jd unfiltered.
Apalagi klo olinya terlalu kental.

Tapi Komen nya soal test lab lucu, belum ngerti test lab kayanya tu org :big_biglaugh: atau jgn2 belum pernah lihat hasil UOA, bisa diketawain seuniverse bitog tu orang.

Kondisi ring piston bener gak bisa dilihat,
Tp bisa dilihat dr wear result nya.
Krn di test lab kan ada batas maximal normal.

Dan bs juga dilihat ke dalam silinder liner pk tools endoscope camera, masuk dr lobang busi :upss:

Emg test lab gini perlu jg tiap 2-3 thn sekali misal.
Dilihat scr berkala dr mobil di KM 20rb Km 40rb KM dst.
Anggap aja part of maintenance cost.
Intinya wajib oci tiap 6 bulan (no grey area) & pake "decent" oil aja instead of lendir kere hore or keraton. Ams disebut2 jg itu merek terlalu bombastis klaimnya menurut dia [emoji16]

Paling ideal memang 6 bulan/5000 KM oci pakai DOHC genuine oil biar dikata dipakenya rada2 gimana gitu tapi jaminan 1 juta KM itu cyclinder wall tetep peret, rapet & wangi hahahah.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9689
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Sun Jul 31, 2022 3:12
Suryaputra wrote:
arfs wrote: Sun Jul 31, 2022 1:24

Habis nonton ini, 2015 Camry dengan mesin 2AR-FE yg sudah 180rb miles dan ganti oli tiap 10rb miles di US sana.
Kondisi jeroan nya padahal bersih bebas dari sludge tapi tetap saja ring piston nya macet karena kotoran dan bikin baret cylinder wall nya dan makan oli.

Bener juga sih kata orang nya di 13:34 "hasil test oli dari lab tidak bisa menunjukan bagaimana kondisi aktualnya di ring piston kecuali mesin itu di tear-down" :big_peace: .
Nah emang klo ganti oli tiap 10rb miles (meaning 16rb KM) itu sih berlebihan.
Krn klo oli kotor, filter olinya gak sanggup nyaring kotoran dan dibypass jd unfiltered.
Apalagi klo olinya terlalu kental.

Tapi Komen nya soal test lab lucu, belum ngerti test lab kayanya tu org :big_biglaugh: atau jgn2 belum pernah lihat hasil UOA, bisa diketawain seuniverse bitog tu orang.

Kondisi ring piston bener gak bisa dilihat,
Tp bisa dilihat dr wear result nya.
Krn di test lab kan ada batas maximal normal.

Dan bs juga dilihat ke dalam silinder liner pk tools endoscope camera, masuk dr lobang busi :upss:

Emg test lab gini perlu jg tiap 2-3 thn sekali misal.
Dilihat scr berkala dr mobil di KM 20rb Km 40rb KM dst.
Anggap aja part of maintenance cost.
Intinya wajib oci tiap 6 bulan (no grey area) & pake "decent" oil aja instead of lendir kere hore or keraton. Ams disebut2 jg itu merek terlalu bombastis klaimnya menurut dia [emoji16]

Paling ideal memang 6 bulan/5000 KM oci pakai DOHC genuine oil biar dikata dipakenya rada2 gimana gitu tapi jaminan 1 juta KM itu cyclinder wall tetep peret, rapet & wangi hahahah.
Klo listen careffully mulai di menit 6:05
Dia mention bahwa: "kita gak pernah tau di bengkel resmi toyota dikasih oli jenis apa, idealnya yg bagus 0w20 full sintetis pk TMO, tp bisa aja mereka pakai oli grade termurah, yg penting warna coklat dan licin" :big_biglaugh:

Btw udh gak pk amsoil lg mbah? :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

Mz175 wrote:Mau tanya nih para suhu sekalian. Motul h-tech 100 plus 0w20. Apakah ini oli kelas long drain? :big_think:. Tbn 8.5 menurut pds nya.
Test aja 8000 - 10.000 km trus test lab

share hasil nya

nanti analisa bersama
* Bukan ajakan Beli *
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by benzz89 »

Suryaputra wrote: Btw udh gak pk amsoil lg mbah? :ungg:
Msh pake mbah... kemarin roap trip pake fortuner 1 bulan hampir 3 ribu KM ke bromo, malang, batu, surabaya, madura, solo, bandung, ciwidey kawah putih. Sebelum berangkat ganti oli dulu pake yg baru biar afdol krn AMS SS MD yg lama sdh 7 ribu-an KM/7 bulanan, msh sayang sih sebenarnya krn ada ceratecnya itu si AMS yg lama hahaha.

Paling berat itu ke kawah putih, off road 5 KM jalan nanjak parah + hancur lebur, mana mobil isi full 6 org + barang2... untung pakai lendir AMS SS MD 5W-30 baru jd gas poll aja dah hahahah, pulang check deep stick tdk ada penguapan sama sekali, padahal pergi gas pol terus 800 KM++ non stop.

Abis ini keknya iseng mau cobain FT8800 mbah, mau bandingin enakan mana ama AMS SS MD, secara harga lebih bersahabat FT8800 tp msh menunggu diskon akhir taon dr sahabat q8 nih buat warga SM hahahaha [emoji16]