Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

Awalnya mencoba Battery Electric Vehicle di Seattle, Tesla X kok rasanya nyaman, hening, kedap dan torsi instan.
Balik ke Jakarta, langsung booking Hyundai Ioniq5 yang memang sudah mulai dibuka booking 10juta DP nya.

Menunggu launching di IIMS 2022, kemudian masih setia menunggu sampai akhirnya dapat unit di awal Juli 2022.

Exterior:
Sangat eye catching, meskipun terlihat seperti Compact Utility Vehicle namun tidak bisa dibilang ukuran nya kecil.
Panjang: 4,635 meter, Lebar: 1,89 meter (lebih lebar daripada Innova Reborn), Wheelbase nya 3 meter (lebih panjang dari Palisade)
Tarikan garis bodi yang seperti dipahat, dan lampu depan yang menjadi satu garis dan LED light membuat eye catching di jalanan.
3d2ac9ea-32b5-4c42-96cf-b40eabbefed7.JPG
dbe9e17e-6545-4883-b2ab-bc64badc30ae.JPG
Body belakang yang model hatchback, disayangkan tidak ada wiper belakang, terasa cepat berdebu, dan kamera parkir belakang yang cepat kotor saat hujan.
IMG_5161.jpg
1463790c-0ca7-4884-8cfd-96d2401266f9.JPG
Kisi kisi bodi yang bentuk seperti garis garis horizontal cukup menyulitkan saat cuci mobil, harus extra dengan brush bristle agar kotoran terangkat
Ban menggunakan Michelin Pilot Sport EV 255/45 R20 dengan teknologi accoustic (lebih senyap) dan low rolling resistance, belum tahu apa ini RFT atau bukan.

Interior:
Sangat lega, roomy, dengan deck console box, dan lighting ambience light, sangat modern dan dimanjakan dengan relax mode seating.
Bahkan door trim sangat lapang, sampai ada ruang kosong untuk di sisi kanan, kurang lebih 25cm. ini yang bikin agak sulit saat mengambil karcis parkir atau tap toll.
IMG_5595.jpg
Dashboard terbuat dari material soft touch, dan ada physical button untuk volume, tune radio. sangat bermanfaat dan mudah untuk akses.
Dua layar LED yang terang, high resolution membuat sangat mudah untuk monitor keadaan mobil.
Di Monitor Speedometer, lengkap dengan indikator Adaptive Cruise Control, monitor
IMG_5309.jpg
Ada keluhan di stir yang bunyi "kreket-kreket" saat diputar, sudah coba dibawa ke bengkel Hyundai dan diinfo kalo ini dari gear steering nya yang kering dan diberi gemuk, baru berjalan 200km, eh timbul lagi suara "kreket-kreket" rasanya perlu dibawa ke Hyundai Simprug.
Untuk tombol di kursi penumpang depan, sebenernya lebih perlu untuk pengaturan kursi penumpang, ketimbang kursi baris kedua yang bisa dimaju mundurkan.
IMG_5597.jpg
Driving:
Torsi instan, bantingan suspensi sangat empuk, peredaman yang tidak mantul-mantul, meskipun agar bergoyang saat diajak menikung di atas kecepatan 80km.
Konsumsi listrik rata-rata untuk rute dalam kota: 6-7 km/KwH, dimana setting eco dan regenerative braking auto
uniknya bisa irit tambahan 0,2km/KwH jika mengaktifkan AC Driver mode only, dengan menekan soft touch button "Climate" di dashboard.
ddc23d86-698d-4a25-9eb4-f00fb7ad4b77.JPG
Saat dibawa di jalan tol, dengan speed rata-rata 100 - 11okm/jam, konsumsi listrik lebih boros menjadi 5,5 - 6 km/ KwH dan otomatis jarak tempuh menurun, apalagi di mode driving "Sport" yang membuat tarikan sangat spontan, injak gas sedikit langsung menyentak.

Harapan perbaikan di edisi facelift mendatang:
1. Lengkapi dengan Bluelink (belum bisa connect ke handphone) padahal di US, UK dan Korea bisa untuk monitor dan setting timer charging listrik
2. Ga penting-penting amat: ganti spion dengan model camera, solar roof panel, Head Up Display, Active noise cancellation?
3. Penambahan fitur apple carplay via bluetooth, sekarang perlu colok kabel USB di konsol bawah.
Attachments
1de1b47f-1ba6-410a-8caf-d84271b05bf1.JPG
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

Tambahan komponen yang dilakukan:
1. Tambahan organizer tray di console tengah atas dan bawah sehingga lebih rapih slot untuk benda kunci, kartu, uang lembaran.
IMG_5596.jpg
2. Trunk cover yang belum ada dari Hyundai
penting untuk menjaga privasi barang di bagasi belakang
IMG_5443.JPG
3. Vortex generator di bagian kolong bawah, apakah ada efek nya? entahlah harus diuji coba wind tunnel mungkin, namun berkurang debu di kamera belakang, sejak ada vortex generator
IMG_5107.JPG
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Venturtle »

nice review, om :big_exellent:
semoga ke depannya bisa jadi long term review ya :mky_02:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3905
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Pboyz97 »

nice review om. salah 1 mobil listrik favorit saya hehehe
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV RW
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'15 Veloz MT / '19 Avanza G MT
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 458
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by hosea »

Futuristic car. Selalu bikin saya noleh saat lewat. Interior dan exterior keren. Pakai santa fe saja sdh merasa nyaman banget apalagi ini.
Semoga ke depannya harga bisa turun dengan makin banyaknya produksi.

Congratz Om untuk mobil barunya.
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by grimjow »

hosea wrote: 08 Aug 2022, 13:13 Futuristic car. Selalu bikin saya noleh saat lewat. Interior dan exterior keren. Pakai santa fe saja sdh merasa nyaman banget apalagi ini.
Semoga ke depannya harga bisa turun dengan makin banyaknya produksi.

Congratz Om untuk mobil barunya.
Baru di doa in turun harga, malah jadi naik.
"Perubahan harga Ioniq 5 per hari ini, naik Rp 30 juta," ucap salah satu tenaga penjual Hyundai di daerah Jakarta Selatan kepada Kompas.com, Minggu (7/8/2022).
https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... p-748-juta
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

Sharing penggantian lampu vanity mirror, dan trunk di ioniq5 dari bohlam filamen 5W ke LED 0,6watt,
Tipe festoon 30mm untuk vanity mirror kanan-kiri dan trunk lamp.
Kiri lampu bawaan masih filamen, Kanan sudah ganti LED white
IMG_3966.JPG
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: 03 Dec 2009, 09:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by dream_theater »

Mantap om Marzoochi, selamat atas molis barunya... :big_exellent:
Untuk waktu cas, selama ini berapa lama hingga full om?
Sekali cas bisa menempuh jarak berapa km?
AbdulHakim
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 639
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by AbdulHakim »

marzoochi wrote: 08 Aug 2022, 13:40
izin nanya om marzoochi, kalo di kecepatan rendah, let say lagi mau markir atau masuk ke garasi, mobil listrik ini ngeluarin suara artificial gak?
kalo mobil hybrid khan ada Proximity Notification Sensor yg bunyi saat kondisi seperti itu, siapa tau mobil listrik gitu juga.
Bibieight
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Bibieight »

Ganti sendiri oom ?..LEDnya beli dimana ?
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

dream_theater wrote: 08 Aug 2022, 14:03 Mantap om Marzoochi, selamat atas molis barunya... :big_exellent:
Untuk waktu cas, selama ini berapa lama hingga full om?
Sekali cas bisa menempuh jarak berapa km?
Terima kasih banyak Oom, kita cari yang irit, mengingat biaya bensin yang makin mahal.
Untuk kecepatan charge tergantung dari jenis charger nya.
Pakai aplikasi Charge-In kebantu banget untuk tahu lokasi charger SPKLU PLN dan

Pengalaman pakai 2,2 kW yang mobile charger: 10 jam dapat 30% kapasitas batere.
pakai yang 50 kW, 1 jam dapat isi 70% kapasitas batere.

Konsumsi listrik nya dalam kota 1kWh bisa menempuh 7kilometer Oom
Biaya 1kWh listrik rumah Rp. 1,700, untuk daily commute 71kilometer butuh biaya Rp. 17,000 saja hehehehe
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

AbdulHakim wrote: 08 Aug 2022, 14:10
marzoochi wrote: 08 Aug 2022, 13:40
izin nanya om marzoochi, kalo di kecepatan rendah, let say lagi mau markir atau masuk ke garasi, mobil listrik ini ngeluarin suara artificial gak?
kalo mobil hybrid khan ada Proximity Notification Sensor yg bunyi saat kondisi seperti itu, siapa tau mobil listrik gitu juga.
benar oom, saat berjalan, keluar suara VESS (Virtual engine sound system) buat informasikan keberadaan mobil ke pejalan kaki atau sekitar.
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

Bibieight wrote: 08 Aug 2022, 14:24 Ganti sendiri oom ?..LEDnya beli dimana ?
Yes oom ganti sendiri, perlu alat congkel buka dudukan lampu nya.
Beli di Spotlight.Bandung, link toped:
https://tokopedia.link/IXlQFlgUjsb
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 458
Joined: 27 Mar 2013, 09:05

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by hosea »

marzoochi wrote: 08 Aug 2022, 14:43
AbdulHakim wrote: 08 Aug 2022, 14:10
marzoochi wrote: 08 Aug 2022, 13:40
izin nanya om marzoochi, kalo di kecepatan rendah, let say lagi mau markir atau masuk ke garasi, mobil listrik ini ngeluarin suara artificial gak?
kalo mobil hybrid khan ada Proximity Notification Sensor yg bunyi saat kondisi seperti itu, siapa tau mobil listrik gitu juga.
benar oom, saat berjalan, keluar suara VESS (Virtual engine sound system) buat informasikan keberadaan mobil ke pejalan kaki atau sekitar.
Kalau altis hybrid suara virtual nya seperti pesawat terbang ..."ngiiiiiinggg" , hehehe.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 890
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Zaxis »

Mobil yundae paling ganteng
Yang lain desain nya agak susah dicerna
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

Niat banget Hyundai di Ioniq5,
Shockbreker depan belakang sudah ada cover penutup biar debu dan lumpur tidak masuk ke shockbreaker
28EB36BA-0DDD-41A2-845E-5229189D44B5.jpeg
A03A2AF1-3418-4D00-B909-B21710D0AA8B.jpeg
Trunk cover yg proper
CB59FACD-9940-4CB0-8397-0134163D60FD.jpeg
Wa11man
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 26 May 2013, 21:08

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by Wa11man »

marzoochi wrote: 08 Aug 2022, 20:37 Niat banget Hyundai di Ioniq5,
Shockbreker depan belakang sudah ada cover penutup biar debu dan lumpur tidak masuk ke shockbreaker

28EB36BA-0DDD-41A2-845E-5229189D44B5.jpeg
A03A2AF1-3418-4D00-B909-B21710D0AA8B.jpeg

Trunk cover yg proper
CB59FACD-9940-4CB0-8397-0134163D60FD.jpeg
Halo om, ijin tanya, indent dr bln apa om kl bole tau, sama itu cover bagasi beli dmn? Thanks om
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5121
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by sintoni »

Nais ripiu om, sampe skrg belum pernah kesampaian naik mobil listrik. Haha.

Ini kalau stop and go jg lebih boros dibanding jalan konstan kayak mobil BBM gitu om?

Ini kalau kapasitas batere full bisa jalan berapa kilo ya?
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

Wa11man wrote: 08 Aug 2022, 22:42
Halo om, ijin tanya, indent dr bln apa om kl bole tau, sama itu cover bagasi beli dmn? Thanks om

Indent booking dari akhir Januari 2022 oom, baru dapat di awal Juli kemarin.
Cover bagasi ada di Toped, link:
https://www.tokopedia.com/humantech/tru ... c%3Dsearch
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

sintoni wrote: 09 Aug 2022, 08:09 Nais ripiu om, sampe skrg belum pernah kesampaian naik mobil listrik. Haha.

Ini kalau stop and go jg lebih boros dibanding jalan konstan kayak mobil BBM gitu om?

Ini kalau kapasitas batere full bisa jalan berapa kilo ya?
Di jalan tol, yang sering dibejek, lebih boros oom, dapat sekitar 5-6 kilometer/kWH
justru di jalan biasa atau macet, berasa lebih irit, dengan regenerative braking Auto dan Eco mode di 6-7 kilometer/kWH

Long Range Signature 72,6 kWh jarak tempuh 451 kilometer
Long Range Prime mampu menempuh 481 kilometer
taniasurya078
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 25 Jan 2017, 17:49

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by taniasurya078 »

Nice review pak Marzoochi , nice car and first time Hyundai Ionic 5 electric veheicle pov owner review in serayamotor.com Indonesia 👍😍🚗.
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1082
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by sh00t »

marzoochi wrote: 07 Aug 2022, 22:42 Tambahan komponen yang dilakukan:
1. Tambahan organizer tray di console tengah atas dan bawah sehingga lebih rapih slot untuk benda kunci, kartu, uang lembaran.
IMG_5596.jpg

2. Trunk cover yang belum ada dari Hyundai
penting untuk menjaga privasi barang di bagasi belakang
IMG_5443.JPG

3. Vortex generator di bagian kolong bawah, apakah ada efek nya? entahlah harus diuji coba wind tunnel mungkin, namun berkurang debu di kamera belakang, sejak ada vortex generator
IMG_5107.JPG
Baterainya Ioniq5 pakai alkaline yah om? :upss:
sapifr22
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 12 Sep 2016, 00:37

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by sapifr22 »

Kalau eco mode di 6-7 km/kwH sepertinya lebih boros dari Hyundai Kona electric.

Pernah pakai 4 hari, rata2 di 8.9 km/kwH, rute campuran dalkot : tol = 40 : 60
Mode normal atau sport, dan sering dipakai akselerasi full, merasakan sensasi jambakan instant... :big_smile]
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

sh00t wrote: 09 Aug 2022, 16:21
marzoochi wrote: 07 Aug 2022, 22:42 Tambahan komponen yang dilakukan:
1. Tambahan organizer tray di console tengah atas dan bawah sehingga lebih rapih slot untuk benda kunci, kartu, uang lembaran.
IMG_5596.jpg

2. Trunk cover yang belum ada dari Hyundai
penting untuk menjaga privasi barang di bagasi belakang
IMG_5443.JPG

3. Vortex generator di bagian kolong bawah, apakah ada efek nya? entahlah harus diuji coba wind tunnel mungkin, namun berkurang debu di kamera belakang, sejak ada vortex generator
IMG_5107.JPG
Baterainya Ioniq5 pakai alkaline yah om? :upss:
Hahahaha pakai Baterai tipe nickel-cobalt-manganese lithium Oom
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review

Post by marzoochi »

sapifr22 wrote: 09 Aug 2022, 16:24 Kalau eco mode di 6-7 km/kwH sepertinya lebih boros dari Hyundai Kona electric.

Pernah pakai 4 hari, rata2 di 8.9 km/kwH, rute campuran dalkot : tol = 40 : 60
Mode normal atau sport, dan sering dipakai akselerasi full, merasakan sensasi jambakan instant... :big_smile]
Benar oom, temen2 di Komunitas yg pakai Ioniq dan Kona electric lebih irit per kwH nya, faktor aerodinamik dan bobot kendaraan nya mungkin Oom, sampai 2,1 ton kondisi kosong
Post Reply