Oil Cooler

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Oil Cooler

Post by hery_jul »

Saya tertarik dengan penambahan oil cooler pada sepeda motor. Kira2 ada nggak rekan-rekan yang bisa ngasih info mengenai :
1. apaka kalo kita pasang oil cooler harus nambah pompa oli lagi
2, Penambahan tersebut apakah harus nenodifikasi mesin motor, maksudnya apakah blok harus sedikit dimodif untuk aliran oli ke coolernya
3. tempat dan perkiraan biaya
thanks a lot guys
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

Jenis motornya apa bung hery kalo Tiger udah ada jalurnya tinggal siapin oil cooler dan selangnya aja...
User avatar
aVi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Fri May 23, 2003 7:48
Location: jakarta nih..diatas motor

Post by aVi »

yg jelas lebih baik cari blok baru jgn blok asli sayang..trs harga tergantung mo make yg kaya gimana
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

buat scorpio udah ada jalurnya gak perlu ganti blok segala.....saya pernah liat di majalah motorplus edisi modifikasi kalo gak salah...trus oil.coolernya bisa punya holden tua...besarnya pas buat scorpio,nah yg jadi pikiran saya itu cuma satu hal.........
bagaimana dengan kapasitas olinya? apakah perlu ditambah?,karena bila ada oil cooler pada saat mesin hidup ketinggian oli akan lebih rendah daripada sebelum dia punya oli cooler sebab sebagian oli sedang bersirkulasi di di slang dan oil coolernya sedangkan mesin punya batas ketinggian minimal oli pada saat mesin hidup, ini sangat terkait erat dengan pelumasan gearbox dan clutch ( kopling basah ) sedang bila kapasitas oli kita tambah dikhawatirkan saat start awal akan berat ( contoh bila kapasitas std scorpio 1,2 liter mungkin kita harus tambahkan 200 cc jadi 1,4 liter )
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Pake punya Holden? Apa gak kegedean Mas? Khan oil cooler biasanya gak gede-gede amet...
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
aVi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Fri May 23, 2003 7:48
Location: jakarta nih..diatas motor

Post by aVi »

kayanya tdk gede deh mas..pas kok..
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

Yongis_CD wrote:buat scorpio udah ada jalurnya gak perlu ganti blok segala.....saya pernah liat di majalah motorplus edisi modifikasi kalo gak salah...trus oil.coolernya bisa punya holden tua...besarnya pas buat scorpio,nah yg jadi pikiran saya itu cuma satu hal.........
bagaimana dengan kapasitas olinya? apakah perlu ditambah?,karena bila ada oil cooler pada saat mesin hidup ketinggian oli akan lebih rendah daripada sebelum dia punya oli cooler sebab sebagian oli sedang bersirkulasi di di slang dan oil coolernya sedangkan mesin punya batas ketinggian minimal oli pada saat mesin hidup, ini sangat terkait erat dengan pelumasan gearbox dan clutch ( kopling basah ) sedang bila kapasitas oli kita tambah dikhawatirkan saat start awal akan berat ( contoh bila kapasitas std scorpio 1,2 liter mungkin kita harus tambahkan 200 cc jadi 1,4 liter )
Makasih banyak infonya, saya coba minta ke redaksi motor plus buat detilnya, cuman kenapa harus dengan punya'nya holden, kalo, misalnya, kita beli khusus produk motor/bekas limbah moge gimana.
Kalo menurut saya soal volume harus ditambah (pasti!!!) kan nggak masalah, soal pada saat engine distart agak berat itu kan cuman hanya nggak sampe 1 menit, selebihnya oli sudah cukup tersirkulasi.
Ada satu lagi pertanyaan, motor saya kan masih dalam masa garansi mesin, apakah dengan penambahan ini garansinya akan tdk berlaku.
Thanks again.
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

kayaknya gak ada masalah deh bisa pake limbah moge ,nah saya jadi punya ide juga mengenai berapa cc kah kita harus menambah olinya?,menghitungnya ya bisa memakai unit oil cooler berikut selang selangnya,balik oil cooler tersebut sehingga kedua selang berada diatas,lalu masukan oli kedalamnya sampai penuh,pastikan oli benar2 telah memenuhi semua kisi2 dalam cooler ,nah setelah itu kita tuang ke gelas ukur en Bingo! dapet deh......lain oil cooler pasti volumenya juga beda khan?
mengenai garansi kalo gak salah ada salah satu pasal mengenai perubahan sistem kerja mesin,ya otomatis karena sistem pelumasan berubah dan ada penambahan komponen yg tidak standard maka bisa membatalkan garansi tersebut,saya juga mo pasang oil cooler tapi mo nunggu garansinya habis dulu deh...........
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

setahu saya kalo pasang oil cooler di motor modif seperti Tiger atau binter merzy kalo oil cooler copotan bekas motor juga penambahan debit oli mesinnya dari standart 1 liter kalo enggak salah cuma tambah 0,25 s/d 0,50 liter, itu saja informasi yg dapat saya berikan...
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

kalo saya bayang2kan besar oil coolernya terbayang sih memang kira2 250 sd 500 ml cuma kalo diukur kan lebih akurat buat kinerja mesin,untuk pompa olie saya yakin masih cukup kuat untuk mensirkulasikan pelumas yg lebih banyak tersebut
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

oh ya saya udah buka lagi majalahnya motorplus edisi 07
oil coolernya punya holden gemini......saya udah upload gambarnya cuma belon diapproved sama bung tomcat jadi belon mau tampil
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2492
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Post by WiraSoenaryo »

Sudah saya approve bung Yong, btw itu upload'nya kedobel'an ya..? Saya hapus ya yang satunya..
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

Image

thx bung tomcat........buat temen2 dengan motor scorpio mudah2 an berguna .....saya rencananya mo pake ini bila garansi mesin udah lewat aja
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

Bung yongis, bisa tlg kirim ke email dong, gambar yg aku terima kepotong nih,
Thnaks a lot
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

Sori alamat emailnya belom
[email protected]
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Oil cooler tuh kalo dipasang dua tak gak bisa yah?Kan asyik kalo udah ada radiator trus ada oil coolernya.Buat nakutin bocah wae.. :roll: :lol:
Speed is a game??!!
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

2 tak gak perlu oil cooler lagian apanye yg mo didinginkan? olinya kan oli samping? memang selalu dingin begitu juga oli transimisi suhunya gak begitu tinggi karena cuma muter2 di roda gigi doank..lagian kompresi mesin 2 tak kan lebih rendah dari 4 tak jadi suhu mesinya juga lebih rendah

mengapa motor 4 tak modern perlu oil cooler?
mesin 4 tak berkompresi lebih tinggi dari 2 tak otomatis suhu mesin juga lebih tinggi juga karena oli 4 tak mengalir ke tempat2 yg super panas yaitu:
-dicipratkan/disemprotkan ke dinding silinder dan piston
-kepala sillinder melumasi bos2 klep serta kepala silindernya sendiri

dengan adanya oil cooler bisa menjaga suhu oli tetap rendah sehingga secara keseluruhan dapat membantu menjaga suhu mesin tidak overheat
bonnie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Feb 24, 2003 2:38

Post by bonnie »

saya rasa sih kalo buat di motor harian yang dipakenya ngga jauh2, kurang perlu dipasang oil cooler deh..... kecuali kalau misalnya tuh motor sering banget dipake touring....
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Makanya spec dari pabrik sini jarang yg dipasangin oil cooler. Disamping utk menekan harga. 8)
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

tapi hebatnya scorpio sudah menyediakan jalurnya....
bonnie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Feb 24, 2003 2:38

Post by bonnie »

emang ada mas ? yang sebelah mana yaa ??
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Mungkin waktu disain mau dipasangin, tapi pas mau diproduksi dicopot karena takut harganya kemahalan. 8)
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

bonnie wrote:emang ada mas ? yang sebelah mana yaa ??
lohh?? ada kan digambar nya...yg daku posting diatas.....kalo digambar kan selangnya udah kedepan....nah sebelum ada oil cooler tempat itu di isi oleh pipa melingkar kebelakang blok mesin kan?...coba deh amati lagi pic nya........
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

tiger udah lebih dulu buat jalurnya...sejak keluaran thn 95
sayang motornya kurang ok top speednya kecuali di modif dan kalo ngomong motor 4 tak kompresinya lebih tinggi itu wajar karena kalo enggak bisa bolot tarikannya dan kalo 2 tak kompresinya rendah karena kalo tinggi diatas 7 bisa lebih cepet panas coba deh make RX King dari jakarta ke cibinong aja gak usah ke bogor tapi jalan rata2 80 km/h pasti abis itu larinya bakalan bolot lain kalopake motor 4 tak kaya GL Pro atau tiger di cibinong sih belum ada ngaruh ke performa mesin walau udah cukup panas.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Wah... hobi jalan jauh juga nih bung Mickey... Paling jauh sampe mana Mas?
Accurate V5 Accounting System Consultant