[review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
[review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Izin review
Pertama melihat E39 tu dulu jaman SMP tahun 96/97 kali ya, ketika pulang jalan kaki melintasi kompleks, lihat ada yang parkir wah kok keren. Dilanjut dengan melihat short movie Guy Ritchie dengan bintang utama si M5, dan main Need For Speed Hot Pursuit 2 juga paling suka pake E39 M5, wah makin memantapkan hati untuk memiliki (E39, ga ngimpi yang M5 wkwkwk). Apa daya belum pernah dapat momen yang pas buat miara mobil sheer repairing pleasure ini.
Timeskip to 2022
Habis jual Voxy untuk modal, dan mertua jual Jazz, ada kekurangan dalam armada ganjil genap di rumah. Karena di akhir tahun sempat mulai mobile lagi, hmm… mungkin saatnya kita coba menunaikan dendam sebelum punah karena usia. Iseng ajuin proposal ke istri, wah tembus SNI ISO yuk mulai hunting!
Hunting lewat FB Group dan IG difokuskan ke E39 facelift 2001 up dan sempat lihat beberapa kandidat sampai bertemulah dengan 525i 2001 Biarritz Blue on Grey Fabric ini di suatu sore di Plaza Senayan. Baru lihat pertama kali langsung ada perasaan yang beda dari kandidat sebelumnya. Coba kelilingin, coba dudukin, coba nyalain, coba jalan, coba semua tombol, wow semua lancar! Tentu tak sempurna namanya juga motuba, tapi flawsnya minor lah wear n tear. Dibanding lainnya juga paling seger, karet masi pada bagus, naikan ga aneh-aneh. Cuss lah sikat. Walau harga premium di 129jt tapi namanya dah klop ya mau gimana
Apakah puas dengan yang didapat? Hmm a bit mixed. Ada yang bilang “dont meet your heroes” dan tentu berlaku juga apalagi buat motuba jerman. Gw coba nilai dalam kategori the good (things i like), the bad (things i dont like), dan the ugly (things that could be better)
The good:
damn its a nice ride. Nyaman dan kedap, ergonomis, di tol / jalanan ga macet enak banget suspensinya.
Fitur dengan HU chynavin blutut + rear camera masi bisa bersaing lah sama mobil jaman sekarang. AC nya DINGIN banget woy. Dinginnya juga berasa yg berkelas gitu ga perlu fan gede tau2 dah ademmm. Komunitas e39 juga helpful dan welcoming banget, berbagi info n ilmu
angle favorit, suka banget sama pantatnya
The bad:
- cupholder cupu, ga ada ruang penyimpanan buat HP, sunglasses, sanitizer, tongtol
- Bangku belakang rada sempit
- Boros buat jaman sekarang. Avg 1:7an kombinasi dalkot 30/ tol 70 kalo stop n go bisa 1:4-5 wkwkwk
The ugly: Kalau penyakit, selama 7 bulan ini:
- indikator lampu depan nyala/mati padahal lampu nyala2 aja
- Selang atas radiator bocor
- Knalpot patah las2annya
- Power window belakang kanan mati
- Dek bawah bolong jatoh di tol
- Ada bau masuk kalo lagi 120 up belom tau dari apa
- Spion kecil yak mana belom retract
- Lampu redup euy
Dan udah si baru itu aja. Maintenance preventif lainnya:
- ganti kunci ke flip key biar gampang urusan batere
- Ganti aki yang udah 5 taon
- Ganti karet kuping kap mesin
- Ganti belt n tensioner
(yay ga ada warning light nyala)
Total pengeluaran incl pajak sejauh ini ~12 juta.
Kesimpulan pribadi gw:
Masih sangat enak buat mobil 20 tahun dan bisa bersaing sama mobil muda, tapi ngga untuk semua orang karena daily cost dan maintenance sudah makin ribet kemakan umur.
Otto, F30 320i 2018
Karena GLA200 istri mulai menyebalkan, Juni kemaren gw mengusulkan peremajaan. Itung-itung tuker tambah dan nambah cash… bisa lah budget max 600. Gw usulin Corolla Cross Hybrid tapi diveto istri istri maunya: lebih muda darI GLA (2016 up), merek Eropa (tapi bukan Pug atau VW), dan bukan warna putih. Agak susah ya dengan budgetnya diliat-liat ya kandidatnya: Mini family yang 1500cc
BMW F48 X1
BMW F30 320i
mercy harganya ga ada yang masuk
Cobain X1 temen si mayan oke lah ya, nyaman, bangku belakang lega, panoramic, kaya GLA tapi lebih proper aja. Cuma harga masih rada tinggi ya, pada buka 600+ taon 2018.
Cobain Mini di bursa oto, kalau Countryman ya kaya X1 banget ya. Kalo yang 3 door/5 door kok ya sempit ya belakangnya. Paling suka si Clubman, tapi… yang masuk budget cuma yang 1500cc, dan featuresnya minim banget jok keras, fabric kasar, ngga panoramic, hadeuh agak sedih aja
Paling sensible dengan parameter itu ya sisa F30. Pengen yang 328i/330i tapi di atas budget baiklah mari kita fokus ke 320i, terutama 2018 up biar masih bisa warranty atau extend
F30 yang diesel dicoret dulu karena males pertadex. Kandidat unitnya banyak si di marketplace biar ga pusing milih disortir dulu cuma liat yang BRI warranty masi aktif dan sortir warna selain putih dan item. Setelah lihat beberapa unit, istri juga ngga mau yang varian Sport atau Shadow, jadi kita fokus lagi hanya yang Luxury. (Beda stir, cladding, n jok dari sport, sama suspensi settingan lebih empuk ya? Cmiiw). Warna selain hitam dan putih tu dikit banget ternyata ya, di tahun itu cuma ada platinum silver dan grey. Ada satu platinum silver yang kita udah suka banget tapi pas hati dah mantep mau DP ternyata keduluan orang beda jam ajah akhirnya minggu depanhya liat unit yang grey di bursa sunter. Kita liat baru 21k km, service record lengkap, cek fisik n testdrive lancar. Liat unit lain di mangga dua tapi kok salesnya nyebelin, cuih balik aja lah ke sunter cuss nego harga lalu General Check Up di beres.
Hasil GCU ada parking brake cable holder clip yang patah tapi katanya itu penyakit umum, jadi tinggal di klaim ajah (kan masi warranty). Yowis lah, bungkus di 555jt dengan pajak dan BRI sampe oktober, BSI sampe 2024.
kalo E39 suka belakang, F30 gw suka depannya hehehe
Sekarang ternyata warranty BMW cuma 2 tahun yak, sisanya pakai third party si Sompo jadi coveragenya lebih sempit dan approvalnya lebih panjang. Tapi kemaren claim warranty oke aja sih.
Oke review time:
Probably one of the last FR sedan i’ll have the chance to buy sebelum digantikan era mobil listrik. Mesin B48 2000cc turbonya sejauh ini sangat cukup buat pemakaian di jabotabek. Dimensinya hampir sama lho dengan E39, berasa banget melarnya seri 3 hanya dalam dua generasi dari E46.
The good:
- Hemaaat, pertabo 1:11 kombinasi
- Bangku belakang lega
- Gesit banget. Istri bawanya juga gampang.
- Layar cluster full digitalnya cakep
The bad:
- kenyamanan dan kekedapan di bawah E39. Emang kalo mau adil harusnya E39 bandingin ama F10 ya wkwkwk. Tapi masi lebih nyaman daripada GLA x156 dan w204.
- Kualitas material juga rasanya ngga semewah E39
- Warna interior cognac nya… not for everyone. Gw lebih suka kalau tan atau coklat si, tapi yaudahlah. Jok nya juga bukan kulit asli yak wkwkwk
- Cupholder mendingan dari E39 wkwkwk tapi tempat naro kacamata/ koin / etoll masi dikit
- Spion belum auto retract pas mati (ya tinggal coding si)
- No adaptive cruise control, no 360 cam, no lane departure warnings… yah memang masi mobil tahun 2013 ya hahaha
- AC ga seadem E39, dinginin mobil perlu effort lebih gede
Warna interior
The ugly:
- Kamera mundur kemaren sempet blank 1-2 jam ga tau kenapa, mau restart idrive eh dah nyala sendiri. Ga tau dah wkwkwk
- Parking brake cable clip yang patah itu emang design flaw kayanya. Partnya murah… Masalahnya gantinya ribet di beres kena 2-3 jutaan total mahalan di jasa. Liat di luar si ada yg jual clip nya pake alumunium biar ga patah
Kesimpulan:
Nice car! Gesit, relatif hemat, tenaga cukup, lega, mayan nyaman, masih warranty jadi lebih tenang. Mungkin bukan pilihan paling bijak, mobil jepang di range harga itu mungkin better value, tapi yah nyenengin istri, happy wife = happy life. E39 masih bisa banget bersaing sama F30 tapi buat operasional harian lebih tenang F30 si
Heinz, E39 525i 2001Pertama melihat E39 tu dulu jaman SMP tahun 96/97 kali ya, ketika pulang jalan kaki melintasi kompleks, lihat ada yang parkir wah kok keren. Dilanjut dengan melihat short movie Guy Ritchie dengan bintang utama si M5, dan main Need For Speed Hot Pursuit 2 juga paling suka pake E39 M5, wah makin memantapkan hati untuk memiliki (E39, ga ngimpi yang M5 wkwkwk). Apa daya belum pernah dapat momen yang pas buat miara mobil sheer repairing pleasure ini.
Timeskip to 2022
Habis jual Voxy untuk modal, dan mertua jual Jazz, ada kekurangan dalam armada ganjil genap di rumah. Karena di akhir tahun sempat mulai mobile lagi, hmm… mungkin saatnya kita coba menunaikan dendam sebelum punah karena usia. Iseng ajuin proposal ke istri, wah tembus SNI ISO yuk mulai hunting!
Hunting lewat FB Group dan IG difokuskan ke E39 facelift 2001 up dan sempat lihat beberapa kandidat sampai bertemulah dengan 525i 2001 Biarritz Blue on Grey Fabric ini di suatu sore di Plaza Senayan. Baru lihat pertama kali langsung ada perasaan yang beda dari kandidat sebelumnya. Coba kelilingin, coba dudukin, coba nyalain, coba jalan, coba semua tombol, wow semua lancar! Tentu tak sempurna namanya juga motuba, tapi flawsnya minor lah wear n tear. Dibanding lainnya juga paling seger, karet masi pada bagus, naikan ga aneh-aneh. Cuss lah sikat. Walau harga premium di 129jt tapi namanya dah klop ya mau gimana
Apakah puas dengan yang didapat? Hmm a bit mixed. Ada yang bilang “dont meet your heroes” dan tentu berlaku juga apalagi buat motuba jerman. Gw coba nilai dalam kategori the good (things i like), the bad (things i dont like), dan the ugly (things that could be better)
The good:
damn its a nice ride. Nyaman dan kedap, ergonomis, di tol / jalanan ga macet enak banget suspensinya.
Fitur dengan HU chynavin blutut + rear camera masi bisa bersaing lah sama mobil jaman sekarang. AC nya DINGIN banget woy. Dinginnya juga berasa yg berkelas gitu ga perlu fan gede tau2 dah ademmm. Komunitas e39 juga helpful dan welcoming banget, berbagi info n ilmu
angle favorit, suka banget sama pantatnya
The bad:
- cupholder cupu, ga ada ruang penyimpanan buat HP, sunglasses, sanitizer, tongtol
- Bangku belakang rada sempit
- Boros buat jaman sekarang. Avg 1:7an kombinasi dalkot 30/ tol 70 kalo stop n go bisa 1:4-5 wkwkwk
The ugly: Kalau penyakit, selama 7 bulan ini:
- indikator lampu depan nyala/mati padahal lampu nyala2 aja
- Selang atas radiator bocor
- Knalpot patah las2annya
- Power window belakang kanan mati
- Dek bawah bolong jatoh di tol
- Ada bau masuk kalo lagi 120 up belom tau dari apa
- Spion kecil yak mana belom retract
- Lampu redup euy
Dan udah si baru itu aja. Maintenance preventif lainnya:
- ganti kunci ke flip key biar gampang urusan batere
- Ganti aki yang udah 5 taon
- Ganti karet kuping kap mesin
- Ganti belt n tensioner
(yay ga ada warning light nyala)
Total pengeluaran incl pajak sejauh ini ~12 juta.
Kesimpulan pribadi gw:
Masih sangat enak buat mobil 20 tahun dan bisa bersaing sama mobil muda, tapi ngga untuk semua orang karena daily cost dan maintenance sudah makin ribet kemakan umur.
Otto, F30 320i 2018
Karena GLA200 istri mulai menyebalkan, Juni kemaren gw mengusulkan peremajaan. Itung-itung tuker tambah dan nambah cash… bisa lah budget max 600. Gw usulin Corolla Cross Hybrid tapi diveto istri istri maunya: lebih muda darI GLA (2016 up), merek Eropa (tapi bukan Pug atau VW), dan bukan warna putih. Agak susah ya dengan budgetnya diliat-liat ya kandidatnya: Mini family yang 1500cc
BMW F48 X1
BMW F30 320i
mercy harganya ga ada yang masuk
Cobain X1 temen si mayan oke lah ya, nyaman, bangku belakang lega, panoramic, kaya GLA tapi lebih proper aja. Cuma harga masih rada tinggi ya, pada buka 600+ taon 2018.
Cobain Mini di bursa oto, kalau Countryman ya kaya X1 banget ya. Kalo yang 3 door/5 door kok ya sempit ya belakangnya. Paling suka si Clubman, tapi… yang masuk budget cuma yang 1500cc, dan featuresnya minim banget jok keras, fabric kasar, ngga panoramic, hadeuh agak sedih aja
Paling sensible dengan parameter itu ya sisa F30. Pengen yang 328i/330i tapi di atas budget baiklah mari kita fokus ke 320i, terutama 2018 up biar masih bisa warranty atau extend
F30 yang diesel dicoret dulu karena males pertadex. Kandidat unitnya banyak si di marketplace biar ga pusing milih disortir dulu cuma liat yang BRI warranty masi aktif dan sortir warna selain putih dan item. Setelah lihat beberapa unit, istri juga ngga mau yang varian Sport atau Shadow, jadi kita fokus lagi hanya yang Luxury. (Beda stir, cladding, n jok dari sport, sama suspensi settingan lebih empuk ya? Cmiiw). Warna selain hitam dan putih tu dikit banget ternyata ya, di tahun itu cuma ada platinum silver dan grey. Ada satu platinum silver yang kita udah suka banget tapi pas hati dah mantep mau DP ternyata keduluan orang beda jam ajah akhirnya minggu depanhya liat unit yang grey di bursa sunter. Kita liat baru 21k km, service record lengkap, cek fisik n testdrive lancar. Liat unit lain di mangga dua tapi kok salesnya nyebelin, cuih balik aja lah ke sunter cuss nego harga lalu General Check Up di beres.
Hasil GCU ada parking brake cable holder clip yang patah tapi katanya itu penyakit umum, jadi tinggal di klaim ajah (kan masi warranty). Yowis lah, bungkus di 555jt dengan pajak dan BRI sampe oktober, BSI sampe 2024.
kalo E39 suka belakang, F30 gw suka depannya hehehe
Sekarang ternyata warranty BMW cuma 2 tahun yak, sisanya pakai third party si Sompo jadi coveragenya lebih sempit dan approvalnya lebih panjang. Tapi kemaren claim warranty oke aja sih.
Oke review time:
Probably one of the last FR sedan i’ll have the chance to buy sebelum digantikan era mobil listrik. Mesin B48 2000cc turbonya sejauh ini sangat cukup buat pemakaian di jabotabek. Dimensinya hampir sama lho dengan E39, berasa banget melarnya seri 3 hanya dalam dua generasi dari E46.
The good:
- Hemaaat, pertabo 1:11 kombinasi
- Bangku belakang lega
- Gesit banget. Istri bawanya juga gampang.
- Layar cluster full digitalnya cakep
The bad:
- kenyamanan dan kekedapan di bawah E39. Emang kalo mau adil harusnya E39 bandingin ama F10 ya wkwkwk. Tapi masi lebih nyaman daripada GLA x156 dan w204.
- Kualitas material juga rasanya ngga semewah E39
- Warna interior cognac nya… not for everyone. Gw lebih suka kalau tan atau coklat si, tapi yaudahlah. Jok nya juga bukan kulit asli yak wkwkwk
- Cupholder mendingan dari E39 wkwkwk tapi tempat naro kacamata/ koin / etoll masi dikit
- Spion belum auto retract pas mati (ya tinggal coding si)
- No adaptive cruise control, no 360 cam, no lane departure warnings… yah memang masi mobil tahun 2013 ya hahaha
- AC ga seadem E39, dinginin mobil perlu effort lebih gede
Warna interior
The ugly:
- Kamera mundur kemaren sempet blank 1-2 jam ga tau kenapa, mau restart idrive eh dah nyala sendiri. Ga tau dah wkwkwk
- Parking brake cable clip yang patah itu emang design flaw kayanya. Partnya murah… Masalahnya gantinya ribet di beres kena 2-3 jutaan total mahalan di jasa. Liat di luar si ada yg jual clip nya pake alumunium biar ga patah
Kesimpulan:
Nice car! Gesit, relatif hemat, tenaga cukup, lega, mayan nyaman, masih warranty jadi lebih tenang. Mungkin bukan pilihan paling bijak, mobil jepang di range harga itu mungkin better value, tapi yah nyenengin istri, happy wife = happy life. E39 masih bisa banget bersaing sama F30 tapi buat operasional harian lebih tenang F30 si
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2902
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
nice om, yang penting istri udah approved
size wise kedua mobil nya mirip ya kalo diliat dijalan
size wise kedua mobil nya mirip ya kalo diliat dijalan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Mirip banget, wheelbase cuma beda 2cm
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2152
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
baru siap baca baca
nice review, om
nice review, om
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Kalo merasa ac kurang dingin, pertama coba cek kaca film nya oom
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
nice review om. e39 dan f30 memang bmw yg bentuknya timeless dan gak lekang dimakan jaman + masih good looking sampai sekarang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
AC-nya dingin si, tapi berasa ngga sekuat punya e39 aja yang dari hembusan awal dah brrrrr, kaya beda AC central ama AC split gitu wkkw
—-
Anyways baru dipuji2 eh dia berulah nih overheat wkwkwk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Smileage lebih penting dari mileage
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11836
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
itu bocor mbah?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 791
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Been there, wkwk..
Klo sampe tumpah ruah gtu biasa thermostat stuck closed & akhir nya ngejebolin selang / reservoir..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 791
- Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Btw nice review om, ternyata kualitas material 5-er tetep lebih ok ya daripada 3-er walaupun udah lewat 1.5 dekade..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
E39, dlu jaman kuliah ada temen yg bawa. Biar kata saat itu uda keluar E60 tapi tetep aura aristokratnya berasa banget
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Maaf oot
Memang GLA nya ngeselin knp om?
Memang GLA nya ngeselin knp om?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Wed Feb 04, 2015 13:54
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Siang om, mau tny pake asuransi sompo untuk part warranty kena brp ya setahun?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
1 tahun 10 juta om
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Kabel ABS-nya sampahh
Selama pandemi kan mobilitas berkurang ya, lah ini selama pandemi dah 3x insiden melibatkan kabel ABS
Masalahnya bikin tu mobil limp mode atau bahkan pernah langsung mogok di lampu merah terakhir dia bikin power steering n traction control mati mana lagi di bandung pula…
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2884
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Jiahh …. Gitu amat dah merkedes … agak2 payah emang merkedes kluaran jaman skarang. Masih lebih badak n tahan banting di era w204/w212pendoli wrote: ↑Wed Aug 17, 2022 8:58Kabel ABS-nya sampahh
Selama pandemi kan mobilitas berkurang ya, lah ini selama pandemi dah 3x insiden melibatkan kabel ABS
Masalahnya bikin tu mobil limp mode atau bahkan pernah langsung mogok di lampu merah terakhir dia bikin power steering n traction control mati mana lagi di bandung pula…
Skarang bmw mendingan loh omm, kg rusak2an amat kek jaman baheula.. dari F30 LCI sama G20/G30 series keatas udh lebih robust engine & transmisinya. Hail B48 & ZF-8 speed
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Hooh.. baca di teambhp kayanya solderannya ampas banget gampang copot, part printilan tp nyebelin zzz
Iya ngambil f30 lci harapannya udah mature semua issuesnya, baca2 tinggal dikit ya penyakitnya. Semoga dah
Iya ngambil f30 lci harapannya udah mature semua issuesnya, baca2 tinggal dikit ya penyakitnya. Semoga dah
Smileage lebih penting dari mileage
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11836
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
kdg" bingung jg ya, SDM electrical engineer nya beda dengan Asia.
kyknya klo urusan electrical, Asia lbh robust aja
it's ABS thing, yg even semua mobil jg punya
gmn klo sensor ADAS thing ya, makin" ngeri sedap deh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Kemaren sensor ban kempes di Otto nyala. Coba kita isi angin terlihat yang belakang kiri tekanannya paling rendah sendiri. Wah untung masi ada asuransi ban! Hari ini ke beres lagi deh buat klaim.
Tapi emang si sompo ini rese n lama ya haha dah 3 jam belom keluar juga approvalnya. Dah gitu coveragenya berkurang gitu semakin jauh mileagenya. Karena gw dah 21rb km, jadi gw harus bayar 40% harga ban baru, mana RFT mahal banget njir
Tapi emang si sompo ini rese n lama ya haha dah 3 jam belom keluar juga approvalnya. Dah gitu coveragenya berkurang gitu semakin jauh mileagenya. Karena gw dah 21rb km, jadi gw harus bayar 40% harga ban baru, mana RFT mahal banget njir
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Sampe sore belom keluar juga approvalnya, tapi SA yakin si bakal approved jadi dah dia ganti bannya n aing bayar 40%. Kena 2 juta deh … sebenernya kalo liat toped toko ban pada jual 4 juta si tapi yauwislah padahal baru rencana ganti ban nanti 2024 sekalian cari ban enak non RFT
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Aduh ga usah pake RFT om, buang aja itu ban, mahal doang, ga nyaman, keras, nyusahin, nambalnya ribet Mending beli ban biasa aja, sama sedia ban serep. BMW nya ada ban serep kan yah?pendoli wrote: ↑Fri Aug 19, 2022 8:08 Kemaren sensor ban kempes di Otto nyala. Coba kita isi angin terlihat yang belakang kiri tekanannya paling rendah sendiri. Wah untung masi ada asuransi ban! Hari ini ke beres lagi deh buat klaim.
Tapi emang si sompo ini rese n lama ya haha dah 3 jam belom keluar juga approvalnya. Dah gitu coveragenya berkurang gitu semakin jauh mileagenya. Karena gw dah 21rb km, jadi gw harus bayar 40% harga ban baru, mana RFT mahal banget njir
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Kaga ada ban serep hahahat105erd wrote: ↑Sat Aug 20, 2022 23:26Aduh ga usah pake RFT om, buang aja itu ban, mahal doang, ga nyaman, keras, nyusahin, nambalnya ribet Mending beli ban biasa aja, sama sedia ban serep. BMW nya ada ban serep kan yah?pendoli wrote: ↑Fri Aug 19, 2022 8:08 Kemaren sensor ban kempes di Otto nyala. Coba kita isi angin terlihat yang belakang kiri tekanannya paling rendah sendiri. Wah untung masi ada asuransi ban! Hari ini ke beres lagi deh buat klaim.
Tapi emang si sompo ini rese n lama ya haha dah 3 jam belom keluar juga approvalnya. Dah gitu coveragenya berkurang gitu semakin jauh mileagenya. Karena gw dah 21rb km, jadi gw harus bayar 40% harga ban baru, mana RFT mahal banget njir
Jadi kalo ganti non-RFT gw kudu beli 2 ban + 1 velg&ban
Kalo ga covered insurance itu gw juga males sik, sayang yg laennya masi caem bisa lah 1-2 taon lagi
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 534
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
BMW seri 3 sejak F30 si memang gak pake ban serep dan diganti RFT. Lha daripada Ioniq 5, kaga ada ban serep, kagak pake RFT juga, gantinya cuma dikasih tire mobility kit, alias : pompa+cairan tambal ban....pendoli wrote: ↑Sun Aug 21, 2022 6:50Kaga ada ban serep hahahat105erd wrote: ↑Sat Aug 20, 2022 23:26Aduh ga usah pake RFT om, buang aja itu ban, mahal doang, ga nyaman, keras, nyusahin, nambalnya ribet Mending beli ban biasa aja, sama sedia ban serep. BMW nya ada ban serep kan yah?pendoli wrote: ↑Fri Aug 19, 2022 8:08 Kemaren sensor ban kempes di Otto nyala. Coba kita isi angin terlihat yang belakang kiri tekanannya paling rendah sendiri. Wah untung masi ada asuransi ban! Hari ini ke beres lagi deh buat klaim.
Tapi emang si sompo ini rese n lama ya haha dah 3 jam belom keluar juga approvalnya. Dah gitu coveragenya berkurang gitu semakin jauh mileagenya. Karena gw dah 21rb km, jadi gw harus bayar 40% harga ban baru, mana RFT mahal banget njir
Jadi kalo ganti non-RFT gw kudu beli 2 ban + 1 velg&ban
Kalo ga covered insurance itu gw juga males sik, sayang yg laennya masi caem bisa lah 1-2 taon lagi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Wah kalo gitu mesti beli velg sama ban nya yah buat serep, makan space bagasi juga pasti, kalo velg mah beli yg kaleng aja sama ban gt radial juga cukup. Sama beli dongkrakpendoli wrote: ↑Sun Aug 21, 2022 6:50Kaga ada ban serep hahahat105erd wrote: ↑Sat Aug 20, 2022 23:26Aduh ga usah pake RFT om, buang aja itu ban, mahal doang, ga nyaman, keras, nyusahin, nambalnya ribet Mending beli ban biasa aja, sama sedia ban serep. BMW nya ada ban serep kan yah?pendoli wrote: ↑Fri Aug 19, 2022 8:08 Kemaren sensor ban kempes di Otto nyala. Coba kita isi angin terlihat yang belakang kiri tekanannya paling rendah sendiri. Wah untung masi ada asuransi ban! Hari ini ke beres lagi deh buat klaim.
Tapi emang si sompo ini rese n lama ya haha dah 3 jam belom keluar juga approvalnya. Dah gitu coveragenya berkurang gitu semakin jauh mileagenya. Karena gw dah 21rb km, jadi gw harus bayar 40% harga ban baru, mana RFT mahal banget njir
Jadi kalo ganti non-RFT gw kudu beli 2 ban + 1 velg&ban
Kalo ga covered insurance itu gw juga males sik, sayang yg laennya masi caem bisa lah 1-2 taon lagi
Kalo saya, saya jual itu RFT, pasang micelin/kontinental/turanza jadi tambah enak pasti BMW nya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018
Nah alternatif yang kepikir emang tyre repair kit si biar ga makan tempat di bagasi toh hari gini kita males juga ya ganti ban serep, kayanya selama 14 taon ini baru sekali ganti ban serep sendiri sisanya ke abang tambal ban wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage