Sienta Bekas plus minus nya
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Tue Aug 11, 2020 9:53
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Zafira
Sienta Bekas plus minus nya
Siang....
Adakah disini pemakai atau yang sudah pernah memakai Toyota Sienta,
Apa plus minus nya, soalnya harga bekas nya saya search di range 150 juta sudah dapet tipe awal, which is seharga lcgc baru.
Adakah disini pemakai atau yang sudah pernah memakai Toyota Sienta,
Apa plus minus nya, soalnya harga bekas nya saya search di range 150 juta sudah dapet tipe awal, which is seharga lcgc baru.
-
- SM Specialist
- Posts: 16481
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Sienta Bekas plus minus nya
sedang pakai om... tipe V 2016. mobil nya nyokap.
sienta kalau naikannya lebih enak daripada LMPV, dampingnya lebih dewasa gak berasa terlalu ngayun kayak LMPV dalam hal ini bandingan saya xpander model lama.
tenaga nurut saya yang kaki berat ya lemot... wkwkwkwkwk. di tol buat nambah speed mesti meraung-raung dulu. bbm tidak terlalu irit karena mobilnya jg lebih berat dari LMPV. 1:9 lah. klo kata orang2 yang facelift 2020 up posisi saringan udara udah pindah jd lebih responsif.
tapi kekurangan sienta itu yang paling krusial adalah bagian perpelekan dan perban-an. unless yang om incar tipe G maka semua masalah ini selesai. tapi kalau tipe V atau Q, yang pertama radius putar kedua tipe ini lebar sekali 5.7meter setara sedan besar macem toyota camry. bakal sulit kalau tinggal atau beraktivitas di gang sempit. yang tipe G pelek 15 radius putarnya 5.2 meter.
yang kedua kalau om ngambil tipe V ini masalah nya lebih kacau lagi. ban standar tipe V itu 195/50/16, beda dengan Q yang 195/55/16. kalau mayoritas jalanan aspal mulus enak handlingnya, tapi kalau mau kenyamanan tipe V itu paling buruk. harsh banget kalau lewat jalan kontur gak rata. agak sayang dengan bantingan suspensinya yang enak dirusak.
kalau mau nyaman dan perbaiki radius putar sih beli pelek tipe G aja. oiya PCDnya jg tidak umum : 5x100. jd cuma bisa pakai oem sienta tipe bawahnya, pelek toyota altis, atau malah pakai pelk subaru... wkwkwkwkwk.
problem sih paling belakangan auto tensioner udah minta ganti mau ngebengkel masih males nunggu interval servis berikutnya aja wkwkwkwkw. terus sliding door kanan ane rattling. lalu gagang wipernya gak bisa ganti model universal krn beda sendiri dan mahal pula. kecuali mau beli refillan karetnya aja masih bisa.
sienta kalau naikannya lebih enak daripada LMPV, dampingnya lebih dewasa gak berasa terlalu ngayun kayak LMPV dalam hal ini bandingan saya xpander model lama.
tenaga nurut saya yang kaki berat ya lemot... wkwkwkwkwk. di tol buat nambah speed mesti meraung-raung dulu. bbm tidak terlalu irit karena mobilnya jg lebih berat dari LMPV. 1:9 lah. klo kata orang2 yang facelift 2020 up posisi saringan udara udah pindah jd lebih responsif.
tapi kekurangan sienta itu yang paling krusial adalah bagian perpelekan dan perban-an. unless yang om incar tipe G maka semua masalah ini selesai. tapi kalau tipe V atau Q, yang pertama radius putar kedua tipe ini lebar sekali 5.7meter setara sedan besar macem toyota camry. bakal sulit kalau tinggal atau beraktivitas di gang sempit. yang tipe G pelek 15 radius putarnya 5.2 meter.
yang kedua kalau om ngambil tipe V ini masalah nya lebih kacau lagi. ban standar tipe V itu 195/50/16, beda dengan Q yang 195/55/16. kalau mayoritas jalanan aspal mulus enak handlingnya, tapi kalau mau kenyamanan tipe V itu paling buruk. harsh banget kalau lewat jalan kontur gak rata. agak sayang dengan bantingan suspensinya yang enak dirusak.
kalau mau nyaman dan perbaiki radius putar sih beli pelek tipe G aja. oiya PCDnya jg tidak umum : 5x100. jd cuma bisa pakai oem sienta tipe bawahnya, pelek toyota altis, atau malah pakai pelk subaru... wkwkwkwkwk.
problem sih paling belakangan auto tensioner udah minta ganti mau ngebengkel masih males nunggu interval servis berikutnya aja wkwkwkwkw. terus sliding door kanan ane rattling. lalu gagang wipernya gak bisa ganti model universal krn beda sendiri dan mahal pula. kecuali mau beli refillan karetnya aja masih bisa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Tue Aug 11, 2020 9:53
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Zafira
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Ini tipe matik atau manual om?.
Kalau tipe apa sudah all psd atau manual sbagian?
Kalau tipe apa sudah all psd atau manual sbagian?
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Thu May 31, 2018 1:57
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Pajero Sport Exceed
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Pernah pakai dalam jangka waktu kurang lebih setahun mobil kakak sendiri (Sienta Q 2018, improvement)
Penjelasan yang disampaikan Om ChZ semuanya benar. Mungkin saya menambahkan apa yang saya rasakan ketika mengemudi dan jadi penumpang.
1. Posisi driver duduk bisa cukup rendah, tapi setir tidak teleskopik, untuk penumpang, rasa duduk di baris kedua tidak enak, ketiga apalagi.
2. Mesin cocok buat berkendara halus, halus bisa sangat irit, kalo sruntul boros dan ga kemana-mana juga (7 Speed CVT tidak enak terasa sekali artifisialnya), speed 100 km/h, RPM di 1900-2000an.
3. Rasa rem enak dan suspensi betul nyaman, hampir dari seluruh LMPV (note: belum pernah coba Stargazer) , mirip dengan Grand Livina lama dengan travel yang sedikit lebih panjang.
4. Info Om ChZ betul sejak pertengahan 2018 ada improvement di sistem air filternya (hisapan dari depan), tapi trade off nya bagian dalam mesin serta kap mesin itu jadi warna dasar, tidak full cat.
5. Radius putar betul memang sangat lebar, U-Turn dengan Fortuner/Pajero lebih predictable (sering dikira juru parkir kita putar stirnya belum maksimal). Untuk ban memang tipe Q dapet profil lebih tebal, tapi dapetnya Ecopia EP150, sedangkan tipe V dapet Turanza.
Catatan juga untuk tipe Q add-on bumper depan gampang gasruk (ini juga salah satu alasan Q dapet ban dengan profil lebih tebal).
6. Untuk tipe Q dapet fitur-fitur yang tidak ada ditipe lain, seperti Bi-Beam LED, Lampu Belakang ada beda ketika lampu senja nyala, (Start Stop, VSC, ini saya kurang tahu tipe lain ada/tidak).
7. Beberapa problem yang pernah ada sejauh ini, sliding door bunyi jika lewat jalan bergelombang, tutup cover dibawah jok belakang (tempat ban serep) bunyi-bunyi, note juga ban serepnya bener-bener space saver bener2 kecil dan tipis.
Penjelasan yang disampaikan Om ChZ semuanya benar. Mungkin saya menambahkan apa yang saya rasakan ketika mengemudi dan jadi penumpang.
1. Posisi driver duduk bisa cukup rendah, tapi setir tidak teleskopik, untuk penumpang, rasa duduk di baris kedua tidak enak, ketiga apalagi.
2. Mesin cocok buat berkendara halus, halus bisa sangat irit, kalo sruntul boros dan ga kemana-mana juga (7 Speed CVT tidak enak terasa sekali artifisialnya), speed 100 km/h, RPM di 1900-2000an.
3. Rasa rem enak dan suspensi betul nyaman, hampir dari seluruh LMPV (note: belum pernah coba Stargazer) , mirip dengan Grand Livina lama dengan travel yang sedikit lebih panjang.
4. Info Om ChZ betul sejak pertengahan 2018 ada improvement di sistem air filternya (hisapan dari depan), tapi trade off nya bagian dalam mesin serta kap mesin itu jadi warna dasar, tidak full cat.
5. Radius putar betul memang sangat lebar, U-Turn dengan Fortuner/Pajero lebih predictable (sering dikira juru parkir kita putar stirnya belum maksimal). Untuk ban memang tipe Q dapet profil lebih tebal, tapi dapetnya Ecopia EP150, sedangkan tipe V dapet Turanza.
Catatan juga untuk tipe Q add-on bumper depan gampang gasruk (ini juga salah satu alasan Q dapet ban dengan profil lebih tebal).
6. Untuk tipe Q dapet fitur-fitur yang tidak ada ditipe lain, seperti Bi-Beam LED, Lampu Belakang ada beda ketika lampu senja nyala, (Start Stop, VSC, ini saya kurang tahu tipe lain ada/tidak).
7. Beberapa problem yang pernah ada sejauh ini, sliding door bunyi jika lewat jalan bergelombang, tutup cover dibawah jok belakang (tempat ban serep) bunyi-bunyi, note juga ban serepnya bener-bener space saver bener2 kecil dan tipis.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1305
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Cuma Q yang semua psdDidihasnaasri83 wrote: βFri Oct 28, 2022 8:20 Ini tipe matik atau manual om?.
Kalau tipe apa sudah all psd atau manual sbagian?
V cuma kiri psd kanan manual
G.. ga tau lupa.
Karena sienta awal2 dah pada 5-6 taon ga ada salahnya langsung ganti pelek n ban jadi kecilan si
Dulu make sienta Q 2017-2019 si happy2 aja ga ada keluhan (seinget gw).
Smileage lebih penting dari mileage
-
- SM Specialist
- Posts: 16481
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Sienta Bekas plus minus nya
V ane kanan kiri psd koq mbah. Kayaknya G yang cuma sebelahpendoli wrote: βFri Oct 28, 2022 9:53Cuma Q yang semua psdDidihasnaasri83 wrote: βFri Oct 28, 2022 8:20 Ini tipe matik atau manual om?.
Kalau tipe apa sudah all psd atau manual sbagian?
V cuma kiri psd kanan manual
G.. ga tau lupa.
Karena sienta awal2 dah pada 5-6 taon ga ada salahnya langsung ganti pelek n ban jadi kecilan si
Dulu make sienta Q 2017-2019 si happy2 aja ga ada keluhan (seinget gw).
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 197
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Sienta Bekas plus minus nya
saya dulu pernah di pinjemin sienta tipe V matic sekitar sebulanan
ngakalin power lemotnya ya tuas perseneling di geser ke mode manual biar lebih responsif
kalo di banding sama LCGC sih jauh bener enakan ini, dan pelipatan row 3 nya bagus banget bisa di umpetin di kolong row 2 jadi bagasinya super lega
kekurangan nya selain tipe Q lampunya belum LED, tipe G masih kunci colok + PSD sebelah, tipe V udah keyless + PSD kiri kanan
ground clearance mobil ini ngak tinggi2 amat jadi kadang masih bisa mentok, kalo medan yg sehari hari di lewati jalanan nya mulus2 aja sih gak ada masalah
bantingan suspensinya enak menurut saya ngak terlalu keras & ngak terlalu ngayun
konsumsi BBM pertamax sekitar 1:9an pemakaian dalam kota
ngakalin power lemotnya ya tuas perseneling di geser ke mode manual biar lebih responsif
kalo di banding sama LCGC sih jauh bener enakan ini, dan pelipatan row 3 nya bagus banget bisa di umpetin di kolong row 2 jadi bagasinya super lega
kekurangan nya selain tipe Q lampunya belum LED, tipe G masih kunci colok + PSD sebelah, tipe V udah keyless + PSD kiri kanan
ground clearance mobil ini ngak tinggi2 amat jadi kadang masih bisa mentok, kalo medan yg sehari hari di lewati jalanan nya mulus2 aja sih gak ada masalah
bantingan suspensinya enak menurut saya ngak terlalu keras & ngak terlalu ngayun
konsumsi BBM pertamax sekitar 1:9an pemakaian dalam kota
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1305
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Berarti V ke Q beda di lampu2 dan safety feature yak?ChZ wrote: βFri Oct 28, 2022 10:04V ane kanan kiri psd koq mbah. Kayaknya G yang cuma sebelahpendoli wrote: βFri Oct 28, 2022 9:53Cuma Q yang semua psdDidihasnaasri83 wrote: βFri Oct 28, 2022 8:20 Ini tipe matik atau manual om?.
Kalau tipe apa sudah all psd atau manual sbagian?
V cuma kiri psd kanan manual
G.. ga tau lupa.
Karena sienta awal2 dah pada 5-6 taon ga ada salahnya langsung ganti pelek n ban jadi kecilan si
Dulu make sienta Q 2017-2019 si happy2 aja ga ada keluhan (seinget gw).
Smileage lebih penting dari mileage
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 727
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Sienta vs lcgc utk harian,kalau saya plih lcgc ya utk perang sehari2
Sienta radius puternya amit2 dan lemot di gas nya dalkot, cocoknya cruising santai
Kalau rute banyak puter balik dan parkiran mepet2 mending skip om
Sienta radius puternya amit2 dan lemot di gas nya dalkot, cocoknya cruising santai
Kalau rute banyak puter balik dan parkiran mepet2 mending skip om
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Ga tertarik freed?dulu permah tes drive sienta tipe q pas pertama keluar ttp menurut saya enak freed kemana2 (as driver)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 397
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Sienta Bekas plus minus nya
2020 temen beli g manual dapet 140... Sekarang kayaknya harganya malah naik haha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Sienta Bekas plus minus nya
kalau sienta ya.. kebetulan pakai yg versi sebelum improvement
1. Saya suka karakter mesin nya, irit dan halus.. Ya cocok buat keluarga lah ya, buat seruntulan enak kalau yg manual atau CVT nya masukin ke mode M..
2. Posisi driver comanding, bisa tinggi bisa rendah.. Cocok buat yg pakai 2 orang, misal nyonya mau pakai posisi tinggi dan suami pakai posisi lebih sandar.. Sayang nya non teleskopik aja..
3. Bantingan lebih lembut, karakternya Yaris Joker.. Limbung wajar sebetulnya secara ini jauh lebih nyaman dari Freed dan ga sengeden Freed di bawanya
4. Ban agak susyeh carinya, terutama yg versi V.. Upgrade aja ke 195/55 daripada pakai yang 195/50 bawaan, atos..
5. Radius putar setara mobil besar, ini minus 1.. Kurang cocok buat kendaraan yg masuk gang, minus kedua adalah bench seatnya yg agak susah dilupakan ya.. Awal pakai Innova masih ok dengan bench seat begitu kena captain seatnya Innova yg satu lagi baru terasa enaknya kayaknya memang ini yg jadi nilai paling minusnya Sienta..
6. Oh ya tapi karena bench seat nya ini pelipatan jok 3 rapih.. enak kalau hrus bawa barang dan kursi baris kedua bisa di senderin lebih jauh kebelakang..
7. Oh ya ingat selalu cek karet diantara sliding door.. Ketika itu udah mulai lemah sering banget bikin bunyi decitan dan getaran dari rumah sliding jadi makin terdengar kencang..
ah satu lagi minusnya, khas bawaan nya Toyota belakangan.. Isulasinya~~
PS tambahan edit :
GC mobil ini sebetulnya lumayan tinggi ada di kisaran 175mm.. Mengingat apa yg dikatakan dulu oleh suhu madcat bahwa bukan masalah GC tapi lebih kearah seberapa panjang WB nya.. WB mobil ini yg bikin kadang suka gasruk
1. Saya suka karakter mesin nya, irit dan halus.. Ya cocok buat keluarga lah ya, buat seruntulan enak kalau yg manual atau CVT nya masukin ke mode M..
2. Posisi driver comanding, bisa tinggi bisa rendah.. Cocok buat yg pakai 2 orang, misal nyonya mau pakai posisi tinggi dan suami pakai posisi lebih sandar.. Sayang nya non teleskopik aja..
3. Bantingan lebih lembut, karakternya Yaris Joker.. Limbung wajar sebetulnya secara ini jauh lebih nyaman dari Freed dan ga sengeden Freed di bawanya
4. Ban agak susyeh carinya, terutama yg versi V.. Upgrade aja ke 195/55 daripada pakai yang 195/50 bawaan, atos..
5. Radius putar setara mobil besar, ini minus 1.. Kurang cocok buat kendaraan yg masuk gang, minus kedua adalah bench seatnya yg agak susah dilupakan ya.. Awal pakai Innova masih ok dengan bench seat begitu kena captain seatnya Innova yg satu lagi baru terasa enaknya kayaknya memang ini yg jadi nilai paling minusnya Sienta..
6. Oh ya tapi karena bench seat nya ini pelipatan jok 3 rapih.. enak kalau hrus bawa barang dan kursi baris kedua bisa di senderin lebih jauh kebelakang..
7. Oh ya ingat selalu cek karet diantara sliding door.. Ketika itu udah mulai lemah sering banget bikin bunyi decitan dan getaran dari rumah sliding jadi makin terdengar kencang..
ah satu lagi minusnya, khas bawaan nya Toyota belakangan.. Isulasinya~~
PS tambahan edit :
GC mobil ini sebetulnya lumayan tinggi ada di kisaran 175mm.. Mengingat apa yg dikatakan dulu oleh suhu madcat bahwa bukan masalah GC tapi lebih kearah seberapa panjang WB nya.. WB mobil ini yg bikin kadang suka gasruk
Last edited by NYoman on Sat Oct 29, 2022 6:43, edited 1 time in total.
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5499
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Makasih Sharingnya Bli, dari plus minus, pointnya Radius putar, langsung mundur IMHO................NYoman wrote: βSat Oct 29, 2022 5:40 kalau sienta ya.. kebetulan pakai yg versi sebelum improvement
1. Saya suka karakter mesin nya, irit dan halus.. Ya cocok buat keluarga lah ya, buat seruntulan enak kalau yg manual atau CVT nya masukin ke mode M..
2. Posisi driver comanding, bisa tinggi bisa rendah.. Cocok buat yg pakai 2 orang, misal nyonya mau pakai posisi tinggi dan suami pakai posisi lebih sandar.. Sayang nya non teleskopik aja..
3. Bantingan lebih lembut, karakternya Yaris Joker.. Limbung wajar sebetulnya secara ini jauh lebih nyaman dari Freed dan ga sengeden Freed di bawanya
4. Ban agak susyeh carinya, terutama yg versi V.. Upgrade aja ke 195/55 daripada pakai yang 195/50 bawaan, atos..
5. Radius putar setara mobil besar, ini minus 1.. Kurang cocok buat kendaraan yg masuk gang, minus kedua adalah bench seatnya yg agak susah dilupakan ya.. Awal pakai Innova masih ok dengan bench seat begitu kena captain seatnya Innova yg satu lagi baru terasa enaknya kayaknya memang ini yg jadi nilai paling minusnya Sienta..
6. Oh ya tapi karena bench seat nya ini pelipatan jok 3 rapih.. enak kalau hrus bawa barang dan kursi baris kedua bisa di senderin lebih jauh kebelakang..
7. Oh ya ingat selalu cek karet diantara sliding door.. Ketika itu udah mulai lemah sering banget bikin bunyi decitan dan getaran dari rumah sliding jadi makin terdengar kencang..
ah satu lagi minusnya, khas bawaan nya Toyota belakangan.. Isulasinya~~
-
- SM Specialist
- Posts: 16481
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Ho oh, beda balon lampu ama bodykit aja kl ga salah.
Eh speedo jg beda sih V MID nya kalkulator
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1296
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Ngga terlalu nyusahin kok om, pake sebulan jg biasa wkwkkwnugroho bagor wrote: βSat Oct 29, 2022 5:53
Makasih Sharingnya Bli, dari plus minus, pointnya Radius putar, langsung mundur IMHO................
Ane sempet pake vios 3 taon, awal2 aja susahnya, cm begitu ganti mobil malah jd aneh haluannya lebar bgt, uda kebiasaan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11994
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Radius putar dibuat lebar gtu ada kelebihan nya:
- spy as roda nya gak gampang oblak atau rusak...karena makin kecil radius putar, itu daleman as roda nya makin keras pressure nya.
Makanya toyota as roda nya bisa dibilang cukup badak
Penasaran?...
Coba aja puter tu kunci sok fleksibel, ketika angle nya makin kecil, makin susah muterin/ buka baut dalam kondisi diam
- spy as roda nya gak gampang oblak atau rusak...karena makin kecil radius putar, itu daleman as roda nya makin keras pressure nya.
Makanya toyota as roda nya bisa dibilang cukup badak
Penasaran?...
Coba aja puter tu kunci sok fleksibel, ketika angle nya makin kecil, makin susah muterin/ buka baut dalam kondisi diam
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4828
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Sienta Bekas plus minus nya
kebetulan pernah test drive mobil ini
plusnya
- dimensi kompak, gak terlalu kecil dan gak terlalu gede
- akomodasi lumayan baik
- cukup nyaman
- sliding door
-fitur lumayan lengkap
- konsumsi bbm
minus
- desain exterior bukan selera semua orang
- driving feel, tarikan , handlingnya biasa aja
- tarikan bawahnya agak kurang
plusnya
- dimensi kompak, gak terlalu kecil dan gak terlalu gede
- akomodasi lumayan baik
- cukup nyaman
- sliding door
-fitur lumayan lengkap
- konsumsi bbm
minus
- desain exterior bukan selera semua orang
- driving feel, tarikan , handlingnya biasa aja
- tarikan bawahnya agak kurang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Pake tipe q '16 dari baru. Sama anf 2gd
Minus
1. Rattling. Bikin sebel beneran
2. Tenaga drop lumayan banyak saat ac on
3. Sepertinya tensioner minta rutin diganti. Odo saya sekitar 60k,sudah ganti 1x
4. Headlampnya mahal mampus, 1 pc belasan juta. Kalo ambil yang q,pastikan ambil asuransi all risk juga
5. Add on bodykitnya ala2 TRD jaman now, toy*ta renggang dikit
6. No armrest 2nd row. Apa susahnya sih bikin armrest.
Plus
1. Fitur lumayan ok untuk zamannya
2. Mid lengkap dan niat banget bikinnya. Mid anf kalah jauh
3. Reliability sliding door jempolan,gak pernah problem
4. Sound system lumayan. Bass dalem
5. Relibility khas market leader. Sampe detik ini gak pernah rusak aneh2
6. Mesin sanggup bbm jelek. Saya isi premium 88 dalam waktu cukup lama,no ngelitik
7. Meskipun mahal,headlampnya super terang,mantap. Masih terang ini daripada punya anf
8. Bantingan suspensi enak banget.
9. Kapasitas muat barang jagoan. Bawa sterofom besar,di sini masuk 9,anf cuma 7. Tapi muatnya sama2 sampe plafon, which is ngelanggar peraturan lalin
10. Ac dingin kulkas
Boros? Iya, itu kalo gak tau cara nyetirnya. Kalo tau cara nyetirnya, dalkot avg speed 18kmh min 1:12. Avg speed 22kmh min 1:14. Irriiitttt banget.
Lemot? Iya,itu sama kayak di atas,kalo gak tau cara nyetirnya. Di lukot non tol 1 jalur macam hutan baluran, kemampuan nyalipnya mirip2 sama anf 2gd,yang disebut2 sbgai salah 1 mobil dengan torsi bawah paling gigit seindo. Cvtnya sienta enak, tinggal geser ke m,dia carikan gigi yang rpmnya di kisaran 4000,range torsi maksnya. Tinggal gas doang,selesai deh overtakenya. Kalo masih kurang, downshift 1x biar lebih kenceng .
Radius putar gede? Yes,bener banget. Tapi kalo sudah biasa gak repot kok.
Gc rendah? Relatif,tergantung dibandingkan sama apa. Yang pasti saya berkali2 ke bali bawa ini mobil,gak pernah gasruk. Padahal selama di jalan speednya sama kayak kalo bawa anf. Naik turun feri yang lumayan tinggi juga gak kena. Kecuali kalo om ts hobi bawa mobil di jalan non aspal, pake sienta pasti kerepotan
Minus
1. Rattling. Bikin sebel beneran
2. Tenaga drop lumayan banyak saat ac on
3. Sepertinya tensioner minta rutin diganti. Odo saya sekitar 60k,sudah ganti 1x
4. Headlampnya mahal mampus, 1 pc belasan juta. Kalo ambil yang q,pastikan ambil asuransi all risk juga
5. Add on bodykitnya ala2 TRD jaman now, toy*ta renggang dikit
6. No armrest 2nd row. Apa susahnya sih bikin armrest.
Plus
1. Fitur lumayan ok untuk zamannya
2. Mid lengkap dan niat banget bikinnya. Mid anf kalah jauh
3. Reliability sliding door jempolan,gak pernah problem
4. Sound system lumayan. Bass dalem
5. Relibility khas market leader. Sampe detik ini gak pernah rusak aneh2
6. Mesin sanggup bbm jelek. Saya isi premium 88 dalam waktu cukup lama,no ngelitik
7. Meskipun mahal,headlampnya super terang,mantap. Masih terang ini daripada punya anf
8. Bantingan suspensi enak banget.
9. Kapasitas muat barang jagoan. Bawa sterofom besar,di sini masuk 9,anf cuma 7. Tapi muatnya sama2 sampe plafon, which is ngelanggar peraturan lalin
10. Ac dingin kulkas
Boros? Iya, itu kalo gak tau cara nyetirnya. Kalo tau cara nyetirnya, dalkot avg speed 18kmh min 1:12. Avg speed 22kmh min 1:14. Irriiitttt banget.
Lemot? Iya,itu sama kayak di atas,kalo gak tau cara nyetirnya. Di lukot non tol 1 jalur macam hutan baluran, kemampuan nyalipnya mirip2 sama anf 2gd,yang disebut2 sbgai salah 1 mobil dengan torsi bawah paling gigit seindo. Cvtnya sienta enak, tinggal geser ke m,dia carikan gigi yang rpmnya di kisaran 4000,range torsi maksnya. Tinggal gas doang,selesai deh overtakenya. Kalo masih kurang, downshift 1x biar lebih kenceng .
Radius putar gede? Yes,bener banget. Tapi kalo sudah biasa gak repot kok.
Gc rendah? Relatif,tergantung dibandingkan sama apa. Yang pasti saya berkali2 ke bali bawa ini mobil,gak pernah gasruk. Padahal selama di jalan speednya sama kayak kalo bawa anf. Naik turun feri yang lumayan tinggi juga gak kena. Kecuali kalo om ts hobi bawa mobil di jalan non aspal, pake sienta pasti kerepotan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1305
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Caranya gimana om?pengendiesel wrote: βSun Oct 30, 2022 7:59
Boros? Iya, itu kalo gak tau cara nyetirnya. Kalo tau cara nyetirnya, dalkot avg speed 18kmh min 1:12. Avg speed 22kmh min 1:14. Irriiitttt banget.
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Sienta ini ga untuk semua orang. nasibnya jadi mirip2 Freed.
karena kalau saya perhatikan 3 tahun ke belakang ini Resale Value malah sudah "mandek" segitu2 saja. artinya: peminatnya ada saja, tidak banyak tapi pasti ada yang cari tapi supply-nya sedikit sekali. dan kalau sudah dapet biasanya dipake lama. ibarat kata: yg beli ya yang tau saja.
*ngabur
karena kalau saya perhatikan 3 tahun ke belakang ini Resale Value malah sudah "mandek" segitu2 saja. artinya: peminatnya ada saja, tidak banyak tapi pasti ada yang cari tapi supply-nya sedikit sekali. dan kalau sudah dapet biasanya dipake lama. ibarat kata: yg beli ya yang tau saja.
mbah kenapa kalau di bajaj malah awet yaSuryaputra wrote: βSat Oct 29, 2022 11:50 Radius putar dibuat lebar gtu ada kelebihan nya:
- spy as roda nya gak gampang oblak atau rusak...karena makin kecil radius putar, itu daleman as roda nya makin keras pressure nya.
Makanya toyota as roda nya bisa dibilang cukup badak
Penasaran?...
Coba aja puter tu kunci sok fleksibel, ketika angle nya makin kecil, makin susah muterin/ buka baut dalam kondisi diam
*ngabur
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11626
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1644
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Injek gasnya jangan tanggung. Entah diurut beneran (injek max 5% saja) atau hajar injek >40% sekalian buat dapetin momentum.pendoli wrote: βSun Oct 30, 2022 9:02Caranya gimana om?pengendiesel wrote: βSun Oct 30, 2022 7:59
Boros? Iya, itu kalo gak tau cara nyetirnya. Kalo tau cara nyetirnya, dalkot avg speed 18kmh min 1:12. Avg speed 22kmh min 1:14. Irriiitttt banget.
Kalo ngegasnya tanggung,lari nggak,meraung2 iya,boros iya
Fc di atas dalam kondisi ac on om. Kalo ac off lebih serem lagi, avg 22kmh gampang dapet 1:16 tuh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11994
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Sienta Bekas plus minus nya
bajaj kan gerak all wheel drivekunaskun wrote: βSun Oct 30, 2022 12:38 Sienta ini ga untuk semua orang. nasibnya jadi mirip2 Freed.
karena kalau saya perhatikan 3 tahun ke belakang ini Resale Value malah sudah "mandek" segitu2 saja. artinya: peminatnya ada saja, tidak banyak tapi pasti ada yang cari tapi supply-nya sedikit sekali. dan kalau sudah dapet biasanya dipake lama. ibarat kata: yg beli ya yang tau saja.
mbah kenapa kalau di bajaj malah awet yaSuryaputra wrote: βSat Oct 29, 2022 11:50 Radius putar dibuat lebar gtu ada kelebihan nya:
- spy as roda nya gak gampang oblak atau rusak...karena makin kecil radius putar, itu daleman as roda nya makin keras pressure nya.
Makanya toyota as roda nya bisa dibilang cukup badak
Penasaran?...
Coba aja puter tu kunci sok fleksibel, ketika angle nya makin kecil, makin susah muterin/ buka baut dalam kondisi diam
*ngabur
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16481
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Sienta Bekas plus minus nya
Tapi itu versi facelift yaris diubah mbah dr 5.7 jd 5.2 radius puternyaSuryaputra wrote: βSat Oct 29, 2022 11:50 Radius putar dibuat lebar gtu ada kelebihan nya:
- spy as roda nya gak gampang oblak atau rusak...karena makin kecil radius putar, itu daleman as roda nya makin keras pressure nya.
Makanya toyota as roda nya bisa dibilang cukup badak
Penasaran?...
Coba aja puter tu kunci sok fleksibel, ketika angle nya makin kecil, makin susah muterin/ buka baut dalam kondisi diam
Radius puter cekak bikin setir jd responsif sehh emang diputer dikit belokny banyak.
Aturan mah ky honda aja di civic ke atas, pake variable gear. Jarak ulirnya makin kedalem makin rapet2
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1387
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Sienta Bekas plus minus nya
biasa pakai oli HX8 helix yang 5W-30, tapi di pergantian terakhir coba pakai 0W-20 TMO gold.
pas dibeli masih di KM 50ribu, sekarang KM sudah jalan 85ribuan. sudah keluar biaya untuk:
1. Tensioner+belt
2. Shock absorber depan & belakang + shock supportnya (sebenernya masih bisa tahan mau dipakai 1 tahunan lagi juga, tapi saya prefer ganti biar lebih nyaman).
3. Engine mounting
4. Kaca film 3M cry 40% depan dan BB 80% SKKB. Hasilnya? ini mobil nyaman banget banget. suspensi weeenaaak pol.
5. Tune up dan Kuras oli matic (1x)
6. kampas rem depan & belakang
7. lampu reflektor belakang, pecah karena disundul motor biadab
8. emblem di stir, karena sudah ngelotok, ga eye catching.
9. Ke 4 ban saya ganti size 195/55 pakai bridgestone turanza. sengaja ban ini karena ngincer ban yang lumayan bagus, nyaman, dan double sidewall. usahain sih jangan single wall, karena ban serepnya ngga banget ukurannya. seenggaknya meminimalisir potensi pemakaian ban serep kalau pakai ban yang double sidewall.
10. pasang kamera mundur.
11. klakson merk autovision.
notes:
1. Peredaman body masih berasa kurang kalau ekspektasinya sekedap ANKI, jadi perlu tambah peredam.
2. Lampu depan kurang terang yang masih ori, jadi harus upgrade lagi kalau mau terang.
3. Radius putar juga ini jelek, jadi harus ambil space agak jauh dulu- not a big problem kok.
4. Saya konsumsi BBM dalkot (shell super) bisa 1:13, dan lukot bisa 1:18. agak tricky memang cara injak gas di sienta matic. yang belum dapet celanya bisa boros banget, bisa dibawah 1:10. tapi sekalinya dapet feelnya, kehalusan cvt+keiritan cvt bisa dapat dengan gampang om.
5. tombol di steering ga ada backlightnya
6. seat baris ke 3 spacenya sempit kalau pas dipake,].
7. ga ada consol box di baris depan dan arm rest di row 2.
8. awalnya ada rattling di sliding door waktu lewat poldur/jalan rusak, tapi sudah diakalin pakai doubletape 3M yang tipe foam gitu. langsung hilang rattlingnya.
plusnya:
1. mesin halus, irit, senyap..kayaknya kalau saya updgrade filter facelift lebih jos dan lebih irit lagi nih. soon lah
2. rem enak banget feelsnya. double disc brow.
3. ada headlamp levelling
4. joknya enak banget konturnya. lebih ergonomis dipunggung buat dipake jalan jauh. tebal pula busa joknya.
5. spacious secara overall kalau jok dilipat.
6. punya cooler box bawaan di laci depan.
7. audio buat standar pabrikan termasuk enak.
8. AC digital dan auto.
ps: foto dikapal waktu dibawa mudik ke palembang om
jos banget 1:18 dilahap. cuma turun 3 baris dari full tank pas sampai di Palembang.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.