TURBOCHARGER / SUPERCHARGER for HONDA JAZZ VTEC & i-DSi

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

koes wrote:maz....
aku baru nih...Mau tanya mengenai alat yg dinamakan surbo.
Alat apakah itu, serta manfaatnya apa sih....
Mohon pencerahannya.
Thanks
SURBO ... itu kependekan dari SUction tuRBO. Alat ini dipasang diantara Kotak Filter Udara (Air Box) dengan Throttle Body pada Intake Manifold.

Tujuannya adalah untuk memberikan tekanan udara ... yang kononnya ... bisa sampai 0.3 bar atau sekitar 4 psi, sehingga akan menaikkan Volumetric Efficiency, dalam arti kata jumlah udara yang dimasukkan keruang bakar akan bertambah banyak (aka Oksigen bertambah banyak). Berlebihnya jumlah oksigen (atau udara) yang masuk ke dalam mesin, diharapkan pembakaran akan sempurna, sehingga akan meningkatkan Torque dan Power di semua daerah putaran mesin. Benefit sampingannya, bisa bikin irit BBM sampai pada 10%.
Image
koes
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Aug 28, 2006 14:35

Post by koes »

Siang Om,
Terima kasih atas infonya....
Tapi ada yg dah pernah pake SURBO gak di forum ini, tolong infonya dong, kalo dengan proxima turbojet apa bedanya ya...?
frontier

Post by frontier »

Mungkin ada yang sudah test dan review performa mesin dengan Surbo ?
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

cara kerjanya gimana yah kalo surbo ini ? hehe
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

deadwood wrote:cara kerjanya gimana yah kalo surbo ini ? hehe
Surbo ni rada-rada pelik ... dimainkan dari pedal gas aja ... bisa baca berikut (kalau kelihatan dan terbaca) :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

bener banget pak penyu ... memang pelik .. apalagi buat saya yg awam ... hehe ... anyway , thanks !
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

deadwood wrote:bener banget pak penyu ... memang pelik .. apalagi buat saya yg awam ... hehe ... anyway , thanks !
Kalau dari stand still kemudian digeber ... surbonya gak maen. Mesti bikin tekanan antara surbo dengan butterfly dulu dengan cara mobil digas ke rpm 2500 kemudian pedal gas dilepas. Karena butterly tertutup maka ada back pressure menuju surbo ... dari back pressure inilah yang akan mengaktifkan surbo ... blade surbo akan berputar akibat perbedaan tekanan antara bagian depan dan belakang surbo. Kononnya dengan putaran blade ini akan menaikkan jumlah penghisapan udara dari airbox sehingga tekanan antara surbo dengan butterfly akan meningkat (konon bisa sampai 4 psi ... udah kayak LPT - Low Pressure Turbo) ... sehingga apabila pedal gas ditekan lagi ... jumlah udara yang diinduksikan kedalam ruang bakar akan bertambah banyak ... dus akan memberikan pembakaran yang sempurna.

Feed back dari yang udah pada masang ... ada yang tarikannya ringan ... tapi kebanyakan mencemooh produk ini. Nggak tahu mana yang bener ... yang jelasnya sih gw gak masang ... karena dulu pernah masang Micro-Compressor pun kagak ada bedanya ... malah agak bising sewaktu hirevv ... ya terpaksa dicopot lagi ... rugi bandar ... alatnya nganggur sekarang.
Image
asdw
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Fri Sep 24, 2004 6:38
Location: Indonesia

Post by asdw »

Sepertinya alat ini baru berguna kalo mobil dipake kebut-kebutan. RPM naik turun di range 2500 - 5000 keatas. Pas lagi ngebut terus lepas gas maka surbo akan aktif dan menyediakan udara bertekanan tinggi, sehingga kalo digas dibejek lagi mesin tdk kekurangan napas.

Kalo dalam pengendaraan santai tanpa nyentak-nyentak gas, dan juga dalam kondisi lalin stop & go (macet) alat ini sepertinya tdk ada gunanya.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

frontier wrote:Bung Skullkid, Jeskoneng pernah di dyno, dua kali setelah pasang Unichip di Gut Sby, waktu itu dapetnya sekitar 126 HP, tapi kesulitan merekam grafiknya, karena sebelum peak power, selalu RPM limiter dan Matic CVT interfere, sehingga terjadi auto shift up, RPM jatuh... Jadi aku targetkan, dengan TB Spoon + light weight pulley + modif resonator/muffler + ramuan BBM dari Pak Penyu, bisa lah mencapai 140-an HP......
bro, TB yang bikinan J's racing udah ada lho di jakarta, lebih mumpuni dari Spoon kalo buat yang rada rada hard core.... soalnya butterfly valve nya juga di gedein.... kalo yang spoon masih tetep gak dirubah, hanya di bore up inlet dan oputlet TB nya aja..... cuma mesti tanya dulu, apakah kalo enjess nya matic juga perlu pake J's racing, soalnya, kalo di Honda Fit, TB untuk yang matic beda ama yang manual, sedangkan di jazz lokal or thai, TB nya idem ditto gak dibedain. efek dari mengecilnya TB untuk matic dibanding manual ini adalah, torsi bawah yang lebih mumpuni.

oh ya, kalo J's racing musti trade in ya.... gak bisa beli TB doank.... sedang kalo spoon bisa trade in bisa juga beli spoon baru.....
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Post by FERIOB20B »

piterr wrote:
frontier wrote:Bung Skullkid, Jeskoneng pernah di dyno, dua kali setelah pasang Unichip di Gut Sby, waktu itu dapetnya sekitar 126 HP, tapi kesulitan merekam grafiknya, karena sebelum peak power, selalu RPM limiter dan Matic CVT interfere, sehingga terjadi auto shift up, RPM jatuh... Jadi aku targetkan, dengan TB Spoon + light weight pulley + modif resonator/muffler + ramuan BBM dari Pak Penyu, bisa lah mencapai 140-an HP......
bro, TB yang bikinan J's racing udah ada lho di jakarta, lebih mumpuni dari Spoon kalo buat yang rada rada hard core.... soalnya butterfly valve nya juga di gedein.... kalo yang spoon masih tetep gak dirubah, hanya di bore up inlet dan oputlet TB nya aja..... cuma mesti tanya dulu, apakah kalo enjess nya matic juga perlu pake J's racing, soalnya, kalo di Honda Fit, TB untuk yang matic beda ama yang manual, sedangkan di jazz lokal or thai, TB nya idem ditto gak dibedain. efek dari mengecilnya TB untuk matic dibanding manual ini adalah, torsi bawah yang lebih mumpuni.

oh ya, kalo J's racing musti trade in ya.... gak bisa beli TB doank.... sedang kalo spoon bisa trade in bisa juga beli spoon baru.....
Saya rasa ada mis concept here.
Throttle body yang di bore up straight, untuk mesin yang kompresinya belum di naikan, atau gak force induction (turbo/supercharge), malah akan mengalami kemunduran di performa. SPOON juga ada 2 macam throttle body, big bore throttle body dan venturi. Untuk venturi di design sedemikian rupa sehingga ada nya percepatan udara yang masuk ke combustion chamber yang akan menaikan performa mesin yang agak standard (at least tidak adanya perubahan internal yang significant). Sedangkan big throttle body digunakan untuk mesin yang sudah dinaikan kompresinya atau force induction untuk men-supply kebutuhan mesin yang membutuhkan volume udara yang lebih banyak.

Logic nya,
venturi -----> meningkatkan kecepatan udara
big bore ----> meningkatkan volume udara

Jadi kalau mesinnya masih standard2 aja atau sekedar IHE, perbesaran butterfly dan di rekomendasi oleh toko tersebut, itu adalah tidak benar.

Bener gak bung Penyu Turbo?
B20B DOHC VTEC
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

waktu saya ngobrol2 sih disaranin`nya pake yg spoon , soalnya matic , pake yg skrng kegedean krn pake TB manual punya, maka dikecilin butterfly`nya , yg spoon venturi design`nya ...

js racing cuma bisa trade in ... harganya lebih mahal dikit dr yg spoon ...

anyway , yg saya masih penasaran , ini efek`nya seberapa besar sih buat jazz matic yg cuma mengalami perubahan I/H/E ? cukup signifikan ngga pengaruh`nya ? soalnya harga khan lumayan mahal jg ... ada yg bilang cuma pengaruh dikit , harus dibuktikan dgn dyno ... kalo menurut yg jual si bikin torsi bawah lebih oke ... gimana bung yakob ?

thanks !
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

FERIOB20B wrote:Logic nya,
venturi -----> meningkatkan kecepatan udara
big bore ----> meningkatkan volume udara

Jadi kalau mesinnya masih standard2 aja atau sekedar IHE, perbesaran butterfly dan di rekomendasi oleh toko tersebut, itu adalah tidak benar.

Bener gak bung Penyu Turbo?
Sebenarnya ada suatu "BLUNDER AERODINAMIKA" yang kononnya Venturi bisa mempercepat kecepatan udara. Ini berangkat dari saudara kita Bernoulli. Hanya saja apa yang dikatakan Bernoulli itu adalah fluida yang tak termampatkan (incompressible).

Hukum physicnya (Oom NEWTON), kalau mau mempercepat laju suatu benda mesti ada gaya ... yang kalau diintegrasikan maka kita perlu menambah ENERGY (Tenaga). Sama hal-nya jika kita mau mempercepat mobil kita ... mesti menekan pedal gas ... energy (tenaga) datang dari BBM kemudian diubah menjadi tenaga panas mesin dan menggerakkan roda.

Dalam kasus Throttle body yang TAPERED (effect venturi) ... nggak terlihat adanya penambahan Energy (kecuali untuk induksi Super atau Turbo Charge) ... sehingga kalau dikatakan Venturi meningkatkan kecepatan udara ... dari mana datangnya energy untuk mempercepat aliran udara, sedang udara sendiri sifatnya termampatkan/kompresibel. Yang jelas Venturi ini akan memperbesar tekanan.

Udara bergerak jika ada perbedaan tekanan udara ... semakin besar perbedaan tekanan udara (energy tekanan) ... maka semakin cepat udara bergerak. Dalam kasus Throttle body (tapered), tekanan deket butterfly akan lebih besar ketimbang jika menggunakan straight thru (constant diameter) ... ini berarti throttle body yang tapered itu akan meningkatkan aliran yang lebih cepat (dari butterfly ke intake runner), bukan karena tapered mempercapat aliran tapi memperbesar tekanan deket butterfly, sehingga alairan dari butterfly ke ruang bakar akan lebih cepat akibat adanya perbedaan takan yang lebih besar, walhasil efisiensi volumetrik akan meningkat dan ini bagus untuk putaran rendah.

Untuk putaran tinggi memang penggunaan Big Bore (constant diameter) akan meningkatkan performa ... hanya saja untuk putaran rendah ... jadi ngempos ... ada penurunan cukup drastis pada efisiensi volumetrik.

Yang sering diabaikan adalah Boundary Layer. Permukaan kasar akan mempertebal boundary layer dan banyak menyerap energy kinetik aliran udara ... sehingga secara keseluruhan aliran udara akan diperlambat ... akibatnya buruk pada performa mesin. Endapan kotoran karbon dalam throttle body pun akan menggangu performa (drivability) mobil. Yang penting sering ngebersihin itu throttle body.

Untuk memperkecil Boundary Layer, sehingga kecepetan aliran udara nggak terganggu banyak (diperlambat) ... maka akan lebih baik (IMO)mengunakan standard Throttle Body tapi dilakukan polishing (permukaan dalamnya diperhalus ... sehalus mungkin) ... worthed ... ketimbang genti yang lebih besar atau yang tapered.

Yang lebih besar memang bagus untuk Putaran Tinggi, sedang yang lebih kecil bagus untuk putaran rendah .... komprominya ... yaitu ... yang standard.

Orang mungkin akan banyak yang protes ... kenapa itu carburetor makai prinsip Venturi jika Venturi meningkatkan tekanan udara yang melaluinya ? Harapannya adalah Venturi mengurangi tekanan (udara dipercepat) sehingga BBM akan tersedot bercampur dengan udara dan masuk ke ruang bakar.
Image
speedy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
Location: Jakarta..

Post by speedy »

deadwood wrote:
FERIOB20B wrote:
frontier wrote:Trims, aku tunggu aja pm nya
Tidak direkomended sama sekali menurut saya. Turbo chargernya sendiri adalah turbo charger bekas yang di overhaul, kit kasar sekali buatannya dan kit ini include E-manage yang sudah di pretuned yang AF nya berantakan. Satu lagi, turbo charger yang di gunakan kebanyakan turbo charger second hand bekas generator sets.... untuk apa mengorbankan mobil yang harganya 160an juta untuk barang 25 juta.
wah saya mala baru tau kalo ini pak , masa sih yah barang bekas and ga mutu , yg jual toko bonafide lho padahal , hmmm ... setau saya sih yg udah pasang pake piggyback + turbomodule dastek ...

mreka uda aplikasi buat daily usage , di set 0.5bar aja , lebih dr itu buat matic mulai terasa gejala kopling selip ...

mayan lho idsi dapet 140`an hp ... makanya ngiler , hehe , belom lg bunyi *ngiiiing* -nya :e-clap:
Tidak semua turbo kit jazz pake turbin bekas seperti yg ferio20 bicarakan.
Ada juga yg baru..dan memang tdk dilengkapi e manage tetapi pake unichip ama turbo module.
krn saya pernah liat bengkel GR1 masang di Sigma Speed pake turbo kit yg turbinnya garret dan tidak bermasalah.
Speedy
frontier

Post by frontier »

Memang kita sudah mendengar beberapa kawan pengguna Jazz masang TC atau SC... masalahnya, blum ada yang bener2 ready bolt-on kit yang sudah terbukti teruji aman lancarjaya tanpa harus modifikasi atau custom2an, dan tanpa kuatir karena barang bukan baru...
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Post by FERIOB20B »

speedy wrote:
deadwood wrote:
FERIOB20B wrote: Tidak direkomended sama sekali menurut saya. Turbo chargernya sendiri adalah turbo charger bekas yang di overhaul, kit kasar sekali buatannya dan kit ini include E-manage yang sudah di pretuned yang AF nya berantakan. Satu lagi, turbo charger yang di gunakan kebanyakan turbo charger second hand bekas generator sets.... untuk apa mengorbankan mobil yang harganya 160an juta untuk barang 25 juta.
wah saya mala baru tau kalo ini pak , masa sih yah barang bekas and ga mutu , yg jual toko bonafide lho padahal , hmmm ... setau saya sih yg udah pasang pake piggyback + turbomodule dastek ...

mreka uda aplikasi buat daily usage , di set 0.5bar aja , lebih dr itu buat matic mulai terasa gejala kopling selip ...

mayan lho idsi dapet 140`an hp ... makanya ngiler , hehe , belom lg bunyi *ngiiiing* -nya :e-clap:
Tidak semua turbo kit jazz pake turbin bekas seperti yg ferio20 bicarakan.
Ada juga yg baru..dan memang tdk dilengkapi e manage tetapi pake unichip ama turbo module.
krn saya pernah liat bengkel GR1 masang di Sigma Speed pake turbo kit yg turbinnya garret dan tidak bermasalah.
Memang turbin bukan bekas Bung Speedy, kami sebagai importir product jelas akan lebih tau asal usulnya. Turbokit yang kami import itu adalah product Thailand, mereka sendiri (supplier) menyatakan kepada kami bahwa turbo nya adalah bekas dan reconditioned. Jadi kesimpulannya tinggal apakah kami (retailer dan importer) mau memberitahu sejujurnya kalo itu turbo rekondisi atau baru.
Kalo e-manage atau Unichip, kebanyakan orang "menganggap" bahwa tidak ada tuner di Indonesia yang bisa tuning E-manage dan mencari solusi dengan memasang UNICHIP.
B20B DOHC VTEC
speedy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
Location: Jakarta..

Post by speedy »

yg saya liat yg intercoolernya di depan bukan yg di atas seperti yg thailand.
memang bukan buatan thailand dan turbinnya baru merk garret.
Speedy
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

speedy wrote:yg saya liat yg intercoolernya di depan bukan yg di atas seperti yg thailand.
memang bukan buatan thailand dan turbinnya baru merk garret.
Yang dibawah ini memang Vios Turbo dari Thailand ... intercoolernya ada diatas ... turbonya kalau gak salah MHI TD04H-16T.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
speedy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Sun Jul 23, 2006 5:18
Location: Jakarta..

Post by speedy »

viosnya original turbo atau pasangan?
intercoolernya seh keliatannya original mirip yg starlet punya.
Speedy
frontier

Post by frontier »

Pak Penyu, kalo ngikutin diskusi ini khususnya soal throttle body, aku jadi ragu nih.. jadi tukar tambah Spoon TB atau cukup PnP (polishing and porting) aja ? Kan Jeskoneng termasuk NA, tidak ada FI.... dan kalo PnP, bagian mana aja yang dialusin ? harus sangat halus kah ?
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Post by FERIOB20B »

speedy wrote:viosnya original turbo atau pasangan?
intercoolernya seh keliatannya original mirip yg starlet punya.
VIOS limited edition di Thai memang ada yang turbo edition standard out of the box.
B20B DOHC VTEC
deadwood
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19

Post by deadwood »

@Frontier : kayanya kalo matic ttp direkomendasikan deh pak buat ganti TB ...
frontier

Post by frontier »

Utk Jazz vtec Matic tetap direkomendasikan buat ganti TB Spoon ya....
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

frontier wrote:Pak Penyu, kalo ngikutin diskusi ini khususnya soal throttle body, aku jadi ragu nih.. jadi tukar tambah Spoon TB atau cukup PnP (polishing and porting) aja ? Kan Jeskoneng termasuk NA, tidak ada FI.... dan kalo PnP, bagian mana aja yang dialusin ? harus sangat halus kah ?
Yang menjadi halangan AIR FLOW adalah kekasaran permukaan BORE dan SHAFT yang memegang Throttle Plate serta Bautnya. Gambar berikut bisa memberikan ide (yang biasa dilakukan). Umumnya cara diatas akan memperbaiki dan menambah airflow sampai pada 15%, sehingga akan memperbaiki response pada putaran rendah.

Akan tetapi sekiranya ada kesulitan untuk modif semacam itu ... ya kalau ganti yang lebih besar bore nya ataupun jenis tapered ... monggo wae.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
frontier

Post by frontier »

Thanx Pak Penyu... Skarang musti nanya ke Mas Yakob atau bung Deadwood... apakah bengkel WW ototeknik di Sidoarjo bisa ngerjain PnP sesuai yang digambarkan Pak Penyu ? atau dimana ya kalo di daerah Sby ?
User avatar
FERIOB20B
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
Location: Jakarta

Post by FERIOB20B »

frontier wrote:Thanx Pak Penyu... Skarang musti nanya ke Mas Yakob atau bung Deadwood... apakah bengkel WW ototeknik di Sidoarjo bisa ngerjain PnP sesuai yang digambarkan Pak Penyu ? atau dimana ya kalo di daerah Sby ?
Bisa, alat di bengkel dia komplet, termaksud mesin bubut.
B20B DOHC VTEC