Mazda Thai vs Japan

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by Mz175 »

Problem yg udah saya iklasin saja :big_biglaugh: .
Kan juga nggak tiap menit atau tiap detik ketemu jalan kyk itu.

Seperti kalimat di sebuah buku, lagi bangun tembok lalu ada satu batu bata yg cacat, kalau kita hanya fokus pada batu bata yg cacat itu kita tidak melihat keindahan dari tembok itu :big_peace:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by josomba »

kanjengromo wrote: Wed Jan 11, 2023 1:52
Spare part 555 di Panther itu khan ada yang ori dan palsu, bahkan toko parts pun saling silang pendapat ttg ini. Yang mana saya berkesimpulan kalau toko pun gak tahu parts yang dijual asli atau palsu.

Di Mazda ada issue seperti itu juga kah?

Ada link toko atau lewat Om bisa dapet yang asli?
Saya beli dr tempat yg pasti2 saja tokonya, dr futz/stamx/gt motor/indonesia jaya kalau d tokped untuk mazda
Image
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by Omiyup »

DrivingPotato wrote: Wed Jan 11, 2023 1:32
Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:20

Waduh, bakalan kena dong soalnya mazda2=thai, cx3 baru = thai. cx3 jp gimana kabarnya? Ada yang udah pake lebih dari 2 th?

Ijin save om Josomba, nanti kalo pas butuh hehehehehe
Ngga semuanya masalah thai dan bukan thai.

Altis saya buatan Thailand sudah 7 tahun ga ada rattle dan ga ada masalah kaki-kaki.

CX-3 saya buatan Jepang dan skrg racksteer sudah gluduk2, jalan belok di jalan miring bunyi tek tek, shockbreaker sudah dapat sepasang unit baru di 6 bulan pertama kepemilikan. Mau ngurus bunyi2nya malas banget.

Saran saya sih jgn terlalu dipusingin dan nikmati saja. Kalau memang tetep kekeuh masih gak yakin, batalkan SPK nya dan beli unit yang tidak bikin om terbayang-bayang setiap malam apakah unit tsb perfect atau tidak :big_exellent:
Karena kita gak akan bisa atur ATPM dapat alokasi unit dari negara mana

:big_biglaugh:
Masalahnya unit nya udah dateng um :big_biglaugh:
Tetep saya ambil sih om, cuma tetep sih bakal ada "rasa" sama yang CBU jp

Btw boleh bagi resep altis anti rattle nya? Punya saya 2.0 V rattle semua, dari dash terutama deket speedo :big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Tue Jan 10, 2023 20:28
Makanya jangan pelihara yg rakitan sunter :big_weee:
yg susah ampe seri X ama seri 7 yang M M an juga msh rakitan sunter kan :big_biglaugh: kudu cepet beli first batch nya yang masih rakitan jerman punya.

tp mercedes BMW sekarang jg penurunan kualitasnya berasa. mercedes di luar banyak kritik soal plastik2 interiornya bahkan di kelas C class.
darrelund wrote: Tue Jan 10, 2023 16:43

mending klo rattle

itu mclaren panel gap pada ngaco semua

klo liat pidio ini dan 2 part selanjutnya geleng"

british masterclass :big_biglaugh:
gw dulu coba mekleren 650S... di surabaya barat kok interior bunyi semua gini :big_biglaugh:

italian/british supercars sih ikhlasin aja ketemu jalan indo udah pasti RIP interiornya. dasarnya emang ngga buat robustness. terima nasib aja di third world country :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by ChZ »

DrivingPotato wrote: Wed Jan 11, 2023 1:32 Ngga semuanya masalah thai dan bukan thai.

Altis saya buatan Thailand sudah 7 tahun ga ada rattle dan ga ada masalah kaki-kaki.

CX-3 saya buatan Jepang dan skrg racksteer sudah gluduk2, jalan belok di jalan miring bunyi tek tek, shockbreaker sudah dapat sepasang unit baru di 6 bulan pertama kepemilikan. Mau ngurus bunyi2nya malas banget.

Saran saya sih jgn terlalu dipusingin dan nikmati saja. Kalau memang tetep kekeuh masih gak yakin, batalkan SPK nya dan beli unit yang tidak bikin om terbayang-bayang setiap malam apakah unit tsb perfect atau tidak :big_exellent:
Karena kita gak akan bisa atur ATPM dapat alokasi unit dari negara mana

:big_biglaugh:
civic FK4 udah 5 thn pake menuju 6 tahun ya gak ada rattle interior.

sbenernya rattle tuh bukan masalah buatan negara mana. banyak faktor. cuaca aja ngaruh ke rattle interior dan tidak krn pasti panel itu memuai/menyusut. misalpun kita kasih busa peredam atau karet yang banyak juga pada akhirnya akan kalah sama umur dan pemakaian. leather? ya makin banyak lagi problemnya.

sementara bayangin bedain material buat 4 musim sama 2 musim aja tuh pasti sulit makanya mnurut saya bbrp downgrade material sbenernya bukan perkara cost cutting melulu (walaupun ada kebenaran sedikit) kyk kata netijen mendang mending yang gak beli, tapi ada faktor climate juga. itulah kenapa yang interiornya gampang kena umur ya mobil premium karena ya nggak mungkin juga premium macem mercedes kasi plastik plastikan.

apalagi cuma masalah panelgap 0.001mm yang tdk semua standar manufaktur di dunia ini sama. smakin masspro produknya ditambah cost related reasons, ya semakin random.

say, honda brio jelas nggak punya standar tolerance sepresisi honda odyssey karena dari 1 odyssey dibuat mungkin 1000 honda brio harus diproduksi dgn waktu sama. bayangin material saja sudah downgrade ke plastic ember, panel gap tolerance nya luas dari 0.001mm sampe 0.01 mm. yang hoki yang dapet brio ber panelgap 0.001mm tapi kalo sial ya dapet yang 0.01mm, tapi masa ya mau kita cek satu satu di gudangnya? :upss:

apalagi kalo dibuat di indonesia sama japan... buset gaji labor forcenya aja langit bumi disuruh ngecek panelgap 0.001mm apa gak demo buruh :upss: . tapi ya gimana lagi mau produknya available ngikutin demand seluruh dunia ya gak bisa maksa workforce terpusat di jepang :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by Omiyup »

ChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 2:55
DrivingPotato wrote: Wed Jan 11, 2023 1:32 Ngga semuanya masalah thai dan bukan thai.

Altis saya buatan Thailand sudah 7 tahun ga ada rattle dan ga ada masalah kaki-kaki.

CX-3 saya buatan Jepang dan skrg racksteer sudah gluduk2, jalan belok di jalan miring bunyi tek tek, shockbreaker sudah dapat sepasang unit baru di 6 bulan pertama kepemilikan. Mau ngurus bunyi2nya malas banget.

Saran saya sih jgn terlalu dipusingin dan nikmati saja. Kalau memang tetep kekeuh masih gak yakin, batalkan SPK nya dan beli unit yang tidak bikin om terbayang-bayang setiap malam apakah unit tsb perfect atau tidak :big_exellent:
Karena kita gak akan bisa atur ATPM dapat alokasi unit dari negara mana

:big_biglaugh:
civic FK4 udah 5 thn pake menuju 6 tahun ya gak ada rattle interior.

sbenernya rattle tuh bukan masalah buatan negara mana. banyak faktor. cuaca aja ngaruh ke rattle interior dan tidak krn pasti panel itu memuai/menyusut. misalpun kita kasih busa peredam atau karet yang banyak juga pada akhirnya akan kalah sama umur dan pemakaian. leather? ya makin banyak lagi problemnya.

sementara bayangin bedain material buat 4 musim sama 2 musim aja tuh pasti sulit makanya mnurut saya bbrp downgrade material sbenernya bukan perkara cost cutting melulu (walaupun ada kebenaran sedikit) kyk kata netijen mendang mending yang gak beli, tapi ada faktor climate juga. itulah kenapa yang interiornya gampang kena umur ya mobil premium karena ya nggak mungkin juga premium macem mercedes kasi plastik plastikan.

apalagi cuma masalah panelgap 0.001mm yang tdk semua standar manufaktur di dunia ini sama. smakin masspro produknya ditambah cost related reasons, ya semakin random.

say, honda brio jelas nggak punya standar tolerance sepresisi honda odyssey karena dari 1 odyssey dibuat mungkin 1000 honda brio harus diproduksi dgn waktu sama. bayangin material saja sudah downgrade ke plastic ember, panel gap tolerance nya luas dari 0.001mm sampe 0.01 mm. yang hoki yang dapet brio ber panelgap 0.001mm tapi kalo sial ya dapet yang 0.01mm, tapi masa ya mau kita cek satu satu di gudangnya? :upss:

apalagi kalo dibuat di indonesia sama japan... buset gaji labor forcenya aja langit bumi disuruh ngecek panelgap 0.001mm apa gak demo buruh :upss: . tapi ya gimana lagi mau produknya available ngikutin demand seluruh dunia ya gak bisa maksa workforce terpusat di jepang :upss:
Makanya om, kan jap vs thai itu lebih murah cost nya di thai, apalagi sini. Saya sih lebih khawatir di produk yang sama harga fitur yang sama bakalan motong di bq yang turun, selaras dengan (maaf) sdm yang turun (bukan berarti orangnya, tapi kontrol mutunya)

Apalagi disini tau sendiri ya, market quality kelas 3 kebawah harga kelas 1 :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by ChZ »

Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 3:17
Makanya om, kan jap vs thai itu lebih murah cost nya di thai, apalagi sini. Saya sih lebih khawatir di produk yang sama harga fitur yang sama bakalan motong di bq yang turun, selaras dengan (maaf) sdm yang turun (bukan berarti orangnya, tapi kontrol mutunya)

Apalagi disini tau sendiri ya, market quality kelas 3 kebawah harga kelas 1 :big_bored:
pakabar di singapur om avanza 1miliar mungkin dapetnya rakitan indonesia :big_biglaugh:

logikanya di supply chain mereka lbh efisien karena harga sama bisa jualan barang (dan pasti ada discount barang tipis tipis). krn kalo buatan japan musti inden setaun, dgn dibuat di thai ready lebih cepet jauh dan ngurus surat suratnya jg gak nunggu lama :upss:

kan gak semua konsumen kayak om, mungkin om rela nunggu setaun (itu aja pasti perjanjian harga tidak mengikat) asal barang bagus buatan japan, tp 99% konsumen udah bete mau beli mobil mazda aja indent ngurus surat lama. bisnis ya uang hrs muter om emi hrs bisa jualan itu poinnya bkn buatan mana buatan mana. thats how the world works :upss:

konsumen pasti logikanya ya kalo bisa harga sama bagus knp harus yang jelek, tp prinsip business kan modal sekecil mungkin untuk profit sebesar mungkin. klo dirasa jual cx3 jdm udah ga masuk marginnya ya jahit aja di thailand china india atau indonesia murah labornya. mazda jp? ga peduli lah. loe gak jualan ya loe gw tutup. hayo milih mana :mky_03:

btw alphard IDM jualan astra buatan japan juga rattle rattle kok even di low km as low as 2000 km. santai saja lah. namanya ribuan komponen orang jepang jg bukan dewa. jdm item kena iklim panasnya sini tiap ari dijemur juga kalah akhirnya.

di sini kena granmax spek ekspor reject an aja hepi dibilang kualitas dewa :big_biglaugh: ya udah berdamai aja realita hidup di emerging country.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by lawyerone »

Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:45
lawyerone wrote: Wed Jan 11, 2023 0:38
Omiyup wrote: Tue Jan 10, 2023 22:47

WADOOOOO, km berapa ini bakalan keluar??
Apalagi nih om Josomba yang perlu diawasin?


Tapi ngiler juga sih kalo liat cx3 made in jap yang notabene harga sama tapi bebas rattle kata om Rickz :big_cry:
Saya mazda 2 rakitan thai dari 2015.

Dashboard sampe sekarang no rattle. Kaki kaki aja yang suka nyanyi.
Panel gap dkk aman om? Ngondah thai aja banyak yang nganu :big_biglaugh:
Cuma emang saya milih mazda karena brand nya sih better, dan pas pesen taunya masih cbu japan :big_biglaugh:

Kaki kaki nyanyi gimana? gludak gluduk?
Panel gap masih aman (kecuali area pintu yang mulai kelihatan ga rapi, meski dari baru dateng juga area pintu sudah kurang rapi). Dashboard juga mulus rapi no issues sampe skrg. Tapi memang mobil jarang di jemur. Complainnya buat BQ cuma door trim, itu plastik tipis benerrrr. Tapi habis liat merek sebelah sama aja, jadi yasudahlahya.

Kaki kaki bunyinya macem macem om, banyak instrumen musiknya. Kadang gladak, kadang gluduk, kadang suara geter, terutama di jalan ga rata.

Sama mungkin NVH nya sudah jauh berkurang dibanding pas baru, jadi suka ada vibration dan noise yang muncul ketika jalan (yang ketika baru ga ada). Tapi masih batas wajar ya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9687
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by Suryaputra »

lawyerone wrote: Wed Jan 11, 2023 4:28
Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:45
lawyerone wrote: Wed Jan 11, 2023 0:38

Saya mazda 2 rakitan thai dari 2015.

Dashboard sampe sekarang no rattle. Kaki kaki aja yang suka nyanyi.
Panel gap dkk aman om? Ngondah thai aja banyak yang nganu :big_biglaugh:
Cuma emang saya milih mazda karena brand nya sih better, dan pas pesen taunya masih cbu japan :big_biglaugh:

Kaki kaki nyanyi gimana? gludak gluduk?
Panel gap masih aman (kecuali area pintu yang mulai kelihatan ga rapi, meski dari baru dateng juga area pintu sudah kurang rapi). Dashboard juga mulus rapi no issues sampe skrg. Tapi memang mobil jarang di jemur. Complainnya buat BQ cuma door trim, itu plastik tipis benerrrr. Tapi habis liat merek sebelah sama aja, jadi yasudahlahya.

Kaki kaki bunyinya macem macem om, banyak instrumen musiknya. Kadang gladak, kadang gluduk, kadang suara geter, terutama di jalan ga rata.

Sama mungkin NVH nya sudah jauh berkurang dibanding pas baru, jadi suka ada vibration dan noise yang muncul ketika jalan (yang ketika baru ga ada). Tapi masih batas wajar ya.
Karet/ bushing baru,
Dgn karet sudah dipakai, emang pasti beda

Krn:
- mulai getas
- mulai tipis
- mulai melar

:mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 465
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by FR6 »

josomba wrote: Tue Jan 10, 2023 15:22 Drpd pusing thai vs japan,

Coba disiapkan dulu space pusingnya di kepala untuk:

(1) Support shock yg gampang kering setelah sekian bulan + kena air hujan, jd bunyi2 nanti pas jalan pelan sambil belok.
(2) Rack steer yg minim grease jd harus di-regrease pake grease bagusan sedari dini.
(3) Busi NGK laknat yg gampang berubah gap-nya, kalau minat ganti bosch double iridium vr7 atau denso ixeh22tt.
(4) Part tie rod/link stabil yg lebih ciamik n durable 555

:big_grin: :big_grin:
Kalo Mazda 2 lama (yg sebgasis FIesta) gitu juga gak penyakitnya Om?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by DOHC »

josomba wrote: Tue Jan 10, 2023 15:22 Drpd pusing thai vs japan,

Coba disiapkan dulu space pusingnya di kepala untuk:

(1) Support shock yg gampang kering setelah sekian bulan + kena air hujan, jd bunyi2 nanti pas jalan pelan sambil belok.
(2) Rack steer yg minim grease jd harus di-regrease pake grease bagusan sedari dini.
(3) Busi NGK laknat yg gampang berubah gap-nya, kalau minat ganti bosch double iridium vr7 atau denso ixeh22tt.
(4) Part tie rod/link stabil yg lebih ciamik n durable 555

:big_grin: :big_grin:
ngana so da perlu pusing jo

bawa ke padepokan mbah ono yg suka aneh2 itu aj

beres jo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by josomba »

DOHC wrote: Wed Jan 11, 2023 5:54 ngana so da perlu pusing jo

bawa ke padepokan mbah ono yg suka aneh2 itu aj

beres jo
Dorang di semarang, mbah. Lah mbah ono walau sekarang terima home service, masa ke semarang dulu dr tangsel.

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
FR6 wrote: Wed Jan 11, 2023 5:04 Kalo Mazda 2 lama (yg sebgasis FIesta) gitu juga gak penyakitnya Om?
Karena ga pakai yg pre-skyactiv, jujur kurang tahu om apa aja detail penyakitnya. Kalau yg sering dibahas belakangan untuk yg pre-skyactiv, keknya lebih karena faktor umur sih. Seputaran radiator, fuel pump, engine mounting.
Image
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by Pboyz97 »

Omiyup wrote: Tue Jan 10, 2023 7:42 Permisi, ada yang pernah nyoba mazda buatan thai dan japan? Tapi 1 tipe ya (misalnya sama2 cx3, atau sama2 mazda 3)


Apakah BQ thai bagus? Kebetulan mau ambil CX3 tapi udah sejak pertengahan 2022 produksi pindah thailand (denger2 jp juga ambil unit thai)

Mungkin ada yang mau share?
kalo saya pernah, tapi bedanya japan sm malay. punya saya dulu tahun cx5 elite 2018 akhir rakitan malay sampe dijual 2 tahun lalu di odo 50rban masih senyap interiornya, gaada rattle sama sekali (kebetulan temen juga masih miara cx5 elite 2018 awal CBU jepang ,sampe sekarang no rattle sama sekali & masih senyap interiornya, padahal odo udh 90rb lebih :big_biglaugh: ) . cx5 gen 1 2013 saya juga dulu CBU jepang sampe dijual 4 tahun lalu di odo 152rb surprisingly no rattle samsek juga, masih senyap interiornya hehehe

buatan thai harusnya gajauh beda ya sm jepang kalo mazda setau saya, tapi hoki2an jg jatohnya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by peterming77 »

DrivingPotato wrote: Wed Jan 11, 2023 1:32
Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:20

Waduh, bakalan kena dong soalnya mazda2=thai, cx3 baru = thai. cx3 jp gimana kabarnya? Ada yang udah pake lebih dari 2 th?

Ijin save om Josomba, nanti kalo pas butuh hehehehehe
Ngga semuanya masalah thai dan bukan thai.

Altis saya buatan Thailand sudah 7 tahun ga ada rattle dan ga ada masalah kaki-kaki.

CX-3 saya buatan Jepang dan skrg racksteer sudah gluduk2, jalan belok di jalan miring bunyi tek tek, shockbreaker sudah dapat sepasang unit baru di 6 bulan pertama kepemilikan. Mau ngurus bunyi2nya malas banget.

Saran saya sih jgn terlalu dipusingin dan nikmati saja. Kalau memang tetep kekeuh masih gak yakin, batalkan SPK nya dan beli unit yang tidak bikin om terbayang-bayang setiap malam apakah unit tsb perfect atau tidak :big_exellent:
Karena kita gak akan bisa atur ATPM dapat alokasi unit dari negara mana

:big_biglaugh:
Hehehe CX3 saya kalo pertama jalan dan kena polisi tidur/posisi mobil mengayun kiri depan suka bunyi kriet2 seperti kurang minyak, tapi nanti kalo udah jalan agak jauh ya hilang bunyinya. Udah di cek understel di beres belum ketemu masalah dimana, tapi mereka ngaku kalo memang bunyi. Unit 2021 jalan masih 11rb.

Kalo kabin no rattle, aman.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 630
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by lamatlancah »

thai lebih superior dibanding indo ?
sama2 on par lah BQ-nya, kadang ada yg lebih baik BQ thai begitu pula sebaliknya.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by KielConstantine »

Pboyz97 wrote: Wed Jan 11, 2023 6:36 kalo saya pernah, tapi bedanya japan sm malay. punya saya dulu tahun cx5 elite 2018 akhir rakitan malay sampe dijual 2 tahun lalu di odo 50rban masih senyap interiornya, gaada rattle sama sekali (kebetulan temen juga masih miara cx5 elite 2018 awal CBU jepang ,sampe sekarang no rattle sama sekali & masih senyap interiornya, padahal odo udh 90rb lebih :big_biglaugh: ) . cx5 gen 1 2013 saya juga dulu CBU jepang sampe dijual 4 tahun lalu di odo 152rb surprisingly no rattle samsek juga, masih senyap interiornya hehehe

buatan thai harusnya gajauh beda ya sm jepang kalo mazda setau saya, tapi hoki2an jg jatohnya hehehe
Bahahahaha… mau kelasnya dari apansah sampe alpret cbu japan jg . Emang hoki2an urusan rattle. Malah banyak suka kejadian, awalnya kg rattle senyap smua. Bgitu masuk bengkel buat servis berkala, kluar bengkel jd rattle orkestra sana sini :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 2:36
KielConstantine wrote: Tue Jan 10, 2023 20:28 Makanya jangan pelihara yg rakitan sunter :big_weee:
yg susah ampe seri X ama seri 7 yang M M an juga msh rakitan sunter kan :big_biglaugh: kudu cepet beli first batch nya yang masih rakitan jerman punya.

tp mercedes BMW sekarang jg penurunan kualitasnya berasa. mercedes di luar banyak kritik soal plastik2 interiornya bahkan di kelas C class.



gw dulu coba mekleren 650S... di surabaya barat kok interior bunyi semua gini :big_biglaugh:

italian/british supercars sih ikhlasin aja ketemu jalan indo udah pasti RIP interiornya. dasarnya emang ngga buat robustness. terima nasib aja di third world country :upss:
Ho ohhh.. F10 CKD (528i buatan sunter) vs F10 CBU (535i) sama2 warna putih alphine weiss. Di jejerin sebelah2an aja bisa jomplang contrast putihnya

Nerimo ajalah klo idup di third world :big_slap:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by Omiyup »

ChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 3:22
Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 3:17
Makanya om, kan jap vs thai itu lebih murah cost nya di thai, apalagi sini. Saya sih lebih khawatir di produk yang sama harga fitur yang sama bakalan motong di bq yang turun, selaras dengan (maaf) sdm yang turun (bukan berarti orangnya, tapi kontrol mutunya)

Apalagi disini tau sendiri ya, market quality kelas 3 kebawah harga kelas 1 :big_bored:
pakabar di singapur om avanza 1miliar mungkin dapetnya rakitan indonesia :big_biglaugh:

logikanya di supply chain mereka lbh efisien karena harga sama bisa jualan barang (dan pasti ada discount barang tipis tipis). krn kalo buatan japan musti inden setaun, dgn dibuat di thai ready lebih cepet jauh dan ngurus surat suratnya jg gak nunggu lama :upss:

kan gak semua konsumen kayak om, mungkin om rela nunggu setaun (itu aja pasti perjanjian harga tidak mengikat) asal barang bagus buatan japan, tp 99% konsumen udah bete mau beli mobil mazda aja indent ngurus surat lama. bisnis ya uang hrs muter om emi hrs bisa jualan itu poinnya bkn buatan mana buatan mana. thats how the world works :upss:

konsumen pasti logikanya ya kalo bisa harga sama bagus knp harus yang jelek, tp prinsip business kan modal sekecil mungkin untuk profit sebesar mungkin. klo dirasa jual cx3 jdm udah ga masuk marginnya ya jahit aja di thailand china india atau indonesia murah labornya. mazda jp? ga peduli lah. loe gak jualan ya loe gw tutup. hayo milih mana :mky_03:

btw alphard IDM jualan astra buatan japan juga rattle rattle kok even di low km as low as 2000 km. santai saja lah. namanya ribuan komponen orang jepang jg bukan dewa. jdm item kena iklim panasnya sini tiap ari dijemur juga kalah akhirnya.

di sini kena granmax spek ekspor reject an aja hepi dibilang kualitas dewa :big_biglaugh: ya udah berdamai aja realita hidup di emerging country.
Nganu om, saya sempet galau M2sky sama cx3 kalo cx3 jadinya thai. Soalnya saya pikir cx3 bakal turun bq nya ke m2, jadi ga ada lebih nya

Cuma sekarang malah di acc nya cx3 karena GC nya tinggi (padahal tetep aja mau pendekin 2cm an)
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by bimzbim »

KielConstantine wrote: Wed Jan 11, 2023 7:24
Pboyz97 wrote: Wed Jan 11, 2023 6:36 kalo saya pernah, tapi bedanya japan sm malay. punya saya dulu tahun cx5 elite 2018 akhir rakitan malay sampe dijual 2 tahun lalu di odo 50rban masih senyap interiornya, gaada rattle sama sekali (kebetulan temen juga masih miara cx5 elite 2018 awal CBU jepang ,sampe sekarang no rattle sama sekali & masih senyap interiornya, padahal odo udh 90rb lebih :big_biglaugh: ) . cx5 gen 1 2013 saya juga dulu CBU jepang sampe dijual 4 tahun lalu di odo 152rb surprisingly no rattle samsek juga, masih senyap interiornya hehehe

buatan thai harusnya gajauh beda ya sm jepang kalo mazda setau saya, tapi hoki2an jg jatohnya hehehe
Bahahahaha… mau kelasnya dari apansah sampe alpret cbu japan jg . Emang hoki2an urusan rattle. Malah banyak suka kejadian, awalnya kg rattle senyap smua. Bgitu masuk bengkel buat servis berkala, kluar bengkel jd rattle orkestra sana sini :mky_07:
yup ini saya ngalamin. Awal masuk beres pintu kanan ga ada masalah, eeh setelah servis rutin kok bunyi kretek kretek di pintu kanan. Plus bonus cap cap an item di panel interior door trim. bunyi ternyata dari cup di handle pintu. Sumpel tuh pake kertas diselipin dicelah celahnya biar rapet. Ilang deh bunyi nya. Noda item untungnya cuma di door trim, kagak di plafon.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by darrelund »

ChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 3:22
logikanya di supply chain mereka lbh efisien karena harga sama bisa jualan barang (dan pasti ada discount barang tipis tipis). krn kalo buatan japan musti inden setaun, dgn dibuat di thai ready lebih cepet jauh dan ngurus surat suratnya jg gak nunggu lama :upss:

kan gak semua konsumen kayak om, mungkin om rela nunggu setaun (itu aja pasti perjanjian harga tidak mengikat) asal barang bagus buatan japan, tp 99% konsumen udah bete mau beli mobil mazda aja indent ngurus surat lama. bisnis ya uang hrs muter om emi hrs bisa jualan itu poinnya bkn buatan mana buatan mana. thats how the world works :upss:

konsumen pasti logikanya ya kalo bisa harga sama bagus knp harus yang jelek, tp prinsip business kan modal sekecil mungkin untuk profit sebesar mungkin. klo dirasa jual cx3 jdm udah ga masuk marginnya ya jahit aja di thailand china india atau indonesia murah labornya. mazda jp? ga peduli lah. loe gak jualan ya loe gw tutup. hayo milih mana :mky_03:
paten ini

makanya oe blg kmrn kenapa ga dipindah ke thai aja? keliatan thai lebih dari capable utk handle alokasi unit ke indo

maksa dari japan itu EMI mau megap sampe bubar? :big_biglaugh:

lineup di thai lengkap minus cx9, kenapa ga dari thai aja

no offense, percuma makan gengsi made in japan klo ujungnya konsumen makan ati

kompetitor mah ketawa ketiwi aja kita pengen made in japan tapi, calon konsumen lari semua :big_biglaugh:

ditambah mazda di japan itu handle ga cuma domestik, tapi global disitu jg. mau sampe kapan nungguin

dan masda skrg keliatannya ud punya golden boy baru, australia

tambah susah lg dapet unit :big_biglaugh:

lagian klo rakitan thai jelek gamungkin disono laku 30rb unit setaon
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by darrelund »

Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 0:20 Waduh, bakalan kena dong soalnya mazda2=thai, cx3 baru = thai. cx3 jp gimana kabarnya? Ada yang udah pake lebih dari 2 th?
sama aja um mau jp / thai

di japan kenapa ga orkestra? karena jalanannya mulus :big_biglaugh:
Omiyup
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Thu Jun 11, 2020 18:54

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by Omiyup »

darrelund wrote: Wed Jan 11, 2023 20:04
ChZ wrote: Wed Jan 11, 2023 3:22
logikanya di supply chain mereka lbh efisien karena harga sama bisa jualan barang (dan pasti ada discount barang tipis tipis). krn kalo buatan japan musti inden setaun, dgn dibuat di thai ready lebih cepet jauh dan ngurus surat suratnya jg gak nunggu lama :upss:

kan gak semua konsumen kayak om, mungkin om rela nunggu setaun (itu aja pasti perjanjian harga tidak mengikat) asal barang bagus buatan japan, tp 99% konsumen udah bete mau beli mobil mazda aja indent ngurus surat lama. bisnis ya uang hrs muter om emi hrs bisa jualan itu poinnya bkn buatan mana buatan mana. thats how the world works :upss:

konsumen pasti logikanya ya kalo bisa harga sama bagus knp harus yang jelek, tp prinsip business kan modal sekecil mungkin untuk profit sebesar mungkin. klo dirasa jual cx3 jdm udah ga masuk marginnya ya jahit aja di thailand china india atau indonesia murah labornya. mazda jp? ga peduli lah. loe gak jualan ya loe gw tutup. hayo milih mana :mky_03:
paten ini

makanya oe blg kmrn kenapa ga dipindah ke thai aja? keliatan thai lebih dari capable utk handle alokasi unit ke indo

maksa dari japan itu EMI mau megap sampe bubar? :big_biglaugh:

lineup di thai lengkap minus cx9, kenapa ga dari thai aja

no offense, percuma makan gengsi made in japan klo ujungnya konsumen makan ati

kompetitor mah ketawa ketiwi aja kita pengen made in japan tapi, calon konsumen lari semua :big_biglaugh:

ditambah mazda di japan itu handle ga cuma domestik, tapi global disitu jg. mau sampe kapan nungguin

dan masda skrg keliatannya ud punya golden boy baru, australia

tambah susah lg dapet unit :big_biglaugh:

lagian klo rakitan thai jelek gamungkin disono laku 30rb unit setaon
Sebenernya kalo masalah jelek/bagus bisa laku 30k unit ga bisa jadi acuan om. Toyota yang rakitannya kadang begitu tetep jadi market leader disini kok

Lebih ke “adanya itu” atau brand nya lebih kuat
Lagian kalo disana rakitan lokal pasti ada subsidi

Juga faktor market sini sepertinya lebih rendah positioningnya daripada mereka, jadi kualitas nomor sekian yang dikirim ke sini
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by darrelund »

Omiyup wrote: Wed Jan 11, 2023 23:18
Sebenernya kalo masalah jelek/bagus bisa laku 30k unit ga bisa jadi acuan om. Toyota yang rakitannya kadang begitu tetep jadi market leader disini kok

Lebih ke “adanya itu” atau brand nya lebih kuat
Lagian kalo disana rakitan lokal pasti ada subsidi

Juga faktor market sini sepertinya lebih rendah positioningnya daripada mereka, jadi kualitas nomor sekian yang dikirim ke sini
sales yg bagus itu artinya kepercayaan konsumen tinggi

kepercayaan konsumen itu dibangun dengan barang yg reliable, aftersales mendukung dan administrasi yg bagus. itu semua sepaket, satu kurang ya ga laku

jd oe rasa klo cuma grgr barangnya tujuan market low priority trs QC asal"an itu ga worth sama collateral effectnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by ChZ »

darrelund wrote: Wed Jan 11, 2023 20:04 paten ini

makanya oe blg kmrn kenapa ga dipindah ke thai aja? keliatan thai lebih dari capable utk handle alokasi unit ke indo

maksa dari japan itu EMI mau megap sampe bubar? :big_biglaugh:

lineup di thai lengkap minus cx9, kenapa ga dari thai aja

no offense, percuma makan gengsi made in japan klo ujungnya konsumen makan ati

kompetitor mah ketawa ketiwi aja kita pengen made in japan tapi, calon konsumen lari semua :big_biglaugh:

ditambah mazda di japan itu handle ga cuma domestik, tapi global disitu jg. mau sampe kapan nungguin

dan masda skrg keliatannya ud punya golden boy baru, australia

tambah susah lg dapet unit :big_biglaugh:

lagian klo rakitan thai jelek gamungkin disono laku 30rb unit setaon
mazda kliatan pasar aussie lebih diurusin sih. di sana masuk top penjualan.

di sini cuma remah remah ngapain kasi alokasi unit japan :big_biglaugh: kasih grade 5 sewa tukang jait lokal biar murah aja udah seneng krn biasa pegang elsigisi :big_biglaugh:

ya jangan seakan kalo bukan japan maka barang jelek juga lah. itu barang brand brand baju terkenal ngerti ga tukang jaitnya dari mana :big_biglaugh: kalo ngerti bisa kaget buset barang jaitan china loe beli mahal mahal.

ya yang barang kwaliteit paling bagus logikanya pasti dikasih ke domestik atau pasar yang bagus growthnya. cuma bukan berarti rest of it dapet sampah. dia sewa tukang jait lokal aja. emang ga sebagus punya dia, tapi kan tukang jaitnya juga udah dikasih panduan gimana ngejait yang bener.

mau bagus bener beli yang tailormade. pakaian aja tailormade beda sama yang masspro :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Mazda Thai vs Japan

Post by josomba »

ChZ wrote: Thu Jan 12, 2023 3:37
mazda kliatan pasar aussie lebih diurusin sih. di sana masuk top penjualan.

di sini cuma remah remah ngapain kasi alokasi unit japan :big_biglaugh: kasih grade 5 sewa tukang jait lokal biar murah aja udah seneng krn biasa pegang elsigisi :big_biglaugh:

ya jangan seakan kalo bukan japan maka barang jelek juga lah. itu barang brand brand baju terkenal ngerti ga tukang jaitnya dari mana :big_biglaugh: kalo ngerti bisa kaget buset barang jaitan china loe beli mahal mahal.

ya yang barang kwaliteit paling bagus logikanya pasti dikasih ke domestik atau pasar yang bagus growthnya. cuma bukan berarti rest of it dapet sampah. dia sewa tukang jait lokal aja. emang ga sebagus punya dia, tapi kan tukang jaitnya juga udah dikasih panduan gimana ngejait yang bener.

mau bagus bener beli yang tailormade. pakaian aja tailormade beda sama yang masspro :mky_03:
:big_grin: :big_grin:

Makanya nih mbah ChZ., ane agak kaget sih TS memusingkan masalah thai vs jap. Pasti mirip2 ga langit bumi bedanya. Kalau kebetulan punya merk lain rakitan thai rattle dll, ya namanya masspro. Pasti ada xx% allowance defect, secara takdir TS kebetulan apes di xx% tersebut.
Image