What would you do?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

What would you do?

Post by kendibocor »

Kemaren ke IIMS 2023 saya baru mulai perhatiin mobcin. Kebetulan booth mobcin mulai dari chery sampe wuling ga kalah loh jumlah pengunjungnya sama mobil2 jepang. Tp kalau melihat dari angka penjualan, rasa2nya saya hampir ga pernah lihat ada mobcin yg masuk 10 besar penjualan terlaris. Entah ya wuling waktu ngebooming brp tahun lalu pernah masuk atau nggak.

Nah dari sini kemarin saya mikir2 sendiri kenapa produk2 negara tiongkok ini blm bisa menembus supremasi mobil2 jepang. Padahal kalo bilang produk secara kualitas yg terlihat tidak kalah sama mobil jepang, bahkan boleh dibilang lebih unggul.

Kita ingat dulu wuling awal2 mau nembus market indo, strategi yg digunakan adalah memperbanyak dahulu jejaringan showroom dan bengkel resmi di seluruh indonesia. Boleh dibilang di pulau jawa, showroom dan bengkel resmi wuling bahkan sudah banyak masuk sampai kota2 kecil. Strategi ini boleh dibilang cukup berhasil walaupun secara angka penjualan blm bisa deket2 ke mobil jepang. Belakangan, chery juga menggebrak pasar indo dengan masukin mobil spec bagus dan garansi yg lama, 7 tahun kalo ga salah ya. Sebenernya di luar mobcin pun brand2 yg ga market leader tetep susah untuk upping angka penjualan. Macam mazudah yg produknya boleh dibilang superior dalam built quality produknya sampe subaru yg masukin mobil full spec.

Nah yg saya ingin berandai-andai misalkan kita2 disini jadi pembuat kebijakan strategi untuk meningkatkan penjualan mobil2 china, kira strategi apa yg teman2 akan gunakan untuk menembus pasar indo ini.
Ini sih iseng2 aja sekalian sharing strategi2 dlm dunia usaha siapa tau bisa diterapkan secara real dalam usaha kita masing2 di dunia nyata. Andaikan lah kita disupport dari negeri paman Xi dengan unlimited budget asal bisa melakukan penetrasi dan bisa bersaing dengan market leader negara nippon.

Kalo saya sih yg kepikiran saat ini jika diposisikan sebagai pemegang kebijakan adalah saya akan buat center pre-owned car seperti yg brand2 eropa lakukan saat ini. Dengan bikin pre-owned car center sendiri boleh dibilang kita jadi bisa ikut mempengaruhi resale value yg saya rasa banyak saat ini banyak menjadi dealbreaker saat ingin beli mobcin.
Kedua, saya akan fokus jualan BEV dan ga akan fight untuk maksa masukin mobil ICE. Secara teknologi kayaknya tiongkok boleh dibilang ga kalah sama negara lain dalam soal BEV. Saya akan bikin charging station yg banyak, mungkin awal2 di P. Jawa dlu karena mayoritas penjualan pun pasti ada disana ditambah promosi untuk edukasi range anxiety sama masyarakat umum. Kemudian faktor paling penting lainnya adalah provide harga BEV yg masih mazuk diakal. Potensi BEV ini kayanya lumayan gede mengingat khususnya di Indo, produsen jepang dan yurop blm terlihat terlalu serius garap BEV. Agak susah untuk fight jepang dan eropa karena mereka uda jadi market leader puluhan tahun disini, kalo mo fight ya di hal lain yg sama2 blm digarap dengan intens.
Ketiga, khas interior dan interface HU/MID mobcin harus dibuang jauh2. Harus bisa meniru interface MID/HU mobil jepang atau eropa yg ga kebanyakan atau kepanjangan istilah, tp orang tahu maksud dari menu tsb itu gunanya untuk apa.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 583
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: What would you do?

Post by timbermaniac123 »

Saya setuju sama om. Langkah paling masuk akal, mulai dr mobil ev mid class dengan proper 4 pintu. Coba liat mobil mainan 2 pintu nya aja udah laris manis. Sweet Spot harga mobil untuk kamu menengah ya harus sekitar 200-300an. Momentnya lagi pas, Mumpung belum banyak pemain ev di segmen mid class.
2ffthud
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Sun Feb 26, 2023 5:06
Location: PlusEnamDua

Re: What would you do?

Post by 2ffthud »

kendibocor wrote: Wed Mar 01, 2023 5:23
Nah yg saya ingin berandai-andai misalkan kita2 disini jadi pembuat kebijakan strategi untuk meningkatkan penjualan mobil2 china, kira strategi apa yg teman2 akan gunakan untuk menembus pasar indo ini.
Ini sih iseng2 aja sekalian sharing strategi2 dlm dunia usaha siapa tau bisa diterapkan secara real dalam usaha kita masing2 di dunia nyata. Andaikan lah kita disupport dari negeri paman Xi dengan unlimited budget asal bisa melakukan penetrasi dan bisa bersaing dengan market leader negara nippon.
Ane bukan engineer atopun ekonom, cuma seneng tech khususnya automotive-related. Menurut ane ada 2 kuncinya supaya marketshare pelan2 pindah dari japs ke cungkwo:
1. reliability & availability of sparepart ecosystem
2. improved customer experience, ever since stepping on the dealer parking area, to signing the purchasing papers, to regular maintaining their vehicle in either dealer or independent workshop, to reselling their vehicle at max. depreciation rate of 12%/ year.

selama ini kan senjata utama barang2 cungkwo main di harga doang: asal murah, asal laku, urusan kwaliti nomor belakang. klo mo mendepak japs di auto market, mindset ini harus dimodif. Cungwo manufacturers need to stand behind their products, not behind their influencers

CMIIW
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: What would you do?

Post by adriangaut »

Kalo saya jadi petingginya Chinese cars company

Bakal support produk" aftermarket buat mobil" yang dijual, sampe ke pelosok manapun

Yang jadi fokus selain jualan unit baru adalah support parts sampe jangka waktu entah kapan, pokoke spareparts apapun buat mobil perusahaan gue kudu ready, inden paling lama seminggu deh, ga ada parts ori? Gue jual juga tuh merk kw kw nya misal shockbreaker dsb, owe buka dah tuh spareparts siapa aja mau ambil dan jual boleh, dari tier 3 sampe tier 1, kalo perlu owe kontrak tuh bilstein, sachs buat bikin parts mobil cungkwo

Orang sini beli mobil pengen modif juga, owe dukung dah tuh mobil mau lu apain, kita sediain pokoke

Jadi kalo 2023 beli mobil cungkwo, 5th lagi lu mau ganti mobil, bakal consider cungkwo cars lagi, gak malah beli fortuner pajero yang bisa utik" sesuka ownernya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

Perlu diinget boom nya mobil china sebenernya cuma efek dari peningkatan ekonomi china juga. Mulai dr ponsel fnb lalu otomotif juga. Kalo liat knp china bangun dealer di mana mana itu mirip es krim mi*ue yg juga pake ruko2 kosong. Konon penawaran kemitraannya jg sangat menarik.

Mengenai penetrasi musti liat 10 thn lagi gimana.

Paling utama itu ada gap antara pembeli mobil aktual dan pengikut media otomotif. Mayoritas pembeli mobil skrg itu masih 40 ke atas. Yang 40 ke bawah beli mobil antara financial mistake atau sanggupnya cuma beli mobil 400 ke bawah / motuba. 40 ke atas ya konservatif, apalagi geser dikit dari jakarta mana mau cash keras 500jt buat mobil china. Korea aja mikir.

Youtuber otomotif rata rata kalo bkn yang orang tuanya kaya atau trio itu ya gak bisa beli mobil yang mereka bilang bagus jg sih.

Kalau mau penetrasi cepet nurut saya mungkin musti sediain platform pembayaran dulu. Partnership sama bank yang mau bantu pembiayaan yang bisa dibikin paling enak. Si H miring pinter sekarang, stargejer dibuat bisa bayar tanpa DP atau cuti bayar cicilan. Ini klo orang gak paham kredit mengkredit sih pasti kemakan. Biar affordable dulu sama gen Z.

Masalahnya sistem gini ya gak sustainable dalam waktu lama. Dy mau stimulus pasar sampe kapan. Wuling aja skrg mahal2. Ujungnya gak kuat ya cabs. Paling efektif si buat aja sistem loan kyk di luar. Asal offernya menarik = banyak yang pake = mendorong organic buyer juga. Selesai "sewa" thn kelima tinggal mau lanjut dibeli apa dijual "sewa" model baru lagi.

Tinggal musti ngebuktiin apakah produknya layak bersaing di jangka panjang. 10 thn lagi buyer akan geser dan polanya bakal kliatan.

Gw yakin sih 90% orang beli crv ga akan lirik almaz, dan orang beli innova ga bakal liat cortez. Ini dah salah strategi duluan. Produk murah murahan itu nggak works untuk banyak case. Apalagi produk otomotif. Segimana mahalnya sedan jerman dibeli ya krn mahal = persepsinya kualitas bagus.

Pdhl monmaap itu mercy dari zaman w124 ampe skrg, coba aja E class baru kan plasticky. Wkwkwkwk
Last edited by ChZ on Wed Mar 01, 2023 7:00, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: What would you do?

Post by farizfsa »

pabrikan jepang dan eropa yg sudah megang market disini pasti sudah banyak pertimbangan kenapa ga gembar gembor mobil BEV, hybrid aja ga juga.

padahal di negara gajah thai mobil PHEV, HEV udah banyak bgt dan BEV ya mulai banyak tp blm gimana bgt

mobil china mau masuk kesini harus proven dulu aftersalesnya dan qualitynya. wuling so far kayanya kan oke2 aja, MG juga tumbuh kan penjualan. kalo liat yg satu lg si DFSK kan kaya kurang greget ya artinya tau lah apa yg harus di beresin.

liat showroom chery di cibubur transyogie aja surem bgt itu, kaya bangunan warteg satu lantai di pake tiga unit berjejer jadi showroom, mana showroom depan nya nissan yang lumayan besar, ga ngerti deh itu konsepnya apa. mau dibilang mau punya banyak dealer tp ya ga gt juga sih.

kalo mbl china yang saya tunggu untuk BEV sih sebenernya merek BYD ya, liat di spore, thai itu banyak dia. modelnya juga normal2 kaya MG lah ga jelek ga radikal kaya o moda yang jujur itu gatau desain apaan wkwk ya bukan selera aja sih emg. BYD di indo juga kayanya proven jd taxi biru, taxi ijo di spore.

dulu kenapa motor cina ancur kualitasnya, karena dulu itu motor cina sebenernya di awal oke2 aja, kualitas not bad ttp dibawah jepang, lalu banyak pemain cari maklon di china juga, mau kejar harga makin murah makin murah terus banyak lah merek a b c d, akhirnya kualitas hancur2an jdlah image produk china jelek total.

kalo mbl china sih udah ga maklon2an ya, cm banyak brand dr sana tinggal pinter2 pilih aja, biasanya kl yg JV sama BMW, Volvo, Mercedes oke tuh.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: What would you do?

Post by ariswp »

Yah, image "buatan china" berbanding "buatan jepang/eropa/amerika"
Masih menjadi keyakinan yg mendalam bagi warga kita

Disatu sisi tentunya citra buruk brand china yg masuk awal 2000an dengan strategi jual dan kualitas mobil awut2an masi melekat di benak warga kita (termasuk saya)

Mengubah mindset ini sih yg berat, wuling kurang apa dengan strategi aftersales dan penyebaran dealer nya yg masif, tapi masih aja dipandang brand kelas dua,

dan mayoritas masyarakat umum (bukan penikmat otomotif macem kita2 di SM ini) yg memandang wuling sbg brand kelas dua gini pun sebenernya bukan karena alasan build quality, driving dynamics yg masih dibawah jepang tapi ya karena masi dipandang "brand china" td
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

2ffthud wrote: Wed Mar 01, 2023 6:31
2. improved customer experience, ever since stepping on the dealer parking area, to signing the purchasing papers, to regular maintaining their vehicle in either dealer or independent workshop, to reselling their vehicle at max. depreciation rate of 12%/ year.
sbenernya ini yang ane amati menarik om. mungkin yang bikin sedikit banyak chinese brand kurang sukses itu di sisi perlakuan ke konsumen. sayangnya produk china itu emang selama ini terkenal murah dan high volume saja. tp customer satisfaction dan kualiti ya nomer bawah. la wong memang murah.

sialnya d indo emang harus diakui kita emang di didik budaya jawa yang ke-priyayi-an. mau mobil LCGC pun layanannya mau setara lekses krn ya emang usaha dapetin tuh mobil sulitnya ampun mungkin nahan malu ngutang tetangga buat dp. wkwkwkkwkw.

sejalan banget sama budaya jepang yang mengutamakan hospitality. makanya produk jepang selalu laris. mo produknya jelek orang indo tuh cepet lupa asal di treatnya baik.

tapi sebaliknya, mo produk bagus, klo sekali ada masalah dan perlakuannya kayak gembel, ya alamat viral udah mau defectnya cuma 1 produk dari 1 juta produk dan masalah kecil yang tinggal kencengin baut kelar. jepang klo kasus gini ga banyak bertele-tele langsung repair terus situ dijamu macem raja dikasih voucher bensin lah voucher servis lah. biasa kayak gini dari level lcgc ke mercy, sama merk china/korea diperlakukan ala gembel ya protes lah :big_biglaugh: bar nya udah ketinggian.

ya itu bedanya jual es krim, hape, dan mobil. jual es krim asal gak sakit perut gak bakal ribut, jual hape kalo rusak ya ganti baru wong murah aja kok, hape rusak setahun ya dianggep wajar wkwkwkwk lha aipun aja ganti model tiap tahun. jual mobil rusak masa iya mau di lem biru. kecuali level ekonomi kita udah anggep 100 juta itu uang receh baru mobil china bisa sukses.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: What would you do?

Post by Ibet »

Ijin ikut nimbrung ya om

bener yg dikatakan om TS, strategi jualan perang murah itu ga mempan disini ....
atau mungkin ada om diatas yg punya strategi masukin barang di rentang hot price 200-400 jt itu jg saya setuju sih ..

jangan lupa pembeli disini kan masih mouth to mouth alias mulut ke mulut hehe

jadi ingat kasus h miring tempo hari gabisa starter, udahlah orang masih wait n see mau beli,
ternyata orang yg kena kasus itu masih nunggu sampai dipinjemin unit lain dulu ...
anyway good job h miring buat ngatasin ini ..

tapi ya,
in this country, yg saya tau, kalo jualan lagi naik pamor / jadi pusat perhatian gini, usahain jangan sampe keliatan jelek dulu lah haha
orang nanti bakal ngomong "tuh kan gw bilang jg apa!"

bahkan sebelum ortu saya ambil wr-v itu, saya udah saranin ambil creta aja, nambah 20 jt tapi u dapet mobil sekelas hr-v
at the time, wr-v rs 299 jt, creta trend 320 jt ..

beda sama yg udah established, macem t/d/h tegak .. orang udah terlanjur percaya, malah udah 2 generasi kali ya? dari ortu ke anak, beberapa bahkan dari eyang ke cucu (2gen) haha
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: What would you do?

Post by RezPrat »

Misi, mau nyumbang pendapat pake bahasa awam aja ya:
1. Product Quality (ie: mobil baru gak mogok tiba2, kualiatas riding enak gak ada bunyi atau bau aneh2, irit, tenaga gak perlu gede2 amat yang penting gak rewel aja)
2. After sales support (spare part gampang d cari gak hanya d beres, harga spare part competitive, SA knowledgeable , gak susah klaim garansi, bikin ekosistem 2nd hand car macam mobil88 nya astra)
3. Sering2 adakan program2 aftersales, misal nya free check up ini dan itu, free oli, edukasi ke komunitas dll. (dulu waktu pake suzuki, indomobil di kota ane pernah adakan acara massal free oli buat mobil suzuki yg masih under warranty, tapi filter oli nya bayar.)

dan menurut ane Prod Quality mobcin d indo masih d bawah jepang dan korea yah, pengalaman keluarga dan teman melihara si W.
kasus 1: mobil SUV merek W, belum setaun, AC bau banget, sampe skrg gak solve sama beres, tarik ulur buat ganti AC system. Pas liat firewall, ada bolongan gede, dan tikus masuk d situ.Ini koq bisa d firewall ada bolongan gede????? dan AC kenapa koq gak solve2 juga
kasus 2 : merek W lagi, MPV, baru 9 bln, mobil baru, Fan radiator mati tanpa sebab, beres malah minta duit buat charge harga fan nya (dan barang gak ready) jasa free. hellloww, di mana2 warranty itu free semua. Di cari spare part luar gak cocok, akhir nya terpaksa beli d beres. dengan harga 1.x juta lupa detail nya, mahal amat buat cuma fan doang...parah. Mobil punya ipar ane.

ya gitu deh...hehehe.
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: What would you do?

Post by 12punch »

hmm kalo harga mobcin di mepetin ke harga mobil jepang ( tp msh dibawah dikit biar menarik ) tapi benefitnya dengan perpanjang garansi hingga 7-10 tahun oke gak ya strateginya ? jd orang ga pusing kalo garansi panjang kan

wuling air ev cukup nge gebrak pasar sih, mulai bnyk berkeliaran, tp rasanya mobil konvensionalnya jg harus ada 1 yg kuat dari brand china,
karena pertama mobil listrik dari jepang / korea bahkan tesla aja saya pribadi msh bertanya2 keawetan dsbnya
( tp masalahnya skrg yg beli mobil fully EV ini orang kaya sih ya, kalo rusak tinggal mereka ganti lagi :( )
+ lg brand china EV, makin bertanya2 double ya kalo ane
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: What would you do?

Post by mr_mytplx »

kl saya strateginya akuisisi perusahaan2 yg butuh fleet banyak. terus suruh mereka pakai confero ato cortez gt. mesti laris nt jualannya.
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: What would you do?

Post by the-mantal »

pabrikan cina pasti akan ktemu strategi yg tepat, belum tahu strategi seperti apa.
masalahnya cara wuling yg awalnya saya pikir cukup jitu (build aftersales dan pabrik) ternyata malah kurang berhasil. mungkin salesnya kurang agresif...

saya lihat di indo beberapa brand cina yg cukup sukses :
1. hp oppo, bisa jualan brand cina dengan harga muahalll dan ternyata laku! strateginya mereka kan deketin pedagang2 di itc dan salesnya agresif. klo xiaomi sukses karena murah spek tinggi jd ga heran.
2. popok makuku tnyata laku juga! yang petingginya oppo masuk sini sih jadi strategi salesnya mirip2 mgkn.. plus klo yg ini strategi mereka banyak2in endorse di youtube / ig.
3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
4. tv cina (TCL), ngga tahu kenapa bisa laku wkwkwk... mgkn karena murah kali ya...
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: What would you do?

Post by gadjahalphien »

the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 saya lihat di indo beberapa brand cina yg cukup sukses :
1. hp oppo, bisa jualan brand cina dengan harga muahalll dan ternyata laku! strateginya mereka kan deketin pedagang2 di itc dan salesnya agresif. klo xiaomi sukses karena murah spek tinggi jd ga heran.
2. popok makuku tnyata laku juga! yang petingginya oppo masuk sini sih jadi strategi salesnya mirip2 mgkn.. plus klo yg ini strategi mereka banyak2in endorse di youtube / ig.
3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
4. tv cina (TCL), ngga tahu kenapa bisa laku wkwkwk... mgkn karena murah kali ya...
Untuk consumer product macam ini, pasti dg mudah laku dg strategi yg om sebutkan.

Namun untuk mobil, sepertinya nanti dulu.
Capital yg dibutuhkan masyarakat untuk membeli bukan sekedar 2-3 bulan gaji, namun 2-3 tahun gaji.
Tentu paradigma yg muncul, apakah barang ini zonk?

Kalo terlanjur masuk, apakah barang zonk ini bisa di lembiru dg recovery capital yg acceptable?

Se kacrut-kacrut nya lcgc THDS, masih di anggap barang mahal untuk beberapa orang
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: What would you do?

Post by KielConstantine »

the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: What would you do?

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
2-3 tahun terakhir sih seinget ane tukang ac udh ga pernah rekomen daikin, apa lg yg multi indoor satu outdoor

Dl pake ac merek aux changhong gree oke oke aja sih
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: What would you do?

Post by kendibocor »

Wah ternyata banyak yg sebenernya bisa diperbaikin ya dari brand2 tiongkok kalo memang mau serius garap pasar disini.
RezPrat wrote: Wed Mar 01, 2023 9:44
dan menurut ane Prod Quality mobcin d indo masih d bawah jepang dan korea yah, pengalaman keluarga dan teman melihara si W.
kasus 1: mobil SUV merek W, belum setaun, AC bau banget, sampe skrg gak solve sama beres, tarik ulur buat ganti AC system. Pas liat firewall, ada bolongan gede, dan tikus masuk d situ.Ini koq bisa d firewall ada bolongan gede????? dan AC kenapa koq gak solve2 juga
kasus 2 : merek W lagi, MPV, baru 9 bln, mobil baru, Fan radiator mati tanpa sebab, beres malah minta duit buat charge harga fan nya (dan barang gak ready) jasa free. hellloww, di mana2 warranty itu free semua. Di cari spare part luar gak cocok, akhir nya terpaksa beli d beres. dengan harga 1.x juta lupa detail nya, mahal amat buat cuma fan doang...parah. Mobil punya ipar ane.

ya gitu deh...hehehe.
Menurut ane ASS jg harus ketat kontrolnya dari prinsipal. Kalo liat 2 contoh ini sih agak2 bunuh diri. Percuma susah2 bangun jaringan service dimana2 tp pelayanannya sendiri ga beres. Uda dari awal skeptis mau beli, eh pas beli beneran zonk. Ya ga bakal orng mau beli lagi. Blm lagi kalo diceritain kiri kanan atas bawah, makin parah lah itu stigma negatif mobcin. Enaknya jadi market leader disini kalo produknya ada cacat orang ga gitu pusing dianggap lg ga beruntung aja dpt produk cacat, kalo merk non-mainstream sekali ada cacat akan digeneralisir semua produknya jelek

Bikin jaringan bengkel, dll segala sih urusan gampang yg penting cuan tebel (dan saya yakin mobcin ini capitalnya gede2), yg susah itu bikin hospitalitynya agar bisa melayani konsumen sampai puas. Bikin pelayanan model bank bca itu sangat2 sulit lho :mky_03:
Last edited by kendibocor on Wed Mar 01, 2023 13:53, edited 1 time in total.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
mahesoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Sep 01, 2014 22:29

Re: What would you do?

Post by mahesoo »

Kalau saya jadi eksekutif wuling atau merk unpopular tapi produknya cukup oke yang saya lakukan.

1. Bikin aftersales dan servis sampe pelosok indo, dan gandeng bengkel2 umum supaya bisa servis produk gue tujuannya agar konsumen gak takut karena dealernya ada di setiap kota dianggap serius garap pasar, dan kalau bengkel umum udah bisa nanganin cost servis jadi rendah konsumen ngerasa aman untuk beli mobil untuk jangka panjang.


2. Stok sparepart yang banyak dan akses ke sparepart mudah, inden jangan lama2 sehingga konsumen gak akan was was takut sparepart gak ada tentunya dengan harga terjangkau.


3. Semua Karyawan wuling di indo dari mulai direktur sampe kebawah2nya wajib pake mobil wuling terutama yang sering wara wiri di jalan. Tujuannya agar meningkatkan “presence” di jalanan mayoritas orang indo akan merasa aman jika produknya banyak yang make.

4. Bikin certified pre owned agar menjangkau market lebih luas dan membuat orang gak takut susah jual bekas mobilnya.

Mobil di indonesia masih barang mahal otomatis mayoritas orang di indonesia cenderung memilih brand yang sudah punya bama dan history yang jelas. Point2 diatas diharapkan dapat merubah mindset dan masyarakat tentang mobcin.


Menghayal selesai hahahha
rujaktahu
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Jul 21, 2018 21:40
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Avanza

Re: What would you do?

Post by rujaktahu »

the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 pabrikan cina pasti akan ktemu strategi yg tepat, belum tahu strategi seperti apa.
masalahnya cara wuling yg awalnya saya pikir cukup jitu (build aftersales dan pabrik) ternyata malah kurang berhasil. mungkin salesnya kurang agresif...

saya lihat di indo beberapa brand cina yg cukup sukses :
1. hp oppo, bisa jualan brand cina dengan harga muahalll dan ternyata laku! strateginya mereka kan deketin pedagang2 di itc dan salesnya agresif. klo xiaomi sukses karena murah spek tinggi jd ga heran.
2. popok makuku tnyata laku juga! yang petingginya oppo masuk sini sih jadi strategi salesnya mirip2 mgkn.. plus klo yg ini strategi mereka banyak2in endorse di youtube / ig.
3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
4. tv cina (TCL), ngga tahu kenapa bisa laku wkwkwk... mgkn karena murah kali ya...
Kebetulan rumah pake ac gree dan istri pake hape oppo + vivo.
Dari pengalaman pemakaian, faktor utama kenapa bisa laku ya karena kualitasnya memang bagus. Bisa memenuhi kebutuhan yg diharapkan dan awet sampe sekarang tidak ada masalah.

untuk mobil sy kira hampir sama. sebagai konsumen kelas menengah bawah butuh mobil (unit satu-satunya) yg bisa jadi kaki kemana aja dan kapan saja bisa digunakan. Minim atau malah hampir tidak ada masalah. kalaupun ada masalah pelayanan aftersales memuaskan dan sparepart ada serta cepat didapat.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: What would you do?

Post by rakyatwkwkland »

the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13
3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Nah kalo yg satu ini, selain diendorse tukang2 ac, kalo kata ane strategi marketingnya juga ada mirip2nya dengan hp oppo sih.

Selain karena user experience dari mulut ke mulut, penetrasi mereka ke toko2 AC juga kenceng oom. Hal ini mulai terjadi semenjak gree mulai dipegang oleh prisipal China nya langsung, dari sebelumnya yang cuma dipegang oleh distributor. Ane suka main di trit AC forum sebelah itu, dulu TS lamanya adalah seorang owner dealer AC yg jualan daikin, panasonic, dan mitsu elektrik. Kemudian circa 2016 apa 2017an gitu gree mulai jor2an menginvasi toko2 AC, termasuk sang TS trit AC ini. Kemudian mulai semenjak era itu, toko2 AC pun mulai rajin merekomendasikan gree, dari yang sebelumnya mungkin hanya seputaran panasonic, sharp, daikin, dan kadang2 LG.

Untuk kualitas pun mereka juga bolehlah diadu sama jepangan dan korea. IMHO sebenernya bukan cuma kualitas AC china yang semakin meningkat, tapi sebenarnya juga diikuti oleh kualitas AC jepang dan korea yang semakin longsor, yang tidak lain tidak bukan demi harga yang bisa semakin murah dan cuan yang semakin banyak :big_grin: Kalo dulu pake AC kaya daikin, panasonic, LG bisa kuat tanpa masalah sampe di atas 10 tahun mah perkara mudah, lah kalo sekarang yg baru 2-3 tahun udah bermasalah mah banyakkk... Di trit AC forum sebelah itu ane dah kenyang baca orang ngeluh user daikin ACnya bermasalah, yg evapnya bocor lah, belon lagi khusus seri inverter FTKC PCB nya suka masalah lah, dah gitu benerinnya mahal kali bisa sampe nyentuh 2 jutaan :big_chicken:

Kemudian garansinya yang panjang juga bukan gimmick semata. 5 tahun sparepart, 10 tahun kompressor. Gree ini salah satu brand yg termasuk gak banyak cingcong kalau orang klaim garansi. Ane pernah baca ada user gree di forum sebelah yg mungkin emang udara di daerah rumahnya kurang bagus, jadi pake AC apapun setaunan pasti evaporatornya bocor. Nah doi nyobain pake gree, dicoba klaim garansi sampe berkali2 pun tetap dilayani dengan baik.

Brand image pun juga pengaruh. Gree sekarang image nya udah gak murahan lagi. Terbukti dengan harganya yang sekarang dah setara panasonic, tapi tetep laku2 aja tuh.

Nah, beberapa hal tadi juga bisa ditiru oleh pabrikan mobcin. Promosi dan buka dealer jor2an sudah dilakukan oleh wuling, IMHO lumayan ampuh. Setidaknya orang sudah mulai aware sama brandnya.

Berikutnya, untuk aftersales pun juga harus konsisten. Garansi panjang sudah dilakukan oleh chery dan dfsk which is langkah yang cukup bagus. Untuk wuling, sayangnya sekarang garansinya cuma 3 tahun 100 ribu km ya, padahal kalo misalnya mereka bisa kasih garansi setidaknya 5 tahun aja bisa jadi poin plus dibandingkan jepangan. Beberapa user sepertinya masih suka ada yang ngeluh dengan aftersalesnya wuling ini, mungkin masih bisa dibuat lebih baik lagi kedepannya. Yaa bukan berarti brand jepang aftersalesnya sudah baik dan tanpa masalah. Buat yang bilang brand jepang aftersalesnya benar2 100% mengutamakan pelayanan, apa udah pada lupa nih sama jurus ngelesnya atoyot waktu case putu jedug?? :ngacir: Yaa tapi kalau brand china kedepannya dalam hal aftersales bisa melampaui jepangan kan lebih keren. Buat orang Indo aftersales dan garansi yang panjang ini lumayan ngaruh lohh...

Kualitas juga harus diperhatikan nih, kalau bisa setara jepangan lah. Keawetan bagi konsumen mobil di Indonesia IMHO lumayan ngaruh juga.

Yang terakhir dan menurut ane masih butuh waktu untuk dicapai adalah brand image tidak boleh lagi sebagai brand kelas dua. Untuk sekarang masih belum tercapai dan menurut ane wajar2 saja, toh baru 6 tahun mereka jualan di sini.

Untuk sekarang IMHO untuk wuling pencapaiannya udah cukup baik lahh... Bangun kerajaan bisnis mobil ini kan emang gak mudah dan butuh modal besar. At least untuk sekarang penjualannya beberapa kali udah bisa masuk 10 besar aja udah bagus. Bahkan untuk model seperti confero juga sudah mulai dipercaya sebagai 'mobil perang' oleh beberapa pihak. Terbukti dari banyaknya dipakai confero yang non S sebagai mobil operasional kantor di Jakarta.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: What would you do?

Post by rakyatwkwkland »

KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Daikin skrg made in thai dan malon oom. Udah ngga ada lagi model yg masuk dari china.

Masalah segitu kayanya masih mending oom. Belon tau aja dia kalo user model inverternya kalo udah kena PCB nya sekali kena gantinya bisa 2 jutaan :ngacir: Ane sering nangkring di trit AC forum sebelah dah mayan kenyang baca orang curhat daikinnya masalah, mulai dari evap bocor sampe PCB bermasalah khusus seri inverter FTKC :ngacir:

btw,
Freon abis wajar pemakaian
Freon abis mah ga wajar oom... Yg namanya freon mah gabakal pernah abis kecuali ada bocor...
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: What would you do?

Post by grimjow »

Ya untuk mobcin , kalo mau sukses perlu :
1. Jaminan resale value. Ya back to basic, masyarakat Indo masih memandang mobil barang mewah. Kalau harga jual kembali mobil di pasar bekas ga menjanjikan, ya ngapain di beli. Ini yang saya liat Hyundai berani kasih jaminan resale value 70% di tahun ketiga untuk Creta (t&c apply) dan so far it's working quite well . At least sblm HRV baru masuk.
2. Build quality mobcin ya perlu ditingkatin krn masih quite doubtful. Saya pernah pantau forum di Thailand khusus "komplain mobil". Dan suprisingly yang banyak komplainan masih deretan mobcin entahlah itu Haval, Great Wall. Dari sistem error, headunit masalah, ADAS nyala semua, dll. Dan di Indo kalo liat forum W itu lumayan banyak isi mesin overheat, banggain mobil bisa nanjak sini sono ga masalah, dll.
3. Bbm diefesienin atau ya sekalian bawa EV aja. Yup mau yang manapun bahkan versi Hybrid nya, so far belum bisa bikin impresif tuh kon bbm. Dan kita tau ini fear factor orang Indo beli bbm. Bisa solar goceng ga, bisa minum pertalite ga, dll.

Ya tapi ga dipungkiri juga, market mobcin makin gede day by day. Dan market2 baru macam Thailand dan Ausy uda terima cukup baik dan liat mobil dari value for money nya. Menarik liat Chery sih, itu by sales worldwide uda di atas 1 juta mobil, dengan outside China uda ampir 500 ribu unit. Dan kalau berkaca brand Jepang, tuh angka uda mirip jualan Mazda (brand yang uda ada dari 1920an ).
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: What would you do?

Post by fl4b1e »

Izin nimbrung Om, kalau mnrt pendapat pribadi saya:

1. paling standar: teleskopik steering please.. Nyetir mobil Wuling itu mnrt saya yang jurang itu ergonominya.. kalau bisa setir teleskopik akan sangat ngebantu. Kalau boleh, tuh Wuling, setir ga usah ikutan GM yang rada truckish gitu.. setelah teleskopik, ya fokus ke ergonomi driver donk.. ada yg layar instrumen clusternya gelap, ada yang posisi duduknya ga pas..nah ini mesti dibenahi..

2. Saya paham t3knologi ICE, mesin bakar mobil2 China itu kalah teknologi dibanding korea atau Jepang jadi lebih boros drpd mobil Jepang atau korea.. Jadi kalau mnrt saya baiknya produsen mobil China fokus ke hybrid atau EV. Toh, selain Korea, China itu lebih maju soal EV dibanding eropa, jadinya ya jangan tangung-tangung..Contoh Almaz hybrid, memang ga seirit Zenix, tapi kalau saya coba pahami teknologinya, hybridnya jelas diatas kelas mild hybrid dari Suzuki. Teknologi hybridnya cukup oke, bisa barengan nyala antara batere dan mesin bakar..Andai teknologi Hybridnya bisa dipakai di beberapa linen up, semoga harganya lebih miring.. Kalau perlu cross produsen China menggunakan hybrid yg sama.. Demikian juga EV.. at last pabrik batere, hybrid, atau teknologi radarnya, kalau bisa cross selling antar merk di Indo, akan sangat indah kalau harganya bisa turun..

3, Service jaringan dealer.. Kalau mnrt saya, punya banyak Dealer itu cost dan investasinya mahal yaa.. jadi, kalau saya jadi Indomobil, kalau boleh sih, jaringan Nissan - Suzuki-Kia digabung aja Dealershipnya.. showroom dan bengkel rame2 deh tuk turunan cost.. Nah, pabrik China kalau ga kuat modal, ya gabung aja, bikin dealership misal Wuling-DFSK- Chery-MG.. Kalau digabung dan punya 100 dealer di Indo, kan lumayan.. yang mungkin ga 4 merk jadi satu, tapi bisa aja Wuling sama Chery atau kombinasi bagaimana begitu, jadi investasi ga terlalu mahal.. yang penting, bener kayak Wuling perluasan jaringan dealership itu penting.. disaat yg sama ya spare part dan service ditingkatka..n

4. jaminan harga jual,, Ikutin aja langkah Hyundai, 4 tahun, garansi 70% atau bagaimana.. supaya membuat calon konsumen merasa aman.

yah,, namanya berandai-andai:) semoga didengar aja..
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: What would you do?

Post by Venturtle »

What would you do
If my heart was torn in two
More than words to show you feel
That your love for me is real
What would you say
If i took those words away
Then you couldn’t make things new
Just by saying i love you

Hayo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: ……………..

Btt, semua itu perlu waktu.. mobil Jepang juga perlu waktu yang gak sebentar untuk mengambil hati masyarakat indo kan? Kalo konsisten dengan kualitas produk, harga kompetitif, aftersales produk bagus maka lama kelamaan akan menjadi marketing dari mulut ke mulut atau tetangga ke tetangga.. apalagi rata rata harga mobil jepang zaman now mahalnya uda ga ketolongan..

Sekarang mungkin lumrah di kompleks misal 20 rumah, ada 12 yang punya innova di garasinya.. tidak menutup kemungkinan 20-30 tahun lagi dari 20 rumah ada 12 yang punya wuling di garasinya :big_grin:

Satu yang krusial harus diperbaiki mocin adalah desain setir dan interface headunitnya .. yang lain lain sudah bagus , tapi melihat desain setir dan interface headunit langsung low bat lagi.. hampir semua atau bahkan semua mocin begitu.. telescopic steering juga.. Almaz mau dibuat fitur apapun tapi kok ga telescopic.. Almaz juga seakan akan menegaskan level mocin yang interiornya dilapis soft touch tapi bagian plastiknya plastik yang kualitasnya begitulah..harga semoga ga naik drastis seperti mobil jepang.. tapi melihat Air EV 300 jt kok rasanya pesimis ya :big_think:
yozhuaa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38

Re: What would you do?

Post by yozhuaa »

Saya pengguna wuling confero db th 2022.

Strategi nya :
1. Qc nya harus diperbaikin deh mobil ud serah terima ud jalan 3bulan saya baru sadar handgrip kanan baris ke 2 oblak. Saya claim pas servis berkala km 5000 di abaikan. Lalu pas serpis km 10.000 di bilang saya yang makainya terlalu keras dan ga ready stock barang, akhirnya di akalin tapi ud oblak lagi.(cape deh cm hal kecil saya malas debat).

2. Spare part nya susah didapat selain dari bengkel resmi. Saran saya buka dong di e commerce official storenya di tokopedia shoppe dll. ( oli ,filter oli, kampas rem , dll)

Yang di online itu di ragukan original atau tidak, bengkel sparepart spesialis wuling jg hampir tidak ada yah.

Tapi secara overall harga yang saya beli, dengan yang di dapat si value dor money. Ud saya siksa mobil nya road trip tangerang bali pp tanpa problem.

😄
:big_peace: