[share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
[share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Lagi bingung bikin rencana jangka panjang performance tuning jazz ge8 matic jadi butuh masukan,kali aja ada yang seriusin performance tuning mobilnya entah mobil harian atau mobil balap di track
Bisa share part performance tuningnya pake apa aja dituning siapa(mobil apa,transmisi apa) dari beberapa sumber performance tuning dibagi beberapa stage
Stage 1
Air filter replacement
Full exhaust system
Remapping ECU/pasang custom ECU
Stage 2
Intercooler
Oil cooler
Turbocharger
Supercharger
Intake manifold
Stage 3
Internal engine component
Katup
Piston
Camshaft
Port and polish
Stage 4
Suspensi
Braking system
Stage 5++
Swap engine
Dll
Bisa share part performance tuningnya pake apa aja dituning siapa(mobil apa,transmisi apa) dari beberapa sumber performance tuning dibagi beberapa stage
Stage 1
Air filter replacement
Full exhaust system
Remapping ECU/pasang custom ECU
Stage 2
Intercooler
Oil cooler
Turbocharger
Supercharger
Intake manifold
Stage 3
Internal engine component
Katup
Piston
Camshaft
Port and polish
Stage 4
Suspensi
Braking system
Stage 5++
Swap engine
Dll
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 725
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Last Stage ganti bpkp om
Skarang yg menjamur remap
Utk ganti open filter, fullexhaust ama pnp kayanya uda jarang ya
Dulu jaman modcom kayanya masih mayan
Skrang jamannya remap
Eh ya ama cvt cooler feeling bakal nambah rame kayanya
Kebetulan pelihara dua nissin saat ini satu 4at ama satu cvt
Dua2nya da remap
March 1.5 remap ron 95
Lipina l11 remap ron 92
Next lg mikir pasang atf cooler buat march
Lipina mikir2 mau pasang cvt cooler atau ga,soalnya cvt nya jg ga kuat kalau mau buat narik2 jg, antara dikeep dulu 1 taun lagi atau diganti
Utk exhaust kepikiran ganti full tapi ga ada yg riset beneran buat si nissin
jd aga ngeri jg tau2 malah drop krn ga bener itungannya
Skarang yg menjamur remap
Utk ganti open filter, fullexhaust ama pnp kayanya uda jarang ya
Dulu jaman modcom kayanya masih mayan
Skrang jamannya remap
Eh ya ama cvt cooler feeling bakal nambah rame kayanya
Kebetulan pelihara dua nissin saat ini satu 4at ama satu cvt
Dua2nya da remap
March 1.5 remap ron 95
Lipina l11 remap ron 92
Next lg mikir pasang atf cooler buat march
Lipina mikir2 mau pasang cvt cooler atau ga,soalnya cvt nya jg ga kuat kalau mau buat narik2 jg, antara dikeep dulu 1 taun lagi atau diganti
Utk exhaust kepikiran ganti full tapi ga ada yg riset beneran buat si nissin
jd aga ngeri jg tau2 malah drop krn ga bener itungannya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5352
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
saya si ngacak om dari awal beli GE8
lebarin ban dari 175 ke 195
ganti replacement KNN
ganti dp+fp
ganti disc depan pake yang lebih tahan panas
sama pasang cusco strutbar sama lower arm bar
gatel eh kebeli resonator
nemu selang rem teflon bekas merek HD
ganti brake pad pake yang bagusan
ganti swaybar depan tebelin dikit ganti ultra racing
ganti coilover karena shock ud pada mampus
sekalian ganjel baut chasis pake ring magic collar
pasang thrtotle control ecushop
sejauh ini baru itu doank
NEXT
yang ud gejala rusak mau ganti engine mounting mau ganti 3 3nya sekalian pake hardrace
pasang fender bar sekalian masuk body repair
ganti disc belakang pake yang lebih tahan panas
ganti radiator sama alumunium biar mesin lebih dingin sama ntar kalo remap bisa lebih maksimal
LUPA selangnya juga ganti pake SAMCO
ganti link stabilizer sama hardrace kalo jebol
karet support atas depan hardrace
rear antiroll
middle lower bar
MASIH galau
remap masih mikir perlu apa kagak
fornt arm hardrace kanan kiri mahal banget kalo punya duit boleh sih
MIKIR KERASSS!!!!
BONGKAR MESIN BANGUN ULANG ganti crank, piston, ROD kem sama per klep biar cc naek jadi 1700 (jadi L17)
kalo dah gini ecu keknya kudu ganti dah
lebarin ban dari 175 ke 195
ganti replacement KNN
ganti dp+fp
ganti disc depan pake yang lebih tahan panas
sama pasang cusco strutbar sama lower arm bar
gatel eh kebeli resonator
nemu selang rem teflon bekas merek HD
ganti brake pad pake yang bagusan
ganti swaybar depan tebelin dikit ganti ultra racing
ganti coilover karena shock ud pada mampus
sekalian ganjel baut chasis pake ring magic collar
pasang thrtotle control ecushop
sejauh ini baru itu doank
NEXT
yang ud gejala rusak mau ganti engine mounting mau ganti 3 3nya sekalian pake hardrace
pasang fender bar sekalian masuk body repair
ganti disc belakang pake yang lebih tahan panas
ganti radiator sama alumunium biar mesin lebih dingin sama ntar kalo remap bisa lebih maksimal
LUPA selangnya juga ganti pake SAMCO
ganti link stabilizer sama hardrace kalo jebol
karet support atas depan hardrace
rear antiroll
middle lower bar
MASIH galau
remap masih mikir perlu apa kagak
fornt arm hardrace kanan kiri mahal banget kalo punya duit boleh sih
MIKIR KERASSS!!!!
BONGKAR MESIN BANGUN ULANG ganti crank, piston, ROD kem sama per klep biar cc naek jadi 1700 (jadi L17)
kalo dah gini ecu keknya kudu ganti dah
Last edited by b0ku on Thu Jun 29, 2023 15:46, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2313
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Makin kebawah makin dalem lobangnyab0ku wrote: ↑Thu Jun 29, 2023 13:47 saya si ngacak om dari awal beli GE8
lebarin ban dari 175 ke 195
ganti replacement KNN
ganti dp+fp
ganti disc depan pake yang lebih tahan panas
sama pasang cusco strutbar sama lower arm bar
gatel eh kebeli resonator
nemu selang rem teflon bekas merek HD
ganti brake pad pake yang bagusan
ganti swaybar depan tebelin dikit ganti ultra racing
ganti coilover karena shock ud pada mampus
sekalian ganjel baut chasis pake ring magic collar
pasang thrtotle control ecushop
sejauh ini baru itu doank
NEXT
yang ud gejala rusak mau ganti engine mounting mau ganti 3 3nya sekalian pake hardrace
pasang fender bar sekalian masuk body repair
ganti disc belakang pake yang lebih tahan panas
ganti radiator sama alumunium biar mesin lebih dingin sama ntar kalo remap bisa lebih maksimal
ganti link stabilizer sama hardrace kalo jebol
karet support atas depan hardrace
rear antiroll
middle lower bar
MASIH galau
remap masih mikir perlu apa kagak
fornt arm hardrace kanan kiri mahal banget kalo punya duit boleh sih
MIKIR KERASSS!!!!
BONGKAR MESIN BANGUN ULANG ganti crank, piston, ROD kem sama per klep biar cc naek jadi 1700 (jadi L17)
kalo dah gini ecu keknya kudu ganti dah
Tapi mantep om mobilnya jadi one of a kind, bener bener di customize sesuai selera
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5352
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
dalem om keknya kalo mesin di rebuild tenaga naek bisa 180-200hp itu kenalpot juga pasti di revisi lagi gedein piping
ujung2xnya harga mobilnya kalah sama harga modifnya cuma emang saya bangun itu GE8 kebanyakan liatin porsche singer jd conceptnya emang ikutin singer ngerebuild biar lebih enak di pake di jalan, liatin aja A-Z gak ada modif kosmetik emang sampe sekarang tampangnya stock abis tipe S pula bukan RS
CUMA saya daripada beli mobil baru lebih penasaran ini mobil kalo dah jadi sih keknya idup kagak tenang kalo gak kelar2x mana masih ada pajero juga masih setengah jalan
Itu aja ge8 saya bangun dari 2016 gak kelar2x ud 7thn kalo di itung2x
idup cuma sekali pake barang yang bener2x dinikmatin aja daripada buat gaya2xan doank
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Izin nimbrung om. Pake magic collar berasa signifikan bedanya ga?b0ku wrote: ↑Thu Jun 29, 2023 13:47 saya si ngacak om dari awal beli GE8
lebarin ban dari 175 ke 195
ganti replacement KNN
ganti dp+fp
ganti disc depan pake yang lebih tahan panas
sama pasang cusco strutbar sama lower arm bar
gatel eh kebeli resonator
nemu selang rem teflon bekas merek HD
ganti brake pad pake yang bagusan
ganti swaybar depan tebelin dikit ganti ultra racing
ganti coilover karena shock ud pada mampus
sekalian ganjel baut chasis pake ring magic collar
pasang thrtotle control ecushop
sejauh ini baru itu doank
NEXT
yang ud gejala rusak mau ganti engine mounting mau ganti 3 3nya sekalian pake hardrace
pasang fender bar sekalian masuk body repair
ganti disc belakang pake yang lebih tahan panas
ganti radiator sama alumunium biar mesin lebih dingin sama ntar kalo remap bisa lebih maksimal
LUPA selangnya juga ganti pake SAMCO
ganti link stabilizer sama hardrace kalo jebol
karet support atas depan hardrace
rear antiroll
middle lower bar
MASIH galau
remap masih mikir perlu apa kagak
fornt arm hardrace kanan kiri mahal banget kalo punya duit boleh sih
MIKIR KERASSS!!!!
BONGKAR MESIN BANGUN ULANG ganti crank, piston, ROD kem sama per klep biar cc naek jadi 1700 (jadi L17)
kalo dah gini ecu keknya kudu ganti dah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2902
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Sebenernya stage stage gitu bikinan orang/tuner aja seh. Kagak ada pakem gimana stage 1 apa stage 2 apa wkwk
Cuman secara umum klo bicara engine tuning. Stage 1,2,3 ada tahapnya..
Garis besarnya
Stage 1 —> Remap ECU doang. Komponen engine laen OEM
Stage 2 —> ganti exhaust system khususnya downpipe + intake jg ganti bisa pake replacement atau open air intake, trus ganti intercooler jd lebih gede. Charge pipe & diverter valve jg bs diganti aftermarket. Trakhir dipadu sama remap
Stage 3 —> mulai ganti turbocharger sama yg lebih gede. Dengan komponen smua ud dipasang di stage 2
Stage 3+ /4 whatever you named it —> ganti internal engine. Mulai dari camshaft; connecting rods, dan lain2 u/ nopang boost lebih gede lagi dari turbo yg ud diganti di stage 3
Contoh stage 2 :
Contoh stage 3 :
Cuman secara umum klo bicara engine tuning. Stage 1,2,3 ada tahapnya..
Garis besarnya
Stage 1 —> Remap ECU doang. Komponen engine laen OEM
Stage 2 —> ganti exhaust system khususnya downpipe + intake jg ganti bisa pake replacement atau open air intake, trus ganti intercooler jd lebih gede. Charge pipe & diverter valve jg bs diganti aftermarket. Trakhir dipadu sama remap
Stage 3 —> mulai ganti turbocharger sama yg lebih gede. Dengan komponen smua ud dipasang di stage 2
Stage 3+ /4 whatever you named it —> ganti internal engine. Mulai dari camshaft; connecting rods, dan lain2 u/ nopang boost lebih gede lagi dari turbo yg ud diganti di stage 3
Contoh stage 2 :
Contoh stage 3 :
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1701
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Ijin nimbrung ya gan,
Kalo saya tertarik untuk tuning SUV turbo ketimbang sedan, menimbang jalan-jalan berlubang jahanam yang makin banyak dan harga crv turbo ke depannya perlahan makin turun, jadi make sense untuk dikeep dan dijadikan objek berkreasi.
Sebenarnya CRV turbo dengan penggunaan bbm berkualitas seperti pertabo instead of pertamax biasa apalagi pertalite, performanya untuk daily sangat mumpuni, cukup dengan mematikan ECO, respon throtlenya sudah membaik, kalo masih kurang bisa memindahkan transmisi ke mode S.
Iseng browsing ke situs torquecars.com stage 1 nya aja kirain cuma remap sama ganti air filter, tapi ternyata udah macem-macem
Typical stage 1 mods often include: Panel air filter, Engine Tunes/Remapping, Alloy wheels, Sports exhaust, Suspension upgrade (drop 30-40mm), Lighter flywheel.
Typical stage 2 mods often include: high flow fuel injector, Ported and polished head, Power/Sport clutch, fuel pump upgrades, Fast road cam.
Typical stage 3 mods often include: Engine balancing, Competition cam, Internal engine upgrades (pistons/head/valves), Adding or upgrading forced induction (turbo/supercharger), Sports gearbox.
sumber: https://www.torquecars.com/honda/cr-v-tuning.php
Kalo saya tertarik untuk tuning SUV turbo ketimbang sedan, menimbang jalan-jalan berlubang jahanam yang makin banyak dan harga crv turbo ke depannya perlahan makin turun, jadi make sense untuk dikeep dan dijadikan objek berkreasi.
Sebenarnya CRV turbo dengan penggunaan bbm berkualitas seperti pertabo instead of pertamax biasa apalagi pertalite, performanya untuk daily sangat mumpuni, cukup dengan mematikan ECO, respon throtlenya sudah membaik, kalo masih kurang bisa memindahkan transmisi ke mode S.
Iseng browsing ke situs torquecars.com stage 1 nya aja kirain cuma remap sama ganti air filter, tapi ternyata udah macem-macem
Typical stage 1 mods often include: Panel air filter, Engine Tunes/Remapping, Alloy wheels, Sports exhaust, Suspension upgrade (drop 30-40mm), Lighter flywheel.
Typical stage 2 mods often include: high flow fuel injector, Ported and polished head, Power/Sport clutch, fuel pump upgrades, Fast road cam.
Typical stage 3 mods often include: Engine balancing, Competition cam, Internal engine upgrades (pistons/head/valves), Adding or upgrading forced induction (turbo/supercharger), Sports gearbox.
sumber: https://www.torquecars.com/honda/cr-v-tuning.php
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5352
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
chasisnya berasa naek kelas om mobil makin berasa solid sama kokoh
yang saya inget dulu waktu pasang magic collar kepasang coilover dulu coilover itu cuma bikin mobil mantep buat lari lurus doank mauvernya menurut saya masih berasa kurang kalo belokannya agresive
waktu itu itu saya juga barengan pasang swaybar tapi magic collarnya nyusul karena bongkarnya agak lebih ribet
nah setelah magic collar kepasang tuh keknya sih bedanya jauh banget terutama belakangnya sekarang jadi berasa tetep ringan tapi kalo di belokin kenceng bisa di kontrol slidenya dan kalo di pake manuver sekarang mobil anteng banget overster understeer bisa di bilang gak ada atau mungkin gak berasa, di tambah swaybar saya makin tebel jd response sterringnya lebih agresive tapi chasisnya makin bisa nahan thanks dari kombinasi magic collar sama coilovernya
sebenernya gak rugi om pasang magic collar saya juga mau masang lagi di pajero
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1305
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Gw rasa guide om takumi di modcom dulu masi applicable: http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... A-KENCENG-!
Kalo diringkas:
Skill
Suspension
Brake
Engine
ECU (termasuk remap biar ga bolak balik flashing kecuali emanh ga niat modif engine)
Kalo diringkas:
Skill
Suspension
Brake
Engine
ECU (termasuk remap biar ga bolak balik flashing kecuali emanh ga niat modif engine)
Smileage lebih penting dari mileage
-
- SM Specialist
- Posts: 16478
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
sekarang udah nggak ada patokan jelas. kalau ngomong sama tuner VW malah ada remap stage 2+ segala.
istilahnya stage 1 : full stock parts hanya remap. stage 2 itu udah ganti intake exhaust segala. 2+ ya ada ganti apa lagi. sebenernya ya bisa sih full stock parts dipaksa pake stage 2 atau 2+, tapi risiko tanggung penumpang biasanya.
terakhir remap CRV, disuruh sekalian aja stage 2 kan udah ganti catless. pertimbangan nya karena catless boost bisa lebih besar. biaya jg sama.
istilahnya stage 1 : full stock parts hanya remap. stage 2 itu udah ganti intake exhaust segala. 2+ ya ada ganti apa lagi. sebenernya ya bisa sih full stock parts dipaksa pake stage 2 atau 2+, tapi risiko tanggung penumpang biasanya.
terakhir remap CRV, disuruh sekalian aja stage 2 kan udah ganti catless. pertimbangan nya karena catless boost bisa lebih besar. biaya jg sama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
-
- SM Specialist
- Posts: 16478
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
nggak semua sama case nya om. desain head, bore n stroke, cam duration, kekuatan crankshaft, dll nya beda-beda.zonepublic wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 7:35 Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
tapi kalau stock didesain untuk NA lebih baik NA dan begitu pula dgn turbo. NA dikasih turbo, pengalaman temen banyak banget trial and error nya. malah jadi keseringan ke bengkel.
say, kalau dari NA ke turbo
- milih turbonya, kalo kekecilan jadi gak dapet atasnya, kalo terlalu gede ngempos di bawah.
- harus bikin custom jalur exhaust. ini jujur bagian paling menantang apalagi kalo mobilnya ruang mesin imut-imut macem GE8.
- intake ya harus ganti biar udara seger lebih
- harus desain lagi piping intercooler
- harus ganjal head nurunin rasio kompresi
- injector harus lebih besar
- harus ganti conrod
- crankshaft juga harus ganti yang kuat buat nahan tekanan kompresi
- camshaft harus diganti juga
- busi ya harus ganti juga lah. mesinnya tambah panas.
- harus ganti ECU / pasang piggyback / stand-alone.
- dll dll
selesai? belum. itu baru mesin. blom flywheel dan clutch pack. ban juga harus ganti. rem harus ganti. langsung beres sekali bikin ya enggak juga. di jalan pasti trial and error. karna ngeturboin mesin itu hampir kayak bikin mesin baru dan biaya/result nya lebih baik pake mesin yang udah diturboin dari pabrik. paling ganti IC dan ganti turbo trs piggyback doank udah jadi.
sementara untuk case sama, gain nya mungkin hanya beda 10% dgn allmotor / NA dengan effort jauh lebih kecil karna paling kalo NA 70% komponen bawaan masih bisa dipake. NA tinggal penyesuaian aja untuk itu mesin yang sama bisa di push limiter dari 6500 ke 7500 - 8000 rpm. ganti crankshaft lightweight, ganti camshaft, fuel injector gedein biar atasnya dapet. plus nggak ada risiko piston ngehajar block karena overboost wkwkwkkw. clutch dan flywheel juga tetep harus ganti, tapi kan kita udah save dulu dari ngebangun mesinnya hemat banyak banget.
di jalan raya, hasilnya blom tentu selisih jauh. makanya drag race banyak yang lebih suka pakai NA.
oiyak jangan terlalu berpaku dengan angka horsepower. horsepower besar kalau kurvanya jelek juga percuma. mesin N/A mau dikata remap cuma dapet maksimal 10 hp, lebih penting liat kurvanya. banyak case hp kayaknya cuma nambah 5-10 hp yah tapi kurva nya diperbaiki jadi signifikan efeknya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5352
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
potensi turbo N/A sama aja om urusan material sama build quality mesinnya aja biasanya yang bisa di abuse gila2xan mesin tua pake besi cor , kayak 2 jasad, rb itu semua mesin block besi corzonepublic wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 7:35 Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
kayak L15 aja parts buat turunin kompresinya juga banyak biar tahan boost lebih gede
cuma mau naekin kompresi juga ada bisa sampe 11-12
ujung2xnya semua bisa di ganti2x menurut saya sih sama aja jatohnya nanti
sama ngomongin potensin tergantung buat apa dulu kalo buat drag mendingan cari mesin yang materialnya kuat aja nanti tuning lebih gampang jejelinnya
kalo buat drift track nah ini kudu nyari mesin lightwheight paling bagus ya rotary cuma SR20 juga mantep tuh setiap mobil pake mesin itu mau bodynya apa pasti ngesoootnya indah banget ntah kenapa keliatan banget cara ni mesin lewat pas drift kek ud ciri khas
mungkin karna kalo liat bentuk mesinnya mesinnya compact banget
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Simplenya gini sebagai contoh dari potensi performa mending turboin L15 jazz GE8 atau ganti bpkb ke civic turbo standar?ChZ wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 8:16nggak semua sama case nya om. desain head, bore n stroke, cam duration, kekuatan crankshaft, dll nya beda-beda.zonepublic wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 7:35 Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
tapi kalau stock didesain untuk NA lebih baik NA dan begitu pula dgn turbo. NA dikasih turbo, pengalaman temen banyak banget trial and error nya. malah jadi keseringan ke bengkel.
say, kalau dari NA ke turbo
- milih turbonya, kalo kekecilan jadi gak dapet atasnya, kalo terlalu gede ngempos di bawah.
- harus bikin custom jalur exhaust. ini jujur bagian paling menantang apalagi kalo mobilnya ruang mesin imut-imut macem GE8.
- intake ya harus ganti biar udara seger lebih
- harus desain lagi piping intercooler
- harus ganjal head nurunin rasio kompresi
- injector harus lebih besar
- harus ganti conrod
- crankshaft juga harus ganti yang kuat buat nahan tekanan kompresi
- camshaft harus diganti juga
- busi ya harus ganti juga lah. mesinnya tambah panas.
- harus ganti ECU / pasang piggyback / stand-alone.
- dll dll
selesai? belum. itu baru mesin. blom flywheel dan clutch pack. ban juga harus ganti. rem harus ganti. langsung beres sekali bikin ya enggak juga. di jalan pasti trial and error. karna ngeturboin mesin itu hampir kayak bikin mesin baru dan biaya/result nya lebih baik pake mesin yang udah diturboin dari pabrik. paling ganti IC dan ganti turbo trs piggyback doank udah jadi.
sementara untuk case sama, gain nya mungkin hanya beda 10% dgn allmotor / NA dengan effort jauh lebih kecil karna paling kalo NA 70% komponen bawaan masih bisa dipake. NA tinggal penyesuaian aja untuk itu mesin yang sama bisa di push limiter dari 6500 ke 7500 - 8000 rpm. ganti crankshaft lightweight, ganti camshaft, fuel injector gedein biar atasnya dapet. plus nggak ada risiko piston ngehajar block karena overboost wkwkwkkw. clutch dan flywheel juga tetep harus ganti, tapi kan kita udah save dulu dari ngebangun mesinnya hemat banyak banget.
di jalan raya, hasilnya blom tentu selisih jauh. makanya drag race banyak yang lebih suka pakai NA.
oiyak jangan terlalu berpaku dengan angka horsepower. horsepower besar kalau kurvanya jelek juga percuma. mesin N/A mau dikata remap cuma dapet maksimal 10 hp, lebih penting liat kurvanya. banyak case hp kayaknya cuma nambah 5-10 hp yah tapi kurva nya diperbaiki jadi signifikan efeknya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5352
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
mau itungin duit modal beli ge8 130jtan + 200jt ud dapet mesin civic turbo pake turbo spoon kalizonepublic wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 13:55 Simplenya gini sebagai contoh dari potensi performa mending turboin L15 jazz GE8 atau ganti bpkb ke civic turbo standar?
itu aja project impian saya itu ge8 manual 6 speed mesin crv turbo ganti turbo spoon, inceran mau buat bantai GR yaris
330jt baru dapet civic std
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Saya sih sementara baru dpt inspirasi dari yutub inib0ku wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 14:56mau itungin duit modal beli ge8 130jtan + 200jt ud dapet mesin civic turbo pake turbo spoon kalizonepublic wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 13:55 Simplenya gini sebagai contoh dari potensi performa mending turboin L15 jazz GE8 atau ganti bpkb ke civic turbo standar?
itu aja project impian saya itu ge8 manual 6 speed mesin crv turbo ganti turbo spoon, inceran mau buat bantai GR yaris
330jt baru dapet civic std
Dia cm oprek ECU, sektor mesin dan kaki2,transmisi matic standar,mesin juga ga di swap/naikin cc
223hp 287Nm
Ntah berapa tenaga dan torsi cibo standar
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5352
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
civic turbo cuma 170hp omzonepublic wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 16:28 Saya sih sementara baru dpt inspirasi dari yutub ini
Dia cm oprek ECU, sektor mesin dan kaki2,transmisi matic standar,mesin juga ga di swap/naikin cc
223hp 287Nm
Ntah berapa tenaga dan torsi cibo standar
itu jazz 223hp pake turbo
sebenernya jazz kalo buat di jalanan mah mesin std ud cukup saya punya si banyakan maen handling
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Mon Oct 05, 2020 7:53
- Location: Yogyakarta
- Daily Vehicle: Splash
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Wah, nuwun sharingnya om. dah lama pengen masang tapi ragu..
ini masangnya bisa di bengkel umum atau kudu yang spesialis kaki-kaki ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5352
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
ada instruksinya om di kardusnya yang biasa bongkar kaki2x pasti bisa kok
lumayan om 2jtan daripada spoon punya 5jtan barang keknya 11 12
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Nubie ikutan nimbrung ya.. ada rencana (yg blm tau kapan realisasinya) mau turboin mobil n/a nubieChZ wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 8:16nggak semua sama case nya om. desain head, bore n stroke, cam duration, kekuatan crankshaft, dll nya beda-beda.zonepublic wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 7:35 Sebenernya potensinya besar mana untuk diupgrade mobil N/A diturboin sendiri dan dimodif part2 lainnya atau yg dari pabrik udah diturboin?
tapi kalau stock didesain untuk NA lebih baik NA dan begitu pula dgn turbo. NA dikasih turbo, pengalaman temen banyak banget trial and error nya. malah jadi keseringan ke bengkel.
say, kalau dari NA ke turbo
- milih turbonya, kalo kekecilan jadi gak dapet atasnya, kalo terlalu gede ngempos di bawah.
- harus bikin custom jalur exhaust. ini jujur bagian paling menantang apalagi kalo mobilnya ruang mesin imut-imut macem GE8.
- intake ya harus ganti biar udara seger lebih
- harus desain lagi piping intercooler
- harus ganjal head nurunin rasio kompresi
- injector harus lebih besar
- harus ganti conrod
- crankshaft juga harus ganti yang kuat buat nahan tekanan kompresi
- camshaft harus diganti juga
- busi ya harus ganti juga lah. mesinnya tambah panas.
- harus ganti ECU / pasang piggyback / stand-alone.
- dll dll
selesai? belum. itu baru mesin. blom flywheel dan clutch pack. ban juga harus ganti. rem harus ganti. langsung beres sekali bikin ya enggak juga. di jalan pasti trial and error. karna ngeturboin mesin itu hampir kayak bikin mesin baru dan biaya/result nya lebih baik pake mesin yang udah diturboin dari pabrik. paling ganti IC dan ganti turbo trs piggyback doank udah jadi.
sementara untuk case sama, gain nya mungkin hanya beda 10% dgn allmotor / NA dengan effort jauh lebih kecil karna paling kalo NA 70% komponen bawaan masih bisa dipake. NA tinggal penyesuaian aja untuk itu mesin yang sama bisa di push limiter dari 6500 ke 7500 - 8000 rpm. ganti crankshaft lightweight, ganti camshaft, fuel injector gedein biar atasnya dapet. plus nggak ada risiko piston ngehajar block karena overboost wkwkwkkw. clutch dan flywheel juga tetep harus ganti, tapi kan kita udah save dulu dari ngebangun mesinnya hemat banyak banget.
di jalan raya, hasilnya blom tentu selisih jauh. makanya drag race banyak yang lebih suka pakai NA.
oiyak jangan terlalu berpaku dengan angka horsepower. horsepower besar kalau kurvanya jelek juga percuma. mesin N/A mau dikata remap cuma dapet maksimal 10 hp, lebih penting liat kurvanya. banyak case hp kayaknya cuma nambah 5-10 hp yah tapi kurva nya diperbaiki jadi signifikan efeknya.
Cara pemilihan turbo biar size nya pas gmn ya?
Trus efeknya kl ga ganti intake apa?
Head kl diganjel, aman gak (kompresi 10.8:1). Kl diganjel, pake apa ganjelnya ya?
Camshaft kl gk diganti, apakah bs patah cam std nya?
Kl dgn budget yg sama (misalnya 100jt) turbo vs na gain nya apakah gain nya akan mirip2 aja?
Sorry bnyk nanya, blm pernah bangun mesin na pake turbo soalnya
-
- SM Specialist
- Posts: 16478
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Bangun L15 NA 160hp.zonepublic wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 13:55 Simplenya gini sebagai contoh dari potensi performa mending turboin L15 jazz GE8 atau ganti bpkb ke civic turbo standar?
Atau ganti civic turbo.
Kecuali demen tiap bulan trial error ke bengkel.
Klo project car iseng iseng sih ga masalah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16478
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.2kdpelan wrote: ↑Sat Jul 01, 2023 1:34
Nubie ikutan nimbrung ya.. ada rencana (yg blm tau kapan realisasinya) mau turboin mobil n/a nubie
Cara pemilihan turbo biar size nya pas gmn ya?
Trus efeknya kl ga ganti intake apa?
Head kl diganjel, aman gak (kompresi 10.8:1). Kl diganjel, pake apa ganjelnya ya?
Camshaft kl gk diganti, apakah bs patah cam std nya?
Kl dgn budget yg sama (misalnya 100jt) turbo vs na gain nya apakah gain nya akan mirip2 aja?
Sorry bnyk nanya, blm pernah bangun mesin na pake turbo soalnya
nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.
intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.
head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.
lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.
gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.
kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 666
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
sepemikiran dan paling setuju dengan stage ini, urutannya jelas dan bener.pendoli wrote: ↑Fri Jun 30, 2023 2:04 Gw rasa guide om takumi di modcom dulu masi applicable: http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... A-KENCENG-!
Kalo diringkas:
Skill
Suspension
Brake
Engine
ECU (termasuk remap biar ga bolak balik flashing kecuali emanh ga niat modif engine)
mau upgrade engine & ECU sehebat apapun, kalau skill, suspensi dan brake tidak mumpuni = unusable power boost atau cari mati.
yang paling sering dilupakan orang adalah brake system, biasanya upgrade tenaga dulu lalu kalau pas hard braking ternyata ga mumpuni baru mikir upgrade rem. iya kalo masih selamat, kalo bablas duluan?
krn skill + suspension + brake = nyawa. mau upgrade power sehebat apapun harus punya handling yg cukup untuk mengendalikan mobil dan braking system yang cukup kuat untuk menghentikan powernya.
dan jangan lupa, ban juga penting. tidak disebutkan diatas krn ban sudah mencakup suspension sebagai bagian penstabil mobil yg pertama menyentuh tanah, dan juga bagian dari braking system yaitu grip.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++
Ini menurut saya kok gagal ya tuningnya freed matic dipasang supercharger cuma jadi 176Hp dan 189Nm kok masih jauh dari 200hp
Open filter udah ganti,exhaust juga udah ganti full system
Secara mesin& transmisi sama persis dengan jazz ge8
Apa berat mobil ngaruh di mesin dyno ya?
Bukannya harusnya klo dikasi supercharger malah lebih tinggi naiknya daripada turbocharger ya?