[share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by 2kdpelan »

ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 2:54
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 1:34
Nubie ikutan nimbrung ya.. ada rencana (yg blm tau kapan realisasinya) mau turboin mobil n/a nubie

Cara pemilihan turbo biar size nya pas gmn ya?
Trus efeknya kl ga ganti intake apa?
Head kl diganjel, aman gak (kompresi 10.8:1). Kl diganjel, pake apa ganjelnya ya?
Camshaft kl gk diganti, apakah bs patah cam std nya?

Kl dgn budget yg sama (misalnya 100jt) turbo vs na gain nya apakah gain nya akan mirip2 aja?

Sorry bnyk nanya, blm pernah bangun mesin na pake turbo soalnya
mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.

nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.

intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.

head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.

lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.

gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.

kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
Mblnya camry tua om..

Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?

Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?

2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 4:08
Ini menurut saya kok gagal ya tuningnya freed matic dipasang supercharger cuma jadi 176Hp dan 189Nm
Secara mesin& transmisi sama persis dengan jazz ge8
Apa berat mobil ngaruh di mesin dyno ya?
Bukannya harusnya klo dikasi supercharger malah lebih tinggi naiknya daripada turbocharger ya?
176hp/189Nm itu gede loh dari 118hp. emang berharap brp hp om GE turbo kalo 0.5-0.6 bar jg paling segitu. temen saya 0.8bar aja 190hp

justru SC itu ada yg namanya parasitic loss. dia ada sedikit makan tenaga dari mesin. kan SC nyambung ke pulley mesin.

jd nett gain nya sc : power mesin + boost - parasitic loss. nggak bisa gede. tapi buat low to mid kuat. makanya kadang numbers nggak terlalu matter. yang matter kurva nya seperti apa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by zonepublic »

ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 4:15
zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 4:08
Ini menurut saya kok gagal ya tuningnya freed matic dipasang supercharger cuma jadi 176Hp dan 189Nm
Secara mesin& transmisi sama persis dengan jazz ge8
Apa berat mobil ngaruh di mesin dyno ya?
Bukannya harusnya klo dikasi supercharger malah lebih tinggi naiknya daripada turbocharger ya?
176hp/189Nm itu gede loh dari 118hp. emang berharap brp hp om GE turbo kalo 0.5-0.6 bar jg paling segitu. temen saya 0.8bar aja 190hp

justru SC itu ada yg namanya parasitic loss. dia ada sedikit makan tenaga dari mesin. kan SC nyambung ke pulley mesin.

jd nett gain nya sc : power mesin + boost - parasitic loss. nggak bisa gede. tapi buat low to mid kuat. makanya kadang numbers nggak terlalu matter. yang matter kurva nya seperti apa.
Oh gitu ya,kirain 200++ hp
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by marmut »

2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 4:13
Mblnya camry tua om..

Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?

Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?

2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe



ini camry q 3500 cc v6 kaca film gelap yg pake sobleker harga captiaw tp serasa sobleker harga cetiaw?
yg metiknya diisi dex 3 overfill 2 liter?

:big_think:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11031
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by marmut »

ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 2:54

mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.

nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.

intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.

head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.

lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.

gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.

kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.


nurunin kompresi ditambah karet? :big_chicken:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by ChZ »

marmut wrote: Sat Jul 01, 2023 5:37 nurunin kompresi ditambah karet? :big_chicken:
eee siwer ngetiknya... salah mbah... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by 2kdpelan »

marmut wrote: Sat Jul 01, 2023 5:34
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 4:13
Mblnya camry tua om..

Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?

Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?

2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe



ini camry q 3500 cc v6 kaca film gelap yg pake sobleker harga captiaw tp serasa sobleker harga cetiaw?
yg metiknya diisi dex 3 overfill 2 liter?

:big_think:
Ampun mbah, mobil tua.. ane nubie bgt mbah..
2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by 2kdpelan »

marmut wrote: Sat Jul 01, 2023 5:37
ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 2:54

mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.

nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.

intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.

head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.

lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.

gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.

kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.


nurunin kompresi ditambah karet? :big_chicken:
Hrsnya ganti metal gasket / low comp piston ya? :ungg:
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by jdm86 »

Idealnya begitu. Nanti kalau investnya setengah power turbonya cuman setengah loh om.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by ChZ »

2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 4:13
Mblnya camry tua om..

Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?

Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?

2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
ganti CAI (Cold air intake) om yg kek jamur itu :mky_01: soalnya pasti ganti piping.

paling kalau ganti internal si tergantung engine nya biasa naik 100% dari tenaga itu udah besar banget aka high boost tergantung mesinnya kuat seberapa.

ane gak tanya punya temen habis berapa. turbo dan ic sendiri mahal blom piping nya. uda ganti conrod segala mau 100 kali tuh. ganti conrod dah pasti overhaul kan. dari 119hp ke 190hp.

mobilnya dah berapa kali nginep di bengkel wkwkkwkwkw. ane dulu tiap servis rutin CRV pasti ketemu mobil dia :mky_07: tp bangunnya dulu sekitar thn 2012-2014 an.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 8:11 ane gak tanya punya temen habis berapa. turbo dan ic sendiri mahal blom piping nya. uda ganti conrod segala mau 100 kali tuh. ganti conrod dah pasti overhaul kan. dari 119hp ke 190hp.
NA engine di turboin salah satu komponen yg mahal pasti repogram ECUnya . Pake modelan standalone kek brand Max ECU keliatan lah start from 20juta ++ tergantung type..

Mana bisa di remap doang ecu stdnya wkwkwkwk

Paling enak seh mobil yg ud ada turbo dari pabrik. Paling simple. Tinggal ganti perintilan hardware, ecu bawaan tinggal remap custom tune. Atau pake yg merk macem hondata; bm3 ; apr ; gintani; jordan tuned sgala macem :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by lemonadelovers »

swap ke mesin civic atau crv turbo ambil paketan halfcut (klo ada) :ungg:


tapi klo saya dr dulu mikir lbh keren misalnya upgrade transmisi. misal honda jadul era 2007an masih 5AT tuker ke 10AT. atau fortie/hiace premio 2.8 ganti matic 10AT lexus/toyota :big_smoking:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by lemonadelovers »

2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 4:13
ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 2:54
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 1:34
Nubie ikutan nimbrung ya.. ada rencana (yg blm tau kapan realisasinya) mau turboin mobil n/a nubie

Cara pemilihan turbo biar size nya pas gmn ya?
Trus efeknya kl ga ganti intake apa?
Head kl diganjel, aman gak (kompresi 10.8:1). Kl diganjel, pake apa ganjelnya ya?
Camshaft kl gk diganti, apakah bs patah cam std nya?

Kl dgn budget yg sama (misalnya 100jt) turbo vs na gain nya apakah gain nya akan mirip2 aja?

Sorry bnyk nanya, blm pernah bangun mesin na pake turbo soalnya
mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.

nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.

intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.

head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.

lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.

gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.

kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
Mblnya camry tua om..

Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?

Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?

2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
pengalamam saya klo dr camry 2.4 ganti ke 3.5Q (277HP) belum puas ganti LS460L (380HP) lebih pasti lebih nyaman dan naik kelas :big_peace:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by 2kdpelan »

KielConstantine wrote: Sat Jul 01, 2023 9:56
ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 8:11 ane gak tanya punya temen habis berapa. turbo dan ic sendiri mahal blom piping nya. uda ganti conrod segala mau 100 kali tuh. ganti conrod dah pasti overhaul kan. dari 119hp ke 190hp.
NA engine di turboin salah satu komponen yg mahal pasti repogram ECUnya . Pake modelan standalone kek brand Max ECU keliatan lah start from 20juta ++ tergantung type..

Mana bisa di remap doang ecu stdnya wkwkwkwk

Paling enak seh mobil yg ud ada turbo dari pabrik. Paling simple. Tinggal ganti perintilan hardware, ecu bawaan tinggal remap custom tune. Atau pake yg merk macem hondata; bm3 ; apr ; gintani; jordan tuned sgala macem :upss:
Pilihannya antara piggyback / standalone ya? Tp standalone tuningnya cape & ngurusin wiringnya ribet.. agak2 kapok pake standalone mbah..

Kl cm remap mah n/a maennya, ga bs forced induction :big_peace:
2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by 2kdpelan »

lemonadelovers wrote: Sat Jul 01, 2023 11:01
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 4:13
ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 2:54

mobil nya apa om? bbrp mobil udah ada turbo kitnya by hks greddy apa garett jadi tinggal milih wkwkwkkw.

nah kalo hal2 teknis gini harus banyak trial error sama bengkelnya om.

intake ini udah pasti ganti, karena design exhaust nya juga diganti. kan itu intake nanti nemplok ke housingnya turbo.

head benernya balik ke tune nya makanya musti balik ke mobilnya apa dulu. ada bbrp mobil tanpa turun kompresi aman, ada yang harus turun kompresi. biasa si ditambahin karet atau plat tambahan. tokh ganjalnya paling ukuran milimeter om. 10.8 biasanya kalo high boost di atas 0.3 bar harus turun kompresi. tinggi tuh.

lagi, balik ke mobilnya apa dulu. dan boost mau seberapa. sebenernya kadang ganti conrod aja cukup. tapi karna pressure makin tinggi ada kemungkinan untuk kalah.

gambaran, dulu GE8 temen 0.25 bar pakai all stock internals. ganti conrod bisa 0.8bar.

kalau soal biaya, 100jt mending bangun 2KD daripada ngeturboin mesin NA. wkwkwkwkwkw. nurut saya ngeturboin mesin NA itu tidak worth it effortnya udah kayak bangun mesin ulang mending swap.
Mblnya camry tua om..

Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?

Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?

2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
pengalamam saya klo dr camry 2.4 ganti ke 3.5Q (277HP) belum puas ganti LS460L (380HP) lebih pasti lebih nyaman dan naik kelas :big_peace:
Ls460 tkt ga kuat ngerawatnya.. too much electrical cmiiw. Trs d body bongsor gitu, 380hp jg mungkin ga terlalu berasa kencengnya..

Mau pasang s/c tp susah bgt cari barangnya (+mahal juga) hahaha
2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by 2kdpelan »

ChZ wrote: Sat Jul 01, 2023 8:11
2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 4:13
Mblnya camry tua om..

Intake diganti ke model apa om? Kl pake std nya pasti ga cocok sama exhaust ya?

Trs kl diganjel pake karet, aman ya? Kl abis 100jt buat turbo, horsepower bs naik brp persen sepengalalan om?

2kd emank bs kenceng, tp jajan kaki2 nya bakalan banyak jg cmiiw hehehe
ganti CAI (Cold air intake) om yg kek jamur itu :mky_01: soalnya pasti ganti piping.

paling kalau ganti internal si tergantung engine nya biasa naik 100% dari tenaga itu udah besar banget aka high boost tergantung mesinnya kuat seberapa.

ane gak tanya punya temen habis berapa. turbo dan ic sendiri mahal blom piping nya. uda ganti conrod segala mau 100 kali tuh. ganti conrod dah pasti overhaul kan. dari 119hp ke 190hp.

mobilnya dah berapa kali nginep di bengkel wkwkkwkwkw. ane dulu tiap servis rutin CRV pasti ketemu mobil dia :mky_07: tp bangunnya dulu sekitar thn 2012-2014 an.
Ga ngincer sampe 100% gain sih, 550hp di fwd yg ada cm diem di tmpt & excessive torque steer (not to mention driveshaft nya kuat atau gk handle power & torsi yg naik 2x lipat dibanding std).

Boost sih ga mau gede2, paling ya std 12-15psi u/ daily.. mobilnya mbl keluarga mbah :big_weee:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by pendoli »

zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 4:08
Ini menurut saya kok gagal ya tuningnya freed matic dipasang supercharger cuma jadi 176Hp dan 189Nm kok masih jauh dari 200hp
Open filter udah ganti,exhaust juga udah ganti full system
Secara mesin& transmisi sama persis dengan jazz ge8
Apa berat mobil ngaruh di mesin dyno ya?
Bukannya harusnya klo dikasi supercharger malah lebih tinggi naiknya daripada turbocharger ya?
Berat mobil ga ngaruh di dyno
Mungkin efek transmisinya?
Supercharger setau gw biasanya output lebih rendah dari turbo, pressure juga lebih rendah (?) cmiiw ya belum pengalaman forced induction

Lagian itu L15 freed basicnya berapa ya 115hp? Naek 60hp dah 50% kan ya
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by zonepublic »


Brio swap enjin N/A ga pake turbo ga pake supercharger 300HP yang katanya cukup bikin para pemilik brio jumawa :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Btw apakah boost turbo di mesin bensin ga da yg bisa ditune tembus diatas 1 koma spt di 2kd ya?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 14:51
Brio swap enjin N/A ga pake turbo ga pake supercharger 300HP yang katanya cukup bikin para pemilik brio jumawa :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Btw apakah boost turbo di mesin bensin ga da yg bisa ditune tembus diatas 1 koma spt di 2kd ya?
yaah mobil bensin sekarang alumunium semua jeroan ud di ganti blocknya ntar bisa ambyarrrrr :mky_07:

2KD diesel, kompresi gede cari aman pake besi cor makanya kuat tapi ya jeleknya gitu berat mesinnya makanya handlingnya kek kapal oleng :drinking:

EVO, SUPRA, SKYLINE itu besi cor semua makannya abusenya bisa gila2xan yang alumunium kan cuma SR20 aja

makanya honda tuh hebat dari dulu block alumunium tapi kuat di tuning gila2xan :mky_03:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by zonepublic »



Ini brio swap enjin pake mesin L15 jazz& transmisi manual jazz diturboin kuat boost sampe diatas 1 bar dpt 540bhp
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by ChZ »

2kdpelan wrote: Sat Jul 01, 2023 14:01 Ga ngincer sampe 100% gain sih, 550hp di fwd yg ada cm diem di tmpt & excessive torque steer (not to mention driveshaft nya kuat atau gk handle power & torsi yg naik 2x lipat dibanding std).

Boost sih ga mau gede2, paling ya std 12-15psi u/ daily.. mobilnya mbl keluarga mbah :big_weee:
Kalau cuma incer tipis2 gini biasa stock internals msh tahan mbah. Yaaa sediain 50-70jt buat trial errornya deh. Partsnya sendiri bisa 50jt tuh
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 14:51
Brio swap enjin N/A ga pake turbo ga pake supercharger 300HP yang katanya cukup bikin para pemilik brio jumawa :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Btw apakah boost turbo di mesin bensin ga da yg bisa ditune tembus diatas 1 koma spt di 2kd ya?
Civic turbo/crv turbo bisa 1.5bar pake stock internals. Di atas itu harus ganti conrod.

Stock boostnya di 0.8bar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 15:22

Ini brio swap enjin pake mesin L15 jazz& transmisi manual jazz diturboin kuat boost sampe diatas 1 bar dpt 540bhp
:big_grin:



250hp gak pake apa2x :big_grin:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by darrelund »

zonepublic wrote: Sat Jul 01, 2023 4:08 Bukannya harusnya klo dikasi supercharger malah lebih tinggi naiknya daripada turbocharger ya?
200hp mungkin ud ganti pulley superchargernya, dan tergantung volume jg

klo volume supercharger kecil mah jgn harap naik banyak :big_biglaugh:

itu sprintex kan cuma 0.5L aja

dodge demon aja butuh mesin 6.2 + supercharger 3.0L supaya bisa 1000hp :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [share] performance tuning mobil stage 1,2,3,4,5+++

Post by darrelund »

b0ku wrote: Sat Jul 01, 2023 15:03 makanya honda tuh hebat dari dulu block alumunium tapi kuat di tuning gila2xan :mky_03:
alu mah klo bikinnya bener, kuat" aja um

itu S58 full alu, block standar dihajar 1000hp masi kuat

yg kebanyakan PR itu sebenernya di piston-crank-conrod