Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
brzkr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Mon Jun 26, 2023 6:10
Location: Jakarta

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by brzkr »

ChZ wrote: Tue Aug 22, 2023 9:22
Kalo cacat produk apalagi terkait safety aturan di investigasi om terus diganti gratis. Recall kalau emang masif.

Yg nurut ane bikin naik darah dan dirujak netijen itu PR nya ngahaem malah ngeles kemana mana nyalahin yang pake, udah gitu diporotin lagi pembelinya :big_bored:

Ni ngambil staff product development ma marcomm dari mane sih si ngahaem :big_bored: jgn2 cut cost jg training public speakingnya.
Mungkin ngahaem ngerasa udah di atas angin dan jualannya ga akan ke-distrupt jadi ya santai aja, paling ribut bentar di sosmed tapi jualan lancar terus malah sekalian jual rangka :big_dunno:
Lagian w bingung jg sih apa yg mau diharapkan dari negara dg perlindungan konsumen rendah om dan most likely govt dikontrol corp :big_dunno:
Kalo mau niat ya kaya kasus nissan march itu kan, tapi kudu siap waktu, tenaga, dan dana buat legal action.
Pembeli motor kan sebagian besar (sorry to say) low-mid income yg sarana utama untuk kerja ya motor, ga kerja buat lakukan legal action ya ga makan :big_sorry:

kendibocor wrote: Tue Aug 22, 2023 13:06
Masalahnya yg nentuin itu cacat produksi atau nggak orang2 mereka sendiri mbah. Hasilnya ya tau sendiri lah :big_biglaugh:

Selama tiap ada berita recall di luar negeri tp atpm disini buru2 blg produk sini ga kepengaruh mana bs percaya investigasi internal mereka sendiri. Berhubungan dgn safety jg bodo amat, emangnya ada perlindungan konsumen disini. Yg badan perlindungan konsumen itu jg ga pernah kedengeran hasil kerjanya :big_weee:
masih jauh kita ngimpi bisa ungkap kelakukan produsen otomotif kek di US dg dieselgate-nya ya om
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by TUFF Stough »

solar_kerosen wrote:
ChZ wrote: Tue Aug 22, 2023 7:00
rajapb wrote: Tue Aug 22, 2023 6:52 kenapa astra versi motor beda jauh banget ya dibanding versi mobil. Se parah2nya downspec di astra versi mobil jarang ada yg fatal banget dan kalo ada pasti cepet2 recall.
nah kek bahasan di trit sebelah om.

se ampas ampasnya sunatan di R4, R2 itu lebih ampas ampe bahan rangka aja dipangkas :big_bored:

bahkan yg sama sama logo H nya, honda R4 malah rajin banget recall produk :big_bored:
Nurut gue karna tingkat kridit honda tingkat kegagaln bayar tinggi biar cpt imbas kualitas lbh di turunkan :big_peace:
buat jatohin harga beat yg jadi inceran maling biar malingnya segan [emoji1787]
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by Ibet »

wkwk problem klasik painting rangka after assembly
kebanyakan saya liat problem rusting startnya juga dari welding points, apa ga dikasih bonding agent dulu ya? langsung hajar black paint as is
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3440
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by kendibocor »

Ibet wrote: Wed Aug 23, 2023 1:21 wkwk problem klasik painting rangka after assembly
kebanyakan saya liat problem rusting startnya juga dari welding points, apa ga dikasih bonding agent dulu ya? langsung hajar black paint as is
Tadi liat di medsos ada yg motornya baru dtg, jok masih plastikan, plat nomor blm ada. Diintip di daerah sasis2nya uda keluar titik2 karat, lumayan banyak. Jadi tau sendiri lah kualitas pengerjaannya gmn :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by ChZ »

brzkr wrote: Wed Aug 23, 2023 0:12
Mungkin ngahaem ngerasa udah di atas angin dan jualannya ga akan ke-distrupt jadi ya santai aja, paling ribut bentar di sosmed tapi jualan lancar terus malah sekalian jual rangka :big_dunno:
Lagian w bingung jg sih apa yg mau diharapkan dari negara dg perlindungan konsumen rendah om dan most likely govt dikontrol corp :big_dunno:
Kalo mau niat ya kaya kasus nissan march itu kan, tapi kudu siap waktu, tenaga, dan dana buat legal action.
Pembeli motor kan sebagian besar (sorry to say) low-mid income yg sarana utama untuk kerja ya motor, ga kerja buat lakukan legal action ya ga makan :big_sorry:


masih jauh kita ngimpi bisa ungkap kelakukan produsen otomotif kek di US dg dieselgate-nya ya om
sebetulnya bisa banget di indo tu konsumen menang, banyak kasus buktikan bisa.

tp kebanyakan pertama ogah effort, karena pake dan ngejual mobil/motor lebih gampang daripada sewa lawyer dan gontok-gontokan sama korporat. blom resiko habis waktu digugat balik nanti kalo kalah sidang gak terima minta banding.

di sisi lain ya betul low to mid income. daripada ribut gituan mending waktunya buat kerja. konsumen mobil (umumnya) lebih mapan finansial, waktu lebih banyak, kalaupun kerja ya bayaran minimal bulanan jadi cuti 1-2 hari buat urus sidang jg bayaran aman. se miskin miskinnya orang pake elsigisi nyicil dp 10juta aja tetep lebih settle soal finansial khan.

alternatifnya ya class action, grup pengguna atau user terdampak urunan buat bayar lawyer. tp mengingat lawannya alot penguasa pasar R2 di indo, cari lawyer yang berani juga sulit. yang berani rate nya nggak murah. jadi back to square one : mending dipake kerja duitnya. wkwkwkkw.

di USA lawyer for hire banyak dan murah makanya sampe orang melepuh gegara kesirem kopi McDonalds aja bisa menang lawsuit. ditambah freedom of speech di sana lebih jalan, jadi kesadaran masyarakat buat menuntut hak - hak konsumen juga lebih tinggi.

di sini apaan mau nuntut jg takut diserang buzzer duluan. galakan buzzernya kalo cuma kita seorang dua orang.

agak sedih sebenernya, saking udah terbiasa diperlakukan kayak sampah dan cuma dijadiin mesin duit ATPM konsumen di sini sampe gak berani minta sesuatu yang adalah haknya. duit kita malah dipake buat bayar buzzer buat nyerang balik kita.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by Ibet »

kendibocor wrote: Wed Aug 23, 2023 2:20
Ibet wrote: Wed Aug 23, 2023 1:21 wkwk problem klasik painting rangka after assembly
kebanyakan saya liat problem rusting startnya juga dari welding points, apa ga dikasih bonding agent dulu ya? langsung hajar black paint as is
Tadi liat di medsos ada yg motornya baru dtg, jok masih plastikan, plat nomor blm ada. Diintip di daerah sasis2nya uda keluar titik2 karat, lumayan banyak. Jadi tau sendiri lah kualitas pengerjaannya gmn :big_biglaugh:
everything for VA/CD merit yg ga seberapa itu, tapi gede volume nya wkwk :mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9739
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by Suryaputra »

Sabar sodara2

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by Salvanost »

kendibocor wrote: Wed Aug 23, 2023 2:20
Ibet wrote: Wed Aug 23, 2023 1:21 wkwk problem klasik painting rangka after assembly
kebanyakan saya liat problem rusting startnya juga dari welding points, apa ga dikasih bonding agent dulu ya? langsung hajar black paint as is
Tadi liat di medsos ada yg motornya baru dtg, jok masih plastikan, plat nomor blm ada. Diintip di daerah sasis2nya uda keluar titik2 karat, lumayan banyak. Jadi tau sendiri lah kualitas pengerjaannya gmn :big_biglaugh:
https://www.motorplus-online.com/read/2 ... t-warganet
6 bulan karatan
2 bulan karatan

ini video baru 1 bulan udah ada karat
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by b0ku »

HALO SOBAT PATAH......


2023 GANTI SUZUKI AJA.......... :ngacir:
User avatar
brzkr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Mon Jun 26, 2023 6:10
Location: Jakarta

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by brzkr »

ChZ wrote: Wed Aug 23, 2023 3:03
brzkr wrote: Wed Aug 23, 2023 0:12
Mungkin ngahaem ngerasa udah di atas angin dan jualannya ga akan ke-distrupt jadi ya santai aja, paling ribut bentar di sosmed tapi jualan lancar terus malah sekalian jual rangka :big_dunno:
Lagian w bingung jg sih apa yg mau diharapkan dari negara dg perlindungan konsumen rendah om dan most likely govt dikontrol corp :big_dunno:
Kalo mau niat ya kaya kasus nissan march itu kan, tapi kudu siap waktu, tenaga, dan dana buat legal action.
Pembeli motor kan sebagian besar (sorry to say) low-mid income yg sarana utama untuk kerja ya motor, ga kerja buat lakukan legal action ya ga makan :big_sorry:


masih jauh kita ngimpi bisa ungkap kelakukan produsen otomotif kek di US dg dieselgate-nya ya om
sebetulnya bisa banget di indo tu konsumen menang, banyak kasus buktikan bisa.

tp kebanyakan pertama ogah effort, karena pake dan ngejual mobil/motor lebih gampang daripada sewa lawyer dan gontok-gontokan sama korporat. blom resiko habis waktu digugat balik nanti kalo kalah sidang gak terima minta banding.

di sisi lain ya betul low to mid income. daripada ribut gituan mending waktunya buat kerja. konsumen mobil (umumnya) lebih mapan finansial, waktu lebih banyak, kalaupun kerja ya bayaran minimal bulanan jadi cuti 1-2 hari buat urus sidang jg bayaran aman. se miskin miskinnya orang pake elsigisi nyicil dp 10juta aja tetep lebih settle soal finansial khan.

alternatifnya ya class action, grup pengguna atau user terdampak urunan buat bayar lawyer. tp mengingat lawannya alot penguasa pasar R2 di indo, cari lawyer yang berani juga sulit. yang berani rate nya nggak murah. jadi back to square one : mending dipake kerja duitnya. wkwkwkkw.

di USA lawyer for hire banyak dan murah makanya sampe orang melepuh gegara kesirem kopi McDonalds aja bisa menang lawsuit. ditambah freedom of speech di sana lebih jalan, jadi kesadaran masyarakat buat menuntut hak - hak konsumen juga lebih tinggi.

di sini apaan mau nuntut jg takut diserang buzzer duluan. galakan buzzernya kalo cuma kita seorang dua orang.

agak sedih sebenernya, saking udah terbiasa diperlakukan kayak sampah dan cuma dijadiin mesin duit ATPM konsumen di sini sampe gak berani minta sesuatu yang adalah haknya. duit kita malah dipake buat bayar buzzer buat nyerang balik kita.
Betul om masih bisa menang, tp setau w (koreksi ya kl salah) di indo ga ada lembaga yg wajib melakukan putusan pengadilan perdata, beda dg putusan pidana.
Contoh paling baru soal warga menang tuntutan pencemaran udara di DKI, tp ya govt malah banding jadi malah proses pengadilan lama lagi, ya emang masih proses sih tp udah kebayang kan ujungnya kek mana :big_bored:

Iya US mah hukumnya udah oke, lha itu peringatan di bungkus plastik "jangan dimakan" kan tujuannya biar ga kena lawsuit yak.

Rame di IG honda tuh om, warga masih ga terima penjelasan ahm dan admin cuma bisa balas dg maaf :big_childish:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by b0ku »

brzkr wrote: Wed Aug 23, 2023 12:46
Betul om masih bisa menang, tp setau w (koreksi ya kl salah) di indo ga ada lembaga yg wajib melakukan putusan pengadilan perdata, beda dg putusan pidana.
Contoh paling baru soal warga menang tuntutan pencemaran udara di DKI, tp ya govt malah banding jadi malah proses pengadilan lama lagi, ya emang masih proses sih tp udah kebayang kan ujungnya kek mana :big_bored:

Iya US mah hukumnya udah oke, lha itu peringatan di bungkus plastik "jangan dimakan" kan tujuannya biar ga kena lawsuit yak.

Rame di IG honda tuh om, warga masih ga terima penjelasan ahm dan admin cuma bisa balas dg maaf :big_childish:
kan katanya ud dijual tuh chasis baru 1,2 jt mendingan bawa ke bengkel off road suruh mereka las chasis patahnya dah pasti lebih kuat :mky_07:

meang motor merek H ini gak kayak mobil merek H kelakuannya lebih kayak mobil merek toyota :wkkk:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by gwsecretc »

b0ku wrote: Wed Aug 23, 2023 12:54
brzkr wrote: Wed Aug 23, 2023 12:46
Betul om masih bisa menang, tp setau w (koreksi ya kl salah) di indo ga ada lembaga yg wajib melakukan putusan pengadilan perdata, beda dg putusan pidana.
Contoh paling baru soal warga menang tuntutan pencemaran udara di DKI, tp ya govt malah banding jadi malah proses pengadilan lama lagi, ya emang masih proses sih tp udah kebayang kan ujungnya kek mana :big_bored:

Iya US mah hukumnya udah oke, lha itu peringatan di bungkus plastik "jangan dimakan" kan tujuannya biar ga kena lawsuit yak.

Rame di IG honda tuh om, warga masih ga terima penjelasan ahm dan admin cuma bisa balas dg maaf :big_childish:
kan katanya ud dijual tuh chasis baru 1,2 jt mendingan bawa ke bengkel off road suruh mereka las chasis patahnya dah pasti lebih kuat :mky_07:

meang motor merek H ini gak kayak mobil merek H kelakuannya lebih kayak mobil merek toyota :wkkk:
Ya wajar karena beda grup atpm. Mobil H tegak dipegang HPM, motor H tegak dipegang sama astra yang 1 grup sama toyota.

Tapi lawak banget ini, beli motor H tegak baru, nambah ceklis maintenance yakni ganti rangka rutinan :big_biglaugh:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by gwsecretc »

Salvanost wrote: Wed Aug 23, 2023 7:05
kendibocor wrote: Wed Aug 23, 2023 2:20
Ibet wrote: Wed Aug 23, 2023 1:21 wkwk problem klasik painting rangka after assembly
kebanyakan saya liat problem rusting startnya juga dari welding points, apa ga dikasih bonding agent dulu ya? langsung hajar black paint as is
Tadi liat di medsos ada yg motornya baru dtg, jok masih plastikan, plat nomor blm ada. Diintip di daerah sasis2nya uda keluar titik2 karat, lumayan banyak. Jadi tau sendiri lah kualitas pengerjaannya gmn :big_biglaugh:
https://www.motorplus-online.com/read/2 ... t-warganet
6 bulan karatan
2 bulan karatan

ini video baru 1 bulan udah ada karat
Sebenernya ga hanya di motor, ane perhatiin di mobil” keluaran baru juga ada karat di sasis setelah pemakaian beberapa bulan. Hanya karatnya sedikit di titik tertentu aja dan yang terpenting ga sampe PATAH kayak esaf ini :big_biglaugh: .
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by ChZ »

brzkr wrote: Wed Aug 23, 2023 12:46
Betul om masih bisa menang, tp setau w (koreksi ya kl salah) di indo ga ada lembaga yg wajib melakukan putusan pengadilan perdata, beda dg putusan pidana.
Contoh paling baru soal warga menang tuntutan pencemaran udara di DKI, tp ya govt malah banding jadi malah proses pengadilan lama lagi, ya emang masih proses sih tp udah kebayang kan ujungnya kek mana :big_bored:

Iya US mah hukumnya udah oke, lha itu peringatan di bungkus plastik "jangan dimakan" kan tujuannya biar ga kena lawsuit yak.

Rame di IG honda tuh om, warga masih ga terima penjelasan ahm dan admin cuma bisa balas dg maaf :big_childish:
Ah iya nih. Yang waktu itu kebukti kartel aja g ada follow upnya. Ya udah kebukti doang.

Makanya emang musti diramein om kek yg civic turbo msh baru overheat, ada tekanan sosial biar si atpm beneran ngelakuin putusan pengadilan.

Ane liat itu video kocak jg si ngahaem gak ngejelasin kenapa bisa patah tuh rangka. Iye bener ngejelasin bagian itu bukan karat doang lah yg dibongkar karatan beneran pan banyak :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by b0ku »

gwsecretc wrote: Wed Aug 23, 2023 13:21
Ya wajar karena beda grup atpm. Mobil H tegak dipegang HPM, motor H tegak dipegang sama astra yang 1 grup sama toyota.

Tapi lawak banget ini, beli motor H tegak baru, nambah ceklis maintenance yakni ganti rangka rutinan :big_biglaugh:
mungkin kualitas CBU sama CKD kek bumi ma langit kali ya soalnya CKD pasti banyak kena pengaruh toyodai cara produksinya soalnya saya jualan parts motor trail konon CRF rally itu tampang doank begeng motornya sebenernya ringan di banding KLX berarti yang CBU PR chasisnya di kerjain :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by b0ku »

gwsecretc wrote: Wed Aug 23, 2023 13:26
Sebenernya ga hanya di motor, ane perhatiin di mobil” keluaran baru juga ada karat di sasis setelah pemakaian beberapa bulan. Hanya karatnya sedikit di titik tertentu aja dan yang terpenting ga sampe PATAH kayak esaf ini :big_biglaugh: .
ermm biasanya produk honda kelas chasis brio tuh mobil gak kebanjiran kayak kebanjiran buat mata awam pun jd di tuduh kena banjir padahal kagak saya liatin semua HRV satu komplek showroom mobil bekas mesinnya kek mobil bekas banjir semua kek nongol jamur2x gitu di mesinnya :big_biglaugh:

keknya ada coating yang dikurangin mungkin :big_smile]

saya pernah pengalaman ada customer liat mobilio yang liat mobilio temen saya dia bilang keknya bekas banjir gak berani ambil besoknya ada customer laen liat tuh mobilio bawa inspektor lsg di sikat donk soalnya emang low km barang cuma jelek di body baret2x aja :big_biglaugh:

berarti tuh mobil sebenernya gak kenapa2x tapi keliatan kek kenapa2x karena qcnya buruk aja :big_bored:

kalo mobilio penyakitnya di kolong dashboard pedalnya pada suka karatan padahal laennya si aman2x aja
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by gwsecretc »

b0ku wrote: Wed Aug 23, 2023 13:49
mungkin kualitas CBU sama CKD kek bumi ma langit kali ya soalnya CKD pasti banyak kena pengaruh toyodai cara produksinya soalnya saya jualan parts motor trail konon CRF rally itu tampang doank begeng motornya sebenernya ringan di banding KLX berarti yang CBU PR chasisnya di kerjain :big_biglaugh:
Nah bisa jadi.. Teringat anps ckd batch awal aja kena bug pengait doortrim yang bisa ngerusak window film.. padahal pas masi cbu aman aja cuma kasus drl redup.. mungkin qc di negara kita aja kali ya yang ga seketat negara luar.
b0ku wrote: Wed Aug 23, 2023 13:54
ermm biasanya produk honda kelas chasis brio tuh mobil gak kebanjiran kayak kebanjiran buat mata awam pun jd di tuduh kena banjir padahal kagak saya liatin semua HRV satu komplek showroom mobil bekas mesinnya kek mobil bekas banjir semua kek nongol jamur2x gitu di mesinnya :big_biglaugh:

keknya ada coating yang dikurangin mungkin :big_smile]

saya pernah pengalaman ada customer liat mobilio yang liat mobilio temen saya dia bilang keknya bekas banjir gak berani ambil besoknya ada customer laen liat tuh mobilio bawa inspektor lsg di sikat donk soalnya emang low km barang cuma jelek di body baret2x aja :big_biglaugh:

berarti tuh mobil sebenernya gak kenapa2x tapi keliatan kek kenapa2x karena qcnya buruk aja :big_bored:

kalo mobilio penyakitnya di kolong dashboard pedalnya pada suka karatan padahal laennya si aman2x aja
Ga hanya honda om. Anki 2020 ane sama anps 2018 dulu pake 8 bulan aja udah nongol tuh karat setitik dua titik di chassis. Tapi ya ga nyebar cuma disitu” doang, cuma risih aja negliatnya.

Btw ngomonging pedal, om boku udah lihat belum pedal OPS nya tangkainya pake besi/plastik? Jaman now payah, tangkainya pada pake plastik semua, sisa anki 2020 pfl ane yang masih aman pake besi. Anki 2021 fl sepupu ane pun udah pake plastik tangkainya :big_dunno:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by gwsecretc »

ChZ wrote: Wed Aug 23, 2023 13:45
brzkr wrote: Wed Aug 23, 2023 12:46
Betul om masih bisa menang, tp setau w (koreksi ya kl salah) di indo ga ada lembaga yg wajib melakukan putusan pengadilan perdata, beda dg putusan pidana.
Contoh paling baru soal warga menang tuntutan pencemaran udara di DKI, tp ya govt malah banding jadi malah proses pengadilan lama lagi, ya emang masih proses sih tp udah kebayang kan ujungnya kek mana :big_bored:

Iya US mah hukumnya udah oke, lha itu peringatan di bungkus plastik "jangan dimakan" kan tujuannya biar ga kena lawsuit yak.

Rame di IG honda tuh om, warga masih ga terima penjelasan ahm dan admin cuma bisa balas dg maaf :big_childish:
Ah iya nih. Yang waktu itu kebukti kartel aja g ada follow upnya. Ya udah kebukti doang.

Makanya emang musti diramein om kek yg civic turbo msh baru overheat, ada tekanan sosial biar si atpm beneran ngelakuin putusan pengadilan.

Ane liat itu video kocak jg si ngahaem gak ngejelasin kenapa bisa patah tuh rangka. Iye bener ngejelasin bagian itu bukan karat doang lah yg dibongkar karatan beneran pan banyak :big_bored:
Ane lihat di ig, udah ada yang komen yang menekankan bahwa klarifikasi yang diberikan ahm tidak menjawab kenapa tuh rangka gampang patah. Emang rada kocak ini, klarifikasi tidak sesuai dengan kasus yang beredar :big_biglaugh:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: Wed Aug 23, 2023 6:41 Sabar sodara2

Bersabar cuma buat liat lawakan ala ngahaem :ngacir:

Edannn klarifikasinya AHMpass... lagi2 denial adalah koentji...

Menurut ane, kasus esaf patah rangka ini jadi sebuah milestone baru lagi bagaimana ngastrah grup memperlakukan konsumennya dengan buruk, setelah kasus edukasi putu jedug. Dengan mengakumulasi klarifikasi denial dan jualan rangka menurut ane damagenya :

Rangka esaf patah >>> putu jedug

Btw liat komen2 netijen menanggapi kasus rangka esaf patah ini mayan uga buat jadi hiburan, lucu2 soalnya :wkkk:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by rakyatwkwkland »

brzkr wrote: Tue Aug 22, 2023 8:44 tapi mungkin ga sih om dari kurleb 10jt produksi ada 1% barang cacat? ya ga mungkin juga kan 100% sempurna produksinya.
Pernah baca kalo ipun aja ada sekitar 5% yg cacat produksi (ya dan memang garansi ganti unit tp mungkin ada jangka waktu dari unboxing s.d. disadari ada cacat produksi)
Wajar tingkat kecacatan 1% kalau cacatnya tersebar di bagian2 lain seperti misalnya lampu headlamp putus, shockbreaker bocor, batok klotok2, kiprok rusak, spakbor miring, dll...

Lahh kalo 1% kecacatan berupa rangka yang karatan hingga patah itu mah amat sangat tidak wajar. Kita bandingkan dengan merek2 sebelah aja, ada gak yang rangkanya cacat dengan persentase 1%? Hingga 0,001% cacat di rangka pun belum tentu ada. Karena yang namanya rangka ya tentunya adalah bagian dari kendaraan yang diharapkan masih utuh bahkan hingga udah masuk junkyard karena mesin dan komponen lainnya sudah rusak...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by b0ku »

gwsecretc wrote: Wed Aug 23, 2023 14:10
Ga hanya honda om. Anki 2020 ane sama anps 2018 dulu pake 8 bulan aja udah nongol tuh karat setitik dua titik di chassis. Tapi ya ga nyebar cuma disitu” doang, cuma risih aja negliatnya.

Btw ngomonging pedal, om boku udah lihat belum pedal OPS nya tangkainya pake besi/plastik? Jaman now payah, tangkainya pada pake plastik semua, sisa anki 2020 pfl ane yang masih aman pake besi. Anki 2021 fl sepupu ane pun udah pake plastik tangkainya :big_dunno:
:mky_01: anu om OPS ane statusnya lagi di kandangin platnya ud koit soalnya jadi jarang diliat besok kebetulan mau saya bawa keluar sekalian panasin nanti saya fotoin deh :mky_01:

nah kalo OPS ane kolongnya karatan semua keknya mungkin owner lama suka bawa ke proyek kena tanah soalnya owner lama tukang paku bumi sama GE8 nongol karatnya malah di satu titik baut kolong kena aliran air AC doank tapi parahnya kenannya nular ke cusco ane juga di kolong :big_bored:

cuma ops keknya karatnya sebatas kuning2x doank nanti rencana mau saya minta detailing kolong sih ud tanya R moda dia bisa ngerjain :mky_01:

ngomongin tangkai plastik di amrik tuh banyak yang patah tesla aja sering :mky_07:



satu titik cuma bener2x keknya parah banget ini :big_bored:
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by gwsecretc »

b0ku wrote: Wed Aug 23, 2023 14:26
gwsecretc wrote: Wed Aug 23, 2023 14:10
Ga hanya honda om. Anki 2020 ane sama anps 2018 dulu pake 8 bulan aja udah nongol tuh karat setitik dua titik di chassis. Tapi ya ga nyebar cuma disitu” doang, cuma risih aja negliatnya.

Btw ngomonging pedal, om boku udah lihat belum pedal OPS nya tangkainya pake besi/plastik? Jaman now payah, tangkainya pada pake plastik semua, sisa anki 2020 pfl ane yang masih aman pake besi. Anki 2021 fl sepupu ane pun udah pake plastik tangkainya :big_dunno:
:mky_01: anu om OPS ane statusnya lagi di kandangin platnya ud koit soalnya jadi jarang diliat besok kebetulan mau saya bawa keluar sekalian panasin nanti saya fotoin deh :mky_01:

nah kalo OPS ane kolongnya karatan semua keknya mungkin owner lama suka bawa ke proyek kena tanah soalnya owner lama tukang paku bumi sama GE8 nongol karatnya malah di satu titik baut kolong kena aliran air AC doank tapi parahnya kenannya nular ke cusco ane juga di kolong :big_bored:

cuma ops keknya karatnya sebatas kuning2x doank nanti rencana mau saya minta detailing kolong sih ud tanya R moda dia bisa ngerjain :mky_01:

ngomongin tangkai plastik di amrik tuh banyak yang patah tesla aja sering :mky_07:



satu titik cuma bener2x keknya parah banget ini :big_bored:
Wah ini sih karatnya lebih parah dri punya ane. Kalo ane cuma kayak bercak gitu karatnya :big_biglaugh:

Btw koreksi sedikit, maksud ane pedal gas nya aja, kalo pedal rem kayaknya belum perna ane ketemu yang tangkainya pake plastik.

Iya di ane perna gugel ketemu forum tesla usernya pada ngamuk tangkai pedal gas nya patah :big_biglaugh: kalo di kita baru viral kemarin di tiktod tangkai pedal gas hrv yang patah..
gwsecretc
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by gwsecretc »

rakyatwkwkland wrote: Wed Aug 23, 2023 14:16
Suryaputra wrote: Wed Aug 23, 2023 6:41 Sabar sodara2

Bersabar cuma buat liat lawakan ala ngahaem :ngacir:

Edannn klarifikasinya AHMpass... lagi2 denial adalah koentji...

Menurut ane, kasus esaf patah rangka ini jadi sebuah milestone baru lagi bagaimana ngastrah grup memperlakukan konsumennya dengan buruk, setelah kasus edukasi putu jedug. Dengan mengakumulasi klarifikasi denial dan jualan rangka menurut ane damagenya :

Rangka esaf patah >>> putu jedug

Btw liat komen2 netijen menanggapi kasus rangka esaf patah ini mayan uga buat jadi hiburan, lucu2 soalnya :wkkk:
Emang lucu sih, tapi kalo sampe kita yang ngalamin yah keki juga dibuatnya :big_biglaugh: Udah seharusnya ini rangka dilakukan recall. Tapi ya ini astra, dari yang sudah” kayaknya berat untuk diadakan recall. :big_bored:

Kalo putu jedug kan mobil masih bisa jalan, masi bisa diakali remap lah ganti atf lah, turbo aja walopun putuan jarang denger sampe ada yang jebol. Sedangkan kasus esaf ini wajar parah, karena rangka patah kendaraan jadi ga bisa dipake.
bangrosi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by bangrosi »

Apakah versi ekspor mengalami masalah yg sama, soalnya yg rangka esaf V160 bahkan sampai di ekspor ke negara asalnya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4252
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Rangka Motor Matic ESAF Honda Patah / Keropos

Post by b0ku »

gwsecretc wrote: Wed Aug 23, 2023 14:43
Wah ini sih karatnya lebih parah dri punya ane. Kalo ane cuma kayak bercak gitu karatnya :big_biglaugh:

Btw koreksi sedikit, maksud ane pedal gas nya aja, kalo pedal rem kayaknya belum perna ane ketemu yang tangkainya pake plastik.

Iya di ane perna gugel ketemu forum tesla usernya pada ngamuk tangkai pedal gas nya patah :big_biglaugh: kalo di kita baru viral kemarin di tiktod tangkai pedal gas hrv yang patah..
ud 10thn om dan biang keroknya air ac malah saya curiga cusco penyebabnya dia bikin aernya gak ngalir lsg ke bawah atau ngumpul disitu :big_think:

paling ntar saya anti karat sama cat ulang cusconya pake gravitex :mky_03: