Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
Minggu, 5 November 2023, merupakan hari yang menjadikan saya dapat melihat Subaru spesial ini ketika hari terakhir pameran Subaru di Galaxy Mall, Surabaya.
Background
Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition dihadirkan Subaru Indonesia sebagai selebrasi 50 tahun Symmetrical All Wheel Drive. Sayangnya, hanya ada 15 unit yang disediakan di Indonesia. Anyway, sistem penggerak semua roda ini digunakan pada kendaraan yang memiliki merek yang berasal dari Jepang tersebut, seperti Forester.
Let’s jump to my review section!
Eksterior
Crosstrek versi spesial ini dilengkapi pelek warna hitam. Walaupun hanya single tone, implementasi warna ini justru memperkuat kesan mobil crossover yang gagah. Jumlah baut yang digunakan Subaru ini adalah lima.
Lampu LED di depan menjadikan mobil ini memiliki kesan kekar dan elegan.
Gril yang digunakan pada versi ini berwarna hitam, serupa pelek. Alhasil, kesan mobil petualang semakin kentara pada mobil edisi terbatas ini meskipun tidak sekuat mobil off-roader sejati layaknya Mercedes-Benz G Class.
Beralih ke bagian buritan, terdapat emblem yang menjadi simbol selebrasi setengah abad symmetrical all wheel drive dari Subaru. Bagi saya, keseluruhan bagian belakang Crosstrek ini terbilang cukup bagus karena desain lampu belakang yang sinergis dengan bodi mobil yang menyampaikan aura petualang.
Di bagian atap, ada sunroof yang dapat dibuka. Untuk membukanya, ada tombol yang berada di plafon dan terletak di atas rear view mirror. Seingat saya, untuk bisa membuka sunroof, mesin mobil mesti hidup.
Tak tertinggal, juga tersedia roof rail yang dapat dipakai untuk menampung roof box.
Mesin
Varian ini menggunakan mesin Boxer 4 silinder dengan kapasitas 1995 cc. Sayang, mesin ini membuat ruang kap mesin benar-benar penuh. Saya pun tidak bisa membahas mesin ini secara mendalam karena tidak sempat test drive.
Interior
Saat pertama kali saya memasuki mobil ini, dashboard yang disuguhkan mobil ini tergolong cukup mewah dan ergonomis meskipun cukup generik di mata saya karena juga digunakan di Outback dan bahkan WRX Wagon.
Untungnya, tombol parkir elektrik sudah dihadirkan di Crosstrek ini. Artinya, tidak perlu repot-repot menarik tuas rem parkir ketika harus berhenti di tanjakan atau akan parkir.
Versi yang hanya diproduksi 15 unit ini dilengkapi logo Subaru 50 Years S-AWD di headrest baris pertama. Logo ini serupa emblem yang diletakkan di pintu bagasi dari crossover ini.
Pada bagian bawah dashboard, ada laci soft opening yang menurut saya cukup luas. Sayangnya, saya tidak sempat mengambil foto dari laci tersebut.
Door Trim
Varian 50 Years AWD memiliki door trim yang mengkombinasikan bahan plastik keras, kulit asli, dan motif karbon asli. Gagang pintu sudah dilapisi krom. Tak tertinggal, ada cup holder dan storage holder yang sayangnya tergolong agak kecil. Meski demikian, kualitas plastik yang saya rasakan terbilang cukup kokoh untuk kelas medium crossover.
Head Unit
Head unit yang digunakan mobil ini terbilang besar. Ketika saya mengoperasikannya, respons yang diberikan tergolong cepat. Tak hanya itu, user interface-nya mudah dipahami meskipun perlu sedikit adaptasi.
Hebatnya, head unit ini memungkinkan pengaturan AC secara dual zone pada baris depan. Artinya, pengaturan kecepatan kipas dan suhu dapat dilakukan secara terpisah antara pengemudi dan penumpang baris pertama.
Head unit ini juga memiliki navigasi menu yang mudah diakses. Hebatnya lagi, responsivitas yang ditunjukkan perangkat ini terbilang baik karena tidak ada lag yang berarti ketika saya melakukan navigasi antar menu.
Bahkan, layar besar ini juga dapat mengatur X-Mode. Ada tiga pilihan, yaitu normal, snow dirt, dan deep snow mud.
Bagusnya lagi, layar ini juga memberi kondisi oli mesin, filter oli, ban, dan jadwal perawatan dengan bar.
Fitur-Fitur Lain di Interior
Crosstrek juga menawarkan volume console box yang cukup besar. Di bagian belakang dari boks tersebut, ada dua charging slot dengan tipe A yang mampu menghantarkan arus maksimum 2.4 ampere dan tipe C yang sepemahaman saya dapat menyemburkan arus puncak 3 ampere!
Di sektor door trim, ada bahan kulit asli meskipun plastik menjadi bahan yang dominan. Untungnya, masih ada auto up and down power window pada pintu penumpang baris pertama.
Melihat speedometer, banyak fitur yang ditawarkan Crosstrek ini, seperti individual door warning yang menurut saya sangat membantu jika ada pintu tertentu yang belum tertutup dengan rapat, jarum indikator suhu mesin dengan huruf H dan C, dan lampu peringatan lane departure warning jika fitur itu dimatikan. Font angka yang digunakan mudah dibaca dan futuristik. Speedometer ini menunjukkan redline pada 6.300 rpm.
Bagusnya, jok Crosstrek versi terbatas ini sudah dilapisi kulit asli dengan stitching warna putih asli. Jok tersebut berwarna hitam.
Berdasarkan pengukuran saya, headroom pada baris kedua tidak begitu luas karena hanya menyisakan sekitar sembilan jari untuk saya yang memiliki tinggi sekitar 165 cm. Hal itu diakibatkan atap Crosstrek yang cenderung menurun di atas penumpang baris kedua. Sementara leg room cukup memadai jika jok baris pertama tidak dimundurkan habis. Kalau jok baris pertama disetel paling mundur, sisa legroom hanya lima jari.
Untung, hand rest di bangku baris kedua memiliki dua buah cup holder. Kehadiran penyimpanan botol minuman itu memudahkan penumpang di baris tersebut mengambil botol tersebut jika mereka perlu menghilangkan haus dari tubuh mereka.
Bagasi
Pintu bagasi pada Crosstrek ini hanya dapat dibuka secara manual. Artinya, tidak terdapat mekanisme pembukaan secara elektris, which is a shame to me for a car whose price is close to 600 million IDR. Tapi, mekanisme pembukaan dan penutupan pintu bagasi ini terbilang mudah.
Jika melihat bagasi, saat jok baris kedua tidak dilipat, volumenya terbilang besar. Untungnya, jok baris tersebut dapat dilipat rata lantai. Apalagi, ada separator yang menutupi barang-barang yang diletakkan di bagasi sehingga bila separator tersebut digunakan secara penuh, risiko pencurian barang-barang dari Crosstrek ini dapat ditekan secara cukup signifikan.
Pros and Cons
Pros:
Eksterior yang sangat mencerminkan mobil petualang
Leg room terbilang cukup lega
Fitur berlimpah
Sistem symmetrical all wheel drive
Head unit responsif, memiliki pengaturan yang sangat lengkap, mudah dipahami, dan menggunakan interface yang cantik
Cons:
Head room baris kedua sedikit terbatas
Tidak ada back seat pocket di belakang kursi pengemudi
Simpulan
Subaru Crosstrek 50th Anniversary S-AWD Edition berhasil memberi impresi pertama yang baik kepada saya walaupun terdapat sejumlah kekurangan seperti headroom baris kedua yang kurang maksimal dan ketiadaan backseat pocket di bagian belakang bangku pengemudi.
Sekian impresi singkat dari saya. Maaf bila ada kesalahan pada penulisan.
Note: Untuk foto selain pelek dan logo di headrest menyusul
Background
Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition dihadirkan Subaru Indonesia sebagai selebrasi 50 tahun Symmetrical All Wheel Drive. Sayangnya, hanya ada 15 unit yang disediakan di Indonesia. Anyway, sistem penggerak semua roda ini digunakan pada kendaraan yang memiliki merek yang berasal dari Jepang tersebut, seperti Forester.
Let’s jump to my review section!
Eksterior
Crosstrek versi spesial ini dilengkapi pelek warna hitam. Walaupun hanya single tone, implementasi warna ini justru memperkuat kesan mobil crossover yang gagah. Jumlah baut yang digunakan Subaru ini adalah lima.
Lampu LED di depan menjadikan mobil ini memiliki kesan kekar dan elegan.
Gril yang digunakan pada versi ini berwarna hitam, serupa pelek. Alhasil, kesan mobil petualang semakin kentara pada mobil edisi terbatas ini meskipun tidak sekuat mobil off-roader sejati layaknya Mercedes-Benz G Class.
Beralih ke bagian buritan, terdapat emblem yang menjadi simbol selebrasi setengah abad symmetrical all wheel drive dari Subaru. Bagi saya, keseluruhan bagian belakang Crosstrek ini terbilang cukup bagus karena desain lampu belakang yang sinergis dengan bodi mobil yang menyampaikan aura petualang.
Di bagian atap, ada sunroof yang dapat dibuka. Untuk membukanya, ada tombol yang berada di plafon dan terletak di atas rear view mirror. Seingat saya, untuk bisa membuka sunroof, mesin mobil mesti hidup.
Tak tertinggal, juga tersedia roof rail yang dapat dipakai untuk menampung roof box.
Mesin
Varian ini menggunakan mesin Boxer 4 silinder dengan kapasitas 1995 cc. Sayang, mesin ini membuat ruang kap mesin benar-benar penuh. Saya pun tidak bisa membahas mesin ini secara mendalam karena tidak sempat test drive.
Interior
Saat pertama kali saya memasuki mobil ini, dashboard yang disuguhkan mobil ini tergolong cukup mewah dan ergonomis meskipun cukup generik di mata saya karena juga digunakan di Outback dan bahkan WRX Wagon.
Untungnya, tombol parkir elektrik sudah dihadirkan di Crosstrek ini. Artinya, tidak perlu repot-repot menarik tuas rem parkir ketika harus berhenti di tanjakan atau akan parkir.
Versi yang hanya diproduksi 15 unit ini dilengkapi logo Subaru 50 Years S-AWD di headrest baris pertama. Logo ini serupa emblem yang diletakkan di pintu bagasi dari crossover ini.
Pada bagian bawah dashboard, ada laci soft opening yang menurut saya cukup luas. Sayangnya, saya tidak sempat mengambil foto dari laci tersebut.
Door Trim
Varian 50 Years AWD memiliki door trim yang mengkombinasikan bahan plastik keras, kulit asli, dan motif karbon asli. Gagang pintu sudah dilapisi krom. Tak tertinggal, ada cup holder dan storage holder yang sayangnya tergolong agak kecil. Meski demikian, kualitas plastik yang saya rasakan terbilang cukup kokoh untuk kelas medium crossover.
Head Unit
Head unit yang digunakan mobil ini terbilang besar. Ketika saya mengoperasikannya, respons yang diberikan tergolong cepat. Tak hanya itu, user interface-nya mudah dipahami meskipun perlu sedikit adaptasi.
Hebatnya, head unit ini memungkinkan pengaturan AC secara dual zone pada baris depan. Artinya, pengaturan kecepatan kipas dan suhu dapat dilakukan secara terpisah antara pengemudi dan penumpang baris pertama.
Head unit ini juga memiliki navigasi menu yang mudah diakses. Hebatnya lagi, responsivitas yang ditunjukkan perangkat ini terbilang baik karena tidak ada lag yang berarti ketika saya melakukan navigasi antar menu.
Bahkan, layar besar ini juga dapat mengatur X-Mode. Ada tiga pilihan, yaitu normal, snow dirt, dan deep snow mud.
Bagusnya lagi, layar ini juga memberi kondisi oli mesin, filter oli, ban, dan jadwal perawatan dengan bar.
Fitur-Fitur Lain di Interior
Crosstrek juga menawarkan volume console box yang cukup besar. Di bagian belakang dari boks tersebut, ada dua charging slot dengan tipe A yang mampu menghantarkan arus maksimum 2.4 ampere dan tipe C yang sepemahaman saya dapat menyemburkan arus puncak 3 ampere!
Di sektor door trim, ada bahan kulit asli meskipun plastik menjadi bahan yang dominan. Untungnya, masih ada auto up and down power window pada pintu penumpang baris pertama.
Melihat speedometer, banyak fitur yang ditawarkan Crosstrek ini, seperti individual door warning yang menurut saya sangat membantu jika ada pintu tertentu yang belum tertutup dengan rapat, jarum indikator suhu mesin dengan huruf H dan C, dan lampu peringatan lane departure warning jika fitur itu dimatikan. Font angka yang digunakan mudah dibaca dan futuristik. Speedometer ini menunjukkan redline pada 6.300 rpm.
Bagusnya, jok Crosstrek versi terbatas ini sudah dilapisi kulit asli dengan stitching warna putih asli. Jok tersebut berwarna hitam.
Berdasarkan pengukuran saya, headroom pada baris kedua tidak begitu luas karena hanya menyisakan sekitar sembilan jari untuk saya yang memiliki tinggi sekitar 165 cm. Hal itu diakibatkan atap Crosstrek yang cenderung menurun di atas penumpang baris kedua. Sementara leg room cukup memadai jika jok baris pertama tidak dimundurkan habis. Kalau jok baris pertama disetel paling mundur, sisa legroom hanya lima jari.
Untung, hand rest di bangku baris kedua memiliki dua buah cup holder. Kehadiran penyimpanan botol minuman itu memudahkan penumpang di baris tersebut mengambil botol tersebut jika mereka perlu menghilangkan haus dari tubuh mereka.
Bagasi
Pintu bagasi pada Crosstrek ini hanya dapat dibuka secara manual. Artinya, tidak terdapat mekanisme pembukaan secara elektris, which is a shame to me for a car whose price is close to 600 million IDR. Tapi, mekanisme pembukaan dan penutupan pintu bagasi ini terbilang mudah.
Jika melihat bagasi, saat jok baris kedua tidak dilipat, volumenya terbilang besar. Untungnya, jok baris tersebut dapat dilipat rata lantai. Apalagi, ada separator yang menutupi barang-barang yang diletakkan di bagasi sehingga bila separator tersebut digunakan secara penuh, risiko pencurian barang-barang dari Crosstrek ini dapat ditekan secara cukup signifikan.
Pros and Cons
Pros:
Eksterior yang sangat mencerminkan mobil petualang
Leg room terbilang cukup lega
Fitur berlimpah
Sistem symmetrical all wheel drive
Head unit responsif, memiliki pengaturan yang sangat lengkap, mudah dipahami, dan menggunakan interface yang cantik
Cons:
Head room baris kedua sedikit terbatas
Tidak ada back seat pocket di belakang kursi pengemudi
Simpulan
Subaru Crosstrek 50th Anniversary S-AWD Edition berhasil memberi impresi pertama yang baik kepada saya walaupun terdapat sejumlah kekurangan seperti headroom baris kedua yang kurang maksimal dan ketiadaan backseat pocket di bagian belakang bangku pengemudi.
Sekian impresi singkat dari saya. Maaf bila ada kesalahan pada penulisan.
Note: Untuk foto selain pelek dan logo di headrest menyusul
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
Mengingat saya kesulitan menambah foto di postingan asli, saya memutuskan untuk menambah foto-foto yang belum sempat saya attach di post ini
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 699
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
Beuh, udah 600 aja ya.
Rasanya awal tahun ini Masi 499 eyesight.
Cmiiw
Rasanya awal tahun ini Masi 499 eyesight.
Cmiiw
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2317
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
interior jadul & spido jarum gtu kok nitijen ga protes. kan hrusnya full digital
o iya
kan bukan toyota honda
o iya
kan bukan toyota honda
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
Nitijen gaktau subaru
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 417
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
ganteng! saya malahan suka yg rada raw kayak zsubaru begini, meski sebenernya elektroniknya sih banyak, eysesight pula kan?.. drawbacknya, ya krn AWD, konsumsi bbm sih ga mungkin irit2 banget sih, tapi mengingat AWD, waah.. diliatn terus ntar pengen.. wwkwwkkk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 699
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
Oh, lumayan juga ya markupnya bwt special edition gini.
Senior di kantor pake satu sebelum facelift. Ganteng memang[emoji106]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
bener juga
mana ada yang ngerti all symmetrical awd (saya juga ga ngerti si)
coba merk lain abis itu dihujat tulisan 50 years di interior cuma gitu doang terus nambah puluhan juta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
Padahal itu jurus anti bully erwedeh dan efwedeh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3198
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
sepertinya jd sales subaru lebih menantang daripada sales mobil cungkwo
krn yg paling laku disini
-yg mewah(menurut org sekitar)
ato
yg murah
krn yg paling laku disini
-yg mewah(menurut org sekitar)
ato
yg murah
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4804
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
nice review om, desain exterior dan inteirornya overall cukup oke, cm entah knp speedometernya kok agak gak nyambung ya sm dasbornya secara desain menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Jan 11, 2024 3:33
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Subaru Crosstrek
Re: Impresi Pertama Subaru Crosstrek 50 Years AWD Edition
Thanks semua buat infonya! Berguna banget!
Eh by the way, kalau ada yang mencari Crosstrek 50 Years AWD, ada sisa stok 1 nih, dan berhubung NIK 23, ada deal yang bagoos! (WA: 085179586877)
Eh by the way, kalau ada yang mencari Crosstrek 50 Years AWD, ada sisa stok 1 nih, dan berhubung NIK 23, ada deal yang bagoos! (WA: 085179586877)