2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Wed Mar 27, 2024 14:23
Balik urusan BYD, buat yg pengalaman setup chassis, bicara teoritis kan baterenya udah structural (dilem mati gitu), mestinya chassisnya ndak ada flexing sama sekali kan ya ?, tinggal setup suspensi aja mestinya buat bikin bener… Kalo I5 mau digimanakan kan flexnya chassis sama flexnya batere pack jalan sendiri2, (makanya selain baut main mounting yg empat, masih dibaut lagi di perimeternya), jadi akhirnya chassisnya yang harus direinfoce…..
kalau nurut ane faktornya ban dan setelan suspensi. ya gimana2 gak dirancang jadi super sport sedan tetep family sedan.

tp dengan accel segitu... ya gimana ya, BMW M5 aja suspensinya keras, Porsche Panamera pun tetep keras. kok ini pede banget suspensi empuk dikasih torsi kontan segitu.

pan gimana gimana seal gak pake carbon fiber chassis toh. ane mah mending harganya 1.5M tapi carbon fiber chassis dan suspensinya proper. ini mah nyali aja masih lebih nyali bawa gajah diesel modif.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by adriangaut »

Bibieight wrote: Wed Mar 27, 2024 14:23
darrelund wrote: Wed Mar 27, 2024 13:00
klo kata netijen mah ioniq 5 N overprice, mending byd seal

masa ngurangin 0.4 dtik, beda harga 2x lipat

ngapain jg top spit 260, dikota doang ga kepake

gausa kritik seal berlebihan, emang situ bisa beli? *ucap netijen

:big_weee: :big_weee:
Nah itulah oom, orang dimari pada kagak doyan riset udah gitu jalur logikanya sering2 ajaib. Boro2 perhitungin chassis, mesin, setup suspensi. Lha dikasih mobil capek bekas taksi dikasih asesoris jamet aja dimakan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: Tapi apa rata2 orang begini ya yang bikin mobil bener makin lama makin punya diganti mobil yg asal ngglundung :big_think: :big_think: :big_think:

Balik urusan BYD, buat yg pengalaman setup chassis, bicara teoritis kan baterenya udah structural (dilem mati gitu), mestinya chassisnya ndak ada flexing sama sekali kan ya ?, tinggal setup suspensi aja mestinya buat bikin bener… Kalo I5 mau digimanakan kan flexnya chassis sama flexnya batere pack jalan sendiri2, (makanya selain baut main mounting yg empat, masih dibaut lagi di perimeternya), jadi akhirnya chassisnya yang harus direinfoce…..
Kalo disini mah risetnya baca spec sheet doang

Mobil yang engineering chassisnya bagus bakal kalah yang punya epb, fitur” lainnya
Makanya chinese cars banyak fansboynya yang habis beli banyak yang nyesel juga

Mana yang menjual disini
Fastest production car in sentul, atau
Mobil ini dilengkapi dengan sunroof epb dll
Wkwkwkwkwk
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Mar 25, 2024 7:54
adriangaut wrote: Mon Mar 25, 2024 6:07
IMO pabrikan mobil" established ini menurut saya banyak RnD di dunia balapn mobil deh

Kudunya merk" china gini ikut balapan pake mobil mereka, biar belajar bikin chassis yang bagusan juga
24hrs of le mans, f1, sesimple kembangin mobil di nurburgring, jadi bisa atur balance power sama handling
mereka belajar bikin tools yang durable dari perang,

belajar bikin sasis dan lain lainnya di balap.

jadi emang mateng bgt itu :mky_03:
ya kyk gini um

penting amat kulkas diputerin ke nurburg segala

tapi yah buat tuning & sekalian simulasi wear tear juga khan

Image
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by darrelund »

ChZ wrote: Thu Mar 28, 2024 3:13
kalau nurut ane faktornya ban dan setelan suspensi. ya gimana2 gak dirancang jadi super sport sedan tetep family sedan.

tp dengan accel segitu... ya gimana ya, BMW M5 aja suspensinya keras, Porsche Panamera pun tetep keras. kok ini pede banget suspensi empuk dikasih torsi kontan segitu.

pan gimana gimana seal gak pake carbon fiber chassis toh. ane mah mending harganya 1.5M tapi carbon fiber chassis dan suspensinya proper. ini mah nyali aja masih lebih nyali bawa gajah diesel modif.
makanya khan kapan lalu oe bilang

seal itu ada konflik scr prisip desain

530hp torsi instan tp dibikin easy to drive

yg harusnya ud power segitu yg dicari "confidence", bukan "easy" :big_biglaugh:

liat aja tar banyak ugal"an naik seal dijalan, aplg abege labil baru punya sim :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

adriangaut wrote: Thu Mar 28, 2024 3:37
Kalo disini mah risetnya baca spec sheet doang

Mobil yang engineering chassisnya bagus bakal kalah yang punya epb, fitur” lainnya
Makanya chinese cars banyak fansboynya yang habis beli banyak yang nyesel juga

Mana yang menjual disini
Fastest production car in sentul, atau
Mobil ini dilengkapi dengan sunroof epb dll
Wkwkwkwkwk
segala ada yang bilang kita orang gak terima mobcin lebih bagus atau sasis bagus nggak relevan :big_biglaugh: giliran kita point out kelemahan EV atau hybrid dibilang gak suka kemajuan teknologi.

sebenernya mobil yang kebanyakan gimik elektronik gitu imo karena berusaha menggaet pasar yang terlalu massal jadi orientasinya nggak jelas. ini bukan cuma niche market aja, contoh kenapa innova diesel diminati padahal fiturnya trondolan itu kan sesuatu yang menarik yah artinya toyota pede pede aja itu mobil tetep laku, jangan2 toyota sengaja jual rebon cuma buat buktiin kalo rebon lebih diminati ketimbang zenix :upss:

makin banyak produk yang katanya menguntungkan konsumen itu justru paradoksikal, kalo terlalu banyak juga bikin kebingungan krn diferensiasi produknya makin dikit. ujungnya perang fitur yang sialnya gak bakal dimenangin jerman / jepang

kalo bandingin sama 90s, kompetisi 3 arah spt mercedes/BMW/audi, atau honda/toyota/mitsubishi itu lebih sehat. masing2 produk kita liat diferensiasinya. sekarang semua merek pengen main semua kelas. jadi boring dan jelek-jelek.
darrelund wrote: Thu Mar 28, 2024 4:47 ya kyk gini um

penting amat kulkas diputerin ke nurburg segala

tapi yah buat tuning & sekalian simulasi wear tear juga khan

Image
kalo kata james may, nurburgring bikin suspensi mobil jadi gak enak :big_biglaugh:

cuma itu alesan jerman enjineering itu masih top sih. soalnya ngebayangin daily use nya aja ngetoll gaspol mentok kanan itu pan butuh perencanaan matang dari sisi enjineering
darrelund wrote: Thu Mar 28, 2024 4:52
makanya khan kapan lalu oe bilang

seal itu ada konflik scr prisip desain

530hp torsi instan tp dibikin easy to drive

yg harusnya ud power segitu yg dicari "confidence", bukan "easy" :big_biglaugh:

liat aja tar banyak ugal"an naik seal dijalan, aplg abege labil baru punya sim :big_biglaugh:
masalahnya banyak yang nggak TD tapi ngeyel cuma modal liat angka. nih laptimes segini, nih 0-100 3.8 detik.

itu yang bikin transmisi manual sampe kapanpun akan relevan. banyak purist nggak suka automatic karena sepintar apapun logic transmisinya kadang gak sesuai gaya mengemudi dan jujurly emang bawa manual tuh lebih pede karena in control. buat driving purist mechanical feel yang dicari bukan numbers. numbers itu cuma bonus dan biasa emang output dari driver yang pede bawa mobilnya.

sekarang malah dibalik drivernya dibikin gak pede semua jadi manut sistem mobilnya akhirnya laptimes kenceng ya 80% karena mobilnya emang kenceng, bukan karena supirnya jago.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »



BELI mobil nyari gimmick eh mobilnya di kontrol sama pabrikan :mky_07:

kan beli mobilnya doank bukan softwarenya :upss:
mojacko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by mojacko »

ijin nyimak thread EV..

pantesan aja saya 3 minggu pake ioniq5 punya bos, lari 120 kph udah habis nyali.. nggak pede.
padahal mobil nya berasa berat, nggak melayang.. limbung, ngga juga..
tapi ga tau kenapa lari 120 udah berasa kenceng banget.

padahal di F10, lari 150 aja masih bisa main HP sedikit2, wkwk
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Bibieight »

mojacko wrote: Fri Mar 29, 2024 7:17 ijin nyimak thread EV..

pantesan aja saya 3 minggu pake ioniq5 punya bos, lari 120 kph udah habis nyali.. nggak pede.
padahal mobil nya berasa berat, nggak melayang.. limbung, ngga juga..
tapi ga tau kenapa lari 120 udah berasa kenceng banget.

padahal di F10, lari 150 aja masih bisa main HP sedikit2, wkwk
Setting di regen berapa ?, ini mobil disc brake-nya kecil buat ukuran mobil 2 ton, jd kalo mau kenceng selamet harus pake regen, paling bener one pedal, kalo enggak, direm sekarang brenti 3 hari lagi. I5 itu disc brake cuma 325mm, yg ventilated cuma depan, bandingin ama G20 320i 348mm ventilated dua2nya, berat lebih enteng 4 kwintal :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Makanya, kalo EV punya regen kuat itu 100% wajib hukumnya, paling bener harusnya ada one pedal. Cilakanya itu ripiuwer2 budiman pada ngripiu EV kagak ada satupun yg ngomongin ini :big_bored: :big_bored: :big_bored:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Fri Mar 29, 2024 11:38
mojacko wrote: Fri Mar 29, 2024 7:17 ijin nyimak thread EV..

pantesan aja saya 3 minggu pake ioniq5 punya bos, lari 120 kph udah habis nyali.. nggak pede.
padahal mobil nya berasa berat, nggak melayang.. limbung, ngga juga..
tapi ga tau kenapa lari 120 udah berasa kenceng banget.

padahal di F10, lari 150 aja masih bisa main HP sedikit2, wkwk
Setting di regen berapa ?, ini mobil disc brake-nya kecil buat ukuran mobil 2 ton, jd kalo mau kenceng selamet harus pake regen, paling bener one pedal, kalo enggak, direm sekarang brenti 3 hari lagi. I5 itu disc brake cuma 325mm, yg ventilated cuma depan, bandingin ama G20 320i 348mm ventilated dua2nya, berat lebih enteng 4 kwintal :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Makanya, kalo EV punya regen kuat itu 100% wajib hukumnya, paling bener harusnya ada one pedal. Cilakanya itu ripiuwer2 budiman pada ngripiu EV kagak ada satupun yg ngomongin ini :big_bored: :big_bored: :big_bored:
Mereka ngetest drag race doang.
Padahal mereka gak boleh lupa, power is nothing without brake :upss:

gak kaya reviewer LN, remnya ditest sampai diukur jarak rem-nya plg pendek siapa.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »

mojacko wrote: Fri Mar 29, 2024 7:17 ijin nyimak thread EV..

pantesan aja saya 3 minggu pake ioniq5 punya bos, lari 120 kph udah habis nyali.. nggak pede.
padahal mobil nya berasa berat, nggak melayang.. limbung, ngga juga..
tapi ga tau kenapa lari 120 udah berasa kenceng banget.

padahal di F10, lari 150 aja masih bisa main HP sedikit2, wkwk
bebannya om iitu prasasti berat banget soalnya :big_biglaugh:

pas ngerem itu bobot bakalan ngedorong mobil lagi ke depan......

gara2x beban itu mobil jd grip parah efeknya setir juga susah buat belokin tuh mobil makanya banyak saya liat ioniq di lampu merah aja strugle pindah2x jalur....... kalo ud negrasain bawa mobil kecil ringan tapi suspensi ud steroid semua ogah deh bawa mobil kek gitu liatnya aja puyeng :drinking:

oe kalo inget jaman2x masih suka bawa pelali aja puyeng ud tenaga gede tapi belok aja susah mobilnya soalnya lebar pendek terus berat blindspot dimana2x tenaga gede gas musti di injek pula gak bisa lepas rem jalan tapi gak punya kopling buat nahan tenaganya, makannya liat orang bawa ioniq jd ud pusing sendiri :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

mojacko wrote: Fri Mar 29, 2024 7:17 ijin nyimak thread EV..

pantesan aja saya 3 minggu pake ioniq5 punya bos, lari 120 kph udah habis nyali.. nggak pede.
padahal mobil nya berasa berat, nggak melayang.. limbung, ngga juga..
tapi ga tau kenapa lari 120 udah berasa kenceng banget.

padahal di F10, lari 150 aja masih bisa main HP sedikit2, wkwk
tuh artinya teori yg bilang mobil makin berat = makin stabil itu gak selalu benar. udah sangat banyak contohnya mobil berat tapi nggak mantep dibawa.

ane bawa ioniq5 juga rasanya mau manuver berasa inersianya gede bener dah :big_bored:

europe sedan juga stabilnya bukan faktor berat, lebih ke konstruksi suspensinya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Mar 30, 2024 2:37
mojacko wrote: Fri Mar 29, 2024 7:17 ijin nyimak thread EV..

pantesan aja saya 3 minggu pake ioniq5 punya bos, lari 120 kph udah habis nyali.. nggak pede.
padahal mobil nya berasa berat, nggak melayang.. limbung, ngga juga..
tapi ga tau kenapa lari 120 udah berasa kenceng banget.

padahal di F10, lari 150 aja masih bisa main HP sedikit2, wkwk
tuh artinya teori yg bilang mobil makin berat = makin stabil itu gak selalu benar. udah sangat banyak contohnya mobil berat tapi nggak mantep dibawa.

ane bawa ioniq5 juga rasanya mau manuver berasa inersianya gede bener dah :big_bored:

europe sedan juga stabilnya bukan faktor berat, lebih ke konstruksi suspensinya.
Bushing arm lbh tebal dan banyak 💸💸 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by darrelund »

ChZ wrote: Sat Mar 30, 2024 2:37
tuh artinya teori yg bilang mobil makin berat = makin stabil itu gak selalu benar. udah sangat banyak contohnya mobil berat tapi nggak mantep dibawa.

ane bawa ioniq5 juga rasanya mau manuver berasa inersianya gede bener dah :big_bored:

europe sedan juga stabilnya bukan faktor berat, lebih ke konstruksi suspensinya.
krn tritnya rame soal chassis dynamics & knp bikin setup bagus mahal

oe mau nyelipin ini dah

ga relate 100% ke mobil biasa, tapi hrusna dapet 5W+1H nya :big_biglaugh: :big_biglaugh:

mumpung lebaran ada waktu lah ya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »

darrelund wrote: Sat Apr 06, 2024 4:06 krn tritnya rame soal chassis dynamics & knp bikin setup bagus mahal

oe mau nyelipin ini dah

ga relate 100% ke mobil biasa, tapi hrusna dapet 5W+1H nya :big_biglaugh: :big_biglaugh:

mumpung lebaran ada waktu lah ya
YA gak heran si om honda itu awalan dari [cencored] bisa jadi mobil balap dia bikin potensi sebenernya mobil ringan chasis kuat kecuali NSX GEN 2 buang jauh2x lah sama gen1 aja kalah :wkkk:

the power of battery bikin mobil jadi loser iya :mky_07:



mamam dah tuh bobot :mky_07:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by darrelund »

b0ku wrote: Sat Apr 06, 2024 10:53 YA gak heran si om honda itu awalan dari [cencored] bisa jadi mobil balap dia bikin potensi sebenernya mobil ringan chasis kuat kecuali NSX GEN 2 buang jauh2x lah sama gen1 aja kalah :wkkk:

the power of battery bikin mobil jadi loser iya :mky_07:



mamam dah tuh bobot :mky_07:
poin menarik yg oe denger tuh

mrk ganti parameter tuning dari "angka" ke "driver feel"

dan filosofinya ya sasis rigid, bobot optimal, power cukupan tapi mantep buat disetir

ya bener seh, mau apapun bentuknya, tenaga & jenis gerak. klo mantep ya mantep

bikin mobil yg mantep utk bbrp golongan orang sih itu wajar, cuma yg susah bikin mobil yg feel nya mantep buat semua orang :big_biglaugh:

makanya jgn heran klo biasanya yg masup rekomen ya brandnya itu lagi itu lagi, ya krn formulanya ud dapet :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »

darrelund wrote: Sat Apr 06, 2024 12:37
poin menarik yg oe denger tuh

mrk ganti parameter tuning dari "angka" ke "driver feel"

dan filosofinya ya sasis rigid, bobot optimal, power cukupan tapi mantep buat disetir

ya bener seh, mau apapun bentuknya, tenaga & jenis gerak. klo mantep ya mantep

bikin mobil yg mantep utk bbrp golongan orang sih itu wajar, cuma yg susah bikin mobil yg feel nya mantep buat semua orang :big_biglaugh:

makanya jgn heran klo biasanya yg masup rekomen ya brandnya itu lagi itu lagi, ya krn formulanya ud dapet :big_biglaugh:
sejak mobil listrik merajalela orang makin nyari fell angka ud mulai ditinggalin makannya banyak mobil tua yang notabenya malah mobil pelan harganya kegoreng gila2xan terutama JDM sama muscle cars :big_biglaugh:

apalagi muscle cars ud jelas2x mobil bego gak sensible sama sekali mesin boros handling kek perahu kano body berat, tetep aja kegoreng termasuk saya yang ngebet banget pengen punya atu holden 4 pintu juga boleh selama mesinnya V8 soalnya pengen dengerin raungan v8nya sambil cruising pelan2x di tol :mky_07:

ya buat apa angka bagus tapi mobilnya hambar kek saya CVT aja ud males om mobil bensin rasa mobil listrik :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by darrelund »

b0ku wrote: Sat Apr 06, 2024 23:08
sejak mobil listrik merajalela orang makin nyari fell angka ud mulai ditinggalin makannya banyak mobil tua yang notabenya malah mobil pelan harganya kegoreng gila2xan terutama JDM sama muscle cars :big_biglaugh:

apalagi muscle cars ud jelas2x mobil bego gak sensible sama sekali mesin boros handling kek perahu kano body berat, tetep aja kegoreng termasuk saya yang ngebet banget pengen punya atu holden 4 pintu juga boleh selama mesinnya V8 soalnya pengen dengerin raungan v8nya sambil cruising pelan2x di tol :mky_07:

ya buat apa angka bagus tapi mobilnya hambar kek saya CVT aja ud males om mobil bensin rasa mobil listrik :big_biglaugh:
v8 oldskul mantep tuh um, blayer dikit kuping rasana kyk disamperin petir :big_biglaugh:

ondah mah mantepna manual um, mau econobox ampe yg mahal klo shifting ada "glek-glek" nya, tactile gituh

njess masupin k20 rasana apa ya, di video aja ud kyk rollercoaster tuh :big_biglaugh:



maapOOT

nih kan ev" pada ngebut" tuh power besar torsi besar

oe penasaran apakah ntar dimasa depan justru ev powernya malah nurun, krn ud ga sensible lagi klo andelin tenaga doank :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »

darrelund wrote: Sun Apr 07, 2024 17:06 v8 oldskul mantep tuh um, blayer dikit kuping rasana kyk disamperin petir :big_biglaugh:

ondah mah mantepna manual um, mau econobox ampe yg mahal klo shifting ada "glek-glek" nya, tactile gituh

njess masupin k20 rasana apa ya, di video aja ud kyk rollercoaster tuh :big_biglaugh:



maapOOT

nih kan ev" pada ngebut" tuh power besar torsi besar

oe penasaran apakah ntar dimasa depan justru ev powernya malah nurun, krn ud ga sensible lagi klo andelin tenaga doank :big_biglaugh:
sekarang keknya bagusan pake L15B om :mky_03:

pasang ini deh

Image

di mesin cipik bisa naek 270hp saya setel 250hp deh biar mesinnya gak berat ud cukup harusnya :mky_03:

kenapa L15B??? karena tenaganya gede tapi size mesin sama ditambah dudukan harusnya juga tinggal plek :mky_03:

pengen bikin satu di ge8 kalo bisa beli GE8 satu lagi :big_biglaugh:

pasang 6 speed deh :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

darrelund wrote: Sat Apr 06, 2024 12:37 poin menarik yg oe denger tuh

mrk ganti parameter tuning dari "angka" ke "driver feel"

dan filosofinya ya sasis rigid, bobot optimal, power cukupan tapi mantep buat disetir

ya bener seh, mau apapun bentuknya, tenaga & jenis gerak. klo mantep ya mantep

bikin mobil yg mantep utk bbrp golongan orang sih itu wajar, cuma yg susah bikin mobil yg feel nya mantep buat semua orang :big_biglaugh:

makanya jgn heran klo biasanya yg masup rekomen ya brandnya itu lagi itu lagi, ya krn formulanya ud dapet :big_biglaugh:
makanya kalo orang blg feel itu relatif, baru kerasa kalo udah bawa listrik2an. ternyata senses kita nggak boong kalo ada yang ilang dari bawa listrik2an.

G-force nya boleh kuat, tapi kuping tangan dan pantat kita ngerti ada yang ilang jadi selain tuning sasis jelek juga feel nggak mantebnya karena lack of mechanical feel.

sesederhana tali gas ke pedal gas elektronik juga beda banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »



salah satu contoh kualitas mobil WOW tapi kejar setoran :mky_07:
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Jose »

Wah..jarang nongol jadi ketinggalan review mobil yang lagi happening. Kebetulan waktu IIMS sempet cobain yang AWD Performance, sensasi handlingnya nggak sekagok trim Premium seperti yang dirasakan bro Chz sih, mungkin ketolong AWD.

Tapi tetep aja mobil ini memang tuningan suspensinya unik, kalau nggak mau dibilang aneh. Dia punya natural balance yg bagus dari center of gravity rendah karena batereinya dibawah, mobil berasa napak & lengket ke aspal, tapi masalahnya suspensinya diset empuk & pake ban jenis ECO, jadi tetep ada rasa aneh ketika ditekuk.

Tapi memang power & torque nya gak boong, jambakannya udah level Lambo, tapi tanpa sensasi suara & mekanikal (ane pernah jadi penumpang Lambo jadi bisa bandingin). So habitat mobil ini memang selayaknya hanya di trek lurus atau jalan tol yang lengang, karena klo akselerasi tanpa regen lumayan effort untuk braking & zig-zag.

So, jika mau beli mobil ini, yg paling pertama harus diupgrade adalah ganti ban yang lebih grippy, lalu tunggu tuner-tuner Thai bikin parts aftermarket sport suspension & brake kit, barulah mungkin mobil ini bisa perform lebih baik dan aman

Btw, nice review as always bro Chz
Increase speed = increase Risk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

Jose wrote: Thu Apr 18, 2024 8:45 Wah..jarang nongol jadi ketinggalan review mobil yang lagi happening. Kebetulan waktu IIMS sempet cobain yang AWD Performance, sensasi handlingnya nggak sekagok trim Premium seperti yang dirasakan bro Chz sih, mungkin ketolong AWD.

Tapi tetep aja mobil ini memang tuningan suspensinya unik, kalau nggak mau dibilang aneh. Dia punya natural balance yg bagus dari center of gravity rendah karena batereinya dibawah, mobil berasa napak & lengket ke aspal, tapi masalahnya suspensinya diset empuk & pake ban jenis ECO, jadi tetep ada rasa aneh ketika ditekuk.

Tapi memang power & torque nya gak boong, jambakannya udah level Lambo, tapi tanpa sensasi suara & mekanikal (ane pernah jadi penumpang Lambo jadi bisa bandingin). So habitat mobil ini memang selayaknya hanya di trek lurus atau jalan tol yang lengang, karena klo akselerasi tanpa regen lumayan effort untuk braking & zig-zag.

So, jika mau beli mobil ini, yg paling pertama harus diupgrade adalah ganti ban yang lebih grippy, lalu tunggu tuner-tuner Thai bikin parts aftermarket sport suspension & brake kit, barulah mungkin mobil ini bisa perform lebih baik dan aman

Btw, nice review as always bro Chz
AWD mungkin enaknya karena electric motornya bisa distribute power lebih merata sesuai keperluan jadi cenderung nggak lari-lari mobilnya.

yang lebih penting lain di upgrade : skill supirnya :mky_03: bahaya dapet supir yang emosian. jauhin dari bocil baru dapet SIM nembak krn 5 detik setelah mobilnya meluncur kita bakal dapet whatsapp mobilnya nabrak pedagang nasi goreng :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by Jose »

ChZ wrote: Fri Apr 19, 2024 3:40 AWD mungkin enaknya karena electric motornya bisa distribute power lebih merata sesuai keperluan jadi cenderung nggak lari-lari mobilnya.

yang lebih penting lain di upgrade : skill supirnya :mky_03: bahaya dapet supir yang emosian. jauhin dari bocil baru dapet SIM nembak krn 5 detik setelah mobilnya meluncur kita bakal dapet whatsapp mobilnya nabrak pedagang nasi goreng :big_weee:
itu yg gue khawatirkan, para driver yang tadinya pake sebangsa civic, altis, mazda3 dkk yang doyan ngegas ketika ganti ke Seal tanpa persiapan & awareness bisa berpotensi cilaka. Wong kata temen gue yang tinggal di daerah, semenjak remap diesel mulai menjamur, beberapa kali kejadian gajah nubruk warung :off_no:

gimana nanti disuruh nyupir mobil 530hp dgn torsi instan & gak ada engine brake :big_chicken:
Increase speed = increase Risk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by b0ku »

Jose wrote: Tue Apr 23, 2024 16:43
ChZ wrote: Fri Apr 19, 2024 3:40 AWD mungkin enaknya karena electric motornya bisa distribute power lebih merata sesuai keperluan jadi cenderung nggak lari-lari mobilnya.

yang lebih penting lain di upgrade : skill supirnya :mky_03: bahaya dapet supir yang emosian. jauhin dari bocil baru dapet SIM nembak krn 5 detik setelah mobilnya meluncur kita bakal dapet whatsapp mobilnya nabrak pedagang nasi goreng :big_weee:
itu yg gue khawatirkan, para driver yang tadinya pake sebangsa civic, altis, mazda3 dkk yang doyan ngegas ketika ganti ke Seal tanpa persiapan & awareness bisa berpotensi cilaka. Wong kata temen gue yang tinggal di daerah, semenjak remap diesel mulai menjamur, beberapa kali kejadian gajah nubruk warung :off_no:

gimana nanti disuruh nyupir mobil 530hp dgn torsi instan & gak ada engine brake :big_chicken:
keknya gitu naek ev cara nyetirnya lsg berubah soalnya takut gak nyampe rumah :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2024 BYD Seal Extended Range Premium 2WD Short Drive

Post by ChZ »

Jose wrote: Tue Apr 23, 2024 16:43
itu yg gue khawatirkan, para driver yang tadinya pake sebangsa civic, altis, mazda3 dkk yang doyan ngegas ketika ganti ke Seal tanpa persiapan & awareness bisa berpotensi cilaka. Wong kata temen gue yang tinggal di daerah, semenjak remap diesel mulai menjamur, beberapa kali kejadian gajah nubruk warung :off_no:

gimana nanti disuruh nyupir mobil 530hp dgn torsi instan & gak ada engine brake :big_chicken:
saya berapa kali liatin diesel cumi cumi di toll juga concerning sih cara nyetirnya. mulai dari nempel2 ke bumper itu kalo ane isengin brake check jg kena kali, terus salip salip maen potong ambil bahu jalan sama bikin silau pengendara lain pake biled mini projie atau apalah itu.

ya baguslah kalo BYD seal nanti pada nubruk bantu ngurangin populasi anak orang kaya b*doh bin tengil. :mky_07:

atau minimal ngerasain mogok lah, pake fortuner ga pernah mogok, kali ini pake BYD motornya tiba tiba overheat for no reason :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7