Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 713
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Saya tertarik untuk bahas mengenai lane hogger yang belakangan ramai dibicarakan para netizen. Yang saya bingung ini sebenernya peraturan speed limit kita itu sangat bertentangan dengan uu 22 / 2009 / 108. Kalau uu tersebut berdiri sendiri ya benar, bahwa speed berapapun berhak mendahului di jalur kanan. Tapi rakyat kita tidak tahu bahwa ada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan.
Mirisnya di salah satu wawancara om mobi dengan pakpol, malah pakpolnya yang blunder, disuruh kasih lewat yang mau mendahului, tapi soal melanggar speed limit ya itu pelanggaran lainnya.
Malah baru kemarin saya liat instagram Dashcam indonesia. Ada case mobil sok heroic yang berjalan di speed 30 di depan mobil yang diduga lane hogging (padahal speed nya sudah menyentuh batas limit di 70-90 km) untuk memberikan "pelajaran". Padahal yang dilakukan mobil sok heroic itu sangat membahayakan, apalagi kita tau mbz itu jalanannya ga bagus, sempit, dan kejadian malam2 pula. Ditambah mirisnya akun para pegiat otomotif dan influencer juga mendukung aksi speeding terutama di tol mbz yang jelas2 secara kontur jalan tidak baik.
Mirisnya di salah satu wawancara om mobi dengan pakpol, malah pakpolnya yang blunder, disuruh kasih lewat yang mau mendahului, tapi soal melanggar speed limit ya itu pelanggaran lainnya.
Malah baru kemarin saya liat instagram Dashcam indonesia. Ada case mobil sok heroic yang berjalan di speed 30 di depan mobil yang diduga lane hogging (padahal speed nya sudah menyentuh batas limit di 70-90 km) untuk memberikan "pelajaran". Padahal yang dilakukan mobil sok heroic itu sangat membahayakan, apalagi kita tau mbz itu jalanannya ga bagus, sempit, dan kejadian malam2 pula. Ditambah mirisnya akun para pegiat otomotif dan influencer juga mendukung aksi speeding terutama di tol mbz yang jelas2 secara kontur jalan tidak baik.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
di indo tu driver sy liat banyak yg udh pd sakit jiwa om...timbermaniac123 wrote: ↑Mon Nov 04, 2024 23:50 Saya tertarik untuk bahas mengenai lane hogger yang belakangan ramai dibicarakan para netizen. Yang saya bingung ini sebenernya peraturan speed limit kita itu sangat bertentangan dengan uu 22 / 2009 / 108. Kalau uu tersebut berdiri sendiri ya benar, bahwa speed berapapun berhak mendahului di jalur kanan. Tapi rakyat kita tidak tahu bahwa ada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan.
Mirisnya di salah satu wawancara om mobi dengan pakpol, malah pakpolnya yang blunder, disuruh kasih lewat yang mau mendahului, tapi soal melanggar speed limit ya itu pelanggaran lainnya.
Malah baru kemarin saya liat instagram Dashcam indonesia. Ada case mobil sok heroic yang berjalan di speed 30 di depan mobil yang diduga lane hogging (padahal speed nya sudah menyentuh batas limit di 70-90 km) untuk memberikan "pelajaran". Padahal yang dilakukan mobil sok heroic itu sangat membahayakan, apalagi kita tau mbz itu jalanannya ga bagus, sempit, dan kejadian malam2 pula. Ditambah mirisnya akun para pegiat otomotif dan influencer juga mendukung aksi speeding terutama di tol mbz yang jelas2 secara kontur jalan tidak baik.
minggu lalu di tol cikampek sekitaran cikarang...sy liat 2 mobil depan sy lane hogger...kirinya rada sepi walau ada truk2
mobil belakangnya mau nyalip dari kiri..tp tiap mau nyalip, si hogger itu selalu ngegas jd-nya ga bisa kesalip mulu...
sekarang sy liat jg pak pol tambah jarang patroli di tol...banyak truk / bus yg nyelip ke paling kanan pdhl speed kurang
serba salah memang...cuma memang scr otak & logika driver negara ini memang rada minim sih om...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Jun 26, 2023 6:10
- Location: Jakarta
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Kalau bahas urutan kekuatan aturan, UU selalu lebih tinggi dari Permen, om.timbermaniac123 wrote: ↑Mon Nov 04, 2024 23:50 Saya tertarik untuk bahas mengenai lane hogger yang belakangan ramai dibicarakan para netizen. Yang saya bingung ini sebenernya peraturan speed limit kita itu sangat bertentangan dengan uu 22 / 2009 / 108. Kalau uu tersebut berdiri sendiri ya benar, bahwa speed berapapun berhak mendahului di jalur kanan. Tapi rakyat kita tidak tahu bahwa ada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan.
Mirisnya di salah satu wawancara om mobi dengan pakpol, malah pakpolnya yang blunder, disuruh kasih lewat yang mau mendahului, tapi soal melanggar speed limit ya itu pelanggaran lainnya.
Malah baru kemarin saya liat instagram Dashcam indonesia. Ada case mobil sok heroic yang berjalan di speed 30 di depan mobil yang diduga lane hogging (padahal speed nya sudah menyentuh batas limit di 70-90 km) untuk memberikan "pelajaran". Padahal yang dilakukan mobil sok heroic itu sangat membahayakan, apalagi kita tau mbz itu jalanannya ga bagus, sempit, dan kejadian malam2 pula. Ditambah mirisnya akun para pegiat otomotif dan influencer juga mendukung aksi speeding terutama di tol mbz yang jelas2 secara kontur jalan tidak baik.
Jadi menurut saya aturan dari 2 produk hukum tsb dibaca: lajur kanan hanya untuk mendahului dengan maks. kecepatan mendahului adalah 100kph (atau tergantung maks. kecepatan di tiap ruas).
Sehingga, apabila mendahului dg kec > batas maks. kecepatan maka masuk ke pelanggaran dan bisa dikenakan tilang (CMIIW).
pendapat lain dari BPJT: https://bpjt.pu.go.id/berita/mengenal-i ... 20Republik
AML-CFT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1662
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
lanehogger kebanyakan ya mobil2 LCGC atau mobil cc kecil ya (sorry) dg alasan pembenar saya d speed maksimal jalan tol padahal ada 2 hal yg harus dipatuhi d jalan tol, penggunaan lajur dan batas kecepatan. tp klo mereka gantian pake mobil cc besar bahkan mobil2 arrowgun pastinya jg ga suka klo lg d jalan tol ada lanehogger
intinya adalah slalu cari pembenaran, padahal d jalan yg dibutuhkan selain tertib ya toleransi dan etika
pengalaman d tol riau, ga ada lanehogger krna meskipun ad yg lambat d kanan klo d dim dr jauh mereka pindah lajur kasih jalan lalu balik lg ke lajur kanan. dan udah ada yg ga mau minggir dan mobilnya plat jabodetabek
intinya adalah slalu cari pembenaran, padahal d jalan yg dibutuhkan selain tertib ya toleransi dan etika
pengalaman d tol riau, ga ada lanehogger krna meskipun ad yg lambat d kanan klo d dim dr jauh mereka pindah lajur kasih jalan lalu balik lg ke lajur kanan. dan udah ada yg ga mau minggir dan mobilnya plat jabodetabek
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1685
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
menurut pendapat saya, meskipun mobil anda dipanteng (cruise control) di kecepatan 100 km/jam, sangat tidak etis jika terus-terusan berada di lajur kanan.
setuju kalo pengemudi calsig itu sepengamatan saya sangat tidak beretika di jalan, ini murni pendapat saya pribadi.
setuju kalo pengemudi calsig itu sepengamatan saya sangat tidak beretika di jalan, ini murni pendapat saya pribadi.
Last edited by AbdulHakim on Tue Nov 05, 2024 1:08, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Kallobsaya yg begini begini, saya Dim max 3 kali, kalo mash ngeyel, bejek gas ngambil kiri salip lewat kiri. Mwgmn lagi....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1639
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Liat videonya bbrp waktu lalu, jadi agak lupa2 ingat. Imo, di video ini si mobi nggak obyektif. Dia berkali2 menekankan gak bole jadi lanehogger tapi permisif kalo ada yang ngelanggar speed limit. Malah bilang jadi lanehogger itu menyalahi orang lain, tapi kalo ngebut di atas speed limit itu urusannya sama Tuhan (dosa). Pakpolnya lama2 jadi sedikit kebawa arus percakapannya. Cmiiw.timbermaniac123 wrote: ↑Mon Nov 04, 2024 23:50 Saya tertarik untuk bahas mengenai lane hogger yang belakangan ramai dibicarakan para netizen. Yang saya bingung ini sebenernya peraturan speed limit kita itu sangat bertentangan dengan uu 22 / 2009 / 108. Kalau uu tersebut berdiri sendiri ya benar, bahwa speed berapapun berhak mendahului di jalur kanan. Tapi rakyat kita tidak tahu bahwa ada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan.
Mirisnya di salah satu wawancara om mobi dengan pakpol, malah pakpolnya yang blunder, disuruh kasih lewat yang mau mendahului, tapi soal melanggar speed limit ya itu pelanggaran lainnya.
Malah baru kemarin saya liat instagram Dashcam indonesia. Ada case mobil sok heroic yang berjalan di speed 30 di depan mobil yang diduga lane hogging (padahal speed nya sudah menyentuh batas limit di 70-90 km) untuk memberikan "pelajaran". Padahal yang dilakukan mobil sok heroic itu sangat membahayakan, apalagi kita tau mbz itu jalanannya ga bagus, sempit, dan kejadian malam2 pula. Ditambah mirisnya akun para pegiat otomotif dan influencer juga mendukung aksi speeding terutama di tol mbz yang jelas2 secara kontur jalan tidak baik.
Kembali ke topik.
Memang apa susahnya sih patuh speed limit DAN penggunaan lajur?
Kenapa harus pilih salah satu dan teriak2 menyalahkan yang lain?
Apakah sebegitu terbatasnya kemampuan berpikirnya sampai hanya bisa menghapalkan 1 peraturan saja?
Lebih lucunya lagi, banyak video dengan label lanehogger, tapi si perekamnya sendiri juga banyak melakukan pelanggaran dan si lanehoggernya sendiri malah berkendara sesuai peraturan yang ada.
Ironis.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
hidup di jalan keras om.... ketemu orang banyak banget dgn berbagai macam latar belakang dan masalah.MSU wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 0:05
di indo tu driver sy liat banyak yg udh pd sakit jiwa om...
minggu lalu di tol cikampek sekitaran cikarang...sy liat 2 mobil depan sy lane hogger...kirinya rada sepi walau ada truk2
mobil belakangnya mau nyalip dari kiri..tp tiap mau nyalip, si hogger itu selalu ngegas jd-nya ga bisa kesalip mulu...
sekarang sy liat jg pak pol tambah jarang patroli di tol...banyak truk / bus yg nyelip ke paling kanan pdhl speed kurang
serba salah memang...cuma memang scr otak & logika driver negara ini memang rada minim sih om...
solusinya ya cuma 2 buat saya sih. yg pertama ganti klakson yg kenceng, ini berguna buat siang2 klaksonin aja dah itu hogger. yg kedua ya ganti biled yg terang. ini buat malem kasih high beam biar matanya pedes.
ada juga mobil2 hybrid keluaran terbaru. mgkin lagi seneng2nya mau test fuel cons terbaik.lemonadelovers wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 0:37 lanehogger kebanyakan ya mobil2 LCGC atau mobil cc kecil ya (sorry) dg alasan pembenar saya d speed maksimal jalan tol padahal ada 2 hal yg harus dipatuhi d jalan tol, penggunaan lajur dan batas kecepatan. tp klo mereka gantian pake mobil cc besar bahkan mobil2 arrowgun pastinya jg ga suka klo lg d jalan tol ada lanehogger
intinya adalah slalu cari pembenaran, padahal d jalan yg dibutuhkan selain tertib ya toleransi dan etika
pengalaman d tol riau, ga ada lanehogger krna meskipun ad yg lambat d kanan klo d dim dr jauh mereka pindah lajur kasih jalan lalu balik lg ke lajur kanan. dan udah ada yg ga mau minggir dan mobilnya plat jabodetabek
ada juga mobil2 listrik. mgkn range anxiety.
ya macem2 lah ini mah.. semua jenis mobil ada aja om kalo hogger walo emang bener didominasi sama elsijisi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 713
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Yak nilai 100 buat om. Sebenernya si kalau di luar tol mbz konteksnya saya cuek2 aja. Saya juga biasa balik ke tengah kalau udah sampe 100kmh. Cuma di mbz ini serba salah juga. Jalan cuma 2 row, ambil jalur kanan bawa di atas 90 aja saya udah ngeri bawanya apalagi mobil saya roti tawar. Ambil jalur kiri pun kalau udah speed limit juga serba salah, selalu ada aja yang speeding lewat bahu jalan, mana bahu jalannya juga kecil, langsung berasa mobil goyang dan kaget yang kadang bisa menyebabkan kecelakaan juga.brzkr wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 0:28
Kalau bahas urutan kekuatan aturan, UU selalu lebih tinggi dari Permen, om.
Jadi menurut saya aturan dari 2 produk hukum tsb dibaca: lajur kanan hanya untuk mendahului dengan maks. kecepatan mendahului adalah 100kph (atau tergantung maks. kecepatan di tiap ruas).
Sehingga, apabila mendahului dg kec > batas maks. kecepatan maka masuk ke pelanggaran dan bisa dikenakan tilang (CMIIW).
pendapat lain dari BPJT: https://bpjt.pu.go.id/berita/mengenal-i ... 20Republik
Cuma yang meresahkan buat saya ni. Dengan maraknya pelaku lane hogger dan pelaku speeding. Jadi banyak pelanggaran lainnya yang mulai dinormalisasi di mata umum. Misalnya speeding lewat bahu jalan, pelaku nya pasti bilang "makanya jangan pada jadi lane hogger, kalau ga ada lane hogger kita juga ga akan zigzag dan lewat bahu jalan". Ditambah tren diesel di kalangan anak muda jaman sekarang yg suka ugal2an, merasa paling bener di jalan, padahal kalau ada apa apa dijalan panggil papi nya.
Last edited by timbermaniac123 on Tue Nov 05, 2024 2:28, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon May 20, 2024 2:43
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Tol Jakarta - Cikampek ini paling banyak Lane Hogger.
seringnya ketemu para bus2 yang selalu di lajur kanan.Terus mobil lgcc juga maunya di lajur kanan.Anenya itu ga ada mobil patroli untuk menertibkan para truck dan bus yang di lajur 4 & 3.
Mau selip dari jalur 1 & 2 kondisi jalannya jelek bgt susah mau nyalip juga.beginilah kondisi tol kami.
seringnya ketemu para bus2 yang selalu di lajur kanan.Terus mobil lgcc juga maunya di lajur kanan.Anenya itu ga ada mobil patroli untuk menertibkan para truck dan bus yang di lajur 4 & 3.
Mau selip dari jalur 1 & 2 kondisi jalannya jelek bgt susah mau nyalip juga.beginilah kondisi tol kami.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 664
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
pada ngebicarain yg di jkt, ga tau kebiasaan di tol sekitaran sby?
udah belasan-puluhan taun kayaknya. tol 3 lajur, truk ODOL keong yg harusnya di lajur paling kiri karena lambat, semua pada pake lajur tengah utk jalan lambat, meskipun lajur kiri kosong. jadinya kalo mereka mau mendahului truk keong lain, mereka ambil lajur kanan krn di kiri mereka menghindari kalo ada keong yg lain. jadinya truk keong nyalip pake lajur kanan, keong nyalip keong. yg jalan cuma 30-40kph disalip oleh yg hanya sedikit lebih kenceng. bayangin pake lajur kanan nyalip dgn speed under 60kph, seringkali bahkan under 40kph. cuma nyalip 1 truk aja bisa makan waktu belasan-puluhan detik. belum lagi kalo truk yg disalip ada banyak dan berbaris, yg lajur kanan di belakang truk yg nyalip ini nungguin. maunya nyalip lane hogger, dengan jadi lane hogger juga. dan itu kejadian tiap saat disini.
dan yg sy denger kalo di sekitaran jabodetabek truk di lajur kanan ditilang beneran, kalo di sby tidak. kata temen sy yg kerja di perusahaan distribusi, mereka ada bayar upeti biar truk2 mereka bebas di tol. jadinya ya seperti itu, mereka berani pelan di kanan krn tdk bakalan ditilang.
kalo cuma LCGC mah, masih bisa diklakson atau di-dim. kalo truk gede? klakson kalah kenceng dgn bunyi mesin mereka, lampu dim tingginya ga nyampe ke drivernya
udah belasan-puluhan taun kayaknya. tol 3 lajur, truk ODOL keong yg harusnya di lajur paling kiri karena lambat, semua pada pake lajur tengah utk jalan lambat, meskipun lajur kiri kosong. jadinya kalo mereka mau mendahului truk keong lain, mereka ambil lajur kanan krn di kiri mereka menghindari kalo ada keong yg lain. jadinya truk keong nyalip pake lajur kanan, keong nyalip keong. yg jalan cuma 30-40kph disalip oleh yg hanya sedikit lebih kenceng. bayangin pake lajur kanan nyalip dgn speed under 60kph, seringkali bahkan under 40kph. cuma nyalip 1 truk aja bisa makan waktu belasan-puluhan detik. belum lagi kalo truk yg disalip ada banyak dan berbaris, yg lajur kanan di belakang truk yg nyalip ini nungguin. maunya nyalip lane hogger, dengan jadi lane hogger juga. dan itu kejadian tiap saat disini.
dan yg sy denger kalo di sekitaran jabodetabek truk di lajur kanan ditilang beneran, kalo di sby tidak. kata temen sy yg kerja di perusahaan distribusi, mereka ada bayar upeti biar truk2 mereka bebas di tol. jadinya ya seperti itu, mereka berani pelan di kanan krn tdk bakalan ditilang.
kalo cuma LCGC mah, masih bisa diklakson atau di-dim. kalo truk gede? klakson kalah kenceng dgn bunyi mesin mereka, lampu dim tingginya ga nyampe ke drivernya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
ya kalau di luar negri sih lane hogger kena tilang, speeding juga kena tilang. nyalip dari kiri jg kena tilang, semuanya salah pada porsinya masing2. disini nggak di enforce. lah lewat bahu jalan aja jarang kena tilang.. udah wild wild west lah disini.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
saya notice-nya pas dulu ada perintah dari bos-nya isilop utk kurangi tilang manual....nah berkurang jg yg patroli...laksanice wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 2:06 Tol Jakarta - Cikampek ini paling banyak Lane Hogger.
seringnya ketemu para bus2 yang selalu di lajur kanan.Terus mobil lgcc juga maunya di lajur kanan.Anenya itu ga ada mobil patroli untuk menertibkan para truck dan bus yang di lajur 4 & 3.
Mau selip dari jalur 1 & 2 kondisi jalannya jelek bgt susah mau nyalip juga.beginilah kondisi tol kami.
rada kurang safe liat transformer begitu ngebut di kanan...apalagi dikombinasi ama mental driver indo (armada apapun) yg ga bisa jaga jarak ama depannya..
ini kondisi yg konyol...misal kita ngikut di belakangnya hogger jadi kayak antri panjang...kita pindah kiri...mampet jg jalanan
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
ini masalah yg gak kelar2 krn penegak aturannya sendiri gak pernah tegas dan masyarakat primitif yang bawa kendaraan semau udelnya sendiri.
d wakanda itu double standardnya kalo terlalu pelan nggak pernah ditilang, tapi kalo terlalu kenceng selalu dianggep lebih berbahaya. padahal sama bahayanya kalo nyetir nggak sesuai pace lalu lintas ntah bikin macet atau risiko celaka kena tabrak belakang.
tapi di sisi lain bawa mobil elsigisi atau elempv... dr dalem itu berasanya udah kenceng bener. kombinasi ban kurus dan suspensi limbung. sense of speednya jadi kaco. sy bawa expander bokap aja 40 kph udah kayak kenceng giliran bawa civic 40 itu kayak terlalu pelan rasanya pengen nyalip melulu.
ada lg yang lebih ngeri : truk besar muatan kosong apa trailer. pindah-pindah jalur seenak jidat salip-salipan. kita ud dari jauh kasih lampu atau ngeklakson2 tiba tiba ngerem mendadak krn tiba tiba motong aja.
di sisi lain saya juga ngerasa gak suka akun2 yang isinya rekaman dashcam gini kadang kenapa ya... hero syndrome atau memang udah kelewat kesel aja jadi direkamin. begituan emang bisa apa convince penegak hukum buat nilang, emang yg ngerekam gak takut ditilang juga apa bawanya kenceng2.
tapi ya sebenernya ketidaktegasan ini domino effect. krn orang nyetir pada nggak di lajurnya, akhirnya main potong-salip dari kiri krn ada yang pelan di kanan. coba ke toll mana di negara maju, yakin akan terbiasa tertib krn semua orang pada lajurnya. sy liat pacing di toll2 europe enak2. ngebut santai bukan ngebut ugal-ugalan. nyalip seperlunya bukan potong kanan kiri.
d wakanda itu double standardnya kalo terlalu pelan nggak pernah ditilang, tapi kalo terlalu kenceng selalu dianggep lebih berbahaya. padahal sama bahayanya kalo nyetir nggak sesuai pace lalu lintas ntah bikin macet atau risiko celaka kena tabrak belakang.
tapi di sisi lain bawa mobil elsigisi atau elempv... dr dalem itu berasanya udah kenceng bener. kombinasi ban kurus dan suspensi limbung. sense of speednya jadi kaco. sy bawa expander bokap aja 40 kph udah kayak kenceng giliran bawa civic 40 itu kayak terlalu pelan rasanya pengen nyalip melulu.
ada lg yang lebih ngeri : truk besar muatan kosong apa trailer. pindah-pindah jalur seenak jidat salip-salipan. kita ud dari jauh kasih lampu atau ngeklakson2 tiba tiba ngerem mendadak krn tiba tiba motong aja.
di sisi lain saya juga ngerasa gak suka akun2 yang isinya rekaman dashcam gini kadang kenapa ya... hero syndrome atau memang udah kelewat kesel aja jadi direkamin. begituan emang bisa apa convince penegak hukum buat nilang, emang yg ngerekam gak takut ditilang juga apa bawanya kenceng2.
tapi ya sebenernya ketidaktegasan ini domino effect. krn orang nyetir pada nggak di lajurnya, akhirnya main potong-salip dari kiri krn ada yang pelan di kanan. coba ke toll mana di negara maju, yakin akan terbiasa tertib krn semua orang pada lajurnya. sy liat pacing di toll2 europe enak2. ngebut santai bukan ngebut ugal-ugalan. nyalip seperlunya bukan potong kanan kiri.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 695
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
kalo menurut saya menyesuaikan kondisi dan punya wawasan keselamatan jg :
case yang MBZ jujur saya miris ngebacain komen komen yang ngebelain pengendara fortuner yang iming iming ngasi pembelajaran dengan speed 30, KAMPUNGAN !
tol mbz itu kontur jalannya ga stabil , lompat sana sini , sambungannya jelek bikin ga stabil kendaraan , baca berita dari awal dia dibangun sampe skrg kan dikasih info minimal 60kpj dan maksimal 80kpj , kalo memang yg kanan sdh 80 kpj dan di dim ga minggir , ya dia sdh dengan hak nya dan kewajibannya mengikuti arahan speed maksimal. kalo emg buru buru, lewat jalan bawah aja yg sudah lebih prepared dengan baik. Saya jg pernah buru buru di MBZ speed lebih dari 80 , ya saya berusaha cari celah dengan aman, bukan memaksakan org untuk minggir dan memberikan saya jalan.
tuh mbz kalo sekali ada kecelakaan 1 mobil aja, udh stuck sampe sejalur sejalurnya panjang, bakar bensin doang diatas ga gerak.
case yang MBZ jujur saya miris ngebacain komen komen yang ngebelain pengendara fortuner yang iming iming ngasi pembelajaran dengan speed 30, KAMPUNGAN !
tol mbz itu kontur jalannya ga stabil , lompat sana sini , sambungannya jelek bikin ga stabil kendaraan , baca berita dari awal dia dibangun sampe skrg kan dikasih info minimal 60kpj dan maksimal 80kpj , kalo memang yg kanan sdh 80 kpj dan di dim ga minggir , ya dia sdh dengan hak nya dan kewajibannya mengikuti arahan speed maksimal. kalo emg buru buru, lewat jalan bawah aja yg sudah lebih prepared dengan baik. Saya jg pernah buru buru di MBZ speed lebih dari 80 , ya saya berusaha cari celah dengan aman, bukan memaksakan org untuk minggir dan memberikan saya jalan.
tuh mbz kalo sekali ada kecelakaan 1 mobil aja, udh stuck sampe sejalur sejalurnya panjang, bakar bensin doang diatas ga gerak.
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Mon May 20, 2024 2:43
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Yes i agree with this.bawa mobil LCGC itu emang sense of speednya ngaco bgt.ga tau kenapa.80km/h itu terasa cepat bgt.ChZ wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 3:11 ini masalah yg gak kelar2 krn penegak aturannya sendiri gak pernah tegas dan masyarakat primitif yang bawa kendaraan semau udelnya sendiri.
d wakanda itu double standardnya kalo terlalu pelan nggak pernah ditilang, tapi kalo terlalu kenceng selalu dianggep lebih berbahaya. padahal sama bahayanya kalo nyetir nggak sesuai pace lalu lintas ntah bikin macet atau risiko celaka kena tabrak belakang.
tapi di sisi lain bawa mobil elsigisi atau elempv... dr dalem itu berasanya udah kenceng bener. kombinasi ban kurus dan suspensi limbung. sense of speednya jadi kaco. sy bawa expander bokap aja 40 kph udah kayak kenceng giliran bawa civic 40 itu kayak terlalu pelan rasanya pengen nyalip melulu.
ada lg yang lebih ngeri : truk besar muatan kosong apa trailer. pindah-pindah jalur seenak jidat salip-salipan. kita ud dari jauh kasih lampu atau ngeklakson2 tiba tiba ngerem mendadak krn tiba tiba motong aja.
di sisi lain saya juga ngerasa gak suka akun2 yang isinya rekaman dashcam gini kadang kenapa ya... hero syndrome atau memang udah kelewat kesel aja jadi direkamin. begituan emang bisa apa convince penegak hukum buat nilang, emang yg ngerekam gak takut ditilang juga apa bawanya kenceng2.
tapi ya sebenernya ketidaktegasan ini domino effect. krn orang nyetir pada nggak di lajurnya, akhirnya main potong-salip dari kiri krn ada yang pelan di kanan. coba ke toll mana di negara maju, yakin akan terbiasa tertib krn semua orang pada lajurnya. sy liat pacing di toll2 europe enak2. ngebut santai bukan ngebut ugal-ugalan. nyalip seperlunya bukan potong kanan kiri.
yang kadang gw kesel ama keluarga sendiri itu ga bisa bedaiin dengan nyetir cepat dan ugal2an.I drive fast tapi gw ga motong kiri kanan.Hanya pada saat trafic is low i slowly boost to higher speed 110 or 120.ga pake kickdown juga.
Kebanyakan orang di indo itu aneh.GIliran Macet Potong kiri kanan kayak dikejar setan.Setelah jalan lancar,ehh santai loh di jalur kanan.Emang taik lol.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Mon Jun 26, 2023 6:10
- Location: Jakarta
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
kalau kata om NR di trit sebelah, di sini ga ada Polisi adanya Polri
Padahal menurut saya cara paling gampang untuk perbaiki citra polri ya salah satunya enforce lebih banyak pelanggaran jalan.
Coba liat akun polisi yg menindak pelanggar jalan, pendukungnya banyak kok itu. Akun dashcam itu juga sebetulnya bukti bahwa warga butuh penegakkan hukum yg lebih di jalanan.
Padahal menurut saya cara paling gampang untuk perbaiki citra polri ya salah satunya enforce lebih banyak pelanggaran jalan.
Coba liat akun polisi yg menindak pelanggar jalan, pendukungnya banyak kok itu. Akun dashcam itu juga sebetulnya bukti bahwa warga butuh penegakkan hukum yg lebih di jalanan.
AML-CFT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
dri dulu paling sebel sama lane hogger. tapi sbenernya saya jga sebel sama orang yg nyetirnya ugal2an (main potong, asal nyerobot klo ada celah kosong, ambil bahu jalan) karena mereka mikirnya asal kenceng doang. orang sini itu mayoritas bisa ngebut tapi gk bisa ngontrol kendaraan.
tapi makin ksini dua spesies ini makin bnyk (yg level lcgc, lmpv, suv/mpv ladder frame, blm yg pake plat "sakti") dan akhirnya saya smpe di titik dmana "lu mau pelan ato kenceng silakan, yg penting jauh2 dri gw & klo knapa2 jgn libatin gw".
FYI saya sndiri klo nyetir jga suka selap selip, tapi mainnya rapi (pake sein, gk asal main potong lajur orang, gk ambil bahu jalan). IMO, sbg driver di indo, kita yg msti pinter2 pilih lajur (jgn saklek klo kenceng di tengah ato nyalip msti dri kanan) karena dsini aturan lalinnya bener2 hukum rimba. yg pnting manuvernya sopan & bisa ngontrol kendaraan kita.
terakhir kali nyetir dri jkt ke mlg via trans jawa (pake 2kd a/t), saya lbh bnyk main safe. klo kosong ya digeber klo rame ya dibawa santai (sambil sesekali selap selip dgn sopan klo memungkinkan). paling kenceng smpe 160 km/h, lbh dri itu saya gk berani soalnya berasa gk stabil & faktor umur mobil.
tapi makin ksini dua spesies ini makin bnyk (yg level lcgc, lmpv, suv/mpv ladder frame, blm yg pake plat "sakti") dan akhirnya saya smpe di titik dmana "lu mau pelan ato kenceng silakan, yg penting jauh2 dri gw & klo knapa2 jgn libatin gw".
FYI saya sndiri klo nyetir jga suka selap selip, tapi mainnya rapi (pake sein, gk asal main potong lajur orang, gk ambil bahu jalan). IMO, sbg driver di indo, kita yg msti pinter2 pilih lajur (jgn saklek klo kenceng di tengah ato nyalip msti dri kanan) karena dsini aturan lalinnya bener2 hukum rimba. yg pnting manuvernya sopan & bisa ngontrol kendaraan kita.
terakhir kali nyetir dri jkt ke mlg via trans jawa (pake 2kd a/t), saya lbh bnyk main safe. klo kosong ya digeber klo rame ya dibawa santai (sambil sesekali selap selip dgn sopan klo memungkinkan). paling kenceng smpe 160 km/h, lbh dri itu saya gk berani soalnya berasa gk stabil & faktor umur mobil.
yg nindak ada, tapi yg ikutan ngelanggar jga bnykbrzkr wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 4:28 kalau kata om NR di trit sebelah, di sini ga ada Polisi adanya Polri
Padahal menurut saya cara paling gampang untuk perbaiki citra polri ya salah satunya enforce lebih banyak pelanggaran jalan.
Coba liat akun polisi yg menindak pelanggar jalan, pendukungnya banyak kok itu. Akun dashcam itu juga sebetulnya bukti bahwa warga butuh penegakkan hukum yg lebih di jalanan.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2383
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
setiap ruas tol punya masalah masing-masing. Tapi saya rasa karena truk banyak masuk lajur kanan.
Kalau sudah masuk lajur kiri kecepatan drop dibawah 60. Selap selip di kiri juga resiko tinggi.
Kalau sudah masuk lajur kiri kecepatan drop dibawah 60. Selap selip di kiri juga resiko tinggi.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 151
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
nah bener ini. tol gempol sampai waru terutama. ampun dah. dari 2 jalur, dilebarin jadi 3, tetep aja jalannya di tengah. ada 1 hogger aja di kanan, selesai tuh, langsung ada antrian.r1409 wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 2:21 pada ngebicarain yg di jkt, ga tau kebiasaan di tol sekitaran sby?
udah belasan-puluhan taun kayaknya. tol 3 lajur, truk ODOL keong yg harusnya di lajur paling kiri karena lambat, semua pada pake lajur tengah utk jalan lambat, meskipun lajur kiri kosong. jadinya kalo mereka mau mendahului truk keong lain, mereka ambil lajur kanan krn di kiri mereka menghindari kalo ada keong yg lain. jadinya truk keong nyalip pake lajur kanan, keong nyalip keong. yg jalan cuma 30-40kph disalip oleh yg hanya sedikit lebih kenceng. bayangin pake lajur kanan nyalip dgn speed under 60kph, seringkali bahkan under 40kph. cuma nyalip 1 truk aja bisa makan waktu belasan-puluhan detik. belum lagi kalo truk yg disalip ada banyak dan berbaris, yg lajur kanan di belakang truk yg nyalip ini nungguin. maunya nyalip lane hogger, dengan jadi lane hogger juga. dan itu kejadian tiap saat disini.
dan yg sy denger kalo di sekitaran jabodetabek truk di lajur kanan ditilang beneran, kalo di sby tidak. kata temen sy yg kerja di perusahaan distribusi, mereka ada bayar upeti biar truk2 mereka bebas di tol. jadinya ya seperti itu, mereka berani pelan di kanan krn tdk bakalan ditilang.
kalo cuma LCGC mah, masih bisa diklakson atau di-dim. kalo truk gede? klakson kalah kenceng dgn bunyi mesin mereka, lampu dim tingginya ga nyampe ke drivernya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2902
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Sy tipe yg ga mau ambil pusing. Ada lane hogger tp bs susul dr kiri atau kanan yaudah susul aja. Org2 lane hogger biasanya tipe2 org yg gatau ga mau tau dan ga bs dikasi tau.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1287
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Yup.. skrg saia jg gt, hi beam 2-3x, kl ngga mau minggir sy susul dr kiri, selesai masalah, biarin si lane hogger jadi masalah buat orang lain yg emg mau cari masalah sm dia
Kl dl sih sy beam sampe minggir, tp dipikir2 jd ikutan lama dong kl gt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
Saya pake LMPV sama LSUV, jadi kalo ketemu lane hogger cuma bisa bersabar aja wkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
ban kurus, peredaman 0, rasio gigi kasar krn mesin 1.000 - 1.200cc dipaksa untuk muat >5 orang, plus karena tinggi dan ringan jadi rasa melayang banget walau kecepatan cuma 60. buat para lanehogger ini ya mereka udah merasa kenceng. tp buat orang lain dia terlalu pelan.laksanice wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 3:58
Yes i agree with this.bawa mobil LCGC itu emang sense of speednya ngaco bgt.ga tau kenapa.80km/h itu terasa cepat bgt.
yang kadang gw kesel ama keluarga sendiri itu ga bisa bedaiin dengan nyetir cepat dan ugal2an.I drive fast tapi gw ga motong kiri kanan.Hanya pada saat trafic is low i slowly boost to higher speed 110 or 120.ga pake kickdown juga.
Kebanyakan orang di indo itu aneh.GIliran Macet Potong kiri kanan kayak dikejar setan.Setelah jalan lancar,ehh santai loh di jalur kanan.Emang taik lol.
pada ngga paham speeding dan overtaking. makanya pemahaman masyarakat dan penegak aturannya juga asal di atas cepek = speeding. pdhl 110-120 itu mobil modern yang powernya mumpuni sangat cepet. justru klo nyalip kelamaan itu di negara maju bisa ditilang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Yuk Bahas Lane Hogger yang semakin sudah meresahkan.
yang main potong gitu itu ngeselinnya apa ? ga pernah jaga jarak. kadang sengaja tailgating terus dim pake lampu silau.lexnic wrote: ↑Tue Nov 05, 2024 4:32 dri dulu paling sebel sama lane hogger. tapi sbenernya saya jga sebel sama orang yg nyetirnya ugal2an (main potong, asal nyerobot klo ada celah kosong, ambil bahu jalan) karena mereka mikirnya asal kenceng doang. orang sini itu mayoritas bisa ngebut tapi gk bisa ngontrol kendaraan.
tapi makin ksini dua spesies ini makin bnyk (yg level lcgc, lmpv, suv/mpv ladder frame, blm yg pake plat "sakti") dan akhirnya saya smpe di titik dmana "lu mau pelan ato kenceng silakan, yg penting jauh2 dri gw & klo knapa2 jgn libatin gw".
FYI saya sndiri klo nyetir jga suka selap selip, tapi mainnya rapi (pake sein, gk asal main potong lajur orang, gk ambil bahu jalan). IMO, sbg driver di indo, kita yg msti pinter2 pilih lajur (jgn saklek klo kenceng di tengah ato nyalip msti dri kanan) karena dsini aturan lalinnya bener2 hukum rimba. yg pnting manuvernya sopan & bisa ngontrol kendaraan kita.
terakhir kali nyetir dri jkt ke mlg via trans jawa (pake 2kd a/t), saya lbh bnyk main safe. klo kosong ya digeber klo rame ya dibawa santai (sambil sesekali selap selip dgn sopan klo memungkinkan). paling kenceng smpe 160 km/h, lbh dri itu saya gk berani soalnya berasa gk stabil & faktor umur mobil.
kalo ud motong juga pake sein tapi saat belok baru ngesein. kebayang gmn orang kaga laka atau harus ngerem mendadak coba.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7