Calya atau Avanza bekas
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Tue Aug 11, 2020 9:53
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Zafira
Calya atau Avanza bekas
Selamat sore
Saya lagi nyari unit mobil 7 seater buat harian dan sesekali sabtu-minggu keluar kota, dengan budget 100 jutaan lebih dikit, pilihan ada pada toyota avanza 2011/2012 sama Calya 2016/2017.
Avanza lebih tua dibanding calya.
Mana kah yang lebih worth untuk di pinang plus dan minus nya? .terima kasih.
Saya lagi nyari unit mobil 7 seater buat harian dan sesekali sabtu-minggu keluar kota, dengan budget 100 jutaan lebih dikit, pilihan ada pada toyota avanza 2011/2012 sama Calya 2016/2017.
Avanza lebih tua dibanding calya.
Mana kah yang lebih worth untuk di pinang plus dan minus nya? .terima kasih.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 666
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: Calya atau Avanza bekas
Kalo bisa dapet avanza, mending avanza...calya bawa keluar kota ga enak, kayak kuda lumping
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 851
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Calya atau Avanza bekas
Plusnya avanza lbh gede minusnya lbh boros
Plusnya calya lebih baru dan lebih irit minusnya lebih tipis
Plusnya calya lebih baru dan lebih irit minusnya lebih tipis
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Calya atau Avanza bekas
Plus minus Calya 2016/2017
Plus:
1. Seingat saya lebih hemat bbm dari Avanza 2011/2012 karena Calya FWD, adapun Avanza di tahun tersebut masih RWD.
2. Pengalaman saya, suspensinya lebih lembut dari Avanza 2011/2012
Minus:
1. Yang saya ingat, bila diisi penuh, bodinya mudah turun.
2. Baris ke-2 ac-nya tidak sedingin Avanza di tahun itu.
Keunggulan Avanza 2011/2012
Plus:
1. Ac baris ke-2nya seingat saya lebih dingin dari Calya (bila kondisi ac-nya sehat)
2. Sepengetahuan saya, Avanza tahun tersebut lebih jago melibas jalan menanjak karena penggunaan RWD.
Minus:
1. Di jalan tol, rpm-nya seingat saya tinggi (hampir 4000-an rpm, terutama yang 1.3)
2. Bbm-nya tidak seirit Calya kalau sepemahaman saya.
Untuk Avanza 2011/2012, saran saya perhatikan kondisi transmisi (terutama yang versi matik, seingat saya ada yang tidak bisa masuk gigi mundur), mesin, dan kaki-kaki secara lebih mendalam karena usianya sudah di atas 10 tahun.
Plus:
1. Seingat saya lebih hemat bbm dari Avanza 2011/2012 karena Calya FWD, adapun Avanza di tahun tersebut masih RWD.
2. Pengalaman saya, suspensinya lebih lembut dari Avanza 2011/2012
Minus:
1. Yang saya ingat, bila diisi penuh, bodinya mudah turun.
2. Baris ke-2 ac-nya tidak sedingin Avanza di tahun itu.
Keunggulan Avanza 2011/2012
Plus:
1. Ac baris ke-2nya seingat saya lebih dingin dari Calya (bila kondisi ac-nya sehat)
2. Sepengetahuan saya, Avanza tahun tersebut lebih jago melibas jalan menanjak karena penggunaan RWD.
Minus:
1. Di jalan tol, rpm-nya seingat saya tinggi (hampir 4000-an rpm, terutama yang 1.3)
2. Bbm-nya tidak seirit Calya kalau sepemahaman saya.
Untuk Avanza 2011/2012, saran saya perhatikan kondisi transmisi (terutama yang versi matik, seingat saya ada yang tidak bisa masuk gigi mundur), mesin, dan kaki-kaki secara lebih mendalam karena usianya sudah di atas 10 tahun.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1714
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Calya atau Avanza bekas
jelas Avanza, meski gen-1, tetep dari segala aspek lebih baik dari Calya, fuel consnya aja yg lebih baik Calya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 789
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Calya atau Avanza bekas
Coba dulu pakai calya jalan 120 km/jam setelah itu pakai avanza di jalan yg sama, kecepatan yg sama, kalau ada pinjam grand livina pakai dijalan yg sama dan kecepatan yg sama. Dari sana akan mengerti kenapa harga barunya 3 mobil itu beda semua, ada yg murah, mahal dan lebih mahal.Didihasnaasri83 wrote: ↑Sat Nov 16, 2024 10:07 Selamat sore
Saya lagi nyari unit mobil 7 seater buat harian dan sesekali sabtu-minggu keluar kota, dengan budget 100 jutaan lebih dikit, pilihan ada pada toyota avanza 2011/2012 sama Calya 2016/2017.
Avanza lebih tua dibanding calya.
Mana kah yang lebih worth untuk di pinang plus dan minus nya? .terima kasih.
Ada temen beli sigra 2017 dari baru. Tahun 2023 yg lalu mobilnya dijual dan beli ertiga bekas 2018. Dia komentar akhirnya naik mobil beneran saya pak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 776
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Calya atau Avanza bekas
Avanza 2011/2012 itu yg mesin msh k3ve klo g slh; model antara yg msh kapsul atau yg udh model tajem" awal banget
Feel nariknya lbh enak drpd yg pke mesin nr (2014+ klo g slh) tp ya agak kerasa kasar mesinnya drpd yg mesin baru
Segabruk"nya avanza, msh mending dr calya sih (msh bs dibenerin lah)
Feel nariknya lbh enak drpd yg pke mesin nr (2014+ klo g slh) tp ya agak kerasa kasar mesinnya drpd yg mesin baru
Segabruk"nya avanza, msh mending dr calya sih (msh bs dibenerin lah)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4833
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Calya atau Avanza bekas
sebagai ex user avanza & sudah beberapa kali naik calya, kalo opsinya cuma 2 itu saya pilih avanzanya
Last edited by Pboyz97 on Sat Nov 16, 2024 17:06, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4833
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Calya atau Avanza bekas
sorry om, maaf mau koreksi dikit. kalo yg 2014 masih pake mesin K3VE, sama kaya 2011-2012. kalo NR itu adanya pas model barong / grand new keluaran bulan september 2015 keatas - yg skrg model FWD hehedoge wrote: ↑Sat Nov 16, 2024 16:14 Avanza 2011/2012 itu yg mesin msh k3ve klo g slh; model antara yg msh kapsul atau yg udh model tajem" awal banget
Feel nariknya lbh enak drpd yg pke mesin nr (2014+ klo g slh) tp ya agak kerasa kasar mesinnya drpd yg mesin baru
Segabruk"nya avanza, msh mending dr calya sih (msh bs dibenerin lah)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2922
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Calya atau Avanza bekas
Greenhunter wrote: ↑Sat Nov 16, 2024 12:42 Ada temen beli sigra 2017 dari baru. Tahun 2023 yg lalu mobilnya dijual dan beli ertiga bekas 2018. Dia komentar akhirnya naik mobil beneran saya pak.
Coba nanti coba kasih saran pelihara CX-5 / CR-V seken taon 2014-2015 . Kan udah 200 jutaan juga tuh.
Bilangnya bisa: “ohh ini yg namanya naek mobil global product”
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12156
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Calya atau Avanza bekas
There's no replacement for displacementKielConstantine wrote: ↑Sat Nov 16, 2024 20:46Greenhunter wrote: ↑Sat Nov 16, 2024 12:42 Ada temen beli sigra 2017 dari baru. Tahun 2023 yg lalu mobilnya dijual dan beli ertiga bekas 2018. Dia komentar akhirnya naik mobil beneran saya pak.
Coba nanti coba kasih saran pelihara CX-5 / CR-V seken taon 2014-2015 . Kan udah 200 jutaan juga tuh.
Bilangnya bisa: “ohh ini yg namanya naek mobil global product”
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 666
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Calya atau Avanza bekas
saya ex user calya matic 2017, sebetulnya ini mobil enak banget dipake di kota. lebih irit dari avanza, dan lebih nyaman juga baik dari segi bantingan ataupun handling. fitur bahkan lumayan lengkap untuk tipe G yg mana sudah ada lane change blinker, headlights auto off, armrest lipat bawaan, HU bawaan yg udah bluetooth, dan legroom yg lebih lega untuk baris ke-3 drpd avanza (karena posisi jok lebih mundur). mesin dual vvti nya juga sangat halus, kalau dibandingkan avanza yg masih belum dual vvti.
sayangnya versi maticnya sangat tidak recommended untuk rute tanjakan/turunan. tidak ada gear lock di 1/L, paling rendah 2. jadinya kalau di tanjakan ya gear hunting, harusnya jaga di gigi 1 tapi malah naik ke 2, gigi 2 ga kuat lalu balik ke 1 lagi, naik turun gitu terus. bahaya merusak transmisi. kalau dijaga biar ga upshift ke gigi 2, jadinya terlalu pelan nanjaknya, dimarahi yg belakang. dan kalau turunan malah lebih beresiko celaka, karena tidak bisa engine brake di gigi 1, upshift ke gigi 2. jadinya harus injak rem terus, dan ini bikin kampas cepat terbakar, meningkatkan resiko blong. jadi saran saya hanya gunakan calsig matic untuk rute tanpa tanjakan/turunan curam. kalau manualnya ga pernah coba, tapi harusnya ga ada masalah krn manual.
kalau avanza, suspensi lebih keras dan lebih limbung dari calsig tapi terkompensasi dengan parts kakinya yg lebih awet. cuma minusnya yg masih single vvti, jalan 100kph di tol sekitar 3000rpm dan cukup berisik. kalau calya 3000rpm juga tapi masih lebih halus.
sayangnya versi maticnya sangat tidak recommended untuk rute tanjakan/turunan. tidak ada gear lock di 1/L, paling rendah 2. jadinya kalau di tanjakan ya gear hunting, harusnya jaga di gigi 1 tapi malah naik ke 2, gigi 2 ga kuat lalu balik ke 1 lagi, naik turun gitu terus. bahaya merusak transmisi. kalau dijaga biar ga upshift ke gigi 2, jadinya terlalu pelan nanjaknya, dimarahi yg belakang. dan kalau turunan malah lebih beresiko celaka, karena tidak bisa engine brake di gigi 1, upshift ke gigi 2. jadinya harus injak rem terus, dan ini bikin kampas cepat terbakar, meningkatkan resiko blong. jadi saran saya hanya gunakan calsig matic untuk rute tanpa tanjakan/turunan curam. kalau manualnya ga pernah coba, tapi harusnya ga ada masalah krn manual.
kalau avanza, suspensi lebih keras dan lebih limbung dari calsig tapi terkompensasi dengan parts kakinya yg lebih awet. cuma minusnya yg masih single vvti, jalan 100kph di tol sekitar 3000rpm dan cukup berisik. kalau calya 3000rpm juga tapi masih lebih halus.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Calya atau Avanza bekas
vote avanza G Matic 2012 lebih berasa punya mobil , se jorok joroknya pakai avanza dari owner sebelumnya tetep lebih berasa mobil dibanding naik calsig. Cobain aja itu taxi onlen, lebih nyaman naik avxen, bahkan transmover yg lebih trondol aja lebih berasa mobil . RPM avanza memang tinggi kalau dibawa ke lukot terutama tol yang konturnya naik turun, tapi itu mah issuenya pengemudi saja, tp kalau calsig ini penumpang aja mual
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1714
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Calya atau Avanza bekas
naik taksi online kalo dapetnya avanza itu kayak udah luxury banget ya, secara by default taksol itu calsig atau agay, agak surprise dikit brio setrika.carlzeiss wrote: ↑Mon Nov 18, 2024 4:44 vote avanza G Matic 2012 lebih berasa punya mobil , se jorok joroknya pakai avanza dari owner sebelumnya tetep lebih berasa mobil dibanding naik calsig. Cobain aja itu taxi onlen, lebih nyaman naik avxen, bahkan transmover yg lebih trondol aja lebih berasa mobil . RPM avanza memang tinggi kalau dibawa ke lukot terutama tol yang konturnya naik turun, tapi itu mah issuenya pengemudi saja, tp kalau calsig ini penumpang aja mual
yang jelas syarat dapat berpindah dari titik A ke titik B, terpenuhi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 377
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Calya atau Avanza bekas
Avanza aja, kalo bisa cari yang 1.500cc...
Walaupun keduanya sama2 death wagon seenggaknya Avanza lebih oke secara build quality
Walaupun keduanya sama2 death wagon seenggaknya Avanza lebih oke secara build quality
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 292
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Calya atau Avanza bekas
Udah Avanza aja om .. jauh lebih mobil daripada CalSig
Duduknya lebih proper di Avanza, ngga adu bahu minimal
3 row penumpang belakang juga lebih manusiawi
AC nya double blower kan Avanza, kalo CalSig kipas doang
mesin 1300cc ini mesin badak deh, dari jaman premium sampe sekarang masih ok (yang matic ngelitik parah sih tapi)
transmisi short gear, siap nanjak dan bawa beban kemana aja, rwd juga (highway speed agak asma, tradeoff short gearing)
sukur - sukur dan kalo bisa, cari yg grade 1.5S .. atau Veloz 1.5 ..
Kalo ga dapet, usahakan yg G biar ga terlalu terondol ..
Sekian
Duduknya lebih proper di Avanza, ngga adu bahu minimal
3 row penumpang belakang juga lebih manusiawi
AC nya double blower kan Avanza, kalo CalSig kipas doang
mesin 1300cc ini mesin badak deh, dari jaman premium sampe sekarang masih ok (yang matic ngelitik parah sih tapi)
transmisi short gear, siap nanjak dan bawa beban kemana aja, rwd juga (highway speed agak asma, tradeoff short gearing)
sukur - sukur dan kalo bisa, cari yg grade 1.5S .. atau Veloz 1.5 ..
Kalo ga dapet, usahakan yg G biar ga terlalu terondol ..
Sekian
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1302
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Calya atau Avanza bekas
Anjaaayy death wagon
Tp kl tujuannya buat bawa org (apalagi sampe 7 orang) avanza uda bener dah, plg ngga di row 3 msh adem duduk nya
Di calsig siang2 ber 7 duduk di row 3 sih bawa kipas portable dah wkwkwk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Wed Dec 03, 2014 7:35
Re: Calya atau Avanza bekas
Sebagai mantan pengguna veloz saat tahun 2012 ane lebih menyarankan ambil avanza aja gan, calya jujur aja gaenak baik untuk jadi penumpang maupun jadi driver. Kalo untuk avanza dari segi driver cukup enak sih menurut ane, paling tinggal modifikasi jok2nya aja karena kalo dipakai lama rasanya suka pegel. Tapi cari unit avanza tahun segitu yang bagus tantangan juga sebetulnya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12156
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Calya atau Avanza bekas
Tambahin busa / bantal kecil penyangga pinggang.sugarpot wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 4:32 Sebagai mantan pengguna veloz saat tahun 2012 ane lebih menyarankan ambil avanza aja gan, calya jujur aja gaenak baik untuk jadi penumpang maupun jadi driver. Kalo untuk avanza dari segi driver cukup enak sih menurut ane, paling tinggal modifikasi jok2nya aja karena kalo dipakai lama rasanya suka pegel. Tapi cari unit avanza tahun segitu yang bagus tantangan juga sebetulnya
Mayan jauh lbh nyaman.
Pengalaman pakai avanza S matic, rwd 2011 berbodykit minimalis
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 530
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: Calya atau Avanza bekas
Masa sih om, itumah karena kondisi rata-rata taxol memprihatinkan kalicarlzeiss wrote: ↑Mon Nov 18, 2024 4:44 vote avanza G Matic 2012 lebih berasa punya mobil , se jorok joroknya pakai avanza dari owner sebelumnya tetep lebih berasa mobil dibanding naik calsig. Cobain aja itu taxi onlen, lebih nyaman naik avxen, bahkan transmover yg lebih trondol aja lebih berasa mobil . RPM avanza memang tinggi kalau dibawa ke lukot terutama tol yang konturnya naik turun, tapi itu mah issuenya pengemudi saja, tp kalau calsig ini penumpang aja mual
Soalny saya pernah dapet taxol sigra baru yg udah plafon item dengan kondisi odo belum ada 20rb, joknya ga dicover, supir nyetirnya santun tapi ga lelet. wah ternyata enak juga ya naik mobil ini kalo kondisinya bener, menurut butt-o-meter saya sih lebih enak drpd naik trasmover BB.
Kalau kondisi mobil dan supirnya sama2 waras, kalo buat jadi penumpang saya lebih pilih naik calsig sih daripada avxen RWD
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Calya atau Avanza bekas
sebenernya sama2 ga enaknya sebagai passenger, bedanya dah pasti kalau panas2an dah jelas Avanza karena double blower murni.Syauqi wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 6:46 Masa sih om, itumah karena kondisi rata-rata taxol memprihatinkan kali
Soalny saya pernah dapet taxol sigra baru yg udah plafon item dengan kondisi odo belum ada 20rb, joknya ga dicover, supir nyetirnya santun tapi ga lelet. wah ternyata enak juga ya naik mobil ini kalo kondisinya bener, menurut butt-o-meter saya sih lebih enak drpd naik trasmover BB.
Kalau kondisi mobil dan supirnya sama2 waras, kalo buat jadi penumpang saya lebih pilih naik calsig sih daripada avxen RWD
tapi kalau di toll atau cruising speed, calya sigra lebih stabil ga goyang2 ga mabok. berisiknya juga sama: avanza berisik gardan, calya sigra berisik ga ada peredaman.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 666
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: Calya atau Avanza bekas
betul. sy ex user calya, karena pake sendiri jadi terawat dong. enak tuh pakenya. suspensi lebih empuk dan stabil, seating position lebih nyaman, jok pun lebih enak. pernah naik yg taxol, ga enak krn cuma asal bisa jalan. kalau soal panas, ya itu memang kelemahan calsig krn row 2 cuma blower bukan ac, jadi harus pasang kaca film yg bagus buat menangkal panas. tapi kalau jarang pake sampe 3 baris ya ga ada masalah sebetulnya. bapak saya jg punya avanza matic 2016, udah sy coba memang enakan calya saya dulu. ibu saya pun blg begitu, jok tengahnya jg lebih enak calya krn seat baris ke-2 avanza kecil.Syauqi wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 6:46Masa sih om, itumah karena kondisi rata-rata taxol memprihatinkan kalicarlzeiss wrote: ↑Mon Nov 18, 2024 4:44 vote avanza G Matic 2012 lebih berasa punya mobil , se jorok joroknya pakai avanza dari owner sebelumnya tetep lebih berasa mobil dibanding naik calsig. Cobain aja itu taxi onlen, lebih nyaman naik avxen, bahkan transmover yg lebih trondol aja lebih berasa mobil . RPM avanza memang tinggi kalau dibawa ke lukot terutama tol yang konturnya naik turun, tapi itu mah issuenya pengemudi saja, tp kalau calsig ini penumpang aja mual
Soalny saya pernah dapet taxol sigra baru yg udah plafon item dengan kondisi odo belum ada 20rb, joknya ga dicover, supir nyetirnya santun tapi ga lelet. wah ternyata enak juga ya naik mobil ini kalo kondisinya bener, menurut butt-o-meter saya sih lebih enak drpd naik trasmover BB.
Kalau kondisi mobil dan supirnya sama2 waras, kalo buat jadi penumpang saya lebih pilih naik calsig sih daripada avxen RWD
bahkan tetangga saya dulu punya 1 xpander dan 1 calya, setelah 5 taun xpander dijual malah ganti sigra. padahal duitnya banyak, beli yg mahal pun sebetulnya mampu. jadi skrg punya 1 calya 1 sigra. katanya sih krn memang enak dan cukup banget untuk harian di harga segitu.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Calya atau Avanza bekas
Setujur1409 wrote: ↑Sun Nov 17, 2024 2:19
sayangnya versi maticnya sangat tidak recommended untuk rute tanjakan/turunan. tidak ada gear lock di 1/L, paling rendah 2. jadinya kalau di tanjakan ya gear hunting, harusnya jaga di gigi 1 tapi malah naik ke 2, gigi 2 ga kuat lalu balik ke 1 lagi, naik turun gitu terus. bahaya merusak transmisi. kalau dijaga biar ga upshift ke gigi 2, jadinya terlalu pelan nanjaknya, dimarahi yg belakang. dan kalau turunan malah lebih beresiko celaka, karena tidak bisa engine brake di gigi 1, upshift ke gigi 2. jadinya harus injak rem terus, dan ini bikin kampas cepat terbakar, meningkatkan resiko blong. jadi saran saya hanya gunakan calsig matic untuk rute tanpa tanjakan/turunan curam. kalau manualnya ga pernah coba, tapi harusnya ga ada masalah krn manual.
Desain matiknya si CalSig ini agak b3go, dia ga ada lock untuk gigi 1, begitu kena tanjakan tinggi ya pusing lah itu mobil gonta-ganti dari gigi 1 ke 2. Kickdown ke gigi 1 rpm meraung dan mobil kekencengan, kurangin gas dikit eh pindah ke 2 padahal torsi ga mampu, kickdown lagi balik ke 1 meraung, kurangin gas dikit balik ke 2, gitu aja terus sampai diklakson mobil di belakang kwkwkwkw. Ga ngerti apa inspirasi insinyurnya dengan menaruh 2 di posisi lever transmisi terendah.
Turunan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1779
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Calya atau Avanza bekas
mungkin karena produk global kali om? akhirnya bikin 1 standard aja untuk worldwideslapnuts wrote: ↑Wed Nov 20, 2024 3:27Setujur1409 wrote: ↑Sun Nov 17, 2024 2:19
sayangnya versi maticnya sangat tidak recommended untuk rute tanjakan/turunan. tidak ada gear lock di 1/L, paling rendah 2. jadinya kalau di tanjakan ya gear hunting, harusnya jaga di gigi 1 tapi malah naik ke 2, gigi 2 ga kuat lalu balik ke 1 lagi, naik turun gitu terus. bahaya merusak transmisi. kalau dijaga biar ga upshift ke gigi 2, jadinya terlalu pelan nanjaknya, dimarahi yg belakang. dan kalau turunan malah lebih beresiko celaka, karena tidak bisa engine brake di gigi 1, upshift ke gigi 2. jadinya harus injak rem terus, dan ini bikin kampas cepat terbakar, meningkatkan resiko blong. jadi saran saya hanya gunakan calsig matic untuk rute tanpa tanjakan/turunan curam. kalau manualnya ga pernah coba, tapi harusnya ga ada masalah krn manual.
Desain matiknya si CalSig ini agak b3go, dia ga ada lock untuk gigi 1, begitu kena tanjakan tinggi ya pusing lah itu mobil gonta-ganti dari gigi 1 ke 2. Kickdown ke gigi 1 rpm meraung dan mobil kekencengan, kurangin gas dikit eh pindah ke 2 padahal torsi ga mampu, kickdown lagi balik ke 1 meraung, kurangin gas dikit balik ke 2, gitu aja terus sampai diklakson mobil di belakang kwkwkwkw. Ga ngerti apa inspirasi insinyurnya dengan menaruh 2 di posisi lever transmisi terendah.
Turunan?
yang di custom cuma bagian gampang2 aja kayak suspensi...di indo pasti ditinggiin sekian cm vs luar negeri
btw di mobil2 jadul malah lebih bener...di kijang kapsul saya seinget saya ada "L"...sangat membantu kalo tanjakan tinggi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Calya atau Avanza bekas
Kadang memang butt o meter org berbeda beda sih om, tp klo di saya ngerasanya memang si calsig ini bikin mabok terutama karna kondisi kabin yg lebih sempit serasa pandangan mata tuh hampir deket sama blower ac yang cuman kipas itu, coba lamaan deh om kondisi siang terik tuh blower kipas nembak ubun ubun, nikmat mabok tp mungkin saya jg ada claustrophobic dan dengan jok calsig yang pocongan gitu bikin sukses tambah mabok, shifting yang gajelas nambah potensi mabok jg ndut ndutan bgt ni mobil kalo yg bawa ga pinter.Syauqi wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 6:46Masa sih om, itumah karena kondisi rata-rata taxol memprihatinkan kalicarlzeiss wrote: ↑Mon Nov 18, 2024 4:44 vote avanza G Matic 2012 lebih berasa punya mobil , se jorok joroknya pakai avanza dari owner sebelumnya tetep lebih berasa mobil dibanding naik calsig. Cobain aja itu taxi onlen, lebih nyaman naik avxen, bahkan transmover yg lebih trondol aja lebih berasa mobil . RPM avanza memang tinggi kalau dibawa ke lukot terutama tol yang konturnya naik turun, tapi itu mah issuenya pengemudi saja, tp kalau calsig ini penumpang aja mual
Soalny saya pernah dapet taxol sigra baru yg udah plafon item dengan kondisi odo belum ada 20rb, joknya ga dicover, supir nyetirnya santun tapi ga lelet. wah ternyata enak juga ya naik mobil ini kalo kondisinya bener, menurut butt-o-meter saya sih lebih enak drpd naik trasmover BB.
Kalau kondisi mobil dan supirnya sama2 waras, kalo buat jadi penumpang saya lebih pilih naik calsig sih daripada avxen RWD
- yang kenceng kalah sama yang wet look