Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Unexpected Visit ?
Asalnya saya mau ke dealer H miring di sebelahnya dealer MG ini, iseng mau lihat SantaFe baru dan New Tucson berhubung saya belakangan gak update soal otomotif terbaru, lagipula GIIAS Semarang terakhir itu jauh sekali lokasinya sampe gak sempat ke sana. Sama sekali gak terpikir untuk coba MG.
Tapi karena di showroom H miringnya ntah kenapa siang - siang nggak ada sales counter jaga, display unit pun hanya bangsa Stargazer dan IONIQ 5, padahal sehari sebelumnya saya lihat ada New SantaFe di lot test drive. Jadi saya nggak berlama - lama, langsung keluar.
Karena ogah pulang dengan tangan kosong, saya mampirlah ke dealer MG di sebelah (sama - sama grup S*n M*tor).
Surprise, ketemu sales counter yang menurut saya sepertinya dilatih dengan proper dan punya skill komunikasi bagus jadi saya tertarik juga mempelajari produknya walau saya bukan penggemar EV. Salesnya nggak angot-angotan, informatif, gak cuma modal ngapalin brosur bahkan beberapa “user facts” seperti range aktual saja malah dibilang nggak 100% sesuai dengan klaim pabrik, tergantung situasi dan kondisi.
Impresi awal ini berlanjut ke saya ditawarin
“Ko nggak enak kalo cuma lihat di showroom, tapi ini unit test drive lagi dipake”
“Oh gpp mba, toh saya cuma lihat-lihat kok belum ada plan”
“Gpp ko nanti saya infoin kalo sdh ready”
Oh, I don’t expect this much hospitality from a …. Chinese owned - British brand. Pengalaman dengan brand China yang induknya si MG ini di negara asalnya, biasa turnover salesnya cepet, jadi biasa rada angot-angotan dan hospitalitynya begitulah.
Menghargai hospitality si sales, saya meng-iyakan ajakan itu. Mumpung esoknya juga siang lowong ya saya mampirlah ke showroom kembali. Eh lho malah saya ditawarin lagi
“Ko nggak mau coba ZS EV sekalian?”
“Boleh nih mba? Ya udah sikaaat”
Lumayan, meregangkan otot udah lama nggak cobain mobil - mobil terbaru, langsung coba dua biji. Karena jujur, gempuran EV China ini bikin saya bingung mana sih yang beneran bagus, semuanya di mata saya sama - sama aja. Yang stand out ya paling cuma BYD Seal, atau MG 4EV ini karena dengar reviewnya bagus.
Lucunya satunya adalah EV yang bener-bener didesain ground-up oleh MG, dan satunya adalah EV “Convert” alias beta-version dari MG ZS yang aslinya ICE (dan uniknya juga malah lebih baru versi Hybridnya). Jadi kita bisa langsung bandingkan saja rasanya.
Never Expected I'd Like the 4 EV's look, the ZS ? Not So Much.
ZS EV jelas tidak looker dibanding 4 EV dari sisi manapun. Kelihatan sekali ZS EV itu memang convert-an bahkan charging portnya di hidung dibolongin, dibanding 4 EV yang proper ditaruh di belakang seperti fully dedicated EV lainnya.
Model ZS EV tidak beda dari ZS bensin, dari awal juga tidak terlalu menggugah, secara proporsi kelihatan salah sekali di mata saya. Tipikal model mobil China sekali. Bagian tengahnya gendut, bannya kecil cungkring dan posisi wheel arch terlalu di bawah. Kacanya seperti maksain bagian pilar C nya dibengkokin seakan tukang gambarnya lupa kalo dimensi mobilnya nggak terlalu panjang. Intinya saya sebenernya udah kadung lebih suka model 4EV sehingga saya gak mau berlama-lama melototin proporsi aneh dari ZS EV.
4EV di lain sisi, di gambar saya pikir ini mobil bentuknya aneh. Kok bisa depannya lancip lancip lalu belakangnya rada kotak. Tapi setelah dilihat, ini mobil diem - diem estetik juga. Minimal proporsinya dapet lah. Entah kenapa saya melihat 4EV ini seperti mengambil inspirasi dari Civic Hatchback FK, vibesnya seperti mobil kelas Civic. Tapi kalau soal sleek ya jelas lebih sleek Civic Hatchback.
Kesalahan di MG4EV ini hanya 1 : bannya terlalu cungkring untuk wheel arch sebesar itu. Tapi ini tinggal masalah pakai lowering kit dan velg besar selesai masalah. Ban aslinya adalah Continental PremiumContact C 215/50/17 yang mana (jelas sekali) adalah ban seri Eco. Tipikal EV karena bahkan dengan ban ini saja claimed range nya sekitar 400-an KM dan kata salesnya kalo pake AC tinggal 380.
Same Brand, Different Era.
Interior ZS EV dan 4EV kasat mata saja sudah sangat kontras.
ZS EV ini masih kelihatan konvensional. Sebenarnya saya akan prefer interior seperti ini andai ergonominya enak dan desainnya nggak sibuk. Masalahnya interior ZS EV emang keliatan kayak mobil prototype gado - gado. Masih berasa feel “mobil china” 5 tahun yang lalu, malah saya keingetnya ini interior DFSK Glory 580 tapi baru sadar ini MG kan malah justru satu grup sama Wuling bukan DFSK.
Bahan interior juga feels cheapo sekali. Setirnya dipegang berasa bahannya kulit sintetis murah kayak mobil China angkatan lama. Soft padnya juga kasar.
Kontrasnya, 4EV ini justru minim tombol. Kalau sekilas saja di showroom kelihatan auranya kurang mewah apalagi warnanya hitam. Masih lebih dapet mewahnya di BYD Atto3.
(foto di postingan berikutnya)
Tapi waktu sudah di luar, ya not bad ternyata. Bahannya lebih halus, dan knob puteran itu lebih pas di interior 4EV dibanding ZS EV yang rada maksain. Lalu sisanya semua kontrol di layar, dan bahkan kita buat nyalain mobil nggak pake tombol apa - apa, matiin mobil pun tinggal keluar dan dikunci langsung mati.
Udah sih nggak banyak yang bisa dibahas. Wong emang gak ada apa - apa di interiornya.
Converted EV vs Properly Engineered EV, Probably the Best.
Karena niat awal cobanya 4EV ya pertama yang saya coba 4EV nya dulu. Didampingi sales tadi dan spv cowok yang (dulunya) orang H tegak.
Motor di 4EV ini bertenaga 170HP / 250 Nm. Claimed acceleration sekitar 7 detikan. Lho, mirip sekali dengan spek Civic Turbo ini mah, cuma beda 7HP. Tapi bedanya ini motor di belakang.
Pertama kali nggak susah pake mobil ini, steernya juga rasanya pas aja. Dari Civic nggak susah beradaptasi ke 4EV. Saya makin curiga… Lalu off we go.
Keluar dari parkiran dealer saya nggak ragu buat bejek dan…. wow. 1 kata : impressive.
Saya menaruh benchmark EV sekarang itu BYD Seal 2WD dan IONIQ 5, dan dua - duanya punya flaw di sisi pengendaraan yang sulit saya tolerir : mobilnya feels big and wobbly. Konsekuensi dari baterai besar yang digunakan sehingga mobilnya harus besar juga. Saya pikir EV itu jarang sekali fokus terhadap driving experience karena satu faktor pengganjal yaitu baterai berat, susah sekali jadi untuk membuat EV bagus di sisi driving dynamics. Sekalinya ada EV kecil tenaganya sedih banget karena baterainya juga kecil.
Tapi MG4 EV ini menarik karena ukurannya nggak besar, yet range nya hampir sama dengan rata - rata EV yang beredar (+- 350-400 km). Tenaganya sama dengan IONIQ 5, but in a much lighter body..
Sebenarnya 4 EV ini juga nggak kecil baterainya, 51 kWh. Tapi setelah saya research MG itu menggunakan konsep berupa “rubik’s cube” alias “one pack battery”. Jadi baterai di 4 EV ini disusun sedemikian rupa supaya packagingnya ramping, ketebalan baterainya hanya 110 mm, dan ada keuntungan di distribusi bobot. Artinya dari ground-up sebenarnya platform 4 EV emang sengaja mengedepankan sektor driving yang biasanya kurang sekali dari sebuah EV, setidaknya di harga segini.
0-100 7 detik itu adequate, itu diraih oleh Civic saya di kondisi standar juga. Tapi di 4EV ini without any turbo lags. Mobilnya planted saja gitu begitu dibejek. Saya nggak merasa mobilnya awkward in some sort sebagai pengguna Civic yang sudah diceperin. Sasisnya bener - bener balanced. Suspensinya kerasnya pas. Bahkan regen brakingnya pun nggak bikin mabuk (kata om @kendibocor ada setelannya cuma kemarin gak utak-utik). Dibetot di tikungan lebar pun ini mobil nurut sekali tanpa under/oversteer berlebih dan tanpa intrusi berlebihan dari sistem kontrol traksi.
Plus karena ukuran mobilnya lumayan compact, jadi saya ngerasanya gak sulit in control dengan mobil ini. Terbayang sekali nyalip2 di kota dengan mobil ini pasti enak.
Harus saya akui I’m quite impressed…. with an EV half the price of BYD Seal Performance.
Minusnya di sisi pengendaraan adalah lagi - lagi seperti semua EV : ban eco. Damping suspensi enak, sasis enak, tapi saya cukup kesel karena bannya kurang mumpuni untuk bersenang - senang. Ya mungkin kalau pake UHP range nya akan jadi 350 km, tapi kalau buat mobil perkotaan itu sudah cukupan kalau mobilnya seenak ini.
Memang nggak berlebihan kalau beberapa kawan di sini seperti om @pendoli , @kendibocor, dan @sherryandkez memuji sasis dan pengendalian MG4EV, karena emang seenak itu.
Sesi kedua : ZS EV… yang tidak terlalu menggugah.
Saking tidak menggugahnya SPVnya saja di awal sudah bilang
“ko kalau ini justru produk prototype nya MG ya jadi pasti agak beda”.
Jadi saya juga nggak expect banyak, dan memang iya.
Dimana saya ngepush MG4EV sampai 120 kph lebih dengan mode sport, di mobil ini saya bahkan nggak sampe 100 kph. Nggak pede rasanya.
Suspensinya seperti nggak tuned untuk sebuah EV, terlalu soft, dan feels way-way heavier than 4EV. Padahal on paper menurut website MG tenaganya 177 PS dan torsinya 280 Nm, lebih besar dari MG 4EV. Tapi ya balik lagi, memang nggak menggugah, dan motornya di depan. Mau ngepush ? lebih nggak tega lagi.
Plusnya ya suspensinya lebih empuk, tipikal family car, mungkin ekspektasi saya aja yang kaco.
Salahnya kenapa saya cobain MG 4EV duluan sih.
Verdict : The Sweet Spot for EV
Apa yang membuat seseorang, minimal saya, bisa berpikir mau ganti ke EV dari full petrol car ? Di BYD Seal dan IONIQ 5, saya nggak menemukan jawaban itu.
Cheaper charging vs petrol ? Buat apa kalau itu nggak diterjemahkan jadi experience yang rewarding di jalan ? Nyetir mobil sebesar itu di dalam kota jelas nggak practical, tapi buat luar kota juga msti ngapalin titik charging. EV kecil ? Nggak ada larinya.
Tapi di MG 4EV mungkin jawaban itu mulai saya temukan. MG 4EV bukan sebuah oversized car with oversized battery, range nya adequate untuk mobil sehari - hari, dan rasa berkendaranya yang nggak terasa awkward sama sekali. It just feels that good.
Harga mobilnya juga tidak mahal. 385 juta on the road. Boleh dibilang ini EV paling layak dibeli saat ini. Ticks all the boxes untuk enthusiast maupun yang cuma cari commuter car.
Sementara ZS EV gimana ? Dengan OTR Price lebih mahal memang sih bodynya SUV, tapi buat saya big no no, karena kalau sudah bawa MG 4EV terasa ZS EV ini outdated sekali dari sisi teknologi maupun modelnya.
Dalam konteks sekarang ZS EV itu bukan pemain satu - satunya yang keluarin compact SUV karena sudah ada misalnya BYD Atto 3 dan merek2 lain yang saya nggak hapal.
Credit to mba Y and mas J (spv) dari S*nmotor MG Anjasmoro for the hospitality.
Asalnya saya mau ke dealer H miring di sebelahnya dealer MG ini, iseng mau lihat SantaFe baru dan New Tucson berhubung saya belakangan gak update soal otomotif terbaru, lagipula GIIAS Semarang terakhir itu jauh sekali lokasinya sampe gak sempat ke sana. Sama sekali gak terpikir untuk coba MG.
Tapi karena di showroom H miringnya ntah kenapa siang - siang nggak ada sales counter jaga, display unit pun hanya bangsa Stargazer dan IONIQ 5, padahal sehari sebelumnya saya lihat ada New SantaFe di lot test drive. Jadi saya nggak berlama - lama, langsung keluar.
Karena ogah pulang dengan tangan kosong, saya mampirlah ke dealer MG di sebelah (sama - sama grup S*n M*tor).
Surprise, ketemu sales counter yang menurut saya sepertinya dilatih dengan proper dan punya skill komunikasi bagus jadi saya tertarik juga mempelajari produknya walau saya bukan penggemar EV. Salesnya nggak angot-angotan, informatif, gak cuma modal ngapalin brosur bahkan beberapa “user facts” seperti range aktual saja malah dibilang nggak 100% sesuai dengan klaim pabrik, tergantung situasi dan kondisi.
Impresi awal ini berlanjut ke saya ditawarin
“Ko nggak enak kalo cuma lihat di showroom, tapi ini unit test drive lagi dipake”
“Oh gpp mba, toh saya cuma lihat-lihat kok belum ada plan”
“Gpp ko nanti saya infoin kalo sdh ready”
Oh, I don’t expect this much hospitality from a …. Chinese owned - British brand. Pengalaman dengan brand China yang induknya si MG ini di negara asalnya, biasa turnover salesnya cepet, jadi biasa rada angot-angotan dan hospitalitynya begitulah.
Menghargai hospitality si sales, saya meng-iyakan ajakan itu. Mumpung esoknya juga siang lowong ya saya mampirlah ke showroom kembali. Eh lho malah saya ditawarin lagi
“Ko nggak mau coba ZS EV sekalian?”
“Boleh nih mba? Ya udah sikaaat”
Lumayan, meregangkan otot udah lama nggak cobain mobil - mobil terbaru, langsung coba dua biji. Karena jujur, gempuran EV China ini bikin saya bingung mana sih yang beneran bagus, semuanya di mata saya sama - sama aja. Yang stand out ya paling cuma BYD Seal, atau MG 4EV ini karena dengar reviewnya bagus.
Lucunya satunya adalah EV yang bener-bener didesain ground-up oleh MG, dan satunya adalah EV “Convert” alias beta-version dari MG ZS yang aslinya ICE (dan uniknya juga malah lebih baru versi Hybridnya). Jadi kita bisa langsung bandingkan saja rasanya.
Never Expected I'd Like the 4 EV's look, the ZS ? Not So Much.
ZS EV jelas tidak looker dibanding 4 EV dari sisi manapun. Kelihatan sekali ZS EV itu memang convert-an bahkan charging portnya di hidung dibolongin, dibanding 4 EV yang proper ditaruh di belakang seperti fully dedicated EV lainnya.
Model ZS EV tidak beda dari ZS bensin, dari awal juga tidak terlalu menggugah, secara proporsi kelihatan salah sekali di mata saya. Tipikal model mobil China sekali. Bagian tengahnya gendut, bannya kecil cungkring dan posisi wheel arch terlalu di bawah. Kacanya seperti maksain bagian pilar C nya dibengkokin seakan tukang gambarnya lupa kalo dimensi mobilnya nggak terlalu panjang. Intinya saya sebenernya udah kadung lebih suka model 4EV sehingga saya gak mau berlama-lama melototin proporsi aneh dari ZS EV.
4EV di lain sisi, di gambar saya pikir ini mobil bentuknya aneh. Kok bisa depannya lancip lancip lalu belakangnya rada kotak. Tapi setelah dilihat, ini mobil diem - diem estetik juga. Minimal proporsinya dapet lah. Entah kenapa saya melihat 4EV ini seperti mengambil inspirasi dari Civic Hatchback FK, vibesnya seperti mobil kelas Civic. Tapi kalau soal sleek ya jelas lebih sleek Civic Hatchback.
Kesalahan di MG4EV ini hanya 1 : bannya terlalu cungkring untuk wheel arch sebesar itu. Tapi ini tinggal masalah pakai lowering kit dan velg besar selesai masalah. Ban aslinya adalah Continental PremiumContact C 215/50/17 yang mana (jelas sekali) adalah ban seri Eco. Tipikal EV karena bahkan dengan ban ini saja claimed range nya sekitar 400-an KM dan kata salesnya kalo pake AC tinggal 380.
Same Brand, Different Era.
Interior ZS EV dan 4EV kasat mata saja sudah sangat kontras.
ZS EV ini masih kelihatan konvensional. Sebenarnya saya akan prefer interior seperti ini andai ergonominya enak dan desainnya nggak sibuk. Masalahnya interior ZS EV emang keliatan kayak mobil prototype gado - gado. Masih berasa feel “mobil china” 5 tahun yang lalu, malah saya keingetnya ini interior DFSK Glory 580 tapi baru sadar ini MG kan malah justru satu grup sama Wuling bukan DFSK.
Bahan interior juga feels cheapo sekali. Setirnya dipegang berasa bahannya kulit sintetis murah kayak mobil China angkatan lama. Soft padnya juga kasar.
Kontrasnya, 4EV ini justru minim tombol. Kalau sekilas saja di showroom kelihatan auranya kurang mewah apalagi warnanya hitam. Masih lebih dapet mewahnya di BYD Atto3.
(foto di postingan berikutnya)
Tapi waktu sudah di luar, ya not bad ternyata. Bahannya lebih halus, dan knob puteran itu lebih pas di interior 4EV dibanding ZS EV yang rada maksain. Lalu sisanya semua kontrol di layar, dan bahkan kita buat nyalain mobil nggak pake tombol apa - apa, matiin mobil pun tinggal keluar dan dikunci langsung mati.
Udah sih nggak banyak yang bisa dibahas. Wong emang gak ada apa - apa di interiornya.
Converted EV vs Properly Engineered EV, Probably the Best.
Karena niat awal cobanya 4EV ya pertama yang saya coba 4EV nya dulu. Didampingi sales tadi dan spv cowok yang (dulunya) orang H tegak.
Motor di 4EV ini bertenaga 170HP / 250 Nm. Claimed acceleration sekitar 7 detikan. Lho, mirip sekali dengan spek Civic Turbo ini mah, cuma beda 7HP. Tapi bedanya ini motor di belakang.
Pertama kali nggak susah pake mobil ini, steernya juga rasanya pas aja. Dari Civic nggak susah beradaptasi ke 4EV. Saya makin curiga… Lalu off we go.
Keluar dari parkiran dealer saya nggak ragu buat bejek dan…. wow. 1 kata : impressive.
Saya menaruh benchmark EV sekarang itu BYD Seal 2WD dan IONIQ 5, dan dua - duanya punya flaw di sisi pengendaraan yang sulit saya tolerir : mobilnya feels big and wobbly. Konsekuensi dari baterai besar yang digunakan sehingga mobilnya harus besar juga. Saya pikir EV itu jarang sekali fokus terhadap driving experience karena satu faktor pengganjal yaitu baterai berat, susah sekali jadi untuk membuat EV bagus di sisi driving dynamics. Sekalinya ada EV kecil tenaganya sedih banget karena baterainya juga kecil.
Tapi MG4 EV ini menarik karena ukurannya nggak besar, yet range nya hampir sama dengan rata - rata EV yang beredar (+- 350-400 km). Tenaganya sama dengan IONIQ 5, but in a much lighter body..
Sebenarnya 4 EV ini juga nggak kecil baterainya, 51 kWh. Tapi setelah saya research MG itu menggunakan konsep berupa “rubik’s cube” alias “one pack battery”. Jadi baterai di 4 EV ini disusun sedemikian rupa supaya packagingnya ramping, ketebalan baterainya hanya 110 mm, dan ada keuntungan di distribusi bobot. Artinya dari ground-up sebenarnya platform 4 EV emang sengaja mengedepankan sektor driving yang biasanya kurang sekali dari sebuah EV, setidaknya di harga segini.
0-100 7 detik itu adequate, itu diraih oleh Civic saya di kondisi standar juga. Tapi di 4EV ini without any turbo lags. Mobilnya planted saja gitu begitu dibejek. Saya nggak merasa mobilnya awkward in some sort sebagai pengguna Civic yang sudah diceperin. Sasisnya bener - bener balanced. Suspensinya kerasnya pas. Bahkan regen brakingnya pun nggak bikin mabuk (kata om @kendibocor ada setelannya cuma kemarin gak utak-utik). Dibetot di tikungan lebar pun ini mobil nurut sekali tanpa under/oversteer berlebih dan tanpa intrusi berlebihan dari sistem kontrol traksi.
Plus karena ukuran mobilnya lumayan compact, jadi saya ngerasanya gak sulit in control dengan mobil ini. Terbayang sekali nyalip2 di kota dengan mobil ini pasti enak.
Harus saya akui I’m quite impressed…. with an EV half the price of BYD Seal Performance.
Minusnya di sisi pengendaraan adalah lagi - lagi seperti semua EV : ban eco. Damping suspensi enak, sasis enak, tapi saya cukup kesel karena bannya kurang mumpuni untuk bersenang - senang. Ya mungkin kalau pake UHP range nya akan jadi 350 km, tapi kalau buat mobil perkotaan itu sudah cukupan kalau mobilnya seenak ini.
Memang nggak berlebihan kalau beberapa kawan di sini seperti om @pendoli , @kendibocor, dan @sherryandkez memuji sasis dan pengendalian MG4EV, karena emang seenak itu.
Sesi kedua : ZS EV… yang tidak terlalu menggugah.
Saking tidak menggugahnya SPVnya saja di awal sudah bilang
“ko kalau ini justru produk prototype nya MG ya jadi pasti agak beda”.
Jadi saya juga nggak expect banyak, dan memang iya.
Dimana saya ngepush MG4EV sampai 120 kph lebih dengan mode sport, di mobil ini saya bahkan nggak sampe 100 kph. Nggak pede rasanya.
Suspensinya seperti nggak tuned untuk sebuah EV, terlalu soft, dan feels way-way heavier than 4EV. Padahal on paper menurut website MG tenaganya 177 PS dan torsinya 280 Nm, lebih besar dari MG 4EV. Tapi ya balik lagi, memang nggak menggugah, dan motornya di depan. Mau ngepush ? lebih nggak tega lagi.
Plusnya ya suspensinya lebih empuk, tipikal family car, mungkin ekspektasi saya aja yang kaco.
Salahnya kenapa saya cobain MG 4EV duluan sih.
Verdict : The Sweet Spot for EV
Apa yang membuat seseorang, minimal saya, bisa berpikir mau ganti ke EV dari full petrol car ? Di BYD Seal dan IONIQ 5, saya nggak menemukan jawaban itu.
Cheaper charging vs petrol ? Buat apa kalau itu nggak diterjemahkan jadi experience yang rewarding di jalan ? Nyetir mobil sebesar itu di dalam kota jelas nggak practical, tapi buat luar kota juga msti ngapalin titik charging. EV kecil ? Nggak ada larinya.
Tapi di MG 4EV mungkin jawaban itu mulai saya temukan. MG 4EV bukan sebuah oversized car with oversized battery, range nya adequate untuk mobil sehari - hari, dan rasa berkendaranya yang nggak terasa awkward sama sekali. It just feels that good.
Harga mobilnya juga tidak mahal. 385 juta on the road. Boleh dibilang ini EV paling layak dibeli saat ini. Ticks all the boxes untuk enthusiast maupun yang cuma cari commuter car.
Sementara ZS EV gimana ? Dengan OTR Price lebih mahal memang sih bodynya SUV, tapi buat saya big no no, karena kalau sudah bawa MG 4EV terasa ZS EV ini outdated sekali dari sisi teknologi maupun modelnya.
Dalam konteks sekarang ZS EV itu bukan pemain satu - satunya yang keluarin compact SUV karena sudah ada misalnya BYD Atto 3 dan merek2 lain yang saya nggak hapal.
Credit to mba Y and mas J (spv) dari S*nmotor MG Anjasmoro for the hospitality.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by ChZ on Sat Dec 07, 2024 4:34, edited 5 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Foto Interior MG4 EV, attachment nggak cukup.
Knob puter-puter
2-spoke steering ala ala mobil kekinian.
Pantat vs pantat
Knob puter-puter
2-spoke steering ala ala mobil kekinian.
Pantat vs pantat
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Jieehhh bungkus dong nihh
Bos Chz pakai EV bisa gempar satu SM
Bos Chz pakai EV bisa gempar satu SM
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2884
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Doi lagi penasaran sama drivetrain turbo gasoline hybrid, di santa-fe & tucson
Btw nice review as always
Btw nice review as always
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 937
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 843
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Setuju MG4 memang kombinasi paling pas utk EV urban
Ukuran pas, tenaga cukup untuk nyelap nyelip, handling mantap utk speeding di tol, range cukup di 350 - 400 km, harga juga masuk di 300 jutaan, pajak juga super murah, bebas gage juga. Kekurangannya mungkin minor yah kayak build quality (khas ckd indo), akomoditas di baris ke 2 kurang lega. Tapi semua terbayar lunas sama kelebihan mobil ini.
Harus nyoba test drive dulu baru tau enak bawa mobil mg4 ini. Recommended
Ukuran pas, tenaga cukup untuk nyelap nyelip, handling mantap utk speeding di tol, range cukup di 350 - 400 km, harga juga masuk di 300 jutaan, pajak juga super murah, bebas gage juga. Kekurangannya mungkin minor yah kayak build quality (khas ckd indo), akomoditas di baris ke 2 kurang lega. Tapi semua terbayar lunas sama kelebihan mobil ini.
Harus nyoba test drive dulu baru tau enak bawa mobil mg4 ini. Recommended
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
turun jg ripiu nya neh
4EV itu torsional rigidity nya hampir 2x lipat ZS
owe jg demen ama MG4, ga banyak gimik gajelas. fokus enjinirnya bener, bikin mobil yg bener dulu baru fitur belakangan
385 sih steal deal bgt, mengingat ini civic nya EV
4EV itu torsional rigidity nya hampir 2x lipat ZS
owe jg demen ama MG4, ga banyak gimik gajelas. fokus enjinirnya bener, bikin mobil yg bener dulu baru fitur belakangan
385 sih steal deal bgt, mengingat ini civic nya EV
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
menunggu long-term & ownership review MG4 EV
dr bos Chz
dr bos Chz
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 534
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Batere-nya NMC apa LFP si ?. Kalo liat di yutub-nya, cooling strategi-nya pinter, ndak horizontal di battery tray-nya tapi vertikal, jadi ndak butuh thermal pad tebel kyk yg lain. Strateginya jg. cerdas, ndak vertikal tp. horizontal, nambah kapasitas tinggal numpuk tebel batere.
Cuma yg. saya aduk2 ndak ketemu, ini model lem mati kayak BYD-Tesla, apa modular kayak yg. lain, kalo modular sih enak banget nih....
Cuma yg. saya aduk2 ndak ketemu, ini model lem mati kayak BYD-Tesla, apa modular kayak yg. lain, kalo modular sih enak banget nih....
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
agak tergoda bungkus sebenernya cuma lagi ngga ada space garasiSuryaputra wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 4:34 Jieehhh bungkus dong nihh
Bos Chz pakai EV bisa gempar satu SM
ngejual civic ya ogah
lahh showroom isinya kosong melompong cuma mobil2 lawas. ya udah langsung ngibrit aja lahKielConstantine wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 5:12 Doi lagi penasaran sama drivetrain turbo gasoline hybrid, di santa-fe & tucson
Btw nice review as always
pdhl sebenernya emang lebih tertarik, 2 model global masuk sini bersamaan.
gila loh dia bisa beresin masalah fundamental dari batre yaitu berat dan makan space. batrenya jadi ramping dan bisa dapet range 380-an km itu udah oke banget
cuma buat ngejual civic ganti full EV itu saya masih nggak rela om
kecuali FK4 tuker FK8 terus beli MG4
Last edited by ChZ on Sat Dec 07, 2024 7:44, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
LFP kayaknya kalo menurut website resmi.Bibieight wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 7:40 Batere-nya NMC apa LFP si ?. Kalo liat di yutub-nya, cooling strategi-nya pinter, ndak horizontal di battery tray-nya tapi vertikal, jadi ndak butuh thermal pad tebel kyk yg lain. Strateginya jg. cerdas, ndak vertikal tp. horizontal, nambah kapasitas tinggal numpuk tebel batere.
Cuma yg. saya aduk2 ndak ketemu, ini model lem mati kayak BYD-Tesla, apa modular kayak yg. lain, kalo modular sih enak banget nih....
betul kan oom packagingnya dia pinter, orientasinya lebih ke gimana itu batre nggak makan space.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
taro aja di garasi kantorChZ wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 7:42agak tergoda bungkus sebenernya cuma lagi ngga ada space garasiSuryaputra wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 4:34 Jieehhh bungkus dong nihh
Bos Chz pakai EV bisa gempar satu SM
ngejual civic ya ogah
tuker2 an sm civic
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
nungguin om @kendibocor bosen dl lah.
siapa tau dilego 150 juta
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
nih mbah owe nemu potonya, tapi ini cybersterBibieight wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 7:40 Batere-nya NMC apa LFP si ?. Kalo liat di yutub-nya, cooling strategi-nya pinter, ndak horizontal di battery tray-nya tapi vertikal, jadi ndak butuh thermal pad tebel kyk yg lain. Strateginya jg. cerdas, ndak vertikal tp. horizontal, nambah kapasitas tinggal numpuk tebel batere.
Cuma yg. saya aduk2 ndak ketemu, ini model lem mati kayak BYD-Tesla, apa modular kayak yg. lain, kalo modular sih enak banget nih....
sepertinya modular MG4 yg nubruk, 64kwh
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 137
- Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
- Location: Jakarta
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Ane juga paling tertarik ev sama MG4EV ini, bawanya bener2 enak waktu TD kemaren..udah coba macem2 EV tapi yang masih kengiang2 cma 4EV ini.. plusnya lagi waktu puter balik lingkarannya pendek banget, ga bkin takut ambil kejauhan.
Saya lom ada budgetnya..mungkin klo ada rejeki lebih mayan untuk urban banget ini..
Saya lom ada budgetnya..mungkin klo ada rejeki lebih mayan untuk urban banget ini..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
makanya lama" jg keliatan mana merek yg betulan enjiniring mana yg juwalan gimik tok
liat aja mbah, mocin yg betulan enjiniring itu rata" jarang juwalan gimik aneh" kyk layar muter, mobil lompat etc etc
jangan juwal lah
nambah..., taro di kantor aja mbah
ni MG4 ni luwar jg hampir gaada yg review jelek, kualitas interior pun dimaklumi krn sasis & harganya
makannya merk nihon sedikit banyak ketar ketir, apalagi macem MG4 ini makin banyak, modal brakepad, spring, ban UHP ni enak pasti buat nikung"
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Jul 03, 2024 23:26
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Avanza
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Sebentar lagi rame nih EV hater comment
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2884
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Dy mah mau pake sampe ancur mg nya..
Seneng bener sampe beli lagi. Punya 2 biji
Btw, konon katanya masih ada stock CBU sisa gudang, di lepas harga 395 jg
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Cepet aje nih review keluar
Ini mah gw pake ampe jd besi tua aja bwat kaki di jkt. Bwat jd workhorse menghadapi kejamnya ibukota uda lebih dr cukup lah. Malahan ada yg pake ngegrab odo uda 60rb km baru setahun lebih
Batere dia LFP, tp gatau modular apa nggak yah om @bibie.
Di thai, malay ada yg long range itu dia pake NMC. Yg xpower jg NMC. Di india ada yg pake zs odo uda 100an rb selama 4 taon ternyata SoHnya masih >95%. Fully charged cuman berkurang 12 km pas 100% dibanding sama awal beli.
Bwat mbl <400jt, EV yg beneran mbl bukan a box of gimmick ga ada yg lebih worth the value daripada ini sih.
Sebenernya ni mobil banyak errornya jg sih. Tp minor lah. Beberapa orang ada yg pas delivery dapet unit gap antar panel ada yg ngaco mampus, wiper std kualitasnya ampas uda claim gnt 2 set tetep ampas, lampu kurang jauh jaraknya bwat ke luar kota kalo ga ada lampu jalan dan lari agak kenceng, musti refleks pembalap F1 amit2 ada yg nyebrang di jalan (ini cukup mengganggu sih), gw pribadi ga demen remnya, feelnya ga linear. Nih MG karena merknya dijual bbrp dealer ada yg pelayanannya super ampas n boleh dibilang uda diblacklist sama kalangan user MG (kalo ada yg mo beli boleh DM gw biar ga salah tempat beli)
Kagak itu mah dipake ortu gwKielConstantine wrote: ↑Sat Dec 07, 2024 17:24
Dy mah mau pake sampe ancur mg nya..
Seneng bener sampe beli lagi. Punya 2 biji
Btw, konon katanya masih ada stock CBU sisa gudang, di lepas harga 395 jg
Drpd beli dolphin tar pas digas gw teriak2 mantjah lg saking geal geolnye, ya udah lah beli si 4EV lg aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1685
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4807
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
nice review chris
mg4 EV ini memang termasuk mobil EV yg cukup value for money dikelasnya + desainnya jg menurut gw salah 1 yg terbaik dikelasnya
mg4 EV ini memang termasuk mobil EV yg cukup value for money dikelasnya + desainnya jg menurut gw salah 1 yg terbaik dikelasnya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Menunggu thread
Unexpected Purchase - BEV
By chz
Unexpected Purchase - BEV
By chz
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5241
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
kan dia lagi test drive gak inget range hajar teruss sampe melintir
begitu punya gak taunya musti cruising terus masukin eco mode
bisakah petrohead CHZ bertahan.......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
Hayah
Wara wiri rumah kantor PP doang mah cincayyy
Kecuali klo disuruh ke giias bsd baru deh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5241
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Back to Back : MG4 EV and MG ZS EV Test Drive
kalo trayek loe PP full macet sih bukan cingcay lagi kamsia sekalian aja tidur di mobil listriknya bisa buat bertapa 3hari 3malem pake acSuryaputra wrote: ↑Sun Dec 08, 2024 14:34 Hayah
Wara wiri rumah kantor PP doang mah cincayyy
Kecuali klo disuruh ke giias bsd baru deh