Dengan semakin banyak electronic control di mobil bahkan lcgc sekalipun apakah pabrikan otomotif akan melakukan lock software di masa depan agar bengkel resminya bisa tetep idup Dan jadi recurring income yang gurih
seperti si John Deere
Terutama mobil listrik sih ini
Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 406
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
cobain aja di jamin bentaran jadi gembel pasti ada aja pabrikan yang suka open openan apalagi yang doyan jualan crate engine........
clue kalo ada mobil merek aneh tapi speknya gokil gak jelas pasti isinya mesin bikinan ntu pabrikan karena mereka emang salah satu bisnisnya jualan crate engine
clue kalo ada mobil merek aneh tapi speknya gokil gak jelas pasti isinya mesin bikinan ntu pabrikan karena mereka emang salah satu bisnisnya jualan crate engine
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 793
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
Sejak kapan firmware ecu mobil dibuka? Mengapa scanner universal professional yg bisa program immobilizer, program injektor itu harganya jutaan bahkan di atas 15 juta karena pembuat scan tool harus bayar lisensi akses ke pabrikan. Belum subcription tahunannya. Kalau subscription 1 pabrikan saja katakanlah 500 -1000 usd per tahun, kalo mau beberapa merek berapa yg harus dibayar bengkel?
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
iya, dari dulu juga sudah dilock kok. ngebukanya ya bayar. alesan kenapa remap itu bayarnya mahal, krn ada biaya lisensi itu.silentIm2 wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 2:54 Sejak kapan firmware ecu mobil dibuka? Mengapa scanner universal professional yg bisa program immobilizer, program injektor itu harganya jutaan bahkan di atas 15 juta karena pembuat scan tool harus bayar lisensi akses ke pabrikan. Belum subcription tahunannya. Kalau subscription 1 pabrikan saja katakanlah 500 -1000 usd per tahun, kalo mau beberapa merek berapa yg harus dibayar bengkel?
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.
buat yang gak asing dgn dunia remap remapan,
innova / fortuner 2GD keluaran 2018-2019 pernah sampe dilock software khusus. ngebukanya lagi nambah berapa juta entahlah. zaman itu remap innova 2GD lebih mahal 1jt daripada yang keluaran sebelumnya.
mgkn karena atpmnya capek juga itu urusin klaim2 yang nggak dikit ternyata ada sebagian yang bekas oprekan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
cyber security tetep perlu sih, mungkin tujuan besarnya biar mobilnya ga sembarang dihack
apalagi mobil yg bisa jalan sendiri kaya tesla dll
wong yg ada adas aja bisa kasih command ke eps dan accel pedal kok wkwkwk
yg nyebelin kan udah beli mobil ada hardware nya macem heated seat, tapi kalo mau aktifin kudu bayar bulanan hahahaha
udah gila kan, barangnya dibeli, tapi masi bayar lagi
apalagi mobil yg bisa jalan sendiri kaya tesla dll
wong yg ada adas aja bisa kasih command ke eps dan accel pedal kok wkwkwk
yg nyebelin kan udah beli mobil ada hardware nya macem heated seat, tapi kalo mau aktifin kudu bayar bulanan hahahaha
udah gila kan, barangnya dibeli, tapi masi bayar lagi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
kalo john derre parah om mau diapain juga gak bisa kalo gak autorizedsilentIm2 wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 2:54 Sejak kapan firmware ecu mobil dibuka? Mengapa scanner universal professional yg bisa program immobilizer, program injektor itu harganya jutaan bahkan di atas 15 juta karena pembuat scan tool harus bayar lisensi akses ke pabrikan. Belum subcription tahunannya. Kalau subscription 1 pabrikan saja katakanlah 500 -1000 usd per tahun, kalo mau beberapa merek berapa yg harus dibayar bengkel?
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.
sedangkan mobil jepang mau check engine nyala gitu yang trouble di ganti juga lsg beres, john derre mah gak bisa kayak gitu
sedangkan petani kalo ada apa2x mereka musti bisa benerin on the spot
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 406
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
nah kalo di video itu sampai software untuk ngelocknya pun tidak dilisensi dan tidak ada orang diluar atpm yang punya software untuk scan ecu tsb karena berkaitan dengan hak ciptaChZ wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 3:18iya, dari dulu juga sudah dilock kok. ngebukanya ya bayar. alesan kenapa remap itu bayarnya mahal, krn ada biaya lisensi itu.silentIm2 wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 2:54 Sejak kapan firmware ecu mobil dibuka? Mengapa scanner universal professional yg bisa program immobilizer, program injektor itu harganya jutaan bahkan di atas 15 juta karena pembuat scan tool harus bayar lisensi akses ke pabrikan. Belum subcription tahunannya. Kalau subscription 1 pabrikan saja katakanlah 500 -1000 usd per tahun, kalo mau beberapa merek berapa yg harus dibayar bengkel?
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.
buat yang gak asing dgn dunia remap remapan,
innova / fortuner 2GD keluaran 2018-2019 pernah sampe dilock software khusus. ngebukanya lagi nambah berapa juta entahlah. zaman itu remap innova 2GD lebih mahal 1jt daripada yang keluaran sebelumnya.
mgkn karena atpmnya capek juga itu urusin klaim2 yang nggak dikit ternyata ada sebagian yang bekas oprekan.
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
satu sisi, gak bisa nyalahin juga namanya pabrikan mau menjaga kualitas produknya. gimana2 third party itu variabel tak terkontrol. soalnya kalo misal nanti kenapa-napa, yang bakal kena namanya juga pabrikan, padahal belum tentu selalu salah pabrikan.fansdiesel wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 5:44
nah kalo di video itu sampai software untuk ngelocknya pun tidak dilisensi dan tidak ada orang diluar atpm yang punya software untuk scan ecu tsb karena berkaitan dengan hak cipta
tapi selalu ada problem di sisi SDM dan aksesibilitas. yang menentukan di daerah tertentu ada bengkel atau tidak kan ya ATPM. kalau misal third party gak bisa benerin, itu orang masa mobilnya diangkut ke jakarta dulu buat diagnosis.
saya si dari dulu pro third party licensing. latih aja bengkel2 umum buat bisa benerin mobil merek itu. supaya makin banyak tenaga ahli, makin luas aksesibilitas. ujungnya reputasi merek juga lebih baik krn orang gak takut beli.
kalo belum apa apa udah mikirin nanti bengkelnya gimana, ya jangan kaget kalo yang dibeli orang toyota lagi, toyota lagi. karna beli mobil nggak cuma beli barangnya doang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4256
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
tenang mbah, selama di USA masih berjalan namanya right to repair / DIY. masih aman. paling unlock bayar tipis2. Apple aja akhirnya nyerah, jual2in part walaupun di lock dan reseller wajib terdaftar biar bisa akses tool buat register to part.fansdiesel wrote: ↑Mon Feb 03, 2025 13:23 Dengan semakin banyak electronic control di mobil bahkan lcgc sekalipun apakah pabrikan otomotif akan melakukan lock software di masa depan agar bengkel resminya bisa tetep idup Dan jadi recurring income yang gurih
seperti si John Deere
Terutama mobil listrik sih ini
oh ya, apalagi masa depan kan mobil keluaran Tiongkok semua, nah bakalan lebih tenang lagi karena itu negara namanya urusan paten kan agak laen
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 793
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Apa mobil masa depan softwarenya akan dilocked?
Untung di sini mentok dongfeng.. Kubota saja sudah mewah buat kita wkwkwk.b0ku wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 4:27kalo john derre parah om mau diapain juga gak bisa kalo gak autorizedsilentIm2 wrote: ↑Tue Feb 04, 2025 2:54 Sejak kapan firmware ecu mobil dibuka? Mengapa scanner universal professional yg bisa program immobilizer, program injektor itu harganya jutaan bahkan di atas 15 juta karena pembuat scan tool harus bayar lisensi akses ke pabrikan. Belum subcription tahunannya. Kalau subscription 1 pabrikan saja katakanlah 500 -1000 usd per tahun, kalo mau beberapa merek berapa yg harus dibayar bengkel?
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.
sedangkan mobil jepang mau check engine nyala gitu yang trouble di ganti juga lsg beres, john derre mah gak bisa kayak gitu
sedangkan petani kalo ada apa2x mereka musti bisa benerin on the spot
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140