Santa Fe - hybrid or gasoline
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Santa Fe - hybrid or gasoline
Om2 semua,
Barusan SPK, tp masih bingung hybrid atau gasoline,masing2 trim Calligraphy, dikasih waktu 2 hari utk mutusin. Pros and cons sbb
Hybrid pro/bensin cons
- Bensin irit 17 km/l vs 7-8km/l
- Kebiasaan warga +62, yg laku selalu varian tertinggi, apakah akan ngaruh ke resale value yg lbh tinggi vs bensin? Feeling saya sih begitu
- Tenaga dan akselerasi lbh baik vs bensin
Hybrid con / bensin pro
- Bensin harus pertamax turbo krn 1.6L turbo, yg bensin 2.5 NA, bisa pertamax aja
- Battery dan motor hybrid, battery cuma warranty 8thn dan motor cm 4 thn. Takut nnti kl mau dijual nnti resale jeblok krn kapasitas battery katakanlah udah sisa 60-70% pada saat warranty abis. Ga ada jaminan bisa diganti kl kapasitas battery drop pada saat warranty abis. Harga battery skrg kurleb 80jt. Katakan lah 8 thn kemudian tinggal 50jt, tetep aja calon pembeli akan minta kondisi battery yg baik.
- Selisih harga 80jt lbh mahal drpd bensin
- Mesin 2.5L NA harus nya lbh simple dan gampang di service vs hybrid kl ada masalah
- Ban bensin 21 inch, hybrid 20 inch, entah ini pro or con buat saya ga jelas
Feature, printilan sama persis antara dua trim ini. Kata hati sih condong ke bensin aja. Saya percaya sm input member2 disini, jadi mohon input nya. Thank you sblm dan sesudah nya
Barusan SPK, tp masih bingung hybrid atau gasoline,masing2 trim Calligraphy, dikasih waktu 2 hari utk mutusin. Pros and cons sbb
Hybrid pro/bensin cons
- Bensin irit 17 km/l vs 7-8km/l
- Kebiasaan warga +62, yg laku selalu varian tertinggi, apakah akan ngaruh ke resale value yg lbh tinggi vs bensin? Feeling saya sih begitu
- Tenaga dan akselerasi lbh baik vs bensin
Hybrid con / bensin pro
- Bensin harus pertamax turbo krn 1.6L turbo, yg bensin 2.5 NA, bisa pertamax aja
- Battery dan motor hybrid, battery cuma warranty 8thn dan motor cm 4 thn. Takut nnti kl mau dijual nnti resale jeblok krn kapasitas battery katakanlah udah sisa 60-70% pada saat warranty abis. Ga ada jaminan bisa diganti kl kapasitas battery drop pada saat warranty abis. Harga battery skrg kurleb 80jt. Katakan lah 8 thn kemudian tinggal 50jt, tetep aja calon pembeli akan minta kondisi battery yg baik.
- Selisih harga 80jt lbh mahal drpd bensin
- Mesin 2.5L NA harus nya lbh simple dan gampang di service vs hybrid kl ada masalah
- Ban bensin 21 inch, hybrid 20 inch, entah ini pro or con buat saya ga jelas
Feature, printilan sama persis antara dua trim ini. Kata hati sih condong ke bensin aja. Saya percaya sm input member2 disini, jadi mohon input nya. Thank you sblm dan sesudah nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
7-8Kpl itu yg 1.6 turbo apa 2.5 N/A?kayanya ga mungkin 1.6 turbo cuma dapet 7-8kpl deh
Balik ke anda,kalo cari resale value ya jangan ambil hyundai,ancur pasti,tp kalo cari naikan enak,perbaikan ga bikin sakit kepala ya yg bensin N/A aja,kalo harga sparepart ga diperhitungkan ya hybrid/turbo
Kalo saya pribadi ya 2.5 N/A,saya lebih milih bayar bensin 2x lebih boros daripada pusing perbaikan
Balik ke anda,kalo cari resale value ya jangan ambil hyundai,ancur pasti,tp kalo cari naikan enak,perbaikan ga bikin sakit kepala ya yg bensin N/A aja,kalo harga sparepart ga diperhitungkan ya hybrid/turbo
Kalo saya pribadi ya 2.5 N/A,saya lebih milih bayar bensin 2x lebih boros daripada pusing perbaikan
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
7-8 kpl yg 2.5NA, yg hybrid 17 kpl
Resale value secara umum ya udah siap ancur, tp dr hasil tanya kiri kanan, ke pdg mbl, ga ancur2 amat. Sodara ada yg pake santafe gen2, beli 2012, kurleb 450jt kl ga salah, maren ditawar 165 ama pdg. 13 taon pake, resale value drop 60% an menurut saya masih acceptable lah
Resale value secara umum ya udah siap ancur, tp dr hasil tanya kiri kanan, ke pdg mbl, ga ancur2 amat. Sodara ada yg pake santafe gen2, beli 2012, kurleb 450jt kl ga salah, maren ditawar 165 ama pdg. 13 taon pake, resale value drop 60% an menurut saya masih acceptable lah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Wed May 18, 2016 3:48
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Kalo beli mblnya pakai darah, go dgn tipe tertinggi biar puas dan ga kaya saya ditengah jalan msh mikirin kalo ambil yang itu kl yg ini
.. pengalaman ketika ambil SafeDM bensin vs diesel.

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
sbner nya ini sama2 trim plg tinggi, beda mesin aja. Dan hybrid secara di indo masih relatif baru setahu saya kecuali camry yg udah eksis relatif lama. Dan saya check harga second camry yg hybrid, ternyata anjlok drastis, maka nya ragu. Tp zenix hybrid harga second nya masih bagus. Kl aja antara diesel vs bensin, udah merem ambil diesel.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1552
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Lah jadinya yg diesel apa bensin om?winsome wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 13:39sbner nya ini sama2 trim plg tinggi, beda mesin aja. Dan hybrid secara di indo masih relatif baru setahu saya kecuali camry yg udah eksis relatif lama. Dan saya check harga second camry yg hybrid, ternyata anjlok drastis, maka nya ragu. Tp zenix hybrid harga second nya masih bagus. Kl aja antara diesel vs bensin, udah merem ambil diesel.
Kalo saya liat speknya yg 1.6T itu mesin Tubro GDI + hybrid yah? kalo liat mobil yg tipe mesin nya sama sih banyak yg masalah di intake valve yg kotor karena tumpukan karbon sisa pembakaran yg di masukin lagi ke ruang bakar lewat intake valve, tapi udah ada cara bersihinya sih tanpa di bongkar mesin nya, pakai metode walnut blasting kalo ga salah. Tapi itu lama kok om, diatas 50rb km, kalo bensin dan olinya bagus bisa di minimalisir.
Mesin kubikasi kecil tapi tenaga besar pasti more stress diabnding cc besar nya, jadi yaa selera aja om, kalo suka yg high tech kekinian dan sering dalam kota ambil yg turbo gdi+hybrid, kalo lebih konservatif yaa bensin biasa aja, dia injektornya gdi + intake port kalo ga salah.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Gak, posting diatas nya dia bilang dulu pas ngambil Santa Fe itu nanggung, mgkn dia ambil bensin jadi nya nyesel. Dan saya reply, kl saja pilihan nya antara bensin dan diesel, merem saya ambil diesel. Skrg pilihan nya antara bensin dan hybrid, maka nya saya bingung.t105erd wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 14:14Lah jadinya yg diesel apa bensin om?winsome wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 13:39sbner nya ini sama2 trim plg tinggi, beda mesin aja. Dan hybrid secara di indo masih relatif baru setahu saya kecuali camry yg udah eksis relatif lama. Dan saya check harga second camry yg hybrid, ternyata anjlok drastis, maka nya ragu. Tp zenix hybrid harga second nya masih bagus. Kl aja antara diesel vs bensin, udah merem ambil diesel.
Kalo saya liat speknya yg 1.6T itu mesin Tubro GDI + hybrid yah? kalo liat mobil yg tipe mesin nya sama sih banyak yg masalah di intake valve yg kotor karena tumpukan karbon sisa pembakaran yg di masukin lagi ke ruang bakar lewat intake valve, tapi udah ada cara bersihinya sih tanpa di bongkar mesin nya, pakai metode walnut blasting kalo ga salah. Tapi itu lama kok om, diatas 50rb km, kalo bensin dan olinya bagus bisa di minimalisir.
Mesin kubikasi kecil tapi tenaga besar pasti more stress diabnding cc besar nya, jadi yaa selera aja om, kalo suka yg high tech kekinian dan sering dalam kota ambil yg turbo gdi+hybrid, kalo lebih konservatif yaa bensin biasa aja, dia injektornya gdi + intake port kalo ga salah.
Anyway, ini akan jadi kenderaan perang sehari2 saya. Kebanyakan setir sendiri, kecuali waktu2 tertentu pake driver. Spt nya dari pendapat sejauh ini, mendingan bensin aja kali yak. Thanks juga atas saran nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3009
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Ambil hybrid aja, liatlah resale value hybrid vs non hybrid toyota dan lexus. Seperti corolla cross, corolla, chr, es300, harga resale lebih tinggi yg hybrid, lebih gampang jualan yg hybrid jg.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3208
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
udah bener yg hybrid., oe walopun pke hybrid baru2 aja(zenix) udah keliatan klo mobil hybrid punya + yang juga kebeli dgn rupiah 50-100 jt meneurt oe “murah”
contoh., idle saat nunggu., ga begitu bau bensin n geter
crawling sante dlm kota banyakan pake dinamo
tenaga cukup instan
irit ., 6 L bisa buat 100 km .,siapa yg mau jd sobat pert***** di thn ini dan mendatang?
N/a engine d thn ini dgn uang segitu kok ya buat apa.,nanggung ninim mobil turbo an baru enak.
intinya sih ga usah di itung2 sedemikian rupa krn sama2 bakal dijual lgi turun harga., dan sama2 punya maint cost. sensasi dan apa yg ditawarkan masih bener yg hybrid apalagi ini ada turbo nya juga asoy sih pasti.knp om ga coba lgsg 2 2 nya?
contoh., idle saat nunggu., ga begitu bau bensin n geter
crawling sante dlm kota banyakan pake dinamo
tenaga cukup instan
irit ., 6 L bisa buat 100 km .,siapa yg mau jd sobat pert***** di thn ini dan mendatang?
N/a engine d thn ini dgn uang segitu kok ya buat apa.,nanggung ninim mobil turbo an baru enak.
intinya sih ga usah di itung2 sedemikian rupa krn sama2 bakal dijual lgi turun harga., dan sama2 punya maint cost. sensasi dan apa yg ditawarkan masih bener yg hybrid apalagi ini ada turbo nya juga asoy sih pasti.knp om ga coba lgsg 2 2 nya?
engine roaring!
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
baru TD yg hybrid, yg gasoline ga ada unit TD nya. Yg hybrid sih enak ya power nya, dari skrg yg pake crv turbo
Ditakut2in sm bengkel langganan, kata nya hybrid harga jatoh, ngasih contoh camry hybrid.
Duh, bingung lg jadi nya
Ditakut2in sm bengkel langganan, kata nya hybrid harga jatoh, ngasih contoh camry hybrid.
Duh, bingung lg jadi nya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Daripada bingung batalin aja om spk nya
Tanya bengkel langganan om rekomennya apa, tebus yg itu
Tanya bengkel langganan om rekomennya apa, tebus yg itu

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Wed May 18, 2016 3:48
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Ga juga dl emang mau bensin krn lbh halus, skrg pake diesel DCT aja masih ada nyesel krn DCT nya, jd pengen bensin NA nya.
Kl hybrid vs bensin, jelas hybrid.
Sbg pecinta saFe, sy ga liat ad istimewanya bensin di santafe terbaru ini.
Kl hybrid vs bensin, jelas hybrid.
Sbg pecinta saFe, sy ga liat ad istimewanya bensin di santafe terbaru ini.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Tue Nov 19, 2024 7:43
- Location: Jakarta
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Kl mau resale value msh kuat beli toyota aja om, saya aja beli palisade 2021 900an skrg harga jual cuman 600an kecil malah udh ada. Hyundai blm kuat imej resale value nya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Sat Jun 22, 2024 6:45
- Daily Vehicle: CX-30 GT
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Kyknya enakan ambil Hybrid deh, walau PDG bilang harga anjlok, ini kan masih prediksi, blm tentu keniscayaan. Ini mobil gede, artinya 2500cc bisa boros, sedangkan 1600cc Turbo + hybrid akan bs "relatif hemat" assuming penggunaan mostly dlm kota dan di RPM rendah sblm turbo kick-in, soalnya turbo itu yg bikin bensin boncos.
Paling yg agak unusual (utk gw) dr Hybrid Santa Fe adalah: Paddle shift di Eco fully ngatur regenerative braking (krn bs jalan full EV). Paddle shift di Sport mode fully ngatur gear shifting (krn di Sport mesin 100% nyala). Kyknya, kl bensin, paddle shift selalu gear shifting.
Dr hasil test drive, Sport mode ga kerasa ada turbo lag (gtw, dia bs bikin seolah2 linear power delivery-nya), walau udah gw kick down ke 4000 RPM.
Kyknya sih Hybrid promising ya...
Paling yg agak unusual (utk gw) dr Hybrid Santa Fe adalah: Paddle shift di Eco fully ngatur regenerative braking (krn bs jalan full EV). Paddle shift di Sport mode fully ngatur gear shifting (krn di Sport mesin 100% nyala). Kyknya, kl bensin, paddle shift selalu gear shifting.
Dr hasil test drive, Sport mode ga kerasa ada turbo lag (gtw, dia bs bikin seolah2 linear power delivery-nya), walau udah gw kick down ke 4000 RPM.
Kyknya sih Hybrid promising ya...
Hiroshima 46V
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
kl resale value sih saya sdh siap utk merek ini, ya memang bagaimana pun menang toyota. Yg ptg buat saya adalah asal jgn mobil nya ga liquid kl mau dijual dengan harga wajar. Spt contoh dulu tmn saya pernah mau jual odyssey, tu mbl nge jogrok di showroom smp 7 bulan baru laku. Kl yg gini bikin stress. yg saya pertanyakan resale value antara hybrid dan non hybrid aja. Thanks
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Thanks, soal paddle shift, di mobil yg saya pake sehari2 skrg selama 6 taon, tu paddle shift ga pernah digunakan, cm kadang2 kl lg tangan usil aja pas macet dicoba2 buat liat apakah masih berfungsi atau gaEdgarDrake wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 16:36 Kyknya enakan ambil Hybrid deh, walau PDG bilang harga anjlok, ini kan masih prediksi, blm tentu keniscayaan. Ini mobil gede, artinya 2500cc bisa boros, sedangkan 1600cc Turbo + hybrid akan bs "relatif hemat" assuming penggunaan mostly dlm kota dan di RPM rendah sblm turbo kick-in, soalnya turbo itu yg bikin bensin boncos.
Paling yg agak unusual (utk gw) dr Hybrid Santa Fe adalah: Paddle shift di Eco fully ngatur regenerative braking (krn bs jalan full EV). Paddle shift di Sport mode fully ngatur gear shifting (krn di Sport mesin 100% nyala). Kyknya, kl bensin, paddle shift selalu gear shifting.
Dr hasil test drive, Sport mode ga kerasa ada turbo lag (gtw, dia bs bikin seolah2 linear power delivery-nya), walau udah gw kick down ke 4000 RPM.
Kyknya sih Hybrid promising ya...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 881
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Kalo dibilang camry hyrbrid sekennya jatoh, ane coba cek di marketplace XV50 hybrid kayanya harganya mirip2 aja ya dibanding XV50 NA?
Mungkin jatoh kalo dibandingkan depresiasi dari harga barunya. Nah itu baru bener. Contoh, waktu XV50 NA dijual harga 600 jtan, XV50 hybrid dah dijual di harga 800 jtan. Kenapa bisa begitu? Karena di zaman itu sistem perpajakan kita masih kocak, mesin hybrid diitung 2 mesin, boro2 dapet insentif kaya sekarang. Ditambah lagi hybrid juga masih dianggap barang baru, yaudah berani2 aja toyota ngeset harga selisihnya segitu jauh. Lah sekarang? NA vs hybrid kan selisihnya gak sejauh dulu lagi toh? Mungkin di masa depan hybrid depresiasinya gak akan sejatuh era camry XV50 hybrid.
Kalo ane antara NA dan hybrid sih mungkin lebih concern ke pemakaian aja, seberapa jauh mobil TS kemungkinan akan jalan per tahunnya? Kalo odometer gondrong mah worth2 aja ambil hybrid. Kalo mobil rumahan mungkin agak sayang ambil hybrid. Walau mungkin ambil hybrid juga bisa krn faktor tenaganya itu.
Mungkin jatoh kalo dibandingkan depresiasi dari harga barunya. Nah itu baru bener. Contoh, waktu XV50 NA dijual harga 600 jtan, XV50 hybrid dah dijual di harga 800 jtan. Kenapa bisa begitu? Karena di zaman itu sistem perpajakan kita masih kocak, mesin hybrid diitung 2 mesin, boro2 dapet insentif kaya sekarang. Ditambah lagi hybrid juga masih dianggap barang baru, yaudah berani2 aja toyota ngeset harga selisihnya segitu jauh. Lah sekarang? NA vs hybrid kan selisihnya gak sejauh dulu lagi toh? Mungkin di masa depan hybrid depresiasinya gak akan sejatuh era camry XV50 hybrid.
Kalo ane antara NA dan hybrid sih mungkin lebih concern ke pemakaian aja, seberapa jauh mobil TS kemungkinan akan jalan per tahunnya? Kalo odometer gondrong mah worth2 aja ambil hybrid. Kalo mobil rumahan mungkin agak sayang ambil hybrid. Walau mungkin ambil hybrid juga bisa krn faktor tenaganya itu.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
betul, jatoh vs harga baru. Dan penjelasan om masuk akalrakyatwkwkland wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 17:53 Kalo dibilang camry hyrbrid sekennya jatoh, ane coba cek di marketplace XV50 hybrid kayanya harganya mirip2 aja ya dibanding XV50 NA?
Mungkin jatoh kalo dibandingkan depresiasi dari harga barunya. Nah itu baru bener. Contoh, waktu XV50 NA dijual harga 600 jtan, XV50 hybrid dah dijual di harga 800 jtan. Kenapa bisa begitu? Karena di zaman itu sistem perpajakan kita masih kocak, mesin hybrid diitung 2 mesin, boro2 dapet insentif kaya sekarang. Ditambah lagi hybrid juga masih dianggap barang baru, yaudah berani2 aja toyota ngeset harga selisihnya segitu jauh. Lah sekarang? NA vs hybrid kan selisihnya gak sejauh dulu lagi toh? Mungkin di masa depan hybrid depresiasinya gak akan sejatuh era camry XV50 hybrid.
Kalo ane antara NA dan hybrid sih mungkin lebih concern ke pemakaian aja, seberapa jauh mobil TS kemungkinan akan jalan per tahunnya? Kalo odometer gondrong mah worth2 aja ambil hybrid. Kalo mobil rumahan mungkin agak sayang ambil hybrid. Walau mungkin ambil hybrid juga bisa krn faktor tenaganya itu.
mengenai pemakaian, sebagai perbandingan, mbl skrg krg lbh jalan average 12k/thn. Sedeng lah kl dr segi odo. ga gondrong2 amat tp ga kecil jg
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Setahun jalan 12.000 km, beda konsumsi bensin 10 km/ liter tapi beda jenis bahan bakar.winsome wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 17:59betul, jatoh vs harga baru. Dan penjelasan om masuk akalrakyatwkwkland wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 17:53 Kalo dibilang camry hyrbrid sekennya jatoh, ane coba cek di marketplace XV50 hybrid kayanya harganya mirip2 aja ya dibanding XV50 NA?
Kalo ane antara NA dan hybrid sih mungkin lebih concern ke pemakaian aja, seberapa jauh mobil TS kemungkinan akan jalan per tahunnya? Kalo odometer gondrong mah worth2 aja ambil hybrid. Kalo mobil rumahan mungkin agak sayang ambil hybrid. Walau mungkin ambil hybrid juga bisa krn faktor tenaganya itu.
mengenai pemakaian, sebagai perbandingan, mbl skrg krg lbh jalan average 12k/thn. Sedeng lah kl dr segi odo. ga gondrong2 amat tp ga kecil jg
Kalau beli hybrid habis bbm = 12.000/17 = 705 liter per tahun x harga turbo 14.300 per liter = 10.081.000 per tahun
Kalau beli NA habis bbm = 12.000 / 7 = 1 714 liter pertamax per tahun x 13.000 = 22 282.000
Berarti beli hybrid akan hemat biaya bbm 12.201.000 per tahun. Kalau pemakaian 5 tahun total penghematan 60 jt sudah cukup buat beli baterai baru.
Menurut saya sih go for hybrid dgn segala kelebihannya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2486
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
bener sih tapi XV70 lumayan lho bedanya, bedanya 100jt an new, bekasnya beda 100-150jt ++rakyatwkwkland wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 17:53 Kalo dibilang camry hyrbrid sekennya jatoh, ane coba cek di marketplace XV50 hybrid kayanya harganya mirip2 aja ya dibanding XV50 NA?
Mungkin jatoh kalo dibandingkan depresiasi dari harga barunya. Nah itu baru bener. Contoh, waktu XV50 NA dijual harga 600 jtan, XV50 hybrid dah dijual di harga 800 jtan. Kenapa bisa begitu? Karena di zaman itu sistem perpajakan kita masih kocak, mesin hybrid diitung 2 mesin, boro2 dapet insentif kaya sekarang. Ditambah lagi hybrid juga masih dianggap barang baru, yaudah berani2 aja toyota ngeset harga selisihnya segitu jauh. Lah sekarang? NA vs hybrid kan selisihnya gak sejauh dulu lagi toh? Mungkin di masa depan hybrid depresiasinya gak akan sejatuh era camry XV50 hybrid.
Kalo ane antara NA dan hybrid sih mungkin lebih concern ke pemakaian aja, seberapa jauh mobil TS kemungkinan akan jalan per tahunnya? Kalo odometer gondrong mah worth2 aja ambil hybrid. Kalo mobil rumahan mungkin agak sayang ambil hybrid. Walau mungkin ambil hybrid juga bisa krn faktor tenaganya itu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2486
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
sikat aja hybrid um
bengkel nakut"in mah biasa, bengkel onoh aja nakutin cvt protol tapi buktinya masih banyak jg yg belt nya ori
klo ud siap dgn segala resiko (trmsk, ganti batere & resale value) go for it
drpd nanti dijalan ngedumel
cuma bensin/hybrid baiknya lihat rute commutenya jg, klo diatas 50% dalkot / stop & go pasti benefit hybridnya kerasa
bengkel nakut"in mah biasa, bengkel onoh aja nakutin cvt protol tapi buktinya masih banyak jg yg belt nya ori

klo ud siap dgn segala resiko (trmsk, ganti batere & resale value) go for it
drpd nanti dijalan ngedumel

cuma bensin/hybrid baiknya lihat rute commutenya jg, klo diatas 50% dalkot / stop & go pasti benefit hybridnya kerasa
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Terimakasih banyak udah dihitungin OmGreenhunter wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 18:54Setahun jalan 12.000 km, beda konsumsi bensin 10 km/ liter tapi beda jenis bahan bakar.winsome wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 17:59betul, jatoh vs harga baru. Dan penjelasan om masuk akalrakyatwkwkland wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 17:53 Kalo dibilang camry hyrbrid sekennya jatoh, ane coba cek di marketplace XV50 hybrid kayanya harganya mirip2 aja ya dibanding XV50 NA?
Kalo ane antara NA dan hybrid sih mungkin lebih concern ke pemakaian aja, seberapa jauh mobil TS kemungkinan akan jalan per tahunnya? Kalo odometer gondrong mah worth2 aja ambil hybrid. Kalo mobil rumahan mungkin agak sayang ambil hybrid. Walau mungkin ambil hybrid juga bisa krn faktor tenaganya itu.
mengenai pemakaian, sebagai perbandingan, mbl skrg krg lbh jalan average 12k/thn. Sedeng lah kl dr segi odo. ga gondrong2 amat tp ga kecil jg
Kalau beli hybrid habis bbm = 12.000/17 = 705 liter per tahun x harga turbo 14.300 per liter = 10.081.000 per tahun
Kalau beli NA habis bbm = 12.000 / 7 = 1 714 liter pertamax per tahun x 13.000 = 22 282.000
Berarti beli hybrid akan hemat biaya bbm 12.201.000 per tahun. Kalau pemakaian 5 tahun total penghematan 60 jt sudah cukup buat beli baterai baru.
Menurut saya sih go for hybrid dgn segala kelebihannya

setelah dipikir lbh lanjut, kyknya masih ada penghematan dari PKB Stnk, kyk nya yg hybrid lbh murah. PKB hybrid 8jt-an, yg gasoline sih blm tau
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Fri Sep 12, 2014 17:00
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
Thank you Om, boleh dikata malah 80% dalkot malah commute nya. Sekali2 mudik ke jawa, itupun paling sethn 2x mentok biasanyadarrelund wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 19:10 sikat aja hybrid um
bengkel nakut"in mah biasa, bengkel onoh aja nakutin cvt protol tapi buktinya masih banyak jg yg belt nya ori![]()
klo ud siap dgn segala resiko (trmsk, ganti batere & resale value) go for it
drpd nanti dijalan ngedumel
cuma bensin/hybrid baiknya lihat rute commutenya jg, klo diatas 50% dalkot / stop & go pasti benefit hybridnya kerasa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4338
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
saran saya, tanya ke sales atau cabang itu jualan santa fe paling banyak type dan warna apa. nah ikuti saja, follow the crowd = maunya pedege mobkas dan bengkel di kemudian hari

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4874
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Santa Fe - hybrid or gasoline
kl cari konsumsi bbm yg irit + mayoritas dalkot pilih yg hybrid hehewinsome wrote: ↑Sat Mar 01, 2025 11:02 Om2 semua,
Barusan SPK, tp masih bingung hybrid atau gasoline,masing2 trim Calligraphy, dikasih waktu 2 hari utk mutusin. Pros and cons sbb
Hybrid pro/bensin cons
- Bensin irit 17 km/l vs 7-8km/l
- Kebiasaan warga +62, yg laku selalu varian tertinggi, apakah akan ngaruh ke resale value yg lbh tinggi vs bensin? Feeling saya sih begitu
- Tenaga dan akselerasi lbh baik vs bensin
Hybrid con / bensin pro
- Bensin harus pertamax turbo krn 1.6L turbo, yg bensin 2.5 NA, bisa pertamax aja
- Battery dan motor hybrid, battery cuma warranty 8thn dan motor cm 4 thn. Takut nnti kl mau dijual nnti resale jeblok krn kapasitas battery katakanlah udah sisa 60-70% pada saat warranty abis. Ga ada jaminan bisa diganti kl kapasitas battery drop pada saat warranty abis. Harga battery skrg kurleb 80jt. Katakan lah 8 thn kemudian tinggal 50jt, tetep aja calon pembeli akan minta kondisi battery yg baik.
- Selisih harga 80jt lbh mahal drpd bensin
- Mesin 2.5L NA harus nya lbh simple dan gampang di service vs hybrid kl ada masalah
- Ban bensin 21 inch, hybrid 20 inch, entah ini pro or con buat saya ga jelas
Feature, printilan sama persis antara dua trim ini. Kata hati sih condong ke bensin aja. Saya percaya sm input member2 disini, jadi mohon input nya. Thank you sblm dan sesudah nya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11