W204 C200 FL AVG Owning Experience
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
mnugra
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 84
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
W204 C200 FL AVG Owning Experience
Halo para reader SM, kali ini saya mau review penghuni garasi yang udah ada selama -+ 4 bulan ini yaitu Mercedes C200 Avantgarde 2012 (W204)
Background Story
Setelah 3 tahun melihara Civic FD 2006, yang udah dibuat tempo hari reviewnya, kayanya butuh peremajaan ke mobil yang lebih muda, trust me, diluar masalah NVH khas ahond Civic merupakan mobil yang enak sekali, terpikirkan untuk tukar & naik generasi ke FB karena mekanikal & driving feel harusnya mirip dengan FD lama saya, ditambah bagian belakang yang mirip sama W204 juga bikin saya makin suka sama FB ini, cuma bertahun tahun sampai hari ini pake E46, selalu bikin standar nyaman saya ada di mobil eropa hehe.
Liat liat harga pasaran, tapi kok mirip ya harganya si FB itu sama W204, apa coba mercy aja ya? yaudah coba deh hunting mercy aja WKWK. Berbekal pengalaman nyelem di forum & komunitas pencarian difokusin ke tipe yang paling less drama yaitu tipe pre-facelift karena masih 5G-Tronic, Avantgarde Trim dan low KM
2 bulan & lebih dari 10 mobil nyari dengan kriteria diatas dari C200k, C200 CGI & C250 AMG kok belom ketemu yang sreg di hati, unit dengan KM ter rendah malah pas ngolong lumayan banyak becek oli, ada juga yang saya udah lumayan suka sama mobilnya, eh pas buka tutup oli kerak semua, intinya dari belasan unit itu saya juga jadi bisa bedain mana yang seger & ngga. Sampai saatnya saya ada ketemu unit C200K CBU 2007 dengan warna & option menarik, tapi ngga dapet ACC dari orang rumah karena umurnya cuma beda setaun sama si Civic. Sempet coba coba iseng liat 1 unit C200 FL Classic, duh kok bagus ya design interiornya, akhirnya yaudah lah nekad coba hunting yang FL lagi tapi Avantgarde. Total hunting unit buat yang FL saya cuma 3 mobil termasuk yang 1 unit Classic trim tadi.
25/04/25 Akhirnya ketemu lah C200 Avantgarde 2012 first hand warna Palladium Silver dengan KM yang ga rendah rendah amat 125k. Meski ngga sesuai kriteria awal (km tinggi, facelift & warna). Entah tp rasanya kok udah terlanjur feel duluan sama mobil yg ini.
Interior kayak baru, tombol ngga ada ngeletek, plafon kenceng & jok belom kinclong. Ownernya sangat cengli dengan ngasih semua service record Pro Motor dan bbrp bengkel spesialis dia, saya juga disarankan sama dia buat testdrive sepuasnya & bawa ke bengkel buat gencheck. Karena sepertinya lampu ijo, saya ijin buat bawa gencheck & minta scan stardiagnosis ke spesialis & hasilnya oke semua. Dari historynya juga mobil ini udah ganti ecu, racksteer, gear camshaft & kaki kaki depan belakang, seengganya part part mahal udah keganti semua. Oke nego & langsung aja deal.
Dari hasil nyelem forum, common problem buat mobil ini diantaranya camshaft adjuster, ECU, modul ABS, speed sensor, o2 sensor, kunci sedot & VGS transmisi What do I like?
Masuk kedalem interiornya, personally saya jauh lebih suka interior di versi facelift ini. Material yang kesentuh tangan semuanya empuk, fit and finish bagus, hamper ngga ada rattle menurut saya. NVH & Sound Insulation juga bagus bgt, suara luar, mesin atau ban rasanya cukup minim terdengar, oh ya untuk ban masih pake Micin Primacy 4 yang dapet dari owner sebelumnya. Versi FL juga punya Bluetooth yang bikin pengalaman denger lagu pake audio Harman Kardon nya berasa enak bgt, bass nya bulet tanpa geter geter & suara staging yang menurut saya bagus sekali Starter mobil, mesin rasanya halus sekali, putar stir & mobil ini terasa serba ringan dan effortless, tenaga dari mesin M271 1.8 Turbo + 7G Tronic rasanya udah lebih dari cukup buat sehari hari, karakter tenaganya kuat di putaran bawah, kosong bentar di Tengah & atasnya cukup jambak, sangat bukan karakter mercy wkwkw. Transmisinya juga halus, lockup nya cepet bgt, jadi ngga banyak tenaga yg kebuang & bisa lebih efisien & karena 7 Speed, cruising high speed nya enak karena rpm nya rendah
Ngomongin soal efisien, menurut saya mobil ini cukup irit, biasanya saya selalu isi pake Shell Nitro+, rute kombinasi full to full hasilnya selalu mirip mirip di 10.8 km/L-11.0km/L. Kalo dipake full toll, angka 16-17km/L bukanlah hal sulit
Tombol tombol di stir juga banyak, berguna buat mainin menu menu yang ada di speedo, bisa liat jadwal service, audio, kecepatan & setting fitur fitur kendaraan
Fitur yg bikin kangen setiap bawa mobil lain kalo abis bawa mercy itu brakehold nya, aktivasi nya seamless bgt tinggal teken rem 1 step lagi pas berenti dan langsung aktif
Dan terakhir, mobil ini AC NYA DINGIN BGT, merubah stigma saya ke ac mobil eropa yang biasanya dinginnya nyantai, di mobil ini mau abis kejemur pun dinginnya cepet bgt & nyebar ke kabin, me likey!
What are the annoying things
Ekspetasi saya hijrah ke brand Bintang ini adalah nyaman, wow ternyata salah besar. Ini mobil ternyata lumayan keras, dibanding E46 saya ngerasa kerasan ini, ini mirip mirip dengan Civic FD dengan damping yg enak sebenernya. Keras kalo handlingnya bagus sebenernya nggak apa apa, masalahnya di W204 ini bodyroll nya juga agak terasa, jadi aneh aja
Posisi duduk yg agak canggung juga buat yang kebiasa jok rebah, positifnya buat yang suka duduk commanding, di mobil ini enak, karena dashboard nya rendah, viewing angle bagus Cuma saya kurang suka yg begini wkwk, kyk bawa mpv jadinya
Dan terakhir, transmisi, loh bukannya diawal dibilang enak? Yes mobil ini transmisi nya enak banget untuk cruising santai, Cuma entah otak transmisi nya itu mikirnya kadang suka telmi bgt turun gigi, bikin ilang momentum kalau mau overtake cepet. Udah telat turun gigi, ditambah mesin turbo yg pasti ada lag, buat nyodok nyodok kadang mobil ini kerasa ga se responsive mobil NA. Dan spesifik buat C200 itu gapunya manual mode, cuma ada gear limiter aja
Cost of ownership?
26/04/25 / 126.447
H+1 sah jadi penghuni garasi, saya langsung bawa ke bengkel spesialis saya buat check ulang lagi, tune up ringan & masang bbrp sparepart yg udah saya beli duluan sebelom beli mobilnya kayak Busi, Filter Udara, Filter AC & Filter Oli. Seperti biasa kalo baru angkut mobkas, oli olian yang ada di mobil langsung ganti. Oli mesin pakai Q8 Excel Longlife 5w40 yg ada approval MB 229.5. Saya juga minta buka cover valve, penasaran isinya kayak apa, ternyata syukur jeroan mesin kinclong berarti selama ini ganti oli teratur
Transmisi 722.9 / 7G-Tronic di era ini juga terkenal suka bermasalah kalo telat ganti oli, makanya sekalian preventive oli matic ikutan diganti. Pas ganti oli matic sekalian diturunin karternya buat ganti filternya & buang oli yang ada di converter juga, total hampir 9L oli baru yang masuk & hamdalah semua cairan lama nya termasuk minyak rem & oli gardan semuanya dalam kondisi baik, nunjukkin bahwa owner lamanya juga rutin maintenance. Saya ganti ulang lagi semuanya supaya historynya mulai lagi dari 0 haha. Dan sebagai preventive tambahan sekalian ganti fanbelt, barang murah yang kalo rusak dijalan bisa malah nyusahin
Beres itu semua, lanjut di coding buat unlock hidden features, L/100km to KM/L & bikin timer ventilasi ac disable
DC: 7.4 jt an
26/05/25 / 128.471
Mampir ke Beres Suri Motor buat ada technical campaign ganti airbag, sekalian minta di cek in overall kondisi mobil, beres bilang secara visual & elektrikal per hari itu no problem & mobil kondisi baik. Good DC: free
30/05/25 / 128.780
Karena ini C200 berarti headlamp masih reflector & pake halogen yang menurut saya kurang bgt terangnya macam lampu ayam. Yaudah mumpung lagi ngetes mobil ke bandung sekalian main ke Spotlight Bandung buat upgrade bohlam jadi LED
Lowbeam nya dikasih 2 opsi. Philips Ultinon 3021 (6000k) dan versi atasnya yang lebih terang Ultinon 5100 (5800k). Pas dibandingin side by side saya ngerasa yang Ultinon 5100 cahayanya lebih LED OEM look & terang dibandingin yg 3021 yg putih bgt kaya LED gantian, yasudah kita pake yang 5100 saja. Untuk high beam kita pake yang 3021 aja sayang budget wkwk. Oh ya untuk ganti LED di mobil ini perlu canbus adapter supaya ngga muncul warning di speedo. Terakhir dilanjut buat adjust arah sorot dari bohlam yang udah dipasang tadi
Selain ganti bohlam headlamp sekalian juga jajan upgrade bbrp lampu lain kayak puddle lamp yang di spion pas unlock ganti jadi LED, lampu senja juga diganti putih supaya nggak nabrak sama lowbeam yang udah putih
So far ini pembelian terbaik di mobil ini, nyetir malem jadi enak banget, serius how can ada bohlam LED dipasang di reflector tp focus & cutoff nya bisa kaya projector sehingga ga nyilauin orang DC: 3.3jt
19/07/25 / 133.283
Ga berasa belom 3 bulan, odo udah mau nambah 7rb km, meski ASSYST mercy minta interval ganti oli per 8000km, saya ganti duluan aja tepatnya setelah jalan 6800km. Menu service kali ini ganti oli + filter, kuras coolant karena kemaren belom sempet & tune up bersihin intake & carbon clean karena ini mesin direct injection Oli nyoba pake yang agak murmer sedikit (mahal euy kyiueit), pake adnoc gold 5w40 yang udah meet MB 229.5 juga, coolant pake ori mercy yang di dilute 50:50 sama air demineral bawa sendiri.
Karena bakal bongkar intake buat dibersihin saya minta cekin part apa yang bisa preventive diganti mumpung dibongkar, saya ambil aman aja remajain part yg berurusan dengan cooling system kayak pipa heater dll, toh emang sekalian juga pas lagi buang coolant
After service mesin rasanya fresh lagi, entah ya saya ngerasa degradasi oli di mesin turbo itu jauh lebih kerasa dibanding mesin NA. Btw turun kelas ke Adnoc ternyata rasanya ngga jauh jauh amat bedanya dgn si kyiueit, tapi entah berapa lama enaknya kita pantau dulu kedepannya. Meski kayaknya next service pengen coba pake oli bawaanya yaitu Petronas 3000E
DC: 3.052.000
13/09/25 / 137.081
Ban Michelin Primacy 4 udah ada bbrp bagian yang retak halus, pengen conti MC6 barangnya ultra ghoib wkwkw, mau ganti primacy 4 lagi paling muda adanya prod 2022/23, nyari generasi penerusnya Primacy 5 barangnya susah juga yaaa?. Nanya pitstop karawaci ready nya Pilot Sport 5, sempet ragu berisik ga yaa, keras ga yaaa. Yaudah gabakal tau kalo ga nyoba wkwk, sikat 2pcs dulu buat belakang karena 2pcs lagi belom ready
First impression malah kok lebih empuk dari primacy sekilas, mungkin karena baru, road noise ngga terlalu banyak beda signifikan, kalau sama sama baru ofcourse primacy lebih nyaman harusnya, tapi pilot sport not bad juga + sidewall nya gaharrrr jumawa
DC: 4.3jt
Surprisingly untuk pemakaian tempur gini mobil reliable bgt, yes 4 bulanan pake & udah mau nambah 12rb km, almost zero problem dari kaki kaki, ac, transmisi, mesin & electrical, sisanya akan menyusul & di update kalau ada apa apa lagi hehe, thanks yang udah luangin waktu baca. Salam
Background Story
Setelah 3 tahun melihara Civic FD 2006, yang udah dibuat tempo hari reviewnya, kayanya butuh peremajaan ke mobil yang lebih muda, trust me, diluar masalah NVH khas ahond Civic merupakan mobil yang enak sekali, terpikirkan untuk tukar & naik generasi ke FB karena mekanikal & driving feel harusnya mirip dengan FD lama saya, ditambah bagian belakang yang mirip sama W204 juga bikin saya makin suka sama FB ini, cuma bertahun tahun sampai hari ini pake E46, selalu bikin standar nyaman saya ada di mobil eropa hehe.
Liat liat harga pasaran, tapi kok mirip ya harganya si FB itu sama W204, apa coba mercy aja ya? yaudah coba deh hunting mercy aja WKWK. Berbekal pengalaman nyelem di forum & komunitas pencarian difokusin ke tipe yang paling less drama yaitu tipe pre-facelift karena masih 5G-Tronic, Avantgarde Trim dan low KM
2 bulan & lebih dari 10 mobil nyari dengan kriteria diatas dari C200k, C200 CGI & C250 AMG kok belom ketemu yang sreg di hati, unit dengan KM ter rendah malah pas ngolong lumayan banyak becek oli, ada juga yang saya udah lumayan suka sama mobilnya, eh pas buka tutup oli kerak semua, intinya dari belasan unit itu saya juga jadi bisa bedain mana yang seger & ngga. Sampai saatnya saya ada ketemu unit C200K CBU 2007 dengan warna & option menarik, tapi ngga dapet ACC dari orang rumah karena umurnya cuma beda setaun sama si Civic. Sempet coba coba iseng liat 1 unit C200 FL Classic, duh kok bagus ya design interiornya, akhirnya yaudah lah nekad coba hunting yang FL lagi tapi Avantgarde. Total hunting unit buat yang FL saya cuma 3 mobil termasuk yang 1 unit Classic trim tadi.
25/04/25 Akhirnya ketemu lah C200 Avantgarde 2012 first hand warna Palladium Silver dengan KM yang ga rendah rendah amat 125k. Meski ngga sesuai kriteria awal (km tinggi, facelift & warna). Entah tp rasanya kok udah terlanjur feel duluan sama mobil yg ini.
Interior kayak baru, tombol ngga ada ngeletek, plafon kenceng & jok belom kinclong. Ownernya sangat cengli dengan ngasih semua service record Pro Motor dan bbrp bengkel spesialis dia, saya juga disarankan sama dia buat testdrive sepuasnya & bawa ke bengkel buat gencheck. Karena sepertinya lampu ijo, saya ijin buat bawa gencheck & minta scan stardiagnosis ke spesialis & hasilnya oke semua. Dari historynya juga mobil ini udah ganti ecu, racksteer, gear camshaft & kaki kaki depan belakang, seengganya part part mahal udah keganti semua. Oke nego & langsung aja deal.
Dari hasil nyelem forum, common problem buat mobil ini diantaranya camshaft adjuster, ECU, modul ABS, speed sensor, o2 sensor, kunci sedot & VGS transmisi What do I like?
Masuk kedalem interiornya, personally saya jauh lebih suka interior di versi facelift ini. Material yang kesentuh tangan semuanya empuk, fit and finish bagus, hamper ngga ada rattle menurut saya. NVH & Sound Insulation juga bagus bgt, suara luar, mesin atau ban rasanya cukup minim terdengar, oh ya untuk ban masih pake Micin Primacy 4 yang dapet dari owner sebelumnya. Versi FL juga punya Bluetooth yang bikin pengalaman denger lagu pake audio Harman Kardon nya berasa enak bgt, bass nya bulet tanpa geter geter & suara staging yang menurut saya bagus sekali Starter mobil, mesin rasanya halus sekali, putar stir & mobil ini terasa serba ringan dan effortless, tenaga dari mesin M271 1.8 Turbo + 7G Tronic rasanya udah lebih dari cukup buat sehari hari, karakter tenaganya kuat di putaran bawah, kosong bentar di Tengah & atasnya cukup jambak, sangat bukan karakter mercy wkwkw. Transmisinya juga halus, lockup nya cepet bgt, jadi ngga banyak tenaga yg kebuang & bisa lebih efisien & karena 7 Speed, cruising high speed nya enak karena rpm nya rendah
Ngomongin soal efisien, menurut saya mobil ini cukup irit, biasanya saya selalu isi pake Shell Nitro+, rute kombinasi full to full hasilnya selalu mirip mirip di 10.8 km/L-11.0km/L. Kalo dipake full toll, angka 16-17km/L bukanlah hal sulit
Tombol tombol di stir juga banyak, berguna buat mainin menu menu yang ada di speedo, bisa liat jadwal service, audio, kecepatan & setting fitur fitur kendaraan
Fitur yg bikin kangen setiap bawa mobil lain kalo abis bawa mercy itu brakehold nya, aktivasi nya seamless bgt tinggal teken rem 1 step lagi pas berenti dan langsung aktif
Dan terakhir, mobil ini AC NYA DINGIN BGT, merubah stigma saya ke ac mobil eropa yang biasanya dinginnya nyantai, di mobil ini mau abis kejemur pun dinginnya cepet bgt & nyebar ke kabin, me likey!
What are the annoying things
Ekspetasi saya hijrah ke brand Bintang ini adalah nyaman, wow ternyata salah besar. Ini mobil ternyata lumayan keras, dibanding E46 saya ngerasa kerasan ini, ini mirip mirip dengan Civic FD dengan damping yg enak sebenernya. Keras kalo handlingnya bagus sebenernya nggak apa apa, masalahnya di W204 ini bodyroll nya juga agak terasa, jadi aneh aja
Posisi duduk yg agak canggung juga buat yang kebiasa jok rebah, positifnya buat yang suka duduk commanding, di mobil ini enak, karena dashboard nya rendah, viewing angle bagus Cuma saya kurang suka yg begini wkwk, kyk bawa mpv jadinya
Dan terakhir, transmisi, loh bukannya diawal dibilang enak? Yes mobil ini transmisi nya enak banget untuk cruising santai, Cuma entah otak transmisi nya itu mikirnya kadang suka telmi bgt turun gigi, bikin ilang momentum kalau mau overtake cepet. Udah telat turun gigi, ditambah mesin turbo yg pasti ada lag, buat nyodok nyodok kadang mobil ini kerasa ga se responsive mobil NA. Dan spesifik buat C200 itu gapunya manual mode, cuma ada gear limiter aja
Cost of ownership?
26/04/25 / 126.447
H+1 sah jadi penghuni garasi, saya langsung bawa ke bengkel spesialis saya buat check ulang lagi, tune up ringan & masang bbrp sparepart yg udah saya beli duluan sebelom beli mobilnya kayak Busi, Filter Udara, Filter AC & Filter Oli. Seperti biasa kalo baru angkut mobkas, oli olian yang ada di mobil langsung ganti. Oli mesin pakai Q8 Excel Longlife 5w40 yg ada approval MB 229.5. Saya juga minta buka cover valve, penasaran isinya kayak apa, ternyata syukur jeroan mesin kinclong berarti selama ini ganti oli teratur
Transmisi 722.9 / 7G-Tronic di era ini juga terkenal suka bermasalah kalo telat ganti oli, makanya sekalian preventive oli matic ikutan diganti. Pas ganti oli matic sekalian diturunin karternya buat ganti filternya & buang oli yang ada di converter juga, total hampir 9L oli baru yang masuk & hamdalah semua cairan lama nya termasuk minyak rem & oli gardan semuanya dalam kondisi baik, nunjukkin bahwa owner lamanya juga rutin maintenance. Saya ganti ulang lagi semuanya supaya historynya mulai lagi dari 0 haha. Dan sebagai preventive tambahan sekalian ganti fanbelt, barang murah yang kalo rusak dijalan bisa malah nyusahin
Beres itu semua, lanjut di coding buat unlock hidden features, L/100km to KM/L & bikin timer ventilasi ac disable
DC: 7.4 jt an
26/05/25 / 128.471
Mampir ke Beres Suri Motor buat ada technical campaign ganti airbag, sekalian minta di cek in overall kondisi mobil, beres bilang secara visual & elektrikal per hari itu no problem & mobil kondisi baik. Good DC: free
30/05/25 / 128.780
Karena ini C200 berarti headlamp masih reflector & pake halogen yang menurut saya kurang bgt terangnya macam lampu ayam. Yaudah mumpung lagi ngetes mobil ke bandung sekalian main ke Spotlight Bandung buat upgrade bohlam jadi LED
Lowbeam nya dikasih 2 opsi. Philips Ultinon 3021 (6000k) dan versi atasnya yang lebih terang Ultinon 5100 (5800k). Pas dibandingin side by side saya ngerasa yang Ultinon 5100 cahayanya lebih LED OEM look & terang dibandingin yg 3021 yg putih bgt kaya LED gantian, yasudah kita pake yang 5100 saja. Untuk high beam kita pake yang 3021 aja sayang budget wkwk. Oh ya untuk ganti LED di mobil ini perlu canbus adapter supaya ngga muncul warning di speedo. Terakhir dilanjut buat adjust arah sorot dari bohlam yang udah dipasang tadi
Selain ganti bohlam headlamp sekalian juga jajan upgrade bbrp lampu lain kayak puddle lamp yang di spion pas unlock ganti jadi LED, lampu senja juga diganti putih supaya nggak nabrak sama lowbeam yang udah putih
So far ini pembelian terbaik di mobil ini, nyetir malem jadi enak banget, serius how can ada bohlam LED dipasang di reflector tp focus & cutoff nya bisa kaya projector sehingga ga nyilauin orang DC: 3.3jt
19/07/25 / 133.283
Ga berasa belom 3 bulan, odo udah mau nambah 7rb km, meski ASSYST mercy minta interval ganti oli per 8000km, saya ganti duluan aja tepatnya setelah jalan 6800km. Menu service kali ini ganti oli + filter, kuras coolant karena kemaren belom sempet & tune up bersihin intake & carbon clean karena ini mesin direct injection Oli nyoba pake yang agak murmer sedikit (mahal euy kyiueit), pake adnoc gold 5w40 yang udah meet MB 229.5 juga, coolant pake ori mercy yang di dilute 50:50 sama air demineral bawa sendiri.
Karena bakal bongkar intake buat dibersihin saya minta cekin part apa yang bisa preventive diganti mumpung dibongkar, saya ambil aman aja remajain part yg berurusan dengan cooling system kayak pipa heater dll, toh emang sekalian juga pas lagi buang coolant
After service mesin rasanya fresh lagi, entah ya saya ngerasa degradasi oli di mesin turbo itu jauh lebih kerasa dibanding mesin NA. Btw turun kelas ke Adnoc ternyata rasanya ngga jauh jauh amat bedanya dgn si kyiueit, tapi entah berapa lama enaknya kita pantau dulu kedepannya. Meski kayaknya next service pengen coba pake oli bawaanya yaitu Petronas 3000E
DC: 3.052.000
13/09/25 / 137.081
Ban Michelin Primacy 4 udah ada bbrp bagian yang retak halus, pengen conti MC6 barangnya ultra ghoib wkwkw, mau ganti primacy 4 lagi paling muda adanya prod 2022/23, nyari generasi penerusnya Primacy 5 barangnya susah juga yaaa?. Nanya pitstop karawaci ready nya Pilot Sport 5, sempet ragu berisik ga yaa, keras ga yaaa. Yaudah gabakal tau kalo ga nyoba wkwk, sikat 2pcs dulu buat belakang karena 2pcs lagi belom ready
First impression malah kok lebih empuk dari primacy sekilas, mungkin karena baru, road noise ngga terlalu banyak beda signifikan, kalau sama sama baru ofcourse primacy lebih nyaman harusnya, tapi pilot sport not bad juga + sidewall nya gaharrrr jumawa
DC: 4.3jt
Surprisingly untuk pemakaian tempur gini mobil reliable bgt, yes 4 bulanan pake & udah mau nambah 12rb km, almost zero problem dari kaki kaki, ac, transmisi, mesin & electrical, sisanya akan menyusul & di update kalau ada apa apa lagi hehe, thanks yang udah luangin waktu baca. Salam
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
t105erd
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1726
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
memang cap bintang itu semakin dipakai semakin reliable benar adanya.
congrats mobil baru nya, kita juga pengen pelihara mercy w124 atau w210 api belum acc bu menkeu.
btw mercy ini harus 5w40 yah om? gabisa 5w30 gitu kan ada yg cap dexos tuh cocok buat mesin2 gdi
congrats mobil baru nya, kita juga pengen pelihara mercy w124 atau w210 api belum acc bu menkeu.
btw mercy ini harus 5w40 yah om? gabisa 5w30 gitu kan ada yg cap dexos tuh cocok buat mesin2 gdi
-
Pboyz97
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5137
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: 2025 Atto 1 - Public Transport
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
nice review om
mobil ini salah 1 wishlist saya buat dipelihara suatu saat nanti, apalagi tipe C200 Avg/ edition c / c250/c300 yg model FL 2011 akhir - 2014. keliatan timeless bgt & masih enak dilihat walaupun umurnya udh belasan tahun. disandingin sm w205 bahkan w206 sekalipun menurut saya gak keliatan tua sama sekali, masih good looking. mercy c-classs terbaik diera after 2000an menurut saya selain w202
dulu pas 2019 jg pernah ada di posisi om. jaman itu udh bulet mau hunting C200 avg 2011 akhir - 2014 FL, atau C250 2009-2011 pertengahan PFL. dengan kriteria harus first hand from new & odo under 50rb record, tp krn 1 dan lain hal akhirnya batal & tetep stick di jepangan walaupun sama2 seken jg hehe
mobil ini salah 1 wishlist saya buat dipelihara suatu saat nanti, apalagi tipe C200 Avg/ edition c / c250/c300 yg model FL 2011 akhir - 2014. keliatan timeless bgt & masih enak dilihat walaupun umurnya udh belasan tahun. disandingin sm w205 bahkan w206 sekalipun menurut saya gak keliatan tua sama sekali, masih good looking. mercy c-classs terbaik diera after 2000an menurut saya selain w202
dulu pas 2019 jg pernah ada di posisi om. jaman itu udh bulet mau hunting C200 avg 2011 akhir - 2014 FL, atau C250 2009-2011 pertengahan PFL. dengan kriteria harus first hand from new & odo under 50rb record, tp krn 1 dan lain hal akhirnya batal & tetep stick di jepangan walaupun sama2 seken jg hehe
'23 voxy
'24 U11
'23 BRV
'25 Atto 1
'24 U11
'23 BRV
'25 Atto 1
-
sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5999
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
Bulan lalu sempet cari jg C250FL 20111/2012.
Akhirnya ga jadi karena masih belum berani adopsi mobil yurop di Kalimantan. Haha.
Akhirnya ga jadi karena masih belum berani adopsi mobil yurop di Kalimantan. Haha.
-
mnugra
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 84
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
thanks om hehehe, rangenya kalau di buku manual luas sih om dari 5w30 - 5w50 bisa, cuma kalau 5w30 dexos kebanyakan spec nya mb229.51 / mb229.52. saya ambil tengah 5w40 karena dia spec nya 229.5 yg basenya dari acea a3/b4 yg notabene lumayan kuat proteksinyat105erd wrote: Thu Sep 18, 2025 0:16 memang cap bintang itu semakin dipakai semakin reliable benar adanya.
congrats mobil baru nya, kita juga pengen pelihara mercy w124 atau w210 api belum acc bu menkeu.
btw mercy ini harus 5w40 yah om? gabisa 5w30 gitu kan ada yg cap dexos tuh cocok buat mesin2 gdi
same goes to bmw spec yang ada LL01 dan LL04 saya pilih LL01 hehe
-
mnugra
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 84
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
Pboyz97 wrote: Thu Sep 18, 2025 1:42 nice review om
mobil ini salah 1 wishlist saya buat dipelihara suatu saat nanti, apalagi tipe C200 Avg/ edition c / c250/c300 yg model FL 2011 akhir - 2014. keliatan timeless bgt & masih enak dilihat walaupun umurnya udh belasan tahun. disandingin sm w205 bahkan w206 sekalipun menurut saya gak keliatan tua sama sekali, masih good looking. mercy c-classs terbaik diera after 2000an menurut saya selain w202
dulu pas 2019 jg pernah ada di posisi om. jaman itu udh bulet mau hunting C200 avg 2011 akhir - 2014 FL, atau C250 2009-2011 pertengahan PFL. dengan kriteria harus first hand from new & odo under 50rb record, tp krn 1 dan lain hal akhirnya batal & tetep stick di jepangan walaupun sama2 seken jg hehe
hahaha best buy sebenernya c250 FL, udah paket lengkap itu ganteng iya, kenceng iya, irit iya + fitur berlimpah. C200 bener bener minus di paddle shift & headlamp ayam lol
C300 juga enak itu, dari luar juga subtle bgt karena dia ngga amg pack, harusnya v6 kaga boong lah alus nya pasti buat long trip nikmat + ada pano, c250 kalau mau pano harus yg last edition AMG+ 2014
-
mnugra
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 84
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
waaahh iyaa, sebadak badaknya ini tetep aja kalau di daerah yg minim bengkel & ketersediaan part sih mending jepangan om peace of mind wkwkwksintoni wrote: Thu Sep 18, 2025 3:17 Bulan lalu sempet cari jg C250FL 20111/2012.
Akhirnya ga jadi karena masih belum berani adopsi mobil yurop di Kalimantan. Haha.
-
farizfsa
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3288
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
nah bener ini, beli mercy kalo dipake terus malah awet
beli km agak tinggi jg gpp itu aja udah mau nambah 12rbkm, bakal jd kaki yg penting mbl sehat
owner sebelumnya jg ga budget cautious rawat mercynya diliat dr ban yg dipakai, untung ts jg lanjutin pake barang2 bener jg
enjoy om mobilnya, mobil enak, dan badak kok (kl di pake dan di rawat terus)
beli km agak tinggi jg gpp itu aja udah mau nambah 12rbkm, bakal jd kaki yg penting mbl sehat
owner sebelumnya jg ga budget cautious rawat mercynya diliat dr ban yg dipakai, untung ts jg lanjutin pake barang2 bener jg
enjoy om mobilnya, mobil enak, dan badak kok (kl di pake dan di rawat terus)
-
stealthy
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 322
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
Wah very nice story dan sangat mirip dengan pengalaman saya, Juni 2025 kemarin juga baru memberanikan diri ambil W221 setelah hunting 2 bulanan juga dan cek hampir 10 mobil juga.mnugra wrote: Wed Sep 17, 2025 18:05 Halo para reader SM, kali ini saya mau review penghuni garasi yang udah ada selama -+ 4 bulan ini yaitu Mercedes C200 Avantgarde 2012 (W204)
Background Story
Setelah 3 tahun melihara Civic FD 2006, yang udah dibuat tempo hari reviewnya, kayanya butuh peremajaan ke mobil yang lebih muda, trust me, diluar masalah NVH khas ahond Civic merupakan mobil yang enak sekali, terpikirkan untuk tukar & naik generasi ke FB karena mekanikal & driving feel harusnya mirip dengan FD lama saya, ditambah bagian belakang yang mirip sama W204 juga bikin saya makin suka sama FB ini, cuma bertahun tahun sampai hari ini pake E46, selalu bikin standar nyaman saya ada di mobil eropa hehe.
Liat liat harga pasaran, tapi kok mirip ya harganya si FB itu sama W204, apa coba mercy aja ya? yaudah coba deh hunting mercy aja WKWK. Berbekal pengalaman nyelem di forum & komunitas pencarian difokusin ke tipe yang paling less drama yaitu tipe pre-facelift karena masih 5G-Tronic, Avantgarde Trim dan low KM
2 bulan & lebih dari 10 mobil nyari dengan kriteria diatas dari C200k, C200 CGI & C250 AMG kok belom ketemu yang sreg di hati, unit dengan KM ter rendah malah pas ngolong lumayan banyak becek oli, ada juga yang saya udah lumayan suka sama mobilnya, eh pas buka tutup oli kerak semua, intinya dari belasan unit itu saya juga jadi bisa bedain mana yang seger & ngga. Sampai saatnya saya ada ketemu unit C200K CBU 2007 dengan warna & option menarik, tapi ngga dapet ACC dari orang rumah karena umurnya cuma beda setaun sama si Civic. Sempet coba coba iseng liat 1 unit C200 FL Classic, duh kok bagus ya design interiornya, akhirnya yaudah lah nekad coba hunting yang FL lagi tapi Avantgarde. Total hunting unit buat yang FL saya cuma 3 mobil termasuk yang 1 unit Classic trim tadi.
25/04/25 Akhirnya ketemu lah C200 Avantgarde 2012 first hand warna Palladium Silver dengan KM yang ga rendah rendah amat 125k. Meski ngga sesuai kriteria awal (km tinggi, facelift & warna). Entah tp rasanya kok udah terlanjur feel duluan sama mobil yg ini.
Interior kayak baru, tombol ngga ada ngeletek, plafon kenceng & jok belom kinclong. Ownernya sangat cengli dengan ngasih semua service record Pro Motor dan bbrp bengkel spesialis dia, saya juga disarankan sama dia buat testdrive sepuasnya & bawa ke bengkel buat gencheck. Karena sepertinya lampu ijo, saya ijin buat bawa gencheck & minta scan stardiagnosis ke spesialis & hasilnya oke semua. Dari historynya juga mobil ini udah ganti ecu, racksteer, gear camshaft & kaki kaki depan belakang, seengganya part part mahal udah keganti semua. Oke nego & langsung aja deal.
Dari hasil nyelem forum, common problem buat mobil ini diantaranya camshaft adjuster, ECU, modul ABS, speed sensor, o2 sensor, kunci sedot & VGS transmisi
IMG_9940.jpg
What do I like?
Masuk kedalem interiornya, personally saya jauh lebih suka interior di versi facelift ini. Material yang kesentuh tangan semuanya empuk, fit and finish bagus, hamper ngga ada rattle menurut saya. NVH & Sound Insulation juga bagus bgt, suara luar, mesin atau ban rasanya cukup minim terdengar, oh ya untuk ban masih pake Micin Primacy 4 yang dapet dari owner sebelumnya. Versi FL juga punya Bluetooth yang bikin pengalaman denger lagu pake audio Harman Kardon nya berasa enak bgt, bass nya bulet tanpa geter geter & suara staging yang menurut saya bagus sekaliIMG_9956.jpg
Starter mobil, mesin rasanya halus sekali, putar stir & mobil ini terasa serba ringan dan effortless, tenaga dari mesin M271 1.8 Turbo + 7G Tronic rasanya udah lebih dari cukup buat sehari hari, karakter tenaganya kuat di putaran bawah, kosong bentar di Tengah & atasnya cukup jambak, sangat bukan karakter mercy wkwkw. Transmisinya juga halus, lockup nya cepet bgt, jadi ngga banyak tenaga yg kebuang & bisa lebih efisien & karena 7 Speed, cruising high speed nya enak karena rpm nya rendah
Ngomongin soal efisien, menurut saya mobil ini cukup irit, biasanya saya selalu isi pake Shell Nitro+, rute kombinasi full to full hasilnya selalu mirip mirip di 10.8 km/L-11.0km/L. Kalo dipake full toll, angka 16-17km/L bukanlah hal sulit
Tombol tombol di stir juga banyak, berguna buat mainin menu menu yang ada di speedo, bisa liat jadwal service, audio, kecepatan & setting fitur fitur kendaraan
Fitur yg bikin kangen setiap bawa mobil lain kalo abis bawa mercy itu brakehold nya, aktivasi nya seamless bgt tinggal teken rem 1 step lagi pas berenti dan langsung aktif
Dan terakhir, mobil ini AC NYA DINGIN BGT, merubah stigma saya ke ac mobil eropa yang biasanya dinginnya nyantai, di mobil ini mau abis kejemur pun dinginnya cepet bgt & nyebar ke kabin, me likey!
What are the annoying things
Ekspetasi saya hijrah ke brand Bintang ini adalah nyaman, wow ternyata salah besar. Ini mobil ternyata lumayan keras, dibanding E46 saya ngerasa kerasan ini, ini mirip mirip dengan Civic FD dengan damping yg enak sebenernya. Keras kalo handlingnya bagus sebenernya nggak apa apa, masalahnya di W204 ini bodyroll nya juga agak terasa, jadi aneh aja
Posisi duduk yg agak canggung juga buat yang kebiasa jok rebah, positifnya buat yang suka duduk commanding, di mobil ini enak, karena dashboard nya rendah, viewing angle bagus Cuma saya kurang suka yg begini wkwk, kyk bawa mpv jadinya
Dan terakhir, transmisi, loh bukannya diawal dibilang enak? Yes mobil ini transmisi nya enak banget untuk cruising santai, Cuma entah otak transmisi nya itu mikirnya kadang suka telmi bgt turun gigi, bikin ilang momentum kalau mau overtake cepet. Udah telat turun gigi, ditambah mesin turbo yg pasti ada lag, buat nyodok nyodok kadang mobil ini kerasa ga se responsive mobil NA. Dan spesifik buat C200 itu gapunya manual mode, cuma ada gear limiter aja
Cost of ownership?
26/04/25 / 126.447
H+1 sah jadi penghuni garasi, saya langsung bawa ke bengkel spesialis saya buat check ulang lagi, tune up ringan & masang bbrp sparepart yg udah saya beli duluan sebelom beli mobilnya kayak Busi, Filter Udara, Filter AC & Filter Oli. Seperti biasa kalo baru angkut mobkas, oli olian yang ada di mobil langsung ganti. Oli mesin pakai Q8 Excel Longlife 5w40 yg ada approval MB 229.5. Saya juga minta buka cover valve, penasaran isinya kayak apa, ternyata syukur jeroan mesin kinclong berarti selama ini ganti oli teratur
IMG_9937.jpg
IMG_9944.jpg4112D08F-4DB6-4002-98CF-9C66EEE9CEF2.JPG
Transmisi 722.9 / 7G-Tronic di era ini juga terkenal suka bermasalah kalo telat ganti oli, makanya sekalian preventive oli matic ikutan diganti. Pas ganti oli matic sekalian diturunin karternya buat ganti filternya & buang oli yang ada di converter juga, total hampir 9L oli baru yang masuk & hamdalah semua cairan lama nya termasuk minyak rem & oli gardan semuanya dalam kondisi baik, nunjukkin bahwa owner lamanya juga rutin maintenance. Saya ganti ulang lagi semuanya supaya historynya mulai lagi dari 0 haha. Dan sebagai preventive tambahan sekalian ganti fanbelt, barang murah yang kalo rusak dijalan bisa malah nyusahin
Beres itu semua, lanjut di coding buat unlock hidden features, L/100km to KM/L & bikin timer ventilasi ac disable
DC: 7.4 jt an
26/05/25 / 128.471
Mampir ke Beres Suri Motor buat ada technical campaign ganti airbag, sekalian minta di cek in overall kondisi mobil, beres bilang secara visual & elektrikal per hari itu no problem & mobil kondisi baik. Good
IMG_9946.jpg
DC: free
30/05/25 / 128.780
Karena ini C200 berarti headlamp masih reflector & pake halogen yang menurut saya kurang bgt terangnya macam lampu ayam. Yaudah mumpung lagi ngetes mobil ke bandung sekalian main ke Spotlight Bandung buat upgrade bohlam jadi LED
Lowbeam nya dikasih 2 opsi. Philips Ultinon 3021 (6000k) dan versi atasnya yang lebih terang Ultinon 5100 (5800k). Pas dibandingin side by side saya ngerasa yang Ultinon 5100 cahayanya lebih LED OEM look & terang dibandingin yg 3021 yg putih bgt kaya LED gantian, yasudah kita pake yang 5100 saja. Untuk high beam kita pake yang 3021 aja sayang budget wkwk. Oh ya untuk ganti LED di mobil ini perlu canbus adapter supaya ngga muncul warning di speedo. Terakhir dilanjut buat adjust arah sorot dari bohlam yang udah dipasang tadi
Selain ganti bohlam headlamp sekalian juga jajan upgrade bbrp lampu lain kayak puddle lamp yang di spion pas unlock ganti jadi LED, lampu senja juga diganti putih supaya nggak nabrak sama lowbeam yang udah putih
So far ini pembelian terbaik di mobil ini, nyetir malem jadi enak banget, serius how can ada bohlam LED dipasang di reflector tp focus & cutoff nya bisa kaya projector sehingga ga nyilauin orangIMG_9948.jpgIMG_9954 2.jpg
DC: 3.3jt
19/07/25 / 133.283
Ga berasa belom 3 bulan, odo udah mau nambah 7rb km, meski ASSYST mercy minta interval ganti oli per 8000km, saya ganti duluan aja tepatnya setelah jalan 6800km. Menu service kali ini ganti oli + filter, kuras coolant karena kemaren belom sempet & tune up bersihin intake & carbon clean karena ini mesin direct injectionCFAE5395-60B6-4DFE-A6E4-F757EAE42472.JPG
Oli nyoba pake yang agak murmer sedikit (mahal euy kyiueit), pake adnoc gold 5w40 yang udah meet MB 229.5 juga, coolant pake ori mercy yang di dilute 50:50 sama air demineral bawa sendiri.
Karena bakal bongkar intake buat dibersihin saya minta cekin part apa yang bisa preventive diganti mumpung dibongkar, saya ambil aman aja remajain part yg berurusan dengan cooling system kayak pipa heater dll, toh emang sekalian juga pas lagi buang coolant 94D158EB-7A3D-4EBA-8009-FBA9BF1C8ECE.JPG
After service mesin rasanya fresh lagi, entah ya saya ngerasa degradasi oli di mesin turbo itu jauh lebih kerasa dibanding mesin NA. Btw turun kelas ke Adnoc ternyata rasanya ngga jauh jauh amat bedanya dgn si kyiueit, tapi entah berapa lama enaknya kita pantau dulu kedepannya. Meski kayaknya next service pengen coba pake oli bawaanya yaitu Petronas 3000E
DC: 3.052.000
13/09/25 / 137.081
Ban Michelin Primacy 4 udah ada bbrp bagian yang retak halus, pengen conti MC6 barangnya ultra ghoib wkwkw, mau ganti primacy 4 lagi paling muda adanya prod 2022/23, nyari generasi penerusnya Primacy 5 barangnya susah juga yaaa?. Nanya pitstop karawaci ready nya Pilot Sport 5, sempet ragu berisik ga yaa, keras ga yaaa. Yaudah gabakal tau kalo ga nyoba wkwk, sikat 2pcs dulu buat belakang karena 2pcs lagi belom ready
First impression malah kok lebih empuk dari primacy sekilas, mungkin karena baru, road noise ngga terlalu banyak beda signifikan, kalau sama sama baru ofcourse primacy lebih nyaman harusnya, tapi pilot sport not bad juga + sidewall nya gaharrrr jumawa
DC: 4.3jt
Surprisingly untuk pemakaian tempur gini mobil reliable bgt, yes 4 bulanan pake & udah mau nambah 12rb km, almost zero problem dari kaki kaki, ac, transmisi, mesin & electrical, sisanya akan menyusul & di update kalau ada apa apa lagi hehe, thanks yang udah luangin waktu baca. Salam
After purchase nya juga mirip
- ganti semua cairan sekalian servis besar di Synergie
- karet2 jendela , wiper, dan filter AC di benz pratama
- kaca film di huper optik
- bohlam LED di WTC mangga dua
- salon & coating di Kelapa Gading
- dan terakhir ganti Primacy 5 di SM jl.Panjang
Bedanya saya baru pake paling belum ada 1rb km karena memang mobilitas deket2
Sempet ganti velg 20" juga tapi jadi keras, istri complaint....jadi sekarang nganggur
Boleh sharing kah om kalo servis dimana? dan juga untuk coding itu dimanakah? Apakah so far ngga ada impact ke lain2 kalo di coding gitu? Saya juga cuman mau yang nutup sirkulasi AC aja sih.
-
BADAK
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 6071
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
Punya saya baru beli 2bulan belum jalan 100km.farizfsa wrote: Thu Sep 18, 2025 3:49 nah bener ini, beli mercy kalo dipake terus malah awet
beli km agak tinggi jg gpp itu aja udah mau nambah 12rbkm, bakal jd kaki yg penting mbl sehat
owner sebelumnya jg ga budget cautious rawat mercynya diliat dr ban yg dipakai, untung ts jg lanjutin pake barang2 bener jg
enjoy om mobilnya, mobil enak, dan badak kok (kl di pake dan di rawat terus)
Untung masih awet² aja
-
tesna
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 978
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
congrats om mobil barunya, mantap lah ini perawatan ga main2. salah satu penyakit mercedes di gen ini adalah seal2 di radiator dan oil cooler. punya saya belum rembes sih tp dr info di internet banyak yg ngalamin ini klo rembes coolant sm oil bisa nyampur (dari oil cooler). Yang lebih parah lagi ATF sm coolant bisa nyampur (karena gen ini atf coolernya di dalem radiator) (eh tapi ini klo udah facelift mungkin ATF coolernya udah terpisah dari radiator)
btw buat om @stealthy klo coding matiin ac recirculation timer ga ngaruh ke yg lain sih sepengalaman saya. ini penting banget buat di jakarta hahaha
selain ac recirculation, rubah L/100km ke km/liter, lalu rubah jumlah sen yg nyala klo tuasnya di senggol doang, lalu sama DRL brightness pas malam (bahkan bisa dimatikan) juga. Sy jg coding accelelator pedal curve nya biar ga lemot2 bgt klo di kemacetan. di toel dikit lgs ngacir gitu...
btw buat om @stealthy klo coding matiin ac recirculation timer ga ngaruh ke yg lain sih sepengalaman saya. ini penting banget buat di jakarta hahaha
selain ac recirculation, rubah L/100km ke km/liter, lalu rubah jumlah sen yg nyala klo tuasnya di senggol doang, lalu sama DRL brightness pas malam (bahkan bisa dimatikan) juga. Sy jg coding accelelator pedal curve nya biar ga lemot2 bgt klo di kemacetan. di toel dikit lgs ngacir gitu...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
farizfsa
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3288
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
dl saya pake mercy2 itu jalan bs 60-100km perhari, mbl jd jarang rewel, jalan terus, downtime dikit.BADAK wrote: Thu Sep 18, 2025 4:35Punya saya baru beli 2bulan belum jalan 100km.farizfsa wrote: Thu Sep 18, 2025 3:49 nah bener ini, beli mercy kalo dipake terus malah awet
beli km agak tinggi jg gpp itu aja udah mau nambah 12rbkm, bakal jd kaki yg penting mbl sehat
owner sebelumnya jg ga budget cautious rawat mercynya diliat dr ban yg dipakai, untung ts jg lanjutin pake barang2 bener jg
enjoy om mobilnya, mobil enak, dan badak kok (kl di pake dan di rawat terus)
Untung masih awet² aja![]()
sekarang ada mercy 1 2019 km 60rb dan sudah pindah rumah deket kantor, sehari bolak balik cm 16km, dan diseling2n, seminggu paling jalan cm 2-3x, tp so far aman kok. cm kmrn aja ke alternator, payah deh, tp mesin matic kaki2 cenderung aman.
ini sy jg ada mbl perancis taun 2021 km 150rb alternator,, kelistrikan matic mesin kaki2 aman2 aja jalan terus. padahal pada takut org2 pake mbl perancis buat tempur
kl si mersi cm karena setahun ga sampe 6000km, jd ganti olinya ya setahun sekali aja.
-
mnugra
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 84
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
iyaa om roman roman nya bakal jd mobil kaki ini wkwkwkwk, selama mobilnya badak irit enak mah jalan terus aja, tentunya dengan proper maintenancefarizfsa wrote: Thu Sep 18, 2025 3:49 nah bener ini, beli mercy kalo dipake terus malah awet
beli km agak tinggi jg gpp itu aja udah mau nambah 12rbkm, bakal jd kaki yg penting mbl sehat
owner sebelumnya jg ga budget cautious rawat mercynya diliat dr ban yg dipakai, untung ts jg lanjutin pake barang2 bener jg
enjoy om mobilnya, mobil enak, dan badak kok (kl di pake dan di rawat terus)
-
mnugra
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 84
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
wiihh ada teman perbintangan hehe, nice choice om ambil s classstealthy wrote: Thu Sep 18, 2025 4:08Wah very nice story dan sangat mirip dengan pengalaman saya, Juni 2025 kemarin juga baru memberanikan diri ambil W221 setelah hunting 2 bulanan juga dan cek hampir 10 mobil juga.mnugra wrote: Wed Sep 17, 2025 18:05 Halo para reader SM, kali ini saya mau review penghuni garasi yang udah ada selama -+ 4 bulan ini yaitu Mercedes C200 Avantgarde 2012 (W204)
Background Story
Setelah 3 tahun melihara Civic FD 2006, yang udah dibuat tempo hari reviewnya, kayanya butuh peremajaan ke mobil yang lebih muda, trust me, diluar masalah NVH khas ahond Civic merupakan mobil yang enak sekali, terpikirkan untuk tukar & naik generasi ke FB karena mekanikal & driving feel harusnya mirip dengan FD lama saya, ditambah bagian belakang yang mirip sama W204 juga bikin saya makin suka sama FB ini, cuma bertahun tahun sampai hari ini pake E46, selalu bikin standar nyaman saya ada di mobil eropa hehe.
Liat liat harga pasaran, tapi kok mirip ya harganya si FB itu sama W204, apa coba mercy aja ya? yaudah coba deh hunting mercy aja WKWK. Berbekal pengalaman nyelem di forum & komunitas pencarian difokusin ke tipe yang paling less drama yaitu tipe pre-facelift karena masih 5G-Tronic, Avantgarde Trim dan low KM
2 bulan & lebih dari 10 mobil nyari dengan kriteria diatas dari C200k, C200 CGI & C250 AMG kok belom ketemu yang sreg di hati, unit dengan KM ter rendah malah pas ngolong lumayan banyak becek oli, ada juga yang saya udah lumayan suka sama mobilnya, eh pas buka tutup oli kerak semua, intinya dari belasan unit itu saya juga jadi bisa bedain mana yang seger & ngga. Sampai saatnya saya ada ketemu unit C200K CBU 2007 dengan warna & option menarik, tapi ngga dapet ACC dari orang rumah karena umurnya cuma beda setaun sama si Civic. Sempet coba coba iseng liat 1 unit C200 FL Classic, duh kok bagus ya design interiornya, akhirnya yaudah lah nekad coba hunting yang FL lagi tapi Avantgarde. Total hunting unit buat yang FL saya cuma 3 mobil termasuk yang 1 unit Classic trim tadi.
25/04/25 Akhirnya ketemu lah C200 Avantgarde 2012 first hand warna Palladium Silver dengan KM yang ga rendah rendah amat 125k. Meski ngga sesuai kriteria awal (km tinggi, facelift & warna). Entah tp rasanya kok udah terlanjur feel duluan sama mobil yg ini.
Interior kayak baru, tombol ngga ada ngeletek, plafon kenceng & jok belom kinclong. Ownernya sangat cengli dengan ngasih semua service record Pro Motor dan bbrp bengkel spesialis dia, saya juga disarankan sama dia buat testdrive sepuasnya & bawa ke bengkel buat gencheck. Karena sepertinya lampu ijo, saya ijin buat bawa gencheck & minta scan stardiagnosis ke spesialis & hasilnya oke semua. Dari historynya juga mobil ini udah ganti ecu, racksteer, gear camshaft & kaki kaki depan belakang, seengganya part part mahal udah keganti semua. Oke nego & langsung aja deal.
Dari hasil nyelem forum, common problem buat mobil ini diantaranya camshaft adjuster, ECU, modul ABS, speed sensor, o2 sensor, kunci sedot & VGS transmisi
IMG_9940.jpg
What do I like?
Masuk kedalem interiornya, personally saya jauh lebih suka interior di versi facelift ini. Material yang kesentuh tangan semuanya empuk, fit and finish bagus, hamper ngga ada rattle menurut saya. NVH & Sound Insulation juga bagus bgt, suara luar, mesin atau ban rasanya cukup minim terdengar, oh ya untuk ban masih pake Micin Primacy 4 yang dapet dari owner sebelumnya. Versi FL juga punya Bluetooth yang bikin pengalaman denger lagu pake audio Harman Kardon nya berasa enak bgt, bass nya bulet tanpa geter geter & suara staging yang menurut saya bagus sekaliIMG_9956.jpg
Starter mobil, mesin rasanya halus sekali, putar stir & mobil ini terasa serba ringan dan effortless, tenaga dari mesin M271 1.8 Turbo + 7G Tronic rasanya udah lebih dari cukup buat sehari hari, karakter tenaganya kuat di putaran bawah, kosong bentar di Tengah & atasnya cukup jambak, sangat bukan karakter mercy wkwkw. Transmisinya juga halus, lockup nya cepet bgt, jadi ngga banyak tenaga yg kebuang & bisa lebih efisien & karena 7 Speed, cruising high speed nya enak karena rpm nya rendah
Ngomongin soal efisien, menurut saya mobil ini cukup irit, biasanya saya selalu isi pake Shell Nitro+, rute kombinasi full to full hasilnya selalu mirip mirip di 10.8 km/L-11.0km/L. Kalo dipake full toll, angka 16-17km/L bukanlah hal sulit
Tombol tombol di stir juga banyak, berguna buat mainin menu menu yang ada di speedo, bisa liat jadwal service, audio, kecepatan & setting fitur fitur kendaraan
Fitur yg bikin kangen setiap bawa mobil lain kalo abis bawa mercy itu brakehold nya, aktivasi nya seamless bgt tinggal teken rem 1 step lagi pas berenti dan langsung aktif
Dan terakhir, mobil ini AC NYA DINGIN BGT, merubah stigma saya ke ac mobil eropa yang biasanya dinginnya nyantai, di mobil ini mau abis kejemur pun dinginnya cepet bgt & nyebar ke kabin, me likey!
What are the annoying things
Ekspetasi saya hijrah ke brand Bintang ini adalah nyaman, wow ternyata salah besar. Ini mobil ternyata lumayan keras, dibanding E46 saya ngerasa kerasan ini, ini mirip mirip dengan Civic FD dengan damping yg enak sebenernya. Keras kalo handlingnya bagus sebenernya nggak apa apa, masalahnya di W204 ini bodyroll nya juga agak terasa, jadi aneh aja
Posisi duduk yg agak canggung juga buat yang kebiasa jok rebah, positifnya buat yang suka duduk commanding, di mobil ini enak, karena dashboard nya rendah, viewing angle bagus Cuma saya kurang suka yg begini wkwk, kyk bawa mpv jadinya
Dan terakhir, transmisi, loh bukannya diawal dibilang enak? Yes mobil ini transmisi nya enak banget untuk cruising santai, Cuma entah otak transmisi nya itu mikirnya kadang suka telmi bgt turun gigi, bikin ilang momentum kalau mau overtake cepet. Udah telat turun gigi, ditambah mesin turbo yg pasti ada lag, buat nyodok nyodok kadang mobil ini kerasa ga se responsive mobil NA. Dan spesifik buat C200 itu gapunya manual mode, cuma ada gear limiter aja
Cost of ownership?
26/04/25 / 126.447
H+1 sah jadi penghuni garasi, saya langsung bawa ke bengkel spesialis saya buat check ulang lagi, tune up ringan & masang bbrp sparepart yg udah saya beli duluan sebelom beli mobilnya kayak Busi, Filter Udara, Filter AC & Filter Oli. Seperti biasa kalo baru angkut mobkas, oli olian yang ada di mobil langsung ganti. Oli mesin pakai Q8 Excel Longlife 5w40 yg ada approval MB 229.5. Saya juga minta buka cover valve, penasaran isinya kayak apa, ternyata syukur jeroan mesin kinclong berarti selama ini ganti oli teratur
IMG_9937.jpg
IMG_9944.jpg4112D08F-4DB6-4002-98CF-9C66EEE9CEF2.JPG
Transmisi 722.9 / 7G-Tronic di era ini juga terkenal suka bermasalah kalo telat ganti oli, makanya sekalian preventive oli matic ikutan diganti. Pas ganti oli matic sekalian diturunin karternya buat ganti filternya & buang oli yang ada di converter juga, total hampir 9L oli baru yang masuk & hamdalah semua cairan lama nya termasuk minyak rem & oli gardan semuanya dalam kondisi baik, nunjukkin bahwa owner lamanya juga rutin maintenance. Saya ganti ulang lagi semuanya supaya historynya mulai lagi dari 0 haha. Dan sebagai preventive tambahan sekalian ganti fanbelt, barang murah yang kalo rusak dijalan bisa malah nyusahin
Beres itu semua, lanjut di coding buat unlock hidden features, L/100km to KM/L & bikin timer ventilasi ac disable
DC: 7.4 jt an
26/05/25 / 128.471
Mampir ke Beres Suri Motor buat ada technical campaign ganti airbag, sekalian minta di cek in overall kondisi mobil, beres bilang secara visual & elektrikal per hari itu no problem & mobil kondisi baik. Good
IMG_9946.jpg
DC: free
30/05/25 / 128.780
Karena ini C200 berarti headlamp masih reflector & pake halogen yang menurut saya kurang bgt terangnya macam lampu ayam. Yaudah mumpung lagi ngetes mobil ke bandung sekalian main ke Spotlight Bandung buat upgrade bohlam jadi LED
Lowbeam nya dikasih 2 opsi. Philips Ultinon 3021 (6000k) dan versi atasnya yang lebih terang Ultinon 5100 (5800k). Pas dibandingin side by side saya ngerasa yang Ultinon 5100 cahayanya lebih LED OEM look & terang dibandingin yg 3021 yg putih bgt kaya LED gantian, yasudah kita pake yang 5100 saja. Untuk high beam kita pake yang 3021 aja sayang budget wkwk. Oh ya untuk ganti LED di mobil ini perlu canbus adapter supaya ngga muncul warning di speedo. Terakhir dilanjut buat adjust arah sorot dari bohlam yang udah dipasang tadi
Selain ganti bohlam headlamp sekalian juga jajan upgrade bbrp lampu lain kayak puddle lamp yang di spion pas unlock ganti jadi LED, lampu senja juga diganti putih supaya nggak nabrak sama lowbeam yang udah putih
So far ini pembelian terbaik di mobil ini, nyetir malem jadi enak banget, serius how can ada bohlam LED dipasang di reflector tp focus & cutoff nya bisa kaya projector sehingga ga nyilauin orangIMG_9948.jpgIMG_9954 2.jpg
DC: 3.3jt
19/07/25 / 133.283
Ga berasa belom 3 bulan, odo udah mau nambah 7rb km, meski ASSYST mercy minta interval ganti oli per 8000km, saya ganti duluan aja tepatnya setelah jalan 6800km. Menu service kali ini ganti oli + filter, kuras coolant karena kemaren belom sempet & tune up bersihin intake & carbon clean karena ini mesin direct injectionCFAE5395-60B6-4DFE-A6E4-F757EAE42472.JPG
Oli nyoba pake yang agak murmer sedikit (mahal euy kyiueit), pake adnoc gold 5w40 yang udah meet MB 229.5 juga, coolant pake ori mercy yang di dilute 50:50 sama air demineral bawa sendiri.
Karena bakal bongkar intake buat dibersihin saya minta cekin part apa yang bisa preventive diganti mumpung dibongkar, saya ambil aman aja remajain part yg berurusan dengan cooling system kayak pipa heater dll, toh emang sekalian juga pas lagi buang coolant 94D158EB-7A3D-4EBA-8009-FBA9BF1C8ECE.JPG
After service mesin rasanya fresh lagi, entah ya saya ngerasa degradasi oli di mesin turbo itu jauh lebih kerasa dibanding mesin NA. Btw turun kelas ke Adnoc ternyata rasanya ngga jauh jauh amat bedanya dgn si kyiueit, tapi entah berapa lama enaknya kita pantau dulu kedepannya. Meski kayaknya next service pengen coba pake oli bawaanya yaitu Petronas 3000E
DC: 3.052.000
13/09/25 / 137.081
Ban Michelin Primacy 4 udah ada bbrp bagian yang retak halus, pengen conti MC6 barangnya ultra ghoib wkwkw, mau ganti primacy 4 lagi paling muda adanya prod 2022/23, nyari generasi penerusnya Primacy 5 barangnya susah juga yaaa?. Nanya pitstop karawaci ready nya Pilot Sport 5, sempet ragu berisik ga yaa, keras ga yaaa. Yaudah gabakal tau kalo ga nyoba wkwk, sikat 2pcs dulu buat belakang karena 2pcs lagi belom ready
First impression malah kok lebih empuk dari primacy sekilas, mungkin karena baru, road noise ngga terlalu banyak beda signifikan, kalau sama sama baru ofcourse primacy lebih nyaman harusnya, tapi pilot sport not bad juga + sidewall nya gaharrrr jumawa
DC: 4.3jt
Surprisingly untuk pemakaian tempur gini mobil reliable bgt, yes 4 bulanan pake & udah mau nambah 12rb km, almost zero problem dari kaki kaki, ac, transmisi, mesin & electrical, sisanya akan menyusul & di update kalau ada apa apa lagi hehe, thanks yang udah luangin waktu baca. Salam
After purchase nya juga mirip
- ganti semua cairan sekalian servis besar di Synergie
- karet2 jendela , wiper, dan filter AC di benz pratama
- kaca film di huper optik
- bohlam LED di WTC mangga dua
- salon & coating di Kelapa Gading
- dan terakhir ganti Primacy 5 di SM jl.Panjang
Bedanya saya baru pake paling belum ada 1rb km karena memang mobilitas deket2
Sempet ganti velg 20" juga tapi jadi keras, istri complaint....jadi sekarang nganggur
Boleh sharing kah om kalo servis dimana? dan juga untuk coding itu dimanakah? Apakah so far ngga ada impact ke lain2 kalo di coding gitu? Saya juga cuman mau yang nutup sirkulasi AC aja sih.
saya service pertama di veamar auto benz lebak bulus, lalu kedua di KMW autoworks jalan panjang. keduanya menurut saya oke & paham seluk beluk mercedes, specially untuk KMW yg basicnya itu bengkel umum sebenernya jd bisa terima merk lain
untuk coding saya di veamar sekalian servis pertama, yg di coding itu 5x one touch turn signal, display auto ac, l/100 to km/l dan yg si auto recirculation itu. harusnya sih coding gini ngga impact ke yg lain karena emg option nya udah di sediain dari sananya
btw primacy 5 enak yah om?? duh pengen sebenernya tapi udh kepalang ambil ps5
-
mnugra
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 84
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
iyaaa om pengalaman di bmw juga begini wkwkw & dulu pernah kejadian nyampur grgr oil cooler, next buat si merc ini juga bakal saya preventive ganti sblm kejadian wkwkw, buat sekarang paling saya rutin cek coolant aja tiap minggu buat antisipasi & pake coolant yg bagus supaya oil coolernya awettesna wrote: Thu Sep 18, 2025 4:53 congrats om mobil barunya, mantap lah ini perawatan ga main2. salah satu penyakit mercedes di gen ini adalah seal2 di radiator dan oil cooler. punya saya belum rembes sih tp dr info di internet banyak yg ngalamin ini klo rembes coolant sm oil bisa nyampur (dari oil cooler). Yang lebih parah lagi ATF sm coolant bisa nyampur (karena gen ini atf coolernya di dalem radiator) (eh tapi ini klo udah facelift mungkin ATF coolernya udah terpisah dari radiator)
btw buat om @stealthy klo coding matiin ac recirculation timer ga ngaruh ke yg lain sih sepengalaman saya. ini penting banget buat di jakarta hahaha
selain ac recirculation, rubah L/100km ke km/liter, lalu rubah jumlah sen yg nyala klo tuasnya di senggol doang, lalu sama DRL brightness pas malam (bahkan bisa dimatikan) juga. Sy jg coding accelelator pedal curve nya biar ga lemot2 bgt klo di kemacetan. di toel dikit lgs ngacir gitu...
IMG_1478.jpgIMG_1483.jpgIMG_1484.jpgPXL_20231231_053417290.MP.jpg
eh btw throttle response bisa di coding ya baru tau? kayanya butuh nih, kadang ngerasa ini mobil udah drive by wire tp respon gas nya kaya mercy tua yg kudu di gas dalem HAHAHA
-
mnugra
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 84
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
bener ya om makin sering jalan malah fresh terus mobil, ini juga 204 tiap hari pp kantor kayanya -+ 110km an, full toll pula, happy lah lebih enak + jauh lebih irit dibanding e46 buat commuting daily ginifarizfsa wrote: Thu Sep 18, 2025 5:03dl saya pake mercy2 itu jalan bs 60-100km perhari, mbl jd jarang rewel, jalan terus, downtime dikit.BADAK wrote: Thu Sep 18, 2025 4:35Punya saya baru beli 2bulan belum jalan 100km.farizfsa wrote: Thu Sep 18, 2025 3:49 nah bener ini, beli mercy kalo dipake terus malah awet
beli km agak tinggi jg gpp itu aja udah mau nambah 12rbkm, bakal jd kaki yg penting mbl sehat
owner sebelumnya jg ga budget cautious rawat mercynya diliat dr ban yg dipakai, untung ts jg lanjutin pake barang2 bener jg
enjoy om mobilnya, mobil enak, dan badak kok (kl di pake dan di rawat terus)
Untung masih awet² aja![]()
sekarang ada mercy 1 2019 km 60rb dan sudah pindah rumah deket kantor, sehari bolak balik cm 16km, dan diseling2n, seminggu paling jalan cm 2-3x, tp so far aman kok. cm kmrn aja ke alternator, payah deh, tp mesin matic kaki2 cenderung aman.
ini sy jg ada mbl perancis taun 2021 km 150rb alternator,, kelistrikan matic mesin kaki2 aman2 aja jalan terus. padahal pada takut org2 pake mbl perancis buat tempur
kl si mersi cm karena setahun ga sampe 6000km, jd ganti olinya ya setahun sekali aja.
altenator sih kalo lagi apes bgt di mobil eropa gini karena dia nyuplai listrik ga stabil bisa nyerang modul takutnya, semoga om nya ngga, bulan kemarin sy di e46 juga perkara alternator itu speedo nyala semua sampe ke gearbox, dsc abs dll. untungnya pas alternator diganti semuanya aman lagi
-
dandelion001
- Visitor

- Posts: 2
- Joined: Tue Sep 16, 2025 9:39
- Location: Jawa Timur
Minta Saran BRV n7x Sensing 2024 vs Grand Vitara 2024 GX
Halo para reader SM
Ane rencana mau beli mobil dan galau antara mau beli BRV yang secara fungsi cocok buat family car. Sedangkan Grand Vitara suka banget sama desain + sunroofnya.
Kebetulan ini mobil pertama ane, kira-kira apa ya yang perlu dilihat-lihat lagi
Mohon sarannya suhu2 SM
Ane rencana mau beli mobil dan galau antara mau beli BRV yang secara fungsi cocok buat family car. Sedangkan Grand Vitara suka banget sama desain + sunroofnya.
Kebetulan ini mobil pertama ane, kira-kira apa ya yang perlu dilihat-lihat lagi
Mohon sarannya suhu2 SM
-
Jan07
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 446
- Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
Waah om baru aja saya mau bikin reviewnya di SM C200 avantgarde facelift 2012 juga hahaha. Warnanya sama lagi Palladium Silver
. Btw, nice review om 
Kebetulan mobilnya lg mau dijual om hahahaa
Kebetulan mobilnya lg mau dijual om hahahaa
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
farizfsa
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3288
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
nah enak kalo mbl sering kena toll, seger mesinnya haha. sy skrg full dalkot, 8km jalan itu bisa 30menitan. sebulan 3x saya pulang nya muterin toll dr 8km jd 30km. mesin direct injection soalnya gampang carbon deposit, sering kena macet bisa parah itu, oli harus bagus jg.mnugra wrote: Thu Sep 18, 2025 5:35bener ya om makin sering jalan malah fresh terus mobil, ini juga 204 tiap hari pp kantor kayanya -+ 110km an, full toll pula, happy lah lebih enak + jauh lebih irit dibanding e46 buat commuting daily ginifarizfsa wrote: Thu Sep 18, 2025 5:03dl saya pake mercy2 itu jalan bs 60-100km perhari, mbl jd jarang rewel, jalan terus, downtime dikit.BADAK wrote: Thu Sep 18, 2025 4:35
Punya saya baru beli 2bulan belum jalan 100km.
Untung masih awet² aja![]()
sekarang ada mercy 1 2019 km 60rb dan sudah pindah rumah deket kantor, sehari bolak balik cm 16km, dan diseling2n, seminggu paling jalan cm 2-3x, tp so far aman kok. cm kmrn aja ke alternator, payah deh, tp mesin matic kaki2 cenderung aman.
ini sy jg ada mbl perancis taun 2021 km 150rb alternator,, kelistrikan matic mesin kaki2 aman2 aja jalan terus. padahal pada takut org2 pake mbl perancis buat tempur
kl si mersi cm karena setahun ga sampe 6000km, jd ganti olinya ya setahun sekali aja.
altenator sih kalo lagi apes bgt di mobil eropa gini karena dia nyuplai listrik ga stabil bisa nyerang modul takutnya, semoga om nya ngga, bulan kemarin sy di e46 juga perkara alternator itu speedo nyala semua sampe ke gearbox, dsc abs dll. untungnya pas alternator diganti semuanya aman lagi
sy jg perlu2 coding mercy nya nih, kmrn coding dimana? setidkanya tutup ventilasi ac deh permanen.
-
mnugra
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 84
- Joined: Sat Jul 04, 2015 7:43
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
niceee om kembaran salam kenal, grill nya udah ganti yaa hehehe, ini yg ada di ig bikin konten sama c230 amg yaJan07 wrote: Thu Sep 18, 2025 5:53 Waah om baru aja saya mau bikin reviewnya di SM C200 avantgarde facelift 2012 juga hahaha. Warnanya sama lagi Palladium Silver. Btw, nice review om
Kebetulan mobilnya lg mau dijual om hahahaa
-
stealthy
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 322
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
Hi om Tesna salam kenal, saya juga ngikutin postingan om di thread W212, salah satu sumber ilmu dan terinspirasi sama totalitas om Tesna buat nerusin rawat W212 ex bokap yah.tesna wrote: Thu Sep 18, 2025 4:53 congrats om mobil barunya, mantap lah ini perawatan ga main2. salah satu penyakit mercedes di gen ini adalah seal2 di radiator dan oil cooler. punya saya belum rembes sih tp dr info di internet banyak yg ngalamin ini klo rembes coolant sm oil bisa nyampur (dari oil cooler). Yang lebih parah lagi ATF sm coolant bisa nyampur (karena gen ini atf coolernya di dalem radiator) (eh tapi ini klo udah facelift mungkin ATF coolernya udah terpisah dari radiator)
btw buat om @stealthy klo coding matiin ac recirculation timer ga ngaruh ke yg lain sih sepengalaman saya. ini penting banget buat di jakarta hahaha
selain ac recirculation, rubah L/100km ke km/liter, lalu rubah jumlah sen yg nyala klo tuasnya di senggol doang, lalu sama DRL brightness pas malam (bahkan bisa dimatikan) juga. Sy jg coding accelelator pedal curve nya biar ga lemot2 bgt klo di kemacetan. di toel dikit lgs ngacir gitu...
IMG_1478.jpgIMG_1483.jpgIMG_1484.jpgPXL_20231231_053417290.MP.jpg
Kalo om di Jakarta kapan2 ijin ajak ngopi ya sekalian berguru sama om Tesna
-
tesna
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 978
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
iya tadinya saya udah mau ganti, cici di kurnia jaya blg ih sayang atuh, mesin masih kering gitu ga ada rembes apa2. mendingan rajin di cek coolant aja, dia itu klo rembes ada tanda2 koq ga langsung brodol gitu. coolant udah pake mb punyamnugra wrote: Thu Sep 18, 2025 5:23 iyaaa om pengalaman di bmw juga begini wkwkw & dulu pernah kejadian nyampur grgr oil cooler, next buat si merc ini juga bakal saya preventive ganti sblm kejadian wkwkw, buat sekarang paling saya rutin cek coolant aja tiap minggu buat antisipasi & pake coolant yg bagus supaya oil coolernya awet
eh btw throttle response bisa di coding ya baru tau? kayanya butuh nih, kadang ngerasa ini mobil udah drive by wire tp respon gas nya kaya mercy tua yg kudu di gas dalem HAHAHA
iya throttle response bisa di coding, saya cuman naikin 1 level aja dari std. Stdnya ga enak bgt di kemacetan, mau jalan harus butuh tenaga bgt buat injek pedal... detailnya di https://mbworld.org/forums/c-class-w204 ... delay.html
saya cuman rubah settingan di nomer 2 (pedal curve parameter)
tapi mulai gen w213, throttle response nya udah ok ga perlu injek dalem2 kayak w212 std.
salam kenal jg om, waduh saya juga masih banyak belajar om, newbie juga sm mobil hahahaha. saya di jkt koq. boleh lah kapan2 ngupi saling belajarstealthy wrote: Thu Sep 18, 2025 6:58
Hi om Tesna salam kenal, saya juga ngikutin postingan om di thread W212, salah satu sumber ilmu dan terinspirasi sama totalitas om Tesna buat nerusin rawat W212 ex bokap yah.
Kalo om di Jakarta kapan2 ijin ajak ngopi ya sekalian berguru sama om Tesna
W212 M272 '10
AN140 2GD '18
AN140 2GD '18
-
stealthy
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 322
- Joined: Fri Mar 13, 2015 4:14
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
Noted om referensi bengkel nya, sementar mau perbanyak referensi bengkel2 spesialis yang ok, soalnya rencana mau disimpen lama W221 nya.mnugra wrote: Thu Sep 18, 2025 5:19wiihh ada teman perbintangan hehe, nice choice om ambil s classstealthy wrote: Thu Sep 18, 2025 4:08Wah very nice story dan sangat mirip dengan pengalaman saya, Juni 2025 kemarin juga baru memberanikan diri ambil W221 setelah hunting 2 bulanan juga dan cek hampir 10 mobil juga.mnugra wrote: Wed Sep 17, 2025 18:05 Halo para reader SM, kali ini saya mau review penghuni garasi yang udah ada selama -+ 4 bulan ini yaitu Mercedes C200 Avantgarde 2012 (W204)
Background Story
Setelah 3 tahun melihara Civic FD 2006, yang udah dibuat tempo hari reviewnya, kayanya butuh peremajaan ke mobil yang lebih muda, trust me, diluar masalah NVH khas ahond Civic merupakan mobil yang enak sekali, terpikirkan untuk tukar & naik generasi ke FB karena mekanikal & driving feel harusnya mirip dengan FD lama saya, ditambah bagian belakang yang mirip sama W204 juga bikin saya makin suka sama FB ini, cuma bertahun tahun sampai hari ini pake E46, selalu bikin standar nyaman saya ada di mobil eropa hehe.
Liat liat harga pasaran, tapi kok mirip ya harganya si FB itu sama W204, apa coba mercy aja ya? yaudah coba deh hunting mercy aja WKWK. Berbekal pengalaman nyelem di forum & komunitas pencarian difokusin ke tipe yang paling less drama yaitu tipe pre-facelift karena masih 5G-Tronic, Avantgarde Trim dan low KM
2 bulan & lebih dari 10 mobil nyari dengan kriteria diatas dari C200k, C200 CGI & C250 AMG kok belom ketemu yang sreg di hati, unit dengan KM ter rendah malah pas ngolong lumayan banyak becek oli, ada juga yang saya udah lumayan suka sama mobilnya, eh pas buka tutup oli kerak semua, intinya dari belasan unit itu saya juga jadi bisa bedain mana yang seger & ngga. Sampai saatnya saya ada ketemu unit C200K CBU 2007 dengan warna & option menarik, tapi ngga dapet ACC dari orang rumah karena umurnya cuma beda setaun sama si Civic. Sempet coba coba iseng liat 1 unit C200 FL Classic, duh kok bagus ya design interiornya, akhirnya yaudah lah nekad coba hunting yang FL lagi tapi Avantgarde. Total hunting unit buat yang FL saya cuma 3 mobil termasuk yang 1 unit Classic trim tadi.
25/04/25 Akhirnya ketemu lah C200 Avantgarde 2012 first hand warna Palladium Silver dengan KM yang ga rendah rendah amat 125k. Meski ngga sesuai kriteria awal (km tinggi, facelift & warna). Entah tp rasanya kok udah terlanjur feel duluan sama mobil yg ini.
Interior kayak baru, tombol ngga ada ngeletek, plafon kenceng & jok belom kinclong. Ownernya sangat cengli dengan ngasih semua service record Pro Motor dan bbrp bengkel spesialis dia, saya juga disarankan sama dia buat testdrive sepuasnya & bawa ke bengkel buat gencheck. Karena sepertinya lampu ijo, saya ijin buat bawa gencheck & minta scan stardiagnosis ke spesialis & hasilnya oke semua. Dari historynya juga mobil ini udah ganti ecu, racksteer, gear camshaft & kaki kaki depan belakang, seengganya part part mahal udah keganti semua. Oke nego & langsung aja deal.
Dari hasil nyelem forum, common problem buat mobil ini diantaranya camshaft adjuster, ECU, modul ABS, speed sensor, o2 sensor, kunci sedot & VGS transmisi
IMG_9940.jpg
What do I like?
Masuk kedalem interiornya, personally saya jauh lebih suka interior di versi facelift ini. Material yang kesentuh tangan semuanya empuk, fit and finish bagus, hamper ngga ada rattle menurut saya. NVH & Sound Insulation juga bagus bgt, suara luar, mesin atau ban rasanya cukup minim terdengar, oh ya untuk ban masih pake Micin Primacy 4 yang dapet dari owner sebelumnya. Versi FL juga punya Bluetooth yang bikin pengalaman denger lagu pake audio Harman Kardon nya berasa enak bgt, bass nya bulet tanpa geter geter & suara staging yang menurut saya bagus sekaliIMG_9956.jpg
Starter mobil, mesin rasanya halus sekali, putar stir & mobil ini terasa serba ringan dan effortless, tenaga dari mesin M271 1.8 Turbo + 7G Tronic rasanya udah lebih dari cukup buat sehari hari, karakter tenaganya kuat di putaran bawah, kosong bentar di Tengah & atasnya cukup jambak, sangat bukan karakter mercy wkwkw. Transmisinya juga halus, lockup nya cepet bgt, jadi ngga banyak tenaga yg kebuang & bisa lebih efisien & karena 7 Speed, cruising high speed nya enak karena rpm nya rendah
Ngomongin soal efisien, menurut saya mobil ini cukup irit, biasanya saya selalu isi pake Shell Nitro+, rute kombinasi full to full hasilnya selalu mirip mirip di 10.8 km/L-11.0km/L. Kalo dipake full toll, angka 16-17km/L bukanlah hal sulit
Tombol tombol di stir juga banyak, berguna buat mainin menu menu yang ada di speedo, bisa liat jadwal service, audio, kecepatan & setting fitur fitur kendaraan
Fitur yg bikin kangen setiap bawa mobil lain kalo abis bawa mercy itu brakehold nya, aktivasi nya seamless bgt tinggal teken rem 1 step lagi pas berenti dan langsung aktif
Dan terakhir, mobil ini AC NYA DINGIN BGT, merubah stigma saya ke ac mobil eropa yang biasanya dinginnya nyantai, di mobil ini mau abis kejemur pun dinginnya cepet bgt & nyebar ke kabin, me likey!
What are the annoying things
Ekspetasi saya hijrah ke brand Bintang ini adalah nyaman, wow ternyata salah besar. Ini mobil ternyata lumayan keras, dibanding E46 saya ngerasa kerasan ini, ini mirip mirip dengan Civic FD dengan damping yg enak sebenernya. Keras kalo handlingnya bagus sebenernya nggak apa apa, masalahnya di W204 ini bodyroll nya juga agak terasa, jadi aneh aja
Posisi duduk yg agak canggung juga buat yang kebiasa jok rebah, positifnya buat yang suka duduk commanding, di mobil ini enak, karena dashboard nya rendah, viewing angle bagus Cuma saya kurang suka yg begini wkwk, kyk bawa mpv jadinya
Dan terakhir, transmisi, loh bukannya diawal dibilang enak? Yes mobil ini transmisi nya enak banget untuk cruising santai, Cuma entah otak transmisi nya itu mikirnya kadang suka telmi bgt turun gigi, bikin ilang momentum kalau mau overtake cepet. Udah telat turun gigi, ditambah mesin turbo yg pasti ada lag, buat nyodok nyodok kadang mobil ini kerasa ga se responsive mobil NA. Dan spesifik buat C200 itu gapunya manual mode, cuma ada gear limiter aja
Cost of ownership?
26/04/25 / 126.447
H+1 sah jadi penghuni garasi, saya langsung bawa ke bengkel spesialis saya buat check ulang lagi, tune up ringan & masang bbrp sparepart yg udah saya beli duluan sebelom beli mobilnya kayak Busi, Filter Udara, Filter AC & Filter Oli. Seperti biasa kalo baru angkut mobkas, oli olian yang ada di mobil langsung ganti. Oli mesin pakai Q8 Excel Longlife 5w40 yg ada approval MB 229.5. Saya juga minta buka cover valve, penasaran isinya kayak apa, ternyata syukur jeroan mesin kinclong berarti selama ini ganti oli teratur
IMG_9937.jpg
IMG_9944.jpg4112D08F-4DB6-4002-98CF-9C66EEE9CEF2.JPG
Transmisi 722.9 / 7G-Tronic di era ini juga terkenal suka bermasalah kalo telat ganti oli, makanya sekalian preventive oli matic ikutan diganti. Pas ganti oli matic sekalian diturunin karternya buat ganti filternya & buang oli yang ada di converter juga, total hampir 9L oli baru yang masuk & hamdalah semua cairan lama nya termasuk minyak rem & oli gardan semuanya dalam kondisi baik, nunjukkin bahwa owner lamanya juga rutin maintenance. Saya ganti ulang lagi semuanya supaya historynya mulai lagi dari 0 haha. Dan sebagai preventive tambahan sekalian ganti fanbelt, barang murah yang kalo rusak dijalan bisa malah nyusahin
Beres itu semua, lanjut di coding buat unlock hidden features, L/100km to KM/L & bikin timer ventilasi ac disable
DC: 7.4 jt an
26/05/25 / 128.471
Mampir ke Beres Suri Motor buat ada technical campaign ganti airbag, sekalian minta di cek in overall kondisi mobil, beres bilang secara visual & elektrikal per hari itu no problem & mobil kondisi baik. Good
IMG_9946.jpg
DC: free
30/05/25 / 128.780
Karena ini C200 berarti headlamp masih reflector & pake halogen yang menurut saya kurang bgt terangnya macam lampu ayam. Yaudah mumpung lagi ngetes mobil ke bandung sekalian main ke Spotlight Bandung buat upgrade bohlam jadi LED
Lowbeam nya dikasih 2 opsi. Philips Ultinon 3021 (6000k) dan versi atasnya yang lebih terang Ultinon 5100 (5800k). Pas dibandingin side by side saya ngerasa yang Ultinon 5100 cahayanya lebih LED OEM look & terang dibandingin yg 3021 yg putih bgt kaya LED gantian, yasudah kita pake yang 5100 saja. Untuk high beam kita pake yang 3021 aja sayang budget wkwk. Oh ya untuk ganti LED di mobil ini perlu canbus adapter supaya ngga muncul warning di speedo. Terakhir dilanjut buat adjust arah sorot dari bohlam yang udah dipasang tadi
Selain ganti bohlam headlamp sekalian juga jajan upgrade bbrp lampu lain kayak puddle lamp yang di spion pas unlock ganti jadi LED, lampu senja juga diganti putih supaya nggak nabrak sama lowbeam yang udah putih
So far ini pembelian terbaik di mobil ini, nyetir malem jadi enak banget, serius how can ada bohlam LED dipasang di reflector tp focus & cutoff nya bisa kaya projector sehingga ga nyilauin orangIMG_9948.jpgIMG_9954 2.jpg
DC: 3.3jt
19/07/25 / 133.283
Ga berasa belom 3 bulan, odo udah mau nambah 7rb km, meski ASSYST mercy minta interval ganti oli per 8000km, saya ganti duluan aja tepatnya setelah jalan 6800km. Menu service kali ini ganti oli + filter, kuras coolant karena kemaren belom sempet & tune up bersihin intake & carbon clean karena ini mesin direct injectionCFAE5395-60B6-4DFE-A6E4-F757EAE42472.JPG
Oli nyoba pake yang agak murmer sedikit (mahal euy kyiueit), pake adnoc gold 5w40 yang udah meet MB 229.5 juga, coolant pake ori mercy yang di dilute 50:50 sama air demineral bawa sendiri.
Karena bakal bongkar intake buat dibersihin saya minta cekin part apa yang bisa preventive diganti mumpung dibongkar, saya ambil aman aja remajain part yg berurusan dengan cooling system kayak pipa heater dll, toh emang sekalian juga pas lagi buang coolant 94D158EB-7A3D-4EBA-8009-FBA9BF1C8ECE.JPG
After service mesin rasanya fresh lagi, entah ya saya ngerasa degradasi oli di mesin turbo itu jauh lebih kerasa dibanding mesin NA. Btw turun kelas ke Adnoc ternyata rasanya ngga jauh jauh amat bedanya dgn si kyiueit, tapi entah berapa lama enaknya kita pantau dulu kedepannya. Meski kayaknya next service pengen coba pake oli bawaanya yaitu Petronas 3000E
DC: 3.052.000
13/09/25 / 137.081
Ban Michelin Primacy 4 udah ada bbrp bagian yang retak halus, pengen conti MC6 barangnya ultra ghoib wkwkw, mau ganti primacy 4 lagi paling muda adanya prod 2022/23, nyari generasi penerusnya Primacy 5 barangnya susah juga yaaa?. Nanya pitstop karawaci ready nya Pilot Sport 5, sempet ragu berisik ga yaa, keras ga yaaa. Yaudah gabakal tau kalo ga nyoba wkwk, sikat 2pcs dulu buat belakang karena 2pcs lagi belom ready
First impression malah kok lebih empuk dari primacy sekilas, mungkin karena baru, road noise ngga terlalu banyak beda signifikan, kalau sama sama baru ofcourse primacy lebih nyaman harusnya, tapi pilot sport not bad juga + sidewall nya gaharrrr jumawa
DC: 4.3jt
Surprisingly untuk pemakaian tempur gini mobil reliable bgt, yes 4 bulanan pake & udah mau nambah 12rb km, almost zero problem dari kaki kaki, ac, transmisi, mesin & electrical, sisanya akan menyusul & di update kalau ada apa apa lagi hehe, thanks yang udah luangin waktu baca. Salam
After purchase nya juga mirip
- ganti semua cairan sekalian servis besar di Synergie
- karet2 jendela , wiper, dan filter AC di benz pratama
- kaca film di huper optik
- bohlam LED di WTC mangga dua
- salon & coating di Kelapa Gading
- dan terakhir ganti Primacy 5 di SM jl.Panjang
Bedanya saya baru pake paling belum ada 1rb km karena memang mobilitas deket2
Sempet ganti velg 20" juga tapi jadi keras, istri complaint....jadi sekarang nganggur
Boleh sharing kah om kalo servis dimana? dan juga untuk coding itu dimanakah? Apakah so far ngga ada impact ke lain2 kalo di coding gitu? Saya juga cuman mau yang nutup sirkulasi AC aja sih.
saya service pertama di veamar auto benz lebak bulus, lalu kedua di KMW autoworks jalan panjang. keduanya menurut saya oke & paham seluk beluk mercedes, specially untuk KMW yg basicnya itu bengkel umum sebenernya jd bisa terima merk lain
untuk coding saya di veamar sekalian servis pertama, yg di coding itu 5x one touch turn signal, display auto ac, l/100 to km/l dan yg si auto recirculation itu. harusnya sih coding gini ngga impact ke yg lain karena emg option nya udah di sediain dari sananya
btw primacy 5 enak yah om?? duh pengen sebenernya tapi udh kepalang ambil ps5
Primacy 5 ya....itu sebetulnya saya gatel mata aja karena pas beli dapet nya Accelera, padahal baru umur 3-4 bulan (produksi end of 2024 atau very early 2025 kalo ga salah inget).
Kebetulan saya juga ganti dari profil 255/50 jadi 245/55, jadi memang lebih tebal.
Considering baca review dari Primacy 5 yang katanya top performer untuk ukuran ban comfort, ya saya berharap banyak sih, apalagi ganti nya kan dari accelera.
In short sih conclusion nya, iya lebih empuk, iya lebih senyap, tapi ya ngga sampe bumi dan langit.
-
farizfsa
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3288
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
Percayalah, ban mahal dan bagus seperti primacy itu akan lebih enak apa lg di mobil w221.stealthy wrote: Thu Sep 18, 2025 9:24Noted om referensi bengkel nya, sementar mau perbanyak referensi bengkel2 spesialis yang ok, soalnya rencana mau disimpen lama W221 nya.mnugra wrote: Thu Sep 18, 2025 5:19wiihh ada teman perbintangan hehe, nice choice om ambil s classstealthy wrote: Thu Sep 18, 2025 4:08
Wah very nice story dan sangat mirip dengan pengalaman saya, Juni 2025 kemarin juga baru memberanikan diri ambil W221 setelah hunting 2 bulanan juga dan cek hampir 10 mobil juga.
After purchase nya juga mirip
- ganti semua cairan sekalian servis besar di Synergie
- karet2 jendela , wiper, dan filter AC di benz pratama
- kaca film di huper optik
- bohlam LED di WTC mangga dua
- salon & coating di Kelapa Gading
- dan terakhir ganti Primacy 5 di SM jl.Panjang
Bedanya saya baru pake paling belum ada 1rb km karena memang mobilitas deket2
Sempet ganti velg 20" juga tapi jadi keras, istri complaint....jadi sekarang nganggur
Boleh sharing kah om kalo servis dimana? dan juga untuk coding itu dimanakah? Apakah so far ngga ada impact ke lain2 kalo di coding gitu? Saya juga cuman mau yang nutup sirkulasi AC aja sih.
saya service pertama di veamar auto benz lebak bulus, lalu kedua di KMW autoworks jalan panjang. keduanya menurut saya oke & paham seluk beluk mercedes, specially untuk KMW yg basicnya itu bengkel umum sebenernya jd bisa terima merk lain
untuk coding saya di veamar sekalian servis pertama, yg di coding itu 5x one touch turn signal, display auto ac, l/100 to km/l dan yg si auto recirculation itu. harusnya sih coding gini ngga impact ke yg lain karena emg option nya udah di sediain dari sananya
btw primacy 5 enak yah om?? duh pengen sebenernya tapi udh kepalang ambil ps5
Primacy 5 ya....itu sebetulnya saya gatel mata aja karena pas beli dapet nya Accelera, padahal baru umur 3-4 bulan (produksi end of 2024 atau very early 2025 kalo ga salah inget).
Kebetulan saya juga ganti dari profil 255/50 jadi 245/55, jadi memang lebih tebal.
Considering baca review dari Primacy 5 yang katanya top performer untuk ukuran ban comfort, ya saya berharap banyak sih, apalagi ganti nya kan dari accelera.
In short sih conclusion nya, iya lebih empuk, iya lebih senyap, tapi ya ngga sampe bumi dan langit.
Sy pakai hankook evo suv di volvo vs pakai primacy suv di glc, gelinding dan halusnya lumayan jauh beda haha
-
Asfur
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 857
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: W204 C200 FL AVG Owning Experience
Perihal mobil eropa kalo jarang dipake jadi rewel sih kayaknya lantaran pemilik sblmnya emang udah ngk ngerawat mobil jadi gitu pindah tangan ke owner berikutnya jadi banyak trabel. pengalaman dulu piara w204 dipake cuman wiken/libur atau libur kantor setahun plg jalan 3000 max kadang malah 2000, ini skrg pake w212 juga sama setaon plg jalan 2000 an krn yah emang dipakenya dalkot wiken/libur doang. Kadang malah bisa 2 wiken ngk keluar tuh mobil, tp rutin panasin tiap wiken. mobilnya oke2 aja tuh ngk ada problem.

