Tanya : Toyota Corona Absolute '93-'97
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
Tanya : Toyota Corona Absolute '93-'97
ada yang udah pernah naik Toyota Corona Absolute keluaran '93-'97 ?
apa kelebihan & kelemahannya ?
gimana harga spare part-nya dibandingkan dengan Corolla yang seumur ?
apa kelebihan & kelemahannya ?
gimana harga spare part-nya dibandingkan dengan Corolla yang seumur ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Wuuuiiiih ini salah satu boil favorit saya....
Udah pernah saya bahas juga sama rekan2 lain sbenernya.......malah saya pernah upload foto kembaran Eropanya, Carina.
Boil ini kalo dipakai mantap deh! Berikut plus minusnya:
Kelebihan:
1. Performa. Tarikan kencang, kalo buat ngebut di tol bisa tembus 200km/h buat mesin 2000cc terawat
2. Interior legaa......very spacious...buat orang bertinggi 175-185cm masih bisa duduk nyaman di jok belakangnya.....
3. Interior mewah, serta kualitas interior seperti bahan fabric jok dan material plastik berkualitas...
4. Bagasi luas
5. Maintenance mudah dan sparepart murah dibanding kompetitor seperti Honda Accord atau Mitsubishi Galant
6. BBM termasuk irit di kelasnya (mesin 2000cc)
7. AC, jika masih bagus dan evaporator belum diganti, dingin banget.....
8. Daya tahan mesin
Kelemahan:
1. Harga pasaran bekas kurang kuat dibanding Corolla
2. Usia sudah agak tua
Udah pernah saya bahas juga sama rekan2 lain sbenernya.......malah saya pernah upload foto kembaran Eropanya, Carina.
Boil ini kalo dipakai mantap deh! Berikut plus minusnya:
Kelebihan:
1. Performa. Tarikan kencang, kalo buat ngebut di tol bisa tembus 200km/h buat mesin 2000cc terawat
2. Interior legaa......very spacious...buat orang bertinggi 175-185cm masih bisa duduk nyaman di jok belakangnya.....
3. Interior mewah, serta kualitas interior seperti bahan fabric jok dan material plastik berkualitas...
4. Bagasi luas
5. Maintenance mudah dan sparepart murah dibanding kompetitor seperti Honda Accord atau Mitsubishi Galant
6. BBM termasuk irit di kelasnya (mesin 2000cc)
7. AC, jika masih bagus dan evaporator belum diganti, dingin banget.....
8. Daya tahan mesin
Kelemahan:
1. Harga pasaran bekas kurang kuat dibanding Corolla
2. Usia sudah agak tua
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
bokap pernah beli ni bo'il, waktu itu beli baru yg taun '93 matic merah maroon,dipake sampe thn '96 trus ganti galant VR.... owe masih kecil hehehehe.....jadi belom pernah nyobain nyetirnya.....menurut my babe, tenaganya kurang, soalnya sebelom pake corona ini, babe pake cressida '88matic (2000cc 6cyl) jadi dia bandingin sama cressida, interiornya juga kalah mewah di banding cressida.......yang menurut gw menarik, bentuk batok spionnya keren bgt......sampe sekarang gw masih suka design spionnya, ud double electric(folded), ada cd changer......dizamannya keren bgt ad changer sbg perlengkapan standar......trus, maticnya udah pake ect, waktu itu, crown aja blm pake ect......menurut gw itu aja yg menonjol......soal handling & spare part gw ga tau, wkt itu gw masih sd......
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Nov 03, 2004 3:24
Saya pengguna si Gendut ini th 96 2000c.
Bensin nggak terlalu boros di tol bisa 1 l untuk 10 km.
160km/jam mudah sekali dicapai.
lari 120 masih bisa santai sekali.
sparepar cukup murah, tersedia kw1, kw1..pokoknya tergantung kantong ente masing-masing hehehe.
mesin tergolong halus suaranya..
handling masih mantap dengan suspensi yang tergolong lembut.
tenaga?..kalau disentak ban masih masih bisa mutar ditempat beberapa sa'at sebelum ngacir...
pernah coba top speed masih bisa 190 an dengan ac masih hidup..(soalnya lupa matiin), spedo 240 , versi 3s ge 260..
kelemahan..kalau pake bensin biasa mesin terdengar kasar..kalo pake petronas ato shell muaannntap.
model kurang populer...dikalangan anak muda...padahal kalo dibuat model sport wah bisa sangar sekali...dieropa termasuk mobil yang diperhitungkan, tapi dengan engine 3s ge power 177 hp.
kaki katanya termasuk rentan...cuma yang saya alami cukup bandel tuch dengan memaki parts ori..toyota.
harga pasar kurang kuat dibandingkan dengan adiknya si kolora eh korola..
kalau didandani agak sporti dikit, pasti cenderung di ajak sprin oleh mobil lain..
Bensin nggak terlalu boros di tol bisa 1 l untuk 10 km.
160km/jam mudah sekali dicapai.
lari 120 masih bisa santai sekali.
sparepar cukup murah, tersedia kw1, kw1..pokoknya tergantung kantong ente masing-masing hehehe.
mesin tergolong halus suaranya..
handling masih mantap dengan suspensi yang tergolong lembut.
tenaga?..kalau disentak ban masih masih bisa mutar ditempat beberapa sa'at sebelum ngacir...
pernah coba top speed masih bisa 190 an dengan ac masih hidup..(soalnya lupa matiin), spedo 240 , versi 3s ge 260..
kelemahan..kalau pake bensin biasa mesin terdengar kasar..kalo pake petronas ato shell muaannntap.
model kurang populer...dikalangan anak muda...padahal kalo dibuat model sport wah bisa sangar sekali...dieropa termasuk mobil yang diperhitungkan, tapi dengan engine 3s ge power 177 hp.
kaki katanya termasuk rentan...cuma yang saya alami cukup bandel tuch dengan memaki parts ori..toyota.
harga pasar kurang kuat dibandingkan dengan adiknya si kolora eh korola..
kalau didandani agak sporti dikit, pasti cenderung di ajak sprin oleh mobil lain..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Nov 03, 2004 3:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
wkt dulu mau ambil si burger busuk(pantatnya kayak burger, warnanya merah maroon).....sempet bandingin sama maestro......memang, lari enakan maestro, tapi lebih nyaman si burger ini...frontier wrote:Kalo dibandingkan dengan Honda Accord segenerasinya / Cielo ? Gimana ya... kencang mana larinya, nikmat mana suspensinya.....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
Kalau tidak salah ada yang tipe EX Saloon G bener gak? Btw kenapa yah Corona tidak muncul lagi? Apakah sudah tidak masuk sini atau memang di jepangnya sendiri sudah tidak produksi lagi? Pada jamannya mobil ini termasuk cukup gengsi juga yah and comfort too.....kalau gak salah model terakhir speedometernya sudah digital bukan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
You're kidding, right, Bro??jeremyray wrote:Kalau tidak salah ada yang tipe EX Saloon G bener gak? Btw kenapa yah Corona tidak muncul lagi? Apakah sudah tidak masuk sini atau memang di jepangnya sendiri sudah tidak produksi lagi? Pada jamannya mobil ini termasuk cukup gengsi juga yah and comfort too.....kalau gak salah model terakhir speedometernya sudah digital bukan?

You already wrote the answer to that question. Take a good look at your own SIGNATURE..!

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
kalo ga salah, emang masih ada di negeri asalnya.......jeremyray wrote:Kalau tidak salah ada yang tipe EX Saloon G bener gak? Btw kenapa yah Corona tidak muncul lagi? Apakah sudah tidak masuk sini atau memang di jepangnya sendiri sudah tidak produksi lagi? Pada jamannya mobil ini termasuk cukup gengsi juga yah and comfort too.....kalau gak salah model terakhir speedometernya sudah digital bukan?
di indo,tipenya ada 4:
1.6 gx
1.6 ex saloon G
2.0 ex saloon G m/t
2.0 ex saloon G a/t
yg 1.6 pake mesin 4A-FE, kalo yg 2.0 pake 3S-FE
di forum katanya ada yang 3S-GE g ga pernah liat tuh.......apa ada yg limited seperti corolla twincam GTi?
speedo absolute balik ke analog.......padahal corona twincam udah digital..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 475
- Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
- Location: Cideng
Maksudnya apa nih? Emang pertanyaan saya ada hubungannya dengan signature saya?conan wrote:You're kidding, right, Bro??jeremyray wrote:Kalau tidak salah ada yang tipe EX Saloon G bener gak? Btw kenapa yah Corona tidak muncul lagi? Apakah sudah tidak masuk sini atau memang di jepangnya sendiri sudah tidak produksi lagi? Pada jamannya mobil ini termasuk cukup gengsi juga yah and comfort too.....kalau gak salah model terakhir speedometernya sudah digital bukan?![]()
You already wrote the answer to that question. Take a good look at your own SIGNATURE..!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Corona is phased out as there is no more need to fill the gap between the Corolla and the Camry.jeremyray wrote:Maksudnya apa nih? Emang pertanyaan saya ada hubungannya dengan signature saya?conan wrote:You're kidding, right, Bro??jeremyray wrote:Kalau tidak salah ada yang tipe EX Saloon G bener gak? Btw kenapa yah Corona tidak muncul lagi? Apakah sudah tidak masuk sini atau memang di jepangnya sendiri sudah tidak produksi lagi? Pada jamannya mobil ini termasuk cukup gengsi juga yah and comfort too.....kalau gak salah model terakhir speedometernya sudah digital bukan?![]()
You already wrote the answer to that question. Take a good look at your own SIGNATURE..!
1988-1990 Accord Prestige vs Corona
1991-1994 Accord Maestro vs Corona
1995-1998 Accord Cielo vs Corona
1999-2003 Accord VTiL vs Camry
2004-2006 New Accord vs New Camry
Corona 'became' Camry for the Asian market.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
wah wah... kalo ada corona pake mesin 3S-GE atau 3S-GTE tinggal pasang flap.... hehehe.....
makasi buat pendapat dari para pakar,
kayanya banyakan positif-nya ketimbang negatif-nya ya.... hehehe... aku tambah jatuh cinta....
setau saya, corona masih ada, hanya ngga lagi dijual di showroom, yang pake kebanyakan petinggi abri. namanya corona premio
bung ween, kayanya cressida kelasnya di atas corona deh..... di jamannya, pada saat keluar kedua model tsb bersamaan, cressida 6 cylinder dan mobil pertama toyota yang pakai injection
makasi buat pendapat dari para pakar,
kayanya banyakan positif-nya ketimbang negatif-nya ya.... hehehe... aku tambah jatuh cinta....
setau saya, corona masih ada, hanya ngga lagi dijual di showroom, yang pake kebanyakan petinggi abri. namanya corona premio
bung ween, kayanya cressida kelasnya di atas corona deh..... di jamannya, pada saat keluar kedua model tsb bersamaan, cressida 6 cylinder dan mobil pertama toyota yang pakai injection
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
memang....khan mobil bokap sebelumnya cressida glx-i matic 2000cc 6 cyl segaris taun 88.....efi, penggerak roda blkg...itu mobil emang enak bgt....mewah & nyaman di jamannya......kelasnya di bawah crown, tapi di atas corona katanya sekarang namanya jadi camry.....ruthndul wrote:bung ween, kayanya cressida kelasnya di atas corona deh..... di jamannya, pada saat keluar kedua model tsb bersamaan, cressida 6 cylinder dan mobil pertama toyota yang pakai injection
taun '88 belom ada absolute....masih corona ex saloon karburator, sebelum corona twincam....
trus krn udah tua, juni'93 ganti absolute baru, krn generasi cressida berikutnya udah ga ada.....& mau ambil crown ga kuat dokunya....hehehehehe
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Fri Jun 24, 2005 4:34
- Location: Jakarta - Surabaya
Kalau yang sering lewat jalan Veteran, pasti 'ngeh' dengan Corona versi terakhir (sebelum diganti Camry) yang dipakai sbg kendaraan dinas perwira TNI.
Modelnya tidak jauh berbeda dengan corona 95-97, tetapi dengan bentuk dan garis2 yang lebih tegas, dan pantat mobil yang lebih proporsional.
Satu lagi, bagi yang pernah ke batam pasti lebih kaget..
Karena corona versi terakhir ini sangat2 umum digunakan, mungkin sekitar 40-50% armadanya merupakan jenis corona.
Dan juga rata2 bertransmisi otomatis dan dilengkapi dengan jok kulit bawaan pabrik.
Bahkan saya juga pernah melihat Camry versi 99-01 dipakai sebagai taksi..
Batam memang top dalam mobil2 mewah (bekas) impor dari Spore.
Modelnya tidak jauh berbeda dengan corona 95-97, tetapi dengan bentuk dan garis2 yang lebih tegas, dan pantat mobil yang lebih proporsional.
Satu lagi, bagi yang pernah ke batam pasti lebih kaget..
Karena corona versi terakhir ini sangat2 umum digunakan, mungkin sekitar 40-50% armadanya merupakan jenis corona.
Dan juga rata2 bertransmisi otomatis dan dilengkapi dengan jok kulit bawaan pabrik.
Bahkan saya juga pernah melihat Camry versi 99-01 dipakai sebagai taksi..



Batam memang top dalam mobil2 mewah (bekas) impor dari Spore.

~ balance with wisdom ~
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Fri Jun 24, 2005 4:34
- Location: Jakarta - Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Setau gue corona generasi terakhir adalah corona premio, yg di indo gak masuk . Sekarang kayaknya premio udah gak diproduksi lagi dan sebagai gantinya adalah camry. Oh ya, cmiiw, "edited: di Taiwan camry pertama lahir sebelum generasi corona berakhir, artinya corona sengaja di matiin untuk memuluskan jalan camry untuk memenangkan pertarungan di kelas menengah, terutama lawan rivalnya accord, cefiro dan galant."
Back to absolute, gue sampai saat ini terkadang masih suka pinjam absolute teman gue (versi 1.6 L AT).
Dari penilaian gue, absolute nyaman dikendarai, suspensi empuk. Yg bikin demen, interiornya yg lega sekali bahkan lebih lega dibanding cielo. Tarikan enteng. Interior absolute lebih besar (lebih lega) dibanding interior corona premio. Modelnya malah nurut gue masih cakepan absolute dibanding premio yg generasi lebih baru dari absolute.
Dalam kabin absolute cukup hening. Yg sedikit mengganggu adalah suara enginenya yg terasa agak kasar. dan konsumsi bensin sedikit boros dibanding great atau cielo.
Jelas kalo mau cari bekas, gue saranin ambil absolute dibanding great corolla yg sempit atau cielo yg banyak orang bilang suka trouble transmisinya.
Corona absolute, itu modelnya gendut2 cute lho, gak rugi deh pokoknya. Tapi kalo cari bekasnya kudu ati2 karena absolute umurnya rata2 udah diatas 8-9 th-an, cek bener2 kondisinya.
Back to absolute, gue sampai saat ini terkadang masih suka pinjam absolute teman gue (versi 1.6 L AT).
Dari penilaian gue, absolute nyaman dikendarai, suspensi empuk. Yg bikin demen, interiornya yg lega sekali bahkan lebih lega dibanding cielo. Tarikan enteng. Interior absolute lebih besar (lebih lega) dibanding interior corona premio. Modelnya malah nurut gue masih cakepan absolute dibanding premio yg generasi lebih baru dari absolute.
Dalam kabin absolute cukup hening. Yg sedikit mengganggu adalah suara enginenya yg terasa agak kasar. dan konsumsi bensin sedikit boros dibanding great atau cielo.
Jelas kalo mau cari bekas, gue saranin ambil absolute dibanding great corolla yg sempit atau cielo yg banyak orang bilang suka trouble transmisinya.
Corona absolute, itu modelnya gendut2 cute lho, gak rugi deh pokoknya. Tapi kalo cari bekasnya kudu ati2 karena absolute umurnya rata2 udah diatas 8-9 th-an, cek bener2 kondisinya.
Last edited by Herry on Fri Mar 24, 2006 13:07, edited 1 time in total.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Learn as if you were to live forever.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Actually, Mr. Herry, Camry itu sudah ada sejak cukup lama, jadi bukan replacement untuk Corona, tapi karena penjualan Corona mengecewakan dibanding Corolla dan Camry, Toyota memutuskan untuk menghentikan produksi Corona (seperti Honda menghentikan Prelude yang kurang laku).Herry wrote:Oh ya, cmiiw, camry generasi pertama lahir sebelum generasi corona berakhir, artinya corona sengaja di matiin untuk memuluskan jalan camry untuk memenangkan pertarungan di kelas menengah, terutama lawan rivalnya accord, cefiro dan galant.
Ini foto generasi pertama Camry dengan new Camry :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 840
- Joined: Tue May 11, 2004 4:00
- Location: Asia
Ach ya... u bener. Pantesan waktu dulu pernah liat model2 camry lama dimana gitu.... Thx atas ralatnya Mr. Conan, post saya sebelumnya sebenarnya menunjukkan keadaan di Taiwan 5-7 th lalu, dimana saat itu camry mulai diproduksi di Taiwan.conan wrote:Actually, Mr. Herry, Camry itu sudah ada sejak lama sekali, jadi bukan replacement untuk Corona, tapi karena penjualan Corona mengecewakan dibanding Corolla dan Camry, Toyota memutuskan untuk menghentikan produksi Corona (seperti Honda menghentikan Prelude yang kurang laku).
Ini foto generasi pertama Camry dengan new Camry :
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
Learn as if you were to live forever.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
You're very welcomeHerry wrote:Ach ya... u bener. Pantesan waktu dulu pernah liat model2 camry lama dimana gitu.... Thx atas ralatnya Mr. Conan, post saya sebelumnya sebenarnya menunjukkan keadaan di Taiwan 5-7 th lalu, dimana saat itu camry mulai diproduksi di Taiwan.conan wrote:Actually, Mr. Herry, Camry itu sudah ada sejak lama sekali, jadi bukan replacement untuk Corona, tapi karena penjualan Corona mengecewakan dibanding Corolla dan Camry, Toyota memutuskan untuk menghentikan produksi Corona (seperti Honda menghentikan Prelude yang kurang laku).
Ini foto generasi pertama Camry dengan new Camry :
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Rasanya bukan, Mr. Ween...karena kalau tidak salah Anda pernah menyebut bahwa Cressida itu RWD, betul..? Sedangkan Camry selalu FWD, karena memang bukan performance car...sepertinya Cressida dulu adalah sedan varian performance dari Toyota...yang menurutku, sekarang be-reinkarnasi menjadi Lexus GS (dulu Toyota Aristo)...ween wrote:bung conan, camry'83nya koq mirip bgt sama cressida'88 saya dulu? cuma beda lampu dpn aja kayanya......atau memang cressida salah satu varian camry.....seperti supra yg salah satu varian dr celica.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Sepertinya saya kurang setuju kalo bung conan bilang Cressida itu performance car, karena saya menggolongkan Cressida sebagai executive saloon.conan wrote:Rasanya bukan, Mr. Ween...karena kalau tidak salah Anda pernah menyebut bahwa Cressida itu RWD, betul..? Sedangkan Camry selalu FWD, karena memang bukan performance car...sepertinya Cressida dulu adalah sedan varian performance dari Toyota...yang menurutku, sekarang be-reinkarnasi menjadi Lexus GS (dulu Toyota Aristo)...ween wrote:bung conan, camry'83nya koq mirip bgt sama cressida'88 saya dulu? cuma beda lampu dpn aja kayanya......atau memang cressida salah satu varian camry.....seperti supra yg salah satu varian dr celica.....
Saloon RWD atau FR belum tentu performance car dan performance car belum tentu juga FR atau RWD.
Btw, soal Cressida, kalo dibilang jadi Aristo kayanya bukan juga deh, soalnya mainstream desain agak beda, lagian Cressida masih keluar model tahun 1993, sedangkan Aristo udah ada sejak tahun 1991.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Toy Camry 1987
Gue pernah makai Camry dari baru, th 87... di L.A., spec mesinnya persis dengan spec mesin Corona 2000cc yang beredar di Indonesia tahun 88-89... body memang beda. Hebatnya, waktu itu termasuk mobil pertama yang seatbelt-nya otomatis "menjerat tubuh" setelah kita start mesin dan menutup pintu.... (nampak di foto saat mesin mati, seatbelt dalam posisi tidak menjerat)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.