Bongkar pasang motor yg bener

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

id
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
Location: Bandung

Bongkar pasang motor yg bener

Post by id »

ada yang suka nge-bengkel motor sendiri ga? minta tipsnya dunk bwat bagian2 yg susah copot/pasangnya kayak :

1. laher. ngeluarin yang satu ini koq susahnya minta ampun sih. gak itu di velg, arm, blok kopling, setang seher dll. katanya dipanasin dulu supaya agak longgar. kalo diketok pake palu dg bantuan kunci yg ukurannya sama dg laher koq kaya ga enak hati yah :x

2. bwat motor yang ga punya standar tengah kalo mau buka arm/ shock depan gmn yah? selama ini sy pake dongkrak :lol: .ada cara lain?

3. bwat baut yang kerasss banget bukanya,ada tips ga yah?(WD-40 ga bgitu membantu neh) kalu dipaksain suka slek. ini yang PALING menyebalkan :mad:

sgitu dl deh.sisanya nanti :P . Thx
...
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

1.kalo buka2 lakher jangan lupa sertakan "PALU" emang bisa bikin rusak kunci but caranya yg baik ya begitu, tp ngetoknya jangan NAFSU, ingat motto para biker "motor adalah wanita". ketoknya halus2/pelan2 ya 25% tenaga biasa ngetoklah

2.tuh caranya bener, but kalo udah punya mesin penarik. kalo standar tengah udah ilang mo gmana lagi?? kalo gw sih masih ada jadinya easy step aja

3. inga2 "treat bike like a women" halus2 aja, saya saranin jangan pake obeng tukang listrik tp pake obeng getok yg dari besi 100% yg kalo ga salah 30rban nah pake tenanganya agak digedin kira2 150%.

pokoknya gw ingetin aja deh... "treat bike like a women"(CMIIW) jangan kayak tukang korek/bengkel motor yg asal tang teng tong ujungnya slek ato gmana.
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Re: Bongkar pasang motor yg bener

Post by Mike »

id wrote:ada yang suka nge-bengkel motor sendiri ga? minta tipsnya dunk bwat bagian2 yg susah copot/pasangnya kayak :

1. laher. ngeluarin yang satu ini koq susahnya minta ampun sih. gak itu di velg, arm, blok kopling, setang seher dll. katanya dipanasin dulu supaya agak longgar. kalo diketok pake palu dg bantuan kunci yg ukurannya sama dg laher koq kaya ga enak hati yah :x

2. bwat motor yang ga punya standar tengah kalo mau buka arm/ shock depan gmn yah? selama ini sy pake dongkrak :lol: .ada cara lain?

3. bwat baut yang kerasss banget bukanya,ada tips ga yah?(WD-40 ga bgitu membantu neh) kalu dipaksain suka slek. ini yang PALING menyebalkan :mad:

sgitu dl deh.sisanya nanti :P . Thx
1. Wiihh...kalo ini gw doeloe pernah coba buka laher roda depan RX-King,
tapi gak selesai, keras banged,akhirnya gw bawa ke bengkel.

3. Kalo ini biasanya harus digetok doloe....sambil dikasih WD dikitt...
saran gw, selanjutnya utk baut yg emang harus diiket (diputer) kuat
sebaiknya diganti dgn baut bhn Titanium misalnya, jadi gak gampang
slek (bocel/aus) dratnya/segi enamnya.
Image
budakbaong
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:52

Post by budakbaong »

1. kalau bongkar bearing /laher sebenarnya gak disarankan dipukul pake palu keras maupun ringan mukulnya karena akan ngerusak bola-bola bearing dan akhirnya bearing jadi oplak. Yang bener itu harusnya pake tracker bentuknya punya 3 atau 4 lengan yg ada bautnya di tengahnya. dijamin gak bakalan rusak bearingnya.
2. beli aja Standard Paddock
3. buka baut yg keras pake kunci shock kalau gak bisa juga, sambung pake pipa terus bukanya dihentak
id
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
Location: Bandung

Post by id »

1-- oh iya bener. trecker namanya alat bwat ngebuka laher. brapa duit yah.

udah ada bro stand-paddocknya.cm kalo copot swing arm jatoh dunk motornya :D .gitu juga kalo buka ban depan.kudu manggil 2orang lagi bwat ngangkat shock depan.

btw kalo mesin yang ga pake paking(mau belah mesin), pakingnya pake apa ya? kalo diperhatikan kayak auto sealer gitu bentuknya. bli dimana yah?
ada oli netes di bawah mesin tapi bukan dari paking netesnya. kalo ga dari batang transmisi, dari poros gir rantai. yang aneh gw perhatiin kalo sring dipakai/sering panas, ga ada olinya. tp kalo jarang dipakai, apalagi skarang kalo malem dingin bgt, ada rembesan oli. aneh banget bro. ada hubungannya dengan memuai/menyusut ga yah?

kalo poros gir rantai depan wajar ga bro kalo ada gerak main (bukan ke kiri kanan/oblak) tapi maju mundur/ ditarik/tekan. dikit banget.
...
budakbaong
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:52

Post by budakbaong »

tracker harganya gak sampai 50rb
sealer tuh banyak dijual dibengkel2 atau di supermaarket pasti ada
oli netes dari batang transmisi, poros gir rante, poros engkol itu bocornya dari oli seal bentuknya mirip bearing tapi karet ditengahnya ada per melingkar
kalau motor gak dipake pasti netes karena olinya mengendap di ruang karter, kalau motornya dipake gak netes karena olinya menyebar keseluruh bagian mesin apalagi 4tak sampai ke silinder dan klep
poros gir rante depan harusnya gak ada gerak main kalau ada gerak main bikin boros rante (cepat aus) tapi ngaruhnya cuma dirante aja asalkan jarak mainnya gak jauh banget
zepprut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Apr 09, 2006 11:05

Post by zepprut »

Hehehe.....

Biar pede beli Buku Panduan Reparasi -nya bro...

Buat HONDA ada tuh yg jual CD Perawatan semua Motor Honda (by HORNET) isinya komplit Part Catalogue (Katalog sukucadang) semua Motor Honda sama Buku Panduan Reparasi semua Motor Honda dlm bentuk PDF, harganya Rp 15.000 kalo dikirim Plus ongkos kirim Rp 5000.

Cara Buka LAHER lihat gambar dibawah:

Image
Image
Image
Image
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Belajar bongkar pasang?

Post by su_minson »

buat apa belajar bongkar pasang motor. yang lebih penting belajar menganalisa kerusakan maupun tanda-tanda sebelum terjadi kerusakan. menurut gw itu lebih penting.
bongkar laher sendiri? resiko terjadi kegagalan sangat tinggi bila masih pemula soalnya kerusakan part motor tidak tanggung2 salah ketok bakal membuat dinding tromol laher rusak dan ini biasanya yang menyebabkan laher lost. bayangin dengan ongkos ganti dibawah 15000 dibengkel resmi anda membuang uang 50000 buat traker dan buku panduan motor. memangnya setiap bulan anda ganti bearing roda?

bila motor digunakan dengan benar dan baik (diluar kecelakaan)
laher roda biasanya berumur lebih dari 2 tahun.
no one's perfect