PEUGEOT 206
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
secara visual sih susah bro...dBlackPearl wrote:poeticmind...
saya blum berpengalaman cek boil bekas so...
bagaimana cara cek kaki2, apa secara visual atau cara lain?
brapa biaya untuk ganti kaki2?
dicoba aja mobilnya, lewat polisi tidur or jalan bergelombang, kalo masih bagus pasti kerasa lah...
utk biaya ganti kaki2, sebenernya hanya shock nya aja... sekitar 750-900rb (tergantung toko) utk satu pasang. depan belakang harganya sama...
coba cek link-stabil (kalo ga salah nulis...) itu ada didepan, kalo harus diganti itu sekitar 200rb-an lah paling mahal... asli france punya.
Lebih baik tanya ke si penjual, harusnya dia mau jujur kalo itu baru/rekondisi/masih bagus.
untuk kopling (manual) servis gedenya sekitar 1,5-2jt (termasuk ganti nih), harga tergantung bengkel.
cheers!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
^^^
mo nambahin, kalo mo beli boil seken eropa, bukan cuman kaki aja yg butuh perhatian extra tapi justru biasanya di kelistrikan dan engine cooling systemnya. Saya sendiri ga tau kenapa kelistrikan boil eropa cenderung lebih rewel dibanding ex nippon, apa mungkin kelewat advance ya?
mo nambahin, kalo mo beli boil seken eropa, bukan cuman kaki aja yg butuh perhatian extra tapi justru biasanya di kelistrikan dan engine cooling systemnya. Saya sendiri ga tau kenapa kelistrikan boil eropa cenderung lebih rewel dibanding ex nippon, apa mungkin kelewat advance ya?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3718
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
Re: PEUGOUT 206
satu tips adl untuk merk peugeot jangan pernah takut berkonsultasi di bengkel resminya. biaya masuk akal dan tidak merongrong.
sering2 diagnose sistem mobilnya, murah cm 100rb
sering2 diagnose sistem mobilnya, murah cm 100rb
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: PEUGOUT 206
pug di indo termasuk mobil hobi sih bro... kadang pug-ers punya teknisi langganan dan club utk sharing... but, memang konsultasi bengkel resmi sangat disarankan. hehehe!
@satyr : biasa aja kok bro... sama ama mobil laen, kek servis gede aja... paling tambahan cek rem, radiator dan AC.
oya, belt juga.
@satyr : biasa aja kok bro... sama ama mobil laen, kek servis gede aja... paling tambahan cek rem, radiator dan AC.
oya, belt juga.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Tue Dec 25, 2007 9:06
Re: PEUGOUT 206
mau sharing 206 aja, baru ambil secondnya yang 2001.
seperti yang pernah dibilang, ada 2 versi, cbu n ckd. Untuk yang cbu 2002 akhir ada beberapa yang sudah semi multiplex. agak hati-hati aja karna masih versi awal multiplex. jadi lebih sensitif.
Untuk engine crank shaft, beberapa versi 2001 banyak yang full logam jadi gak masalah. sedang 2002 dan ckd ditengahnya crankshaft ada karet yang lama-lama jadi getas. harus diperhatiin untuk diganti, kalo sudah getas bisa bikin semua yang berhubungan sama mesin kacau balau (sama kaya di 306). gejalanya mesin bunyi cit-cit.
Untuk filter udara, mendingan dibikinin lubang tambahan supaya gak kena water hammer effect. Air masuk dari scoup udara dibawah masuk ke saringan udara pas ngelewatin genangan air tinggi. effeknya, mesin rontok.
di throtle udara, ada motor yang ngatur asupan udara di rpm rendah dibawah rpm 2000 (untuk choke, idle ac dsb). Biasanya ini suka jadi lemah n mesti diganti. gejalanya, saat idle di macet n AC aktif, sering mulai mati2 sendiri karna kurang gas. Untuk partnya, ada yang murahnya (merk vdo, orinya 1,3jtan)
kaki-kaki, depan 1 set kanan kiri bisa habis 1,6jt kalo dah kena masalah. Kalo belakang, pastiin aja knuckle bearingnya sehat. jarang ada masalah sama kaki belakang.
Kelistrikan, asal jangan cuci mesin pake air aja (katanya). banyak yang gak tau soalnya pas lagi steam.
kalo mau less problem ambil yang belum multiplex, kalo mau canggih, ambil multiplex (kutipan forum 206 community UK).
Untuk biaya sparepart, sama kaya melihara mitsubishi evo or galant lah. Asal tau tempatnya yang kasih diskon murah. Saya tinggal di balikpapan malah minta kirim sparepart dari jakarta. Untuk biaya service, kalo dijakarta yang murah bagus bisa ke edy otoklinik, kalo gak ke bengkel resmi trus tanya langsung ama montirnya bisa ngerjain diluar gak. Paling modal tools aja. Seenggaknya dengan gini saya bisa melihara mobil yurop sesuai budget. Oia. Ganti sparepart jangan dari kalo sudah dirasa gak enak. dari KMnya aja. Soalnya kalo telat sering ngerembet.
seperti yang pernah dibilang, ada 2 versi, cbu n ckd. Untuk yang cbu 2002 akhir ada beberapa yang sudah semi multiplex. agak hati-hati aja karna masih versi awal multiplex. jadi lebih sensitif.
Untuk engine crank shaft, beberapa versi 2001 banyak yang full logam jadi gak masalah. sedang 2002 dan ckd ditengahnya crankshaft ada karet yang lama-lama jadi getas. harus diperhatiin untuk diganti, kalo sudah getas bisa bikin semua yang berhubungan sama mesin kacau balau (sama kaya di 306). gejalanya mesin bunyi cit-cit.
Untuk filter udara, mendingan dibikinin lubang tambahan supaya gak kena water hammer effect. Air masuk dari scoup udara dibawah masuk ke saringan udara pas ngelewatin genangan air tinggi. effeknya, mesin rontok.
di throtle udara, ada motor yang ngatur asupan udara di rpm rendah dibawah rpm 2000 (untuk choke, idle ac dsb). Biasanya ini suka jadi lemah n mesti diganti. gejalanya, saat idle di macet n AC aktif, sering mulai mati2 sendiri karna kurang gas. Untuk partnya, ada yang murahnya (merk vdo, orinya 1,3jtan)
kaki-kaki, depan 1 set kanan kiri bisa habis 1,6jt kalo dah kena masalah. Kalo belakang, pastiin aja knuckle bearingnya sehat. jarang ada masalah sama kaki belakang.
Kelistrikan, asal jangan cuci mesin pake air aja (katanya). banyak yang gak tau soalnya pas lagi steam.
kalo mau less problem ambil yang belum multiplex, kalo mau canggih, ambil multiplex (kutipan forum 206 community UK).
Untuk biaya sparepart, sama kaya melihara mitsubishi evo or galant lah. Asal tau tempatnya yang kasih diskon murah. Saya tinggal di balikpapan malah minta kirim sparepart dari jakarta. Untuk biaya service, kalo dijakarta yang murah bagus bisa ke edy otoklinik, kalo gak ke bengkel resmi trus tanya langsung ama montirnya bisa ngerjain diluar gak. Paling modal tools aja. Seenggaknya dengan gini saya bisa melihara mobil yurop sesuai budget. Oia. Ganti sparepart jangan dari kalo sudah dirasa gak enak. dari KMnya aja. Soalnya kalo telat sering ngerembet.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: PEUGOUT 206
Untuk cuci mesin, memang sebaiknya dijaga bagian kelistrikan dengan dibungkus plastik atau wrapping khusus. Disarankan dgn steam lembut atau menggunakan spraygun---soft nozzle, jangan dibanjur dgn air. Setelah itu ada baiknya mesin dicek dgn dihidupkan selama 5-10menit. Ini berlaku utk semua mobil.
thanks buat sharing masukan nya, hehe!
welcome to SM.
cheers!
thanks buat sharing masukan nya, hehe!
welcome to SM.
cheers!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: PEUGOUT 206
Duh mau tanya nih kalo vs. 307 gimana yah? Lagi naksir 307 nih, konsumsi BB nya gimana? buat citycar anter sana sini... rencana mau ambil jazz tapi harga segitu mendingan peugeot dilihat dari sisi keamanan dan option2nya... (rencana ambil yg 2003)
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: PEUGOUT 206
in my opinion,kutkuy wrote:Duh mau tanya nih kalo vs. 307 gimana yah? Lagi naksir 307 nih, konsumsi BB nya gimana? buat citycar anter sana sini... rencana mau ambil jazz tapi harga segitu mendingan peugeot dilihat dari sisi keamanan dan option2nya... (rencana ambil yg 2003)
307 oke mobilnya, ada 2 versi : bensin dan solar. utk bensin (pertamax) bbm dalam kota 1:9 dan luar kota bisa 1:12 sampai 1:13. handling dan lain2 mantep... bukan kelas jazz yg jelas... jauuuuuuuh lah!
maksud elo, kuy? harga jazz 2nd or baru? hehe... option lain vios, itu bandel buat pemakaian sehari2 dan harga nya oke... (kalo ga peduli sama kesan taxi) atau honda city.
kalo gue boleh ngasih saran laen, utk hanya dalam kota dan compact city car, anter jemput... ambil new karimun estillo. harga baru dibawah 100, elo dapet baru dan enak buat dipake dalem kota dan irit bbm juga.
... silahkan, decision is yours, bro...
cheers!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: PEUGOUT 206
wah 307 matic bisa segitu irit? weleh weleh.... thanks banget yah buat info nya
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: PEUGOUT 206
mungkin tingkatan ga sekalas ama jazz tapi harga yg 2003 sekelas ama jazz tuh hehehehe tapi yg 307SW masih mahal, yg 2003 seharga juga dengan Grand Livina yg bary 1,5 XV A/T
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: PEUGOUT 206
again my friend... hitungan itu didapat waktu tahun 2006, kondisi mobil dalam keadaan prima.kutkuy wrote:wah 307 matic bisa segitu irit? weleh weleh.... thanks banget yah buat info nya
well, kalaupun meleset sekarang... sedikit lah keknya... gimana kita handling nyetir juga kan...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: PEUGOUT 206
kalo yg 307sw berapa yah bos FC nya? denger2 yg 1.6cc (307 sporty) lebih banyak masalah nih kalo baca2 di forum sebelah.... atau gara2 yg SW emang unitnya sedikit jadi kurang kedengeran tuh beritanya?
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: PEUGOUT 206
not quiet right, sama saja. Unit memang sangat susah dicari... apalagi tipe 307 2.0 HDi misalnya, referensi reviews di luar pun pro dan kontra... sporty lebih simple, matic-nya juga enak!tiptronic.
so, menurut gue berbalik kepada user. Banyak masalah karena apa? kalo tdk dirawat ya semua mobil juga bermasalah... tapi kalo bro bisa mendapatkan yg kondisi 80% lah, why not? hehehehe bbm rasanya masih aman. (sekitar 1:9 dan 1:11).
actually 307 SW dapat dikatakan termasuk yg terlengkap di kelasnya(‘Car of the Year 2002’ )... ada curtain airbag, safety belt 3titik, 4 disc brake di ke4roda, ABS sensor, electronic brake force distribution, EBA, ESP hidrolik, glassroof dll.
kalo direview, bisa 1halaman nih... hehehe yg jelas kalo ambil diesel memang ada problem di solar... solar di indo belum bagus... mungkin itu yg dimaksud ama bro? jarang yg make... hehe org pada takut.
kalo ga salah, dulu di sini juga ada yg nyari 307, coba disearch deh... bisa dilihat review dan masukan dari para suhu guru di SM. hehehehehehe!
yang jelas, pug termasuk mobil yg ribet buat perawatan... but worth to try.
sori kalo ada yg salah... udah subuh sih, ngantuk...
tolong koreksi saya kalo ada yg salah... zzzzz......zzzzzz....
so, menurut gue berbalik kepada user. Banyak masalah karena apa? kalo tdk dirawat ya semua mobil juga bermasalah... tapi kalo bro bisa mendapatkan yg kondisi 80% lah, why not? hehehehe bbm rasanya masih aman. (sekitar 1:9 dan 1:11).
actually 307 SW dapat dikatakan termasuk yg terlengkap di kelasnya(‘Car of the Year 2002’ )... ada curtain airbag, safety belt 3titik, 4 disc brake di ke4roda, ABS sensor, electronic brake force distribution, EBA, ESP hidrolik, glassroof dll.
kalo direview, bisa 1halaman nih... hehehe yg jelas kalo ambil diesel memang ada problem di solar... solar di indo belum bagus... mungkin itu yg dimaksud ama bro? jarang yg make... hehe org pada takut.
kalo ga salah, dulu di sini juga ada yg nyari 307, coba disearch deh... bisa dilihat review dan masukan dari para suhu guru di SM. hehehehehehe!
yang jelas, pug termasuk mobil yg ribet buat perawatan... but worth to try.
sori kalo ada yg salah... udah subuh sih, ngantuk...
tolong koreksi saya kalo ada yg salah... zzzzz......zzzzzz....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: PEUGOUT 206
thanks berat buat infonya poeticmind, saya udah search di SM cuma ketemu yg 306, 307 ada tapi ga detail banget.
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: PEUGOUT 206
ntar review nya saya cari di hardisk dulu ya... udah ga apal... hehehe!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: PEUGOUT 206
wah top berat sampe disimpen di harddisk hehehehhee... boleh boleh minta donk! thanks yah!
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: PEUGOUT 206
coba buka link ini bro... http://www.kompas.com/kompas-cetak/0206 ... peug27.htm
sama saja, bedanya yg di hardisk saya in english. tapi review tidak ada bedanya... hehehehe! maaf kalo sudah pernah baca. cheers!
sama saja, bedanya yg di hardisk saya in english. tapi review tidak ada bedanya... hehehehe! maaf kalo sudah pernah baca. cheers!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 936
- Joined: Mon Dec 10, 2007 12:53
- Location: BROQUET cuma 70rb!!
Re: PEUGOUT 206
blom pernah baca.... makasih banget yah!
SALE SALE SALE!! BROQUET cuma 70rb!!! BARU! SEGEL!!
broquet.bandung et yahoo dot com
broquet.bandung et yahoo dot com
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: PEUGOUT 206
sama2. hope could help...kutkuy wrote:blom pernah baca.... makasih banget yah!
-r-