Shock Scorpio Z

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

wankanobi3
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16

Shock Scorpio Z

Post by wankanobi3 »

Dear Semua..
mohon saran nih, ane ada beberapa rencana.
1. ane mau ngatasi shock belakg scorpio yg kelewat empuk, biar bs lebih nungging tp waktu buat boncengan gak ambles krn beban.
baiknya, shock diapakan.? karena kalo di-stel tinggi saja kayaknya gak ngatasi masalah.

2. rem belakang mau ane ganti pk cakram; bagusnya pake cakram apa.?
3. untuk buntut (spakbor), penginnya ane ganti sama yg sekalian ada lampu sein; tp msh bingung, pk model apa, ato dimana bs belinya; mungkin rekan2 ada yg tahu toko yg jual buntut model2 gitu.?.

makasih ya..
'Bie
User avatar
Pras
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Dec 12, 2006 6:13
Location: Surabaya

Re: Shock Scorpio Z

Post by Pras »

wankanobi3 wrote:Dear Semua..
mohon saran nih, ane ada beberapa rencana.
1. ane mau ngatasi shock belakg scorpio yg kelewat empuk, biar bs lebih nungging tp waktu buat boncengan gak ambles krn beban.
baiknya, shock diapakan.? karena kalo di-stel tinggi saja kayaknya gak ngatasi masalah.

2. rem belakang mau ane ganti pk cakram; bagusnya pake cakram apa.?
3. untuk buntut (spakbor), penginnya ane ganti sama yg sekalian ada lampu sein; tp msh bingung, pk model apa, ato dimana bs belinya; mungkin rekan2 ada yg tahu toko yg jual buntut model2 gitu.?.

makasih ya..
'Bie
Untuk poin 1 coba beli 'peninggi sok' atau istilah bakunya Arm Relay. Di toko variasi banyak dijual seharga 60 ribu rupiah.
Lumayan bisa naik sekitar 2.5-3 cm. Buat boncengan sudah tidak ambles lagi.
Ingat kalau terlalu tinggi, menyebabkan standar tengah tidak bisa dipakai karena sebetulnya ubahan ini membuat sudut lengan ayun membesar sehingga clearance roda ke tanah makin kecil.

Poin 2 pengalaman saya pake punya Satria. Kalau kalipernya menggunakan Brembo (buatan Taiwan seharga 150 ribu), saya punya desain braket nya. Kirim email ke saya nanti akan saya kirim gambarnya, tinggal pesan ke bengkel bubut/plat.

Poin 3, coba pake punya Vega-R lama. Ukurannya pas banget. (Ingat bukan Vega yg baru.).
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

Kalo dipakai harian mending memperpendek connecting rodnya bisa beli juga conrod pendek di toko2 variasi (gw sendiri dapet di Intijaya Bonjer3) karena ayunannya masih berasa empuk sedang kl diganti arm relaynya shocknya kurang main jadi motor kerasa banget getarannya. Apalagi kalo conrodnya dimodif dikasih bearing bambu makin enak deh ngayunnya.
Buat lebih tahu lebih jauh bisa juga maen ke forumnya anak2 milys di http://www.milys.or.id
Warte nur Balde
wankanobi3
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16

Post by wankanobi3 »

terimakasih deh, keterangan n bantuan rekan2.

saya akan coba mulai muter2 toko modif utk cari2 brg yg dimaksud.

btw, tadi siang saya sempt ke 1 bengkel modif; tanya2 ttg pasang cakram roda belakang. tukang bengkelnya patok harga 500 rebu all-in (spare parts + tenaga), ane tinggal duduk manis n tahu jadi.
mahal gak tuh..?
User avatar
Pras
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Tue Dec 12, 2006 6:13
Location: Surabaya

Post by Pras »

wankanobi3 wrote:terimakasih deh, keterangan n bantuan rekan2.

saya akan coba mulai muter2 toko modif utk cari2 brg yg dimaksud.

btw, tadi siang saya sempt ke 1 bengkel modif; tanya2 ttg pasang cakram roda belakang. tukang bengkelnya patok harga 500 rebu all-in (spare parts + tenaga), ane tinggal duduk manis n tahu jadi.
mahal gak tuh..?
Soal cakram belakang, perlu parts;
- Master rem
- Kaliper
- Disc Rotor/piringan cakram
- Bracket/penopang kaliper.

Kalo 500 ribu termasuk parts diatas plus ongkos pasangnya, itu termasuk murah banget.
Jangan2 yang anda maksud 'spare parts' cuma braket nya saja. Agar diyakinkan lagi ke bengkelnya.
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

Anak milys ada yg punya bengkel lihat aja penawarannya di :
http://safisaelendra.multiply.com/photos/album/6
Warte nur Balde
preaxz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Thu Jan 11, 2007 6:50
Location: AB

Post by preaxz »

kemaren bongkar swing-arm dikarenakan ada tikus berdecit .. hihi

btw...
kemaren beli pelek palang enem takazawa, dah termasuk dudukan cakram belakang, bisa bongkar pasang, termasuk cakram belakang juga termasuk

secar pake tromol, dudukan cakrams saya lepas.

mau tahu, harga kaliper+master rem belakang berapa yah?
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

Itu emang penyakitnya scorpio Bro, rajin2 aja gemukin conrod dan arm relay kl mau praktis dikasih nipple untuk tembak gemuk.
Warte nur Balde
User avatar
Anzie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Nov 14, 2006 12:55
Location: in front of my laptop

Post by Anzie »

kalo misalnya dibiarin standar n ambles gitu dipake boncengan sampe mentok kagak ya, soalnya selama ini blm pernah boncengan ama yg beratnya sekelas gw hehe kira2 80 kiloan lah. g pikir kl gak mentok sih msh noprob.

btw trus kl mo diganti ban ama ukuran yg lbh gde dgn permukaan membulat model racing bgsnya ukuran brapa ya bros ada yg tau gak? n yg penting jg jgn sampe ada mentok mentokan spatbor.
moconro moketro!
http://www.kaciandehloe.com

Image
wankanobi3
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16

Post by wankanobi3 »

untuk Bung Pras,
ongkos 500rb itu sdh all-in; spare part baru semua (kaliper punya Satria) + ongkos pasang.

utk Bung Anzie,
utk yg roda agak bulet, pk Batlax (tp aq denger2 ban itu boros buat dipake harian, karena compond-nya terlalu soft). bener gak ya?
preaxz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Thu Jan 11, 2007 6:50
Location: AB

Post by preaxz »

mau pasang rem cakram belakang, katane motor kudu nginep (batal deh sementara) lagipula di jogja kok masanging mintanya tigaratusribu (me dah punya set rem belakang satria. pelek "takazawa" dah menyediakan dudukan cakram belakang)

ban gede? pengen sih, pi keknya spatbor depan da ga muat, kudu ganti yang lebar kali ye?

@wankanobi. wah ya boros kalo pake battlax.
@atjep, iyah .. keknya kudu sering. kalo dikasi nipple tuh di arm relaynya? atau conrodnya?

*pengen ninggiin lagi buritan, ganti arm relay yang tinggian kali ya, kalo bikin/pesen ke tukang las/bubut, pakenya plat tebal berapa ya?*
wankanobi3
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16

Post by wankanobi3 »

Bro preaxz,
ya, emang saya denger2 battlax boros gitu.
tapi2 dipikir2 knp pk battlax kalo pk IRC yg bawaan pabrik aja bisa tahan lama ya..

tapi, kalo mo pk roda yg agak bulet (utk roda belkng & depan); ada saran pk roda apa (bukan battlax loh ya..)

seandainya IRC ada yg modelnya mirip2 battlax ya..

mengenai arm relay; kalo di semarang sini, beli arm relay yg sdh jadi ada di HYPER SPEED malah ada yg warna silver & gold. tinggal sesuai selera..
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

preaxz wrote:
@atjep, iyah .. keknya kudu sering. kalo dikasi nipple tuh di arm relaynya? atau conrodnya?

*pengen ninggiin lagi buritan, ganti arm relay yang tinggian kali ya, kalo bikin/pesen ke tukang las/bubut, pakenya plat tebal berapa ya?*
Di dua-duanya Bro kasih nipple biar gampang maintenancenya.
Kl pengen beli arm relay modifan yg udah jadi sih ke anak YSC atau milys aja yg gw tahu ada 4 versi yg paling nungging pake versi 1 (Yg bikin anak2 pabrik yamaha sendiri tuh). BTW penambahan tinggi efeknya: bantalan karet penahan rantai ke swing arm lebih cepat habis, dan standar tengah harus ditambah ketinggiannya.
preaxz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Thu Jan 11, 2007 6:50
Location: AB

Post by preaxz »

@atjep ...

me nundukin bagian depan jadi ndak perlu nambah tinggi standar tengah

me daftar di mylis kok nda bisa login ya?

@wankanobi3

pake dunlop kali, lebih bunder dari IRC yang pinggirnya mang menyudut
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

kl forum milys kudu diapprove dulu keknya coba kirim japri ajah ke mail moderatornya. Mailnya si moderator gw kirim via PM ajah yah.

BTW Ban dunlop yg lokal punya ktnya licin?
Warte nur Balde
wankanobi3
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16

Post by wankanobi3 »

kalo dunlop-nya licin, ada alternatif ban lain gak?
ane ttp brthn pk velg 18" dpn-blkg; lg sk motor kliatan tinggi & pk roda besar. mo ganti roda, tp yg bawaan asli msh bagus, so nunggu smp ada ban yg bulat ky battlx.

kalo mo ganti stang, ada reffrensi pk stang apa? yg jelas bukan stang jepit, tapi msh trasa ergonomis; gak bikin punggung pegel.

kalo mo ganti tutup lobang bensin (tanki) pk punya kawasaki ato yg lain; perlu modif lobang tanki-nya gak ya? ada reffrensi tutup tanki.?
thanks..
'bie (panggil ane bimo)
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

Mungkin cari2 ban merk DURO (http://www.durotire.com) bagus juga tuh, cuman nyarinya agak susah (?).

Stang aku sih pake stang ninja ditambahin raiser/peninggi stang.

Tutup tengki mesti modif sih karena tutup tengki spt itu harus bikin saluran pembuangan air, bisa dilihat di scorpio lama. Tutup tengki ninja lebih murah pastinya dibanding tutup tengki scorpio model lama (600ribuan)
Warte nur Balde
preaxz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Thu Jan 11, 2007 6:50
Location: AB

Post by preaxz »

me ban: masih pake asli, maunya pake dunlop, biasa pake dunlop sejak jaman make Astrea Prima dst. tahu deh, cocok aja, pernah nyobain mizzle kok guncangan lebih terasa. Dunlop pi menurut gw boros. Masih juga bertahan pake pelek 18 ...

me stang: ganti punya ninja dan ditambah raiser, ergonomis sih menurut gw, pa karna gw cenderung tinggi ya?
wankanobi3
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16

Post by wankanobi3 »

ok dech.. ane mo coba ganti pk stang ninja + raiser (btw, hbs brp duit ya..??)

kalao roda, sebenarnya dari dulu ane fanatik bgt pk IRC kalo gak ya FDR, yg jelas karena tahan lama hehehe...
kalo pelk 18, kyknya gak bakalan aku ganti, antisipasi banjir Bro.. (dah deket2 imlek nih.. )
sebenarnya lg kepikir gmn caranya ninggiin body (ground clearance); tujuannya ya itu tadi, antisipasi banjir, biar mesin mkn jauh dr air..
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Ground clearance bisa ditinggiin dengan arm relay, tapi yang spt dibilang ama Bro Pras pada reply pertama di atas, kalau terlalu tinggi nanti standar tengahnya nggak bisa dipake lagi. Masak motornya mo standar miring terus?
preaxz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Thu Jan 11, 2007 6:50
Location: AB

Post by preaxz »

stang ninja .. me beli 50 rebu
raiser 45 rebu

antisipasi banjir? semprot seoket kabel pake WD-40. asal kenalpot ga kemasukan air, mesin masih idup, jaga RPM aja kalo melintasi kubangan agak dalam

tinggiin sok belakang juga membantu, ganti Arm Relay yang lebih tinggi or Con-Rod yang pendekan\

biar standar tengah bisa dipake, depannya turunin .. hehehe ...
wankanobi3
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16

Post by wankanobi3 »

Bung Preaxs
thx info ttg harga stang & raiser
jg thx saran utk antisipasi banjir.
FYI, Semarang sdh mulai hujan; kemrin sabtu malam malah pk kilat + guntur kenceng bgt..
imlek mo datang nih..

ane sdh ganti arm relay, ban msh pk pelk 18 stndr; kalo distandar tengah, ban belakng-depan nyentuh tanah semua.
kalo diganti ring velg depan dikecilin, nggak lah yaow..
Prazetio
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Oct 31, 2008 16:51

Re: Shock Scorpio Z

Post by Prazetio »

@All

wew.. ni thread dah taon kemaren.. hehehe

bos nanya dong.. pasang stang ninja di scorpi gmn ya.. gw stuck di panel kiri kanan nih.. klo stang standar kan ada lobang buat panel.. nah.. klo di ninja lobangnya ga pas buat panel scorpio.. kira2 ngakalinnya gmn ya...?


Thx buat para suhu2 disini.

FYI, pengguna baru scorpio.. hehe
chokee_damdam
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Jan 14, 2009 4:33

Re: Shock Scorpio Z

Post by chokee_damdam »

salam.... cup..cup.. ahh...
he...he..
gini mas... jebolin aja pake aja bor kecil... tuh dbengkel biasa ada... coz ag pernah pasang...!!!!
Iron
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Jan 28, 2009 1:09

Re: Shock Scorpio Z

Post by Iron »

Ban yg bulet kaya battlax, bisa pake swallow yg x worm. Kalo patern nya ga co2k pake FDR aja. Sayang msh 18" pilihan ban dikit. Coba 17" bro. Btw scorpi daku mau ku pasang body diablo 200s kira2 dealerny stok ga ya?