Drift

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

Drift

Post by Enkei »

Apakah mobil berpenggerak 4WD dapat dipake tuk ngedrift? Kira2 ada yang g hargae Mitsu Lancer E3 dengan versi 4G63T 270hp? Thank yu bgt... :D
User avatar
alvika99
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34

Post by alvika99 »

aga sulit bro soalnya untuk ngedrift kan harus ngebuang bagian belakang mbl baru kemudian di injek deh tuh pedal gas biar spin.

kalo 4wd pada saat injek pedal gas itu, roda depan akan ikut menarik mobil sehingga titik berat mobil yg tdnya berada di depan jadi berubah (bergeser lg ke belakang)

hasilnya mobil tidak berjalan sideways tp cenderung lurus ke depan.

Kecuali pada saat mau masuk tikungan (ngedrift) kecepatan mobil cukup kencang dan kecepatan belok cukup tinggi baru deh bisa ngedrift

intinya sih diperlukan tenaga mbl dan usaha yg lebih besar dgn mbl 4wd dibandingkan dengan mbl rear wheel drive

point plusnya adalah utk mbl 4wd lebih mudah menghindari mobil spin akibat over power di roda belakang sehingga kalo uda mau nabrak :D lebih gampang ngendaliin mblnya.

wah tertarik mau beli evo nih ya??

blh ni di pm wakakakaka :D :D :D
User avatar
DriFtHiNkiNg
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
Location: SoErAbAjA

BiSAaAa...

Post by DriFtHiNkiNg »

Oi oi mobil 4WD bisa dibuat ngedrift... asal kmu rela ngorbanin penggerak depannya... di OMS Surabaya ada LanEvo yang dikorbanin penggerak depannya jadi RWD bwat drift... (jadi kaya' LanEvonya Sean FFTD)

Sebenernya mobil FWD jg bisa dibuat drift, tapi jatuhnya biaya lebih mahal, soalnya dijadi'in 4WD dulu dengan pemasangan gardan belakang cangkokan dari mobil lain, trus mati'in yang depan.

Klo mau, coba aja dateng ke OMS Jl. semarang. ktemu cak indar... ato WW sidoarjo juga ok... itu klo Enkei ada di surabaya... kalo dijakarta aq ga' tau, khe2...
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"

need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

E3

Post by Enkei »

alvika99 wrote: wah tertarik mau beli evo nih ya??
mau e beli evo 3 tapi masih nunggu kerja dulu utk beli e karena ak masih kuliah. Jadi keinginan utk beli evo tak urungkan dulu
Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

Tolong...

Post by Enkei »

Tolong ajarin aku ngedrift yang baik dong....aku tinggal di sby bung drifthinking.he...he... Waduh apa di delta plaza tidak kesempitan parkirannya tuk ngedrift...kok g ada ya sekolah ngedrift d sby... he...he...
User avatar
DriFtHiNkiNg
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
Location: SoErAbAjA

AjArin?!?

Post by DriFtHiNkiNg »

ajarin? khehehe... aq drifting jg masi belajar, drifting tu naluri kok, cieh!!!
Yah, sejauh ini aq tau teori dan dipraktekkan sesering mungkin, kalo udah dapet feelnya baru de...
Mungkin bulan2 deket ini bakal ada club drift di surabaya, jadi qta bisa belajar dari satu sama lainnya...
Interest? ditunggu aj ya...
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"

need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

hai, masih anak baru nih
btw FF juga bisa di ajak ng-drift, tapi cara nya beda n biar lebih gampang tekanan ban belakang musti dinaikin sekitar 8--12 psi
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
DriFtHiNkiNg
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Sat Feb 03, 2007 7:07
Location: SoErAbAjA

BeDa...

Post by DriFtHiNkiNg »

Yup, caranya mang beda... kaya' yg dijelasin alvika99, mobil FWD sama ama 4WD, narik mobil untuk jalan kedepan, sedangkan RWD mendorong mobil untuk bergerak kedepan.
Tapi bedanya roda belakang FWD ga' bergerak, jadi bisa dilock pake' handbrake sambil menjalankan mobil. sedangkan RWD menggunakan spin roda belakang untuk mempertahankan drift.
Jadiiii, untuk mobil FWD harus nahan Handbrake+countersteer+power yg besar untuk narik mobil yang kelock ban blakangnya biar bisa ngedrift...
dengan syarat kecepatan harus tinggi. kalo kecepatan rendah, mobil cenderung cuma spin, ato berhenti.

thats the different FWD&RWD
"TuRn YouR StEeR RiGhT To gOiN LeFt"

need some DriFtiNg TuToRiAL ?
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 39&start=0
My DriFtiNg ViDeO (uPdAtE)
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=220
Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

Re: AjArin?!?

Post by Enkei »

DriFtHiNkiNg wrote: Mungkin bulan2 deket ini bakal ada club drift di surabaya, jadi qta bisa belajar dari satu sama lainnya...
Interest? ditunggu aj ya...
Ya tertarik bgt tapi lek boleh tanya, yang mao buka klub drift tuh sapa n kira - kira dmana? :P
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

sejauh yang bs gue dapet dari internet (susah, kebanyakan isi nya sama semua) mobil FWD cenderung understeer, ini yang membedakan dari mobil RWD yang cenderung oversteer.... kalo mobil RWD emang memerlukan tenaga besar biar slide-nya jalan terus, tapi kalo mobil FWD, drift-nya akan canceled ketika mobil "ketarik" k depan sewaktu digas... apalagi dengan tenaga besar, mobil FWD bakal kesulitan ng-drift
ini yang terjadi ketika gue nyoba drift jazz gue (emang masih standard sih), uda nikung pake handbrake n nge-gas yang terjadi malah mobil jadi lambet, padahal uda jalan sekitar 80an kph...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

Mohon Penjelasan

Post by Enkei »

Kalo mobil seperti Station Wagon beroda belakang seperti kuda dll tuh emang bisa ngedrift ta?oh ya Kalo misal ngedrift gitu pake mobil sedan ato station wagon, apa ada gejala untuk ngguling ato terbalik?pernah sih, aku dicritain adikku, de e naik Avanza terus pas belok dengan kecepatan 80km/h, setir malah ngunci n dasarnya Avanza tuh enteng sampe2 terbalik deh jadi tempe penyet..he..he..gejala ngunci diatas itu termasuk oversteer ato understeer? bisa tolong dijelaskan arti dari oversteer n understeer. Sori aku masih kolot dalam hal2 ngedrift kek gini. aku pernah tanya org tapi lupa lagi. thanks yo kawan2 sekalian... :cry: :cry:
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

gak terlalu ngerti juga sih, ketika "pantat" mobil lari ke depan mobil disebut sedang oversteer (kondisi paling parah mobil spin), sedangkan understeer terjadi kalo mobil terus melaju lurus walaupun steering wheel digerakkan, umumnya dalam posisi miring (kondisi paling parahnya adalah mobil nabrak pohon di pinggir jalan sewaktu nikung)
ada gambar nya sih tapi gue gak ada, coba liat di brosur all new civic 2006 deh, di bagian penjelasan VSA ato apalah itu stability assist
trus kejadian avanza itu ya, apes banget, tapi jelas banget kalo liat titik gravitasi dari avanza yang gk cocok banget buat drift, malah berbahaya walaupun buat nyalip di atas 100an kilo
mobil2 yg dimodif buat drift titik gravitasinya udah direndahin dengan nambahin beban di bagian paling dasar mobil, trus jarak antar roda nya (depan2 belakang2) juga mesti jauh... nah itu avanzenia uda sempit, tinggi lagi, resiko kebaliknya tinggi banget...
trus stir ngunci maksudnya gimana gue gk ngerti, maksudnya gak bisa diputar atau walaupun diputar gak belok?
kalo gak bisa diputar uda parah banget, tapi kalo uda diputar tapi gak belok berarti tu avanza understeer
kalo sedan kayaknya gk mungkin lah bisa kebalik, tapi kabarnya pernah ada mercy yg guling ya?

kalo ada salah tolong di ralat ya, terutama dari DK-san, hehe
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

REPLY

Post by Enkei »

maksudnya ngunci tuh pas waktu mo belok kiri setir malah belok ke kanan n g bisa dibelokan ke kiri lalu pada saat tuh avanza nabrak trotoar n kebalik deh...he...he...wah anda pencinta honda bgt ya...klo gt sama seperti temen saya yang pecinta honda. dia juga ikut forum ini. Namanya Yusaku. makasih bgt lo jawabannya. jawaban anda sangat membantu saya....oh ya satu lagi, anda omg bahwa titik gravit rendah karena ditambahin beban di dasar mobil.disini saya mo menanyakan, beban seperti apakah itu?Apakah mungkin mobil harus juga diceperin/ ceper std tanpa bodi kit sampe 80-90% gitu sehingga cambernya juga negatif gitu? Katae temenku, klo bannya bercamber negatif gt malah enak buat ngedrift ya?apa bener ya?thanks a lot before... :D
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

wah, kedengeran nya parah banget deh... masa bisa sih samp ngunci gitu segala, udah di luar jangkauan gue lah
Yusaku itu ya, wuehe, kayak iklannya Sony Walkman deh "...there is someone out there, just like me..." hehe
gue gk meratiin samp sedetil gitu karena di luar jangkauan kondisi gue sekarang sih (dilarang modif mobil sama bokap, huh), ntar gue bc2 lagi lah ya
kalo yang ngerendahin titik gravitasi itu termasuk ceperin mobil, trus jok belakang dibuang ditambah reinforcement steel, ban serep juga dicopotin, apa yg gak perlu dibuang lah sehingga bobot mobil berkurang. plus biar lebih stabil ditambahin beban gitu, lupa bahannya apa tapi kalo gak salah tangki bensin dipindah ke titik itu ya (mohon ralatnya)
yg sekarang gue coba masih settingan standar abis, cuman tekanan ban gue naikin depan 33 belakang 40(std 32-30), mobil gue jadi lebih oversteer. belon pernah drift yg sebenarnya sih, baru tau teori doang. terakhir gue nyoba yg namanya "scandivanian flick/feint drift", haha, hampir nabrak trotoar karena mobil malah kebawa u-turn coz countersteernya telat.
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

tanya

Post by Enkei »

oh ya saya mo tanya (StRaDe Jazz), apakah anda udah bekerja ato belum, ato masih kuliah gt. soalnya rata rata di forum ni orang2nya udah bekerja mua n pny mobil sdr. Rs e aku sendirian tok yang masih kuliah di forum ini... he..he.. emang yusaku seneng bgt deh sama HP merk Sony Ericson...he..he... thx.. :D
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

uda kerja, gaji dari orang tua hehe alias masih makan duit jajan(istilah anak esde)
mahasiswa kok, ada temen nih ceritanya :) hehe
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

Soal pertanyaan Mobil 4wd Ngedrift ..
gampang .. liat ajah Rally2 .., banyak yang ngedrift gak?..
berarti bisa gak?.., bisa asal kecepatanya tinggi , trus Settingan Suspensi , LSD nya pas pasti bisa..
cuman gak seenak RWD intinya..
naldo

Post by naldo »

Mobil seperti evo 3 dapat di drift asalkan tenaga dinaikkan(menjadi 300++).evo 3 dapat di drift Karena evo 3 belum dilengkapi dengan active yaw control(seperti di evo7-9).
Untuk drift juga harus tau caranya karena kalau hanya asal saja dapat membuat transmisi jebol.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

terutama di wrc, namun trek emang mendukung karena mereka lari di tanah nan berdebu, grip nya kecil
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

StRaDe_Jazz wrote:terutama di wrc, namun trek emang mendukung karena mereka lari di tanah nan berdebu, grip nya kecil
biasanya trek salju yg tontonannya paling bagus ketika belok...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Gronholm ama Ford Focus nya menang di trek salju Swedia kemaren (huehe, ngopi dari Kompas :) )
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
mazonka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32

Post by mazonka »

Takumi wrote:Soal pertanyaan Mobil 4wd Ngedrift ..
gampang .. liat ajah Rally2 .., banyak yang ngedrift gak?..
berarti bisa gak?.., bisa asal kecepatanya tinggi , trus Settingan Suspensi , LSD nya pas pasti bisa..
cuman gak seenak RWD intinya..
nah ini nih yg pernah juara udah angkat suara :D
Std abis

bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

kalo FF musti diapain aja tuh? Jazz
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

yang pasti rem & handbrake pakem..
abs kalo bisa di copot..,
kalo bisa lagi shock sama per yang lebih keras..
jgn lupa tekanan angin di perkuat lebih dari 34psi..
itu ajah sisanya tergantung dari driver dan kecepataan mobil lu..
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

dari sononya emang uda gak pake abs, jadi gue uda oke2 aja lah, tapi gak bisa ngerem seenak jidat
handbrake jazz larinya ke tromol parking tuh, ada cara gak ngakalin nya? biar handbrake ngunci cakram belakang...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D