NASIB INJEKSI...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

NASIB INJEKSI...

Post by jojo »

Kini telah hadir dua motor berteknologi injeksi menggantikan teknologi karburator, bebek Honda Supra PGMFI dan yang akan keluar Sport Yamaha Vixion150. Tapi hamba masih belum mengerti, bagaimanakah karakteristik injeksi ini. Dari segi performa dan perawatan. Bagaimanakah nasibnya kelak? Mengingat injeksi butuh bensin yang bagus dan bersih, dan pertamina belum sepenuhnya bisa menyediakan kualitas pertamax ke seluruh indonesia secara merata, akankah injeksi menjadi tidak sebandel karburator? Padahal bila turing roling hard ke pelosok2, bensin yang kualitas bagus itu sulit ditemukan.

Mungkin pengalaman dari yang sudah bermobil, bagaimanakah tips menggunakan kendaraan berteknologi ini. Go injeksi tanpa ragu, atau masih mempunyai catatan2 kecil? Mari kita bahas injeksi sampai tuntas.
semoga selamat sampai duluan
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Hmm...... bro mo nanya nihhh......
Kalo punya motor injeksi bahan bakarnya kudu yang tokcer juga yahh?......
maap newbie nihh.......
Kasih tau dong......
User avatar
alvika99
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34

Post by alvika99 »

Mesin dengan teknologi injeksi lebih irit dan efisien dalam penggunaan bahan bakar karena menggunakan injector (bensin langsung disemprotkan ke dalam ruang bakar)
dengan cara ini bahan bakar yg digunakan lebih terukur dan sesuai dengan kebutuhan mesin. Gejala terlalu banyak bensin masuk ke dalam ruang bakar akibat terlalu cepat/banyak memutar grip gas bisa diminimalkan oleh mesin injeksi karena sudah didukung oleh semacam Engine Control Unit yg mengatur besarnya pasokan yg dibutuhkan oleh mesin pada rentang RPM tertentu.
Intinya kita memberikan sekian % dari cara kita mengontrol motor kita kepada ECU tersebut. (cthnnya di MotoGP - riders Ducati hanya mengontrol 1 silinder saja melalui respon langsung bukaan gasnya dan silinder sisanya diatur oleh komputer untuk menghindari overspin pada saat keluar tikungan. atau rossi yg cuma 2 silinder)
Intinya dengan sistem injeksi aliran tenaga akan lebih smooth dibandingkan dengan mesin karburator.

Masalahnya:::::
1. Sistem injeksi menggunakan injektor (penyemprot bensin) dengan diameter yg sgt kecil --> untuk motor cc kecil seperti di Indo lebih kecil lg ukurannya, sehingga tidak boleh tersumbat. yg bisa menyebabkan tersumbat antara lain: BENSIN KOTOR, ADITIF yg tidak menyatu dengan bensin dan memiliki ukuran partikel yg berpotensi menyumbat aliran bensin. Kerak /karat pada tangki.

2. Sistem injeksi yg sifatnya memuluskan tenaga tidak begitu berarti untuk motor2 dengan cc / tenaga kecil -- sorry no offense :D -- karena perbedaannya tidak terlalu kerasa. (harap diingat bahwa dalam sebagian kasus dengan menggunakan sistem injeksi akan menurunkan sedikit tenaga motor (karena tujuan efisiensi bhn bakar dan kemulusan penyaluran tenaga)

3. Khusus untuk melibas banjir, :twisted:
Mesin injeksi lebih rawan terhadap banjir jadi harap waspada dan jgn main terjang seperti pake karburator yg kalo mogok di tengah banjir lebih gampang diperbaiki hehehehe

Kesimpulan:
Mesin injeksi memang terobosan dalam teknologi otomotif. Mungkin bisa kita pertimbangkan juga bahwa dengan mesin injeksi kita bisa membantu mengurangi polusi karena efisiensi pembakaran :D tenaga juga lebih smooth dan kalo pagi lebih gampang nyalain motor hehehe

Like it or not sepertinya dalam beberapa tahun mendatang injeksi akan menggantikan karburator. dan saya yakin sih bahwa kedepannya sistem ini akan lebih berkembang dan dapat mengatasi kekurangannya saat ini.

NAH, yg susah adalah bensinnya nih.... gmn caranya dapet bensin bersih dan berkualitas???? 8)

sekian dulu kebawelan saya.... moga bermanpaat :D :D
orang biasa dengan teman-teman luar biasa
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

mesin dengan sistem pengembunan konvesional pake karburator yang memiliki kelemahan bisa terpengaruh keadaan cuaca. sedangkan pada sistem injeksi tidak. Dengan sistem injeksi memang betul lebih effisien karena sudah memakai sistem digital cuman kudu ati2 pada komponen digitalnya jangan kena/masuk air, seperti mobil ijeksi juga. soal bensin saya pake boil ijeksi dan bensin premium biasa, nggak papa tuh oke aja (asal saringan bbm nya ok)......
sandz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Mar 07, 2007 4:46

Post by sandz »

jadi, apakah pertamax di indonesia bener2 pas buat mesin injeksi ? apa mau pake premium ? :)

@ mansetha : bro, avatar lu muantebzzz banget.
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Oct 12, 2005 4:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

injeksi motor dan injeksi mobil apa resikonya sama, selain terkena air ??
kalo diliat dari ekonomisnya tetap pake karbu kali ya, apa mungkin org indonesia yang masih terbiasa dgn karbu (termasuk saya hehehehh)
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

tapi klo pake karbu trus kapan majunya niey.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

sandz wrote:jadi, apakah pertamax di indonesia bener2 pas buat mesin injeksi ? apa mau pake premium ? :)

@ mansetha : bro, avatar lu muantebzzz banget.
terima kasih atas sanjungannya.. 8) , mesin ijeksi tidak harus pake bensin pertamax kok, pake premium biasa nggak papa asal nggak kebanyakan oplosan (kayak dijual di pinggir jalan). yang penting saringan bbmnya tetep bersih dan lancar. Sistem injeksi sebenernya sudah lama diterapkan terutama pada mesin mobil, apalagi mesin diesel. cuman pada motor emang masih baru karena faktor ekonomis, dengan teknologi ijeksi harga motor jadi lebih mahal. soal efisien emang lebih baik pake ijeksi nggak harus servis karburator berkala....dan lagi nggak perlu kuatir dengan perubahan cuaca. :wink:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

IMHO, Bro mensetha itu benar. Injeksi atau karburator nggak ada hubungan langsung dgn premium atau pertamax.

Yg menentukan apakah premium atau pertamax adalah kompresi mesinnya. Gw jg nggak ngerti mendalam sih... :D Tapi kayaknya, kompresi mesin berhubungan dgn masalah timing pengapian, timing ini berhubungan dgn titik ledak (?) bbm, titik ledak ini berhubungan dgn tingkat RON (octan) BBM. Kalo salah sila dikorek2 si.
sandz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Wed Mar 07, 2007 4:46

Post by sandz »

oh gitu.... (sambil ngebayangin penjelasan mansetha dan uch)
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

gimana tuh kabarnya sih Supri eX PGMFI? koq jarang ada dijalanan JaBoDeTaBek yah?
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

anak_singkong wrote:gimana tuh kabarnya sih Supri eX PGMFI? koq jarang ada dijalanan JaBoDeTaBek yah?
Ya itu karena harga lebih mahal daripada supra X biasa, padahal untuk kelas bebek teknologi Ijeksi kurang begitu perlu, konsumen mending milih motor besar sekalian atau motor setengah besar (kayak thunder 125). tambah dikit dapet new megapro. :wink:
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Post by gasa_gandony »

menurut gw sih supra pgm fi nya honda bagus tapi harganya itu lho bikin kita mikir 2 kali buat nebusnya kan mnding ambil aja jupie... tnaganya lebih yahud... itu mnurut gw sihhh... maklum motoris cekak pingin keren...he..he...
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Post by riofhaloho »

gw yakin, motor2 yang akan diproduksi oleh produsen otomotif kedepannya akan dikasih yg versi injeksi... krn emisi gas buang hrs bener2 dikurangin dan akibat sumber bahan bakar yg makin menipis... jd arah produksinya akan sgt jelas untuk penghematan sumber energi (bbm)...

cuman waktunya doank yg belom pasti, apakah 5 ato 10 tahun lg akan terealisasi ato malah lbh lama... mungkin saat ini dlm proses coba2 ato sedang melakukan persiapan yg bener2 matang kearah tsb... :D


mau gak mau, kita semua hrs belajar ttg injeksi... pa' lagi yg pingin make moge... kl gak ngerti injeksi, ntar ngandalin mekanik dibengkel mulu... :P

kl dikasih injeksi, seharusnya diterapin teknologi ride by wire jg... kan keren tuh....:e-clap: motor udah gak make kabel gas lg, tp udah dibantu ama alat elektronik yg berfungsi untuk nyesesuain putaran handle gas ditangan ke karbu ato injeksi (jd spt make remote mobil2an yg make kabel) cmiiw... :e-dance:

kl skrg mah, mungkin dr produsen otomotif msh nerapin sistem nothing to lose kl ngeluarin motor injeksi... kl laku yah syukur :), kl gak laku... ngeluarin versi yg make karburator.... 8)
zepprut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Apr 09, 2006 11:05

Post by zepprut »

kayanya umur kendaraan berbahan bakar konvensional bakalan pendek.

kedepan kendaraan bermotor meski ramah lingkungan menggunakan sumber energi seperti listrik, hidrogen bahkan air.
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Post by gasa_gandony »

memang sih mungkin bakal jadi trend motor pake FI tapi kan kembali ke harga, motor FI apalagi pake ride by wire impiannya bro rio pasti harganya selangit lagian FI kan tekno lama honda fire blade kan dah ada sejak jadul cuma FI baru aja diterapin di Indonesia dan ketauan kan kurang laku biz mahal banget tapi klo motor bahan bakarnya pake air gw langsung beli meski mahal2 gw paksain kan enak abis bahan bakar tinggal cari sumur.....wakakak
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

sebelumnya terima kasih atas penjelasan bro alvika dan mansetha, dan bro2 lainya, setidaknya sudah lebih cerah kepala saya ini.

iya sih, kemunculan injeksi terutama karena masalah peraturan gas buang yang tingkat polusinya semakin kecil. kalau negara kita sekarang baru memasuki euroII, mungkin kedepannya injeksi akan semakin marak lagi seiring ketatnya peraturan itu.

jadi pakai premiumpun tak masalah untuk injeksi. OK kesimpulannya sekian dulu, karena warnetnya mau tutup nih.

-wassalam-
semoga selamat sampai duluan
ariefabo
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Jul 07, 2007 16:39

new bee SupraX 125 PGM FI

Post by ariefabo »

hadooh ikutan ah, gw br beli suprax 125 pgm fi. blm ada sminggu. tarikan emg kerasa beda, wlo pada posisi gigi gede yg biasanya mesin ngempos maksa jln,skrg ngga lg. seolah2 tuh motor tau bgt ini kegedean gigi,jd bensin diatur spy ga kesan "nggerojog bensin" (salahkah perasaanku?). 100 km (rata2 jrk tempuh 25 km/hari jln macet terusss) butuh 3 liter pertamax dg oli Castrol (dgr2 bisa ampe 1:50). yg jls gw msh mo eksperimen ma oli. keknya pake Castrol 4T (botol putih) mesin lbh panas klo kontak dah OFF alias msk garasi/ud dipake (ato smua mtor gini??). soal tarikan mah yahudd deh, ngga pernah ngerasa kebanyakan nge-gas (nurunin bensin) krn ini pasti ulah ECU yg ngatur semprotan bensin ke mesin (bukan sotoy ya, perasaan aja kok). yg jls, ini mtor emg jarang ada di jlnan. bener bgt nambah dikit dpt megapro tp inget....kdg yg namanya prestise (baca: klo gak mau pasaran) ngga ngukur duit coy LOL LOL LOL... tp biar gmn gw msh nunggu share dr elu2 pada, asal... ngga asbun ya bro! PEACE!!
Last edited by ariefabo on Sat Jul 07, 2007 17:47, edited 2 times in total.
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Wah thread lawas nehh..... nongol lage......
User avatar
bako
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
Location: depan komputer

Post by bako »

gw yakin bgt ne.. Injeksi bakal menjadi mesin masa depan di motor... sama kyk mobil, dl karbu semua, skrg injeksi semua..^^
Image

AE 86
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

^
Moga2 aja bro.......
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

injeksi yang gw tau klo noselnya udah tersumbat servicenya mahal dan rumit. pernah liat bengkel mobil yang sevice nosel injector. dengan mesin sevice dan proses yang rumit supaya semprotan yang di hasil kan kembali bagus dan merata.

klo motor pakai sistem drive by wire sih ogah deh, soalnya pernah bawa mobil honda stepwagon temen gw yang katanya drive by wire wkt di lampu merah startnya ada jeda waktu sewaktu kita injak pedal gas sama respon kendaraan. jadinya ngak spontan dan responsif.

kan kita naik motor selain sebagai alat transportasi juga having fun dong.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

betul bro, lagian di indonesia mah gak bakalan ada kali motor pake sistem drive by wire, kecanggihan gitu loh.

maka dari itu, injeksi juga butuh perhatian, filter bensin harus jangan terlalu kotor dan kualitas bahan bakar yang bagus.

mungkinkah bila sudah merakyat, perbaikan injeksi akan menjadi lebih murah?
semoga selamat sampai duluan
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Gimana kalo semua motor di tahun 2008 menggunakan sistem injeksi yah?
Pasti jadi merakyat deh..........
User avatar
bako
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Wed Apr 21, 2004 7:10
Location: depan komputer

Post by bako »

tp kl nosel tersumbat, biasanya paling karena kualitas bensinnya...
Image

AE 86