NASIB INJEKSI...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

kalau motor juga beralih ke injeksi, bengkel umum bisa gak laku. kecuali mereka mau maju dan mempelajari injeksi.

tapi karburator untuk motor sepertinya masih berumur lama, karena motor2 sederhana pasti akan tetap pakai karburator.

nasib injeksi untuk bisa merakyat, boleh jadi ditentukan oleh motor2 pioner di indonesia, bila sukses pasti akan diikuti.
semoga selamat sampai duluan
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

^
Mo nanya bro.....

Motor2 luar yg masih pake karbu, kira2 motor apaan yak?

Pokoknya motor yg ccnya diatas 250 cc ada gak?
User avatar
weechoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28

Post by weechoo »

novasonic wrote:^
Mo nanya bro.....

Motor2 luar yg masih pake karbu, kira2 motor apaan yak?

Pokoknya motor yg ccnya diatas 250 cc ada gak?
Bandit....
HD...

nih info jetting karbu buat moge > 250 cc
http://www.postdiluvian.org/~mason/moto/jetting.html
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Gimana kalo semua motor di tahun 2008 menggunakan sistem injeksi yah?
Pasti jadi merakyat deh..........
Pendapat gw, keknya masih susah deh kalo begini...
Motor selain kendaraan alternatif buat orang menengah keatas dan para pehobi, inikan kendaraan buat menengah kebawah juga...

Karbu masih dirasa ekonomis, sedangkan injeksi agak mahal kalo knp2...
Gmn perawatan buat para pemilik nanti yang ekonominya menegah kebawah? Memang ada motor2 lama, tapi pasti produsen maunya motornya laku donk? kalo injeksi semua, pasar menengah kebawah ga kegigit donk ma mereka?
Kalo ekonomi indo dah maju, baru deh... Sekarang aja susu aja mahal? wakakaka... Kacau nih Indo...

Mungkin ini juga kali ya pemikiran AHM.. Mereka ga mau bikin motor teknologinya tinggi2, susah diurus ama masyrakat indo...
Mereka kan sebenarnya bisa bikin motor bagus2... Buktinya di luar motor Honda lumayan...

Sekian opini saya.. wakakakaka...
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

^
Emang sih kalo pake injeksi rada ribet bet bet n mahal hal hal......


hehehehehee........
Frozen Fire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25

Post by Frozen Fire »

r1210g wrote:
Gimana kalo semua motor di tahun 2008 menggunakan sistem injeksi yah?
Pasti jadi merakyat deh..........
Mungkin ini juga kali ya pemikiran AHM.. Mereka ga mau bikin motor teknologinya tinggi2, susah diurus ama masyrakat indo...
Mereka kan sebenarnya bisa bikin motor bagus2... Buktinya di luar motor Honda lumayan....
AHM emang gak salah, yang salah cuman harganya :D
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Kalo secara ekonomi yg gw tau, para produsen tuh ga bisa mainin harga seenaknya bro...
Masalah yang terjadi sangat kompleks...

Pertama yg kita tau, gmn nasib seken kalo motor baru sekelas honda lebih murah?... Secara Honda, dari dulu udah stabil...
Yg kedua... Pasar alias masyarakat indo dan produsen2 lainnya bakalan kacau.. Kalau scra pribadi, mmg menguntungkan buat kita... Tapi masih banyak pertimbangan2 lainnya...
Kalo tiba2 Honda murah, pikiran orang jadi apa.. wakakaka..

Masih banyak lagi deh pokonya...

he3... wakakakakaka...
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

amin-2 semoga dengan adanya perubahan karbu ke injeksi, umr di Indo jg harus bagus hahah(kagak nyambung ya) yang jelas biaya perawatannay mahal... yang jelas klo sudah pake injeksi rata2 sudah pake sensor mode on... klo semua motor sudah pake injeksi pegimane orang2 menengah kebawahh.. bisa gawat dong eheheh
Turbo Hayabusa

Image
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

amin-2 semoga dengan adanya perubahan karbu ke injeksi, umr di Indo jg harus bagus hahah(kagak nyambung ya) yang jelas biaya perawatannay mahal... yang jelas klo sudah pake injeksi rata2 sudah pake sensor mode on... klo semua motor sudah pake injeksi pegimane orang2 menengah kebawahh.. bisa gawat dong eheheh
Turbo Hayabusa

Image
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Post by ahardo »

amin-2 semoga dengan adanya perubahan karbu ke injeksi, umr di Indo jg harus bagus hahah(kagak nyambung ya) yang jelas biaya perawatannay mahal... yang jelas klo sudah pake injeksi rata2 sudah pake sensor mode on... klo semua motor sudah pake injeksi pegimane orang2 menengah kebawahh.. bisa gawat dong eheheh
Turbo Hayabusa

Image
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

memang itulah bahan pertimbangannya, injeksi mahal.

tapi kelihatannya, perubahan ke arah injeksi tidak hanya dari segi ekonomisnya, lebih mengarah isu lingkungan. seperti halnya era 2t yang sekarang menjadi 4t. saya pikir, bila produksi injeksi kian murah (teknologi kan makin lama makin murah) dan sudah handal dipasang di motor, saat itulah era injeksi bermekaran.

pertanyaannya adalah, seberapa handal kah injeksi ini (di motor)? sudah bisakah menggantikan karbu sepenuhnya? ini doang kan yang bikin ragu.

mungkin jawabannya, mampirlah ke bengkel kalau rusak (artinya, selalu dorong ke bengkel kalau mogok tanpa ada kesempatan diperbaiki sendiri). pertanyaan selanjutnya, sering rewelkah, atau cuma ngadat beberapa tahun sekali? kalau begitu, thats fine, no problemo.
semoga selamat sampai duluan
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

Gw dah lama main injeksi di mobil, dan akhir2x ini sistem pengabutan bensin-udara untuk aplikasi motor kecil ini sedang hangat di bicarakan.

OK,singkat saja..selama bensin yang kita "minumkan" ke kendaraan bagus dlm arti oktan pas serta bukan oplosan..umur injeksi bisa seumur hidup kendaraannya...karena dr segi teknis, injeksi itu boleh di bilang sangat minim perawatan, paling2x bersihkan/ganti saringan udara. paling jamak, kita semprotkan DCS. Kalibrasi biasanya dilakukan kalau sudah mencapai umur tertentu, misalnya>dr 10 thn.

Urusan kehandalan ga perlu diragukan lagi, soal effisien di banding karbu bak bumi ma langit bro. Pokoknya selama perawatan rutin dilakukan dengan baik, pasti tetap OK. Menurut gw sich buat Indonesia, kayaknya utk 10 tahun kedepan kita masih sangat mungkin ketemu sama motor baru yg masih berkaburator, walaupun mungkin dah tambah ada beberapa model yg berinjeksi.. Sudah di jelaskan diatas, baik dari segi ekonomi maupun teknis...mekanik kita (juga masyarakat awam) masih perlu beradaptasi dan belajar banyak lagi..ga usah yg ribet2x..cr pakai, cr ngerawatnya aja banyak yg belum ngeh..Contohnya, mesin Supra-x injeksi ga bisa di kasih iddle Rpm kaya supra kaburator..ini dah sering gw temuin sama masyarakat yg punya motor ini, alasannya biar mesin halus dan mereka bilang khan sama aja kaya yg lama (karburator-red)


Segini dulu dech ntar gw lanjutin lagi
NB: Ngomong2x motor injeksi, skr temen gw yg punya Ahass lagi ngebangun Supra-X 125 Injeksi buat Road-race (Motorprix & OMR Honda)..Yg masih ribet, buka Mapping ECM-nya nich, AHM ga ngasih..payah dech...apes2xnya ya beli ECM stand-alone custom 1-cyl yg harganya bujubuneng
:cry:
User avatar
weechoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28

Post by weechoo »

widnug wrote: Segini dulu dech ntar gw lanjutin lagi
NB: Ngomong2x motor injeksi, skr temen gw yg punya Ahass lagi ngebangun Supra-X 125 Injeksi buat Road-race (Motorprix & OMR Honda)..Yg masih ribet, buka Mapping ECM-nya nich, AHM ga ngasih..payah dech...apes2xnya ya beli ECM stand-alone custom 1-cyl yg harganya bujubuneng
:cry:
kalo Mapping ECU gak dikasih, palingan yg paling mungkin...maenin pake piggyback dah...

sebenernya intinya kan ngakalin ECU dengan sensor tambahan seolah² mesin butuh pasokan BBM lebih....
Image
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

kayaknya blm ada deh piggyback utk motor injeksi di indonesia. yg gw tau buat mobil byk.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

weechoo wrote:
widnug wrote: Segini dulu dech ntar gw lanjutin lagi
NB: Ngomong2x motor injeksi, skr temen gw yg punya Ahass lagi ngebangun Supra-X 125 Injeksi buat Road-race (Motorprix & OMR Honda)..Yg masih ribet, buka Mapping ECM-nya nich, AHM ga ngasih..payah dech...apes2xnya ya beli ECM stand-alone custom 1-cyl yg harganya bujubuneng
:cry:
kalo Mapping ECU gak dikasih, palingan yg paling mungkin...maenin pake piggyback dah...

sebenernya intinya kan ngakalin ECU dengan sensor tambahan seolah² mesin butuh pasokan BBM lebih....
Dah dicoba pake piggyback, kl buat race ga maksimal sekali...
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

Handy wrote:kayaknya blm ada deh piggyback utk motor injeksi di indonesia. yg gw tau buat mobil byk.
ada, sudah pernah di ulas di otomotif atau M+ yak waktu itu, kl ga salah edisi tahun lalu..hebatnya itu bikinan anak negeri..tapi sayang, yang bisa di rubah bensin tokh...
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

sebenernya intinya kan ngakalin ECU dengan sensor tambahan seolah² mesin butuh pasokan BBM lebih....[/quote]

Bukan bro...masang piggyback itu bukan nambahin sensor tambahan, tapi "ngehack" ECU biar dia bisa semprot bahan-bakar lebih banyak lagi..Intinya, ECU di kibulin, tapi bukan nambah sensor..justru cara ngibulinnya di pake sensor-sensor yg sdh ada sepeti MAP, TPS CAS dll...BTW Supra-X 125 ga punya MAP..Kalo Vixi gw blon tau
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

soal kehandalan injeksi tak diragukan lagi, bisa menggantikan karbu sepenuhnya nih. tapi itu kan di mobil, motor mungkin lain.

tapi masih ribet di sektor modifikasi yah, dan mahal utnuk dimodifikasi. semisal cuma ganti knalpot, ribet gak dengan injeksinya?

untuk yang punya supra injeksi atau vixion, bisa kasih review ada problem yang berarti gak di sektor injeksinya? cuma untuk sharing aja..
semoga selamat sampai duluan
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

klo performance parts nya udah banyak beredar di pasaran sih ngak susah. liat aja moge sports sekarang kan udah pada pakai injection semua dan ganti knalpot racing ngak ada masalah. yg penting set up injector aja.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

Sebenernya modifikasi untuk mesin Injeksi itu ga ribet kok secara teknis...yang ribet justru urusan kantong kita...he..he..he. Kalo cuma masang knalpot bukan Injectornya yg harus di setting bro...tapi ECU-nya dan pengalaman...selama knalpotnya di hitung benar serta ga melebihi kapasitas /kinerja mesin...ga terlalu perlu untuk setting ECU...tapi pd dasarnya sama sich kaya karbu, ganti knalpot kudu setting PJ&MJ..nah di Injeksi yg disetting ECU :D
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

wah terima kasih infonya bro widnug, sedikitnya telah menambah ilmu kita2. Kalau dari keterangan bro widnug, sepertinya ukuran injektor sih selalu tetap, hanya memang seberapa cepat atau seberapa banyak si injektor menyemprotkan bensin diatur oleh otak pintar si ECU. repotnya, setting ECU berarti harus ganti modul ECU keseluruhan,gitu? gak bisa disetting pake laptop, atau alat khusus lain?
semoga selamat sampai duluan
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

jojo wrote:wah terima kasih infonya bro widnug, sedikitnya telah menambah ilmu kita2. Kalau dari keterangan bro widnug, sepertinya ukuran injektor sih selalu tetap, hanya memang seberapa cepat atau seberapa banyak si injektor menyemprotkan bensin diatur oleh otak pintar si ECU. repotnya, setting ECU berarti harus ganti modul ECU keseluruhan,gitu? gak bisa disetting pake laptop, atau alat khusus lain?

Bukan begitu bro Jojo..ada Injector yang berbeda ukuran kaya Jetting karbu kok, cuma ya aplikasinya harus benar..nah kalau di mobil yang jamak di pakai ukuran injector adalah volume (jumlah) semprotnya per menit (cmiiw) (cc/menit misal Injector merek RC bisa 400cc/detik. Nah masalah cepat serta banyaknya semprotan (bukan volume) yang diatur sama ECU. Lalu masalah yg rumitkhan merubah di "mapping" mana dikasih bensin banyak/sedikit, seberapa banyak dikasihnya, seberapa lama, di tingkat Rpm berapa, di derajat pengapian berapa, pada posisi gigi berapa ditambah semprotan bensinnya dll..dll...Ini hrs punya softwarenya dan harus punya mapping STD kendaraan tsb, that's why setting injeksi itu sedikit rumit, juga perlu duit (mahal) karena semua serba elektronik, juga off course SDMnya itu yg perlu belajar... Tapi klo dah bisa nyeting sampe dapet settingan ideal, dgn mesin sama jangan harap karburator bisa menang..Nah yg lebih canggih lagi ada Injector di taruh di depan throthle body trus itu injectornya juga bisa bergerak dinamis naik turun (contohnya ya yg dipasang di pacuan MOTOGP).... :evil:
Nah dari hasil pengukuran tersebut, di dpt AFR ideal 1:14 (skala paling ideal campuran udara + bensin, di karbu maksimal cuma 1:12).
novasonic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1237
Joined: Thu Nov 16, 2006 19:01
Location: Surabaya

Post by novasonic »

Wah topiknya makin tambah berat nehhh.......

Numpang baca2 dulu ahhh....
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

@widnug,

ups, berarti bung handy ada benarnya juga. Berarti injektor juga bisa disetting ukurannya. Ya ya ya, saya kira sudah agak mengerti dengan penjelasan bung widnug.

Nah, maksudnya begitu, memapping ulang ECU cukup dari sofware kan. Berarti settingnya pun cukup secara software, tak perlu merubah setting hardware (sensor2) pada injeksi. ATau harus disesuaikan lagi sensor2nya?
semoga selamat sampai duluan
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

jojo wrote:@widnug,

ups, berarti bung handy ada benarnya juga. Berarti injektor juga bisa disetting ukurannya. Ya ya ya, saya kira sudah agak mengerti dengan penjelasan bung widnug.

Nah, maksudnya begitu, memapping ulang ECU cukup dari sofware kan. Berarti settingnya pun cukup secara software, tak perlu merubah setting hardware (sensor2) pada injeksi. ATau harus disesuaikan lagi sensor2nya?
@Jojo
Yup..benur sekali....cukup di softwarenya aja yang perlu disetting. Setting sensor2x???..Itu berarti merubah sensor atau menambah sensor..biasanya di pakai pada kendaraan yang besutannya sudah di lengkapi dengan Turbo atau NOS yang pengoperasiaannya sudah sangat canggih, bisa di adjust lewat ECU mobil. Kalo dah perlah liat Fast and Furious II yg pas balapan jalanan di awal film ada yg setting NOS pake laptop, nah itu salah satu contoh kongkritnya. Canggih ya, mau semprotnya berapa CC (mau berapa HP kenaikannya), berapa lama durasi semprotnya, berapa kali semprot (sesuai ukuran tabung) dst...dst..dst..ckk..ck..ck tehnologi emang muaahaalll...
Tapi sejauh ini, sensor yang ada yang di gunakan kembali, nah hanya parameternya aja yang di rubah-rubah....