TIP RANTAI AWET DAN GAK GAMPANG KENDOR

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

TIP RANTAI AWET DAN GAK GAMPANG KENDOR

Post by gasa_gandony »

hai bro gw ada maslah nih, rantai vega R sering kendor palagi abis di bawa kebut . ini normal ga? trus gimana cara ngerawat rantai biar aweet kata temn gw sih tuh rantai diminyaki pake minyak khusus bukan ma oli bekas doang, emang bener ada minyak khusus buat rantai?
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

perawatan rantai itu relatif mudah, jaga rantai tetep kenceng (tapi jangan terlalu kenceng), jangan sampai kendor, kencangkan rantai secara berkala apalagi sering untuk jalan jauh. Minyak rantai khusus ada di pasaran, atau bisa juga pake minyak pelumas dengan SAE 80-90. Seandainya rantai sudah terlalu "melar" bisa di buang beberapa mata rantainya.... penjelasan ini semoga berguna.
User avatar
atjep
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55

Post by atjep »

mungkin gearnya sudah aus bro? jadi kendor melulu cek ajah mungkin perlu diganti dan disarankan ganti satu set rantai dan gear.
Warte nur Balde
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Post by gasa_gandony »

bro, gw dapet kiriman email nih dari seseorang yg baca posting gw, dia ngasih tip n trik bwt rante awet:

1. klo pake tutup rante, rantenya di kasih grease (gemuk) aja lebih bagus
tapi klo ga pake tutup rante jangan pake gemuk bisa cepet aus
gearnya kna gesekan pasir yg nempel di gemuk rante.
2. klo bisa sering diminyakin tuh rante biar awet rollernya.
3. klo abis ujan atau lewat jalan berlumpur bersihin rante n sikat pake
sikat gigi biar rollernya tetep bagus n mata rante ga mati(kaku).
4. klo mo gear awet jangn motong rante karena rante yg dah dibuang
mata nya beberapa biji itu gak simetris lagi putarannya ma gear, gear
cepet aus.
5. untuk yg doyan kebut, as roda musti dikencengin karena klo agak
kendor maka tarikan dari gear mesin bwt as maju dari stelannya
akibatnya rante kendor.
6. klo rante kendor jangan ngebut bisa buat u terjungkal n diketawain ma
org yg liat.
7. klo rante dah tua jangan distel kenceng n dibawa kebut bisa2 putus
ditengah jalan or kunci rantenya lepas. ([email protected])
penchot
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Tue Mar 27, 2007 18:21

Post by penchot »

kalo kekendoran rantai nya dalam batas normal sih gpp bro soalnya klo rante lo kenceng banget malah bahaya buat gir lo gak ada jeda,

sebaik nya lo cek kekendoran nya, cara nya lo angkat ke atas rantai bawah klo dia nyentuh rantai atas itu brarti kendor toleransi nya cuma naek dikit tuh rante,

klo ini cara gw buat ngerawat rantai mungkin bisa bermanfaat buat bro²:

- check ketegangan rantai 2 minggu sekali
- lumasi dengan pelumas rantai ( ditoko dijual antara 15000 - 35000 )
- check sambungan rantai ( pin rantai )
FARID
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12

Post by FARID »

ada info dari teman yang pake Yupi MX kalo raitainya sering bunyi dan cepat kendor , apa memang kelemahan yamaha di sektor rantai ?
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Post by mansetha »

FARID wrote:ada info dari teman yang pake Yupi MX kalo raitainya sering bunyi dan cepat kendor , apa memang kelemahan yamaha di sektor rantai ?
coba-caba tanya sesama pemakai Ymh MX, .... 8)